Menu

Selasa, 02 Juli 2019

/
Assalammualaikum.Wr,wb

www.mildaini.com_ Saya kena Asam Urat. Jadi sejak pulang acara Workshop bersama Tiktok, di akhir bulan Januari 2019 di Jakarta. Setelah itu setiap mau shalat , terutama duduk di antara dua sujud dan mau sujud kembali, Antara lipatan kaki dan betis. Rasanya nyeri dan sakit sekali.

Hal ini saya alami, paling tidak lima kali sehari, pas shalat. Selebihnya bisa berkali-kali. Kalo  mau duduk, pas mau bangkit itu terasa sekali sakitnya.

Saya pun mulai membaca beberapa artikel kesehatan serta buku-buku kuliah saya dulu di Keperawatan. Dari berbagai informasi tersebut. Dapat saya simpulkan kalo saya sepertinya terkena sakit Asam Urat.

Saya berpikiran begitu, ketika melihat gejala dan keluhan yang saya rasakan. Saya mendesah di dalam hati, bahwa ini adalah keluhan saya karena terkena Asam Urat.

Nah, saya tipe orang yang tidak suka dan nggak begitu rajin minum obat. Jadi saya memutuskan untuk menghindari pencetusnya.

Pemeriksaan seperti ini bisa dilakukan di berbagai tempat dan sebaiknya rutin
Saya adalah keluarga yang lahir dari nenek dan Ibu dari kawasan Bengkulu bagian selatan. Dimana , hamper setiap hari salah satu bahan makanan adalah santan. Baik makanan berkuah pedas atau hanya kuah kuning saja atau tidak puas. Semua menggunakan santan.
Belum lagi camilan yang lainnya yang juga menggunakan bahan baku santan. Apalagi banyak sekali penjual gulai masak atau jadi yang menjual berbagai menu dengan bahan baku santan. Harga yamng ditawarkan juga meriah sekali. Mulai dari harga lima ribuan. Jadi hanya dengan uang dua puluh ribuan. Kita sudah mendapatkan empat macam gulai. Dengan berbagai menu dan variasi dengan kuah santan.

Makanan Penyebab Asam Urat, menurut doktersehat.com

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat yang sebaiknya  dihindari, antara lain:

1. Jeroan

Makanan yang terdiri dari hati, ampela, paru-paru, otak, ginjal, usus, lidah, atau bahkan limpa dari hewan memang memiliki rasa yang gurih, namun hal ini adalah makanan penyebab asam urat. Sayangnya, jeroan ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi sehingga jika Anda kerap mengonsumsinya, maka risiko terkena asam urat pun meningkat.

2. Makanan laut

Makanan penyebab asam urat berikutnya adalah beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, ikan sarden, cumi-cumi, ikan tuna, ikan makarel, hingga hewan laut bercangkang layaknya kerang, kepiting, tiram, lobster, atau udang ternyata juga memiliki kadar purin yang tinggi sehingga bisa menyebabkan masalah asam urat.

3. Daging merah

Daging merah memang bisa diolah menjadi berbagai makanan yang nikmat. Hanya saja, daging yang bisa didapatkan dari kambing, sapi, domba, dan hewan berkaki empat lainnya ini juga kaya akan kandungan purin sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

4. Makanan olahan

Makanan penyebab asam urat lainnya adalah makanan olahan yang terbuat dari daging seperti abon dan dendeng–ternyata memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Selain itu, makanan kalengan layaknya sarden atau kornet juga sebaiknya dihindari jika tidak ingin terkena masalah asam urat.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, melinjo, atau tauge ternyata juga kaya akan kandungan purin yang bisa memicu gejala masalah asam urat.

6. Beberapa jenis sayuran

Meskipun termasuk dalam makanan yang sehat, dalam realitanya sayuran seperti jamur kuping, bayam, kol, daun pepaya, buncis, kangkung, asparagus, hingga daun singkong ternyata kaya akan kandungan purin dan bisa menjadi penyebab asam urat. Walaupun risikonya tidak sebanding dengan daging merah, Anda tetap harus memperhatikan seberapa banyak Anda mengonsumsi sayuran ini

Di berbagai kegiatan sering makan yang bikin lupa diri

7. Daging angsa dan kalkun

Makanan penyebab asam urat ini termasuk yang sulit untuk dihindari karena kelezatan yang dimilikinya. Makanan itu adalah daging angsa dan kalkun. Jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi sebaiknya Anda menghindari jenis daging ini, sebab kadar purin di dalamnya lebih tinggi dibanding daging putih lainnya.

8. Produk olahan susu

Makanan penyebab asam urat berikut adalah makanan yang banyak digemari orang. Beberapa makanan itu berasal dari produk olahan susu seperti yoghurt, keju, atau es krim. Sebuah penelitian menunjukkan, makanan penyebab asam urat ini dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, pilihlah produk olahan susu dari jenis yang rendah lemak. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih yang benar-benar bebas lemak.

9. Minuman manis

Perlu diketahui, penyebab asam urat tidak hanya bersumber dari makanan, akan tetapi bisa juga disebabkan oleh minuman. Minuman-minuman penyebab asam urat itu pada dasarnya adalah minuman manis seperti soda, minuman rasa buah atau minuman dalam kemasan lainnya.

Masih butuh perjuangan untuk menurunkan kadar Asam Urat

Rasa manis dari gula jenis fruktosa merangsang produksi asam urat yang lebih banyak. Fruktosa juga dapat ditemukan secara alami pada buah seperti anggur, apel, pir, dan kurma. Penelitian membuktikan, pria yang mengonsumsi fruktosa dalam jumlah banyak berisiko lebih tinggi terkena asam urat. Hal itu juga berlaku pada wanita yang sering mengonsumsi minuman manis.

Nah, saya cenderung untuk menghindari daftar makanan di atas. Apalagi saat diperiksa kadar Asam Urat saya waktu itu 7,9 . Masih tergolong tinggi ya.

Berikut salah satu acuan kadar asam urat normal.

Perempuan: 2,4–6,0 miligram per desiliter (mg/dL)
Laki-laki: 3,4–7,0 mg/dL
Anak-anak: 2,0–5,5 mg/dL

Pada poin untuk menghindari bahan makanan pemicu Asam Urat pelan-pelan bisa saya hindari. Namun yang masih berat adalah pada bagian untuk menurunkan berat badan. Meski pun hal ini juga pelan-pelan mulai saya lakukan juga. Namun, sepertinya butuh usaha dan perjuangan yang lebih berat.

Yuk, jaga gaya hidup kita agar lebih sehat dan tidak kalap ketika melihat makanan. 

6 comments

Wah ternyata penyakit asam urat ini tidak hanya diakibatkan oleh makanan saja ya

Reply

Wah bener banget nih Mbak, memang kita harus menjaga kesehatan diri sendiri ya

Reply

Wah ternyata tidak semua sayuran itu menyehatkan ya. Bahkan ada yang bisa menyebabkan asam urat

Reply

Memang harus dihindari nih Mbak makanan dan minuman apa saja yang bisa menyebabkan asam urat ini

Reply

Semoga cepat sembuh dari penyakit asam murat ini ya Mbak dan semoga sehat selalu hehe aamiin

Reply

Sehat-sehat ya Mak, aku udah kena duluan dan alhamdulillah sekarang udah membaik. Dulu juga sempat 7 lebih dan sekarang udah bye-bye makan bakso setiap minggu hahha

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.