Menu

Selasa, 07 Agustus 2018

/
Assalammualaikum. Wr. Wb

www.mildaini.com_ Warnai Hidupmu Agar Hidup Lebih Hidup.Pagi itu sekitar jam sepuluh pagi, saya dijemput oleh suami di kantor. Suami memberi kabar bahwa Ibu saya sekarang sudah berada di ruangan IGD di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Bengkulu. Mendengar hal itu tentu saja, saya kaget luar biasa. Sebab kemarin sore saya ke sana. Semua terlihat baik-baik saja. Memang Ibu sudah sepuh, tahun ini berusia 79 tahun. Masuk rumah sakit pun. Bukan yang pertama kali. Namun, yang namanya orang sakit tentu saja akan membuat kita kepikiran. Sebagai anak tentu saja saya kepikiran ibu saya juga.
Sehat, sakit, senang, sedih adalah warna-warni kehidupan

Kemudian, kami langsung ke rumah sakit. Membantu kakak saya untuk mengurusi Ibu di rumah sakit. 

Menjelang siang dari sekolah anak-anak. Si Athifah (5tahun) dan Annasya (3tahun) semua sudah sekolah sekaligus penitipan anak. Athifah pulang sekolah jam sebelas. Lanjut penitipan sama seperti Annasya sampai jam dua siang. Paling telat jam setengah tiga dijemput. Anak-anak belum ada yang jemput juga. Suami tidak bisa menjemput dengan cepat, sementara saya tidak bisa meninggalkan rumah sakit.

Belum lagi urusan saya secara pribadi, mengenai artikel blog dan naskah buku yang sudah ditagih oleh penerbit. Semua juga menuntut pengen direspon segera.

Melihat kondisi ini saya sempat bingung, meski tidak panik. Apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Begitu banyak warna hidup saya hari ini.

Pening mikirin itu semua, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba mewarnai dengan menggunakan Faber Castell Colour To Life. Barangkali hidup saya akan sedikit berwarna. Bisa lebih tenang.  Kalo pun nanti banyak warna , semoga warnanya ga bikin tambah pusing, hahaha.
Di rumah sakit,anak  jadi ga bosan karena mewarnai dan main game

Faber castell ini seharusnya buat Athifah, tapi anaknya sedang sekolah. Ga ada salahnya saya mencobanya juga terlebih dahulu. Bukankah sebaiknya orang tua harus lebih paham terlebih dahulu. Supaya bisa mengajarkan anaknya dengan lebih baik dan jelas. Sebab kalo anak bertanya, tentu orang tua harus sudah tahu dan lebih paham.

Sebenarnya ini bisa juga digunakan sebagai modus untuk mainin faber castell ini. Tapi benaran kok, kalo soal mewarnai bukan haknya anak- anak saja. Saya pun, anak Emak juga suka dan merasa tertantang.

Mengenal Faber Castell Colour to Life

Kita kenalan dulu ya sekilas dengan Faber Castell colour life ini . Supaya lebih dapat 'feelnya' apalagi bagi yang baru mau menggunakan.
Isi satu paket Faber Castell Colour to Life

Dalam satu paket Faber Castell Colour to Life ini terdapat.
1. Buku mewarnai , dengan 15 halaman. Terbagi atas 5 karakter game. Masing-masing karakter, ada tiga halaman. Jadi kita bisa mewarnai masing-masing halaman dengan warna atau teknik mewarnai yang berbeda-beda.

2. 20 connector pens, ini seperti pensil atau spidol warna. Kita mewarnai dengan pens ini. Setiap tutup pens terhubung dengan yang lainnya. Ada pengait di bagian tutupnya. Ini bisa menjadi penguat agar pens tidak tercecer. Bisa juga dijadikan mainan anak. Jika direkatkan maka akan berbentuk tabung warna-warni. Bisa juga dikreasikan dengan bentuk lainnya. 

3.Buku petunjuk dan contoh  teknik mewarnai. Ada beberapa contoh dan teknik mewarnai yang bisa kita gunakan. Semuanya bisa kita coba. Sensasinya pun berbeda-beda. Dengan meniru saja panduan yang sudah bisa memberikan pengalaman yang menarik buat saya, apalagi buat anak.

4. Kotak/dus yang digunakan untuk menyimpan buku gambar, buku panduan dan pens. Nah, dus ini bisa dimanfaatkan juga sebagai wadah untuk meletakkan pens yang sudah atau belum dipakai. Sangat bagus jadi tidak perlu mencari atau menggunakan wadah lainnya. 

Semacam kotak pensil. Di bagian luar kotaknya juga ada panduan cara bermain melalui aplikasi dan game apa saja yang bisa dipilih, beserta manfaat dari game yang ada.

Inovasi Faber Castell Memadukan Mewarnai dan Teknologi Game

Colour to Life yang merupakan perpaduan antara mewarnai dan teknologi game.

Produk Faber Castell yang ini memperlihatkan anak-anak dapat menjadi subjek dan bukan sepenuhnya objek dari mainan digital. Jadi anak-anak dapat diarahkan ke dunia digital dengan peran sebagai kontributor (dalam bentuk menyuplai karakter atau objek yang sudah diwarnai untuk dipakai dalam game tersebut). Anak-anak berjuang dulu, mewarnai baru bisa main game. Kalo keasyikkan mewarnai main game bisa lupa loh. Produk ini juga bagus buat mengalihkan atau mengurangi ketergantungan anak dengan mainan digital. Sebab anak milenial ga bisa dipisahkan dari gadget, iya kan.

Dengan produk ini, dimana  memadukan antara menggambar secara konvensional dengan kemajuan teknologi augmented reality, sehingga kegiatan mewarnai makin menarik karena terhubung dengan dunia digital. Membuat anak tetap kekinian.

List Of Game di Faber Castell Colour to Life

1. Giddy Up
2. Pogo Boy
3. Dress Up Challenge
4. Balance Your Brain
5. Safe Flight

Lima game yang ada di buku tersebut masing-masing memiliki karakter dan manfaatnya. Misalkan Safe Flight, Giddy Up, dan Pogo Boy dapat melatih konsentrasi dan motorik, sementara Dress up Challenge, dan Balance yor Brain mempunyai keunggulan untuk melatih keseimbangan otak kiri dan kanan.


Faber Castell Colour to Life ini terdiri dari 15 page- augmented reality colouring book dan 20 connector pens. 

Dengan menggunakan connector pens ini kita bisa mewarnai dengan menggunakan beberapa teknik dalam mewarnai
1. Pattering, dengan menggunakan pola
2. Pointilism, dengan cara mewarnai dimulai dengan titik-titik
3. Squiggling, dengan teknik berlekuk-lekuk
4. Shaiding, dengan membuat bayangan
5. Contouring, dengan cara kontur

Berbagai teknik mewarnai tersebut terus terang sangat menantang bagi saya. Imajinasi saya juga terpancing keluar, mulai dari komposisi atau pengaturan penggunaan warna. Sampai dengan keinginan saya untuk bermain warna. Misalnya saya mewarnai rambut Pogo Boy dengan warna merah , jika di gambar pertama saya mewarnai rambut Pogo dengan warna hitam, tapi di gambar kedua saya mewarnai rambut Pogo dengan warna merah. Biar terlihat agak beda. Pada gambar kedua saya menggunakan teknik mewarnai dengan cara Pointilism atau dengan cara membuat titik-titik.

Cara menggunakan Aplikasi Faber Castell Colour To Life

Cara download aplikasinya bisa juga dilihat pada video ini ya, supaya lebih jelas. Bisa juga denga langsung membuka Play Store, tinggal ketik Colour to Life, nanti akan langsung muncul. 


Setelah di download, maka lakukan ini untuk bermain di aplikasinya.

1. Colour, warnai halaman yang sudah tersedia, dengan teknik mewarnai yang kita inginkan. Kita bisa memilih dari list of game. Karakter apa yang kita warnai.

2. Setelah diwarnai. Lalu di SCAN. Tips dari saya melakukan Scan ini, memang kita harus teliti, sabar dan pakai trik. Soalnya jika kurang tepat saat meletakan layar handphone di atas halaman yang akan discan, maka proses scan tidak bisa berjalan dengan baik. Kita pasti akan mengalami “Loose Track”. Nah, jika hal ini sampai terjadi, ga usah panik apalagi putus asa, Yang kita perlu lakukan adalah hanya mengarahkan layar kamera ke bagian lain. Dengan mengarahkan layar ke luar atau kearah berlawanan dari halaman. Sampai muncul kembali layar hijau untuk kembali diarahkan ke halaman untuk di scan. Memang bagi pemula atau penggunaan pertama kali, hal ini pasti akan kita alami. 

Kemudian jika main di malam hari, maka saat scan, jika kondisi lampu tidak terang maka proses scan tidak akan berjalan lancar. Oleh karena itu saya menggunakan tambahan senter dari handphone untuk penerangan. Baru proses scan berjalan lancar.

3. Interact In 3D, setelah discan akan muncul karakter kartun yang ada di dalam game dalam tiga dimensi. Misalnya muncul gambar kuda, gambar pogo boy atau putri dalam bentuk tiga dimensi. Bentuk mereka menggemaskan.

4. Take Selfies, saat muncul gambar kartun dalam tiga dimensi, segera ambil foto dengan menekan tombol kamera yang terdapat di sebelah kanan handphone. Jika gambar yang kita ambil kurang bagus, maka kita bisa menekan tombol ‘Retake’ . Akan tetapi kalo gambar sudah oke kita bisa langsung menyimpan atau membagikannya langsung ke media sosial yang kita inginkan. 

5. Play Game

Sesuai dengan list of game yang sudah kita pilih, maka karakter dari pemain yang kita pilih tentu saja akan berbeda antara game yang satu dengan yang lainnya. Kalo anak saya Athifah sangat menyukai game dress up challenge. Saat gonta-ganti baju itu yang bikin seru. Apalagi warna bajunya sesuai dengan apa yang dia warnai sebelumnya. Jadi makin seru.

Pengalaman saya menggunakan Faber Castell Colour to Life

1. Saya mencoba tidak mewarnai karakter dari list of game. Pada saat dipadukan dengan aplikasi handphone. Maka gambar yang masih hitam putih atau belum diwarnai tersebut. Tetap bisa discan. Namun hasilnya tidak menarik. Karakter kartunnya terlihat polos saja. Tanpa warna. 


Karakter Pogo terlihat polos sebab belum diwarnai , lucu juga tapi kurang menarik
2. Lalu saya coba memberi warna yang tegas dan jelas pada karakter Pogo, dengan warna yang menarik dan banyak perpaduan warnanya. Maka hasil dari karakter kartunnya lebih menarik. 


Mulai muncul karakter Pogo, warna terlihat cerah dan hidup

3. Warna karakter yang keluar sesuai dengan warna yang kita buat. Di sinilah letak makin menariknya permainan ini. Apalagi bagi anak-anak. Mereka seolah menemukan sesuatu yang luar biasa. 


Baju Pogo sama persis dengan yang diwarnai

Hal yang harus diperhatikan

1. Setelah dipakai pens segera ditutup agar tidak cepat kering
2. Saat mewarnai berikan alas yang agak tebal untuk mewarnai, agar warna tidak tembus apalagi jika sampai bolong.
3. Tidak mewarnai bingkai hitam 
4. Jauhkan dari jangkauan anak-anak yang belum mengerti mengenai mewarnai.
5. Agar tidak berceceran, gunakan wadah/ dus/kotak yang ada untuk meletakkan pens yang akan digunakan.Rekatkan satu sama lain, kecuali yang akan dipakai.
5. Saat mewarnai bidang gambar jangan dilipat. Soalnya lembaran sangat rentan lepas. Oleh karena itu harus hati-hati juga. Jangan sampai jadi rebutan anak-anak. 
Gunakan alas di bawah halaman yang ingin diwarnai, agar tidak tembus
Colour to Life merangsang imajinask dan kerja syaraf otak anak. Memancing ide dan kreativitas anak.

Untuk kualitas dan pengalaman ga usah ragu deh, Faber Castell ini sejak tahun 1761, dan Faber Castell ini made in Indonesia loh, by Faber Castell Internasional Indonesia. Jadi mendukung produk Indonesia juga kan supaya maju.

Oh, ya Faber Castel Calour to Life ini bisa di beli di Tokopedia  , Gramedia atau toko buku terdekat. Beli online saja jika ga sempat ke tokonya langsung. 

Demikian pengalamn saya saat menggunakan Faber Castell Colour to Life ini. Semoga memberikan tambahan informasi.Jangan sampai kecanduan ya, soalnya main ini asik loh, jadi bisa ketagihan. 
Diberdayakan oleh Blogger.