Menu

Selasa, 26 September 2017

/ /
Kanal Komunikasi Sudah Dibentuk, Kamu Mau Bergabung

Beberapa tahun belakangan ini lingkungan hidup dan kehutanan di sekitar kita sering sekali mengalami MUSIBAH. Mulai dari pencemaran , penebangan hutan atau aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab. Yang membuat lingkungan di sekitar kita menjadi rusak dan tidak nyamn lagi untuk dilihat apalagi dinikmati.

Masih ingat kasus kebakaran hutan Riau yang heboh sejagat dunia maya. Meski kasus ini berlangsung terus dan bahkan berulang, kita tetap saja selalu disuguhi berita tentang hal ini. Seperti film lama yang diputar kembali. Gak ada kata selesai.

Tapi di sebelah sana, begitu banyak juga aktivitas manusia yang peduli dengan lingkungan , seperti penyelamatan hutan bakau, melestarikan puspa langka, pengrajin limbah, bahkan ada yang memang konsen mengurusi hal-hal yang selama ini gak dianggap orang. Seperti menanam pohon di hutan. 

Tapi mereka rela kok, melakukan hal itu meski gak diperhatikan, gak di fotoin atau juga gak diberi imbalan. semua dilakukan atas dasar suka, hobi dan yang pastinya kecintaan akan lingkungan hidup yang lestari dan hutan yang baik. 

Kegiatan atau aktivitas lingkungan hidup dan kehutanan tersebut harusnya mendapat dukungan dari berbagai pihak. Bahkan harus bisa diikuti oleh banyak orang, agar manfaatnya lebih cepat terasa dan kerjanya juga cepat selsai sebab banyak yang membantu. Misalnya, aktivitas menanam pohon, kalo banyak yang ikut melakukan hal tersebut, maka akan banyak pohon yang cepat ditanam dan juga banyak yang merawatnya.


Luasanya Lahan HUTAN Bengkulu

Kawasan hutan di Provinsi Bengkulu yang dicadangkan untuk Perhutanan Sosial adalah sekitar 107.254 hektar. Namun hingga 2016, baru 31.535 hektar yang mendapatkan izin, yaitu 8.363,16 hektar dalam bentuk Hutan Kemasyarakatan (HKm), 995 hektar dalam bentuk Hutan Desa (HD) dan 22.1777 hektar dalam bentuk Hutan Tanaman Rakyat (HTR).

Peran Kader Konservasi/ Kader Lingkungan, Kelompok Pecinta Alam, Komunitas Lingkungan, Kelompok Swadaya Masyarakat/ Kelompok Profesi tentu sangat diperlukan untuk untuk menginformasikan kepada masyarakat setempat mengenai progress perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan di Provinsi Bengkulu.

Untuk mengoptimalkan pemberdayaan Kader Konservasi/Kader Lingkungan, Kelompok Pecinta Alam, Komunitas Lingkungan, Kelompok Swadaya Masyarakat/ Kelompok Profesi yang ada di Provinsi Bengkulu, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sumatera berinisiatif melaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Kanal Komunikasi untuk Meningkatkan Akses Informasi dan Aspirasi Masyarakat dalam Mengembangkan PSKL.


KERANGKA Acuan Kerja

Sosialisasi dan Pembentukan Kanal Komunikasi untuk Meningkatkan Akses Informasi dan Aspirasi Masyarakat dalam Mengembangkan PSKL

Landasan kegiatan bidang Kemitraan Lingkungan adalah :
 (1) Undang-undang Nomor 32/2009 Pasal 70 Ayat (3) tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,
(2) Undang-undang Nomor 41/1999 Pasal 70 Ayat (1) jo. Undang-undang Nomor 19/2004 tentang Kehutanan, dan
 (3) Undang-undang Nomor 5/1990 Pasal 37 Ayat (1) tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistemnya.


Gak main-main ya, kerjanya si Kanal Komunikasi ini. Dasarnya jelas dan lengkap

Dari ketiga landasan / asas kegiatan tersebut kemudian dirumuskan sasaran kegiatan Kemitraan Lingkungan tahun 2015-2019, yaitu “meningkatnya role model komunitas yang berperan serta dalam penyelamatan SDA dan ekosistem, serta lingkungan hidup dan kehutanan”.

Untuk mencapai sasaran strategis bidang Kemitraan Lingkungan tersebut, optimalisasi peran
  1. Kader Konservasi
  2. Kader Lingkungan,
  3. Kelompok Pecinta Alam,
  4. Komunitas Lingkungan,
  5. Kelompok Swadaya Masyarakat/ Kelompok Profesi sangat strategis untuk diberdayakan.

Upaya pemberdayaannya, salah satunya melalui pembentukan wadah Kanal Komunikasi, sebagaimana yang telah diatur petunjuk teknisnya dalam Peraturan Dirjen PSKL Nomor: P.22/PSKL/SET/PSL.3/12/2016 tentang Pembentukan Kanal Komunikasi Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan.

Kanal Komunikasi Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (Kakom-PSKL) adalah orang-perorang atau kelompok atau lembaga yang dapat mengkomunikasikan secara timbal balik antara masyarakat dan/atau pemangku kepentingan (stakeholder) / para pihak dengan Pemerintah untuk mendukung program Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan.


Mengenal KANAL KOMUNIKASI

Maksud penyelenggaraan Kegiatan ini adalah Sosialisasi Target Kanal Komunikasi yang dibangun untuk meningkatkan Akses Informasi dan Aspirasi Masyarakat dalam Mengembangkan PSKL adalah untuk menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan handal sebagai jurnalis warga dalam memberikan informasi terkait kegiatan perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan di Provinsi Bengkulu.

Tujuan KANAL KOMUNIKASI

1. Menghimpun data dan informasi mengenai Kader Konservasi/ Kader Lingkungan, Kelompok Pecinta Alam, Komunitas Lingkungan, Kelompok Swadaya Masyarakat/ Kelompok Profesi yang berstatus aktif di Provinsi Bengkulu
2. Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyampaikan informasi mengenai perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan
3. Memfasilitasi terbentuknya Kakom-PSKL di Provinsi Bengkulu
4. Meningkatkan keterampilan dan wawasan SDM Kakom-PSKL
5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM Kakom-PSKL


Peserta Kegiatan

Pada kegiatan ini ikut terlibat sekitar 30 orang yang berasal dari perwakilan wilayah yang ada  di provinsi Bengkulu Kebetulan saya hadir mewakili dari penulis dan blogger Bengkulu. Ini nanti jadi bagian bahan tulisan saya ini, memposting aktivitas lingkungan hidup dan kehutanan. Ada yang dari Muko-muko, ada yang dari Rejang Lebong, Selatan, Utara, pokoknya berkumpul bersama. Tua, muda, lelaki dam pet]rempuan berbaur bersama. Pasti seru dan menyenangkan.


Selain melakukan pembentukan Kanal Komunikasi, kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh panitia untuk mengedukasi para peserta tentang menulis. 

Ya, supaya kegiatan para aktivis lingkungan tersebut dapat diikuti dan diketahui oleh orang lain. Harus ditulis dan dishare ke sosial media, atau juga bisa dikirim ke media massa


Ya, kita diberikan materi tentang jurnalisme warga oleh bapak Dedek Hendry dari Aliansi Jurnalis Independen atau AJI. Materi diberikan setelah acara pembukaan oleh bapak Ir.Supriyanto, M.Si Kepala Bidang Pengolahan DAS dan Pemberdayaan Masyarakat  dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bengkulu.

Sukses, sosialisasi dan pembentukan #KanalKomunikasiBengkulu untuk meningkatkan akses informasi dan apresiasi masyarakat dalam mengembangkan Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Bengkulu. Bersama kurleb 30 peserta yang berasal dari berbagai perwakilan daerah, komunitas, aktivitas, lembaga dan lain sebagainya . Terimakasih Direktur Kemitraan Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu Semoga kegiatan ini akan memberikan manfaat yang baik demi kelestarian lingkungan hidup dan kehutanan, khususnya di Bengkulu. Selain itu para peserta juga dapat ilmu kece tentang Jurnalis Warga, dari pak Dedek Hendry dari Aliansi Jurnalis Independen. Supaya peserta Kanal Komunikasi ini bisa menjadi corong berbagi informasi bagi warga. Selamat bertugas ya manteman semua, ditunggu aksi kita bersama ya Pesertanya juga keren , banyak dapat informasi dan saudara baru. #IniSaatnyaUntukRakyat #bloggerbengkulu #BloggerPerempuan #bengkulu #kehutanan #lingkunganhidup #sosialisasi #pelatihan #workshop #bloggerlifestyle #mildaini
A post shared by Milda Ini (@mildaini.bkl) on


Pelatihan  Jurnalis Warga


Setelah acara pembukaan para peserta diberikan materi bagaimana cara menulis yang mudah cepat dan informatif. Meimang salah satu dari tujuan pembentukan Kanal Komunikasi ini adalah sebagai penyalur informasi dan akses informasi terdepan dari berbagai kegiatan lingkungan hidup dan kehutanan. caranya adalah dengan menuliskan informasi tersebut lalu disebarkan lewat aun sosial media atau media massa

Cara mudah menulis dengan menggunakan teori menulis 5W+ 1H


Jadi kita peserta diminta untuk memulai sebuah tulisan ini dengan saling mewawancarai peserta atau teman terdekat yang ada di sebelah kita. Lalu setelah itu dituliskan dengan memuat informasi ini

  • Siapakah dia (WHO)
  • Apa yang dilakukan (WHAT)
  • Dimana tempatnya (WHERE)
  • Kapan dilakukan (WHEN)
  • Mengapa  melakukan itu (WHY)
  • Bagaimana cara melaukannya. (HOW)
Pak Dede bukan cuma berbagi ilmu menulis, jadi juru foto juga bisa

Nah, saya mencoba menuliskan mengenai sosok keren di sebelah saya. Seorang anak bujang, yang saat ini sedang bergiat untuk memajukan wisata alam di sekitar daerah Kemumu, Bengkulu Utara.

Hai, kenalkan ini teman baru saya namanya Septian, beliau adalah salah satu aktivis pencinta lingkungan, pencinta alam, yang suka keluar masuk hutan. Septian bergabung di komunitas puspa langka Bengkulu Utara. Dalam dua tahun terakhir ini, dia berusaha dengan giat bersama dengan teman-temannya untuk mengali dan melestarikan objek wisata alam yang ada di sekitar Kemumu.

Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah untuk lebih memperkenalkan wisata Kemumu ke masyarakat Bengkulu dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Sehingga banyak yang berminat untuk datang berwisata ke Kemumu

Untuk mempromosikan objek wisata tersebut Septian dan teman-temannya melakukan berbagai promosi dan share tentang objek wisata tersebut ke akun sosial media. Agar mudah dinikmati dan dilihat oleh orang lain, sehingga tertarik untuk datang. 

Kalo kamu penasaran objek wisata apa saja yang ada di sekitar daerah Kemumu tonton saja video berikut ini ya. Supaya lebih jelas, pastikan kamu gak baper ya. Video Dani Umbara temannya Septian sesama di komunitas.



Selam dua hari ini, (25-26 September 2017) di hotel Jodipati. Tanah Patah Bengkulu, saya mendapatkan banyak informasi, wawsan dan pastinya juga keluarga baru.

Nantikan aksi bersama kami ya...Go Kanal Komunikasi


Sumber foto koleksi pribadi dan Sobat Kanal :)








Minggu, 24 September 2017

/ /
Kopi Gading Cempaka Bengkulu, Berani Beda! Cobain Aja Kalo Gak Percaya


Kopi Robusta boleh ada dimana-mana. Tapi soal kenikmatan rasa, kopi robusta Bengkulu berani beda. Buah kopi robusta kami, lahir dari proses panjang tradisi perawatan yang sudah turun temurun. Karena itu, rasakan sensasi kopi robusta Bengkulu.

Potensi Kopi, Bengkulu Berpeluang Jadi Penghasil Robusta Terbesar di Indonesia


Anugerah terbesar provinsi Bengkulu sebagian besar daerahnya merupakan kawasan hutan lindung dan hutan rakyat. Baik yang berada atau berdekatan dengan kawasan Taman Nasional Bukit Barisan (TNBB) ataupun Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), yang membentang mulai dari Lampung hingga Aceh.

Mayoritas masyarakat provinsi Bengkulu berkebun. Perkebunan terbesar merupakan sawit, karet dan kopi. Masyarakat menggantungkan hidup pada potensi alam yang melimpah namun belum mampu dikelola secara baik untuk menstimulasi nilai tambah. Semua potensi masih dikelola secara 'tradisional' sehingga produktifitasnya sangat kecil. 


Saat ini, provinsi Bengkulu baru menempati posisi ketiga dari 5 daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Bengkulu mampu menghasilkan 88.861 ton tiap tahun. Selain itu, Bengkulu merupakan daerah segi tiga emas penghasil Robusta terbesar ketiga di pulau Sumatera setelah Sumatera Selatan dan Lampung.

Kendati memiliki potensi yang sangat besar, kopi Bengkulu belum terekspos dengan baik sehingga kurang diperhitungkan secara serius di kancah nasional dan internasional. Padahal kualitas kopi Bengkulu diyakini mampu sejajar dengan kopi daerah lain.

Tentu ini Pekerjaan Rumahyang  besar bagi provinsi Bengkulu. 

Pelan-pelan petani Bengkulu mulai berbenah karena jika bicara soal kualitas kopi bukan hanya pada pemilihan bibit namun proses paska panen hingga cara berpikir masyarakatnya juga sangat menentukan rasa. Pada dasarnya semua kopi itu nikmat, tinggal bagaimana kita mampu menjadikan nilai tambah kenikmatan itu menjadi pundi-pundi kesejahteraan.

Sebagian besar petani kopi belum bisa mencicipi nikmat kopinya sendiri sampai saat ini. Persoalan klasik menjerat. Ada galian hutang yang sengaja dibuat oleh para 'toke' atau pengepul. Galian perangkap yang terjadi sudah turun temurun. Petani hanya memetik, menjemur, kering langsung diangkut ke gudang.


         Kopi Gading Cempaka, Kopi Premiumnya Bengkulu

Berawal dari kegelisahan itu semua, Kopi Gading Cempaka hadir sebagai sebuah ikhtiar membangun atmosfer baru dalam kancah perkopian Bengkulu, Indonesia, syukur-syukur hingga internasional. Tentu ini salah satu dari sekian banyak pegiat kopi di provinsi Bengkulu.

Ngopi dulu yuuk, baru lanjut lagi ceritanya....



Dimulai dari nama, Kopi Gading Cempaka tampil dari sebuah filosofi lokal yang mengakar pada masa dahulu kala, diangkat kembali kepermukaan untuk mengabadikan sejarah leluhur. Masih ingat dengan kisah perempuan cantik Putri Gading Cempaka?

A post shared by Milda Ini (@mildaini.bkl) on


Putri Gading Cempaka merupakan putri bungsu dari Raja Ratu Agung (pendiri sekaligus Raja pertama Kerajaan Sungai Serut). Seorang putri cantik rupawan dari titisan Kerajaan Majapahit. Bukan hanya perawakannya yang mempesona, putri gading juga memiliki kecerdasan yang rupawan.

Wajar, jika pangeran dari Aceh tergila-gila padanya. Hingga terjadilah perang dahsyat antara kerajaan Bengkulu dengan pasukan pangeran Aceh lantaran pinangan ditolak oleh Putri Gading Cempaka.

Kecantikan Putri Gading Cempaka dalam konteks saat ini merupakan gambaran soal kopi Bengkulu. Kopi Bengkulu hanya butuh sentuhan 'branding' agar bisa dilirik, diminati, dan dicintai seperti daerah-daerah di Indonesia.

Kopi Gading Cempaka, Arabika

Walaupun Bengkulu merupakan penghasil kopi Robusta mayoritas, kopi Arabika juga mulai banyak diminati oleh petani. Sehingga, Arabika sudah mulai dikembangkan secara pelan-pelan. Selain harganya yang lumayan mahal, secara rasa, kopi Arabika Bengkulu diyakini mampu beri rasa berbeda dengan daerah lain.


Saya dan Kopi Gading Cempaka

Perkenalan saya dengan kopi ini belum lama, sekitar bulan Agustus yang lalu , kebetulan saya menjadi salah satu peserta Familiarization Trip atau Famtrip yang diadakan oleh Dispar Bengkulu dalam kegiatan #FestivalBumiRafflesia2017. Dimana setiap peserta diberikan bingkisan kopi Gading Cempaka ini setelah acara penutupan.

Saya sebenarnya tidak begitu rutin ngopi, bahkan hampir sangat jarang saya membuat sendiri kopi untuk saya minum. Seringnya jika ada di suatu acara, ada pilihan ngopi, saya ikut ngopi. Yang lebih seringnya adalah nyeruput kopi Emak, hehehe. Kenapa, sebab Emak saya dengan penyakit jantungnya, diharuskan oleh dokter untuk berhenti minum kopi atau mengurangi minum kopi. 

Bagi Emak saya yang juga sudah mulai pikun, berhenti ngopi sama saja ibarat membunuhnya perlahan-lahan. Serem banget ya, ya gimana lagi udah candu ngopi. Sepekan pertama mencoba berhenti, beliau bisa jalani, lewat sepuluh hari, mulai terasa sakit kepala dan anehnya obat sakit kepalanya itu cuma ngopi. Kalo sudah ngopi, sakit kepalanya hilang.

Jadi, saya pun tak berhasil melarang Emak untuk berhenti ngopi, tetapi Emak diminta untuk mengurangi saja. Ya, namanya sudah pikun, sudah ngopi dia bilang belum, dan sebaliknya. Kadang hanya dalam rentang waktu tidak berapa lama, Emak sudah membuat kopi yang baru. Karena sudah minum kopi, yang barusan dibikin tentu tidak sanggup lagi diminum. Nah, di sinilah peran saya untuk menghabiskan kopi Emak, hahaha.

Jadi, tiap hari saya bisa minum kopi loh, meski waktunya tak menentu menunggu sisa ....Paling banyak setengah gelas, kadang satu gelas juga kalo dikumpulin, untuk takaran sekitar 250cc.

Kalo pun saya kepengen ngopi, saya tidak pernah membuat kopi hitam. Tetapi lebih seringnya kopi susu. susunya kalo pake takaran susu kental manis itu. satu gelas kecil, susunya satu sachet. Tanpa tambahan gula. Bisa dibayangkan rasanya seperti apa. Susu pake Kopi atau Kopi pake Susu.   

 


Beberapa Campuran yang TAK Biasa digunakan saat Bikin KOPI

  1. Gula Pasir
  2. Gula Merah atau Gula Jawa
  3. Susu Kental Manis Putih
  4. Susu Kental Manis Coklat
  5. Coklat Bubuk
  6. Coklat Batangan
  7. Butiran Kacang Tanah
  8. Durian

Yang paling akhir, biasa itu dilakukan oleh orang-orang Bengkulu, minum kopi ditambah dengan buah durian. Rasanya katanya enak dan ajaib. Saya sendiri belum pernah nyoba.

Dari sekian pilihan tersebut yang sering aku lakuin ya dicampur ama gula, susu, coklat sama pernah juga sya nyoba mencampur kopi dengan butiran kacang tanah yang sudah digoreng, hasilnya emang enak dan beda. lebih eksotis, apalagi kalo minumnya di bawah pohon Durian.

Kalo kamu penasaran, dicobain aja, itu cara lain minum KOPI  . Atau kamu punya bahan atau campuran lain, yuk diskusi dan komentar di sini.


Semua Beda, Setelah Ketemu Kopi Gading Cempaka

Setelah saya coba minum kopi Gading Cempaka,meski dalam porsi kecil. Rasa ingin membuat kopi hitam itu muncul. Meski kata sebagian orang enaknya kopi itu jika diminum tanpa gula. Saya gak kuat minum kopi tanpa gula. jadi saya tetap menambahkan gula meski sedikit.

Meski tidak setiap pagi atau pada waktu tertentu, kopi Gading Cempaka memang membuat saya jatuh cinta padanya. Saya jadi punya keinginan untuk ngopi. Bahkan teman-teman saya yang juga sudah mencoba kopi ini, berata dan merasakan hal yang sama dengan saya. Jadi berani ngopi dan gak takut gak bisa tidur.

Aneh kan.......sebagian orang takut Ngopi karena takut gak bisa tidur,,,,tapi ada juga yang butuh kopi supaya gak ngantuk di malam hari. Kalo kamu barisan yang mana?  

Kenapa bisa begitu ya?...jadi penasaran ya, kenapa kopi Gading Cempaka bisa memberikan efek seperti itu. Jawabannya, bisa di baca di bawah ini ya.

Kopi Premium , Ya Kopi Gading Cempaka

Kopi Gading Cempaka menyediakan Kopi Premium. Kata Premium adalah merupakan manivestasi kecantikan dan kecerdasan dari sosok Putri Gading Cempaka. Sehinga dapat dibayangkan soal cita rasanya. Dijamin tidak akan berpaling.

Proses Produksi Kopi Gading Cempaka

  1. Petik matang (merah)
  2. Proses Sortasi tahap pertama
  3. Dilakukan penjemuran
  4. Pengupasan kulit
  5. Sortasi tahap kedua hingga menjadi biji kopi pilihan (premium)
  6. Roasting, sebelumnya dilakukan proses sortasi yang ketiga. 
  7. Sortasi keempat dilakukan setelah proses roasting, unuk mmebuang biji kopi yang terlihat pucat atau tidak sama bentuk dan warnanya dengan kopi yang lainnya.


Wow, panjang juga yan prosesnya. Wajar saja hasil kopinya premium dan rasanya juga khas, tidak sama dengan rasa kopi yang sejenisnya. 

Terjawab sudah ya, kenapa kopi Gading Cempaka itu khas dan beda. 
Kenapa juga perempuan kayak saya, jadi doyan ngopi dan lebih joss-nya bikin kopi sendiri...

Produk Kopi Gading Cempaka

ROBUSTA PREMIUM
Isi 200 gram = 30.000*

ARABIKA PREMIUM
Isi 100 gram = 20.000*


Untuk harga Reseller or Dropshipper hubungi kontak di bawah

Cara pemesanan sebagaimana berikut ini:

A. Online:

- WA 08117321511/ 081995850700
- Twitter @kopigadingID
- Fanpage Kopi Gading Cempaka
- IG @kopigadingcempaka
- www.kopigadingcempaka.com

B. COD 

Langsung di studio Radio B-One FM Kota Bengkulu- Jalan S. Parman No. 117 Padang Jati Ratu Samban Kota Bengkulu.
- WA 08117321511/ 081995850700


                     "Kopi Gading Cempaka, Berani Beda"




Jumat, 22 September 2017

/ /
Begini Caranya Supaya Dapat Duit Dari Akun Instagram, Kamu Mau Mencobanya

Hai, apa kabar. Gak terasa sudah mau akhir bulan September ya, aku mau posting dulu ya cerita keseruan #KelasBlogger2Bobe bulan September ini. Ya, kegiatan kelas blogger ini kami buat setiap pekan ketiga setiap bulannya. Jadi sudah menjadi agenda rutin. Alhamdulillah ini sudah kelas yang kedua.

Kelas kedua ini, kita akan diskusi dan membahas mengenai Branding Sosial Media Khususnya Instagram, bersama slah satu selebgram yang Bengkulu banggakan. Kita akan mencoba mengali banyak informasi dan ilmu dari seorang yang ramah, yang biasa kami sapa dengan sebutan Kak Fian. Dengan nama akun Instagramnya Sofian Rafflesia @fianbkl. Folower Kak Fian ini juga sudah lumayan banyak juga.

Kita kenalan dulu ya sama sosok kece satu ini, supaya lebih mendapatkan gambaran tentang dirinya. Ibarat kata tak kenal maka tak sayang...


Widih, lengkap banget ya...silakan dikepoin. Jangan lupa di folow juga ya akun medis sosialnya, pesan sponsor sih begitu. Jangan tanya soal umur ya, panjang nanti bahasannya. Kalo penasaran silakan hubungi pake Jaringan pribadi (Japri ) sama beliau ya.

Nah, selain folower beliau yang udah lumayan banyak. Kak Fian ini punya segudang prestasi yang membanggakan, sebagian yang paling hot dan hit beliau ceritakan dan tampilkan kepada kita semua. Tapi yang hadiahnya kecil gak disebutin, kalo dimasukin semua datanya. Bisa panjang slidenya dan gak kelar satu jam membahasnya.

Oh, ya sebelum lanjut ke prestasi Kak Fian, beliau sempat cerita kalo akun IG dia kena block oleh Instagram. Saat tahu hal itu, beliau hampir putus asa dan mau naggis darah. Ya, bayangkan saja untuk mendapatkan folower sebanyak itu beliau emang berjuang mati-matian. Gak pake sistem beli folower, bikin foto yang kece dan sering ikutan berbagai lomba. Eh, taunya ama IG mau diblock, apa gak kecewa berat.

Akhirnya dengan segala upaya, akhirnya Kak Fian berhasil mengembalikan akun Instagramnya, meski harus melakukan banyak hal dengan penuh kesabaran dan hati berdebar-debar. Bisa balik apa gak, akhirnya bisa balik. Setelah Kak Fian melakukan semua hal yang diminta oleh pihak Instagram dengan disiplin dan sabar.

Kata Kak Fian, hal itu bisa terjadi pada akun IG-nya sebab beliau waktu itu ada posting sebuah foto, dengan terlalu banyak hestek atau tagar. Ternyata hal demikian tidak diperbolehkan oleh Instagram. Jadi kalo mau upload foto di IG, kasih tagarnya sedikit saja atau sewajarnya saja.


Selain itu Kak Fian ini juga sudah bikin film loh tentang Bengkulu, kamu udah nonton apa belum. Saya sih belum, kepengen nobar aja deh barengan ama sobat Bober;s. Nungguin undangan dari Kak Fian. Nonton rame-rame pasti lebih asik dan seru.


Jadi dengan segudang prestasi itu wajar saja sih, Kak Fian punya folower alami yang emang folow akunnya karena butuh infoh dan wawasan terutama tentang Bengkulu.

Nah, kali ini beliau akan berbagi kepada sobat Bober's bagaimana sih caranya supaya Instagram kita banyak folowernya, foto kita banyak yang like dan re-post serta yang tak kalah penting bisa mendatangkan uang dari akun Instagram tersebut. Instagramnya bisa menghasilkan duit. Tentu ada caranya, dan beliau udah panen juga tuh uang dari job di IG.

Yang pertama yang beliau ajarkan adalah bagaimana caranya supaya foto kita itu INSTAGRAM ABLE

  1. Rencanakan Ciri Khas Foto
  2. Background Yang Menarik
  3. Gunakan Natural Lighting
  4. Tentukan Angle & Titik Fokus
  5. Komposisi
  6. Jangan edit berlebihan
  7. Caption & Hastag yang tepat  
Sobat Bober's pun mencoba untuk Creek, dan menerapkan ilmu yang baru diajarkan oleh Kak Fian tersebut. Langsung pasang aksi. Dan salah satu hasil fotonya yang menurut saya lumayan bagus selama kegiatan ini adalah, ini hasil jepretan +moms odell  



Saya suka banget foto ini, bukan karena saya ada di dalam fotonya. Saya dan Kak Fian sepakat bahwa foto ini meski diambil hanya lewat handphone, punya ciri khas dan unik. Jadinya terlihat menarik dan bagus.

Kemudian meski sudah posting foto yang bagus, tetapi tetap saja folower gak mau mampir. Kak Fian juga memberikan tips untuk menambah folower ini. Supaya mereka mau folow dengan sendirinya atau terjadi penambahan folower.

6 Cara Menambah FOLOWER Ala Sofian Rafflesia

1. Follow to Follow
2. Juara Kontes Foto Instagram
3. Direpost Account IG lain
4. Manfaatkan hastags/tagar popular
5. Aktifkan sinkronisasi Account
6. Berkreatifitas dalam menguppload foto/video 



Gimana, udah mau langsung action atau masih mau menunggu dulu. Aku aja ya gemes, kepengen langsung bereaksi. Memperbaiki dan merubah kesalahan yang saya lakukan dalam mengelolah akun sosial media khsusunya Instagram.

Jika akun sosial media dan folower dijaga dengan baik, maka kita juga tentunya akan mudah kedatangan berbagai tawaran job di sosial media. Misalnya dapat endors produk. Ternyata Kak Fian ini sudah banyak juga terima endors baik produk dari Bengkulu dan sekitarnya. Bahkan yang di luar kota Bengkulu. Dari pulau Jawa juga sering. 

Kak Fian ini sudah mendapatkan uang dan produk yang lumayan banyak dari akun instagramnya.

Berikut Ini tips Branding Sosial Media Instagram ala Kak Sofian Rafflesia 
1. Tentukan Tujuan
2. Pilih Media Sosial
3. Pertahankan Konsistensi
4. Sajikan Konten Yang bermutu
5. Dengar dan Respon
6. Jalin hubungan dengan sesama Rekan Media Sosial


Wuih, tenyata sudah semua ya, kita sedot ilmunya Kak Fian. Udah penuh otak ini dengan berbagai ilmu dan wawasan. Tinggal aksi nyata lagi , biar ilmunya gak menguap begitu saja. 

Ada caranya nih, supaya belajar ilmunya gak nguap alias cuma lewat saja. Mau tau, caranya. Belajar sambil NGOPI. 

Yess, kamu benar!!

Di kelas Blogger Bengkulu kali ini, peserta akan mendapatkan bingkisan berupa satu pack Kopi Gading Cempaka. Selain itu kopinya diseduh dan dicicip dong selama kegiatan berlangsung. Untuk mengusir rasa malas, kantuk dan migran. Berganti dengan semangat BARU.


Kelas blogger kali ini terasa lebih seru karena ada Kak Fian dengan ilmu dan wawasannya yang menarik serta sekantong cantik Kopi Gading Cempaka. Tungguin aja ya review kopinya di blog sobat Bober's. 

Udah kelar acaranya....terakhir supaya makin kompak, foto lagi dong...

Ada begitu banyak urusan saya yang belum terselesaikan. Namun begitu banyak urusan yang lainnya yang justru selesai dengan sendirinya. Seperti hari ini tatkala saya bersama dengan @bloggerbengkulu membersamai banyak hal seperti keluarga. Kami sama-sama nyeruput dan mencium khas @kopigadingcempaka yang tak perlu diminta tetapi mampu melerai semua masalah hanya dengan mencium dan meminumnya perlahan. Aroma Robusta yang lembut. Racikan dan olahan yang pas dan dari buah kopi terbaik. Membuat kopi Gading Cempaka patut dijadikan teman untuk berbagi persoalan. Lalu Kak @fianbkl yang hadir menyemangati soal dunia folow n folower, dengan ilmunya pengalamannya tanpa kuminta dia tau yang kubutuhkan. Banyak folower dan dapat job :)) Begitulah layaknya sebuah persahabatan , sebuah keluarga tak perlu diminta. Tak perlu dikatakan. Ia akan saling membuat bahagia. Kopi dan kebersamaan adalah duet maut untuk mengatasi semua masalah tanpa harus berpikir menyelesaikannya. #kopigadingcempaka #kelasblogger2 #bloggerbengkulu Boomerang @priosaja
A post shared by Milda Ini (@mildaini.bkl) on

Sampai jumpa di kelas blogger bulan depan ya....

Rabu, 20 September 2017

/ /
Transpulmin, Ekspresi Cinta dan Kehangatan Ibu


Rumah kami setiap hari selalu ramai, dengan suara anak, balita dan bayi. Mereka kerap sekali membuat gaduh dengan berbagai pola tingkah laku. Anak tertua Nawra sudah kelas enam sekolah dasar, dia leih sering seolah menjadi pngasuh bagi adik-adiknya. Kepada  dua adiknya Athifah (4tahun) dan Annasya ( 14 bulan) . Sambil mengasuh dan bermain. Saya sering kali melihat dan mengamati cara mereka bermain. Yang paling sering adalah bermain guru-guruan atau main jual-jualan. 

Ada yang menjadi penjual aneka makanan, kadang saya juga ditawari jika ingin membeli atau mau pesan makanan tertentu. Kalo mau guru-guruan, Annasya dan Athifah menajdi anak muridnya. Nanti Nawra meyebutkan sesuatu, adiknya mengikuti. Seperti meyebutka angka, huruf, sampai mengaji. Meski Annasya belum lancer berbicara alias pakai bahasa bayi. Kehadiran Annasya di dalam permainan tersebut tidak mengurangi keseruan permainan tersebut. Malah Nawra dan Athifah terlihat semakin asik dan seru.

Saya sangat senang melihat kebersamaan mereka. Indahnya masa kecli yang di isi dengan berbagai permainan, pengalaman dan tentu saja kebersamaan. Membuat mereka bertiga seolah tidak ingin dipisahkan.
Tak bisa dipungkiri kebahagian  mereka adalah BERMAIN BERSAMA. Itulah yang selalu mereka bertiga lakukan. Setiap waktu selalu dihabiskan dengan bermain apa saja. Sang kakak meski sudah kelas enam SD, tetapi jika sedang bermain bersama  adik-adiknya dia rela menjadi apa saja. Tingkah laku mereka yang menggemaskan kadang membuat saya dan suami tersenyum-senyum. Kadang kami pun ikut tertawa bahagia.

Kami juga sering terlibat langsung di berbagai permainan yang dilakukan oleh anak. Dengan bermain langsung dan menyentuh anak setiap hari sangatlah baik bagi tumbuh kembang anak. Ada beberapa sentuhan yang dapat digunakan oleh orang tua saat bersama dengan anak.

Sentuhan yang Wajib dilakukan Orang Tua Kepada Anak Setiap Hari

  1. Belailah kepala bagian belakang anak, sebagai wujud dan bentuk kasih sayang
  2. Letakkan tangan di atas kepala sebagai wujud kebanggaan
  3. Letakkan tangan di kedua atau salah satu pipi anak sebagai wujud dan bentuk kasih sayang
  4. Genggam tangan anak sebagai wujud untuk memperkuat hubungan dan cinta kasih antara orang tua dan anak
  5. Jika anak sedang marah atau perasaan kesal atau tidak enak. Maka tepuk dadanya dengan lembut untuk menenangkan  
 
Namun jika salah satu dari anak buah hati kami ada yang terkena Flu, semuanya bisa ikutan bersedih. Sebab Flu mudah sekali menyebar dan sangat tidak nyaman. Apalgi kalo Anansya yang terkena Flu, duh bakalan tambah repot dan puyeng. Kasian liatnya, sebab Annasya belum bisa bicara dengan jelas mengenai keluhannya dan inginnya seperti apa diperlakukan saat terkena Flu.

Annasya  yang berusia di bawah 2 tahun daya tahan tubuhnya belum sekuat anak usia di atas     2 tahun bila  dibandingkan dengan daya tahan tubuh orang dewasa. Bila dibandingkan dengan kakanya Nawra dan Athifah. Oleh karena itu Annasya masih sangat rentan, daya tahan tubuhnya juga masih belum kuat. namanya juga bayi sehingga virus serta bakteri penyebab penyakit akan mudah menyerang Anansya.

Pengetahuan Tentang Penyakit Flu (Influenza)

Penyakit ini disebabkan oleh virus  yang biasanya ditandai dengan gejala: batuk, pilek, demam, hidung tersumbat dan lain-lain. Gejala influenza termasuk dalam kelompok self-disease, artinya penyakit yang dapat sembuh sendiri, tergantung pada daya tahan penderita.

Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya apa saja yang harus dilakukan oleh Ibu ketika si Kecil mengalami gejala influenza?

Walaupun tidak tergolong penyakit berbahaya, namun gejala influenza dapat mempunyai beberapa efek samping, antara lain:

  • Kualitas tidur yang kurang baik membuat si Kecil menjadi rewel di pagi hari dan mempengaruhi minatnya untuk belajar berbagai
  • Kualitas tidur yang kurang baik juga dapat mempengaruhi kinerja Ibu di keesokan harinya.

Treatment Saat si Kecil Terkena Influenza

1. Berikan ASI yang cukup.
 
Asi adalah obat segala obat bagi setiap keluhan bagi bayi.

2. Jemur masing-masing 10-15 menit pada bagian depan dan belakang sebelum pukul 08.30 pagi.


3. Bersihkan cairan hidung yang mengeras menggunakan kapas yang diberi air hangat.
4. Baringkan di pangkuan dengan posisi tengkurap menghadap ke bagian depan.Tepuk punggungnya dengan lembut
5. Siapkan mangkuk yang diisi air hangat lalu teteskan minyak esential secukupnya.
6. Letakkan di sudut kamar agar uapnya dapat dihirup.

Bila perlu oleskan Transpulmin Oleskan Transpulmin Baby Balsam atau Transpulmin Family Balsam  di bagian dada, punggung dan leher anak.

Hindari memberi obat tanpa resep Dokter




Kondisi Yang Harus Diwaspadai

  • Pilek yang disertai batuk dan demam di atas 39 derajat Celcius dan berlangsung lebih dari 3 hari.
  • Sering mengantuk atau rewel.
  • Batuk semakin parah diiring nafas cepat.
  • Pilek tidak membaik lebih dari 7 hari.
  • Sering menarik telinga dan menangis.

Bila terjadi tanda-tanda tersebut, segera kunjungi Dokter atau Rumah Sakit terdekat


Solusi KEHANGATANIBU Bersama Transpulmin BB Balsam

Punya anak bayi dan balita itu emang harus ekstra waspada dan cekatan. Jangan sampai anak terkena flu dan hidung tersumbat. Apalagi kalo cuaca lagi tidak menentu potensi anak terpapar virus sangat besar. Kalo susah terkena flu dan hidung Mampet keceriaan dan kebahagiaan anak seolah hilang. Anak jadi malas melakukan aktivitas. Maunya digendong saja. Tidur pun maunya digendong, sambil sesekali menggosok hidungnya. Rasa tidak nyaman saat hidung Mampet pada anak sama halnya seperti yang dirasakan oleh orang dewasa sangat tidak nyaman. Oleh karena itu saya selalu juga sedia Transpulmin BB Balsam bagi Annasya dan Athifah di rumah untuk membantu meringankan hidung tersumbat karena flu, nyeri punggung, sakit kepala, sakit perut dan menghangatkan badan. Selain memberikan mereka asupan makanan yang baik dan bergizi tinggi , memberikan pakaian yang baik. Tiga kombinasi perlindungan dan perawatan prima tersebut sangat membantu saya mendampingi anak untuk melepaskan hidung tersumbat. #transpulminbalsam #momenkehangatanibu #KEBxTranspulmin @transpulmin.kehangatanibu
A post shared by Milda Ini (@mildaini.bkl) on


Transpulmin Baby Balsam merupakan balsam yang diformulasikan khusus untuk si Kecil yang berusia di bawah 2 tahun. Produk ini telah dipercaya dan direkomendasikan oleh para Dokter Spesialis Anak sejak +/- 30 tahun yang lalu.

Ada dua macam produk Transpulmin

Transpulmin Balsam Bayi
Transpulmin Family Balsam

Transpulmin Balsam Bayi


Komposisi dan cara kerja Transpulmin Balsam sangatlah efektif dan efisien sehingga tidak membiarkan anak terserang atau terllau lama terkena penyakit Flu, nyeri otot, punggung dan atau kepala sakit. Dengan adanya Transpulmin keluhan-keluhan tersebut akan segera hilang. Berganti dengan kecerian.
 


Transpulmin Family Balsam

Produk ini khusus diformulasikan untuk anak berusia di atas dua tahun. Agar segera sembuh dari keluhan berbagai gejala influenza pada anak.

Komposisi Transpulmin Family Balsam, sangat tepat digunakan untuk membantu meredakan berbagai gejala dan keluhan influenza pada anak dengan cepat.


Kegunaan Transpulmin 

Digunakan untuk membantu meringankan hidung tersumbat karena dlu,  nyeri punggung  dan sakit kepala, sakit perut dan menghangatkan badan. 

Dosis dan Cara Pakai
Bayi dan anak : 2-4 kali sehari,  digosokkan pada dada,  punggung dan leher. 

Peringatan dan Perhatian 
Transpulmin  jangan digunakan pada muka khususnya di hidung dan bagian kulit yang sensitif 

Efek Samping

Pada kasus yang jarang dapat terjadi iritasi ringan berupa kemerahan pada kulit 

Kontra Indikasi 

Transpulmin jangan diberikan pada anak-anak yang  hypersensitif terhadap salah satu dari komposisi  obat ini

Penyimpanan

Simpan pada suhu di bawah 30 derajat celcius 

Kemasan 

Dus, tube @10g
Dys,tube @20g
No Registrasi  :POM QD 151 713 831

Diproduksi 

PT MUGI LABORATORIES
Bekasi, Indonesia
Merk dagang yang dimiliki oleh
MEDA, Pharma  GmbH & CO. KG
Bad Homburg, Germany

Dengan adanya Transpulmin, akan membuat anak senang bermain dan bergerak melakukan banyak hal dengan gembira, tanpa kuatir hidung tersumbat dan keluhan influenza. Anak sehat aktif tentu akan membuat orang tua tenang. Tak perlu kuatir berlebihan saat bayi dan anak terkena influenza.



Untuk Informasi lebih lanjut bisa hubungi

Facebook  Transpulmin Kehangatan Ibu
Instagram @transpulmin.kehangatanibu

Tulisan ini diikutesertakan dalam lomba blog Transpulmin bekerjasama dengan Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB)

Selasa, 12 September 2017

/ /
TIPS Tetap SEMANGAT Nulis BLOG

Dulu saya belajar ngeblog  ketika jadi utusan mewakili  Bengkulu untuk hadir pada sebuah acara pelatihan blog dan sosial media di tahun 2012 di Medan.

Udah lama juga ya....

Waktu itu blog belum ngehit kayak sekarang.  Harga domain dan hosting.  Beeaaah,  masih mahal banget dan penyedia layanan domain dan hosting masih sedikit.  Saya masih menggunakan blog gratisan belum mampu  untuk ganti domain blognya.

Waktu berlalu  tanpa terasa,  akhirnya blog saya sudah berdomain berbayar.
 

Saya menikmati asiknya punya dan nulis blog berdomain pribadi.  Lebih semangat.  untuk blog personal  sesuai dengan nama saya udah lumayan juga update tulisannya. Saya menulis banyak hal. ,   saya  berceloteh banyak hal seputar keseharian yang saya alami, mengenai pengalaman. Memang lebih mirip dengan blog curhatan, hehehe.

Blog saya belum dikhususkan untuk ikut lomba, lebih kepada sarana untuk mengasah dan melatilah 17 h kemapuan untuk tetap semangat menulis. Setetlah 17 buku antologi dan 4 buku solo saya terbit. Keinginan untuk terus menghasilkan karya dalam sebuah buku semakin meningkat. Apalagi kalo pas udah terima royaltinya, hehehe. Jadi tambah semangat.

Oleh karena itu saya butuh terus mood yang bagus untuk menulis dan butuh semangat yang tetap terjaga stabil untuk menulis. Makanya saya memilih menulis blog untuk menjaga semangat menulis tersebut, agar setiap hari tetap terjadi proses menulis. Walau hanya dalam bentuk curhatan. 

Meski ada juga sih beberapa kali saya menang artikel blog, namun saya masih anggap hal itu adalah sebuah keberuntungan. Sebab masih banyak ilmu mengenai blogging yang belum saya ketahui dan belum bisa saya terapkan di blog saya. Atau bisa jadi selera jurinya, pas sama saya

Nah, ternyata setelah dijalanin, bukan cuma menulis buku saja yang butuh mood dan semangat untuk tetap semangat menulis. Ternyata nulis blog juga butuh semangat dan motivasi yang juga gak kalah besar saat hendak menulis sebuah buku. Meskipun menulis blog hanya dengan modal tulisan sedikit, misalnya 500 kata dan satu foto pendukung. Artikel kita sudah bisa diposting atau dipublish dan di share ke mana-nama lewat akun sosial media. Sangat berbeda jauh dengan menulis buku yang butuh begitu banyak kata dan halaman untuk bisa diterbitkan dan dishare kemana-mana.

Nunggu terbitnya juga lama dan butuh penolakan ke berbagai penerbit. Apalagi kalo penulis pemula yang belum banyak pengalaman soal menerbitkan buku

Jadi Ternyata Nulis Blog yang singkat itu juga butuh mood…

La, iya dong, butuh banget mood dan ide-ide baru, supaya tulisan juga dibaca oleh orang lain dan tentu saja tampilannya menarik. Butuh belajar foto juga, belajar soal blogging. Cuma Cuma mampu menuliskan saja

Sama repotnya ya dengan Nulis Buku

Untuk sebagian orang gak repot sih, malah lebih mudah nulis blog daripada nulis buku tapi bagi orang lain ada juga yang bilang sama susahnya.

Apa yang harus dilakukan untuk tetap semangat menulis blog, terutama bagi pemula. Yang belum tau arah nulis blognya apa, dan belum icip duit dari blog. Pasti butuh motivasi ya.

Makanya saya lakukan beberapa hal ini untuk memompah semangat ngeblog di tengah terpaan kata MALAS dan BAD MOOD

Barangkali ada yang butuh pengalaman saya, yuk disimak 

Perbaiki Niat

Ini penting, tanyakan diri sendiri. Ngeblog itu buat apa. Lalu komitmen dan fokuslah terhadap tujuan dan niat tersebut. In sya Allah niat baik akan selalu ada penolong dan jalan keluarnya

Gabung Komunitas Blog

Saat ini banyak sekali grup atau komunitas blog baik secara online dan offline. Kita bisa memilih sesuai kebutuhan dan minat kita. Misalnya suka traveling, yuuk, gabung ke komunitas travel blogger, suka dandan atau biuti blogger, ya gabunglah ke komunitas Beauty Blogger dan banyak lagi.
Bersama Blogger dis ebuah acara di Yogjakarta
Dulu Baper banget liat blogger di luar sana, khususnya pulau Jawa. Yang tiap sebentar bikin kegiatan dan kumpul-kumpul. Jadi kepengen ikutan juga, tetapi otomastis berat di ongkos ya. Jadi saya termotivasi untuk mendirikan komunitas blogger juga, lalu saya mengajak teman-teman yang lainnya , hingga berdirilah Komunitas Blogger Bengkulu.

Dengan adanya komunitas blogger daerah bisa melakukan banyak kegiatan secara offline. Belajar tentang blogging juga menjadi lebih menarik. Penuh semangat sebab bertemu langsung dan tentunya juga seru, apalagi pas sesi foti-foto. Sesi berfoto bisa lebih lama dari sesi materinya loh, hahaha.
Acara #MiladPertamaBloggerBengkulu

Iya kan, pasti kalian pernah mengalami hal tersebut!

Gabung di grup online juga sangat efektif, misalnya gabung grup Whatapp. Kita bisa saling bernagi informasi mengenai ilmu blogging terkini, saling bertanya, berbagi info lomba, event sampai info soal job dan yang tak kalah seru adalah melakukan Blogwalking atau bewe.

Apa itu Blogwalking atau Bewe

Langkah selanjutnya untuk tetap semangat adalah dengan melakukan BLOGWALKING atau BEWE, berkunjung ke blog teman-teman, membaca dan melihat posting yang telah teman buat serta meninggalkan komentar atau jejak di blognya. Kadangkala saat melakukan bewe kita mendapatkan berbagai informasi dan ide tulisan. Jadi bewe sangat bagus untuk memupuk kreatifitas dan ide menulis. Jika sadang  malas menulis maka lakukanlah bewe ke blog teman-teman. Namun tetaplah bewe dengan baik ya, tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar dan berilaknlah komentar yang sesuai dengan isi postingan dan sopan santun.
Bobe saat ikut seminar nasional

Jika sudah Bewe tetapi masih juga malas nulis, coba ikuti LOMBA BLOG. Hadiah yang mengiurkan kadang menjadi motivasi yang ampuh untuk merontokkan kemalasan, mulailah ikuti lomba blog yang sekiranya kita kuasai bahannya dan kita mampu menuliskannya.

Ada begitu banyak lomba blog, bahkan ada web yang secara khusus isi postingannya adalah berbagai informasi lomba dan event. Kita tinggal pilih saja sesuai dengan selera dan kira-kira ingin hadiah apa. Kadang kala ikutan lomba adalah salah satu cara untuk belajar dan update berbagai informasi secara cepat.

Salah satu Lomba Blog Bulan September

One Day One Post

Coba buatlah jadwal untuk membuat postingan secara teratur, gak perlu panjang-panjang. Cukup dimulai seperti saat kita nulis status di sosial media Cuma dilegkapi beberapa foto penunjang. Sekitar 350 – 500 kata. Isinya juga awali dengan hal-hal yang dekat dengan kita, yang kita sukai dan yang bikin senang. Saat menulis tak perlu berpikir, banyak hal terutama mengenai pendapat orang menganai tulisan kita. Tapi cobalah focus terhadap penyelesaian tulisannya. 

Jika tidak bisa one day one post. Maka coba dengan menulis pada setiap misalnya tanggal genap, atau tanggal ganjil. Jika kita komitmen maka setiap bulan akan terkumpul sekitar 15 tulisan di blog kita.

Kaitkan dengan Sosial Media

Saat ini sosial media Instagram dan Twitter selalu yang dituju atau diminta turut serta saat member informasi mengenai blogger. Akun sosial media tersebut selalu diminta dan snagat berkaitan dengan blogger. Oleh karena itu jika rasa malas nulis blog dating coba ganti dengan nulis status di sosial media saja. Lalu nanti akan menjadi kebiasaan untuk menulis yang agak panjang, bukan cuma sekedar share  forto saja. Ada keterangan yang menyertai foto tersebut dengan caption yang menarik dan bikin penasaran.
Kelas Blogger tentang Sosial Media
Kalo masih juga belum keluar zona malasnya,coba akukan piknik atau travelling deh, siapa tahu sepulang dari jalan-jalan akan timbul semangat dan ada ide untuk menulis.

Terakhir, coba ganti dan rubah DOMAIN BLOG, dari yang gratisan menjadi yang berbayar.Biasanya jika sudah blog berbayar, karena ingat harus bayar domainnya mahal, jadi rugi kalo gak up date tulisannya. Sayang jika harus buang-buang uang dan tenaga buat daftar dan ngurusin domain blog. Yang udah pernah pasang domain , pasti awalnya sudah merasakan repotnya ya.  

Jika berbagai tips di atas gak juga menghapus rasa MALAS dan MOODY buat nulis blog. Maka udah deh HAPUS saja blognya, hahaha. Ngapain punya blog kalo gak ditulis.

Udah ya, segitu saja pengalaman saya mengatasi rasa malas nulis Blog…Semoga bermanfaat.



Minggu, 10 September 2017

/ /
Ciri Khas Masakan Indonesia yang Tidak Dapat ditandingi

Saya sering sekali diundang ke berbagai acara dan kegiatan di hotel atau gedung pertemuan. Kegiatan tersebut biasanya selalu  diselingi dengan acara ramah tamah dan makan bersama. Jika kegiatannya menginap, maka acara makan akan dimulai dengan sarapan pagi, dilanjutkan dengan makan siang dan makan sore atau makan malam.Aneka jenis menu masakan tersedia. Begitu juga dengan cara makan, asal masakan bisa kita pilih. Bukan cuma dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan  juga tersedia berbagai menu masakan dari luar negeri.

Meskipun banyak pilihan, saya lebih menyukai dan memilih menu masakan khas Indonesia yang kaya rasa, jenis dan juga cara penyajiannya. lebih menarik dan sesuai dengan lidah saya, hehehe. Meski sesekali saya pun mencoba untuk mencicipi makanan dari luar negeri tersebut. Akan tetapi tetap saja selera saya tak terpenuhi, masih tetap mencari menu masakan Indonesia.

Indonesia Itu Kaya Cita Rasa dan Menu Makanan

Banyak sekali masakan daerah yang ada di Indonesia, pada masakan-masakan itu sendiri pun juga memiliki keunikan tersendiri yang dapat dinikmati oleh para masyarakat setempat yang menyukai kuliner Indonesia, bahkan sekarang ini tidak hanya orang Indonesia saja yang ketagihan pada masakan daerah ini, akan tetapi orang di luar Indonesia pun juga memiliki daya tarik mengenai masakan Indonesia  yang tidak bisa ditandingi oleh jenis makanan apa pun. Sehingga hal ini lah yang menjadikan alasan utama bagi orang-orang yang menyukai masakan khas Indonesia.

Sarapan pagi di hotel Bidakara, Jakarta

Banyak sekali jenis makanan Indonesia yang dapat Anda jumpai dan dapat meleleh di lidah ketika makanan sudah masuk ke mulut. Tidak hanya itu saja, orang Indonesia sangat menyukai segala hal yang praktis, dan hal ini pun juga terbukti dari melihat cara makannya orang Indonesia yang menyukai makan satu piring, disertai makanan pembuka, utama dan juga makanan penutup yang menjadi satu. 

Hal ini pun juga merupakan salah satu tanda dari keunikan orang Indonesia beserta makanan khasnya. Di balik dari hal-hal unik yang ada di atas, maka ada hal unik lagi yang menyangkut mengenai orang Indonesia serta pada ciri khas Indonesia yang wajib Anda ketahui lebih dalam lagi, yaitu sebagai berikut ini:

1.    Orang Indonesia cenderung lebih mementingkan pada cita rasa makanan yang dimakannya.
2.    Perlengkapan makan pada orang Indonesia pun juga cukup simpel, karena hanya cukup membutuhkan sendok, garpu serta piring cekung.
3.    Sendok dipegang dengan tangan kanan dan garpu di pegang pada tangan sebelah kiri.
4.    Pada makanan pembuka, makanan utama serta makanan penutup akan menjadi satu.
5.    Makanan Indonesia lebih terkenal dengan cita rasanya yang sangat terasa pada bahan serta rempah yang memiliki aroma sangatlah menyengat.
6.    Makanan Indonesia cenderung lebih berlemak.

Sop  daging kesukaan keluarga saya


Untuk kelezatan cita rasa pada makanan khas Indonesia merupakan salah satu makanan yang tidak dapat diragukan lagi, karena pada masakan khas Indonesia sangat terkenal dengan cita rasa yang memiliki bahan serta rempah-rempah yang mampu menghasilkan pada aroma, rasa, tekstur, warna dan hal inilah yang menjadikan masakan Nusantara sangatlah terkenal hingga dunia, karena tidak hanya pada orang Indonesia saja yang bisa mencicipinya, bahkan orang luar negeri sekali pun dapat menikmati cita rasa makanan ini yang tidak dapat tertandingi dengan masakan yang lainnya.

Makan di Hotel Seruni, Puncak Bogor

Meskipun sama-sama masakan dari negara Indonesia, namun pada setiap daerah tentunya juga memiliki karakteristik masakan yang berbeda-beda pula. Perbedaan pada masakan itu sendiri pun terletak pada bumbu serta rempah-rempah yang digunakannya dalam membuat masakannya. Namun meskipun berasal dari bumbu serta rempah yang berbeda pun, namun untuk masalah cita rasa pun masakan Indonesia tidak dapat di ragukan lagi.

Diberdayakan oleh Blogger.