Menu

Minggu, 28 Januari 2018

/ /
Smart Liburan Membawa Anak – anak
Assalammualaikum Wr.Wb

Liburan membawa anak-anak itu repot ya. Apalagi membawa anak bayi, pasti tambah repot. Namun, meski terlihat repot. Banyak orang yang melakukan liburan dengan membawa anak-anak bahkan bayi. Jadi sebenarnya yang beranggapan repot membawa anak-anak dan bayi saat liburan itu siapa? Mungkin bagi yang melihatnya atau bagi yang belum pernah melakukannya. Akan sangat berbeda tanggapannya bagi yang sudah pernah melakukan secara langsung . Istilah kata berpengalaman. Pasti mereka bilang, tidak repot, malah enjoy!

Nah, bagi sebuah keluarga yang baru pertama kali akan melakukan liburan atau bepergian dengan membawa anak-anak dan bayi. Mungkin pengalaman liburan saya bersama keluarga dan anak-anak awal bulan ini bisa diambil pelajarannya.


Jauh sebelum liburan akhir tahun datang, saya dan suami memang sudah berencana untuk  liburan ke kota Jakarta dengan membawa semua anak-anak kami. Saya memiliki satu orang anak remaja, berusia 10 ahun, anak balita usia 4 tahun dan seorang bayi berusia 19 bulan. Komplit ya!

Untuk liburan tersebut, inilah persiapan yang kami lakukan,

1.    Mempersiapkan dana liburan, sebaiknya memang ada anggaran khusus dan memang direncanakan dengan baik supaya tidak mengganggu anggaran dana untuk keperluan rumah tangga yang lainnya.

2.    Membuat rencana perjalanan, berapa lama liburan, menginap dimana, jadwal  kunjungan ke desinasi apa saja, transportasi dll dan target liburan yang akan di capai. Semua harus detil supaya aman dan nyaman selama liburan.

3.    Mencari penginapan yang murah, strategis dan dekat dengan destinasi yang ingin dikunjungi. Di Jakara ada banyak graha wisata yang bisa kita gunkaan, dengan harga yang sangta terjangkau dan dengan fasilitas yang baik. Tidak kalah dengan yang lainnya. Kita bisa mencari tahu terlebih dahulu, bahkan booking secara online.

4.    Mencari dan membeli tiket yang termurah, tentukan saja, akan menggunakan transportasi apa.  Kita harus jeli untuk melihat harga tike dari berbagai maskapai, termasuk mencari diskon harga untuk anak-anak dan byai. Kalo ada harga murah, pilihlah untuk jadwal penerbangan pagi hari, agar lekas sampai dilokasi.

5.    Memilih maskapai dan terminal yang tepat. Kami sudah memutuskan untuk menginap di daerah Jakarta Selatan, oleh karena itu kami mencari maskapai dan bandara yang terdekat, yaitu Bandara Halim Perdana Kusuma.

6.    Mempersipakan Travel Bag yang smart. Liburan dengan membawa anak dan bayi tentu akan repot, jadi kami hanya membawa satu koper dan satu ransel. Oleh Karena itu hitung dengan jeli jumlah pakaian dan pernak-perniknya yang akan dibawa. Usahakan untuk membawa baju yang simple dan prakis saja. 

7.    Smart membawa perlengkapan dan peralatan anak dan bayi. Saat bepergian ke luar kota atau liburan,kami selalu membawa perlengkapan pribadi dan kesehatan anak. Terutama yang tak pernah kami lupakan adalah selalu membawa suplemen atau madu , termasuk juga minyak telon, hand body dan sebagainya


Untuk smart membawa baju saat liburan, kami punya tipsnya. Pasukan liburan kami kali ini ada lima orang. Jadi tas kami bagi dua, satu koper dan sau lagi ransel. Untuk ransel berisi semua pakaian suami dan anak tertua sedangkan koper berisi pakaian saya dan kedua anak yang lainnya. 

Baju yang kami bawa adalah 1) Banyaknya sesuaikan dengan jumlah hari, untuk dewasa cukup sau hari satu stel pakaian sedangkan anak, siapkan dua sel pakaian 2), Pilih bahan pakaian yang ringan, tipis dan mudah kering, jika akan mencuci. 3) Pilih pakaian yang bisa dipadu padankan, jadi pilih model dan warna pakaian yang bisa dikombinasikan 4) Langsung siapkan pakaian dalam di setiap lipatan baju yang akan dibawa. Jadi jumlahnya pun sama. 5) Siapkan  satu baju cadangan untuk anak, caranya kalikan jumlah baju dengan jumlah hari. Untuk dewasa sipaak juga baju tidur khusus.

Kami liburan ke Jakarta selama empat hari, tiga malam. Kami memilih menginap di graha wisata Ragunan di daerah Jakara selatan. Pilihan ini karena kami ingin mengajak anak-anak berwisata ke Wisata Taman Ragunan. Dari tempat kami menginap menuju lokasi sangat dekat.


Selain itu kami juga sudah mempelajari dan membua5 jadwal perjalanan. Dari lokasi menginap, kami bisa menuju ke pusat kota Jakarta dengan menggunakan mobil online dan transportasi kereta. Naik kereta tentu lebih hemat.

Kami mengujungi Ragunan, Monas, Kota Tua dan berbagai Museum, Masjid Istiqlal, City Tour dengan bus bertingkat, Mengunjungi masjid Dian Al Mahri (Masjid Kubah Emas).

Liburan ini semua anak-anak kami sehat dan enjoy. Setiap hari kami selalu menyediakan sarapan, minum susu dan camilan. Kebisaaan yang kami lakukan di rumah, tetap kami lakukan saat liburan. Makan siang tepat waktu dan  cukup istirahat. Saat di dalam kereta, kami meminta anak-anak untuk tidur . Mandi dan melakukan personal hygiene dengan baik.
Malam hari sebelum tidur saya selalu memberikan suplemen, seperti madu anak , lalu membalurkan minyak telon ke tubuh anak sehingga ketika bangun esok hari, bandannya kembali segar seperti biasa dan siap untuk jalan-jalan.

Saat bepergian, kami selalu membawa tas yang berisi, satu stel baju cadangan untuk anak beserta perlengkapannya, kain gendongan, perlengkapan pribadi ( diapers, lotion, telon) , makanan dan minuman.

Usahakan untuk pulang ke penginapan tidak terlalu malam, sehingga metabolisme tubuh anak tidak berubah drastis selama liburan. Ritme dan suasana di rumah tetap anak rasakan selama liburan. Seperti kapan anak sarapan, makan, bermain dan istirahat. Usahakan tidak banyak yang berubah.Termasuk saat melakukan ritual ibadah.

Jadi liburan bersama anak dan bayi itu menyenangkan loh, jika kita tahu cara yang smart, dan nggak bakalan bikin repot. Jika kita tahu cara melakukannya !
 
/ /
Pengalaman Facial Di Kedai Kecantikan DNY
Assalamualaikum,  Wr. Wb

Hai,  apa kabar dapur?,  semoga baik saya ya.  Lalu apa kabar si Emak?  Moga juga baik dan makin cantik ya!.  Apa,  ga cantik.  Duh,  lupa iyah yah,  kalo cantik  mah udah bawaan lahir kali.  Jadi,  gimana penampilan   muka,  kusam,  penuh komedo,  atau makin cetar membahana .  Ada problem ga sama muka, moga ga ada ya.  Kalo ada,  yuk cari solusinya biar muka terlihat lebih sehat,  prima dan bedak nempel indah,  hihihi.  Emang ada bedak  ga nempel Indah ada dong, hihihi.  Salah  satu solusinya ya perawatan dong,  Facial.  Nah,  aku mau cerita ni soal pengalaman aku Facial di kedai kecantikan DNY.

Jadi minggu ini aku udah janjian ama DNY  kedai kecantikan  buat perawatan.  Dari rumah aku udah bikin janji.  Jam empat sore bakalan ke sana. 


Karena Wiken, biasanya aku kan jalan ama anak dan suami.  Kali ini aku bikin tema sabtu bersama bapak ,ini sih sebenarnya modus juga,  maafkan aku ya suamiku.  Biar anak-anak main sama bapaknya dulu sementara aku nyalon. 

Suami dan anak-anak  setuju demi mendukung emaknya makin kinclong,  iya kan!

Jadi karena janji jam empat,  jarak rumah lumayan.  Aku udah wudhu dulu dari rumah.  Jadi begitu sampai kedai,  tinggal shalat Ashar terus perawatan. 

Lokasi Kedai Kecantikan DNY

Saya di antar suami,  pas masuk jalan Suprapto  Bengkulu,  setelah belokan Simpang Lima Ratu Samban ,  kami jalan terus sampai ketemu hotel Sinar Sport.  Lalu mobil berjalan pelan takut kelewatan.  Pas mau mendekat toko Mulya Karya.  Mobil berhenti.  Terbaca dengan jelas nama merk DNY.  Di lantai dua.  Di bawahnya ada counter handphone. Posisi DNY ini di depan Taman Smart City dan berseberangan gang dengan toko Mulya Karya.

Gampang kok nemuinnya,  di daerah Simpang Lima Ratu Samban  ke arah mutar balik  jalan Suprapto ,  kalo lurus ke Masjid Jamik. 
Desain ruangan dengan menggunakan bahan daur ulang, keren kan
 Pilih Paket Facial

Sampai di sana,  saya lihat masih ada beberapa  tamu,  saya pun mencolek therapisnya  buat shalat dulu.  Habis shalat langsung action.

Di sini ada dua macam Facial. Yang biasa.  Sama Micro.kalo yang biasa itu sampai pada tahapan dipencet  Komedo,  ini istilah saya aja.  Kalo istilah dunia salon apa ya,  saya lupa nanya.

Nah,  kalo Facial Micro beda lagi,  ini setelah dibuang komedo.  Lalu dengan alat kemudian ada proses penambahan vitamin,  serum buat kulit kita biar makin glowy.  Ga kusam dan ga kasut.  Emang benang apa?  Yah,biar lebih keliatan aura cantiknya dah.

Setelah dijelaskan  begitu,  ya udah aku pun penasaran  pengen nyobain.

Soalnya di toko sebelah ga ada kek  begini,ini mungkin karena  aku yang culun. Tahun ya Facial itu kek di kasih masker  berkali-kali.. Hahahaha, asli waktu itu mau protes tapi gimana ya, pasrah saja.  Sampai kelar pun cuma kayak gitu aja dioleskan berbagai cream.  Cuma itu.  Katanya Facial emas,  bisa bikin wajah terlihat bersinar.  Entahlah,  meski bingung dan mayan waktu itu pas dikasir,  soalnya lumayan mahal.  Tapi bnyak mikir ya, kek begini aja.  Kenapa harus ke salon yak.  Di rumah juga bisa.  

Nunggu bisa sambilan karokean, seruu
Facial Micro Itu Apa

Habis dijelaskan,  oh ternyata itu bedanya ya.  Pantas di toko  sebelah ga ada dilakukan itu.  Di DNY dilakukan.  Kata mereka udah ga zaman Facial main oles-oles  aja atau pencet pencet aja. Kesannya facial itu menyakitkan. Tapi harusnya menyenangkan.Iyess!

Oke deh,  yang dilakukan saat Facial Micro itu adalah begini. Pertama muka dibersihkan, llau diberikan cream secara bergantian sampai tiga kali. Yang udah sering facial udah tahu kalo tahap beginian ya. Lalu dilakukan pembersihan komedo atau pencet komedo secara alami. Pake alat juga sih, tapi alat tesebut hanya sebatas membantu mempermudah untuk mengeluarkan komedo dan sejenisnya. Bagian ini aku rasain agak sakit ya, ya namanya juga dipencet-pencet, hihihi.

Setelah itu baru dengan alat tertentu kulit wajah diberikan serum dan asupan gizi tertentu yang dibutuhkan kulit wajah kita. Nah, bagian ini yang kita sebut adalah facial micro itu. Cara ini diyakini akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan cantik luar dalam.

Terakhir, wajah diberikan masker lagi, sampai kering baru diangkat dan ga perlu dioles atau dibersihkan sama air. Oh, ya kalo ngomongin air aku jadi ingat. Jadi ada sesinya juga tadi muka kita berikan uap dari bahan-bahan rempah pilihan. Baunya wangi, aku lupa rempahan apaan yang dipakai.

Ahaaa, aku mau dong cantik luar dalam, makanya aku cobain facial micro ini ! 

Tempat Facial

Salah satu yang bikin aku penasaran itu adalah tempat melakukan Facial tersebut.  Model tempat perawatannya ala-ala Jepang begitu.  Warnanya  juga merah. Bikin ceria.

Jadi aku masuk ke sebuah bilik kita sebut begitu saja ya. Di dalamnya sudah ada kamar dengan dekorasi dan design Jepang. Seprainya juga bewarna merah. 

Lalu ada alat untuk sauna, ratus dan sejenisnya. Jadi perawatan tersebut, memang lebih private dan nyaman buat kita, kaum perempuan. 

Aku penasaran di dalam apa eui
Kamarnya juga bersih, adem dan nyaman. Di lihat di atas, di bagian plapon juga terdapat lampion-lampion yang bisa membuat pandangan mata kita berisi dan makin memperkuat tema ala-ala Jepangnya.

Aku pun nyaman  berada di sana  pengen banget bisa tiduran. lupakan sejenak urusan domestik. Mari jadi ratu sejagat , lupakan upik abu!

Lama Facial 

Di dalam kamar Jepang itu saya Facial selama kurang lebih dua jam. Lama juga ya.Cuma karena pijatannya enak, waktu begitu berasa singkat. 

Masuk melalui ini
Harga Paket Facial

Untuk jenis facial micro ini, DNY mematok harga masih sangat terjangkau. Soalnya aku sudah pernah mengalami facial sebelumnya yang toko sebelah bilang dengan istilah facial emas dengan harga di atas 300 ribu. Ga ada tindakana dengan alat tertentu, hanya diolesin dan dipicat muka saja. 

Nah, DNY memberikan layanan ini hanya dengan harga Rp. 250.000,- untuk tindakan sedemikian rupa, harga yang ini jauh lebih murah dan masuk akal. kenapa masuk akal, sebab menggunakan alat dan teknologi tertentu. Bukan cuma dioles dan dipencet-pencet. kalo DNY bilang ga zaman lagi Facial itu menyakitkan tapi zamannya facial itu menyenangkan.

 
Ini bikin aku hampir ga bisa bangun lagi, hehehe

Siapa Therapisnya

Oh, ya ini bagian yang juga mungkin teman-teman bertanya. Yang melakukan siapa dan bagaimana. Tenang saja. therapisnya emang sekolah di jurusan kecantikan bukan orang yang hanya beberapa waktu dilatih. Lalu mereka juga punya sertifikat yang diakui. Jadi ga usah kuatirlah dengan ilmu dan pengalaman mereka.

Gimana, udah ada gambaran ya kalo facial micro itu kayak apa. Kamu kalo belum ada jadwal wiken ini. Udah bikin jadwal aja ajak teman atau sahabat , sendiri juga enak kok ke DNY aja, melakukan perawatan, pilih aja paket apa yang kamu butuhkan.

Kalo kamu masih kepo sama DNY ya, udah stalking aja sosmed dia ya atau hubungi saja secara personal
Kenalin ini Maemoon, pegangan dia beeaaah!
Instagram @dny_kedaicantik
Wa/ Hp  0812 9577 9337

Sampai jumpa di sana ya, semoga kamu bisa cantik luar dalam, aamiin.

Jumat, 26 Januari 2018

/ /
Tips Menentukan Pola  Makan Sehat Bagi Ibu Hamil dan Menyusui
Assalammua’laikum wr.wb

Hai, apa kabar bumil dan busui hari ini, udah makan apa hari ini. Semoga selalu bisa mengusahakan untuk makan sehat dan bergizi yah. Kalo dulu kita tahu istilah makan sehat , empat sehat lima sempurna. Kalo sekarang istilah tersebut sudah diganti dengan istilah Pedoman Prinsip Gizi Seimbang. Nah, apa saja tips menentukan pola makan sehat bagi ibu hamil dan menyusui tersebut.
Bersama Mombassasdor batct 4 dari berbagai wilayah di Indonesia

Tulisan ini sudah saya bahas secara lengkap di dalam buku saya yang berjudul Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah. Buku ini ada empat seri sesuai dengan golongan darah manusia. Yaitu, A,B,AB,O.

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan oleh seorang ibu hamil dan menyusui dalam menentukan pola makan sehat.

-    Menghindari mengkonsumsi makanan yang kurang baik, hanya karena tidak ada pilihan makanan yang lain
-    Siapkan cemilan sehat cepat saji, siapkan minuman yang sehat
-   Setiap akhir pekan, siapkan serangkaian makanan yang dapat disimpan. Hindari keinginan untuk memesan makanan cepat saji
-     Hindarkan semua makanan junk food di dapur


Menurut dr Inge Pemadhi, MS, SpGK, ahli gizi dari klinik Universitas Indonesia menjelaskan ada tiga prinsip pola makan sehat dengan menu seimbang selama masa kehamilan dan menyusui.  Hal tersebut dapat dilihat dari:

1.      Jumlah
Pada ibu hamil dan menyusui jumlah makanan yang masuk harus sesuai dengan energi yang keluar. Untuk menyeimbangkan antara energi yang masuk dan keluar, ibu hamil dan menyusui harus tetap beraktivitas. Dengan melakukan aktivitas dapat mencegah terjadinya obesitas pada ibu hamil dan menyusui. Seorang ibu hamil dan menyusui yang mengalami obesitas sangat rentan mengalami  pengerasan pembuluh darah, perlemakan hati, diabetes, sleep apnea (menyebabkan kematian mendadak) dan nyeri lutut.

2.  Berdasarkan jadwal, pola makan ibu hamil dan menyusui setidaknya harus mencukupi tiga kali makan besar dan dua kali makan ringan. Setelah meelewati masa enam bulan menyusui ibu menyusui harus melakukan diet tetapi tetap untuk mengkonsumsi makanan pada pagi, siang dan malam hari.

3.  Selama masa hamil dan menyusui, seorang ibu harus mengkonsumsi sekitar 25-30 gram perhari. Asupan buah dan sayur harus mendapatkan porsi yang lebih besar. Jenis makanan yang dikonsumsi juga harus bervariasi dan komposisinya seimbang. Misalnya saat makan nasi, sebaiknya ibu hamil dan menyusui makan pasangannya yang banyak mengandung protein baik dari hewani atau nabati. Selain itu asupan cairan juga harus diperhatikan. 


      Asupan yang dibutuhkan olah ibu hamil adalah kurang lebih 13 gelas perhari. Begitu juga dengan ibu menyusui terutama pada masa 6 bulan menyusui ASI eksklusif. Mempertahankan pola makan yang sehat tidaklah mudah, terutama bagi ibu hamil dan menyusui yang bekerja. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menyimpan suplai makanan sehat di kantor. Berikut ini beberapa tips cara menyimpan makanan di kantor

-Menyimpan makanan dalam kulkas kantor, beberapa jenis makanan yang dapat disimpan di kulkas kantor seperti air mineral, jus buah tanpa pemanis, yoghurt tanpa rasa, telur rebus, buah segar, keju keras, roti gandum dan cemilan sayuran/buah.

-Menyimpan makanan dalam laci kantor, ada beberapa jenis makanan ringan yang dapat disimpan di laci kantor sebagai cadangan makanan. Makanan ringan tersebut dapat berupa biskuit gandum, roti kering, buah-buahan kering, kacang-kacangan, kopi atau teh tanpa kafein dan susu skim bubuk sebagai tambahan kalsium dalam minuman.

-Menyimpan makanan dalam tas kerja, beberapa jenis makanan ringan juga dapat disimpan di dalam tas kerja, seperti biskuit gandum, roti kering, buah-buahan, kacang-kacangan. Kopi atau teh tanpa kafein. Termos kecil berisi susu segar atau jus buah/sayuran tanpa gula. 




Note, semua foto ini diambil bersama dengan tim dan mombassador SGM Eksplore batch 4 di Yogjakarta

Selasa, 23 Januari 2018

/ /
Ketika Baterai Handphone  Kembung
Assalamualaikum, Wr. Wb

Ada yang pernah mengalami baterai  handphone  kembung.  Iya,  masuk angin mungkin henponnya.  Saya pernah  mengalami malam itu masih main handphone,  sebelum jam sepuluh  saya matiin hape klau tidur.  Nah,  besok pagi ketika saya mau menghidupkan  handphone  tau-tau itu hape sudah terbuka bagian belakangnya.  Saya coba tutup dengan sedikit menekan.  Tidak bisa.  Sebab bagian tengah mengembung.  Otomatis  ga bisa menutup ya.  

Saya coba hidupkan ga bisa hidup.  Sepertinya juga baterai  sudah habis.  Jadi kesimpulan saya baterai handphone  kembung membuat hape mati. 

Lalu,apa yang harus dilakukan  ketika Baterai  kembung.

Habis ganti batere saya cuci mata dulu,hihihi
 Ini yang saya lakukan saat baterai handphone kembung

1. Tidak mencoba memasukkan paksa baterai yang sudah kembung dan memaksa menutupnya. Meski pada saat pertama itu saya coba lakukan.  Tapi sebaiknya tidak dilakukan lagi atau berulang. 

2. Tidak berusaha menghidupkan handphone.  Apalagi menghubungkan dengan kontak listrik.  Nah,  ini saya beneran baru tahu ketika saya  bawa handphone  itu ke tukang servis.  Kata tukang servis yang jika dibiarkan apalagi kalo dipaksa dihubungkan ke listrik.  Ada potensi bisa meledak.  Nah,  loh.  Bahaya bukan.

3. Simpan handphone  dengan hati-hati.  Usahakan masukan atau simpan di suatu tempat,  dimana antara baterai  dan penutupan atau batang handphone  ga terpisah.  Bisa barabe kalo ada lagi yang hilang atau kececeran. Bisa timbul masalah baru.  Waktu itu saya masukan handphone  tersebut di dalam tas kecil khusus. 

4. Baca dan catat info yang ada di baterai.  Lalu cari info tersebut  di internet,  seputar baterai,  harga termasuk cara memasangnya.  Kebetulan baterai handphone  saya nempel. Jadi ga bisa dibuka sembarangan apalagi sama orang yang ga paham soal itu.  Kuatir malah tambah rusak.  Sebaiknya kita juga ga usah coba-coba .

Jadi handphone saya baterai ya BM32. Saya sudah mencari info  di internet termasuk harganya. Ya, paling ga kita ga buta-buta amatlah,hihihi.

Kelihatan ya, baterai handpone kembung
Namun kata suami supaya ga penasaran dan bisa dipasang di sini saja.  Coba tanyakan atau pergi ke gerai resmi Mi.  Sebab  kalo beli online nanti yang masang siapa?  Mesti ke tukang servis lagi kan.  

Ya,sudah siang itu saya dengan Athifah pergi ke galeri resmi MI. Kebetulan di Kota Bengkulu  ada dua gerai resminya. 

Saya pergi ke gerai yang pertama.  Sampai di sana.  Ternyata baterainya ada dan harganya sekitar 350rb sudah langsung dipasang.  Masangnya juga ga lama.  Bisa ditungguin. 

Saya telpon suami dan berkabar.  Mahal,  kata suami di seberang sana. 

Ya,  sudah saya pun ke gerai yang kedua.  Tempatnya agak sedikit jauh,  namun sejalan menuju jalan pulang ke rumah.  Di gerai kedua.  Barangnya ga ada,  pesen dulu klao mau.  Barang datang butuh waktu sekitar satu pekan.  Langsung dipasang  dan harganya 300 ribu.  Sedikit lebih murah. 

Tapi... Tetap aja mahal bagi emak kayak saya. 

Saya telpon suami lagi.. Kata suami bersabar sajalah.. Empat hari lagi kita bakal ke Jakarta,  tahan diri ga Internetan. Kita ganti di Roxy saja.

Duh,  empat hari ga main handphone.  Itu rasanya kayak apa yak. 

Buru-buru suami langsung mengingatkan, 

"kan bisa pake henpon yang  satu lagi,  itu kan bisa dipake seperti biasa. Makanya ga ngecass hape harus mati, jangan dalam keadaan hidup"

Suami tahu,  kegalauan hati saya, hihihi. Meski sempat ngomel juga!

Singkat cerita akhirnya,  sampai di Jakarta kami menuju Roxy,  pusat henpon di Jakarta.
Pas ditanyakan,  ternyata harganya cuma setengah dari harga di Bengkulu,  hahaha plus langsung  dipasangin. Ya,  udah ga pikir panjang lagi.  Saya langsung oke.  Langsung dikerjakan. 
Udah ga tahan ga main henpon MI, soalnya henpon yang  satu ini kapasitas kecil ada aplikasi  tertentu  yang  ga bisa saya buka,  hihihi. 

Beruntungnya juga.  Kami kan sudah keliling  Jakarta maklum liburan sama anak-anak.  Baterai  Handphone  saya dan suami mulai lowbat. Setelah baterai  handphone diganti,  langsung terisi full.  Maklum baterai baru ya. 

Jadi ya,  ga mati gaya dan ga repot buat menghubungi mobil online buat jalan-jalan. 

Oh,  ya pesan tukang servis kalo lagi cash handphone sebaiknya ga usah di malam hari,  apalagi ditinggal  tidur.  Soalnya handphone  sekarang banyak yang fast charger.  Jadi ga perlu di cass  lama-lama.  Hal. Inilah yang sering membuat  baterai  handphone  kita cepat panas dan kembung. 

Hayooo ngaku,  yang suka ngecass handphone di malam hari lalu ditinggal tidur.  Dengan harapan pas bangun besok pagi,  Baterai Handphone sudah penuh. 

Padahal ga perlu segitu banget apalagi untuk henpon terkini eh maksudnya handphone zaman now. Jadi kalo ngecass bagusnya siang hari dan dalam pengawasan kita, kao udah penuh segera matikan.

Moment ganti baterai ini saya gunakan juga untuk membeli aksesories handphone saya, hihihi. Aji mumpung ya kan....




Senin, 22 Januari 2018

/ /
Cara Meningkatkan Folower Sosial Media
Assalamualaikum.  Wr.  Wb

Sudah mutusin mau punya akun sosial media apa saja.  Berapa sekarang folowernya.  Punya cara atau trik khusus ga buat meningkatkan jumlah  folower.  Ditambah secara berkala,  dirawat dan dijaga atau dibiarkan  begitu saja folowernya.  Apa masih bingung gimana caranya buat nambahin  folower.  Terutama akun Twitter,  duh susah banget buat naikin Folowernya,  hehehe.

Tempo hari saya udah bikin tulisan tentang 


Kalo lupa bisa baca lagi ya.

Saat kelas blog asik di kampus STIKES Dehasen
 Secara umum,  paling ga seorang Blogger  harus punya akun sosial media Facebook,  Twitter dan  Instagram.  Gimana udah punya kan,  pake nama sendiri atau nama alay  hihihi.

Terserah deh,mau pake nama apa.  Kalo masih bingung soal nama.  Mungkin bisa baca kembali tulisan saya tentang

Nah,  sekarang saya mau  share dan berbagi cara yang pernah saya lakukan dalam meningkatkan  folower akun sosial media saya.

Yah,  meski folower akun sosmed  saya juga belum terlalu banyak.  Cuma saya bisa memastikan  bahwa folower saya itu adalah folower nyata,  beneran atau organik kata orang sekarang.  Bukan hasil dari beli folower,  beeaaah!

Saya hanya ingin  berbagi pengalaman saja.  Siapa tahu kalo kalian coba.  Akan menambah  meningkatkan  folower kalian. 

Tapi sebelum jauh pemerintah pembahasan.  Folow dulu dong akun saya, hihihi




Oke,  kalo done.  Kita lanjut lagi bicara seputar cara naikin folower.


1.  Gunakan nama yang jelas bukan nama alay.  Banyak orang malas folow sebuah akun kalo akun tersebut  tidak jelas. 

2. Bikin postingan yang menarik,  bisa dari segi caption  atau kata - kata yang digunakan.  Bisa juga dari segi gambar atau pic yang digunakan.  Gambar atau caption yang menarik kadang kala membuat orang mau  folow  atau folbek.

3. Gabung komunitas.  Ini penting banget dengan gabung komunitas atau grup sejenis tentu saja akan memudahkan kita mendapatkan folower yang sama atau akan saling folow. 

4. Ikut berbagai lomba.  Bisa lomba giveaway,  lomba foto,kuis dan lain sebagainya  sebagai ajang untuk menambah teman dan jaringan. Apalagi klao kita menang tentu saja akan banyak yang akan melihat atau mencari tahu tentang kita sehingga  potensi banget buat di folow  atau di folbek.

5. Berikan data atau info  yang jelas di biodata profil akun sosmed  kita.  Misalnya kita tulis #penulis  #blogger #influencer.  Biasanya dengan info biodata yang jelas atau sama. Maka  bisa mendorong  orang untuk saling folow  dan folbek.

6. Folow for folow.  Ini juga sebuah trik yang jitu.  Jadi kita folow duluan seseorang itu.  Nanti kita bisa bilang jika kenal,buat di folbek.  Namun jika ga kenal.  Nanti orang-orang  yang kita folow tersebut bisa kita unfollow dengan Aplikasi.  Namanya aplikasi unfollowers,  misalnya kita gunakan saja itu.  Dan ga perlu repot unfollow satu-satu. Dengan aplikasi  tersebut kita bisa unfollow  sekali banyak dalam waktu tertentu.

Jadi cara folow to folow ini juga sangat efektif untuk dicoba

7. Bikin lomba.  Nah,kalo tadi kita yang ikut lomba.  Yang ini beda lagi.  Kita yang ngadain lombanya.  Jadi salah satu syarat peserta lomba yaitu folow akun kita.  Untuk hadiah kita bisa mencari sponsor  atau mengajak teman untuk bikin lomba bareng.  Hadiahnya macam - macam,  siapkan saja yang murah meriah tapi menarik.

8. Folow,  folower akun orang terkenal.  Nah,ini boleh juga dicoba.  Kalo Blogger.  Misalnya kita folow seleb blog, dengan asumsi bahwa folower si seleb juga Blogger  sehingga kalo kita minta folbek  akan lebih mudah. 

Itu beberapa Tips ya.  Silakan dilakukan. Lebih enak kalo dicobain step-by-step biar ketahuan mana yang efektif.

Lalu berapa sih target folower yang harus kita Dapatkan.  Sebaiknya ya sebanyak - banyaknya sih.  Namun ada batasan minimal,  sepengalaman saya.  Biasanya job untuk Blogger  itu biasanya mencapai folower minimal antara 200 - 500. Baru mereka mau kerjasama. 

Tapi lebih banyak ya,lebih baik lagi ya.  Naikin aja bertahap dan ga usah maksa.  Tetap jaga kualitas postingan juga supaya yang jadi folower akun kita mendapatkan informasi  yang bagus dari  akun sosmed kita.

Sampai jumpa ya,semoga folower mu makin bertambah,  tapi folow dulu dong akun saya,  hihihi

Dadah,salam


Foto #Kelasblogger4 #BloggerBengkulu

Minggu, 21 Januari 2018

/ /
Bepergian Dengan Menggunakan Gamis
Assalammualaikum Wr. Wb

Kalo sedang bepergian kamu senang menggunakan baju apa? Kalo saya suka juga bepergian dengan menggunakan baju gamis. Apalagi untuk perjalanan ke luar kota. Satu alasannya ga ribet. Jadi mudah dan praktis. Meski kadang timbul masalah juga saat bepergian dengan menggunakan gamis. Saya pernah juga mengalami hal demikian. Pernah loh,  ujung baju gamis saya terjepit di eskalator. Heboh banget waktu itu. Ceritanya begini, saya dan suami ke pasar Tanah Abang, Jakarta. Saat itu, memang hari libur . sudah bisa dipastikan ramai sekali orang-orang belanja di Tanah Abang. Nah, saya dan suami juga termasuk di antara orang-orang yang berdesakan tersebut. Hasilnya, ujung baju gamis saya masuk ke mesin tangga berjalan. Sampai di atas, gamis saya tersangkut. Harus di paksa ditarik baru mau lepas.  Akibatnya, baju saya  sobek. Alhamdulillah cuma sedikit yang nyangkut. Jadi sobeknya juga bagian bawah saja, gamisnya masih bisa dipake dan ga perlu ganti saat itu juga.

Itu sih, pengalaman yang ga enaknya. Terus, kapok bepergian pake gamis? Saya, ga juga, justru setelah kejadian itu saya lebih hati-hati lagi, teruama saat naik tangga berjalan. 

Sebab  ada banyak kemudahan dan pengalaman lainnya yang lebih menyenangkan saat bepergian dengan menggunakan gamis

Di depan Museum Wayang, Kota Tua, Jakarta, Foto by Kakak @nawra_0907
Apalagi saat ini, model gamis banyak sekali. Kita bisa memilih dan menyesuaikan modelnya dengan suasana. Kita juga bisa memilih model gamis sesuai dengan kepribadian atau karakter kita. Harga juga bisa menyesuaikan. Dari yang murah hingga yang mahal. Semua ada. Tergantung kita memilih, dan pintar-pintarlah mencari gamis diskon, hihihi. 

Bahan gamis juga bermacam-macam, ada di antaranya 1, Jersey, 2) Sifon, 3) ,Wolfis, 4) Shantung 5), Ceruti 6), Katun  dan lain sebaginya. Banyak banget nama-nama dan jenis kain. Kita bisa memilih yang sesuai dengan selera. 

Namun saat bepergian menggunakan gamis , terutama untuk ke luar kota, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Misalnya

1. Pilihlah gamis dengan bahan yang tidak mudah kusut, sebab akan kita masukan ke dalam kover atau tas. Kemungkinan besar sekali akan mengalami proses kusut atau terliha kusut. Kita bisa membawa gamis berbahan Jersey. 
2. Pilih gamis polos, agar mudah dipadu padankan dengan baju lainnya atau hijab. 
3. Hindari gamis yang terlalu  panjang atau menjuntai ke lantai. Hal ini akan membuat kita tidak nyaman , apalagi jika sedang berjalan kaki. 
4. Sebaiknya tidak menggunakan gamis dengan model, warna, aksesories yang sangat mencolok perhatian orang. Ini demi keamanan kita, agar tidak memancing orang untuk berbuat  kejahatan.
5. Bawalah gamis khusus menyusui jika masih menyusui atau gamis yang berkancing depan
6. Bawa selalu, celana atau dalaman gamis agar saat menggunakan gamis tidak menerawang. Celana atau dalaman gamis juga akan membuat kita bisa bergerak cepat, melangkah ke sana –kemari dengan lincah. Bawa dan gunakan juga kaos kaki.
7. Bawalah gamis sesuai ukuran badan kita, ga kesempitan dan juga ga kebesaran. Kalo kebesaran sih masih enak ya. Kalo sempit, ini bisa bikin ga nyaman dan bisa menarik perhatian orang.
8. Pilihlah model yang sesuai degan siruasi dan kondisi. Termasuk soal warna

Untuk poin no 8 ini, bisa dijelaskan begini. Pernah mengalami salah konstum atau salah menggunakan gamis pada suau kondisi atau keadaan tertentu. Dengan kemajuan dunia fashion saat ini, banyak sekali lahir ide-ide kreatif untuk membuat baju, termasuk baju gamis. Saat ini banyak sekali jenis gamis yang di jual di pasaran. Harganya juga beragam. Oleh karena itu, kita juga perlu tahu dan bisa bijak memilih gamis yang akan kita pakai pada suatu kondisi. Ga mungkin  saat berpergian ke suatu wahana wisata, kita menggunakan gamis yang glamour , banyak payet, penuh manik-manik atau gamis yang biasa orang bawa ke pesta perkawinan. Atau sebaliknya saat menghadiri suatu acara pesta di suatu gedung, di malam hari, kita malah menggunakan gamis yang biasa kita pakai jalan-jalan ke mall atau gamis santai. Jadi hal ini juga perlu kita perhaikan ya. Supaya ga salah kostum.

Di depan Cave Batavia, di belakang saya ada Kanga Athifah, Makanya gamisnya dilebarkan
Itu ya, beberapa tips memilih gamis saat akan bepergian, Anda bisa juga menambahkan poin lainnya. Terutama untuk alasan kepentingan pribadi . pokoknya utamakan selalu konsep praktis, aman dan nyaman untuk bergerak. Dengan menggunakan gamis tidak membatasi ruang gerak kita apalagi saat bepergian.

Selain beberapa tips itu. Ada beberapa barang-barang yang terlihat simple atau sepele yang juga harus selalu kita bawa turut serta saat bepergian dengan menggunakan gamis. Untuk mendukung penampilan kita supaya lebih prima dan bikin kita nyaman.
  1. Membawa tas, atau dompet, ini penting sekali, terutama untuk model gamis yang tidak mempunyai kantong
  2. Membawa jilbab, aneka warna, supaya bisa gonta-ganti
  3. Jarum peniti atau pentul, sediakan tempa khusus agar tidak berceceran
  4. Aneka bross  atau pin jilbab. Usahakan juga sesuai dengan model gamisnya 
  5. Shall, untuk aksesories dan perlengkapan, terutama saat bepergian di malam hari atau pada konsisi cuaca dingin
  6. Membawa topi bundar yang lebar untuk melindungi wajah, jika berjalan pada saat kondisi panas
  7. Ikat pinggang, bisa kita gunakan untuk membuat gamis agar tidak terlalu terlihat mengembang
  8. Bawalah beauty stuff dalam kemasan kecil dan praktis, agar bisa tetap make up di berbagai kesempatan.

Di halaman masjid Istilal, ga pake kacamata kayaknya ada yang minus ya, hehehe
Dari apa yang saya uraikan ini, memang secara pribadi saya sangat suka bepergian menggunakan baju gamis. Terutama untuk ke luar kota. Selain sangat praktis, dengan gamis bisa membuat saya tampil berbeda-beda pada beberapa waktu. Caranya, saya membawa berbagai warna dan corak jilbab. Jadi jilbabnya yang berganti ria, sehingga kalo di foto . tentu saja akan terlihat berbeda-beda. Apalagi yang suka berfoto selfie tentu saja yang akan lebih tampak adalah muka sama jilbabnya, bukan gamisnya, hehehe. Ini sih, pegalaman pribadi saya. Bisa juga dicobain. 

Kamu, punya pengalaman apa saat bepergian menggunakan gamis, bagikan dengan teman-teman yang lain yuk.  Mari berbagi  pengalaman di kolom komentar. Semoga yang saya sampaikan ini, bermanfaat ya buta kalian semua. Salam  

Sabtu, 20 Januari 2018

/ /
Naik Puncak Monas
Assalammualaikum Wr.Wb

Kamu warga Jakarta  atau bukan?  Sudah pernah naik Puncak Monas apa belum?  Pertanyaan  ini saya yakin kalo diajukan kepada warga Jakarta,  banyak yang menjawab belum pernah naik,  hehehe.  Silakan cek kalo ga percaya.  Lalu kenapa orang di luar Jakarta  antusias banget ya buat naik ke puncak Monas . 

Ini mungkin jawabannya kira-kira  begini,  meski maksa... Rumput tetangga  emang lebih menggoda,  hihihi.  Makanya warga di luar Jakarta  lebih tertarik  naik Puncak Monas  ketimbang warganya sendiri.  Warga Jakarta  macam apa ini,  beeww!

Saya sih meski orang Bengkulu,  udah beberapa  kali  puncak Monas.  Pernah dengan teman,  keluarga,  rombongan sedikit,  sampai satu grup.  Ini waktu saya ngajak anak murid City Tour ke Jakarta Bandung.  Intinya  ga pernah sendiri naik Monas. 

Kali ini saya akan naik Monas  lagi,  bersama  suami dan anak-anak.  Ini adalah pengalaman pertama bagi Kanga Athifah dan Dedek Annasya. 


Kalo dilihat dari gelagatnya Athifah dan Annasya ga bakal berulah atau ketakutan.  Saya sih melihatnya,  yang ada aura kegembiraan,  apalagi Annasya  yang baru lancar jalan.  Lihat tangga maunya naik turun aja.  Emaknya yang capek.

Kapan Sebaiknya Datang ke Monas

Saya kasih tahu ya,  kalo mau ke Monas selain hari senin.  Sebab di hari senin Monas tutup!.  Waktunya yang paling bagus itu pagi atau sore hari,  sebab dari gerbang masuk sampai menuju shelter atau menang itu kalo jalan lumayan banget dan ga ada pepohonan.  Kecuali kamu mau payung - payungan  di Monas,  bagus juga.

Kalo Sudah Masuk,  Terus Kemana Lagi.

Nah,  ini juga penting.  Di Monas itu ga ada bangunan selain tugu itu sendiri.  Semuanya sama.  Hanya terlihat halaman yang luas.  Tapi kalo kita teliti.  Ada sih bedanya atau penanda kehidupan di sana,  Pintu menuju ke dalam atau puncak Monas. 

Caranya,  kamu cari saja bagian yang terlihat ada bagian yang menonjol.  Seperti bangunan kecil.  Ada tenda dan yang paling mudah.  Di sana terlihat ada kereta wara-wiri  dan antrian orang untuk naik.  Nah,  kamu terus aja ke sana.  Biar ga terlalu capek kali jalan mencari kehidupan  di Monas,  hahaha.

Masuk Ruang Bawah Tanah

Kenapa saya bilang,  susah nyari tanda kehidupan  di halaman Monas.  Itu karena.  Aktivitas kita di sana akan dilakukan di bawah tanah. 

Jadi saat kita akan naik atau masuk ke dalam Monas.  Maka kita harus masuk dulu ke ruang bawah tanah.  Lalu baru masuk ke badan  Monas  dan naik ke puncak. 

Yang  kamu lihat banyak tangga dan banyak orang berdiri,  turun naik di Monas.  Itu ga mudah seperti yang kamu lihat.  Kita tinggal  mendekat terus naik tangga.  Bukan begitu caranya,  tetapi kita terlebih dahulu harus masuk lewat jalan yang  sudah saya sebutkan tadi lalu masuk ke ruangan bawah tanah.

Kamu Penasaran ya,  Ruangannya  Kayak Apa.

Enak kok nyaman dan emang di desain megah.  Ini beneran dibuat dengan konsep yang keren oleh bapak Proklamator kita,  Ir. Soekarno saat menjabat sebagai Presiden RI yang pertama.  Konsep bangunan ini keren banget.  Apalagi kalo dilihat  tahun berdirinya.  Sejak dulu,  kita bisa bikin  bangunan  monumental seperti ini.  Amazing.

Tapi kalo kamu belum,  pernah naik ke puncak Monas,  ya kamu belum Amazing deh,  beeaaah.
Beli Tiket Dulu

Sebelum naik,  kita beli tiket dulu ya.  Harga tiket berbeda untuk anak dan dewasa.  Anak usia paud sudah harus punya tiket  sendiri.  Ada harga diskon loh buat rombongan.

Habis beli tiket kita masuk,  saat masuk kita akan melewati  sebuah jalan,  lumayan lebar,  jalan ini bersih, nyaman dan adem.  Dinding ruangannya  berwarna kuning,  ditimpa lampu. 

Naik Tangga Dulu Baru Naik Lift

Untuk sampai ke atas,  kita naik tangga dulu.  Kalo mau berhenti di sini kita bisa melihat museum atau koleksi Monas.  Unik dan bikin nasionalisme kita tergugah. Ada semacam biorama  mini.  Tentang usaha- usaha perjuangan dan perlawanan di berbagai  wilayah  di Indonesia,  guna memperjuangkan kemerdekaan. 

Habis dari sini kita bisa lanjut naik tangga.  Ikuti saja jalur yang sudah dibuat oleh petugas biar ga capek muter-muter. 

Uppss,  ketemu pintu ya dimana  orang-orang  antri naik  lift.  Yah,  liftnya cuma satu.  Jadi kita harus sabar dan antri ya.  Kapasitas sekali naik,  hanya untuk 8 orang dewasa. 

Saya sih,  penasaran  sama bapak yang jagain pintu lift,  yang tugasnya buat pencet tombol lift.  Beliau sih duduk,  namun kalo seharian dan terus - terusan  melakukan kegiatan  yang sama.  Apa ga bosan ya.  Ga, sempat nanya sama si bapak! Semoga si bapak tetap sabar dan ikhlas serta sehat selalu.  Aamiin.

Apa yang Ada Di Puncak Monas

Perlu diketahui ya,  emas yang ada di puncak Monas  itu,  menurut  cerita adalah hasil dari para petani di daerah Lebong,  Bengkulu.  Makanya saya ceritakan juga hal itu kepada Nawra dan adiknya.  Banggalah kita orang Bengkulu,  bisa memberikan sumbangsi  untuk pembangunan  Monas ini dulu.Yah,  hal ini terjadi  juga lantaran Bung Karno  pernah diasingkan  di Bu,  sehingga beliau dekat dengan masyarakat Bengkulu.

Emasnya itu,  ada beratnya sekitar 50 gram.  Dari sumbangan Masyarakat Bengkulu. Banyak  juga ya.  Kalo diuangkan berapa ya,  hihihi.

Berfoto 
Ini yang bisa kita lakukan saat di puncak Monas.  Sayang  kalo ga Berfoto.  View nya bagus, Berfoto  di sini,  apalagi  kalo dengan orang terkasih.  Bisa bikin tambah romantis. Di bagian ini si kakak Nawra sibuk Berfoto ria bin selfie.


Meneropong 
Di puncak Monas  disediakan beberapa teropong  yang bisa melihat sekeliling  Monas.  Akan terlihat masjid Istiqlal.  Kalo bagian ini yang penasaran tingkat  tinggi si Athifah,  ingin mencari obat terus - terusan teropongnya.  Bahkan berkali-kali.  Semua ingin dia coba dan lihat.


Merenung 
Sampai di puncak Monas bagus juga kalo dijadikan ajang buat Muhasabah atau introspeksi diri.  Supaya bisa menjadi lebih baik lagi.  Ga perlu kuatir terhanyut sama suasana apalagi sampai mau melompat.  Tenang,  sudah ada pengaman.  Jadi kamu ga akan khilaf terjun bebas,hehehe. 

Puas di atas Monas,  kita bisa turun lewat lift lagi dan ketemu lagi sama bapak yang tadi,  ciyeee! 
Keluar dengan jalan yang sama hanya jalurnya saja yang berubah.  Ada petunjuknya kalo kamu bingung.  Ikuti saja dan ga usah panik. Kalo ga, saa jamin kamu bakalan muter-muter ga jelas di Monas.

Sampai di luar,  silakan kalo mau lanjut  lagi berfoto-foto.Kami pun begitu.  Berfoto sebentar lalu pulang.  Siap menuju destinasi lain.

Jadi kalo ke Jakarta  sebaiknya ke Monas ya,  biar warga Jakarta  baperan,  hihihi.. Ga la ya... Sayang kalo udah ke Jakarta,  kurang deh kalo belum pernah naik Monas.
Sampai jumpa di Monas ya,  salam!
Diberdayakan oleh Blogger.