Menu

Sabtu, 19 September 2020

/ /
Inspirasi dari Nagita Slavina Untuk Hidup Sehat

Inspirasi dari Nagita Slavina Untuk Hidup Sehat

Sibuk bukan alasan untuk memberikan asupan bergizi dan baik kepada keluarga. Meski sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Setiap orang tua harus bisa memberikan asupan gizi terbaik dan mengajarkan hidup sehat bagi anak-anaknya.


Siapa yang tidak kenal dengan Pasangan selebritis tanah air Nagita Slavina atau yang dikenal dengan nama Gigi dan Raffi Ahmad. Pasangan ini selalu memberikan update mengenai kehidupan mereka sehari-hari. Memberi kabar tentang dunia artis yang mereka geluti. Bahkan gaya hidupnya pun banyak ditiru oleh masyarakat Indonesia. Termasuk mengenai gaya hidup sehat mereka.



Banyak orang belajar dan memetik inspirasi dari Nagita Slavina dalam memberikan dan mengajarkan anaknya Rafathar mengenai hidup sehat.


Bagaimana caranya, baca terus ya sampai habis ulasan blog saya kali ini.


Tahun ini Rafathar berusia lima tahun, Gigi mengajarkan Rafathar makan sehat sejak dini. Dengan memberikan makanan yang sehat dan tidak berbahaya.


Makanan yang sehat dana tidak berbahaya itu antara lain terbuat dari bahan pilihan, tanpa pengawet dan tanpa MSG


Anak-anak Emang Suka Makan Mie Instan


Hampir semua anak seusia Rafathar suka makan Mie. Sama halnya dengan anak saya Annasya dan Athifah. Mereka juga doyan kalo di kasih makan Mie instan.  Hampir tidak pernah menolak jika diberikan makan Mie. 


Meski mereka doyan, saya jarang memberikan mereka Mie Instan karena kebanyakan mie instan mengandung bumbu atau MSG yang kuat.


Kalo waktu sebelum pandemi, si Athifah kan latihan renang di sabtu dan minggu. Jadi dia sering melihat temannya selama latihan, biasanya pas istirahat atau usai latihan. Makan Pop Mie, tentu saja ia juga ingin makan mie seperti temannya.




Sesekali saya belikan, namun saya melarang Athifah makannya saat saat latihan renang tersebut. Saya memberikan syarat boleh makannya di rumah usai latihan. Biasanya jam sepuluh pagi atau jam enam sore latihan selesai. Baru boleh makan mie.


Akibat kebiasaan tersebut Athifah jadi selalu ingat, kalo pas akhir pekan, di hari sabtu atau ahad. Ia boleh minta makan mie. Dan, ini jadi kebiasaan sampai sekarang. Kalo sudah wiken aja, ia kadang minta dimasakin Mie. Untuk merek , Athifah tidak punya nama khusus. Jadi asal Mie aja, dia sudah suka, hehehe.


Apakah Rafathar Makan Mie Instan ?


Lalu, balik lagi ke cerita Rafathar, jadi pas aku liat video Youtube Ulang Tahun  kelima Rafathar. Di sana, ada scene saat Rafathar mencomot Mie yang akan dimakan Raffi Ahmad. Ternyata itu Mie Lemonilo. Beberapa kali Raffi tidak jadi makan mie sebab selalu direbut ama Rafathar. 




Dalam tayangan tersebut, terlihat bahwa memang Rafathar diperbolehkan untuk makan Mie oleh ibunya.Gigi menjelaskan bahwa, Rafathar boleh makan Mie Lemonilo karena tidak mengandung pengawet, tidak mengandung MSG . Raffi juga menjelaskan bahwa warna hijau pada mie Lemonilo berasal dari warna sayur Bayam. Jadi aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak seperti Rafathar


Gigi juga menambahkan bahwa mie Lemonilo itu proses pembuatannya tidak digoreng tetapi dipanggang. Jadi tidak banyak mengandung minyak. 

Kalian bisa liat videonya di link berikut ini ya.




Dari tanyangan Video tersebut, dapat disimpulkan Bagaimana Gigi mengajarkan gaya hidup sehat untuk Rafathar. Terutama untuk makanan. Apalagi Mie Instan.

  1. Menerapkan pola hidup sehat sejak dini
  2. Memberikan makanan yang sehat yang bebas dari bahan berbahaya
  3. Makanan tidak memberikan makaan yang mengandung pengawet
  4. Makanan tidak memberikan makanan yang menggunakan perasa buatan
  5. Makanan tidak menggunakan MSG
  6. Makanan tidak mengandung penguat rasa
  7. Pengalaman saya masak Mie Lemonilo

Memang mie Lemonilo ini saat dimasak agak lebih lama dari mie instan biasa. Ini karena proses membuatnya di panggang bukan digoreng. Jadi memang butuh waktu agak lama. Namun, hal ini tidak merubah rasa atau tekstusr mie nya. Kalo mie biasa kan bisa ngembang atau medok kalo lama direbus atau direndam.


Dengan begitu, mie Lemonilo ini tidak bisa hanya diseduh dengan air panas saja, mie nya benaran harus dimasak dengan baik sebelum dimakan.


Saya, jadi ingat dulu waktu di asrama, kami sering makan mie instan, hanya dengan sedikit air panas yang dicampur dengan matang biasanya. Lalu dimasukan ke dalam kantong mie, diikat rapat. Lalu ditunggu berapa lama, maka mie akan masak atau mengembang. Setelah itu, kami berikan bumbu dan mie siap dimakan 


Kalo ingat kejadian itu, meski tahu itu tidak sehat, namun tetap saja kami melakukannya Dan itu menjadi kenangan yang tak terlupakan selama masa sekolah di asrama.


Namun dengan kemajuan teknologi dan informasi, tentulah merubah pola hidup kita soal makan mie. Mengutip kata Raffi Ahmad, tidak masalah bayar lebih untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.


Makan Mie sehat ya, Mie Lemonilo dong pilihannya!  




Rabu, 16 September 2020

/ /
Tempat Pesan Baju Seragam Kantor Dengan Kualitas Bagus

Tempat Pesan Baju Seragam Kantor Dengan Kualitas Bagus

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, apa kabar Sahabat Milda. Apa kabar dengan pekerjaanya. Makin semangatkah  ke kantor, atau mulai rada bosan. Mungkin ada yang mengalami rasa bosan dengan aktivitas rutin kantor.


Lalu, apa yang bisa kita lakukan supaya tidak bosan ke kantor. Tentu saja banyak hal yang bsa kita lakukan agar selalu semangat ke kantor . Bukan cuma semangat datang ke kantor sih, tapi juga semangat melakukan pekerjaan guna meningkatkan kinerja dan hasil yang didapatkan bisa maksimal.


Salah satu baju seragam kantor


Bagaimana dengan membuat baju seragam kantor. Kita bisa mulai mengajukan keinginan untuk membuat baju seragam kepada teman satu divisi atau ruangan. Lalu, kita sampaikan keinginan tersebut secara bersama-sama kepada pimpinan tempat kita bekerja.


Untuk sebagian kantor, biasanya sudah menyiapkan dana untuk pembuatan baju seragam bagi karyawannya. Jika sudah tersedia dana tersebut, kita tinggal mengingatkan pimpinan untuk segera membuatnya. Barangkali pimpinan lupa, tidak masalah jika kita mengingatkan beliau. Tentu saja dengan  cara yang baik dan sesuai dengan jalurnya.


Kita juga bisa mengajukan desain, warna atau bentuk baju seragam tersebut. Biasanya baju seragam itu akan berbeda desain, warna, bentuk dari waktu ke waktu. Kita pun akan punya kenangan tersendiri terhadap baju seragam tersebut.


Kenangan Akan Baju Seragan Kantor


Saya pun, punya beberapa baju seragam kantor. Setiap baju seragam ada sejarah dan kenangannya tersendiri. Termasuk sejarah siapa saja pimpinan kantor saya. Misalnya, baju seragam batik ini dibuat saat pimpinan kantor saya bernama bapak A. Lalu baju seragam ini dibuat saat ada acara ulang tahun kantor dan lain sebagainya.  Jadi memang ada sejarah dibalik baju seragam tersebut. Hal itu menambah semangat dalam membuat baju seragam 


Baju Seragam kantor itu bikin kompak,semangat dan percaya diri

Bikin Baju Seragam Dengan Dana Pribadi 


Jika dana untuk pembuatan baju seragam belum ada. Jangan putus asa, kita bisa mengajak teman-teman untuk membuat baju seragam tersebut dengan menggunakan dana pibadi masing-masing. Tentu saja biaya pembuatan baju seragamnya, akan dibicarakan bersama-sama sehingga didapatkan kata mufakat. Bukan cuma soal harga, tetapi juga soal designnya. Bisa dibicarakan bersama-sama.


Saya juga punya beberapa baju seragam yang saya beli dengan beberapa teman kantor, jadihanya beberapa orang saja yang membeli baju seragam tersebut. Misalnya baju seragam untuk satu divisi atau satu ruangan. Ini pun kadang khusus untuk anggota divisi perempuan saja. Jadi kami punya baju seragam khusus untuk perempuan yang ada di dalam satu divisi. Baju seragamnya pun kami beli menggunakan uang pribadi masing-masing.

Beberapa contoh baju seragam


Ingin Pesan Baju Seragam Kantor yang Bagus


Saat ini ada banyak tempat untuk membeli baju seragam kantor, seragam sekolah, Kemeja kerja. Namun, tidak semua tempat tersebut bisa memberikan layanan yang terbaik , sesuai dengan apa yang kita inginkan.


Oleh karena itu kita harus mencari tau terlebih dahulu mengenai Garment atau Konveksi tersebut. Kita bisa membaca informasinya melalui website atau media sosial mereka.


Kita bisa melihat dan membaca contoh desain baju seragam mereka melalui unggahan foto atau video di website atau media sosial mereka. Kita juga bisa membaca berbagai testimoni para pelanggan sebelumnya. Dari sana tentu saja kita akan mendapatkan gambaran mengenai garment atau konveksi tersebut.


Rekomendasi Garment dan Konveksi Buat Seragam Kantor Kamu


Jika masih bingung menentukan kemana memesan baju seragam kantor. Kamu bisa menghubungi Dunia Garment , yang merupakan Garment dan Konveksi yang bisa membantu kamu untuk membuat produk seragam sekolah, kemeja kerja, seragam kantor, kemeja komunitas, kaos, batik, jaket, topi dan produk fashion lainnya. Kamu bisa menghubungi websitenya atau ke nomer whatsapp +6289668268932 untuk pemesanan/konsultasi.


Untuk lebih meyakinkan, supaya kamu tidak ragu untuk menentukan pilihan. Kamu bisa kepoin juga media sosialnya Dunia Garment. Supaya kamu makin mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan makin mantap untuk pesan baju seragam kepada mereka.



Rabu, 09 September 2020

/ /
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan Agar Mudah dan Segera Disetujui

 Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan Agar Mudah dan Segera Disetujui

 

Salah satu pertimbangan penting ketika akan memilih asuransi adalah produk yang mudah mengajukan klaim. Anda bisa memilih produk asuransi yang terkenal mempunyai pengajuan klaim yang mudah, cepat, dan juga tidak berbelit-belit.


Hal tersebut karena banyak kasus produk asuransi yang pengajuan klaim yang dilakukan oleh pemegang polis mempunyai langkah yang susah dan panjang, sehingga pada akhirnya membuat banyak klaim asuransi yang tidak diterima atau ditolak oleh perusahaan asuransi. 


Oleh karena itulah bagi Anda yang akan mengajukan klaim asuransi maka perlu untuk mengetahui berbagai hal yang penting diperhatikan agar dapat mengajukan klaim dan bisa diterima oleh perusahaan asuransi. Hal ini juga bisa Anda perhatikan bagi yang akan mengajukan klaim asuransi kesehatan sehingga diterima yaitu beberapa tips berikut ini berikut:

 

1. Membayar premi tepat waktu


Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah selalu untuk membayar premi. Hal ini akan sangat membantu termasuk kemudahan Anda ketika mengajukan klaim asuransi yang dipunyai. Oleh karena itulah pastikan Anda tidak melewatkan untuk membayar premi asuransi yang dipunyai.


Selain itu pastikan juga untuk membayar premi tepat waktu dan bisa diatur jatuh temponya sesuai dengan keinginan. Selain untuk dapat memudahkan mengajukan klaim, membayar premi tepat waktu juga akan membuat asuransi yang dipunyai tetap aktif, tidak hangus, dan tidak terkena denda.


 
2. Memperhatikan masa aktif asuransi

Hal selanjutnya yang bisa diperhatikan sehingga nantinya Anda dengan mudah mengajukan klaim asuransi dengan berbagai manfaat kesehatan yang dipunyai adalah mengenai masa aktifnya. 


Masa aktif polis asuransi pada umumnya adalah 30 hari setelah dibeli, sehingga apabila Anda mengajukan klaim di masa tunggu sebelum masa aktif tentu saja klaim tersebut akan ditolak oleh pihak asuransi.

 

3. Peraturan pengecualian asuransi


Hal terakhir untuk diperhatikan agar nantinya klaim yang Anda ajukan dapat diterima adalah mengetahui peraturan pengecualian asuransi. Pada umumnya setiap produk akan mempunyai pengecualian, sehingga apabila mengajukan klaim untuk mendapatkan manfaat asuransi tetapi termasuk ke dalam kondisi pengecualian tersebut maka nantinya klaim yang telah diajukan akan ditolak. 


Oleh karena itulah pastikan Anda dapat membaca dengan teliti tidak hanya manfaat perlindungan yang ditawarkan tetapi juga apa saja yang termasuk pengecualian dalam produk asuransi yang akan dibeli.


Di atas merupakan beberapa pertimbangan penting yang bisa Anda perhatikan ketika akan mengajukan klaim sehingga nantinya klaim bisa diterima. Misalnya saja bagi Anda yang mempunyai asuransi kesehatan Flexi Critical Illness bisa mengetahui masa aktif asuransi, selalu membayar premi tepat waktu, dan paling penting adalah pengecualian asuransi. 


Sehingga dengan mengetahui berbagai hal tersebut klaim yang Anda ajukan akan lebih ketika mengajukan klaim online dengan mudah di I Love Life dari Astra.


Jumat, 04 September 2020

/ /
Agar Arus Keuangan Keluarga Seimbang

Agar Arus Keuangan Keluarga Seimbang

Assalammualaikum.Wr.Wb 

Apa kabar sahabat Milda semua, semoga baik saja dan selalu menjaga protokol kesehatan ya. Di masa pandemi ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan sumber penghasilan. Lalu berubah juga menjadi pekerja dadakan, melakukan banyak hal demi keungan keluarga tetap masuk dan dapur tetap ngepul.


Lalu, apa yang bisa kita lakukan agar keuangan keluarga kita tetap seimbang, baik ketika pandemi seperti saat ini atau setelah nanti pandemi berakhir.


Tentu saja, agar arus keuangan keluarga tetap berjalan dengan baik, kita harus melakukan beberapa hal terkait dengan keuangan keluarga kita tersebut. Hal ini sebenarnya sudah kita lakukan bahkan sejak lama. Namun, kita suka lupa memberi nama atau mengingat aktivitas keuangan yang sudah pernah kita lakukan.



Saya ingin berbagi pengalaman ini untuk mengingatkan kembali, ini juga saya belajarnya sudah lama sekali. Waktu itu saya belajar dan berdiskusi bersama dengan beberapa teman yang paham dan boleh saya bilang pakar keuangan.


Jadi, agar arus keungan keluarga itu seimbang, maka harus ada tiga hal berikut ini. Jika salah satunya ada yang bermasalah atau macet, maka secara otomatis semua juga akan kena imbasnya. Termasuk sering terjadi keributan seputar masalah ekonomi antar anggota keluarga.


3 Sumber Penghasilan Agar Keuangan Keluarga Tetap Seimbang


Penghasilan Harian


Ini perlu banget ada dalam sebuah keluarga, oleh karena itu pemberdayaan potensi anggota keluarga juga perlu diketahui dan dimaksimalkan sejak dini. Di sekolah anak kita kadang diminta untuk membawa aneka barang untuk kegiatan market day. Kegiatan ini untuk mencari dan mengasah jiwa bisnis atau berdagang pada anak. Sekaligus juga sebagai sarana pengenalan mata uang, istilah keuangan dan melatih potensi anak.


Ada juga anak yang diajari oleh orang tuanya berdagang sejak dini,membuat aneka makanan yang dititip di warung atau di bawa ke sekolah, ke kantor, dijual ke tetangga atau yang lagi hits sekarang jualan secara online, berjualan pulsa.


Penghasilan harian ini dikelolah dengan pencatatan yang baik. Untuk sebagian orang penghasilan harian adalah penghasilan utama mereka, biasanya mereka akan menyisihkan untuk tabungan. Untuk sebagian orang lain . Misalnya pegawai atau karyawan, penghasilan harian ini adalah sebagai  penghasilan sampingan    yang juga memegang peranan penting. Untuk menopang kebutuhan harian. Seperti kebutuhan lauk pauk, jajan anak, bensin, air galon dan lain sebagainya. Kebutuhan harian ini tidak menentu dan biasnya juga jumlahnya kecil.


Jadi jangan heran, jika ada karyawan atau pekerja yang meski sudah punya gaji tetap, mereka tetap mencari penghasilan harian untuk menutupi kebutuhan keluarga sehri-hari.



Penghasilan Bulanan


Penghasilan bulanan ini, identik dengan gaji tetap atau gaji bulanan yang diterima oleh seseorang secara rutin setiap bulannya akibat bekerja. Tidak salah, karena memang begitulah kondisi umum yang kita temukan. Namun, bagi pedagang atau pebisnis, mereka juga punya penghasilan bulanan, yang diperoleh dari usaha yang mereka lakukan. Seperti yang saya ceritan di atas, biasanya yang memiliki penghasilan harian, mereka juga akan menyisihkan tabungan tersebut untuk investasi lagi. Misalnya membuat kos-kosan, kontrakan rumah/ruko. Atau jasa makanan/catering, laundry, galon yang sistem pembayarannya dilakukan bulanan. 


Untuk karyawan atau pegawai, penghasilan bulanan ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang sudah pasti dan biasanya pembayarannya juga bulanan. Seperti, pembayaran listrik,air, wifie,  uang sekolah anak, sewa tempat tinggal , berbagai macama cicilan dan lain sebagainya. 


Begitu juga dengan mereka yang bukan karyawan atau pegawai , penghasilan bulanan ini digunana untuk memenuhi kebutuhan bulanan.


Oleh karena itu penghasilan bulanan ini juga banyak yang mencarinya, sebagai penghasilan yang pasti dan bisa didapatkan secara pasti setiap bulannya. Digunakan juga untuk pengeluaran yang pasti. Jika sudah ada penghasilan bulanan, maka penghasilan harian /tambahan tidak diganggu untuk kebutuhan bulanan kecuali ada kelebihan penghasilan harian.


Penghasilan Tahunan


Penghasilan tahunan ini sama pentingnya dengan penghasilan harian dan bulanan. Oleh karena itu jika di kota besar, banyak orang kemudian punya saham, reksadana, obligasi , deposito dan sejenisnya. Yang penghasilannya bisa didapatkan pertahun. Bagi hasil atau keuntungannya dapat diambil perbulan atau pertahun. Namun, kebanyakan orang mengambilnya pertahun dengan harapan jumlah keuntungan  yang akan diperoleh akan lebih banyak.


Namun banyak juga yang memilki penghasilan tahunan dari kebun, sawah, atau rumah/tanah yang disewakan kepada orang lain. Termasuk juga hewan ternak, seperti sapi dan kambing yang dijual pada bulan haji, dimana arang banyak yang ingin membeli sapi dan kambing untuk ibadah Qurban. 


Jika ada penghasila tahunana tentulah arus keuangan keluarga untuk harian dan bulanan tidak akan terganggu. Penghasilan tahunan bisa digunakan untuk investasi kembali, memperbaiki rumah, membeli kendaraan baru, biaya pernikaha, biaya kesehatan, untuk liburan  dan lain sebagainya.


Oleh karena itu, agar keuangan sebuah keluarga seimbang dan baik-baik saja. Maka ketiga sumber penghasilan tersebut haruslah ada dan mulai dipikirkan oleh sebuah keluarga. Terutama bagi pasangan baru yang akan menikah.



Lalu Ketika Kebutuhan Keluarga Tidak Terpenuhi...


Jika salah satu penghasilan di atas tidak ada atau kurang, maka kita akan berusaha untuk menutupi keperluan keluarga kita dengan melakukan berbagai pinjaman. Saat ini banyak sekali perbankan atau jasa keuangan yang bisa memberikan pinjaman dana tersebut.


Pinjaman tersebut ada yang bisa kita ajukan secara langsung. Namun, ada juga yang bisa kita ajukan secara online. Pinjaman online ini mempermudah urusan dan menghemat banyak waktu. Urusannya juga lebih praktis. Kita bisa lakukan hanya dari rumah saja, mengirim berkasnya juga dilakukan secara online.


Salah satu pinjaman online yang bisa kita gunakan adalah tunaiku. Ini merupakan salah salah satu  jasa keuangan secara online.


Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991. 


Tunaiku ini selain di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan kemudahannya. 


Dengan visi Tunaiku untuk memberikan layanan kredit tanpa agunan yang mudah, aman, terpercaya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tidak hanya ingin, tapi juga butuh dana tunai tanpa jaminan langsung cair untuk memenuhi kebutuhan mendesak untuk modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya pernikahan hingga biaya kesehatan yang tak terduga.




Tunaiku Beda dengan Fintech dan KTA Konvensional 


Perbedaan Tunaiku dengan situs fintech lain yang ada di Indonesia ada pada 2 hal penting yaitu keamanan dan fleksibilitas. Berbeda dengan situs fintech biasanya, Tunaiku berdiri di bawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.


Tunaiku memberikan tenor  maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah berbeda dengan situs fintech yang lebih banyak memberikan limit kecil dan tenor pendek. 


Di Tunaiku hanya menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, serta proses pengajuan KTA yang hanya bermodalkan KTP dan 10 menit waktu Anda untuk pengisian formulir.


Namun, meski sangat mudah, sebaiknyanya hindari berhutang kecuali kondisi mendesak. Karena pinjana onlin tetaplah utang dan wajib kita bayar. Jika tidak ada kemampuan untuk membayar,sebaiknya mari kita bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan tambahan penghasilan. 

Salam Cerdas Keuangan Keluarga

Milda Ini





Sumber gambar, Unsplass


Rabu, 02 September 2020

/ /
Apura Meity Blogger Bengkulu, Alasan Kenapa Saya (PNS) Tetap Nulis Blog

Assalamualaikum Wr Wb

Apa kabar teman-teman BoBe?Blogger Bengkulu, kali ini seperti biasa saya mau mengulas kegiatan kelas kamis di grup WA Blogger Bengkulu. Saya lupa ini kelas yang keberapa? Alhamdulillah sudah banyak. Mentornya dari sesama member Bobe , untuk mengali potensi, keterampilan dan informasi dari sesama blogger. Kadang banyak hal yang kita belum ketahui dari teman kita sendiri.


Kali ini kita akan mengupas dari seorang Ibu guru, momsblogger yang sekarang lagi sibuk ama dedek bayi. Sebut aja namanya Apura Meity.


 


Kita serahkan aja langsung kelasnya sama beliau ya.


Siap-siap Mom Apura, sudah on…mau curhat dia. Kenapa Tetap Ngeblog, Padahal sudah Punya Penghasilan Tetap.


Sebelumnya aku mau mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk sharing di WA grup ini. Sebelum mulai kita berdoa dulu yah
Aammiinnn semoga semua doa kita dikabulkan-Nya


Sharing kali ini temanya ringan menuju curcol aja, kenapa sih aku masih mau ngeblog padahal udah punya pekerjaan dan penghasilan tetap?
Jadi jawabannya adalah... sudah takdir-Nya 


Hehehe... awal mulanya aku nulis blog itu cuma ingin curhat aja, sebab bagi aku kadang lebih mudah menulis daripada ngomong lisan. Jadi aku nulis di blog, emang gak pengin dibaca orang.


Tapi, sejak gabung di BoBe jadi sadar, loh ternyata nulis di blog itu bukan sekadar nulis diary aja? Tulisan bisa jadi duit? Wah, asik juga nih ditekuni.


Sejak itulah, jadi semakin semangat sampai bikin dua blog berbayar. Yah, meski sekarang banyakan hibernasinya . Duh, penyakit malas jauh-jauh dong.


Terus, kalau lagi malas ngeblog, biasanya apa pemicu semangat lagi? Ketika jatuh tempo BAYARAN HOSTING dan DOMAIN. Merasa rugi bayar sekian ratus ribu tapi blognya dianggurin. Jadi nulis lagi dong.


Alasan lainnya aku ngeblog ya karena pada dasarnya aku suka nyari kesibukan, belajar hal-hal baru. Bahkan gak segan ikut kelas berbayar biar dapat ilmu baru. Meskipun kadang ilmunya baru setahun kemudian diterapkan, yang penting belajar dan tahu aja dulu. Sebab aku yakin, apa yang sudah dipelajari dan dilalui itu pasti berguna.


Contohnya nih: aku bersyukur banget sudah lama belajar blog. Secara tidak langsung, ilmunya bisa diterapkan di pekerjaan utama aku sebagai guru.

 
Ilmu tambahan dibalik ngeblog itu banyak banget! Sebut saja penggunaan Canva. Editing media pembelajaran atau membuat tugas untuk murid bisa menggunakan aplikasi ini. Terlebih di masa pandemi saat ini.


 
Kemudian, kalau nulis blog bertema pendidikan itu inshaallah ilmunya dan pahalanya ngalir terus. Banyak loh yang cari materi belajar, soal-soal, atau RPP mengajar bagi guru. Kadang pembaca suka kirim Email atau messenger di FB bertanya tentang pembahasan soal. Jadi, ya senang aja bisa membantu orang lain dengan cara yang mudah.


Terbiasa mengisi google form buat daftar job blog juga ternyata berfaedah gaiss, gak gaptek lagi absen online tiap selesai mengajar. Bahkan bisa nularin ilmu juga ke rekan guru. Bisa ngajarin juga bikin form online untuk quiz atau tugas.


Terus bagi waktunya gimana? Kalau dulu sebelum pandemi, aku selalu menyempatkan menulis blog di sela-sela istirahat mengajar (terutama saat dikejar deadline . Ketimbang ngerumpi nambah dosa, mending nulis nambah pahala dan rupiah.


Kalau saat pandemi ini, ya sebenarnya nulis bisa kapan aja sih. Tapi kadang lebih memprioritaskan membuat video media pembelajaran untuk murid. Meskipun sebenarnya bisa banget, murid diberi link blog untuk belajar dari postingan tsb. (Wah, jadi punya ide baru nih aku) 


Jadi ya menurut aku, apapun profesi utamanya, saat ini kalau ingin menjadi seorang blogger tetap asik, kok. Gak perlu terlalu jauh dulu mikir dapat job nulis sekian juta. Lurusin aja dulu niat, kalau melalui tulisan kita itu orang lain bisa mendapatkan manfaat.


Tulis saja konten yang evergreen alias kapanpun dibaca masih relevan. Misalnya tutorial gambar alis.  Pokoknya sesuaikan dengan bidang keahlian masing-masing aja, niscaya menulis jadi lebih mudah.



Demikian sharing dari aku ya

 



Kalau ada yang mau ikutan curhat boleh loh, lanjut dengan pertanyaan!


Milda 

Tanya dong. 5 tips blog dari Apura apa aja atau 5 skill yang harus dimiliki seorang guru yang mau ngeblog


Kalau mau serius ngeblog, coba belajar ini..


1. Niatin tulisannya bermanfaat
2. Ikut kelas menulis untuk upgrade skill menulis
3. Skill medsosan juga perlu loh untuk share konten blog
4. Belajar SEO
5. Menulis aja terus


Kalo skill apa aja yang perlu di upgrade nih
Skill nulis mba, belajar desain, fotografi


3 aja nih...


Hihi apa lagi ya? Mungkin yang lain boleh ditambahkan ya...

Editing video bisa masuk juga.

Afriga : Skill nulis tuh contohnya gimana mbak ? Skill nulis itu tentukan dulu, misalnya mau nulis cerpen, berarti belajar teknik menulis cerpen. Mau nulis berita, ya berarti belajar tulisan reportase gitu.


Mak ini maksud @Bobe Afriga 2  kali kaitan ama nulis blog. Kalo aku tangkap itu loh


Iya, blog kan ada niche tertentu juga. Yang aku sebutin tadi bisa dipakai kalau mau bikin blog isinya mirip detik dot com misalnya. Itukan reportase

Pastinya skill menulis di blog ya paling nggak paham 5w+1h. Ini Mak Milda pernah share di kelas blog kita

Terus penggunaan PEUBI juga perlu diperhatikan.

Zefy Jadi guru yg punya blog bisa dijadiin credit atau nilai tambahan ga mbak?


Kalau untuk angka kredit naik pangkat bagi PNS mungkin perlu dimodifikasi lagi, misalnya tulisan di blog tentang soal-soal dijadikan buku kumpulan soal, lalu diterbitkan.

Kalau sebagai nilai tambahan seleksi tertentu juga bisa banget. Tahun 2019 lalu, aku masukin kegiatan sebagai blogger, relawan TIK, Genpi untuk daftar pelatihan guru kerjasama kedutaan Amerika, alhamdulillah terpilih jadi pesertanya. Bisa ke Bali gratis dan dapat ilmu pelatihan guru yang masyaallah kereeennn dan bermanfaat banget.


Thank you. Tapi masih banyak kurangnya, makanya terus belajar


Efri Baru: Ya ampun ini intinya banget


Guru panutan.. Keren banget Mbak Apura


Apura Bobe: Jadi seperti yang aku bilang sebelumnya, gak ada yang salah kok belajar ini itu, pasti nanti bermanfaat di masa depan.


Apura Bobe: Kalau aja dulu aku ngeluh, gak mau ngajar TIK di sekolah, pasti sekarang gaptek.


 


Musfirah


Waah, ketinggalan aku belajar siang ini....tapi sudah baca dari atas ke bawah, masih boleh nanya ya.


Mak adis Apura Bobe belajar SEO itu apa?


Belajarnya dimana ya?


Ini sejenis ilmu untuk optimasi blog mba. Gimana cara misalnya supaya blog banyak yang mengunjungi, masuk page one dan DA nya naik. 


Elva Susanti : Mau tanya masih boleh ?

Pernah ngak guru-guru di tempat ngajar minta diajarin ngeblog gitu? Dan, pernah ngak merasa ngak mood buat nulis gitu (apalagi kan jadi guru, pasti banyak kesibukan)? Jika iya, biasanya nyari ide buat balikin mood gimana? Mungkin ada tipsnya. Soalnya bulan lalu (Juli) mencoba ODOP, tetep aja gak bisa sampai akhir, hanya di sepertiga jalan .


Pernah, guru dari sekolah lain juga ada. Bahkan ada yg sempat ikut kelas bobe juga. Sering ngerasa capek, gak nulis. Sering banget . Aku sih kalo buat blog guru, tiap abis selesai ulangan suka upload soalnya ke blog. Lumayan kan dua tiga pulau terlampaui 

Sampai di sini dulu ya, kelas sharing kamis kita kali ini. Sampai jumpa di kelas kamis minggu depan yah.

Salam Blogging

Milda Ini

 

Diberdayakan oleh Blogger.