Menu

Jumat, 31 Maret 2017

/ /
Tolonglah Perbaiki, Jalan Monumen Perbatasan Kota Bengkulu dengan Bengkulu Tengah

Assalammualaikum Wr. Wb

Tolonglah Perbaiki, Jalan Monumen Perbatasan Kota Bengkulu dengan Bengkulu Tengah. Ada yang tahu dimanakah letak perbatasan antara kota Bengkulu dengan kabupaten Bengkulu Selatan. Dimanakah letak dibangunnya monumen tapal batas antara ke dua daerah tersebut. Apa ada yang tahu? Lalu bagaimana keadaan jalan dan kondisi lingkungan di sekitar perbatasan tersebut. Apakah ada yang khusus memelihara daerah tersebut. Apa ada yang menjaganya atau dibiarkan begitu saja. Yang penting sudah dibangun tapal batas antara kota Bengkulu dan kabupaten Bengkulu Tengah.

Ada yang tahu jawabannya?

Monumen perbatasan tersebut terletak di sebah komplek perumahan di daerah perbatasan antara kota Bengkulu dan kabupaten Bengkulu Tengah. Lebih tepatnya di daerah simpang empat Nakau.


Di simpang Nakau ada sebuah perumahan yang lebih dikenal dengan nama perumahan Sopo Indah

Letak perubahan tersebut persis di simpang Nakau, berhadapan dengan puskesmas dan di sekitar atau satu wilayah dengan SMK Olahraga yang baru dibangun .

Perumahan Sopo Indah berada di jalan Halmahera, kelurahan Surabaya.

Di dalam komplek Sopo Indah tersebut sudah banyak berdiri rumah dan bermukim warga. Saat ini karena sudah padat. Makanya kawasan komplek tersebut mempunyai dua Rukun Tetangga. Yaitu RT 25 dan RT 7.



Lalu dimanakah letak monumen perbatasan antar kota tersebut.

Jika kita masuk ke dalam gang atau jalan menuju lokasi tersebut. Pada awal jalan masuk di sebelah kiri akan kita temui banyak gang kecil. Monumen tersebut terletak di dalam gang ke empat dari simpang gang atau dari jalan besar sepanjang simpang Nakau.



Letak monumen tersebut tepat di sebelah siring  di ujung jalan gang keempat tersebut. makin ke ujung, kondisi jalannya semakin buruk. Siring di kiri kanan jalan tanah juga mulai terbis dan terjadi longsor. 

Jalan akses di sekitar monumen tidak terpelihara dengan baik. Malah sebaliknya sangat mencolok terlihat perbedaan antara jalan di dalam komplek tersebut. Karena sebelum menuju ke lokasi monumen, kita akan bertemu dengan pertigaan jalan. 

Bisa dilihat perbedaannya, sangat mencolok ya!



Ada jalan yang sudah terlihat rapi, namun di sebagian bagian jalan lainnya terutama di sekitar monumen tersebut sangat buruk.

Apakah ini karena pembangunan jalan yang belum selesai di dalam komplek itu ataukah ada faktor lain, sehingga terlihat sekali perbedaannya.



Padahal di kawasan tersebut terdapat sebuah tapal batas atau monumen geografi yang harus terpelihara dan terjaga dengan baik. Selain itu juga terdapat pemukiman warga yang juga butuh akses jalan yang bagus, yang merata di antara sesama penghuni komplek.

Mengapa ada perbedaan, ada yang bisa bantu jawab.

Lalu, bagaimana dengan perhatian perangkat desa atau kelurahan atau kecamatan tersebut. Mengapa hal tersebut bisa terjadi. Siapa yang berkewajiban mengurusi hal ini, kepada siapa masyarakat harus mengadu?



Jawaban itulah yang selalu ditunggu dan dinantikan oleh warga sekitar, mengapa hal itu bisa terjadi atau kapankah semua itu bisa terwujud. Rasa keadilan dan kenyamanan yang diterima atau diperlakukan secara sama.

Akses jalan yang sama di antara setiap gang yang ada di dalam komplek tersebut. Terlebih lagi. Akses jalan yang baik dan terpelihara untuk daerah tapal batas,.Dimana ada bangunan saksi sejarah di berdiri di sana.

Selagi semua itu belum ada jawaban dan solusinya. Maka warga setempat yang secara swadaya dan secara mandiri membersihkan jalan di sekitar tapal batas tersebut. Dari lebatnya rumput dan tanaman liar lainnya.


Jadi, bagi yang sudah membaca postingan ini dan mempunyai akses kepada pemerintah untuk memperbaiki jalan tersebut. Tolonglah perbaiki jalan monumen perbatasan tersebut segera.

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan #NulisSerempak dari Blogger Bengkulu tentang #JalanBurukBengkulu.

Salam, tolonglah ya perbaiki dan bikin merata jalan bagus agar bisa dinikmati oleh smeua orang.

Rabu, 22 Maret 2017

/ /
12 Fakta Unik yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Sosok Fatmawati, Istri Presiden Soekarno


Sosok perempuan satu ini selalu dilekatkan dengan sosok presiden pertama republik Indonesia, bapak Ir. Soekarno atau sering kita sebut juga dengan nama bung Karno. Iya ibu Fatmawati adalah merupakan saksi sejarah terwujudnya kemerdekaan Indonesia. 

Sosok ibu Fatmawati selalu disebut dan dikenang pada setiap hari peringatan kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus . Terlebih lagi pada saat pengibaran bendera merah putih di setiap acara peringatan detik-detik proklamasi. Iya, sekali lagi nama ibu Fatmawati selalu disebut-sebut. 



Ibu Fatmawati adalah seorang pahlawan yang dikenang dan dikenal sebagai penjahit bendera pertama Indonesia yang dikibarkan di saat pembacaan teks proklamasi pada  17 Agustus 1945. Oleh Ir Soekarno yang didampingi oleh Muhammad Hatta.

Namun, tau kah kamu selain sebagai penjahit bendera pusaka merah putih tersebut. Bagaimanakah sosok seorang ibu Fatmawati itu. Berikut ini beberapa fakta unik tentang ibu Fatmawati yang harus kamu ketahui

1. Ibu Fatmawati bernama asli Fatimah

2. Lahir di Bengkulu, 5 Februari 1923

3. Beliau meninggal di Malaysia pada tanggal 14 Mei 1980

4. Umur Fatmawati saat meninggal adalah 57 tahun

5. Fatmawati adalah istri ketiga dari bung Karno

6. Menjadi ibu Negara dari tahun 1945 – 1967

7. Orang tua Fatmawati bernama Ayah Hasan Din dan  Ibunya Siti Chadijah

8. Orang tua Fatmawati merupakan keturunan putri dari Indrapura, seorang keluarga kerajaan Indrapura, pesisir selatan, Sumatera Barat

9. Ayahanda Fatmawati merupakan salah satu Tokoh Muhamadiyah Bengkulu

10. Fatmawati menikah dengan Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1943

11. Fatmawati meninggal dunia akibat serangan jantung ketika pulang dari umroh

12. Fatmawati dimakamkan di Karet Bivak, Jakarta


Nah, itu dia beberapa fakta unik tentang ibu Fatmawati yang harus kamu ketahui selain sebagai penjahit bendera merah putih. Bendera pertama republik Indonesia.

Saat ini nama ibu Fatmawati oleh pemerintah Provinsi Bengkulu diabadikan menjadi nama bandara di kota Bengkulu. Yaitu bandara penerbangan Fatmawati.



Bandara ini terletak di daerah Sukarami, di pinggir jalan perbatasan antara Kota Bengkulu dengan daerah Bengkulu bagian selatan.

Di kota Bengkulu juga terdapat rumah kediaman keluarga ibu Fatmawati yang sekarang sudah berubah menjadi cagar budaya yang bisa dilihat atau dikunjungi oleh setiap orang.

Kalo kamu ke kota Bengkulu, jangan lupa mampir ke rumah ibu Fatmawati ya !

Senin, 20 Maret 2017

/ /
GAGA RANCAH atau PADI HUMA, Samakah Arti Kedua Istilah Tersebut

Assalammualaikum Wr. Wb

Di dalam perbendaharaan kata atau kosakata Indonesia di bidang pertanian sering kita dengar istilah yang dipakai secara bersaing oleh penutur bahasa Indonesa. Kali ini saya akan membahas dua istilah ini dulu ya. Dalam istilah bidang pertanian. 

Istilah kata tersebut adalah Gaga Rancah dan Huma Padi


Lalu, pertanyaannya apakah kedua istilah tersebut mempunyai makna yang sama atau berbeda.

Kita akan membahas kedua istilah tersebut ya, supaya tidak salah paham dalam menggunakannya.

Di pulau Jawa memang lebih dikenal dengan istilah Gaga Rancah. Sedangkan untuk istilah Padi Huma lebih dikenal di daerah Melayu.



Ketika masyarakat petani di Jawa mengalami masalah dalam menanam padi atau kurang beruntung akibat cuaca yang tidak menentu. Para petani pasti akan mengalami kerugian. Untuk mengurangi kerugian tersebut, maka para petani menanam padi Gaga Rancah. Padi tersebut sangat lazim ditanam di lahan yang kering akibat kurangnya air. Jadi Gagah Rancah adalah jenis padi yang sangat cocok ditanam di lahan yang pasokan airnya kurang

Sedangkan di daerah Sumatera lebih dikenal dengan istilah kata Huma Padi. Sama halnya dengan Gaga Rncah. Huma Padi adalah sebuah kegiatan menanam padi di ladang. Di lahan yang juga pasokan airnya kurang. Di daerah Melayu dikenal juga dengan istilah Padi Ladang. Untuk menyebutkan cara bertanam atau hasil padi yang ditanam di lahan yang kurang air.

Jadi kedua istilah tersebut Gaga Rancah atau Huma Padi sebenanya memiliki arti dan maksud yang sama. Hanya berbeda daerah yang menggunakan istilah tersebut.



Selain itu istilah Gaga Rancah lebh sering dipergunakan karena istilah tersebut digunakan oleh pemerintah dalam program swasembada pangan. 

Jadi istilah Gaga Rancah lebih populer dan dikenal oleh sebagian besar orang.

Berikut ini adalah senarai kata atau istilah untuk menambah wawasan kita dalam kosakata Indonesia

- Eco city ..............) Eko kota

- Feature race...............) Balapan utama

- Frontliner......................) Garda depan

- Fruitarian.................) Fruitarian

- Globetrotter..................) Pelanglang Buana

Gimana, sudah sering mendengar istilah di atas. Jika belum semoga informasi ini bisa menambah wawasanmu tentang kosakata ya



Mari kita melestarikan Bahasa Indonesia dengan cara mempelajari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sampai jumpa, salam literasi

Sumber : Lembar Komunikasi, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Minggu, 19 Maret 2017

/ /
Cara Membuat Semangka Dari Bahan Agar-agar Untuk Cemilan Sehat Anak


Assalammualaikum Wr.Wb

Cara Membuat Semangka Dari Bahan Agar-agar Untuk Cemilan Sehat Anak. Anak-anak saya sangat doyan makan buah Semangka. Terutama yang non biji dan berwarna merah. Kalo yang berwarna kuning agak kurang suka. Jadi saya jarang membeli buah Semangka yang bewarna kuning. Lagipula yang menjual Semangka warna kuning agak jarang. Karena jarang yang menjualnya, otomatis harganya juga relatif lebih mahal dibanding dengan yang merah. 

Pada postingan saya kali ini , saya tidak akan membahas soal buah Semangka merah atau kuning sih. Tetapi saya mau mengajak teman-teman semua, khususnya para ibu untuk memanfaatkan kulit Semangka untuk dibuat menjadi buah Semangka kembali.



Kok, bisa emangnya kulit Semangka bisa berubah gitu

Bukan kulit Semangkanya kita rubah, akan tetapi kulit Semangkanya akan kita daur ulang , istilahnya begitu. Biasanya kan kalo makan Semangka , gak makan kulitnya. Pasti dibuang.

Nah, dibuang sayang ya. jadi kita daur ulang saja kulit Semangkanya menjadi buah Semangka kembali. 

Gimana tertarik bukan, mau mencoba. Caranya mudah kok.

Terlebih dahulu, Saat membeli buah Semangka, kita belah buahnya menjadi dua. Lalu kita aja anak untuk mengeruk daging buah Semangkanya.



Kalo saya sering sekali mengajak anak langsung makan buah Semangkanya. Dengan menggunakan sendok. Makannya juga rame-rame jadi lebih seru.

Setelah bersih, daging buahnya sudah dimakan atau dipindahkan ke wadah lain. Kulit buah Semangka yang kosong itu kita masukan ke dalam kulkas. Biar dingin. Nanti ketika akan digunakan barulah kita keluarkan kembali.

Sementara itu kita siapkan bahan isian untuk membuat Semangka baru. Kita siapkan dulu bahan-bahannya ya. Untuk bahannya , hampir sama dengan cara atau bahan-bahan untuk membuat agar-agar. Kalo kita rincikan seperti ini. Bahan-bahan yang diperlukan.

- Agar-agar bening, satu bungkus. Ini tergantung ukuran buahnya juga. Kalo besar tentu saja butuh lebih banyak agar-agarnya.

- Gula pasir atau gula halus

- Pewarna makanan. Tergantung ingin membuat Semangka warna merah atau kuning. Sesuaikan dengan selera saja.

- Air matang. Untuk ukuran dan jumlah air. Bisa dibaca dikemasan serbuk agar-agarnya ya. Tapi Kalo kebiasaan saya. Satu bungkus agar-agar butuh tiga gelas air dengan gelas ukuran 200- 250 cc. Jadi kira-kira airnya 750cc.

- Daun pandan

- Sedikit garam



Setelah semua bahan lengkap, selanjutnya mari kita masak.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa cara membuatnya sama dengan membuat agar-agar biasa. Cara masaknya begini

1. Kita campurkan serbuk agar-agarnya ke dalam air yang sudah disiapkan di dalam panci. Lalu kita aduk hingga merata.

2. Masak agar-agar dengan api sedang. Setelah mendidih lalu kita masukan gula, garam, dan daun pandan.

3. Setelah mendidih. Lalu kita angkat. Berikan warna sesuai keinginan. Kalo saya lebih suka memberi pewarna dengan diangkat terlebih dahulu agar-agarnya. Bukan di atas kompor atau dengan api yang menyala. Namun hal ini tergantung dengan cara atau kebiasaan kita masing-masing.

4. Setelah warna merata dan cairan agar-agarnya agak dingin. Lalu kita masukan ke dalam buah Semangka yang sudah kita kosongkan tadi.

5. Terakhir masukan kembali ke dalam kulkas supaya lebih cepat mengeras atau dibiarkan dalam suhu kamar dan dibiarkan sampai keras.



Baiklah setelah keras dan tidak goyang atau sudah menempel di kulit buah Semangka. Lalu kita potong. Saat memotong sama seperti kita memotong buah Semangka.

Nanti agar-agarnya akan menempel di kulit buah dan bentuknya memang mirip dengan buah semangka. cantik ya buah Semangka palsunya, hehehe. Mirip banget ya ama Semangka sungguhan.

Mirip Buah Semangka ya

Anak-anak saya sangat doyan makan Semangka yang terbuat dari agar-agar ini. Tinggi serat juga. Gak takut tertelan bijinya juga. Apalagi saat proses pembuatannya anak-anak biasanya ikut membuatnya juga.

Ini adalah cemilan sehat buat anak, alat dan bahannya juga mudah ditemukan. Cara membuatnya juga mudah dan tak butuh waktu lama. In Sya Allah, teman-teman semua bisa mencoba membuatnya di rumah. 

Jadi gimana, bisakan ya kita mendaur ulang kulit Semangka.  Bisa dong!

Salam, selamat mencoba

Sabtu, 18 Maret 2017

/ /
5 Ramuan Ajaib Untuk Rambut Flat Agar Terlihat Mengembang


Assalammualaikum Wr. Wb

5 Ramuan Ajaib Untuk Rambut Flat Agar Terlihat Mengembang. Siapa sih yang tidak mau punya rambut sehat, indah berkilau dan mengembang. Pasti semua wanita menyukainya. Baik yang berhijab atau pun tidak. Emangnya kalo berhijab tidak ingin punya rambut yang bagus. Yah, kamu salah. Saya nih, meski berhijab, tetap saja ingin rambut bagus. Saya senang mencium rambut sendiri kalo habis keramas. Rambut yang harum, bebas keringat itu yang saya sukai. Tapi itu sekarang. Dulu mah, rambut saya lepek, mudah keringatan dan gak mengembang. Orang tua saya memberikan saya ramuan leluhur yang biasa digunakan oleh orang-orang dahulu. Ramuan tersebut sangat mudah kita temui atau di beli di pasar.

Cara menggunakan ramuan itu juga sangat mudah. Bisa kita racik sendiri. Bahkan ada yang tak perlu diracik. Tinggal dipakai saja.

Oh, ya sebelumnya kita cari tahu dulu ya. Kenapa sih rambut bisa lepek atau flat atau tidak mengembang. Penyebabnya apa sih, apakah bisa sembuh bak sebuah penyakit. Apakah bawaan keturunan. Kalo dari genetis, waduh bisa-bisa selamanya ni rambut lepek dan bisa menjadi warisan turun temurun ya.

Baiklah, tenang dulu ya. Kita cari tahu dulu dengan seksama.

Rambut lepek itu disebabkan oleh karena rambut berminyak. Penyebabnya ada tiga hal

- Hormon
- Cuaca
- Penggunaan Shampoo yang Salah.

Nah, coba telusuri dulu salah satu penyebab di atas. Apakah ada yang salah dengan rambutmu. Mungkin emang salah pakai shampoo atau emang cuaca yang sedang panas sehingga membuat rambut mudah berkeringat dan jadi basah terus. 

Rambut berminyak harus segera diatasi ya, supaya tidak mudah rontok dan berketombe. Gak enak bangetlah udah lepek, berminyak, mudah rontok dan berketombe lagi. Duh, gak bangetlah. Jorok sekali.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya. Bisa dengan menggunakan salah satu ramuan di bawah ini. Iya, ramuan ini hasil warisan ibu dan nenek saya. Semua bahannya mudah ditemukan di sekitar rumah. kecuali minyak Zaitun. Namun sekarang minyak Zaitun, mudah sekali kita temukan di pasar ya. Kita bisa membelinya. Satu lagi minyak Kemiri, juga mudah ditemukan di pasaran yang sudah jadi. Sudah dalam kemasan botol.

Kalo jeruk Nipis dan Lidah Buaya, tetangga saya banyak yang punya tanamannya. Jadi saya sering minta saja kalo untuk jeruk Nipis. Untuk Lidah Buaya, kami akhirnya juga menanamnya di rumah karena terlalu sering minta dengan tetangga, gak enakan.

1. Jeruk Lemon


Jeruk Lemon ini, diambil airnya saja atau potongannya. Atau bisa keduanya. Untuk air, bisa ditambung terlebih dahulu dengan suatu wadah lalu dioleskan pelan-pelan ke rambut. Untuk potongan kulit jeruknya, bisa langsung digosok-gosok ke rambut secara langsung. Oh, ya hal ini dilakukan sebelum mandi. Setelah air meresap. Atau sekitar satu jam, Barulah dibilas seperti mencuci rambut biasa yang sering kita lakukan. 

Pilihlah jeruk yang masak, karena jeruk Lemon yang matang karena mengandung banyak air.

2. Lidah Buaya


Untuk Lidah Buaya, caranya ambil Lidah Buaya bagian daunnya. Bisa dikupas terlebih dahulu atau dibelah saja. Sampai nampak bagian dalam atau daging Lidah Buaya. Lalu bagian dalam atau dagingnya dioleskan di sela-sela rambut. Atau di bagian kulit rambut. Lakukan pelan-pelan, Saat daging Lidah Buaya mengenai rambut akan terasa sejuk dan dingin. Biarkan beberapa saat, maksimal satu jam. Barulah rambut dicuci seperti biasa. Lidah Buaya ini juga dapat membuat warna rambut hitam dan lebat.

3. Jeruk Nipis


Jeruk Nipis, meskipun kecil airnya juga banyak. Jeruk ini juga bermanfaat untuk mengurangi minyak pada rambut. Seperti pada umumnya khasiat jeruk nipis dapat membuang minyak pada piring atau perkakas rumah tangga. Pada rambut, jeruk nipis juga berkhasiat sama. 

Cara menggunakannya, hampir sama dengan jeruk Lemon, diambil air atau dioleskan langsung dari kulitnya yang sudah dipotong-potong. Lalu dioleskan ke rambut secara perlahan-lahan.

4. Minyak Kemiri

Dahulu orang membuat sendiri dengan disuling langsung dari buah kemiri. Namun saat ini banyak sekali kita jumpai dan bisa membeli minyak Kemiri yang sudah jadi. Harganya juga sangat terjangkau.

Cara menggunakannya tinggal menuangkan minyak ke tangan atau wadah kecil, lalu dioleskan ke rambut pelan-pelan. Pengalaman saya menggunakan minyak Kemiri ini dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya baru rambut dibilas atau dicuci seperti biasa.


5. Minyak Zaitun

Siapa sih yang tidak tahu khasiat minyak Zaitun. Selain untuk kesehatan tubuh, untuk campuran aneka menu masakan. Ternyata minyak Zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. 

Cara menggunakan minyak Zaitun hampir sama dengan menggunakan minyak Kemiri


Bagaimana, kamu mau menggunakan ramuan yang mana? Sebaiknya gunakan saja bahan-bahan yang terdekat . Yang kita punya. Yang mudah kita dapatkan. Hal ini penting untuk memudahkan kita untuk melakukan perawatan secara kontinu. Agar hasil yang di dapatkan lebih maksimal.

Selain itu perawatan rambut lepek ini, tidak bisa dilakukan hanya sekali saja. Butuh berkali-kali perawatan. Kita aja perawatan ke salon harus rutin ya. termasuk hal ini. Jadi untuk hasil yang maksimal lakukanlah perawatan secara rutin. Misalnya seminggu sekali, pada hari sabtu minggu . Pada saat kita dan keluarga sedang santai atau libur.

Semoga dengan salah satu ramuan di atas , rambut kamu tidak flat lagi ya. Bisa mengembang sesuai dengan harapan dan impianmu. 

Salam, semoga berhasil 



Jumat, 17 Maret 2017

/ /
Martabak Mini  Kapahiang  Ini Harga  Boleh Mini Tapi Rasanya Makyus

Assalammualaikum Wr. Wb

Martabak Mini Kepahiang Ini Harga Boleh Mini Tapi Rasanya Makyus. Kali ini stay cation keluarga saya di kota Kepahiang, hanya berjarak dua jam dari ibukota provinsi Bengkulu. Tetapi jalan menuju kota dingin ini harus mendaki bukit terlebih dahulu. Kotanya terletak di belakang bukit. Karena dekat perbukitan, jadi wajar saja kalo kota ini dingin dan sejuk. Banyak tanaman yang tumbuh subur. Termasuk kebun Kopi. Tapi klai ini saya ingin bercerita tentang kuliner kota Kepahiang yang makyus. Yaitu Martabak Mini aneka rasa dan toping.

Sore hari menjelang malam di kota Kepahiang ini udara semakin dingin. Enaknya makan yang serba hangat. Jadi oleh istri ponakan, kami disajikan aneka martabak mini dengan beraga toping. 

Duh, melihat bentuknya yang mini dan topingnya yang warna-warni. tentu saja mengugah selera kami yang sudah penat dari perjalanan untuk segera makan. Suasana sore semakin indah dengan adanya martabak mini ini. Yummi

Baca juga ini ya buar referensi tempat wisata di kota Curup

Kebun Bunga di kota Curup

Mari kita bahas dan lihat martabak mininya apa aja dan topingnya apa aja ya.

Ada toping coklat



Toping keju, ini yang paling diserbu ama suami dan kakak Nawra. Mereka berdua doyan banget keju.



Lalu ada Toping kacang, benar-benar lumer banget pas digigit. Liat Putri Shella langsung melahapnya sampai gigitan terakhir.




Kalo saya suka banget ama yang ini ni,  Toping kacang dan coklat


Yang warna hijau, Toping Srikaya ya. Rasanya benar-benar juara.



Kalo Athifah sukanya yang warna Toping Stroberi ini.




Ukuran martabak yang mini ini membuat kepengen mencoba makan semuanya. Soalnya kalo makan satu kurang, makan dua agak kenyang. Jadi ya, udah meski bentuknya sudah mini, kita bagi dua aja ya. Biar semua rasa kebagian. Biar kita bisa mencicipi semuanya, hehehe.

Makan martabak ini enaknya selangi panas, apalagi kalo ditemani minuman hangat. Sepeti Teh atau Kopi. Komplit banget kan. Berasa sedap banget.

Saya bertanya kepada istri ponakan, belinya dimana. Eh, ternyata di Pasar Kepahiang. Dekat ya, apalagi martabak ini juga melayani delevery order. Jadi kita bisa pesan dari rumah saja.Tak begitu lama pesanan datang.

Baca juga ini ya lokasi wisata di kota Curup

Petik Stroberi Langsung Dari Kebunnya

Hebatnya lagi ternyata harga martabak mini aneka toping ini hanya serba duaribuan. Duh, kok kepengen segera borong ya. Murah bangetlah. Untuk sebuah rasa dan kreasi makanan enak kayak begini. Rasanya juga enak, makyus di lidah.

Buat kamu yang juga kepengen makan martabak ini ketika sedang di kota Kepahiang. Ya, udah langsung aja berburu kuliner ke pasar Kepahiang. 

Salam, selamat menikmati.

Kamis, 16 Maret 2017

/ /
Dua Sambal di Pondok Sambal Lado Ini Bikin Ketagihan, Cobain Aja

Assalammualaikum Wr. Wb

Dua Sambal di Pondok Sambal Lado Ini, Bikin Kamu Ketagihan Cobain Aja. Dekat rumah saya, ada penjual makanan yang enak. Gak begitu jauh letaknya di dekat daerah masjid Jamik menuju ke arah Kampung Bali. Di pinggir jalan tempatnya. Jadi mudah mencapainya.Kami sudah  pernah beberapa kali makan di sini. Tapi lupa buat berbagi pengalamannya kepada teman-teman semua. Khususnya pencinta kuliner, ya penyuka kuliner pedas. Tapi kali ini saya ingin berbagi tentang lezatnya makanan rumahan di pondok Sambal Lado ini. Kali ini saya sedikit sabar tak makan duluan, demi kalian sih. Saya sibuk fotoin dulu. Makannya ntar belakangan.

Bagian depan pondok Sambal Lado

Tetapi sebenarnya itu karena saya yang punya dengan kondisi anak balita dan bayi, makan begini ya kudu harus gantian ya. Gak bisa barengan. Jadi gak ada alasan sih, punya bayi gak bisa makan di luar. Bisa kok, asal mau sedikit sabar dan bekerja sama.


Kalo gak gantian, Baby Annasya nanti juga sibuk sendiri atau dia sibuk mengacau makanan di atas meja. Jadi repot kan ya!. Jadi harus gantian. Setiap keluarga yang mempunyai bayi dan anak balita pasti paham maksud saya.

Oh, ya kami datang ke pondok ini sesudah salat Mahgrib. Ya, karena kedainya hanya buka di sore hingga malam hari saja. 

Tempatnya juga asik buat bersantai dan kumpul-kumpul. Namun di sini tidak ada pilihan meja makan lesehan. Semua menggunakan kursi dan meja. Yap, kami mengambil dua meja. Namun tempat ini agaknya kurang bersahabat saat hujan lebat, karena bentuknya hanya pondokan jadi kurang pas. Agak kurang nyaman jika hujan apalagi badai. Gak baik juga buat ballita dan bayi. Tapi kali ini kami beruntung. Cuaca di kota Bengkulu mendukung banget untuk kami makan di pondokan ini.



Satu meja untuk saya, Nawra, Athifah dan Ibu saya. Satu meja lagi untuk pak suami dan baby Nasya.

Seperti biasa menu favorit keluarga saya adalah ayam. Jadi Dipesan empat porsi ayam bakar dan suami saya pesannya ikan bakar.



Semua serba bakar, padahal ada menu lainnya. Seperti Soto, ini soto asli enak banget. Ayamnya yang biasa kalo kita makan soto disuwir-suwir. Di sini ayamnya dipotong kecil-kecil lalu digoreng kemudian ditaburkan di atas sotonya. 

Sayangnya malam ini kami tidak memesan Soto, jadi saya gak bisa aksih lihat foto Sotonya ya! Kami pilih yang bakar-bakar saja.




Lalu ada aneka minuman, biasalah standar sih , aneka minuman dingin, aneka juice . Silakan dipilih sesuai selera saja.

Nasinya, nasi putih ya, jadi gak ada nasi uduk karena ini bukan kedai nasi uduk loh ! Nasinya itu enak banget, anak-anak saya suka banget, gak kayak makan bubur, agak berderai begitu. Mungkin kayak beras Solok ya. Warnanya putih, di atasnya ada taburan bawang goreng.



Pesanan datang, siap santap. Wait, berdoa dulu ya sebelum makan biar makananya barokah di tubuh kita. 

Ayam bakar yang diberikan itu hanya bagian dada atau bagian paha bawah. Atau ayam Upin kata Athifah, hehehe.



Di dalam satu porsi makanan ada juga tersedia, timun, daun kemangi, dan tahu tempe.

Ada yang bikin selalu kangen dari makanan di pondok Sambal Lado adalah sambalnya itu loh. Gak ada duanya. Enak banget. Pantes aja nama pondokannya Sambal Lado.



Sambalnya ada dua versi. Sambal hijau dan sambal merah.  Mencicipi kedua sambal ini bikin kita lupa waktu dan ingin segera menghabiskannya segera. Rasanya memang juara dan selalu dirindukan. Jatah Athifah yang tidak habis langsung diminta ama Nawra, hehehe. Sedangkan jatah si nenek langsung diminta pak suami.



Nah, kalo  ini adalah meu nasi dengan ikan bakar. Kali ini suami saya memilih ikan Nila. Rasanya juga sama enaknya, ngangenin loh. Semua printilannya sama ya sama menu ikan, lengkap.


Sambal di sini emang bikin kangen. Makanya anak-anak saya pas bilang mau diajak makan, pasti langsung hapal namanya. Apa namanya ?

"PONDOK SAMBAL LADO" jawab Athifah dan Nawra berbarengan.

Anak-anak saya doyan banget. Semuanya habis tanpa sisa. Saya juga mendadak lupa sama diet.



Eeiit tunggu dulu, harga makanan ini juga snagat terjangkau kok, satu porsi Ayam hanya Rp. 15.000 dan satu porsi Ikan hanya Rp. 20.000,-

Buat kamu warga Bengkulu dan ingin menikmati sambal dengan rasa restaurant mahal tapi harga paket hemat. Cobain aja ke Sambal Lado ya. Dijamin puas. 

Salam, terima kasih!
Diberdayakan oleh Blogger.