Menu

Jumat, 30 Maret 2018

/ /
Mendadak Diare Saat Ingin Terbang
Assalammualaikum Wr.Wb

Mildaini.com_Mendadak Diare Saat Ingin Terbang. Ada yang pernah mengalami hal demikian, saya sudah pernah. Rasanya saat itu tidak bisa dibayangkan seperti apa. Selepas shalat Shubuh, tiba-tiba perut saya  mules. Sampai di kamar mandi, ternyata saya mengalami diare. Setelah rasa mules hilang saya keluar. Namun baru sampai di ruang makan , kebetulan kamar mandi tidak jauh dari ruang makan, perut kembali mules dan saya BAB lagi. Ini berlangsung sampai berkali-kali. Sampai badan saya lemas. Diare ini membuat saya kepayahan dan hampir tidak jadi terbang.

Dari sekian kali saya bolak balik ke kamar mandi BAB, ada dimana rasa sakit dan gerakan saya berjalan atau berlari menuju kamar mandi yang agak lambat. Terpaksa, cairan BAB tercecer di lantai.


Saat itu, kepala mendadak pusing, sebab belum selesai urusan bolak-balik ke kamar mandi. Eh, ditambah lagi dengan harus membersihkan lantai.

Kepala semakin menjadi pusing, setelah teringat kalo jam 09.55 saya harus terbang ke Jakarta. Tiket tidak bisa lagi dirubah dan tidak mungkin di cancel. Saya harus menghadiri sebuah pertemuan di ibukota. 

Salah satu usaha yang masih bisa dilakukan adalah dengan minum obat dan membuat obat secara alami untuk menghentikan diare ini. Kalo sudah dicoba , masih juga diare, ya mau bagaimana lagi. Tetapi pasti hati akan menjadi lapang, sebab sudah melalui sebuah usaha.

Suami pun ikutan panik, saat kondisi begitu saya berusaha untuk menjauh dari anak-anak . Agar tidak menular kepada mereka. Diare bisa menular lewat tinja yang tercecer. Saya tidak berani beranjak dari ruang makan, kuatir bakalan BAB lagi.

Selama bolak-balik ke kamar mandi itu, saya juga membuat Teh manis hangat, untuk menambah tenaga dan mengurangi dehidrasi. Saya ga kuat kalo harus minum oralit. Jadi kalo kena diare pasti minumnya Teh hangat saja.

Setelah anak-anak diamankan di ruang keluarga, kebetuan antara ruang makan dan ruang keluarga ada pintu, jadi anak-anak tidak bisa masuk ke ruang makan. Suami pergi membeli obat mencret di apotik terdekat, jika apotik belum buka sebab masih kepagian. Saya berpesan , beli saja di toko ritel modern yang buka 24 jam.

Sementara suami pergi membeli obat, ibu saya membantu membuatkan saya minuman untuk saya dari rebusan daun, dahan, batang Jambu Biji. Biasanya ibu akan membuat minuman air rebusan Jambu biji dengan takaran. Tiga gelas air , kirta-kira ukuran 250ml atau sebanyak air kemasan gelas. Kemudian dimasukan dun, dahan dan batang Jambu Biji. Lalu direbus sampai mendidih dan air berkurang menjadi satu gelas saja.



Obat ini juga ampuh selama ini mengobati saya kalo mengalami diare, dibantu dengan obat berupa pil juga, jadi penanganannya jadi lebih cepat. 

Apalagi ini emang harus super cepat sebab saya harus terbang sekitar120 menit lagi…

Suasana mendadak kian mencekam dan jantung saya berdegub kencang. Frekuensi bernapas saya pun menjadi lebih cepat.

Suami pulang membawa obat Entrostop satu keeping, berisi sepuluh buah pil. Biasana obat ini saya minum sekaligus dua buah setiap habis BAB.

Sambil menunggu air rebusan masak dan dingin, agar siap saya minum. Setiap habis BAB, saya minum entrostop. 

Mata saya juga tak henti-hentinya memandang jam di dinding, berharap, waktu agak melambat sampai saya benar merasa agak pulih dan ga perlu bolak-balik lagi ke kamar mandi. Tidak bisa saya bayangkan jika kejadian diare apalagi bocor di bandara. Duh, bisa gawat sedunia.

Selama menunggu air Jambu Biji masak, obat entrostop ini sudah delapan buah saya makan, itu artinya saya sudah empat kali mondar-mandir ke kamar mandi. Diare belum juga ada tanda-tanda untuk berhenti. Saya pun mulai pasrah.

Jam mulai bergerak menuju angka delapan. Jika sesuai rencana, pas di 30 menit kemudian saya sudah harus meluncur ke bandara dan bersiap untuk boarding.

Tetapi sekali lagi diare belum bisa diajak kompromi, saya pun berkali-kali menghela napas panjang, berdoa alam hati dan berusaha untuk tenang. Ya, sudahlah jika memang harus cancel Terbang, apa boleh buat. Saya mulai lemas dan berusaha untuk kompromi dengan diri sendiri.

Air rebusan Jambu Biji matang dan sudah dingin, siap diminum. Saya pun menghabiskan satu gelas dengan cepat, saya berharap ada keajaiban dan saya masih tetap ingin bisa terbang. Jadi harapan saya  bertumpuh pada air Jambu Biji ini. Semoga ada keajaiban, doa saya dalam hati, berkali-kali.


Kalo kamu lagi mencret atau diare. Udah ga nahan bolak balik kamar mandi. Lemes ya, capek ya. Boleh minum obat ya, dua tablet setiap habis BAB dan maksimal 12 tablet selama 24 jam. Kalo lebih dari itu. Ga baik juga. Nah, supaya itu diare cepat berhenti. Cobain minum air rebusan daun , batang, dahan, kalo ada akarnya Jambu Biji. Caranya cukup direbus dengan tiga gelas air ukuran air mineral kemasan gelas atau sekitar 3x 250ml. Lalu direbus hingga menjadi kira-kira satu gelas. Kalo udah dingin, minum ya. Rasanya emang agak pahit , sepet gitu. Kayak makan buah yang belum matang. Tapi demi sehat, hajar aja. Tutup hidung deh, gleeek sampai habis. Resep ini adalah resep andalan keluarga saya, makanya di pekarangan rumah kami selalu ada tanaman Jambu Biji. Habis suka bandel, kena diare. Supaya ga kena diare yg perlu dilakukan meski punya tanaman jambu adalah menjaga kebersihan diri, lingkungan dan asupan makanan . Ga boleh sembarangan baik dari segi bahan baku dan juga cara memasaknya #mildaini #milda #jambubiji #obatdiare #diare
A post shared by Milda Ini (@mildaini.bkl) on



Akhirnya jam pun mulai merangkak pelan menuju angka 08.30, dimana seharusnya saya sudah berada di bandara.  

Frekuensi BAB sudah mulai berkurang, yang tersisa masih rasa mules. Yang terakhir keluar cuma air saja, sebab memang perut saya sudah terasa kempes, sudah dikeluarkan semua. Dari tadi saya Cuma minum, ga berani makan.

Baru saya ingin memberitahu teman , bahwa saya kemungkinan tidak jadi berangkat. Tiba-tiba suami muncul dengan sebuah kantong belanjaan. Dia menyerahkan sesuatu kepada saya. Dan berkat benda inilah, akhirnya saya pun jadi berangkat ke bandara, dengan didorong dan dukungan suami.

Kami pun gas poll menuju bandara dengan motor, sebab kuatir terlambat. Alhamdulillah, sampai di bandara, saya masih bisa masuk, tapi dengan adegan lari-larian, sebab sudah masuk panggilan terakhir.

Kebaikan Jambu Biji Untuk Diare

Resep warisan keluarga saya adalah dengan minum rebusan air jambu biji. Dalam hal ini direbus , mulai dari daun, batang, dahan, kalo ada akar jambu bijinya sekalian.

Namun sebelum kita membahas resep dan cara membuatna, kita bahas dulu apa yang dinamakan diare itu seperti apa ya.



Pengertian Diare

Berdasarkan buku Kapita Selekta Kedokteran Media Aesculapis menerangkan pengertian diare adalah buang air besar (defekasi) dengan jumlah tinja yang lebih banyak dari biasanya , normalnya 100-200 ml perjam tinja. Dengan tinja berbentuk cairan atau setengah cair (setengah padat)  dapat pula disertai frekuensi defekasi yang meningkat  

Menurut WHO (1980) Diare adalah buang air besar encer atau cair, lebih dari tiga kali sehari. Diare terbagi dua berdasarkan mula dan lamanya, yaitu diare akut dan diare kronik.

Diare ada dua jenis

Diare Akut, diare yang awalnya mendadak dan berlangsung singkat dalam waktu beberapa jam sampai 7 atau 14 hari.

Diare Kronik, Diare yang dialami oleh orang dewasa, lebih dari tiga minggu.

Hubungan Diare dan Jambu Biji

Menurut resep keluarga saya, bahwa air yang berasal dari rebusan tanaman Jambu Biji ampuh untuk mengobati diare, ternyata adalah sebuah fakta ilmiah. Meski saya yakin Nenek dan Ibu saya melakukan hal tersebut hanya berdasarkan pengalam turun temurun saja.

Menurut sejarahnya, Jambu Biji berasal dari Amerika Tengah, tepatnya di daerah Brazil. Dari sana Jambu Biji menyebar ke Thailand, kemudian Negara Asia lainnya, termasuk Indonesia. Di banyak Negara Jambu Biji  merupakan tanaman terpenting bagi penduduk aslinya. Saat ini Jambu Biji ditanam di seluruh dunia, teruama Negara tropis.

Pemanfaatan kulit batang dan daun Jambu Biji sering kali digunakan untuk pengobata diare, gastroenteritis dan keluhan-keluhan lainnya yang berhubungan dengan pencernaan
Kelebihan Jambu Biji untuk Kesehatan Pencernaan

Daun Jambu Biji kaya senyawa flavonoid, khususnya quercetin. Senyawa inilah yang memiliki aktivitas antibakteri dan berkontribusi terhadap efek antidiare. Sedangkan polifenol yang ditemukan pada daun Jambu Biji diketahui mempunyai aktivitas sebagai antioksidan.
Seperti halnya daun Jambu Biji, kulit batang tanaman ini juga memiliki aktivitas antibakteri. Ekstrak dari kedua bagian tanaman ini secara in vitro bersifat toksik terhadap beberapa bakteri penyebab diare. Seperti Saphylococcus, Salmonella, Shigella, Bacillus, Escherichia Coli, Closridium dan Pseudomonas.

Selain itu Jambu Biji mengandung Vitamin C sekitar 87 mg, itu sama saja dengan dua kali lipat dari Jeruk manis (49mg/100 g), lima kali lipat dari Orange serta delapan kali lipat dari Lemon (10,5 mg/100). Apalagi jika dibandingkan dengan Jambu Air, Jambu Bol, 17 kali lipat dari Jambu Air dan 4 kali lipat dari Jambu Bol (22mg/100)



Jadi sangat banyak manfaat dari JAMBU BIJI

Setelah menempuh perjalanan selama satu jam, saya pun sampai di bandara Soeta dengan selamat. Meski sesekali perut masih terasa mules. Rasa lapar pun mulai datang, namun saya cuek, belum berani makan. Cuma minum saja. Tadi saya menambah lagi air rebusan Jambu Biji untuk dibawa. Minuman inilah yang sedikit demi sedikit saya minum.
Di dalam pesawat, saya mengenang, apa penyebab saya kena diare. Saya mengingat-ingat kembali, kemarin saya makan apa saja.

Jadi kemarin malam saya dan suami makan di salah satu warteg yang menyajikan menu aneka sambal. Kemungkinan ada bahan makanan yang disajikan dalam keadaan belum dimasak dan ada makanan yang memang dimasak tetapi belum matang. Ditambah lagi dengan kondisi saya yang sedang tidak fit sebab beberapa hari ini memang sering tidur lambat, mengejar deadline.

Alhamdulillah, saat diare tersebut saya hanya mengalami mual, pusing dan nyeri perut ga sampai muntah-muntah. 

Dari kejadian ini, selanjutnya saya lebih hati-hati lagi dalam memilih atau makan jenis bahan makanan tertentu. 

Poin penting ini yang harus saya jaga dan perhatikan, jika tidak ingin  terkena diare kembali

1.    Menjaga pola hidup sehat, bukan cuma asupan gizi, teapi juga mengenai istirahat dan tidur dan menjaga kesehatan pikiran
2.    Menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar, sebab diare juga bisa ditularkan lewat lingkungan yang kotor
3.    Menjaga dan memperhatikan asupan makanan , tidak makan makanan mentah, tidak makan makanan setengah matang atau tidak matang, tidak makan sembarangan yang kurang bisa dipertanggungjawabkan kebersihan, baik dari sumber bahan makanannya dan cara memasaknya
4.    Mengurangi jajan makanan sembarangan termasuk kebiasaan mencoba jenis makanan atau menu baru , yang belum tentu cocok dengan pencernaan kita. 


Jika sudah atau sedang terkena Diare, hal ini yang saya lakukan Untuk Atasi Diare Dengan Benar

1.    Memisahkan semua celana dalam dan pakaian yang terkena kotoran BAB, dipisahkan dari pakaian yang lainnya
2.    Tetap minum , baik air mineral, air teh, atau oralit. Intinya tetap menjaga asupan air agar tidak dehidrasi.
3.    Siapkan obat praktis berupa pil atau tablet untuk menghentikan diare, diminum sesuai dengan aturan dan takarannya. Saya minum Entrostop.
4.    Membuat obat alami, berupa air rebusan Jambu Biji, oleh karena itu di pekarangan rumah saya dan rumah ibu selalu kami tanami Jambu Biji, selain buahnya enak dan bergizi jika dimakan langsung atau dibuat jus. Jambu Biji adalah obat mujarab untuk mengatasi mencret secara alami.

Nah, ini cerita pengalaman saya saat mengalami diare dan cara saya mengatasinya.  Saya memang termasuk orang yang memiliki pencernaan yang sensi, ga bisa kalo makan yang aneh , di luar yang biasa saya makan, makan terlalu banyak sambal, apalagi kalo pedas. 

Tapi meski demikian, kadang saya juga suka lupa dan bandel, apalagi kalo saat mencoba atau makan dengan sambal. Suka kelupaan, akibatnya ya mengalami diare. Beberapa kali mengalami diare sih, cuma yang paling menegangkan saat mengalami diare itu, seperti yang saya ceritakan ini, mendadak diare saat hendak terbang.

Oh, ya kalian mau tahu benda apa yang dibawa suami di dalam kantong sesaat sebelum mengantarkan saya ke bandara.

Jangan diketawain ya, soalnya saya malu, hihihi. Suami memberikan saya sekeping entrostop dan diapers, untuk saya pake selama di perjalanan dan di dalam pesawat, hihihi. Saya juga membawa cadangan diapers. 


Entrostop mengandung 12 tablet attapulgite dan pectin, dapat menyerap racun dan bakteri penyebab diare dan mengurangi frekuensi buang air besar. maksimum minum 12 tablet selama 24 jam. merek ini sudah lama ya, dan sudah menjadi kepercayaan banyak orang termasuk keluarga saya.

Suami mendadak mendapatkan ide itu, sebab dia tahu begitu ingin saya bisa menghadiri kegiatan tersebut, karena suami juga tahu kalo saya memang mempersiapkan diri untuk hadir di acara itu. 

Jadi berkat Diapers itu juga saya merasa agak nyaman dan ga kuatir mengalami kebocoran di dalam perjalanan. Apalagi memang sebelumnya saya sudah dibombardir dengan obat dan minum air rebusan Jambu Biji. Jadi Diare-nya sudah keok, hihihi.

Alhamdulillah begitu sampai di hotel , bahkan hingga menjelang tidur malam harinya, saya sudah tidak mengalami diare lagi, meski untuk jaga-jaga saya tetap menggunakan diapers. Saya mengikuti rangkaian kegiatan di sore hingga menjelang malam hari dengan menggunakan diapers loh, hihihi. Teman-teman saya tidak ada yang tahu, bahkan teman sekamar pun tidak tahu.

Keesokan harinya baru saya tidak menggunakan diapers lagi. Udah bebas dan lega. 

Semoga pengalaman saya mengenai diare ini bisa memberikan kalian semua inspirasi dan informasi, semuanya bisa dicoba dan diterapkan jika sedang mengalami diare, termasuk dengan menggunakan diapers, hihihi. Kalo ingat kejadian itu, apalagi pas lihat foto-foto kegiatannya, saya sering senyum sendiri, sebab di foo ga terlihat kalo saya sedang menahan diri ga mencret dan menggunakan diapers. 


Sampai jumpa di cerita saya yang lain ya. Salam !!

Senin, 26 Maret 2018

/ /
Seluk Beluk dan Persiapan Menulis Liputan di Blog
Assalammualaikum Wr.Wb

Mildaini.com_Seluk-Beluk dan Persiapan Menulis Liputan di Blog. Saat ini seorang blogger sering sekali  diundang ke sebuah kegiatan untuk mengikuti berbagai acara. Selain hadir pada acara tertentu. Seorang blogger juga diminta untuk menuliskan sebuah liputan tentang sebuah acara yang dia ikuti. Pada saat hadir di sebuah acara tersebut blogger juga bertemu dengan berbagai wartawan atau jurnalis. Dengan tujuan yang sama, yaitu meliput sebuah acara.

 
Dalam situasi tersebut, apa yang harus dipersiapkan oleh seorang blogger saat menghadiri sebuah acara. Harus diakui bahwa latar belakang seorang blogger itu beragam, termasuk juga latar belakang pendidikannya. Bahkan ada yang ga ada sama sekali bau-baunya seroang penulis, apalagi penulis liputan. Berbeda dengan wartawan sebagian besar mereka memang mempunyai latar belakang pendidikan jurnalistik yang memang belajar untuk membuat sebuah tulisan liputan. 

Belum lagi mereka juga sering dibekali dengan berbagai pelatihan tentang bagaimana menulis liputan yang baik.

Namun, sebagai blogger yang mau belajar tentang apa saja. Semua itu juga bisa dipelajari, asal ada kemauan. Sebab Blogger pasti juga bisa menulis liputan yang bagus dan menarik untuk dibaca sekaligus juga informatif.

Seorang blogger juga harus mau mengasah ilmu dan kemampuannya dalam menulis termasuk menulis sebuah liputan.

Diundang di sebuah acara sering juga dikenal dengan istilah di blogger, dengan sebutan datang ke event.

Atas dasar motivasi itulah, saya bersama pengurus Blogger Bengkulu, menggelar tema bagaimana menulis liputan blog yang baik dan benar.

Jadi pada #Kelasblogger ke delapan ini, kita akan belajar dan mengali banyak ilmu dan informasi mengenai seluk-beluk mengenai menulis liputan

Kali ini pembicara yang Bobe undang, adalah Kak Zalmi Herawati yang merupakan seorang wartawan dan juga redaktur di Harian Bengkulu Ekspress. Yang merupakan salah satu harian terbesar dan terdepan di Bengkulu.




Sesuai kesepakatan yang sudah ditentukan, jadi siang itu peserta yang sudah mendaftar kumpul di lantai tiga gedung Harian Bengkulu Ekspress di daerah Simpang Skip. Kami semua kumpul di sana sejak pukul 13.30 siang. Dijadwal acaranya akan selesai di jam 16.00 petang.

Rupanya Kak Zalmi udah stay by di lokasi. Yeeeaaah, kan itu emang kantornya yaaak!!
Setelah acara seremonial, seperti pembukaan, kata sambutan dan pembacaan doa. Akhirnya, tiba waktunya Kak Zalmi show, hihihi.


Materi yang disampaikan , saya bikin ulasannya begini ya. Biar mudah dipahami dan diterapkan saat menghadiri atau ada tugas untuk meliput sebuah kegiatan.


Persiapan yang harus dilakukan sebelum pergi liputan  



  1. Mengenakan pakaian yang sesuai dengan acara peliputan
  2. Mempersiapkan Alat peliputan yang diperlukan buku agenda, notes, atau buku catatan
  3. Mempersiapkan alat untuk merekam atau mengambil gambar dan memastikannya berfungsi dengan baik 

Nah, saya jadi ingat. Waktu saya mengisi acara Mombassador SGM Ekplore bach 7 beberapa waktu lalu. Seorang bunda yang juga seorang blogger sempat bertanya. Kira-kira begini pertanyaan beliau . Bagaimana supaya saat meghadiri sebuah kegiatan, para blogger bisa sama atau percaya diri seperti para jurnalis. 

Waktu itu saya menjwab, kurang lebih sama dengan yang dijelaskan oleh Kak Zalmi. Terutama yang berkaitan dengan penampilan seorang Blogger saat menghadiri sebuah kegiatan atau acara. Harus menggunakan pakaian yang layak dan pantas. Istilah orang sekarang harus sesuai dengan dress code-nya.

Selain soal penampilan, ada hal lain  yang Harus Diperhatikan, ini juga Penting
Jangan terlambat datang ke acara, upayakan datang lebih awal sebelum acara dimulai
Ketika tiba di lokasi kegiatan/acara minta panitia memperlihatkan absensi peserta yang hadir, catat jumlah peserta, dan dari mana saja mereka. 

Minta bahan/materi kegiatan yang akan disampaikan nara sumber kalau disediakan
Oke untuk persiapan awal sudah siap. Sekarang kita belajar mengenai trik dan tips saat menghadiri sebuah acara


Trik Liputan ini terliha sepele, namun ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dalam tugas liputan. 



  1. Carilah tempat duduk atau berdiri yang dapat melihat secara jelas dan mendengarkan saat nara sumber berbicara (tidak terlalu dekat sound system atau duduk diposisi paling belakang)
  2. Hindari duduk dengan orang yang dikenal saat acara dimulai atau nara sumber mulai bicara
  3. Catat atau foto backdrop/spanduk acara yang biasanya dipasang di belakang para pemateri
  4. Oke, sekarang yang harus kita lakukan Saat Memulai Liputan
  5. Amati kondisi tempat acara, nara sumber dan peserta. 

Dengarkan dan catat saat pembawa acara membuka acara atau kegiatan. Mulai dari nama, kegiatan, tema, tamu penting yang hadir serta nama-nama nara sumber dan materi yang disampaikan 

Saat nara sumber mulai menyampaikan materi catatlah poin-poin penting yang ia sampaikan yang dirasakan menarik secara lengkap 


Bagian penting lainnya adalah saat, Mengambil Gambar/Foto 



  1. Ambil gambar/foto semua orang yang memberikan sambutan atau pernyataan di podium
  2. Ambil gambar nara sumber yang berada di meja depan saat acara dimulai
  3. Ambil Gambar masing-masing nara sumber saat menyampaikan materinya dalam posisi yang menarik.
  4. Ambil gambar peserta kegiatan dari berbagai sisi
  5. Ambil gambar  setiap sesi kegiatan foto bersama, penyerahan cindera mata atau hadiah pada pemenang

Menurut pengalaman Kak Zalmi, minimal foto yang diambil untuk satu objek itu adalah lima kali jepretan dari berbagai arah.


Kemudian tidak boleh mengambil foto HARAM, maksudnya adalah foto yang tidak jelas. Misal foto punggung, tampak belakang, hanya bagian tubuh tertentu.


Nah, itu beberapa hal penting sudah disampaikan oleh Kak Zalmi dengan cermat. Lanjut dengan Tanya jawab. Seru juga banyak yang bertanya dan antusias ingin tahu.


Selanjutnya saya menambahkan, sekaligus mengingatkan perbedaan yang sangat mencolok antara liputan blog dan liputan berita harian atau Koran.




Iyaaah, kalo liputan berita begitu dikenal juga dengan sebutan Straight news. Kebanyakan liputan berita itu seperti itu isinya. Nah, kalo liputan blog, bahasanya lebih personal. 

Kalo di sebuah berita ada isilah pada 45 kata pertama, memuat setidaknya tiga kalimat yang mengandung lead sebuah berita.


Di tulisan blog, biasanya pada 100 kata pertama sudah mengandung atau memuat keword /kata kunci dari artikel atau liputan yang akan kita bahas.


Lalu di sebuah berita, biasanya memuat kutipan atau ucapan seseorang, misalnya nara sumber, pembicara atau bintang tamu. Dan ga boleh memuat opini penulis.


Di tulisan blog kita bisa juga mengutip ungkapan atau ucapan seseorang dan menambahkan opini kita. Misalnya kesan kita terhadap kegiatan yang kita ikuti tersebut.


Memang terlihat ada sedikit perbedaan ya, terutama dari segi gaya bahasa. Bahasa berita lebih formal sedangkan bahasa blog lebih personal. Bahkan banyak hal yang bisa diulas. Baik dari segi acaranya itu sendiri, dari segi penulisnya bahkan dari segi makanannya. Sangat  dinamis.  


Ga terasa, sudah dua jam berlalu, materi dan Tanya jawab juga suah bergulir, saatnya makan-makan. Kalo udah ngumpul , asik ya sekalian  makan-makan. Kali ini menunya nasi goreng bikinan Mama Emi, bisa dicek di instagramnya @masakanmamaem.



Oh, ya acara kelas blogger kali ini dimeriahkan juga oleh Dimsum dan Thai Tea untuk pemenang Lomba Foto Live Event dan Nulis serempak. Sayang sekali kalo dilewatkan.
Kelas blogger ini memang digelar secara rutin oleh blogger Bengkulu dengan berbagai tema dan pembicara. Selain sebagai ajang untuk kumpul bareng, kegiatan ini juga dijadikan ajang untuk saling berbagi informasi. Sekaligus untuk penerimaan anggota baru blogger Bengkulu. Intinya kalo udah bersama pasti banyak yang bisa dilakukan dan pasti seru. 


Salam, sampai jumpa di kelas blogger 9 ya, bulan depan!!

Sabtu, 24 Maret 2018

/ /
Rangkaian Kegiatan Muswil Forum Lingkar Pena Wilayah Bengkulu 2018
Assalammualikum Wr. Wb

Mildaini.com_ Rangkaian Kegiatan Muswil Forum Lingkar Pena Wilayah Bengkulu 2018. Bulan April adalah bulan istimewa bagi saya, sebab itu adalah ulang tahun pernikahan saya yang jatuh pada tanggal 1 April. Tahun ini usia pernikahan kami mencapai 12 tahun. Mohon doa ya buat keberkahan pernikahan kami. Tapi postingan saya kali ini ga membahas soal milad pernikahan kami itu. Tetapi akan berbicara mengenai rangkaian kegiatan yang akan digelar oleh keluarga besar Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Bengkulu. Banyak acara yang akan pengurus gelar. Kita simak satu persatu yaa.


1. Wokshop Kepenulisan

Kali ini kebetulan saya yang akan mengisi acara workshop kepenulisan ini dengan tema Menulis Buku dan Menembus Penerbit Nasional. 

Acara ini digelar pada tanggal 15 April 2018
Pukul 08.00 - 12.00 wib
Tempat : Gedung Kampus Dehasen

Biaya pendaftaran , untuk 100 pendaftar pertama hanya membayar Rp. 85.000,- selanjutnya harga normal menjadi Rp. 100.000,-

Bonus bagi 100 pendaftar pertama akan mendapatkan bimbingan kelas menulis secara online selama dua bulan.

Fasilitas lainnya akan mendapatkan, Materi, snack, doorprize, buku gratis yang berjudul Smart and Happy Mom karya saya yang terbaru.

Bagi yang berminat silakan menghubungi saya, atau panitia yang tercnamtum di poster ya! Jangan sampai ketinggalan.

Oh, ya untuk kelas online, bisa diikuti oleh teman-teman yang berada di luar kota. Dengan membayar Rp. 100.000,- dan tetap akan mendapatkan buku gratis.

Ada lomba foto dan review bukunya di medsos dengan hadiah yang menarik, sayang jika dilewatkan. 




2. Launching Buku Antologi Terbaru FLP Bengkulu yang berjudul Salam Ombak



Acara ini akan mengundang para penulis buku dan tokoh masyarakat lainnya untuk hadir. Buku ini sudah bisa dibei dengan harga Rp. 40.000,-
Tempat acara Launching di gedung Dehasen
Tanggal , ahad, 15 April 2018
Pukul 08.00 - 09.30 wib

Bagi teman penulis yang ingin hadir, silakan menghubungi panitia agar diakomodir dan untuk penulis harga bukunya Rp. 75.000 (mendapatkan 2 eksemplar buku) harga normal Rp. 40.000 untuk satu buku.

3. Lomba Cerpen

Untuk memeriahkan Muswil kali ini, FLP Bengkulu juga menggelar lomba cerpen. Kali ini akan mengangkat tema mengenai Bengkulu, dibebaskan untuk membahas soal apa saja dengan syarat tetap mengangkat kearifan lokal Bengkulu.

Kabar baiknya, 20 karya terbai kembali akan FLP terbitkan dalam bentuk antologi. Jadi siapkan dari sekarang karya kamu dan bersama kita terbitkan bersama Antologi FLP Bengkulu

Selain itu syarat lainnya adalah Panjang cerpen minimal 500 kata dan maksimal 5 halaman saja. Diketik TNR, spasi 1,5 dikirimkan ke email FLP Bengkulu. Info soal lomba cerpen ini bisa juga dilihat di berbagai poster yang tersebar di media sosial. 

Syarat dan ketentuan lomba Cerpen

4. Pemilihan  KETUA FLP Bengkulu yang baru

Salah satu acara ini dari rangkaian kegiatan Muswil ini adalah pemilihan ketua FLP Bengkulu yag baru. Oleh karena itu, kamu harus hadir ya untuk menjadi saksi sejarah terpilihnya ketua FLP yang baru.

Agenda ini digelar pada tanggal 15 April 2018
Pada pukul 13.30 - 16.00 wib
Di Gedung Dehasen

Untuk konfirmasi kehadiran bisa hubungi panitia  yaa

Oh, ya kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Bengkulu dengan penerbit Tiga Serangkai.

Mohon doa a untuk keberkahan dan kesuksesan rangkaian kegiatan muswil FLP Bengkulu ini agar barakah dan mendatangkan manfaat bagi semua orang. Khususnya bagi kemajuan dunia literasi dan dunia kepenulisan.

Saya tunggu ya, kedatangan teman-teman semua di sana ya. Buruan daftar agar tidak ketinggalan.

Kamis, 22 Maret 2018

/ /
Sekolah Sawit Lestari Dari RGE Memperkenalkan Pengelolaan Kelapa Sawit
Mildaini.com_Sekolah Sawit Lestari Dari RGE Memperkenalkan Pengelolaan Kelapa Sawit. Indonesia saat ini memiliki status ganda dalam industri kelapa sawit. Negeri kita menjadi eksportir sekaligus konsumen kelapa sawit terbesar di dunia. Oleh karena itu, pengelolaan kelapa sawit yang tepat sangatlah penting. Inilah yang tengah diajarkan oleh Royal Golden Eagle (RGE) dengan program Sekolah Sawit Lestari.

Industri kelapa sawit merupakan salah satu bidang yang digeluti oleh Royal Golden Eagle. Korporasi yang dulu bernama Raja Garuda Mas ini termasuk salah satu perintis bisnis tersebut di negeri kita. Pendirinya, Sukanto Tanoto, yang memulainya sesudah berkunjung ke Malaysia beberapa puluh tahun lalu.


Source RGE
Saat itu, Sukanto Tanoto melihat industri dan perkebunan kelapa sawit dikembangkan di Malaysia oleh sejumlah perusahaan asal Inggris. Sukanto Tanoto lantas berpikir bahwa hal serupa dapat dilakukan di Indonesia. Pasalnya, kondisi alam dan iklim negeri kita sama dengan Malaysia.

Namun, Indonesia malah memiliki keuntungan tersendiri. Pangsa pasarnya lebih besar karena jumlah penduduknya jauh lebih banyak dibanding Malaysia. Inilah yang kemudian membuat RGE menerjuni bisnis kelapa sawit.

Pilihan tersebut akhirnya terbukti tepat. Royal Golden Eagle berkembang menjadi salah satu pemain besar dalam industri crude palm oil. Mereka akhirnya turut berkontribusi besar dalam memajukan bangsa. Lihat saja  jumlah devisa yang disumbangkan oleh bisnis kelapa sawit. Menurut data dari Kementerian Pertanian, pada 2014, Ekspor produk kelapa sawit menghasilkan devisa sebesar 19,56 miliar Amerika Serikat atau setara Rp250 triliun.

"Produksi minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) pada 2014 sebesar 29,34 juta ton. Adapun kebutuhan minyak nabati dunia saat ini lebih dari 50 persen bersumber dari minyak kelapa sawit," kata staf ahli bidang Lingkungan Pertanian Kementerian Pertanian, Mukti Sardjono, di Berita Satu.

Fakta ini memperlihatkan industri kelapa sawit tidak bisa dianggap remeh. Alhasil, pendidikan tentang pengelolaannya secara profesional sangatlah penting supaya proses produksi membuahkan hasil maksimal.

Hal ini mulanya dipikirkan oleh Alfakihi. Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Atas 11 Batanghari ini mulanya merasa risau dengan keadaan para siswanya. Sebagian besar dari mereka adalah anak-anak petani kelapa sawit, namun, para siswa tersebut tidak tahu cara pengelolaan perkebunannya dengan profesional. Cara-cara lama dan tradisional masih mereka lakukan.

Akibatnya sungguh buruk. Hasil perkebunan kelapa sawit tidak maksimal. Ini jelas menyedihkan. Apalagi, para siswa tersebut banyak yang akan meneruskan jejak orang tuanya sebagai petani kelapa sawit.

Alfakihi yang gusar akhirnya memberanikan diri untuk mengajak bekerja sama dengan sejumlah perusahaan kelapa sawit di sekitar areanya di Batanghari, Jambi. Ia mencetuskan ide untuk membuat pelajaran khusus tentang perkebunan kelapa sawit yang modern dan profesional.

Beruntung, ide Alfakihi mendapat sambutan baik dari sebuah anak perusahaan Royal Golden Eagle. Usulannya direspons positif oleh PT Inti Indosawit Subur yang merupakan bagian dari Asian Agri Group.

“Beberapa bulan lalu, kami mendapat ide untuk menjalin kerja sama dengan pelaku industri kelapa sawit untuk membuat Sekolah Sawit Lestari,” kata Alfakihi.

Akhirnya Sekolah Sawit Lestari diluncurkan oleh RGE sebagai muatan lokal di sejumlah sekolah di Provinsi Jambi. Kegiatan dimulai secara simbolis di SMA Negeri 11, Desa Terusan, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batanghari, Jambi, pada November 2016.

Sekolah Sawit Lestari diposisikan untuk mendukung proses belajar-mengajar di tingkat SD, SMP dan SMA, yang dihimpun dalam muatan lokal tentang pemanfaatan lahan sekolah. Tujuannya supaya menghasilkan manfaat bagi warga sekolah serta lingkungan sekolah. Proses pembelajaran dilakukan di sekolah yang memiliki lahan yang dapat dipergunakan.

PRAKTIK LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN

Source Kompas

Sekolah Sawit Lestari juga memiliki dua program utama yang saling berhubungan. Bersama dengan para pengajar yang kompeten, Royal Golden Eagle merancang pelajaran supaya para siswa memahami perkebunan secara teoritis dan praktik. Mereka tak hanya mendapat masukan berdasarkan kondisi yang terjadi di daerahnya, namun juga memperoleh ilmu dari para profesional dari RGE.

Pelajaran akhirnya dilakukan setiap Sabtu selama dua jam. Selama mengikuti pelajaran, para siswa tidak hanya berada di dalam kelas untuk mendengarkan teori. Mereka juga diajak terjun langsung ke perkebunan milik RGE maupun pabriknya untuk melihat praktik yang tepat dan pengolahan yang baik.

Bersamaan dengan itu, grup yang dulu bernama Raja Garuda Mas ini menyisipkan materi lain dalam Sekolah Sawit Lestari. Mereka mengajari para siswa tentang kesadaran untuk menjaga lingkungan. Diharapkan para siswa akan terpanggil untuk merawat alam di sekitarnya dengan baik.

RGE mau menggelar Sekolah Sawit Lestari karena selaras dengan prinsip kerja perusahaan. Semua anak usaha Royal Golden Eagle memang diwajibkan untuk mampu memberi manfaat kepada pihak lain, khususnya masyarakat di sekitar perusahaan. Sekolah Sawit Lestari memenuhi kriteria tersebut.

Head CSR & Sustainability Asian Agri, Welly Pardede menjelaskan, selain berupa pelajaran, Sekolah Sawit Lestari termasuk bagian dari pemberdayaan masyarakat. "Program ini merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility perusahaan di bidang pendidikan dan bidang perekonomian. Ke depannya program Sekolah Sawit Lestari ini diharapkan dapat menopang kemandirian sekolah dari sisi finansial," tutur Welly di Berita Satu.

Materi dalam Sekolah Sawit Lestari memang didominasi oleh praktik langsung. Para siswa diajak berkebun secara langsung di sekolah. Nanti hasilnya dapat dimanfaatkan sekolah untuk keperluan apa pun.

RGE turut memberi kontribusi lain berupa pemberian bibit kelapa sawit. Mereka pun menerima hasil perkebunan sekolah untuk dijual ke tempat mereka.

Berkat kerja sama semacam ini, banyak sekolah di Provinsi Riau, Jambi, dan Sumatera Utara yang tertarik untuk mengikuti Sekolah Sawit Lestari. "Kami sangat berterima kasih atas kepedulian perusahaan. Sebab, dengan adanya Sekolah Sawit Lestari ini, aktivitas siswa di sekolah sangat terdukung," ujar Alfakihi.

Menurut Alfakihi, dengan adanya pengajaran teknis budidaya berkebun kelapa sawit, pengetahuan siswa akan meningkat. Hal ini memang sangat dibutuhkan karena pada umumnya para siswa adalah anak dari petani sawit.

Kebetulan, program ini juga merupakan kegiatan jangka panjang dari RGE. Selama berlangsungnya Sekolah Sawit Lestari, grup yang dulu bernama Raja Garuda Mas ini akan mendampingi pihak sekolah dan bersama-sama menyusun materi pembelajaran tentang sawit berkelanjutan. Di dalam kegiatan tersebut termasuk praktik langsung berupa kunjungan lapangan, diskusi interaktif, serta pemantauan berkala tanaman sawit yang ditanam warga sekolah.

“Pendampingan dan belajar langsung di lokasi penanaman kelapa sawit akan mempermudah murid memahami  praktik terbaik pengelolaan kelapa sawit dan memperkuat kesadaran menjaga kelestarian lingkungan mulai dari tingkat sekolah," ucap Alfakihi.

Pemerintah daerah Batanghari sangat mengapresiasi Sekolah Sawit Lestari yang digulirkan oleh RGE. Asisten 3 Pemerintah Kabupaten Batanghari, Rizal, menilai kegiatan ini merupakan terobosan penting. Ia berharap banyak perusahaan lain yang mau membuat kegiatan serupa mengikuti jejak Royal Golden Eagle dalam mendorong kemandirian masyarakat.

Selasa, 20 Maret 2018

/ /
Tips Agar Sofa Bed Kamu Awet Saat Di Gunakan Oleh Anak-anak
Assalammualaikum Wr.Wb

Mildaini.com_Tips Agar Sofa Bed Kamu Awet Saat Di Gunakan Oleh Anak-anak. Sofa Bed karakter memang sangat cocok untuk anak-anak dengan bentuk dan gambar yang lucu dan disukai anak, belum lagi sangat nyaman ketika di gunakan. Namun ada satu hal yang sering di khawatirkan para orang tua yaitu perilaku anak anak yang dapat merusak atau membuat Sofa Bed menjadi tidak awet atau mudah rusak, hal tersebut memang wajar karena anak-anak masih polos dan perlu bimbingan orang tua.


Sofa bed sekarnag sudah menjadi tren untuk foto booth di acara pernikahan
Tapi alangkah baiknya untuk memberikan pemahaman pada anak sejak dini dalam dan mengajari anak tentang menghargai barang-barang di sekitarnya, jadi kamu dapat membimbing anak-anak untuk merawat Sofa bed agar awet dan tahan lama.

Berikut ini adalah tips agar Sofa Bed kamu awet dan nyaman saat di gunakan anak-anak, sekaligus dapat membimbing anak agar dapat pemahaman sejak dini tentang merawat barang-barang di sekitarnya.

Hindari Mengonsumsi Makanan Di Atas Sofa bed

Biasanya anak-anak sering makan makanan yang memiliki dapat menimbulkan noda pada sekitar, seperti es krim, coklat dan lainya. Kamu dapat memberitahu anak kamu agar tidak makan di atas Sofa Bed, agar Sofa Bed tetap bersih dan terhindar dari noda. Berilah anak pemahaman dengan baik dan benar, dengan begitu anak akan mengerti dengan sendirinya.

Sofabed bahan karet lebih aman dan mudah dibersihkan
Hindari Aktivitas Berlebihan Di Atas Sofa Bed

Namanya anak-anak pasti mereka akan selalu bermain dan bergembira, namun biasanya merekan sering melakukan loncatan di atas Sofa Bed. Hal tersebut harus kamu hindari agar Sofa Bed kamu tidak mudah rusak, kamu dapat memberi pemahaman pada anak agar tidak melakukan hal tersebut agar Sofa Bed tidak cepat rusak dan awet.

Hindari Aksi Dari Anak Yang Suka Mencoret-coret

Memang wajar jika kamu mempunyai anak yang hobi mencoret-coret apa pun yang ada di sekitarnya, biasanya tembok yang selalu menjadi korban. Namun untuk menghindari Sofa Bed kotor karena noda alat tulis, sebaiknya kamu tidak menyimpan alat tulis yang dapat di jangkau oleh anak-anak agar Sofa Bed kamu aman dan tidak ternoda.

Hindari Bermain Lilin Mainan Atau Slime Di Atas Sofa Bed

Anak-anak memang sudah kreatif sejak dini, mereka yang suka bermain dengan lilin mainan dan slime memang memiliki kecerdasan yang perlu kamu perhatikan. Namun jika bisa hindari anak-anak melakukan aktivitas tersebut di atas Sofa Bed karena dapat mengotori Sofa Bed dan sangat sulit di bersihkan. Karena jika lilin mainan atau slime tersebut menempel pada permukaan Sofa Bed, kamu perlu cairan khusus untuk membersihkannya karena karakteristik dari mainan tersebut yang lengket dan berminyak.

Hindari Sofa Bed Dari Sampah Permen Karet
 
Jika kamu mempunyai anak-anak yang hobi mengonsumsi permen karet, kamu harus lebih memperhatikan dan memberikan pengarahan pada anak tersebut agar membuang sampah permen karet pada tempatnya karena jika sampai menempel di pemukaan Sofa Bed, akan sulit dalam membersihkannya. Permen akan menempel dan susah di bersihkan, karena permen memiliki tekstur yang lengket dan sulit di bersihkan jadi lebih baik beri anak pemahaman agar sampah permen karet di buang ke tempat sampah.

Saya suka sofabed besar dan empuk
Itulah beberapa tips agar Sofa Bed kamu tidak mudah rusak, kotor dan akan tahan lama, karena jika anak di berikan pemahaman dan bimbingan yang baik dan benar anak akan mengerti dan menurut. Jadi Sofa Bed yang kamu miliki dapat di gunakan anak-anak dengan waktu yang lama, dan jika Sofa Bed tersebut terawat anak-anak akan nyaman menggunakannya.

Minggu, 18 Maret 2018

/ /
 Ayam Upin SO GOOD Sohun
Assalammualaikum Wr. Wb

Mildaini.com_Mengolah Produk So Good Menjadi Menu Seimbang Untuk Anak-anak. Saya memiliki tiga orang anak. Semuanya sangat suka makan, apalagi makanan berkuah. Mereka bertiga sangat suka makan Tekwan atau Model, Maklum suami saya keturunan Palembang. Jadi suka sekali makan itu, termasuk aneka Pindang. Cuma kalo Pindang ada rasa pedasnya, anak-anak kadang nggak bisa makan. 
 
Kadang bosan juga masak menu itu setiap hari, kalo yang makan sih nggak bosan. Mereka suka sekali kalo saya bikin menu itu, bisa nambah berkali-kali.

Kadang demi anak makan saya rela bernyanyi dan berjoget
Padahal seharusnya anak-anak yang dalam masa pertumbuhan piring makannya harus berisi gizi seimbang yang siap disantap. Supaya bisa tumbuh sehat dan kuat serta cerdas. Saya sering kali mencari cara, atau membuat menu baru yang mirip dengan menu kesukaan mereka. Namun gizinya seimbang dan bisa dikonsumsi anak-anak.

Kali ini saya akan mencoba membuat kreasi masakan untuk Athifah dan Annasya, menu kesukaan mereka dengan bahan baku produk SO GOOD , dan juga ada sayuran serta buah sehingga piring gizi seimbang mereka terpenuhi.

Namun, sebelum saya bercerita mengenai resep dan cara membuatnya. Sebaiknya kita pahami dulu ya mengenai konsep dan pedoman gizi seimbang khususnya bagi anak-anak itu seperti apa. Supaya kita termotivasi untuk membuat aneka kreasi menu untuk anak. Agar gizi seimbang anak-anak kita bisa terpenuhi dengan baik.

Bisa dengan menggunakan aneka bahan-bahan dari produk So Good yang murah dan mudah dibeli dimana saja.

Prinsip Gizi Seimbang Bagi Anak-anak

Piring gizi seimbang So Good
 
Secara umum, prinsip gizi seimbang pada anak-anak, sama dengan orang dewasa, hanya jumlah atau takarannya yang berbeda, sesuai dengan usia anak.

1.    Biasakan Mengonsumsi Makanan yang Beraneka Ragam
2.    Berat Badan Ideal Anak
3.    Mengatur Porsi Makan
4.    Menjaga Keamanan Makanan
5.    Makan dengan Cara yang Tepat dan Sehat

Penjelasan untuk prinsip-prinsip gizi seimbang itu, bisa saya jabarkan secara sederhana begini.

1.Biasakan Mengonsumsi Makanan yang Beraneka Ragam

Saya menyadari soal makanan,  yang diperlukan bukan hanya menambah jumlah asupan tetapi juga ragam dan kualitas makanannya harus lebih beragam dan sehat. Jika saya fokus dengan  menambah jumlah porsi makanan dan bukan kualitas gizi, yang terjadi adalah hanya berat badan anak saja yang bertambah. 

Di dunia ini, tidak ada satu pun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi dan zat kesehatan yang dibutuhkan oleh badan, kecuali ASI. Oleh karena itu, saya selalu memberikan  ASI secara ekslusif kepada semua anak saya selama enam bulan pertama. 

Membiasakan anak mengonsumsi berbagai jenis makanan adalah suatu kebiasaan yang baik karena jumlah dan jenis zat gizi yang terkandung di dalam setiap jenis makanan berbeda-beda. 

Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan, kekurangan zat dari satu makanan dapat dipenuhi oleh makanan yang lainnya. Masalahnya anak-anak kadang hanya suka jenis makanan tertentu, seperti Athifah dan Annasya.

Golongan Zat Makanan yang dibutuhkan Oleh Anak

Pada dasarnya, zat makanan dapat digolongkan menjadi tiga bagian. 

Pertama sebagai zat tenaga.
Kedua yaitu zat pembangun
Ketiga yaitu zat pengatur tubuh


Zat Tenaga

Tubuh memerlukan tenaga untuk bergerak dan bekerja. Tenaga diperoleh dari hasil pembakaran zat makanan di dalam tubuh. Panas inilah yang diubah oleh tubuh menjadi tenaga yang dapat digunakan untuk bekerja dan bergerak. 

Zat tenaga terdiri dari karbohidrat dan lemak.  

Karbohidrat dalam makanan dapat diklasifikasikan menjadi:

1).Gula tunggal (monosakarida). Gula tunggal glukosa dan fruktosa terdapat di dalam buah-buahan, sayuran, dan madu.
2). Gula ganda (disakarida). Gula ganda contohnya sukrosa, maltose, dan laktosa (karbohidrat yang terdapat dalam susu). Sukrosa terdapat di dalam tebu, bit, nira, sayuran, dan buah-buahan.
3). Karbohidrat kompleks (Polisakarida). Karbohidrat komplek terdiri dari pati, desktrin, dan serat makanan. Pati terdapat dalam serealia, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan sebagian dalam buah-buahan yang belum matang. 

Zat Lemak, Lemak dalam makanan terkandung dalam minyak goreng, mentega, margarin, lemak pada daging, lemak dalam buah alpukat, durian, es krim, dan lain sebagainya. Lemak memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan hidrat arang. Lemak adalah sumber energi yang efisien dan berfungsi menjaga kebugaran. Selain bermanfaat sebagai bantalan organ-organ vital, lemak di bawah kulit berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh normal. Lemak merupakan nutrisi essensial untuk fungsi otak dan merupakan komposisi utama otak, yakni 100 mg/g berat otak. Selain sumber tenaga, lemak juga berguna untuk melarutkan vitamin A, D, E, K sehingga dapat diserap oleh dinding usus. 


Zat Pembangun. 

Yang paling banyak memerlukan zat pembangun tubuh adalah anak-anak pada masa pertumbuhan. Zat pembangun terdiri dari protein, mineral, dan air.

Zat pengatur tubuh 


Terdiri dari mineral, air, dan vitamin.  Vitamin dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, K) dan vitamin yang tidak larut di dalam lemak (vitamin B dan C )

2. Berat Badan Ideal 

Definisi berat badan ialah hasil olahan dari jenis makanan yang kita makan yang dikombinasi dengan berbagai kegiatan yang kita lakukan. Jika anak sering mengonsumsi makanan enak berupa karbohidrat dalam jumlah minim dengan banyak daging, lemak, dan makanan manis, namun tidak mengimbanginya dengan olahraga, kalori yang berlebih tersebut akan berubah menjadi lemak tubuh. Efek jangka panjangnya, anak akan mengalami kegemukan.

Tapi kalo anak sangat aktif bergerak, bermain  namun asupan makanan kurang, anak  akan mengalami defisit kalori. Tubuhnya perlahan-lahan akan semakin kurus. 

Oleh karena itu sebaiknya kita juga menimbang berat badan anak secara rutin, bukan hanya Emaknya saja yang terus mengontrol berat badan. 

Ketiga anak saya, BB normal, cuma Maknya kudu inovasi supaya doyan makan

3. Mengatur Porsi Makan

Porsi makanan yang seimbang, secara teori bisa dihitung dari jumlah kalori, protein, dan zat gizi lainnya yang dibutuhkan oleh manusia berdasarkan kategori usia, kondisi, atau aktivitasnya. Semakin aktif bergerak maka kalori yang dibutuhkan akan semakin banyak. Misalnya saja, untuk balita yang aktivitasnya masih terbatas membutuhkan 1.400 kilo kalori, anak-anak yang banyak bergerak membutuhkan 1.400⎯1.800 kilo kalori, dan orang dewasa  2.400–3.000 kilo kalori

Cek sudah seimbang apa belum. khususnya anak kita

4. Menjaga Keamanan Makanan

Prinsip keempat adalah menjaga keamanan makanan. Umumnya makanan matang, harus dimasak dengan suhu yang cukup tinggi agar kumannya mati. Makanan juga harus dijaga, ditutup, dan disimpan di dalam lemari pendingin. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil tidak boleh mengandung zat kimia tambahan, pengawet, maupun penambah rasa.

5. Makan dengan Cara yang Tepat dan Sehat

Sebagai orang tua, kita  harus memiliki keinginan yang kuat untuk mengajarkan dan mengajak anak mengonsumsi makanan yang sehat serta memiliki kebiasaan yang baik dan benar saat makan. 

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menentukan pola makan sehat. 1)  Hindari selalu  mengkonsumsi makanan cepat saji hanya karena tidak ada pilihan makanan yang lain. 2) Siapkan camilan dan minuman sehat yang mudah diolah, misalnya buah potong, smoothies, serealia, dan susu. 3) Hindari menyimpan  makanan junk food di kulkas.

Wuih, ternyata banyak juga yang harus kita perhatikan dan prioritaskan dalam memenuhi gizi seimbang untuk anak. Anak-anak harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan secara seimbang unuk meningkatkan  fungsi kognitif  anak 

Saatnya sekarang saya berbagi kreasi menu makanan untuk Athifah dan Annasya. 

Sebelumnya kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya

Cobain Menu Ayam Upin So Good Upin Sohun 



Bahan-bahan

Produk SO GOOD , dalam hal ini saya menggunakan So Good Chicken Wings Siap masak. Athifah dan Annasya sangat suka makan paha ayam, Athifah menyebutnya Ayam Upin. 

Nah, kalo ini Athifah menyebutnya So Good Upin, hahaha!

Buah Bengkuang
Wortel
Mie Sohun
Kol
Daun Bawang
Bumbu-bumbu seperti garam.



Cara mengolah bahan-bahan

1.    Cuci bersih semua bahan , lalu tiriskan sampai airnya kering. Kecuali produk So Good, dan Souhn.
2.    Untuk Sohun, masukan ke dalam sebuah wadah, lalu rendam dengan air masak. Sebaiknya tidak menggunakan air panas. Tapi air hangat saja, air dingin juga bisa.
3.    Iris Wortel dan Kol dengan ukuran kecil supaya mudah dimakan anak. Kalo Annasya suka tampilan Wortel yang dipotong bulat tapi tipis.
4.    Iris atau potong Bengkuang dengan ukuran panjang tetapi agak besar, sebab anak-anak saya suka pegang Bengkuang dengan tangan kalo lagi makan.
5.    Iris tipis daun bawang
6.    Goreng Chicken Wings dari So Good.
7.    Siapkan garam jika butuh


 Cara Memasak

1.    Masak air dalam sebuah wadah, lalu masukan Wortel, irisan sayur Kol
2.    Setelah mendidih, lalu masukan irisan daun bawang, anak-anak saya lebih suka daun bawang yang dimasak, ketimbang ditabur di atas kuah.
3.    Masukan  Chicken Wings So Good yang sudah digoreng. Lalu setelah semua lembut atau matang baru masukan irisan Bengkuang, tunggu sebentar, lalu diangkat.
4.    Saat akan disajikan, berikan tambahan Sohun, sebaiknya dalam kondisi hangat.
Bumbu memang tidak saya tumis lagi sebab sudah di goreng.  


Cobain deh, asli pas masak ini, bau wanginya memanggil buat segera dihabiskan...

Gimana, mudah sekali bukan membuatnya. Menu ini sering sekali saya buat selain Tekwan tadi, hihihi. Yang penting ada asupan buah, sayur dan protein serta karbohidrat untuk anak setiap hari di dalam piring makannya.

Tapi perlu juga disiapkan juga nasi saat hendak makan. Kadang anak-anak saya mau juga makannya pakai nasi.

Kalo orang Palembang udah makan Tekwan, tahan ga makan nasi atau yang lainnya sebab udah berasa kenyang, sama halnya dengan Athifah dan Annasya.

Pokoknya demi anak makan, Emak harus banyak inovasi. Kayak resep ini, modifikasi dari Tekwan :)


Sekilas tentang Produk So Good

Menu yang saya buat ini selaras dengan ajuran dari So Good tentang Piring Gizi Seimbang. Yang juga sejalan dengan program Departemen Kesehatan RI yang  menganjurkan agar seseorang perlu mengonsumsi aneka ragam makanan. Seperti berikut ini

1. Satu jenis atau lebih karbohidrat 35% misalnya beras, jagung, gandum, ubi kayu, kentang, sagu, dan sebagainya.
2. Satu jenis atau lebih Protein 15% misalnya kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dan sebagainya.
3. Satu jenis atau lebih makanan kelompok buah-buahan 15% + sayuran 35% sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya buah pisang, apel, pepaya, jeruk, dan sebagainya. sayuran wortel, bayam, kangkung, dan sebagainya.

Untuk pilihan produk So Good sangat banyak dan beragam. Kalo bingung mau masak apa, mampir aja ke website-nya, ada banyak informasi mengenai menu masakan yang bisa kita coba untuk anak-anak. Ada yang siap olah, siap  masak dan siap santap. Harganya juga terjangkau.



Menu Ayam Upin So Good  Sohun ini sudah mewakili rincian konsumsi aneka ragam makanan. 

Dengan adanya produk So Good ini seharusnya nggak membuat para Ibu mati gaya dalam usaha memenuhi nutrisi anak sehari-hari. Tinggal berkreasi saja, kreasi gagal juga ga papa, hahaha. 

Saya juga mengandalkan So Good untuk gizi anak sejak dulu
Semoga ulasan ini bermanfaat ya, kalo udah dicobain, upload fotonya ke media sosial ya dan mention saya. Salam.

Referensi
Buku Pintar Nutrisi Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah Karya Milda Ini, Penerbit BIP
Diberdayakan oleh Blogger.