Menu

Senin, 31 Oktober 2016

/ /
Tips Desain Rumah Minimalis Bergaya Bohemian



 Assalammu'alaikum Wr. Wb

Saya selalu terpesona kalau melihat rumah minimalis, melihatnya mata jadi berkedip-kedip seolah melihat duit. Rumah minimalis sangat sesuai dengan selera saya yang tidak suka rumah besar dan tidak terlalu banyak ruang kosong.  Sekarang rumah minimalis itu  banyak sekali model dan desainnya. Kali ini saya ingin berbagi tips seputar mendesain rumah minimalis bergaya bohemian. Yuk, ikuti sampai selesai ulasannya.  
 
Rumah minimalis merupakan pilihan terbaik jika kita tinggal di area padat penduduk. Konsep ini menekankan pada efisiensi lahan dan setiap elemennya dibuat sefungsional mungkin. Desain rumah minimalis sangat identik dengan style modern dengan furnitur-furnitur multiguna. Terdapat satu style yang sangat cocok dengan konsep minimalis yaitu bohemian. 

Bohemian itu adalah gaya anti-mainstream, dan sering menggunakan berbagai macam warna, pola dan tekstur. Style bohemian ini sangat cocok bagi mereka yang berjiwa muda dan penuh semangat.

Pasti teman-teman sering melihat desain rumah seperti yang saya sebutkan itu. Rumahnya penuh warna, banyak warna dimana-mana. Bahkan dalam satu ruangan, tiap sisi dinding memiliki warna yang berbeda. Belum lagi pola warnanya, aksesories yang digunakan juga unik bahkan aneh. Yup, itulah yang disebut dengan gaya bohemian.

Gambar Pixabay
Namun, bukan artinya kita bisa semaunya memadukan atau memberikan warna berbeda pada setiap ruangan atau dinding yang kita inginkan. Bisa jadi nanti hasilnya tidak seperti yang kita inginkan. Harus ada konsepnya juga. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat desain rumah dengan gaya bohemian ini.

Saya ingin berbagi dengan teman-teman mengenai hal ini, supaya konsep rumah desain minimalis dengan gaya bohemian benar-benar bisa kita wujudkan dan hasilnya sesuai dengan yang ingin kita harapkan. Supaya jadi betah dan nyaman di rumah, seolah sedang berada di surga dunia. Keinginan menjadikan rumahku surgaku pun bisa terwujud. 

Tips Desain Rumah Minimalis Style Bohemian

Oh, ya untuk merealisasikan desain rumah minimalis bergaya bohemian ini tidak susah dan tidak mahal kok. Yang paling penting kita sudah punya konsep dan berbagai ide mengenai style bohemian ini. boleh juga menggunakan imajinasi loh. Untuk memudahkan , berikut beberapa tips desain rumah bergaya bohemian.
1.     Dinding Rumah
Konsep bohemian merupakan konsep antikemapanan, dan hal tersebut termasuk dalam pewarnaan pada dinding rumah. Nah, kalo biasanya kita selalu  mewarnai dinding dengan warna tunggal, seperti putih atau hijau, namun dalam style bohemian ini, kombinasikan beberapa warna pada dinding. Jadi polanya seperti pelangi, terdapat banyak lapisan warna, sehingga dinding rumah mirip permen lolipop.Boleh juga dikombinasikan sesuai dengan selera kita, termasuk bentuk dan motifnya. 
 
Gambar Pixabay


2.     Gunakan Aksen Warna-warni pada Tempat Tidur
Untuk tempat tidur, kita masih bisa menerapkan konsep pelangi, namun bedakan polanya dengan dinding. Untuk bantal, kita bisa menerapkan warna tunggal atau campuran, namun pastikan jangan terlalu mencolok dengan warna sekitar. 
 
Gambar Pixabay

3.     Gunakan Kanopi
Elemen lainnya yang bisa kita masukan adalah kanopi. Penggunaan kanopi memang sangat identik dengan style bohemian. Biasanya kanopi ditempatkan di luar ruangan, namun dalam bohemian style, kanopi bisa ditempatkan di dalam ruangan. kita bisa menggantungkan berbagai aksesoris yang menjuntai kebawah. Dengan cara seperti ini, ruangan terlihat lebih artistik dan sangat nyaman untuk ditempati.
Gambar Pixabay

4.     Jangan Lupa Aksesoris
Agar lebih maksimal, pastikan kita menempatkan berbagai aksesoris bergaya bohemian. Karena konsepnya antimainstream, kita bisa membeli berbagai aksesoris bergaya bohemian di pasar loak atau melalui situs online. Banyak kok yang menjual aksesories rumah, kita bisa membeli sesuai dengan selera. Biasanya aksesories rumah bohemian itu unik-unik loh dan jarang kita lihat. Bahkan ada teman saya yang memesan secara pribadi aksesoriesnya. Jadi tidak pasaran. Ada juga yang memanfaatkan barang bekas, memadukannya atau daur ulang. Jadi emang unik banget.

Gambar Pixabay
Nah itulah beberapa tips desain rumah minimalis bergaya bohemian, bagaimana sangat menarik bukan?

Hayuk, teman-teman kita bermain dengan warna ya. Rumah dengan konsep bohemian ini juga sangat cocok bagi orang-orang yang suka atau berlabel antimainstream, semua ide gilanya. Bisa diwujudkan di rumahnya :D

Salam, selamat mendesain rumah ya.  

Minggu, 30 Oktober 2016

/ /
5 Tambahan Naskah Cerpen Mahasiswa yang akan dibukukan Bersama Kantor Bahasa Bengkulu



Assalammualaikum Wr. Wb

Hari ini saya akan mengumumkan naskah cerpen tambahan yang lolos dibukukan bersama kantor Bahasa Bengkulu. Alasan penambahan naskah ini sudah melalui pertimbangan dan pemikiran yang matang. Akhirnya panitia menambah jumlah judul sekaligus penulis yang akan dicantumkan di dalam buku antologi tersebut. 

Dari yang semula hanya 20 judul atau 20 penulis, maka hari ini akan ditambah menjadi 5 orang/ judul/ penulis. Sehingga semuanya akan berjumlah 25 judul dan ada 25 nama penulis yang tercantum di bukunya. 

Selamat , saya ucapkan kepada kalian yang judul cerpennya tercantum di bawah ini, semoga ini menjadi awal yang indah untuk kalian memacu diri untuk semakin menyukai dunia menulis dan menghasilkan karya yang bagus , yang bermanfaat bagi orang lain.

Baiklah, udah enggak sabaran lagi ya, mau tahu siapa aja yang lolos. Eh, judul cerpen mana aja yang lolos.

Sebelumnya baca dulu ya yang 20 naskah cerpen yang sudah lolos sebelumnya  di sini

5 judul naskah tambahan tersebut adalah

1. Atas Nama Embun

2. Pluto

3. Hujan

4. Puing-puing Hijrah

5. Bidadari Kecil Untuk Raja

Sekali lagi saya ucapakan selamat ya. Kalian emang hebat!

Mohon ijin jika naskah kalian nanti akan melalui proses editing dan revisi. Demi kebaikan buku antologinya ya

Mohon do'anya agar semua proses penerbitannya berjalan lancar, aman dan sukses ya. Aamiin

Salam


Selasa, 25 Oktober 2016

/ /
20 Naskah Cerpen Mahasiswa Yang Lolos Dibukukan Oleh Kantor Bahasa Bengkulu


Assalammualaikum. Wr. Wb

Teman-teman peserta bengkel sastra cerpen bagi mahasiswa. Bagaimana kabarnya hari ini? tetap semangat ya. Pastinya begitu ya. Setelah melakukan pengecekan dan membaca berulang-ulang. Akhirnya kami memilih 20 naskah yang akan dibukukan bersama kantor Bahasa Bengkulu. Untuk saat ini naskah yang dipilih hanya 20 judul dari 20 penulis. Jika ada penambahan, dan naskah kalian lolos. Maka akan dihubungi ya.

Bagi yang belum melihat update naskah pada tahap kedua bisa dibaca di sini

Kalau kemarin, kami membuat daftar update naskah dengan menggunakan nama, maka kali ini kami akan mencantumkan judul dari naskah kalian ya. Biar lebih seru dan penasaran. Silakan cek dengan baik, apakah itu judul naskah kalian atau bukan.

Daftar judul naskah yang dibuat ini, tidak berdasarkan urutan bagus atau baiknya naskah cerpen kalian. Ini hanya untuk memudahkan membuat daftar saja. Jadi jika judul naskah kalian terdapat pada urutan terakhir bukan artinya cerpen kalian yang paling jelek dan sebaliknya.
 

1. H

2. Emak Ingin Aku Sarjana

3.  Retrouvailles

4. Perjalanan Waktu

5.  Kagebunsen

6. Namaku Rindu

7. Sepotong Bibir Mungil

8. Selamat Tinggal Sahabatku

9.  Besurek

10. Putra di Sore hari

12. Karmin

13. Serpihan Cahaya di Ujung Kegelapan

14. Lima Bintang Kejora

15. Hanya Langit Tak Berdarah

16. Tidak Kukira

17. Superhero Niko

18. Pacarku Ada Lima

19. Bungaku yang Hilang 

20. Nyonya Besar Tumbang


1    Bagaimana? adakah naskah kalian di sana? jika belum ada maka jangan berkecil hati. Pada dasarnya tidak  ada tulisan yang jelek tetapi hanya belum sesuai konteks dan tempatnya. Istilah kata belum ketemu jodohnya.

    Tak usah kuatir, teruslah menulis dan nanti yakinlah naskahmu akan bertemu dengan jodohnya untuk diterbitkan. Bisa juga dengan dipublish di blogmu ya. Biar orang lain bisa membaca ide dan gagasanmu. Jadi tetaplah bersemangat.

      Bagi naskah yang lolos, kami minta ijin ya jika ada proses editing dan revisi. Semoga dengan proses itu akan lebih membuat naskah kalian menjadi lebih baik dan pantas. 


      Oh, ya menurut kalian dari 20 judul di atas, manakah yang paling menarik.
   
     Akhir kata saya ucapkan selamat dan tunggu info selanjutnya ya. Siapa tahu naskahnya akan ditambah dan itu adalah naskah kamu.

S    Salam






/ /
Beli Atasan Hitam  di Toko Online Blibli Saja, Pilihannya Banyak
Assalammu'alaikum Wr.Wb

Salah satu model pakaian muslim yang paling digemari oleh sebagian besar muslimah adalah menggunakan atasan. Model baju atasan ini sering dipakai dengan memadukan aneka atasan dengan celana atau rok. Setiap hari selalu keluar model atau trend baju atasan terbaru. Namun kita perlu memilih dengan cermat dan sesuai kebutuhan. Memilih atasan ada beberapa perimbangan, hal ini dapat kita gunakan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Baju yang nyaman akan membuat kita semakin percaya diri dan memudahkan berbagai aktivitas kita sehari-hari.

Beberapa alasan atau pertimbangan saya menggunakan baju atasan pada saat masa menyusui adalah

1. Berkancing depan. Kancingnya bisa dengan menggunakan kancing atau resleting. Saya menyukai keduanya. Tapi kebanyakan baju atasan saya menggunakan kancing.

2. Bahan bajunya agak tebal. Hal ini karena saat masa menyusui, ASI saya  merembes keluar, apalagi kalau sedang berpergian dan belum menyusui. Bahan baju yang agak tebal dapat membantu menyerap air.

3. Baju dengan sedikit aksesories. Saat menyusui terkadang Baby Nasya suka sekali bermain-main atau memegang baju atau jilbab saya. Adanya aksesories yang mencolok akan membuat baby Nasya tertarik untuk bermain, memegangnya. Terkadang ditarik-tarik karena Nasya penasaran ingin memegangnya.

4.Lengan baju yang lebar. Lengan baju yang lebar akan memudahkan untuk mengambil air wudhu. Saat membasuh kedua tangan. Saya pernah waktu itu menggunakan pakaian yang lengan bajunya kecil, jadi saya kesulitan saat hendak berwudhu. Lengan bajunya tak bisa dilipat ke atas, terpaksa saya buka bajunya, hehehe.

5. Tidak ketat Baju yang ketat atau tidak sesuai dengan ukuran tubuh akan membuat sesak dan tidak nyaman. Apalagi saya juga tidak suka jika lekuk tubuh atau ada bagian tubuh yang terliat menonjol atau bergelambir . Keliatan 'donat' dimana-mana

6. Harga yang terjangkau . Memilih harga baju atasan bagi saya tidak boleh terlalu mahal. Hal ini karena kita masih perlu bawahannya. Misalnya rok atau celana. Sehingga harga yang diharapkan adalah harga yang bisa memenuhi kebutuhan untuk membeli atasan dan bawahannya. Meski di beli secara terpisah.

Nah, saya diberikan beberapa pilihan model baju oleh suami sebagai hadiah karena sudah menyusui baby Annasya selama enam bulan secara full. Kali ini saya ingin membeli baju atasan berwarna hitam atau yang agak gelap. Mumpung Toko Online Blibli sedang ada promo dan keluar model atasan terbarunya. Namun saya masih bingung memilih model yang mana. Bantu saya ya, memilih modelnya.

Berikut ini, aneka fashion atasan yang ingin saya pilih, menurut kalian mana yang cocok dan bagus buat saya. Buat orang seperti saya yang aktif dan bersemangat.


1. Atasan Razeena


2. Atasan Ririn Tunik

3. Atasan Pattern Victory


4. Atasan Tunik Liora
5. Atasan Raindoz Ashalina
6. Atasan Salama



7. Atasan Butterfly


8. Atasan Jfashion
9. Atasan Nahwa





10. Atasan Kaila







Kita bisa memilih model atasan sesuai dengan kebutuhan, model dan harga yang pas di kantong. Pi;ihan tersebut bisa juga disesuaikan dengan aktivitas kita. Apakah acara resmi atau non resmi. Penampilan yang sesuai akan membuat penampilan kita istimewa dan semakin percaya diri.

Terima kasih temna-teman sudah membantu saya untuk memilih, masuka kalian akan menjadi bagian dari pertimbangan dan pilihan bagi saya. Semoga suami saya bisa menyetujui ya kalo saya memilih lebih dari satu. Jadi beli bajunya sekalian dua, sayang juga ongkirnya. Kita paksakan aja pokoknya muat saja satu kilo, hehehe.

Salam, semangat belanja :D

Senin, 24 Oktober 2016

/ /
Update Naskah Bengkel Sastra Cerpen Bagi Mahasiswa Kantor Bahasa Bengkulu

Assalammu'alaikum Wr. Wb

Teman-teman mahasiswa peserta bengkel sastra cerpen yang diselenggarakan oleh kantor Bahasa Bengkulu. Berikut ini naskah yang sudah dibengkel dan masuk tahap kedua.

Silakan cek nama , silakan komen jika ada nama yang salah atau koreksi :D

1. Jerni Rinova Panjaitan

2. Oktarina Widarsih

3. Leni Saputri

4. Rizqa Dwi Shofiya

5. Alif Setiawan

6. Dora Notia

7. Nia Daniaty

8. Dwi Elsa

9. Bela Wilianti

10.Sri Rahayu

11.Valentina Edellwis Edwar

12.Herdiansyah

13.Esi Mayang Sari

14.Riki Aprianto

15.Nengsih Hidayah

16.Reka Amelia

18.Popy Permata Sari

19.Isti Qomala Dewi

20.Hendro

21.Esma Junaini

22.Evi Arjah

23.Ismi Nurhasanah

24.Septiarni Khotijah

25.Nurvianti

26.Dewi Destika

27.Rohmaga Febriansyah

28.Hesti Wulandari

29. Arzizwan

30.. Debi Irawan

31. Gendis Siti Hatmawati

Sudah terlihat sangat jelas, ada beberapa naskah yang lolos pada pandangan pertama yang tidak muncul atau tidak lolos pada saat dibengkel. Itu artinya kalian emang bekerja dan berusaha sekuat tenaga untuk menjadi montir cerpennya. Saya ucapka selamat!

Lalu silakan dicek jika ada salah penulisan nama.

Segera akan diumumkan naskah yang lolos untuk 20 besar dibukukan bersama kantor Bahasa Bengkulu. Pantengin ya, in sya Allah nanti malam saya umumkan.

Terima kasih atas partisipasinya, semoga naskah kalian yang lolos.



Jumat, 21 Oktober 2016

/ /
20 Kesalahan Penulis Pemula Menulis Cerpen


Assalammu'alaikum Wr. Wb

Selama tiga hari, saya akan bersama para mahasiswa di Bengkulu, untuk melakukan kegiatan bengkel sastra. Kali ini bengkel sastra tentang cerpen. Akan ada sekitar 50 peserta yang berasal dari perguruan tinggi yang ada di Bengkulu. Kegiatan ini berlagsung dari tanggal 21- 23 Oktober 2016. Usai ikut Munas Sastrawan Indonesia 2016. Saya langsung bercokol di acara ini. Semoga sehat kuat dan tetap semangat ya.

Peserta memang diseleksi, sejak awal pun mereka disuruh membuat satu tulisan cerpen bebas, sekitar 1000 kata. Namun meski sudah dipersiapkan dari rumah atau jauh hari sebelum acara berlangsung. Masih ada saja yang belum siap atau bisa saya katakan belum tahu bagaimana menulis cerpen.

Berikut ini adalah penilain naskah versi pandangan pertama saya, karena untuk membaca 50 naskah tentu yang paling utama atau yang paling pertama menarik untuk dibaca adalah tampila cerpen yang rapi dan sesuai dengan kaidah penulisan yang baku. Barulah pada paragrap pertama atau halaman depan dan isi secara keseluruhan.

Saya tidak tertarik untuk membaca naskah dengan tampilan seperti ini. Coba perhatikan , apakah kalian juga sama dengan saya atau mungkin berbeda. Tulisan dibuat memanjang ke bawah tanpa ada paragraf dan alinea baru. Saya udah pegal duluan sebelum membacanya. Mata seketika merespon menolak, hehehe.


Lalu bandingkan dengan naskah berikut ini , bagaimana? mata tidak terasa lelah ya dan enak mengalir saja ingin membaca sambil selesai. Meski saya belum bicara soal isi dan tahap selanjutnya ya.


Semua naskah sudah diperiksa dalam pandangan pertama dan membaca cepat. Setidaknya ada 20 kesalahan penulis yang saya temukan dalam menulis cerpen. Ya, kesalahan dalam menulis atau memenuhi ketentuan standar dalam menulis secara umum sesuai dengan aturan yang berlaku bahkan bersifat umum.



Nah, kesalahan-kesalahan tersebut akan kita bahas dan bengkel bersama selama tiga hari. Sehingga di akhir sesi pelatihan sudah didapatkan naskah cerpen yang memenuhi kaidah penulisan yang benar. Sabar ya, akan dibahas satu persatu dan semoga kesalahan tersebut tidak terulang kembali .

Berikut ini adalah nama-nama naskah yang lolos versi pandangan pertama

1. Vike Darliyasi
2. Rizqa Dwi Shofiya MI
3. Alif Setiawan
4. Eet Fitriani
5. Sri Rahayu Putri
6. Adi Idham Siregar
7. Monika Afriyanti
8. Hardiyanti FR
9. Putri Juliastuti
10.Hesti Wulandari
11.Nurul Fitria Juliani
12.Debi Irawan
13.Nia Daniaty
14.Dara Notia
15.Ekong Rezono
16.Bela Wilianti
17.Hendro
18.Gendis Siti Hatmawati
19.Leni Saputri
20.Dwi Elsa
21.Pandu Dian Samaran


Selamat ya, tapi jangan senang dulu karena ini bukan akhir naskah kalian. Semua bisa saja berubah 380 derajat setelah di bengkel. Oleh karena itu tetaplah semangat dan perbaiki naskahmu secara maksimal, supaya lolos untuk dibukukan. 

Saat Pembukaan

Kamis, 20 Oktober 2016

/ /
Munas Sastrawan Indonesia 2016 Pada Hari Pertama

Assalammualaikum Wr. Wb

Bulan Oktober yang lalu  dikenal juga dengan sebutan sebagai bulan Bahasa. Selama tiga hari (18-20 Oktober 2016) saya berkesempatan menghadiri acara yang berkaitan dengan bulan bahasa tersebut. Salah satunya Musyawarah Nasional (MUNAS) Sastrawan Indonesia 2016 di hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Acara Munas ini diikuti oleh hampir sebagian besar sastrawan dari perwakilan daerah yang ada di Indonesia. Ada sekitar 107 orang. Salah satunya saya yang sangat beruntung bisa bertemu, belajar, berdiskusi dan berkumpul dengan berbagai sastrawan Indonesia. Benar-benar sebuah pengalaman yang menyenangkan bisa ikut Munas Sastrawan Indonesia 2016

Acara Munas ini diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan ,Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Latar Belakang acara munas ini adalah peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2016. Tanggal tersebut 88 tahun yang lalu menajdi tonggak penting dalam pergerakan bangsa menuju kemerdekaan. Saat itu pemuda dari berbagai daerah dan kelompok mengakui dan menyepakati gagasan Indonesia sebagai tanah air, kebangsaan dan bahsa persatuan bersama melalui sumpah pemuda. Yang saat ini kita kenal dengan nama Sumpah Pemuda.

Untuk mengenang dan memanifestasikan gerakan dan pemikiran visioner para pemuda tersebut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sejak tahun 1980 telah mengembangkan ikon kegiatan kebahasaan yang berpusat pada setiap bulan Oktober, yaitu Bulan Bahasa. Lalu sejak tahun 1989, terus dikembangkan menjadi Bulan Bahasa dan Sastra. 

Salah satu kegiatan utama dalam Bulan Bahasa dan Sastra 2016 adalah Festival Sastra dan salah satu subkegiatannya dalam Festival Sastra adalah Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia 2016  

Selama tiga hari, akan hadir 107 sastrawan yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Ingin mengetahui siapa saja mereka yang hadir pada Munas sastrawan Indonesia ini, dapat di cek di sini.

Saya tiba di hotel Bidakara, sekitar jam 14.00 wib. Sebagian peserta sudah datang dan berkumpul. Kami pun segera mengisi daftar absensi peserta Munas di ruangan . Setelah mengisi daftar hadir, kami diminta menunggu untuk pembagian kamar. 

Saya berangkat atas utusan kantor Bahasa Bengkulu bersama sahabat saya Rumasi Pasaribu. Kebetulan kami mendapatkan satu kamar. Jadi lebih enak dan nyaman, sudah ada teman daalm kegiatan ini. Kamar kami ada di lantai 10. Tepatnya di kamar no 1025. Kamarnya nyaman dan fasilitasnya lengkap.


Setelah bersiap dan sesudah salat Magrib, kami segera berkumpul di ruangan untuk acara pembukaan. Pada acara pembukaan seperti biasa , seluruh peserta diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia raya. kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ibu Dr Nilam Sari sebagai ketua Bulan Bahasa dan Sastra 2016. Dilanjutkan dengan hiburan musikalisasi puisi. Acara lalu resmi dibuka 

Materi Munas Sastrawan Indonesia 2016 dapat dilihat secara lengkap di sini. Selama tiga hari, peserta akan mendapatkan banyak materi dari delapan narasumber.




Setelah acara pembukaan, langsung dilanjutkan denga Pleno 1 yang diisi oleh narasumber Remi Sylado yang memaparkan mengenai membangun jejaring sastra global. Salah satu yang dipaparkan oleh Remi Syaldo bagaimana cara agar karya sastra Indonesia bisa dipasarkan sampai ke luar negeri. Keharusan Indonesia untuk memiliki penerjemah yang tidak hanya mampu menterjemahkan tanpa memahami bahasa sastra itu sendiri sehingga karya yang diterjemahkan tersebut tidak memiliki kekuatan 'bahasa rasa' dan 'bahasa pikiran'

Lalu bapak   Gufran Ali Ibrahim yang memaparkan kebijakan pembinaan sastra. Beliau memaparkan penulis, sastrawan dan mendorong lahirnya penulis muda. Seperti mengadakan kegiatan bengkel sastra bagi siswa, mahasiswa dan guru, pengiriman sastrawan berkarya, serta mendorong pembentukan adanya penyusunan pangkalan data sastrawan di seluruh Indonesia. Melalui kantor bahasa di setiap provinsi. 

Narasumber selanjutnya adalah redaktur seni dan budaya Kompas minggu. Putu Fajar Arcana menjelaskan mengenai peran media massa dalam pengembangan dan pembinaan sastra. Putu bercerita bahwa saat ini karya sasta yang masih belum bisa diterima , karya sastra yang sulit untuk bertahan hidup . Bahkan di media massa, karya sastra tidak diberi ruang yang luas untuk diterbitkan atau dimuat.


Setelah itu dilakukan sesi tanya jawab, pada bagian ini. Ada yang bertanya mewakili dari peserta yaitu bapak Bambang Eka Prasetya dari Jawa Tengah, Taufik Ismail dan Ahmadun Yosi Herfanda.

Setelah peserta mengajukan pertanyaan, maka secara bergantian narasumber memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Sekitar jam sepuluh malam, sesi pertama ini selesai dilakukan. Saya juga berkesempatan untuk duduk dan ngobrol bersama dengan bunda Helvi Tiana Rosa dan Bang Zainal T Radar seorang penulis skenario di berbagai stasiun televisi. Saya mengenal mereka juga sejak bergabung di Forum Lingkar Pena (FLP)


Malam itu, sangat berkesan saya bisa bertemu, berfoto-foto dengan banyak sastrawan dari berbagai daerah. Momen yang sangat berharga dan sangat menyenangkan.

Akhirnya saya dan teman saya balik ke akmar dan istirahat setelah puas berfoto ria dan bercerita , sharing panjang lebar. Kami akan melanjutkan mengikuti kegiatannya Munas di esok hari. Sekarang harus istirahat dulu.

Salam, saya lanjutkan nanti ya. Pada sesi hari kedua Munas Sastrawan Indonesia 2016

Rabu, 19 Oktober 2016

/ /
Daftar Peserta Munas Sastrawan Indonesia 2016

Assalammualaikum Wr. Wb

Hari ini saya bersama teman saya Rumasi Pasaribu yang merupakan wakil dari Bengkulu akan mengikuti serangkaian kegiatan Munas Sastrawan Indonesia 2016. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, tanggal 18 - 20 Oktober 2016. Di hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Beruntung, saat Munas, kami juga ditemani oleh bapak Karyono yang merupakan kepala kantor Bahasa Bengkulu. Beliau ikut hadir dan mengikuti semua kegiatan seperti kami. Rasanya senang sekali bisa bersama-sama dengan teman apalagi satu daerah menghadiri suatu acara. Berasa seperti sedang berada di daerah sendiri dan enggak bingung karena ada yang dikenali.

Peserta Munas ini ada sekitar 107 orang yang merupakan perwakilan sastrawan dari setiap provinsi. Usia pesertanya juga beragam. banyak yang senior dan sepuh juga. Saya jadi semakin salut dengan semangat mereka untuk hadir dan berbagi inspirasi kepada para peserta.

Selama tiga hari kami akan mendapatkan banyak ilmu dan wawasan. Akan banyak materi yang akan dibagikan kepada para peserta. Materi selama Munas ini dapat dilihat di sini

Berikut ini adalah daftar para peserta Munas Sastrawan Indonesia 2016 dari setiap provinsi

1. Aceh
Drs M. Jamin Seda
LK Ara
Fikar W. Eda
Rosni Idham
Din Saja

2. Sumatera Barat
Muhammad Ibrahim
Syariffudin Arifin

3. Sumatera Utara
Suyadi San

4. Riau
Edrida Pulungan
Fakhrunnas Jabbar
Kazzani KS

5. Jambi
Ramayani Riance
Sudaryono

6, Sumatera Selatan
Arco Transcept

7. Bengkulu
Karyono
Mildaini
Rumasi Pasaribu

Saya dan teman saya Rumasi Pasaribu mewakili Bengkulu dalam acara ini. Kebetulan sekali kami juga mendapatkan jatah kamar yang sama sehingga bisa banyak berdiskusi tentang pengembangan sastra ke depan terutama yang di Bengkulu. 

Saya mewakili Bengkulu dari Komunitas Forum Lingkar Pena (FLP), Komunita Blogger Bengkulu dan Komunitas Cinta Buku. Sedang Rumasi juga berasal dari Komunitas Forum Lingkar Pena dan seeorang guru Bahasa dan Sastra di sebuah SMP. Rumasi juga seorang penulis Novel.

Kami pun acap kali berdiskusi, bahkan sampai larut malam. Berdiskusi sangat seru sampai lupa waktu. Padahal acara Munas belum selesai, masih butuh tubuh yang segar dan fit.




8. Lampung
Isbedy Setiawan
Syaiful Irba Tanpaka

9. Kepulauan Riau
Hasan Aspahani
Husnizar Hood

10. Bangka Belitung
Kario
Saad Toyib


11. DKI Jakarta
Agus R Sarjono
Abdul  Hadi W.M
Ahmadun Y.H
Anwar Putra Bayu
Arif Wicaksono
Aris Kurniawan
Ariany Isnamurti
Eka Budianta
Ening Sumadiningrat
Ewith Bahar
Faisal Oddang
Fatin Hamama
Free Hearty
Gunoto Saparie
Helvy Tiana Rosa
Jodhi Yudono
Jose Rizal Manua
Justica Warman
Kurnia Effendi
Kurniawan Junaedhie
Lina Dinawati
Linda Christanty
M. Rieza Mufid
Mustafa Ismail
Nana Ernawati
Ni Made Purnamasari
Okky Madasari
Remi Novaris DM
Ritawati Jassin
Rita Sri Hastuti
Roso Titi Sarkoro
Shinta Miranda
Soesi Sastro
Taufik Ismail
Taufiqurrahman
Yahya Adi Saputra
Zita Meirina
Denny J.A
Dra Nur Hayati

12. Jawa Barat
Adri darmadji Woko
Ane Matahari
Arbi Sanit
Arie. M.P Tamba
Bambang Widiatmoko
Budhi Setyawan
F. Rahadi
Nuyang Jaimee
Rama Prambudhi
Soni Farid Maulana
Sudiyanto

13. Jawa Tengah
Adhitia Armitrianto
Apito Lahire
Aslan Kustoyo
Baddrudin Emce
Bahrul Ulum
Bambang Eka Prasetya
Budi Maryono
Diah Setyowati
Heri Condro Santoso
Setia Naka Andrian
Sri Rokhati

14. Jawa Timur
Zawawi Imron

15. Banten
Ayu Cipta
Chavchay Syaifullah
Handoko F. Zainsam
Heryus Sapoetra
Nana Sastrawan
Ratna Ayu Budiarti
Rini Intama
Zaenal T Radar


16. NTT
Fanny Jonathan S
Christanto Senda


17. NTB
Dinullah Rayes


18. Bali
Warih Wisatsana
Wayan Sunarta

19. Yogjakarta
Joko Pinurbo
Kris Budiman
Mutia Sukma

20.Kalimantan Tengah
Abdul Fatah Nahan

21.Kalimantan Selatan
Ali Syamsudin ARS
Iberamsyah Barbary
Zulfaisal Putra

22.Maluku
Morika Tetelepta
Josep Matheus

23.Sulawesi Tenggara
Nurdahlia

Jadi 107 peserta ini berasal dari 23 provinsi. Terbanyak peserta yang berasal dari DKI Jakarta. Semua provinsi di pulau Sumatera mengirimkan utusannya. Sama halnya dengan pulau Jawa dan Bali. Akan tetapi untuk pulau Kalimantan, Sulawesi dan Irian sangat minim peserta yang berasal dari sana. Provinsi Irianjaya tidak mengirimkan utusannya. Semoga di tahun depan memang terdapat perwakilan dari setiap provinsi yang ada di Indonesia.

Kegiatan Munas Sastrawan Indonesia bertujuan untuk menjalin kerjasama antara Badan Bahasa dan Sastrawan seluruh Indonesia dalam pembinaan sastra dan pengembangan sastra.

Saya juga sangat senang dari daftar nama-nama tersebut , ada banyak nama-nama yang sudah sangat saya kenal. Saya bahkan bisa langsung duduk bersebelahan dengan bunda Helvy Tiana Rosa. Kebetulan juga saat itu ada seorang penulis skenario yang keren dari Banten, Mas Zaenal T Radar.



Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut
1. Peningkatan akses ekosistem pendidikan, insan dan komunitas plagiat dan pemerhati sastra, lembaga serta masyarakat terhadap kegiatan dan informasi kesastraan
2. Peningkatan mutu bersastra bagi ekosistem pendidikan, insan dan komunitas plagiat, pemerhati sastra, lembaga serta masyarakat.

Oleh karena itu semoga di tahun depan semakin banyak yang bisa hadir pada acara Munas ini ya. Supaya lebih banyak orang yang dapat berperan aktif mewujudkan tujuan dan harapan yang diharapkan oleh Badan Bahasa .



Salam literasi



Diberdayakan oleh Blogger.