Menu

Minggu, 28 Juli 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, kenalkan aku sepasang bola mata cantik milik seorang Nyonya yang juga cantik. Sebut saja Mawar. Beberapa hari ini Nyonya aku sedang gundah gulana. Sebab bola mata cantiknya ini sedang mengalami kemunduran kinerja. Padahal Nyonya sedang butuh banget. Laporan pekerjaan yang harus segera kelar, artikel naskah buku yang sudah diuber-uber editor, belum lagi artikel-artikel dan caption yang harus nyonya posting di blog dan media sosialnya. Maklum, Nyonya aku ini seorang penulis blog atau disebut juga blogger dan penulis buku. Jadi saban hari, meski selalu buka tutup laptop dan handphone. 
Dalam sehari, saya kadang memang suka maksain mata (foto Milda)

Untuk semua pekerjaan dan kegiatan tersebut, Nyonya membutuhkan mata yang tangguh, sehat dan tentu saja kuat dalam berbagai kondisi.

Sebenarnya aku prihatin dan kasihan sama Nyonya, memang dalam beberapa bulan ini, beliau sangat kurang istirahat, termasuk memberikan ruang untuk aku terpejam dengan nyenyak. Agar saat tertidur, aku dapat membunuh perih, sepet dan pegal dengan baik. Sehingga ketika bangun, aku siap beraktivitas lagi mendukung semua mata pencaharian nyonya. Tapi kenyataannya, aku ngak bisa sok kuat, sok bisa apalagi sok meyakinkan. Bahwa aku kuat dengan semua ini.

Kamu bisa bayangkan. Setiap hari aku harus menatap layar laptop, hingga berjam-jam. Kalo lagi deadline, Nyonya akan beranjak dari meja kerjanya ketika akan ishoma saja, istirahat sholat dan makan. Selebihnya aku akan melotot di depan layar LCD itu terus menerus. Meski saat melakukan itu semua, di meja dekat Nyonya kerja. Selalu ada makanan dan minuman. Benar, kalo soal itu, aku ngak akan kelaparan. Bersyukur Nyonya termasuk orang yang doyan makan. 

Belum lagi Nyonya harus bolak balik, scroll, ngecek dan refresh, ganti akun media sosial. Hal ini bisa dilakukan hingga berjam-jam juga. Dimana dengan kecanggihan teknologi gadget saat ini, banyak pekerjaan bisa dikerjakan dengan smartphone saja. Jadi Nyonya bolak-balik buka laptopnya dan handphone-nya, secara bergantian. Sumpah, perbuatan ini sangat menyiksa ku. Bahkan di saat aku membutuhkan sedikit waktu untuk istirahat. Nyonya sering memaksa aku untuk terjaga. Aku sering disuguhi kopi agar aku bisa melek. 

Hal ini berlangsung berulang kali, aku dipaksa berhari-hari untuk melek, untuk fokus, hingga aku kadang mengeluar air , aku menangis karena sudah tidak tahan lagi. Kau tau, apa saja yang dipaksaan tentu saja akan membuat bagian lain yang tersakiti. Dan, itu aku. Aku mulai perih, pegel dan sepet.

Nyonya selalu membasuh aku saat mandi, shalat dan mencuci muka. Bahkan kadang aku dibasuh cukup lama dengan tujuan untuk membasahi tubuhku yang mulai pegel

Aku sering ngambek tidak mau fokus, Nyonya paling keluar sebentar lalu beralih aktivitas yang lainnya sejenak. Main ke taman kantor atau melihat tanaman di sekitar rumah. Membuka kacamata sejenak.

Tapi tetap saja, tubuh aku ngak juga baikan. Malah lebih nyeri lagi. Berada di ruang Ac kayak gini. Makin membuat aku kejang-kejang. Aku ngak bisa membuka tutup lagi dengan baik. Refleks aku pun mula menurun. Aku tidak bisa diajak kerjasama lagi.

Nyonya akhirnya mematikan laptop dan menutup handphone-nya. Seketika  sejak terdengar suara Nyonya yang lesu di tengah hari menjelang sore.

“Saya ijin pulang dulu ya. Mata perih nih. Mau istirahat dulu “

Nyonya pamitan pulang cepat dengan rekan kerjanya yang ada di runagan, tak berapa lama, di area parkir. Nyonya menelpon, terbaca olehku, akan menelpon tuan. Sedetik kemudian terdengar nada dering yang disambut dengan suara seorang lelaki. Benar, ini suara tuan. Ia mnegucapkan salam lirih.
“Baba, tolong belikan Insto Dry Eyes ya. Dari tadi aku ngerasa ada masalah di mata aku. Ini aku otw pulang,mau istirahat dulu “

Tak berapa lama, aku tiba di rumah. Nyonya segera merebahkan badannya. Memaksa aku untuk terpejam. Ternyata aku ngak juga mau memejamkan mata. Badannya saja yang tebaring, tapi mata tak bisa terpejam, apalagi pikiran. Masih memikirkan soal laporan, buku dan pekerjaan. Sungguh hal ini membuat aku kian sedih. Nyonya hampir tidak pernah benar-benar istirahat. Tidur ini hanya sebuah kompromi.

Solusi Alami Mata Sakit

Akhirnya, karena belum juga mau terpejam. Nyonya mengajak aku ke taman, ke depan rumah. Dalam pikirannya, ingin merendam mata dengan air rebusan daun sirih. Nyonya mulai memetik beberapa lembar dan sirih. Tapi kemudian daun tersebut, hanya dipegang saja. Tidak jadi direbus. Sekelebat Nyonya teringat kasus Tuan beberapa waktu lalu. Alih-alih mata jadi sembuh, malah kian parah sebab kemasukan kotoran dalam air rebusan sirih. Aku akhirnya ngak jadi mandi air sirih.

JIka rutin makan buah ini, mata akan kinclong ( Foto Milda)

Lalu nyonya mengambil beberapa buah Terang. Tanaman ini mirip terong tapi ukurannya kecil. Oleh orang Bengkulu di beri nama Terang, karena dipercaya bisa membantu membuat mata menjadi kinclong penglihatannya. Cara kerjanya juga cukup mudah, hanya dijadikan lalap saja. Karena Nyonya juga merasa lapar, buah Terang ini dimakan sebagai lalapan.  Tak lama, Nyonya menguap akibat kekenyangan. Aku kembali diajak tidur.

Entahlah, aku tertidur berapa lama, yang kutahu saat masih merem-melek dan malas-malasan di tempat tidur. Tuan datang membawa pesanan Nyonya, Insto Dry Eyes. Tuan menyerahkan obat tersebut. Bentuknya yang mungil, jadi praktis sekali dimasukan ke dalam tas. Harganya juga sangat terjangkau. Ini di beli oleh Tuan di harga Rp. 15.000,-

“Makanya Me, jangan terlalu diporsir. Ngak baik juga menatap terlalu lama bahkan berjam-jam, layar laptop dan handphone. Akibatnya mata kering, itu bisa bikin mata pegal  dan mata perih”

Terdengar nasihat Tuan, sambil keluar kamar meninggalkan Nyonya sejenak. Aku berteriak girang mendengar ucapan Tuan. Semua yang dikatakannya itu benar. Jika boleh aku berkata apa yang aku inginkan , aku ingin katakan. 

Into solusi praktis mata kering (Foto Milda)

Sebagai sepasang bola mata aku ingin diperlakukan seperti ini

1. Jagalah pandangan aku untuk hal-hal yang baik saja

2. Berikan aku waktu yang cukup untuk istirahat, jangan memaksa aku untuk terus-terusan bekerja

3. Berikan aku pandangan yang lain dan dinamis, jangan biarkan aku menatap hal yang sama dalam waktu yang lama dan terus –menerus.

4. Saat aku mengalami mata perih, mata sepet dan mata pegal. Maka jangan diabaikan. Itu semua artinya pertanda aku mulai mengalami kekeringan. Berilah aku air mata buatan. Meski aku bisa menghasilkan air mata sendiri. Namun dengan kondisi yang perih, lelah dan sepet. Tentu saja aku akan kesulitan untuk menghasilkan air mata yang berkualitas. 

5. Jagalah aku supaya tetap sehat dengan memberikan aku air mineral yang cukup, buah-buahan dan juga makanan lainnya yang bergizi.

6. Jika aku mengalami keluhan, segera obati, jangan menunggu sampai parah dulu. Lebih cepat akan lebih baik. 

Dan malam itu, setelah Nyonya mulai merasakan masalah di mata. Aku mengarahkan Nyonya untuk membaca hal-hal yang berkaitan dengan Mata Kering, gejala, penyebab dan solusinya. Jadi bisa kukatakan bahwa apa yang dialami Nyonya selama beberapa hari ini seperti mata perih, mata pegal, mata sepet itu adalah gejala dari mata kering. Hal ini terjadi karena mata kelelahan, akibat terlalu lama menatap layar laptop, layar handphone dan berada cukup lama di ruangan ber-Ac. Semua hal itu membuat mata kering. 

Solusi Mata Kering

Mata kering, artinya ia butuh air agar lembab atau tidak kekeringan. Dengan kondisi mata yang perih, lelah, sepet. Tentu saja mata tidak bisa memproduksi air mata dengan baik. Hal ini dikarenakan ada sistem di bagian mata yang sakit sehingga tidak bisa menghasilkan air mata. Oleh karena itu mata butuh air mata buatan. Dan, air mata buatan itu bukan berasal dari air biasa yang digunakan saat mencuci muka dan mata atau air rebusan daun sirih yang belum ketahuan sterill atau tidak. 

Akan tetapi dibutuhkan air mata buatan yang benar mengandung zat yang dibutuhkan oleh mata untuk sehat dan bisa fokus kembali. Air mata buatan tersebut bisa kita peroleh dari tetesan air ajaib Insto Dry Eyes. Dengan botol mungilnya yang praktis dibawa kemana-mana. Memang seharusnya menajdi sahabat para pekerja yang berkaitan cukup kuat dengan laptop, handphone dan membaca buku. Ibarat kata mereka harus saling bersahabat baik, agar bisa saling mendukung.

Kandungan Insto Dry Eye

INSTO DRY EYES mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl selulose dan Benzalkonium Chloride, digunakan untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata.
Suka sekali dengan insto, praktis banget  ( Foto Milda)

Dosis dan Cara Penggunaan

Cukup 1-2 tetes pada setiap mata, 3 kali sehari. Cara menggunakannya cukup diteteskan di mata yang sakit.

Oh, ya menurut ilmu yang saya dapatkan pada  acara Gema Cermat (cerdas menggunakan obat) maka untuk obat-obatan seperti Insto ini hanya untuk sekali pemakaian saja. Setelah botol dibuka, tidak bisa disimpan atau digunakan sebagai stok untuk pengobatan berikutnya.

Berilah ruang yang cukup untuk mata istirahat (Foto Milda)
Setelah membaca dan memahami semua ini, akhirnya Nyonya tidur dengan nyenyak. Malam ini ia mulai melupakan si laptop dan handphone. Ia ingin bangun esok hari dalam keadaan lebih sehat. Insto Dry Eyes akan ia bawa dan gunakan kapan saja dan dimana saja ia berada. Sebab , ia mengakui bahwa ia sering mengalami mata kering, yang telihat dari gejalanya seperti mulai mersakan mata perih, mata sepet dan mata pegel, dan semua ini benar menyiksa. Membuat tidak nyaman dan juga terasa sakit berkali-kali. Terutama pada saat menatap laptop dan handphone. Aku tersenyum bahagia saat Nyonya berkomitmen untuk menjaga kesehatannya dengan lebih baik lagi.



Diberdayakan oleh Blogger.