Menu

Minggu, 28 Juli 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, kenalkan aku sepasang bola mata cantik milik seorang Nyonya yang juga cantik. Sebut saja Mawar. Beberapa hari ini Nyonya aku sedang gundah gulana. Sebab bola mata cantiknya ini sedang mengalami kemunduran kinerja. Padahal Nyonya sedang butuh banget. Laporan pekerjaan yang harus segera kelar, artikel naskah buku yang sudah diuber-uber editor, belum lagi artikel-artikel dan caption yang harus nyonya posting di blog dan media sosialnya. Maklum, Nyonya aku ini seorang penulis blog atau disebut juga blogger dan penulis buku. Jadi saban hari, meski selalu buka tutup laptop dan handphone. 
Dalam sehari, saya kadang memang suka maksain mata (foto Milda)

Untuk semua pekerjaan dan kegiatan tersebut, Nyonya membutuhkan mata yang tangguh, sehat dan tentu saja kuat dalam berbagai kondisi.

Sebenarnya aku prihatin dan kasihan sama Nyonya, memang dalam beberapa bulan ini, beliau sangat kurang istirahat, termasuk memberikan ruang untuk aku terpejam dengan nyenyak. Agar saat tertidur, aku dapat membunuh perih, sepet dan pegal dengan baik. Sehingga ketika bangun, aku siap beraktivitas lagi mendukung semua mata pencaharian nyonya. Tapi kenyataannya, aku ngak bisa sok kuat, sok bisa apalagi sok meyakinkan. Bahwa aku kuat dengan semua ini.

Kamu bisa bayangkan. Setiap hari aku harus menatap layar laptop, hingga berjam-jam. Kalo lagi deadline, Nyonya akan beranjak dari meja kerjanya ketika akan ishoma saja, istirahat sholat dan makan. Selebihnya aku akan melotot di depan layar LCD itu terus menerus. Meski saat melakukan itu semua, di meja dekat Nyonya kerja. Selalu ada makanan dan minuman. Benar, kalo soal itu, aku ngak akan kelaparan. Bersyukur Nyonya termasuk orang yang doyan makan. 

Belum lagi Nyonya harus bolak balik, scroll, ngecek dan refresh, ganti akun media sosial. Hal ini bisa dilakukan hingga berjam-jam juga. Dimana dengan kecanggihan teknologi gadget saat ini, banyak pekerjaan bisa dikerjakan dengan smartphone saja. Jadi Nyonya bolak-balik buka laptopnya dan handphone-nya, secara bergantian. Sumpah, perbuatan ini sangat menyiksa ku. Bahkan di saat aku membutuhkan sedikit waktu untuk istirahat. Nyonya sering memaksa aku untuk terjaga. Aku sering disuguhi kopi agar aku bisa melek. 

Hal ini berlangsung berulang kali, aku dipaksa berhari-hari untuk melek, untuk fokus, hingga aku kadang mengeluar air , aku menangis karena sudah tidak tahan lagi. Kau tau, apa saja yang dipaksaan tentu saja akan membuat bagian lain yang tersakiti. Dan, itu aku. Aku mulai perih, pegel dan sepet.

Nyonya selalu membasuh aku saat mandi, shalat dan mencuci muka. Bahkan kadang aku dibasuh cukup lama dengan tujuan untuk membasahi tubuhku yang mulai pegel

Aku sering ngambek tidak mau fokus, Nyonya paling keluar sebentar lalu beralih aktivitas yang lainnya sejenak. Main ke taman kantor atau melihat tanaman di sekitar rumah. Membuka kacamata sejenak.

Tapi tetap saja, tubuh aku ngak juga baikan. Malah lebih nyeri lagi. Berada di ruang Ac kayak gini. Makin membuat aku kejang-kejang. Aku ngak bisa membuka tutup lagi dengan baik. Refleks aku pun mula menurun. Aku tidak bisa diajak kerjasama lagi.

Nyonya akhirnya mematikan laptop dan menutup handphone-nya. Seketika  sejak terdengar suara Nyonya yang lesu di tengah hari menjelang sore.

“Saya ijin pulang dulu ya. Mata perih nih. Mau istirahat dulu “

Nyonya pamitan pulang cepat dengan rekan kerjanya yang ada di runagan, tak berapa lama, di area parkir. Nyonya menelpon, terbaca olehku, akan menelpon tuan. Sedetik kemudian terdengar nada dering yang disambut dengan suara seorang lelaki. Benar, ini suara tuan. Ia mnegucapkan salam lirih.
“Baba, tolong belikan Insto Dry Eyes ya. Dari tadi aku ngerasa ada masalah di mata aku. Ini aku otw pulang,mau istirahat dulu “

Tak berapa lama, aku tiba di rumah. Nyonya segera merebahkan badannya. Memaksa aku untuk terpejam. Ternyata aku ngak juga mau memejamkan mata. Badannya saja yang tebaring, tapi mata tak bisa terpejam, apalagi pikiran. Masih memikirkan soal laporan, buku dan pekerjaan. Sungguh hal ini membuat aku kian sedih. Nyonya hampir tidak pernah benar-benar istirahat. Tidur ini hanya sebuah kompromi.

Solusi Alami Mata Sakit

Akhirnya, karena belum juga mau terpejam. Nyonya mengajak aku ke taman, ke depan rumah. Dalam pikirannya, ingin merendam mata dengan air rebusan daun sirih. Nyonya mulai memetik beberapa lembar dan sirih. Tapi kemudian daun tersebut, hanya dipegang saja. Tidak jadi direbus. Sekelebat Nyonya teringat kasus Tuan beberapa waktu lalu. Alih-alih mata jadi sembuh, malah kian parah sebab kemasukan kotoran dalam air rebusan sirih. Aku akhirnya ngak jadi mandi air sirih.

JIka rutin makan buah ini, mata akan kinclong ( Foto Milda)

Lalu nyonya mengambil beberapa buah Terang. Tanaman ini mirip terong tapi ukurannya kecil. Oleh orang Bengkulu di beri nama Terang, karena dipercaya bisa membantu membuat mata menjadi kinclong penglihatannya. Cara kerjanya juga cukup mudah, hanya dijadikan lalap saja. Karena Nyonya juga merasa lapar, buah Terang ini dimakan sebagai lalapan.  Tak lama, Nyonya menguap akibat kekenyangan. Aku kembali diajak tidur.

Entahlah, aku tertidur berapa lama, yang kutahu saat masih merem-melek dan malas-malasan di tempat tidur. Tuan datang membawa pesanan Nyonya, Insto Dry Eyes. Tuan menyerahkan obat tersebut. Bentuknya yang mungil, jadi praktis sekali dimasukan ke dalam tas. Harganya juga sangat terjangkau. Ini di beli oleh Tuan di harga Rp. 15.000,-

“Makanya Me, jangan terlalu diporsir. Ngak baik juga menatap terlalu lama bahkan berjam-jam, layar laptop dan handphone. Akibatnya mata kering, itu bisa bikin mata pegal  dan mata perih”

Terdengar nasihat Tuan, sambil keluar kamar meninggalkan Nyonya sejenak. Aku berteriak girang mendengar ucapan Tuan. Semua yang dikatakannya itu benar. Jika boleh aku berkata apa yang aku inginkan , aku ingin katakan. 

Into solusi praktis mata kering (Foto Milda)

Sebagai sepasang bola mata aku ingin diperlakukan seperti ini

1. Jagalah pandangan aku untuk hal-hal yang baik saja

2. Berikan aku waktu yang cukup untuk istirahat, jangan memaksa aku untuk terus-terusan bekerja

3. Berikan aku pandangan yang lain dan dinamis, jangan biarkan aku menatap hal yang sama dalam waktu yang lama dan terus –menerus.

4. Saat aku mengalami mata perih, mata sepet dan mata pegal. Maka jangan diabaikan. Itu semua artinya pertanda aku mulai mengalami kekeringan. Berilah aku air mata buatan. Meski aku bisa menghasilkan air mata sendiri. Namun dengan kondisi yang perih, lelah dan sepet. Tentu saja aku akan kesulitan untuk menghasilkan air mata yang berkualitas. 

5. Jagalah aku supaya tetap sehat dengan memberikan aku air mineral yang cukup, buah-buahan dan juga makanan lainnya yang bergizi.

6. Jika aku mengalami keluhan, segera obati, jangan menunggu sampai parah dulu. Lebih cepat akan lebih baik. 

Dan malam itu, setelah Nyonya mulai merasakan masalah di mata. Aku mengarahkan Nyonya untuk membaca hal-hal yang berkaitan dengan Mata Kering, gejala, penyebab dan solusinya. Jadi bisa kukatakan bahwa apa yang dialami Nyonya selama beberapa hari ini seperti mata perih, mata pegal, mata sepet itu adalah gejala dari mata kering. Hal ini terjadi karena mata kelelahan, akibat terlalu lama menatap layar laptop, layar handphone dan berada cukup lama di ruangan ber-Ac. Semua hal itu membuat mata kering. 

Solusi Mata Kering

Mata kering, artinya ia butuh air agar lembab atau tidak kekeringan. Dengan kondisi mata yang perih, lelah, sepet. Tentu saja mata tidak bisa memproduksi air mata dengan baik. Hal ini dikarenakan ada sistem di bagian mata yang sakit sehingga tidak bisa menghasilkan air mata. Oleh karena itu mata butuh air mata buatan. Dan, air mata buatan itu bukan berasal dari air biasa yang digunakan saat mencuci muka dan mata atau air rebusan daun sirih yang belum ketahuan sterill atau tidak. 

Akan tetapi dibutuhkan air mata buatan yang benar mengandung zat yang dibutuhkan oleh mata untuk sehat dan bisa fokus kembali. Air mata buatan tersebut bisa kita peroleh dari tetesan air ajaib Insto Dry Eyes. Dengan botol mungilnya yang praktis dibawa kemana-mana. Memang seharusnya menajdi sahabat para pekerja yang berkaitan cukup kuat dengan laptop, handphone dan membaca buku. Ibarat kata mereka harus saling bersahabat baik, agar bisa saling mendukung.

Kandungan Insto Dry Eye

INSTO DRY EYES mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl selulose dan Benzalkonium Chloride, digunakan untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata.
Suka sekali dengan insto, praktis banget  ( Foto Milda)

Dosis dan Cara Penggunaan

Cukup 1-2 tetes pada setiap mata, 3 kali sehari. Cara menggunakannya cukup diteteskan di mata yang sakit.

Oh, ya menurut ilmu yang saya dapatkan pada  acara Gema Cermat (cerdas menggunakan obat) maka untuk obat-obatan seperti Insto ini hanya untuk sekali pemakaian saja. Setelah botol dibuka, tidak bisa disimpan atau digunakan sebagai stok untuk pengobatan berikutnya.

Berilah ruang yang cukup untuk mata istirahat (Foto Milda)
Setelah membaca dan memahami semua ini, akhirnya Nyonya tidur dengan nyenyak. Malam ini ia mulai melupakan si laptop dan handphone. Ia ingin bangun esok hari dalam keadaan lebih sehat. Insto Dry Eyes akan ia bawa dan gunakan kapan saja dan dimana saja ia berada. Sebab , ia mengakui bahwa ia sering mengalami mata kering, yang telihat dari gejalanya seperti mulai mersakan mata perih, mata sepet dan mata pegel, dan semua ini benar menyiksa. Membuat tidak nyaman dan juga terasa sakit berkali-kali. Terutama pada saat menatap laptop dan handphone. Aku tersenyum bahagia saat Nyonya berkomitmen untuk menjaga kesehatannya dengan lebih baik lagi.



38 comments

INSTO sahabat kita semua. karena emang efektif banget menghalau mata kering
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply

Insto dry eyes solusi mata kering wajib dibawa nih saat kerja apalagi buat bloger yg seringnya mantengin lepi, atau kompi heheee
TFS yahh Mbak Milda

Reply

Cocok juga nih buatku...tinggal tetes. .mata jadi seger lagi ya.. kerjaan pun lancar lagi ya..

Reply

Insto emang oke. Pilihan yang tepat buat emak-emak yang sibuk di depan layar, biar mata bisa kembali segar

Reply

ALHAMDULILLAAAH nyonya akhirnya sadar ya, dan memberi nutrisi cukup untuk dirimu serta memberikan kelembaban alami yang dibutuhkan tubuhmu (jiaaa.. udah bener belom nih)

Reply

Mata perih, mata merasa tidak nyaman, jangan dikucek kucek melainkan harus menggunakan cairan khusus untuk mata dan sepertinya insto mampu menangani itu semua

Reply

Insto Dry Eyes ini wajib dibawa kemana mana yaa. Akupun sering mengalami mata kering karena kebanyakan lihat laptop dan gadget. Kemasannya jg mungil dan travel friendly banget

Reply

Menjaga mata itu penting banget, kalau kena debu usahakan jangan dikucek. Tapi diteteskan Insto agar mata tetap sehat.

Reply

Kalau kelamaan mandangin dia, eh si laptop langsung deh pakai insto dry eyes

Reply

Kalo aku sedia insto di rumah, soalnya musim ini debunya gila-gilaan

Reply

Duh iya mata kita dan anggota tubuh lainnya sering diforsir ya jadinya ngambek deh harus ingat waktu kalau bekerja dan aktivitas lainnya ya

Reply

Aku juga selalu sedia Insto Mbak... Kerjaan tiap hari di depan laptop... Mantengin smartphone jugaaa... Sering kena sindrom mata kering

Reply

Si mata akhirnya curhat karena terlalu sering bekerja. Untung sekarang si Nyonya sudah pakai insto ya. Jadi matanya nggak protes lagi.

Reply

Aku sediain ah Insto buat di tas juga. Jadi bebas buat ngetik ya karena ada Insto mata nggak cepat kering. hehhee

Reply

Aih, sepasang mata cantik. Moga kau sekarang segar selalu bersama insto ya

Reply

Nyonya sibuuuuk ya sampai mata sepet ga bisa tidur. Syukurlah udah ketemu jodoh Insto tapi tetep yaa kurangi begadang di depan gawai

Reply

Yaa ampyun ketawa bacanyang disuguhi kopi. Aku banget itu, hihi...

Kasihan juga ya mata jika ia bisa curhat begini.

Reply

Membaca cerita si bola mata, aku jadi kasihan sekali padanya. Ternyata banyak sekali pekerjaan yang harus diembannya setiap hari. Kadang, aku juga merasa sudah terlalu mengeksploitasi mata untuk menunaikan berbagai pekerjaan. Sayangnya, di tempatku Insto Dry Eyes belum ketemu. Aku baru ketemu yang regular.

Reply

bye bye sakit mata, semua akan beres berkat insto nih. Apalagi di Pontianak zaman kabut asap, bikin mata gampang merah dan perih. wajib banget dibawa dalem tas

Reply

Akhirnya Nyonya menemukan solusi yang tepat untuk treatment keadaanmu yaa, mata indah.
MashaAllah~

Betapa nikmatnya memiliki kesehatan mata yang merupakan jendela dunia.

Reply

Naaahh aku pernah tu mbak air rebusan daun sirih ya, harapan sembuh eh malah bikin mataku makin iritasi. Udah deh pakai yang pasti2 aja yang udah beneran terpercaya amakn dn efektif buat meneymbuhkan mata kyk Insto.

Reply

Kasihan... Bola matanya sampai cirhst karena kelelahan... Hihi.. Tapi bener sih, kalau mau jujur selama ini organ yang sering dipaksa kerja terlalu keras salah satunya adalah mata. Sudah gitu kadang kita lupa merawatnya.. Untung ada insto dry eyes ya... Masalah mata kering jadi beres...

Reply

Untuk urusan mata kering, Insto Dry Eyes emang udah paling jagoannya deh. Aku juga pakai ini nih mbak, karena memang setiap hari pasti menatap layar handphone dan laptop. Jadi mata pegel dan perih tuh kayak langganan banget.

Reply

Bener banget ini. Insto Dry Eye beneran bikin mata seger lagi. Perih, kering, nyamankan saja dengan Insto

Reply

Mawar apanya bungaaaa? Mak aku kalau kelaman nulis perih gitu. Apalagi pegang hape lama2 live tweet natap layar jangan ditanya pusing bnget :(


Coba kalau ini kucoba sapa tau rada ngenakin

Reply

Membantu banget nih buat para pekerja digital yang banyak bekerja di depan layar komputer

Reply

Ngelarin list bw malam hari juga bisa jadi cikal bakal mata kering ya

Reply

Banyak manfaatnya ya insto untuk mata kering, tidak nyaman karena terpapar debu, layar monitor, rasanya adem pakai insto

Reply

Mak itu Buah Terang kayaknya kalau di kami orang Sunda namanya Buah Takokak gitu. Orang Kepri sini bilangnya Rimbang.

Reply

Dengan selalu menyediakan Insto jadi lebih mudah mencegah mata kering, sepet dan pegal ya...

Reply

Hati hati deh sama sama urusan mata, soalnya kan mata itu indera penting buat seorang yang kerjanya di depan laptop kaya kita. Tetep jaga kesehatannya, pakai insto gitu buat atasi masalah mata

Reply

Untuk pengguna "garis keras" laptop dan ponsel, Insto bisa jadi solusi untuk mengatasi mata perih dan sepet ya Mbak

Reply

baca postingan ini serasa mendengarkan isi hati "mata" saya deh. Mungkin selama ini saya hanya menggunakannya tanpa melakukan perawatan terbaik, kalau sakit aja langsung bingung, hehehe. Beruntung ada insto yang bisa dibawa kemana-mana untuk mengobati mata kering ya mbak

Reply

Baru tahu kalau buah terang bagus buat kesehatan mata.

Reply

Siap mbak...


Kadang saya kalau lagi nulis di laptop dan lama, memang gitu... Mata sakit.

Besok2 tak sediain insto deh .. hehe

Reply

Sudah beberapa kali mencoba mengurangi menatap laptop atau hp, tapi ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Karena tuntutan kerjaan, akhirnya mata menjadi korban kecapean, perih, hingga mata merah kadang-kadanh. Tapi alhamdulillah selalu sedia Insto di kamar tepatnya berada di dekat Rak Buku

Reply

aku juga pakai mba, biasanya kalau mata kering saya suka kucek-kucek sampai merah dan bengkak, setelah ke tempat dokter, dokternya nyaranin pakai Insto, wkwkw

Reply

Memang bekerja dengan menggunakan laptot atau layar komputer membuat mata cepat lelah. Makanya urat mata juga perlu dikendorkan dengan melihat yang hijau-hijau

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.