Menu

Minggu, 23 Desember 2018

/ /
Kemenpora  Gelar Workshop Bersama Relawan dan Penggiat Anti  Narkoba Bengkulu
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_ Hari ini saya bergegas buat berangkat. Ada acara bersama Kemenpora yang akan digelar di Hotel Jodipati. Malam harinya sempat siwer di grup. Sebab lokasi hotelnya ga terdetek, hahaha. Maklum saya tahunya itu hotel Jodipati ya di kawasan Tanah Patah. La, ini katanya di daerah Padang Harapan. Kuyakin bakal ada sesi nyasar dan ‘beligat’ nyari alamat. Meski ada google maps, tetap aja mencari alamat.


Fiuuuh, sedikit celingak-celinguk,akhirnya sampai juga nih ke Hotelnya. Oh, ternyata ini Jodipati 2 pemirsa dan belum dilaunching, hihihi. Di kawasan Padang Harapan. Masuk ke jalan atau gang panti Tunas Harapan.

Dari pagi hingga siang ini,saya ada acara di sini bersama dengan pemuda-pemudi penggiat anti narkoba  (PUPAN) Kota Bengkulu untuk memenuhi undangan dari Kemenpora. Selain Pupan, di sini hadir juga perwakilan dari berbagai kumpulan atau komunitas. 

Ada sekitar 50 orang deh yang hadir di sini, sesudah mengisi absen dan memberikan syarat untuk ikuta serta kelengkapan untuk sertifikat. Seperti fotokopi KTP dan Pas foto. Saya sempat foto dulu dengan beberapa adik-adik Blogger Bengkulu dan Pupan. 


Setelah itu, saya bergegas ke Fikes Dehasen, akan ada acara seminar di sana. Saya harus hadir, sebab saya salah satu pembicara di sana. 

Mungkin waktui emang berpihak dengan saya, sudah hampir jam setengah sembilan acara juga belum dimulai. Mungkin karena hari sabtu, jadi banyak yang juga terbawa suasana libur. Undangan yang datang juga baru sedikit. Yah, sudah saya cuss ke Fikes Dehasen dulu. Sudah ditelpon dan di japri via wa oleh teman-teman.

Balik Lagi Ke Jodipati, Acara Baru Dimulai

Sampai di Jodipati lagi, acara baru saja dimulai. Ibu Poppy baru sedang menyampaikan kata sambutan. Dalam kata sambutannya. Ibu Poppy berharap kepada para peserta, untuk menjadi corong dan perwakilan dalam hal ini pemerintah melalui Kementrian Olahraga dan BNN baik tingkat kota dan Provinsi. Mengenai  informasi, penyuluhan untuk pencegahan, sampai dengan pengobatannya atau rehabilitasi narkotika.


Oleh karena ini, beliau menyatakan hari ini para peserta akan mendapatkan dua materi penting mengenai pencegahan dan mengenai informasi seputar rehabilitasi bagi pencandu narkoba. Termasuk informasi umum lainnya yang berkaitan dengan narkoba itu sendiri.

Semoga para peserta senang dan bisa mengikuti semua kegiatan hari ini dengan baik, sampai selesai. Semoga workshop untuk relawan dan penggiat anti narkoba yang digelar hari ini, berjalan lancar. 


Workshop Relawan dan Penggian Anti Narkoba

Saya senang mengikuti kegiatan ini, sebab tadi di acara Fikes, setelah saya menyampaikan kata sambutan dan juga materi pertama pada seminar. Setelah itu saya selesaikan dengan sesi Tanya jawab pada materi saya. Baru saya ijin dengan panitia.  Sampai di Jodipati, pun saya sempat mengikuti acara pembukaan dan tentu saja foto-foto bersama, hahaha.


Materi Pertama, Dari Coba Pakai Hingga Kecanduan

Materi pertama ini disampaikan oleh sahabat saya Nuche yang memang sudah sangat dekat. Sebab beberapa kali kami bertemu dan bersama-sama dalam berbagai kegiatan Pupan dan Narkoba. Pokoknya kalo ada kegiatan dengan tema Narkoba aja, pasti ketemu. 
Udah biasa ada dimana-mana, keceh dah kakak satu ini.

Kak Nuche menjelaskan seperti biasa mengenai informasi seputar narkoba, jenis-jenisnya, hot issue narkoba terbaru, sampai yang aneh-aneh. Kak Nuche banyak tahu. Disampaikan dengan cerdas dan komunikatif. Mudah dimengerti oleh orang awam.


Menurut Kak Nuche Marlianto, SKM, MSi,MKM dari BNN Kota Bengkulu, ada 4 kondisi penyalahgunaan narkoba di kota Bengkulu

1. Coba pakai
2. Teratur pakai
3. Pencandu non suntik
4. Pencandu suntik 

Jumlah ini banyak menyerang usia 10 hingga 59 tahun, setiap tahun jumlahnya juga bertambah. Paling gemes katanya kalo yang terciduk masih anak-anak. Lebih negens lagi, mereka teller dengan ngelem, ngomix, atau minum es tebu yang sudah dicampur dengan zat yang bisa bikin fly. 


Yah, mau bagaimana lagi. Anak-anak ga punya uang, palingan nyandu juga dengan murah meriah. Apalagi kalo awalnya coba-coba, ikutan kawan dan arus pergaulan. 

Materi Kedua, Mengenai Rehabilitasi Narkoba

Materi bikin penasaran , sebenarnya pencandu narkoba itu bisa sembuh total atau bagaimana.  Menurut BNN bekerjasam dengan Puslitkes UI tahun 2017, presentase jumlah penyalahguna narkotika di provinsi Bengkulu sebesar 1,68 % dari populasi penduduk usia 10 – 59 tahun atau sekitar 1.436.700. Sebanyak 26.529 jumlah penyalaguna narkotika di provinsi Bengkulu.


Sedangkan kelompok pengguna dan kebutuhan rehabilitasi, menurut sub populasinya adalah

1. Pengguna Nafza yang tidak mengalami ketergantungan
2. Pengguna nafza dengan cara suntik
3. Pencandu
4. Pengguna nafza yang terintoksikasi secara akut
5. Pengguna nafza dalam kondisi putus obat
6. Pengguna nafza dalam masa pemulihan


Materi kedua ini, disampaikan oleh kak Vera Febriana, S.Psi.Psikolog. Dari BNN Provinsi Bengkulu. 

Setelah penyampaian materi, seperti biasa diadakan sesi Tanya jawab, saya juga ikut bertanya. Pertanyaan saya lebih menyayar kepada penyalaguna narkoba untuk usia dewasa, mulai dari jenis yang sering digunakan, rehabilitasi bagaimana sampai dengan jumlah atau usia yang paling banyak.


Secara pribai saya juga berharap, kegiatan seperti ini . Untuk tahun depan juga menyasar usia dewasa, usia matang. Bukan untuk para pemuda dan pemudi saja. Jadi lebih luas lagi. 
Akhir acara ditutup dengan sesi foto bersama. Seperti kegiatan yang lainnya. Sesi foto ini biasanya akan lebih lama dari sesi worksopnya, hihihi.


Pada kesempatan ini saya juga bertemu dengan dua orang pemuda-pemudi Inspirasi Bengkulu tahun 2017. Kami bertiga terpilih, dan sekarang bertemu lagi. Semoga di tahun depan, ada gebrakan yang bisa kami sinergikan untuk kemajuan bumi Bengkulu ini.

Oh, ya saya selain kami para relawan dan Pupan Kota Bengkulu, ada juga dua orang perwakilan dari komunitas Blogger Bengkulu. Ada si Nengsih dan si Diska.

Kalo di Pupannya, ada juga sobat Blogger Bengkulu si Junita yang juga merupakan ketua Forum Lingkar Pena  Wilayah Bengkulu.

Senang rasanya , bisa hadir di sini, berkumpul bersama dan menimba ilmu bersama. Memanfaatkan waktu luang di wiken dengan hal yang bermanfaat.


Sebelum pulang peserta juga diberikan sertifikat. Cepat sekali yah, sudah langsung jadi sertifikatnya. Jadi tambah semangat. Semoga di tahun depan ada lagi yah, kegiatan seperti ini.


Masukan buat panitia, sebaiknya peserta diberikan kopian materinya, biar bisa dibaca ulang dan dibagikanlagi informasinya kepada yang lainnya.

Sampai jumpa, Salam. Milda Ini 

Kamis, 20 Desember 2018

/ /
Apakah Makan Kukis Bisa Merangsang Motorik Anak ?
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_ Banyak snack atau makanan ringan yang dijuak dipasaran. Hampir semua anak menyukai makanan ringan tersebut. Kalo orang tua dulu menyebutnya Chiki-chiki. Sebenarnya itu merupakan salah satu nama merk dagang sebuah nama produk makanan ringan. Sampai sekarang orang-orang juga sering menyebutnya dengan istilah tersebut.

“nanti kalo jajan, jangan beli chiki-chiki ya"

“makanya batuk, sering makan chiki-chiki “

Jadi kita orang tua sering sekali menyebutkan nama chiki tersebut untuk menggambarkan sebuah makanan ringan atau camilan anak yang tidak sehat untuk dikonsumsi oleh anak.Apalagi untuk anak yang masih balita. Anak dengan usia di bawah lima tahun.

Annasya sedang eksplor kebun , sebentar lagi tangannya mengaduk tanah :)

Sama halnya dengan anak yang lainnya, Annasya anak ketiga saya juga suka jajan.Awalnya juga meniru kedua kakaknya. Namun saya sangat selektif, soalnya Nasya masih kecil banget. Kalo saya menyebutnya masih bayi, hihihi. Padahal anaknya udah berusia hampir tiga tahun. 

Oleh karena itu untuk camilan , saya juga memilih yang pas dan cocok untuk anak seusia Nasya. Agar snack yang dimakan itu juga mendorong tumbuh kembang Nasya. Tidak hanya sekedar camilan saja.

Annasya Suka Lapar 

Pada usia 2-3 tahun sangat tepat anak mendapatkan stimulasi kemandirian, percaya diri dan kemampuan berinisiatif serta sosialisasi dengan teman. Dr. Sofia Hartati. Magister Sains. Ketua Asosiasi Pendidikan Guru PAUD

satu kotak, berisi enam kemasan kecil

Karakteristik anak usia tiga tahun adalah

Suka Meniru

Ingin melakukan semua hal sendiri. Masa yang tepat untuk menanamkan kebiasaan hidup yang baik. Misalnya mandi pagi, sikat gigi, membereskan mainan, membuka dan memakai baju sendiri.

Suka Berteman

Mulai banyak berinteraksi dan bermain dengan sebaya, pada saat ini anak belum bisa mengerti mengenai perasaan teman atau orang lain. Tetapi senang bermain dengan teman-temannya. 

Oleh karena itu Nasya sangat suka bermain, bahkan bisa berjam-jam. Berhenti kalo sudah terasa mengantuk atau lapar. Anak yang aktif tentu saja mudah lapar dan haus. Sebab banyak bergerak. Oleh karena itu saya menyiapkan camilan untuk Nasya.

Perkembangan Motorik Anak Pada Usia 1 – 2 Tahun

Motorik Kasar


  1. Merangkak
  2. Berdiri dan berjalan beberapa langkah pada sekitar 12 bulan
  3. Berjalan cepat pada sekitar usia 15 bulan
  4. Cepat-cepat duduk agar tidak jatuh
  5. Merangkak di tangga
  6. Berdiri dikursi tanpa berpegangan
  7. Menarik dan mendorong benda keras seperti kursi
  8. Melempar bola


Motorik Halus


  1. Mengambil benda kecil dengan ibu jari dan telunjuk
  2. Mengambil benda kecil dengan membungkuk
  3. Membuka 2 – 3 halaman buku secara bersamaan
  4. Menyusun beberapa balok menjadi menara
  5. Memakai kaus kaki, sepatu sendiri dengan hasil kurang sempurna
  6. Menuang cairan dari wadah ke wadah lainnya
  7. Memutar tombol Radio atau TV
  8. Mengupas Pisang dengan hasil kurang sempurna


Perkembangan Motorik anak pada usia 2 – 3 Tahun

Motorik Kasar


  1. Melompat di tempat
  2. Berjalan Mundur hingga 3 meter
  3. Menendang bola dengan mengayunkan kaki
  4. Memanjat mebel dan berdiri di atasnya
  5. Langsung bangun tanpa berpegangan ketika berbaring
  6. Berjinjit dan berdiri sebelah kaki  
  7. Naik tangga dengan kaki dan lompat dari anak tangga terakhir
  8. Mengayuh sepeda

Motorik Halus


  1. Melakukan kegiatan dengan satu tnagan seperti mencoret-coret
  2. Menggambar garis lurus serti lingkaran tak beraturan
  3. Membuka Gerdel pintu
  4. Menggenggam Pensil
  5. Menggunting dengan hasil yang kurang sempurna
  6. Mengancingkan Baju
  7. membuka tutup toples
  8. Memakai baju lengkap sendiri


Monde Boromon Cookies

Monde Boromon Cookies adalah salah satu cemilan untuk anak. Bunda, pasti sudha tahu yah, ngemil makanan kecil untuk anak memiliki dua manfaat yakni pertama terkait motorik dimana si kecil makan dengan tangannya sendiri dan kedua adalah tambahan asupan nutrisi selain makanan pokok.

Anak saat makan camilan seperti kukis Monde Boormon ini artinya dia berusaha belajar untuk mandiri dan melakukan aktivitas makan sendiri.

Bisa dilakukan secara berulang kali, kita bisa menyiapkan Kukis Boromon ini di dekat dia bermain. Nanti akan akan makan dengan sendirinya. Mengambil sedikit demi sedikit. Apalagi kemasan kukis Boromon ini sangat imut dan terpisah dengan plastik lainnya sehingga jika tidak habis, bisa tetap disimpan. Kita bisa mengeluarkan satu bungkus dulu, sisianya kita bisa simpan. Praktis juga dibawa anak kemana-mana. kemasan ini juga membuat anak merasa seolah punya jajan sendiri, hihihi.

Oh, ya dalam satu kemasan box isi 120gram terdiri dari 6 plastik dengan isi 20gram per plastiknya sehingga kukis yang belum dimakan terjaga tetap fresh.

Kemasan imut bikin anak kepo, pengen buka

Kenapa Monde Boromon Cookies?

Ada beberapa alasan, mengapa Moms baik memberikan anak Boromon cookies ini, salah satunya adalah 

Bebas gluten karena terbuat dari tepung kentang sehingga lebih mudah dicerna perut.
Mengandung manfaat madu dan minyak ikan.
Memiliki tekstur yang lembut dan meleleh di mulut.
Terdaftar di BPOM RI dan halal MUI.
Cocok untuk anak usia 1-5 tahun.

Seputar Gluten dan Efeknya Bagi Anak

Gluten adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya) beberapa serealia, terutama gandum, gandum hitam, dan jelai. Dari ketiganya, gandumlah yang paling tinggi kandungan glutennya. Kandungan gluten dapat mencapai 80% dari total protein dalam tepung, dan terdiri dari protein gliadin dan glutenin. Gluten membuat adonan kenyal dan dapat mengembang karena bersifat kedap udara.

Gluten dapat digunakan untuk membuat daging imitasi (terutama daging bebek) untuk hidangan vegetarian dan vegan. Tepung roti banyak mengandung gluten, sementara tepung kue lebih sedikit. Ada sejumlah orang yang tidak dapat mengonsumsi gluten karena reaksi daya tahan tubuh merusak dinding usus halus, dan hanya dapat ditangani bila penderita tidak makan gluten seumur hidup.

Annasya lagi doyan main sepeda
Menurut Tempo Co, Efek Samping Gluten Bagi Anak

1. Alergi atau Radang di Kulit
Gluten adalah bahan makanan yang bisa mengakibatkan alergi atau iritasi di kulit, seperti jerawat, ruam, gatal-gatal, atau bintik-bintik. Bila mengalami gejala seperti itu, berhentilah mengkonsumsi gluten.

2. Penuaan Dini
Tubuh memang ditakdirkan untuk bisa menangkal sebagian level oksidasi. Namun bila levelnya terlalu tinggi, oksidasi itu bisa sangat berbahaya dan bisa menyebabkan penuaan dini. Tingkat oksidasi akan semakin tinggi dan berimbas pada kesehatan kulit.

3. Kebocoran Usus

Kedengarannya memang mengerikan, tapi bisa terjadi bila sistem pencernaan atau usus rusak akibat radang atau iritasi, dan gluten berpotensi menjadi perusak dengan cara mengikis dinding usus akibat partikel atau toksin makanan dari usus dilepas dan masuk ke aliran darah sehingga memicu respons terhadap sistem kekebalan, salah satunya terlihat pada masalah di kulit.

Ngeri ya Moms, kalo anak kita cepat sekali terpapar efek Gluten ini. Oleh karena itu kita perlu juga waspada memberikan akan jajanan. 



Dijual dengan harga kisaran Rp. 12.500 – Rp. 14.000. Bisa juga dibeli secara online.

Komposisi Boromon Cookies?

Banyak zat penting yang terkandung di kukis Boromon ini, di antaranya adalah Pati Kentang, Gula, Telur, Glukosa, Madu (0.3%), Minyak Ikan (mengandung DHA, Antioksidan Natrium Askorbat, Tokoferol dan Askorbil Palmitat), mengandung 3mg omega-3 dan 3mg DHA per sajian


Semua ini merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh anak untu tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Oh, ya Monde Boromon ini diproduksi oleh Manufactured by PT Monde Mahkota Biskuit. Sudah tidak usah diragukan lagi yah. Pasti banyak sekali yang sudah mencicipi bahkan berlangganan produk Monde ini. 


Nah, kali ini Moms , bisa juga menambahkan produk Boromon Cookies ini untuk anak di rumah. Jadi semua anggota keluarga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa mencicipi  Produk Monde.

Salam, Milda Ini




Selasa, 18 Desember 2018

/ /
Makanan yang Aman dan Menyenangkan Bagi Anak
Assalammualaikum.Wr.Wb

www. mildaini.com_ Makanan yang Aman dan Menyenangkan Bagi Anak. Annasya saat ini berusia 2,7 bulan sedang belajar mengenal berbagai jenis makanan.  Sejak usia satu tahun. Annasya sudah mulai saya perkenalkan denggan menu keluarga. Meski secara bertahap. Disajikan terpisah dan dalam bentuk yang agak lunak. Namun menu makan Nasya tidak berbeda dengan kami. Jika hari itu menu ayam, maka Nasya juga makan ayam, Cuma bentuk dan sajiannya aja yang berbeda.


Selama masa pertumbuhan usia bayi, pertambahan berat badan Nasya sangat pesat . Kemudian Nasya melambat pada usia 2 dan 3 tahun. Saat itu Ia aktif berjalan. Pada periode ini perkembangan fisik, intelektual dan sosial mulai berkembang. 

Ketergantungan anak pun mulai berkurang dan biasanya sudah bisa  menentukan makanan yang disukai dan mulai menolak makanan. Begitu juga dengan kebutuhan makanan anak  akan semakin meningkat sesuai dengan usia dan aktivitas anak. Oleh karena itu setiap hari nafsu anak bisa naik turun. 

Bagi sebagian anak, aktivitas makan kadang-kadang merupakan hal yang kurang  menyenangkan karena pada usia ini hal yang menggembirakan adalah bermain. Anak bisa menahan lapar demi bermain.Bahkan bisa sampai seharian anak tidak makan karena asik bermain. Begitu juga dengan Annasya, kalo udah asik main, lupa makan.

Jika orang tua disiplin dan terus sabar mengarahkan anak untuk memberikan anak makanan sehat dan seimbang. Apalagi tidak diajarkan  sejak dini. Maka akan muncul berbagai gangguan makan pada anak. Akibat lebih buruknya maka akan muncul berbagai masalah pencernaan pada anak. Hal ini juga bisa menjadi gerbang masuknya berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu orang tua harus bisa menjaga pencernaan anak untuk tetap sehat. Kesehatan saluran cerna dan perut yag sehat itu sangat penting bagi anak. 

7 Kehebatan Perut Sehat

1. Pencernaan Nyaman

Perut sehat berfungsi dengan baik sehingga tidak menganggu aktivitas anak. Ada istilah nenek Nasya,kalo perut anak terisi dengan baik,maka sepanjang hari anak-anak bersemangat melakukan apa saja.Tidak mudah rewel dan nangis. Oleh karena itu perlu sekali membuat anak kenyang.

2.Penyerapan Nutrisi

Perut sehat dapat membantu penyerapan nutrisi ke seluruh tubuh sebagai sumber energi dan pembentukan sel. Anak yang aktif butuh asupan gizi dan mineral serta air putih yang banyak. 

3.Pencernaan Lancar

Perut sehat membuat saluran cerna berfungsi dengan baik sehingga pola BAB si kecil jadi lebih baik

4.Perlindungan Alami

70 % sel perlindungan tubuh alami hidup di perut sehat. Anak yang perutnya sehat dan suka makan.Maka tidak mudah jatuh sakit sebab daya tahan tubuhnya kuat.


5. Tumbuh Kembang Optimal

Nutrisi untuk tumbuh kembang optimal didapatkan dari perut yang sehat. Anak yang gizinya tercukupi dengan baik. Maka tumbuh kembangnya juga akan baik.

6. Cepat Tanggap

100 juta sel syaraf terdapat dalam perut membawa informasi ke otak. Nutrisi dan perut yang sehat juga akan membuat anak bersemangat dan mempunyai respon yang baik, punya tenaga.


7. Suasana Hati

90 % hormon seretonin yang mengatur suasana hati diproduksi dalam perut sehat. Serotonin adalah neurotransmitter utama yang dihaslkan oleh saluran cerna untuk selanjutnya dikirim ke otak. Sekitar 95 % serotonin di dalam tubuh ditentukan di dalam saluran cerna . Saat serotonin dilepaskan oleh saluran cerna, otak akan mendapat sinyal yang mengatur suasana hati (mood), selera makan, tidur dan ingatan. Kekurangan serotonin dapat menyebabkan depresi, kecemasan,kualitas tidur yang buruk, daya ingat berkurang, dan kesulitan tidur.

Mengatur Anak Susah Makan

Annasya sangat menyukai makan wortel, jika saya masak atau membeli sop. Baik daging atau ayam. Maka, untuk wortel. Hampir bisa dipastikan, kedua kakaknya , saya dan suami tidak akan mendapatkan makan wortel. Waktu pertama sekolah, bu guru Nasya sempat kaget. Ketika jam makan datang, kebetulan hari itu menu Sop. Bu guru melihat Nasya begitu lahab makan wortel, hihihi. Selain wortel. Nasya juga suka lalap Kol. Kemudian di hari-hari tertentu, malah hanya mau makan nasi saja, tidak pake lauk apa pun. Lucu ya anak-anak.


Sama halnya dengan kita orang dewasa, kadang ga mood untuk makan atau malah ingin makan jenis makanan tertentu saja. Bahkan anak-anak juga bisa melakukan aksi mogok makan.  

Saya sudah melakukan beberapa hal untuk mengajak Nasya supaya mau makan termasuk makan berbagai jenis bahan makanan 

1. Mengajak anak makan dengan penuh kasih sayang. Bisa juga disampaikan pemahaman tentang arti penting makan. Anak-anak juga akan berimajinasi mengenai makanan tersebut.

2. Mencoba menambahkan hal-hal yang menyenangkan bagi anak. Seperti musik, nonton Tv. Yang penting dilakukan sambil duduk , anak harus tetap diajarkan untuk makan dalam keadaan duduk. Meski tidak harus ditempat duduk, sembari diajak ngobrol atau diberikan pengertian seputar makanan.

3.Anak yang kesepian akan susah makan. Solusinya ajak teman makan. Saya biasanya mengajak kakaknya untuk makan bersama-sama. Untuk menemani makan. Bahkan peralatan dan perlengkapan makan mereka pun sama. Kalo tidak ada kakaknya, maka saya sering ikutan makan juga.

4.Ajak anak makan bersama di meja makan dalam suasana keluarga yang gembira.Biarkan saja jika anak ingin makan sendiri. Meski berserakan. Beri kesempatan pada anak untuk melakukan aktivitas makan sendiri.Mungkin akan merepotkan tapi lama kelamaan nanti anak akan terbiasa. Kita tetap mengawasi, apakah makanan memang dimakan atau hanya dimainkan saja. Kita bisa memanfaatkan moment tersebut untuk mengajarkan anak bagaimana makan yang baik.

5. Buatlah pola jam makan yang teratur agar anak mengenal kapan harus makan dan dijadikannya pedoman. Kapan jam sarapan, makan siang, makan malam, waktu camilan. Pola ini mungkin akan membuat anak tidak nyaman.

6. Jika anak tidak menyukai makanannya,maka carilah gantinya yang sesuai dan tidak menyimpang dari kebutuhan gizinya. Jika hanya karena anak berkata sudah kenyang. Maka yang perlu kita lakukan adalah menunggu dan bersabar. Kita bisa juga mengajak anak membeli bahan makanan di warung sayur atau pasar. Sesekali boleh juga mengajak anak memasak.


Jika asupan gizi anak yang dimakan setiap hari tidak seimbang atau tidak lengkap.Maka kita bisa melengkapi asupan gizi yang dibutuhkan oleh anak dengan memberikannya susu. Salah satu susu yang memperhatikan dan memberikan kenyamanan pencernaan anak adalah susu Bebelac gold.  

Kandungan Bebelac Gold

Bebelac Gold baru dengan kandungan tinggi serat untuk dukung perut si kecil agar sehat dan berfungsi baik. Kandungan gizi Bebelac Gold adalah :

1. Fish Oil

Dengan minyak ikan 0,32%, Asam α-linolenat (Omega 3) 114mg/saji dan Asam linoleat (Omega 6) 1273 mg/saji

2. Corn Starch Fos:Gos 1:9 

Tinggi serat pangan. Dibuat dengan FOS:GOS 1:9 dan pati jagung (corn starch) 1,07%. Dengan  minum 3 kali sehari dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian

3. 13 Vitamin dan 7 Mineral

Dengan kandungan Zat besi, Zinc, Iodium, Vitamin A dan Kalsium


Pengalaman Nasya Minum Susu Bebelac Gold

Susu Bebelac gold ini setelah diminum Nasya memberikan efek kenyang.Biasanya kalo diberikan sebelum tidur, maka Nasya akan lelap tidurnya tidak mudah tersentak atau terbangun. 

Kalo di pagi hari,hampir sama memberi rasa kenyang,nyaman di perut dan semangat melakukan banyak kegiatan. Bermain juga betah,ga rewel. Saya pun juga senang, sebab Nasya jadi lebih mandiri dan bisa main sendiri.

Untuk BAB, Alhamdulillah lancar setiap hari,di pagi hari Nasya BAB dengan lancar.Minimal satu kali sehari Nasya BAB. Buang air besarnya juga normal,tidak disertai dengan rasa sakit atau keluhan.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap tersebut. Bebelac Gold dipercaya dengan tinggi serat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian sikecil untuk dukung perut si kecil agar bisa hasilkan 7 kehebatan perut seperti cepat tanggap, perlindungan alami,pencernaan nyaman dan lain sebagainya.


Saya memberikan susu dua kali sehari untuk melengkapi nutrisi Nasya setiap hari. Dalam hal ini susu bukan sebagai pengganti jenis asupana atau gizi tertentu untuk anak. Akan tetapi sebagai pelengkap gizi anak. 

Oleh karena itu pastikan bahwa anak juga mengkonsumsi jenis makanan yang lainnya. 

Salam, Milda Ini

Senin, 17 Desember 2018

/ /
Sepatu Converse Unisex dan Tips Perawatannya
Assalammualaikum. Wr.Wb

www.mildaini.com_Sepatu Converse Unisex dan Tips Perawatannya. Converse adalah merek yang sangat terkenal namanya di kelompok remaja, hingga yang sudah tua, sangat dicari oleh setiap individu dan terbilang laris. Di negara Amerika sendiri, sekurang-kurangnya 50% dari penduduknya mempunyai setidaknya sepasang sepatu Converse di lemari mereka. Converse adalah perusahaan sepatu yang berbasis di Amerika dan sudah dikenali kepiawaiannya dalam pembuatan baju berolahraga dan sepatu dengan pola. Logo sepatu Converse dengan Bintang Insignia, 5 bintang pada pergelangan kaki menjadi koneksi ke komponen bumi. Converse Indonesia memiliki outlet resminya yang menawarkan beberapa model Converse yang bisa dibeli. 

Berikut referensi model sepatu Converse : 

  1. Converse Chuck Taylor All Star ox Low Cut, dengan seri classic serta didesain dengan bahan kanvas komplit dengan sol dengan bahan karet. Sepatu ini begitu nyaman dipakai dalam tempo yang lama. 
  2. Converse Chuck Taylor All Star Lean Low Cut, dengan warna hitam yang pas untuk dipakai oleh murid sekolah, desain yang classic serta kasual akan cocok untuk menemani dalam semua kegiatan. 
  3. Converse Auckland Ultra Zeus, dengan material-material pilihan yang berkualitas, lebih awet serta tidak mudah rusak, sol yang tinggi membuat sepatu ini tidak gampang terkikis, bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari dan berolahraga. 


Di luar itu, ada pula Converse Chuck Taylor All Star Sheen wash ox yang jadi must have item dengan bahan kanvas serta konturnya sudah dites hingga nyaman dipakai. Kaki akan tidak gampang lecet saat memakai sepatu ini. Converse Chuck Taylor All Star Canvas Hi Unisex Sneaker dengan warna merah serta bahan kanvas, sol karet yang tebal hingga nyaman untuk setiap harinya. 


Mode Converse yang lain adalah Converse Chuck Taylor All Star ox dengan pop art graphic yang iconic serta memakai gambar bibir seksi Marilyn Monroe. Converse Chuck Taylor All Star Canvas Hi Unisex Sneaker dengan leher sepatu yang tinggi, memiliki bahan kanvas serta pas untuk outfit casual serta enjoy. Ada pula Converse Chuck Taylor All Star Dainty ox, Converse Chuck Taylor All Star serta Converse Chuck Taylor All Star Slip Kids. 

Brand Converse Indonesia mempunyai keunggulan seperti lebih awet sebab mempunyai ketahanan seperti sepatu dengan kelas dunia. Harga sepatu ini ramah di kantong serta tak perlu menabung dalam tempo yang lama. Beberapa pilihan warna yang ditawarkan dan bisa pas dengan beberapa tipe kulit, mempunyai tubuh yang kurus ataupun gemuk serta tentu saja bisa sesuai dengan ciri-ciri pemakainya. 

Berikut referensi sepatu Converse unisex salah satunya: 

Converse All Star Fire Ignite Lo Hitam, memiliki bahan kanvas dibuat dengan neat stitching 6 eyelets serta outsole yang membuat pemakainya nyaman. Warna yang dipertunjukkan juga berkesan mencolok yakni warna orange serta hitam hingga tampilkan kesan-kesan seperti merah api menyala. 

Converse CT As Canvas ox, dengan kanvas yang kuat serta awet untuk penggunaan keseharian, bisa dipakai dalam beberapa pekerjaan untuk kegiatan sehari-harinya. 
Converse CT II ox 150151C, dengan bahan kanvas yang kuat serta tidak gampang sobek, masalah karet juga lebih fleksibel, dengan bahan yang empuk dan awet hingga pas dipakai saat hangout. 


Ada pula Converse AS Double Tongue ox dengan bahan kanvas serta kulit sintetis yang umumnya ikut memakai sol karet hingga nyaman saat dipakai. Memakai material-material pilihan yang berkualitas kelas atas agar sepatu awet serta tidak mudah rusak. Tipe ini mengikuti desain sepatu classic akan tetapi dengan dikit pergantian yakni sisi solnya yang lebih tebal. Converse One Star Skate Nighttime dengan ketahanan yang kuat serta sudah ditest hingga tidak gampang rusak, sol karet fleksibel dan empuk untuk kesehariannya dengan bahan basic leather. 

Berikut panduan menjaga sepatu memiliki bahan kanvas salah satunya: 

Saat kotor janganlah langsung dicuci, sebab bila kanvas terserang lumpur, becekan hujan dan lain-lain akan memperluas noda kotoran sebab basah, semestinya dikeringkan sampai kotoran jadi kering serta ditepuk-tepuk agar kotoran lepas dari sepatu kanvas. 
Cuci dengan detergen, bila sepatu kotor pakai detergen apabila tidaklah terlalu kotor pakai sabun pencuci piring sebab dipandang lebih mudah serta akan tidak membuat warna sepatu menghilang, sebelum membersihkan semestinya bebaskan semua tali dari sepatu serta sikat memakai air biasa. Pakai sikat dengan bulu yang halus agar kanvas tidak gampang rusak. 


Diluar itu, jangan lupakan sisi dalam sepatu sebab sisi dalam kotor rawan mengakibatkan bakteri yang memunculkan bau kaki. Sikat perlahan-lahan memakai sikat gigi ke sisi dalam sepatu atau menggosok sisi dalam memakai kain lap tebal. Keringkan dengan alami dengan di angin-anginkan, tak perlu menjemur di bawah matahari yang membuat bahan kanvas kaku, kering serta ringkih. 

Sepatu Converse Indonesia butuh disimpan pada tempat yang tertutup waktu tidak terpakai untuk hindari terkena debu. Hal ini akan memunculkan jamur oleh karena itu taruh pada kotak, kantong kain atau mika atau kotak sepatu. Masukkan ke area untuk menyimpan saat sepatu basah sebab akan memunculkan bakteri. Berikan ikut pengharum sepatu serta jauhi pemakaian kapur barus sebab bisa mengakibatkan kerusakan kanvas sepatu.

Informasi ini dipersembahkan oleh : Bobobobo

Kamis, 13 Desember 2018

/ /
Apa Kabar Taman Remaja Bengkulu? Aku Rindu !
Assalammualaikum Wr.Wb

www.mildaini.com_ Mulai masuk akhir tahun dan liburan  sekolah ini . Sebelumnya hampir semua sekolah melakukan kumpul dan silaturahim para wali dan guru di setiap sekolah.  Biasanya dilakukan di luar sekolah. Dimana , hampir semua tempat – tempat objek wisata di kota Bengkulu, pasti ramai dikunjungi orang-orang.


Salah satunya adalah Taman Remaja, saya dan keluarga besar Paud Mutiara Insani. Tempat Kakak Nawra bersekolah dulu juga pernah mengadakan kegiatan kumpul bersama di sana.Untuk pembagian raport sekaligus silaturahim antara wali murid , para guru dan juga pejabat  sekolah.  

Jadi, kami dikoordinir oleh wali kelas, untuk kumpul dan berangkat ke Taman Remaja. Ada kendaraan umum yang memang disewa untuk membawa kami. Dari titik kumpul di sekolah, kemudian baru berangkat bersama-sama menuju lokasi.

Kakak Nawra, bawa bekal Mie Goreng ke Taman Remaja 

Bagi yang ingin berangkat sendiri, membawa kendaraan masing-masing. Juga diperbolehkan untuk langsung menuju lokasi. 

Waktu itu, saya menyusul ke lokasi karena ada urusan sedangkan kakak Nawra, berangkat bersama-sama dengan ibu guru dan teman-temannya. Naik angkot yang sudah dipersiapkan oleh pihak sekolah. Ternyata tiba di lokasi, banyak juga sekolah lainnya yang udah kumpul di sana. 

Ini cerita dulu yah, sekarang Resmi Taman Remaja Sudah ditutup. Tulisan ini saya buat untuk mengenang Taman Remaja yang banyak memberikan kisah indah bagi saya dan juga masyarakat Bengkulu yang lainnya. Apa kabar kamu, Taman Remaja? Aku Rindu.

Lokasi Taman Remaja

Taman Remaja, letaknya di daerah Lingkar Timur, Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38225, Indonesia. Tidak begitu jauh dari pasar Panorama. letaknya sangat strategis, sebab berada di pusat kota.

Di harilibur, taman ini rame diserbu orang

Apa Saja yang Ada di Taman Remaja

Ada 50 satwa yang ada di Taman Remaja. Namun pasca resmi ditutup. Hewan tersebut dikembalikan ke habitatnya.

30 ekor satwa lainnya yang tidak dilindungi, seperti biawak dan kura-kura, dilepas ke sejumlah lokasi seperti di Konservasi Danau Dendam Tak Sudah, maupun di Tahura.

Anak-anak sangat senang diajak melihat hewan secara langsung

20 ekor satwa langka , di antaranya Siamang yang dilepas ke kawasan Konservasi Bukit Kabu Seluma. Kemudian buaya serta wowo, yang  diserahkan ke Taman Satwa di Bali.

Plus dan Minus Taman Remaja 

Memang sebelum resmi ditutup, taman Remaja ini kesannya kurang terawat dan agak terbengkalai. Dimana para hewan yang ada di dalamnya. Terlihat hidup seadanya, kurang diperhatikan dan berkembang. Kotaran hewannya juga berserakan.

Di bagian luar, ada banyak para pedagang, ada taman-taman kecil. Ada bangku taman yang juga sering digunakan para pengunjung untuk duduk dan ngobrol santai. Sambil menikmati kuliner. 

Kandang Buaya yang kami lihat, memang hidup dalam kandang dan air seadanya, kasihan sekali

Halaman luar juga biasa dimanfaatkan untuk kumpul keluarga, komunitas. Banyak kegiatan yang bisa digelar di sana. Untuk outbound juga bagus, flying fox juga bisa memanfaatkan pohon yang ada di halaman. Mau pake tenda, atau gekar tikar saja, sudah asik. Bisa muat banyak orang.

Keluarga saya sering ke sana, meski tidak harus selalu masuk ke taman Remaja. Duduk di luar sambil makan pempek Panggang yang yummy itu  sembari melihat anak-anak bermain , naik dan berfoto di patung hewan . Sangat asik dan seru. Rekreasi yang murah meriah dan menyenangkan bagi siapa saja. Meski, nyamuk juga banyak. Yah, namanya di alam bebas.  

Taman Remaja Dalam Kenangan

Dibangun sejak 1984 silam, dan mulai dioperasikan pada tahun 1990. Menurut data yang ada jumlah kunjungan di Taman Remaja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mencapai 30 ribu setiap tahun. Banyak juga yah, kalo dikelolah secara profesional dan hitungan bisnisnya juga masuk. Bahkan bisa ditingkatkan. 

Kenali, saya yang jilbab merah yah, zaman itu belum pake jilbab Besurek :)
Dengan retribusi yang sangat terjangkau. Anak-anak sangat suka bermain ke sana, selain untuk refresing, juga bisa menjadi media pembelajaran, mengenal berbagai jenis hewan.

Taman Remaja Resmi Ditutup

Pasca Taman Remaja ditutup, per Januari 2017, menurut pemerintah kota Bengkulu saat itu, pengelolaan rencananya akan diserahkan ke Dinas Pariwisata Kota Bengkulu untuk kemudian difungsikan menjadi Taman Remaja kembali. Namun dengan konsep yang terbarukan. 

Januari 2019 nanti, sudah dua tahun yah, kita ga bertemu :)

Itu dulu ya, pernyataan yang sudah kita baca diberbagai media baik cetak maupun online, mengenai Taman Remaja ini. Semoga belum berubah, kalo pun ada penyesuaian. Semoga menjadi lebih baik lagi. Konsepnya makin up-date dan modern. 

Kumpul bersama, di bawah pohon sambil makan, seru loh!

Saya berharap semoga di tahun depan, Wilayah Eks Taman Remaja ini bisa difungsikan segera untuk menjadi taman publik yang lebih bermanfaat, bukan hanya sekedar untuk kumpul keluarga, namun bisa menjadi taman untuk kebaikan, taman untuk belajar banyak hal dan taman yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas, terutama bagi masyarakat Bengkulu.

Impian Saya Pada Taman yang Bermanfaat.

Bisa jadi yah, akan menjadi Taman Modern, dengan koneksitas internet lancar, bersih, rapi dan tertib. Menjadi salah satu taman andalan untuk dikunjungi. Yah, mumpung belum dibuat sih. Jadi bisa dikonsep dengan sebagus mungkin, bahkan tercanggih deh dari taman-taman yang sudah pernah ada.

Di taman itu, kita bisa mendapatkan banyak inspirasi, mendapatkan pelajaran, mendapatkan motivasi untuk berbuat baik sehingga muncul sikap dengan sendirinya untuk menjaga dan melestarikan taman yang ada.

Taman yang bersih, jauh dari perbuatan maksiat atau buruk. Taman yang membuat kita tidak membuang sampah sembarangan.Dimana terdapat tempat untuk shalat, tempat untuk tadabbur dan intropeksi diri, tempat untuk belajar apa saja. Tempat untuk berdiskusi , sharing untuk kemajuan kota Bengkulu

Taman yang membuat setiap yang datang akan menjadi lebih baik ,jauh dari stress. Taman yang mendorong pengunjung memiliki ide-ide dan kreatifitas mengenai kemajuan. Menambah oksigen baru di otak untuk menemukan inovasi baru. 

Semoga akan muncul banyak muncul pondok kebaikan di Taman Impian

Taman yang ketika kita datangi, membuat kita menjadi tahu dan mengerti mengenai sejarah dan perjuangan nenek moyang dahulu, yang begitu gigih memperjuangkan dan membangun kota Bengkulu tercinta ini.

Taman yang membuat kita menjadi mengenal diri sendiri, menyayangi keluarga dan peduli terhadap orang lain. Taman yang  ketika kita berada di sana menumbuhkan kasih dan sayang.

Taman Hidayah untuk semua agar menjadi lebih baik.

Beberapa taman cantik di Indonesia, mungkin bisa jadi referensi atau bahkan Bengkulu, bisa membuat taman yang lebih baik lagi.

  1. Taman Kota Batu, Kota Batu
  2. Taman Kota Pecangakan, Bali
  3. Taman Alam Lumbini, Brastagi
  4. Taman Kota Giri Menang, Lombok Barat
  5. Taman Bungkul, Kota Surabaya
  6. Taman Bukit Bougenville, Singkawang

Kita tantang yuk Pemkot Bengkulu, untuk pengolahan eks taman Remaja ini untuk menjadi lebih baik lagi. Kita pasti bisa!

Salam, Milda Ini


Diberdayakan oleh Blogger.