Menu

Selasa, 16 Juli 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_Beberapa Pilihan Wisata Ramah Anak di Kota Malang.Harga tiket pesawat masih belum juga turun. Padahal kami sudah membuat rencana ingin liburan ke Jakarta dan lanjut lagi hingga ke Jawa Timur. Khususnya ke kota Malang Di musim liburan lebaran Idul Adha. Rencana ingin sekalian melihat sekolah lanjutan untuk si kakak.

Akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan transportasi darat saja. Kami berencana akan memilih menggunakan  kereta api sebab beberapa kali kami sudah melakukan perjalanan keluarga dari kota Lubuk Linggau ke Kota Palembang. Jadi anak-anak juga sudah terbiasa bepergian dengan menggunakan kereta api. Tiket kereta api Jakarta Malang sudah kami incar dan intip sejak lama. 

Naik Kereta Api, bikin hubungan keluarga makin harmonis (Foto Milda) 
Apalagi saat ini kondisi dan fasilitas di kereta api sudah sangat nyaman. Bahkan pada kelas ekonomi sekali pun. Semua fasilitas sudah semakin layak dan baik. Hal ini membuat penumpang kelas ekonomi juga merasakan kenyamanan dan aman saat bepergian dengan menggunakan kereta api. Kebersihan juga diutamakan. Yang tambah keren itu adalah fasilitas mesin pendingin alias Ac dan colokan listrik. Tersedia hampir di setiap meja. Anda dan keluarga tidak perlu kuatir handphone low bat apalagi mati.

Dengan kondisi kami yang memiliki anak-anak dan  balita. Jalan-jalan dengan kereta api ini sangat membantu sekali. Kami berencana untuk memesan lima kursi tujuan tiket kereta Jakarta Malang. Tiga kursi dewasa dan dua kursi balita. Paling nanti , Abahnya yang duduk misah dengan kami. Kursi empat cukup untuk saya dan anak-anak. 

Bawaan naik kereta bisa seabrek (Foto Milda)

Rute yang akan ditempuh adalah Jakarta – Malang. Dari Senen menuju Malang dengan menggunakan Rute KA Matarmaja dari Stasiun Pasar Senen, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Solo Jebres, Madiun, Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Blitar, Kepanjen, Malang Kotalama dan terakhir Malang.

Harga Tiket KA Matarmaja Malang Jakarta dan Jakarta Malang sebesar IDR 109.000 tiap penumpangnya. Tarif ini berlaku flat atau single tarif, jadi kemanapun bepergian di rute KA Matarmaja, harga tiketnya sama saja IDR 109.000. Contoh : rute Malang Jakarta, Malang Semarang, Kediri Tegal, Madiun Semarang, Solo Semarang, Nganjuk Pekalongan, Semarang Jakarta. Semua harga rute tersebut sama saja.

Reservasi tiket Jakarta Malang bisa dilakukan jauh-jauh hari, jika kuatir kehabisan. Pembeliannya juga bisa dilakukan secara online. Pembelian secara online, akan membuat kita lebih efektif dan efisien. Jika tiket sduah dipesan, biasanya saya tinggal menjaga kesehatan anak-anak termasuk kesehatan kami juga , agar ketika jadwal berangkat tiba. Kami semua dalam kondisi sehat dan siap untuk jalan-jalan.

Beberapa Tempat yang akan kami kunjungi di kota Malang yang Ramah Anak

1. Rumah Kelinci  (Hobbit)

Masih ingat dengan film trilogi Lord Of The Ring dan keindahan desa Hobbitown di Shire? Nah, saya ingin mengajak anak-anak untuk  melihatnya langsung, tanpa perlu sampai terbang ke Selandia Baru, tapi cukup pergi ke Pujon, Malang. Barengan ama keluarga juga. Pasti seru sekali. Wisata ini memnag dibuat mirip banget dengan aslinya. Rumahnya dibangun di bawah lubang-lubang tanah yang berundak, persis seperti yang ditinggali Frodo dan Bilbo Baggins. Objek wisata ini berada di dekat objek Wisata Paralayang Batu di Gunung Banyak sehingga jika da waktu luang kita bisa bisa sekalian juga mampir ke objek wisata lain yang ada di sekitarnya.Oh, ya di sini banyak sekali kelinci, anak-anak pasti sangat menyukai hewan lucu ini.Tidak perlu kuatir anak-anak akan gerah sebab suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah juga akan membuat anak-anak bisa menyegarkan pikiran sebelum kembali masuk sekolah.

Foto idntimes.com

2. Batu Secret Zoo dan Museum Satwa

Semua anak-anak saya snagat menyukai aneka hewan. Mengajak mereka ke Batu Secret Zoo adalah sebuah pilihan yang tepat. Mereka bisa liburan sekaligus belajar banyak hal. Seperti namanya, tempat ini adalah sebuah kebun binatang. Namun konsepnya lebih modern dan nyaman.Kebun binatang ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Hewan-hewan yang ada di sana juga didatangkan dari banyak negara seperti Australia, Eropa, Afrika, dan Asia. Selain Batu Secret Zoo, pengunjung bisa mampir juga ke Museum Satwa yang ada di dekat pintu masuknya. Tiket Masuk Batu Secret Zoo pun ada yang terusan dengan Museum Satwa.

3.Agro Wisata Petik Apel 

Si kakak Nawra yang sudah SMP, pengen banget bisa mengunjungi kebun Apel dan memetik langsung buahnya. Bukan Cuma memetik, tetapi sekalian makan. Tentu akan ,menajdi sebuah pengalaman yang luar biasa bagi kakak dan adik-adiknya. Kami berencana mengunjungi  Kusuma Agro Wisata. Di sini terdapat aneka kebun buah seperti apel, jeruk bahkan juga menyediakan aneka jenis sayuran yang siap untuk dipanen bahkan dibawa pulang. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mempelajari teknik budidaya tanaman. Suasana sejuk yang ada di perkebunan juga akan membuat para pengunjung betah. Belum lagi ada wahana outbound yang menarik yang bisa dicoba, seperti flying fox, off road, airsoft gun, dan sebagainya.

Foto hotelpohoninn.com

4.Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular adalah sebuah lokawisata yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. BNS hanya beroperasi pada malam hari. BNS menggabungkan konsep pusat perbelanjaan, permainan, olahraga, dan hiburan di dalamnya. BNS berada dalam grup Jatim Park Group.Jalan Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316.

5. Museum Angkut

Wisata Museum Angkut yang satu ini sudah sangat populer dan menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang digemari wisatawan beberapa tahun terakhir. Tempat wisata ini sangat menarik. Tidak hanya karena koleksinya saja, melainkan juga karena desain yang ada. Anak-anak juga bisa belajar mengenai transportasi di Indonesia bahkan di dunia.Anak-anak bisa melihat koleksi alat-alat transportasi dari zaman dulu hingga yang modern. Hal ini bisa memberikan kesan edukasi pada para pengunjung. Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan tempat yang cantik untuk berfoto.

6. Jawa Timur Park I dan II

Anak-anak pasti suka bermain air,  mengunjungi jawa Timur Park I atau II adalah sebuah pilihan yang asyik. Anak-anak pasti menyukainya. Mereka juga akan betah berlama-lama di sana. Main air sepuasnya. Jangan lupa bawa baju renang jika bepergian ke Malang ya. 
Ada banyak  fasilitas yang cocok untuk anak-anak. Kolam renang dan waterbom. Serta pernak-perniknya. Harga tiketnya juga sangat terjangkau. 

7. Eco Green Park

Eco Green Park juga merupakan salah satu tempat wisata yang cocok dikunjungi anak skeolah saat liburan panjang. Tempat wisata yang satu ini sebenarnya masih masuk ke dalam Jawa Timur Park Groups, namun bisa juga dikunjungi dengan membeli tiket terpisah.
Usai dari  Jawa Timur Park atau Batu Secret Zoo. Jika anak masih kuat, kita bisa langsung mengajaknya ke destinasi yang keren ini, Eco Green Park.  Anak-anak bisa mempelajari mengenai biologi, fisika, dan ilmu sains lainnya dengan cara yang menyenangkan. 

8. Hawai Water Park

Jika anak-anak belum puas bermain air di Jawa Timur  Park. Kita bisa mengajaknya main air di . Hawai Waterpark Malang . Meski wahana ini terbilang baru di Malang. Namun fasilitasnya lebih lengkap. Hal ini dapat kita lihat dari harga tiket masuk yang lumayan mahal. Wajar saja, fasilitas di sini sekelas waterboom internasional.Lokasinya juga cukup mudah dijangkau dari pusat kota Malang. Membuat destinasi ini menjadi pilihan yang menarik.

9. Masjid Tiban Malang

Jika mengunjungi suatu tempat, kami selalu mengajak anak-anak untuk shalat di masjid yang hits di kota yang kami kunjungi. Nah, di kota malang, ada masjid yang fenomenal, yaitu Masjid Tiban. Kami ingin mengajak anak-anak untuk berwisata religi di sana. Masjid Tiban Malang selain megah dan unik. Kita  bisa menuju ke Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06 Desa Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Foto sportourism.id

10. Kampung Warna –warni (Jodipan)

Kampung Wisata Jodipan adalah kampung wisata pertama di Kota Malang berupa sederetan rumah warga di tepi Sungai Brantas yang menampilkan dinding dengan aneka warna yang menarik dan tidak monoton. Kampung ini terletak di Jodipan berada di tepi Sungai Brantas. Kampung Wisata Jodipan ini biasanya dijuluki Kampung Tridi atau Kampung Warna Warni 

Nah, itulah beberapa destinasi wisata ramah anak yang akan kami kunjungi jika bepergian ke kota Malang. Naik kereta api ke kota Malang bersama dengan keluarga pasti akan menjadi sebuah cerita indah yang tak akan terlupakan.

Pernah sekali, aku pergi dari Jakarta ke Surabaya untuk menenggok Kota Malang. Mengendarai kereta malam. 

Dug gidag gidug…..jreeng….jreengg..asyik..asyik…Joss!!  


10 comments

wah pasti heppy banget bareng-bareng sekeluarga. jadi kangen malang. aku dulu pernah ke jatimpark doank liat banyak binatang lucu dan binatang langka disana.
masih banyak yang belum saya kunjungi

Reply

Yaelah ujungnya malah mendangdut ini hehehe
Museum angkut di Malang nih yang jadi incaran anak saya.
Besok besok ada kesempatan semoga bisa terlaksana juga ke sana...

Reply

Kalau bicara wisata di Malang memang tak ada habisnya dan banyak sekali pilihannya terutama bagai anak-anak . bagi saya sendiri yang Lumayan dekat dengan Kota Malang lebih memilih berwisata ke Malang daripada ke tempat yang lainnya, karena memang banyak tempat wisata yang benar-benar ramah anak

Reply

Wisata di Malang makin kece nih, daku malah belum pernah ke sana. Boleh banget ini ziarah masjid ke Malang,

Reply

Dulu pernah ke agrowisatanya, udah lama banget, waktu aku masih bantet 😂 pingin deh ke Hobbit nya, buat foto-foto pasti seru

Reply

Belum pernah ke Malang. Dari beberapa tempat yang ditulis di sini ,penasaran banget sama Masjid Tiban. Soalnya bentuk arsitekturnya unik. Mudah-mudahan suatu hari nanti kesampean ke sana deh :D

Reply

Saya jg nyaman kok naik kreta sekarang ,kalau k malang serasa pulkam . Jadi destinasi berikutnya ni

Reply

Fokus saya jadi tertuju ke rumah kelinci atau ala ala rumah hobbit gitu. Tren kali objek wisata yang ada properti begitu, di Lembang ada juga, bahkan di kampung saya Sumatera Barat juga ada.

Layak untuk tempat berfoto kayaknya jadi syarat utama objek wisata kekinian ya

Reply

Jadi kapan mau ke Malang lagi mbak? Sekarang wahananya makin banyak kabarnya 😊

Reply

Malang itu ngangeni, pernah bawa bocah-bocah ke sana dan pengen balik lagi untuk mengeksplorasi wisata lainnya

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.