nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

7 Ide Lomba Tujuhbelasan Beregu atau Kelompok

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Milda semoga selalu sehat dan berkah yang aktivitas sehari-harinya, aamiin. Alhamdulillah kita sudah tiba di bulan Agustus nih. Bakal banyak digelar berbagai macam lomba dimana-mana.

Kalo dicatat satu persatu ada banyak jenis perlombaan yang bisa digelar pada kegiatan untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya. Ada lomba perorangan ada juga lomba beregu atau kelompok.

Kali ini, Milda akan mengulas beberapa ide lomba tujuhbelasan untuk regu atau kelompok. Berikut ini 7 ide lomba tujuhbelasan untuk kelompok. 


7 Ide Lomba Tujuhbelasan Beregu


ide lomba tujuhbelasan untuk regu atau kelompok


1. Lomba Voli/ Futsal pakai sarung atau daster

Lomba ini bisa dilakukan oleh laki-laki atau perempuan. Peserta lomba ini bisa melibatkan banyak orang. Lomba ini seru apalagi kao yang ikutan regu bapak-bapak pakai daster

2. Lomba Bakiak

Lomba bakiak juga melibatkan banyak orang, dalam satu bakiak itu bisa untuk 3-6 orang. Jadi ini adalah rekomendasi lomba tujuhbelasan buat kelompok. Untuk bakiaknya bisa dibuat dengan menggunakan papan, lalu untuk meletakkan kaki menggunakan karet atau potongan ban bekas.

3. Lomba Cerdas Cermat

Lomba ini melibatkan sekitar 3-4 orang tapi biasanya hanya 3 orang. Di tengah sebagai juru bicara sedangkan dua orang lagi untuk pendamping bagian kiri dan kanan. Lomba cerdas cermat cocok untuk semua genre, apalagi buat anak-anak.

4. Lomba Lomba Tarik Tambang

Lomba Tarik tambang adalah lomba yang selalu hits pada saat perayaan tujuhbelasan. Lomba Tarik tambang ini juga bisa dilakukan anak-anak, remaja, mahasiswa bahkan orang tua. Lomba Tarik tambang melibatkan banyak orang. Selain itu lomba ini pun untuk jenis genre tertentu. Misalnya satu babak untuk laki-laki sedangkan satu lagi untuk perempuannya.

5. Lomba Panjat Pinang

Lomba panjat pinang ini juga yang menjadi primadona setiap tahunnya pada perayaan HUT Kemerdekaan RI. Lomba ini memang membutuhkan team yang banyak, kuat dan tangguh sehingga harus melibatkan banyak orang. Lomba ini biasanya untuk laki-laki

6. Lomba Estafet Air

Lomba estafet air ini, bisa juga diganti medianya selain air. Misalnya dengan menggunakan media lain, seperti botol, bola dll. Pada intinya lomba ini membutuhkan kecepatan dan ketepatan serta kerjasama team sehingga bisa menang. Lomba ini bisa melibatkan banyak orang dalam setiap regunya.

7. Lomba Masak

Lomba ini memang bisa dilakukan sendiri, tetapi pada konsep lomba masak yang seru itu adalah yang meibatkan orang lain dalam lombanya. Jadi lomba masak dengan regu atau kelompok akan menajdi salah satu ide untuk lomba tujuhbelasan untuk regu atau kelompok. Lomba masak ini bisa untuk laki-laki dan perempuan. Untuk menu masakan yang biasa dan mudah itu adalah menyiapkan set makan atau sarapan dengan menu nasi goring. Jadi memang bukan Cuma masak saja, tetapi sekaligus penyajiannya sehingga butuh orang banyak.


ide lomba tujuhbelasan untuk regu atau kelompok


Demikin beberapa ide lomba tujuhbelasan yang menggunakan orang banyak, regu atau kelompok. Kalian juga bisa membuat kreasi lomba lainnya. Jika ada tambahan ide, bisa dikolom komentar ya.

Oh, iya untuk hadiah lombanya, bisa juga diberikan hadiah berupa barang-barang dalam jumlah banyak, bisa disesuaikan dengan anggaran lombanya. Bisa juga diberikan dalam bentuk makanan kemasan yang bisa dibagi-bagi kepada para pemenang.

Hadiah lomba dalam perayaan tujuhbelasan biasanya bukan tujuan utama, tetapi biasanya untuk memeriahkan dan membuat lomba menjadi lebih kompetitif dan peserta bersemangat.

Baca juga tulisan teman Blogger Bengkulu Ayu Wardani yah

Kalo kalian sudah punya ide apa nih, buat memeriahkan moment tujuhbelasan tahun ini. Yuk, kita isi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Seperti sebagai blogger Bengkulu, saya ikut serta memeriahkan tujuhbelasan tahun ini dengan mengikuti program Nulis Serempak bersama Blogger Bengkulu dengan tema 7 Ide Permainan atau Lomba Tujuhbelasan.


Baca Juga

Related Posts

28 comment

  1. Wah banyak banget memang ya, Kak lomba yang bisa dilakukan secara kelompok

    BalasHapus
  2. Kalau saya sih lebih suka lomba kelompok yang tarik tambang cewe hihi seru

    BalasHapus
  3. Lomba memasak kelihatannya seru banget ya kak, apalagi jika dilakukan secara beregu

    BalasHapus
  4. Bisa dijadikan referensi nih ya kak daftar lombanya, soalnya kelihatannya seru banget

    BalasHapus
  5. Jadi inget waktu ikut lomba kelompok yang tarik tambang dulu, lucu hehe

    BalasHapus
  6. Seru tuuuh yang lomba bakiak. Ini seru karena macam kilas balik lomba beregu ya, Mba. Skrg lomba 17an kayaknya tidak mencerdasakan banget, terlalu nyeleneh. Masa bapak2 dipakaikan daster. Lucu sih.. tapi kan itu menyimpang dr ajaran agama, laki2 di dandanin perempuan. Gimana mau memberantas lgbt, kalau yang begitu malah dijadiin guyonan. Eh kok malah ngedumel disini.. xixixi

    BalasHapus
  7. Seru semua yaa ide lombanya ini. Jadi nggak sabar pengen lihat dan ikut lomba-lomba nih.
    Yang paling ditunggu-tunggu soalnya momen lombanya itu, haha.
    Eniwe, Blogger Bengkulu keren juga nih ide tema nulis blognya. Sangat relate dengan momen 17an

    BalasHapus
  8. Lomba 17-an hampir gak berubah dari waktu ke waktu ya Mbak. Begitupun kemeriahannya, juga tidak berubah. Saya sejak masih SD sampai sekarang sudah punya anak Dewasa selalu ikut lomba makan kerupuk. Mestinya ikut lomba masak, tapi karena saya malas mempersiapkan bahan-bahannya, jadi ikut sesekali aja :)

    BalasHapus
  9. Asyik... Untung mba Milda bikin artikel ini, soalnya aku ada rencana bikin gathering sama temen-temen dan bikin lomba agustusan. Jadinya dapat inspirasi deh...

    BalasHapus
  10. Nggak kerasa yaa udah mau 17 Agustusan lagi, semoga tahun ini balik meriah lagi lomba-lombanya di berbagai daerah karena kita udah cukup lama vakum karena covid.

    BalasHapus
  11. Wah banyak idenya untuk lomba tujuhbelasan..Bisa nih disampaikan ke pengurus RT buat lomba minggu depan. Seruu pasti lomba-lomba ini!

    BalasHapus
  12. Seru nih, tapi saya mah nonton aja, hehehe... Paling seru dan deg-degan itu nonton lomba tarik tambang sama panjat pinang...

    BalasHapus
  13. Wah iya, ngak terasa sebentar lagi 17 Agustus, kalau di lingkungan rumahku belum ramai mungkin baru minggu depan tapi beberapa pertandingan seperti bola volley dan bulutangkis sudah diselenggarakan pertandingan penyisihan, tinggal lomba untuk anak-anak nih.

    BalasHapus
  14. Saya sudah lama banget gak ikut lomba 17 an. Kangen deh, pengen main voli lagi. Main voli pakai daster kayaknya seru nih. Ngejar bolanya yang susah wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  15. Baca ini baru sadar kalau sudah masuk bulan Agustus, tanda-tanda pesta kemerdekaan mulai nih. Akan semarak dengan berbagai lomba seperti yg dituliskan di sini.

    BalasHapus
  16. Iya, kak Milda..
    Di RT-ku uda mulai daftar-daftar, terutama lomba beregu tuh Joged Balon perpasangan dan lomba Memindahkan Tepung. Seneng-seneng kumpul bersama pas tujuh belasan begini.

    BalasHapus
  17. Seruu banget ada lomba blogger, menyambut hut ri memang seru ya di komplek rumah banyak agenda dan kemarin minggu suamiku ikut lomba futsal mak...hiks jatuh tangannya kesleo sampai skrg masih recovery.

    BalasHapus
  18. Wah, mantap mbak
    Ide lomba 17 agustus ini bisa ditiru
    Biar nggak bosan lomba itu itu aja ya

    BalasHapus
  19. Wah cocok sekali ini untuk referensi lomba bulan Agustus tahun ini, gakerasa ya sudah masuk bulan Agustus lagi, tetapi di bulan ini lah yang sangat dinantikan banyak orang karena sangat meriah sekali untuk memperingati Hari Kemerdekan Indonesia, lomba bola voli menggunakan daster adalah lomba yang paling ditunggu warga sekitar rumahku, gak sabar lagi untuk mulai lomba - lomba nya.

    BalasHapus
  20. Biasanya hadiah yang saya dapetin sembako mbak, kayak minyak atau gula, lombanya cuma bawa tampah diatas kepala hahah

    BalasHapus
  21. Lomba lomba ini seringenjadi referensi sebentar lagi dalam rangka tujuh belasan terutama beregu yang bisa dimainkan banyak orang

    BalasHapus
  22. Di kompleks lagi rame banget nih mau tujuh belasan. Apalgi ada lomba antar RT untuk tahun ini jadi makin seru.

    BalasHapus
  23. seru nih kalau dicoba di sekolah ✨

    BalasHapus
  24. besok kantorku juga ngadain lomba 17-an nih mak. padahal males banget mau ikutan mager soalnya hahaha. apalagi udah umur segini ikutan lomba berasa malu sendiri

    BalasHapus
  25. Udah paling pas lomba masak dah kayaknya... habisnya udh bisa buat makan bareng² ya kan...

    BalasHapus
  26. tarik tambang yang beresiko tinggi, mana tangan bisa beset2, bisa luka2 juga

    BalasHapus
  27. kalau di sini biasanya sih lomba memasukkan paku ke dalam botol. terus lomba pakai sarung tanpa menggunakan tangan beregu. tahun lalu main ini seru banget, terutama emak-emak kan, heboh banget haha.

    BalasHapus
  28. Lomba estafet air kayaknya seru ya mba.. apalagi bareng keluarga besar...

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin