Menu

Minggu, 25 Desember 2016

/ /
Pengalamanku Naik Kereta Ekonomi Jurusan Lubuk Linggau Palembang


Assalammualaikum Wr. Wb

Liburan kali ini kami memutuskan untuk pergi ke kota Palembang. Selain kami memangg punya rumah di sana, sanak saudara juga banyak. Jadi sepertinya bukan liburan ya. Lebih tepatnya mudik. Kembali ke kampung halaman suami saya. Dengan anak tiga, berusia 9 tahun, 3 tahun dan 8 bulan. Kami memutuskan untuk naik kereta api saja dari kota Bengkulu ke Palembang. Iya, naik kereta ekonomi . Alasannya karena berangkatnya pagi sampai di kota Palembang sore hari. Paling molor, ya sebelum magrib tiba ,kami sudah sampai di stasiun Kertapati. Anak-anak seolah sedang bermain saja, tak terasa sudah sampai. Berbeda dengan perjalanan malam. Anak-anak dan pastinya kita juga suka ngantuk. Malam emang buat tidur ya. Siapa sih yang mampu terjaga sampai pagi. Tanpa tidur. Pasti susah. Apalagi jika berpergian dengan anak-anak. Oleh karena itu pilihan naik kereta ekonomi adalah hal yang paling benar.

Mari ikuti keseruan kami, bagaimana naik kereta api ekonomi menuju kota Palembang.

Eiit, emang Bengkulu ada kereta api? Yang gak ada sih. Jadi kami akan naik travel dulu menuju kota Lubuk Linggau. Sampai di sana , kami berenca nginap semalam. Besoknya baru lanjut naik kereta api.

Dari rumah, suami sudah memesan empat tiket kereta api. Kami mendapatkan gerbong bernama Serelo lima. Sengaja memilih empat kursi karena biar saling berhadapan dan tidak ada orang lain di antara kami.



Harga tiket persatu roang Rp. 32.000. Nawra dan Athifah sudah memiliki tiket sendiri. Meski masih anak-anak . Seperti membeli tiket pesawat. Anak-anak yang berusia di atas dua tahun sudah mendapatkan kursi sendiri. Otomatis mereka harus membeli tiket sendiri. Harganya sama dengan tiket dewasa.



Untuk Annasya, tidak perlu membeli tiket dan tidak perlu bayar. Sedikit berbeda dengan tiket pesawat dimana anak yang berusia di bawah dua tahun tetap membeli tiket. Namun harganya berbeda dengan harga tiket dewasa.  Jadi kami hanya melapor kepada petugas sekalian boarding pass. Lalu Anansya akan mendapatkan tiket tersendiri. Tiketnya mirip dengan tiket kereta api yang model lama. Di sana tertera nama Annasya dengan jelas.



Kami membeli tiket secara online, lalu kami menukarnya. Setelah boarding pass, kami segera masuk ke gerbong. Di luar pintu masuk, sama seperti halnya di bandara akan ada pemeriksaan. Memeriksa selengkapnya dan mencocokkan data penumpang dengan identitas penumpang yang ada. Biasanya kalo orang dewasaa cukup menyiapkan KTP. Jadi tiket dan KTP kita akan diperiksa oleh petugas.



Kami sudah chek in online, dapat nomor kursi 18 . Saling berhadapan. Berbeda dengan kursi kelas bisnis. Kursi ekonomi tidak bisa distel. Jadi permanen modelnya. 



Bisa disel itu maksudnya. misalnya awal datang nomor kursi kita saling membelangkangi. Dengan diputar atau distel kursi bisa saling berhadapan. Cara menstelnya juga mudah.

Satu gerbong ini, isinya 106 orang. Dengan 6 buah Ac. Jadi suasana tetap senyuk dan nyaman. 



Setiap ship atau jadwal keberangkatan ada kepala costumer service. Sehingga jika butuh bantuan, kita bisa langsung menghubunginya. Di sana sudah tertera nama dan nomor hape yang bisa dihubungi.


Meski gerbong ekonomi, kebersihan tetap terjaga.  Akan ada petugas kebersihan yang siap sedia membersihkan. Saat itu, saya mengingat ada dua kali petugasnya datang menyapu, membersihkan dan mengambil sampah yang ada. Di setiap meja. Selalu digantung satu kantong kresek yang bisa kita gunakan untuk menampung sampah. Sebelum petugasnya datang



Selain itu fasilitas yang sama akan kita dapatkan di gerbong ekonomi ini adalah colokan listrik. Meja untuk meletakan minuman. Pada setiap empat atau enam penumpang yang saling berhadapan terdapat satu meja yang di bawahnya juga ada colokan listrik. Setiap satu meja juga terdapat satu jendela kaca besar dan kain gorden.



Jalur kursi gerbong ekonomi ini ada dua jalur. Jalur A dan B berisi kursi untuk dua orang. Untuk jalur C D E kursi dengan tiga penumpang.



Baik, silakan masuk dan duduk. Pintunya aman loh, cara bukanya cukup digeser saja sehingga lebih nyaman dan tak perlu banyak tenaga. Seperti pintu tarik dan dorong, sangat repot. Apalagi saat kereta sudah berjalan.  



Nah, kami sekeluarga duduk di jalur kursi dengan penumpang 2. Saling berhadapan. Kami meletakkan koper di atas tempat duduk kami. Ya, seperti model peswatlah tempat penyimpanan kopernya. Hanya saja ini lebih praktis jika ingin mengambil sesuatu dari dalam koper. Misalnya mengambl baju. Annasya waktu itu menjelang waktu ashar, saya ganti bajunya, badannya juga saya lap dengan tisu basah, diberi lotion dan bedak, sehingga dia tetap nyaman dan pastinya wangi.



Setelah, berjalan kurang lebih setengah jam. Akan ada petugas yang akan memeriksa tiket kita. Jadi setelah masuk , tiket tetap disimpan dengan baik ya. Jangan dibuang, di simpan bila perlu sampai kita tiba di tempat tujuan. Mana tahu akan ada pemeriksaan kedua.

Di dalam gerbong ini, kita penumpang boleh makan. Makanan boleh membawa dari luar. Namun, jangan mengharapkan ada penjual makanan dari luar. Atau berpikiran setiap kereta berhenti. Terutama di stasiun yang agak besar. Akan ada penjual makanan. Hal itu tidak akan kita temukan kembali. Kalo dulu sih iya. Sekarang tidak boleh lagi pedagang asokan berjualan di kereta. Meski di kereta ekonomi,

Yang menjual makanan, langsung dari pihak kereta api. Petugasnya yang akan berkeliling dari gerbong ke gerbong menawarkan makanan.

Beberapa menu yang bisa kita beli di kereta api

1. Kopi Hitam
2. Kopi Cappucino
3. Teh
4. Air Mineral
5. Pop Mie
6. Nasi Goreng dengan ayam goreng ala chicken
7. Nasi goreng dengan telur ceplok plus kerupuk.

Bagi yang ingin membuat susu. , kita bisa meminta air panas dengan gratis. Dengan membawa botol susu langsung ke bagian depan atau ke konter tempat air panas. Tempatnya berdekatan dengan orang jualan. Lebih tepatnya yang menjual pop mie .



Nawra dan Athifah membeli satu porsi nasi goreng ayam chicken dan dua porsi nasi goreng telur ceplok. Untuk potongan ayam gorengnya cukup besar dengan harga Rp. 25.000 per satu porsi. Untuk nasi telur ceplok, seharga Rp. 18.000.




Dengan naik kereta api ini. Saya dan keluarga dapat menikmati perjalanan dengan riang gembira. Kami asik makan sambil ngobrol. Saling bercerita.




Anak-anak juga tak terasa jika sedang berjalan jauh, Saya juga membawa beberapa buku, boneka dan permainan lainnya . Terutama untuk Annasya. Mainan bayi, yang jika digoyangkan akan mengeluarkan suara lucu. 



Hampir lupa, di setiap gerbong selalu ada toilet. Jadi gak takut kebelet ya. Kondisi wc juga bersih dan airnya juga banyak. Aman pokoknya. Di dalam gerbong juga ada papan informasi mengenai jalur atau jaringan kereta api. Lalu nomer telepon penting yang kita butuhkan.



Setelah berjalan dari stasiun Sindang Marga Lubuk Linggau dari jam 10.00 wib. Pada jam 18. 30 wib kami sudah sampai di stasiun Kertapati Palembang. Siap melanjutkan perjalanan ke rumah saudara suami dulu di daerah Maskarebet.

Yeeeaah, mobilnya sudah sampai. Kami akan segera menuju lokasi ya. Mau sitirahat dulu. Lewat jalan Musi Dua aja supaya lebih cepat.

Selasa, 20 Desember 2016

/ /
11 Jenis Buah dan Sayur yang Dapat Digunakan sebagai Obat Asma

Penyakit Asma, sangat menganggu. Apalagi jika terjadi pada anak. Sayangnya tidak semua anak tahan dan kuat untuk melakukan pengobatan dan minum obat secara rutin. Oleh karena itu pengobatan penyakit Asma pada anak dapat dilakukan dengan cara lain. Misanya saja mengobati penyakit asma anak dengan menggunakan buah dan sayur.

Berikut ini, ada beberapa buah dan sayur yang juga bermanfaat untuk mengobati penyakit asma . Silakan mencobanya.

1. Buah Alpukat
Alpukat telah diketahui memiliki kandungan konsentrasi paling tinggi l-glutathione ialah makanan anti-asma yang mampu membuat perlindungan sel, melawan rusak disebabkan radikal bebas, dan detoksifikasi tubuh dari polutan serta zat beresiko lain. l-glutathione dalam alpukat juga bisa menolong peradangan quells sistemik dan melakukan perbaikan kesehatan usus yang rusak. Suatu sistem yang pada gilirannya menolong menghindari penyebab asma. Makan buah alpukat tanpa diolah terlebih dahulu lebih baik. Namun sesekali boleh juga dikombinasikan dengan cara lain, dibuat jus, smoonthie dan lain sebagainya.


2. Buah Apel
Apel memiliki kandungan quersetin yang sudah dapat dibuktikan berikan perlindungan yang kuat pada asma. sesuatu studi dari Eropa mendapatkan bahwa wanita hamil yang konsumsi sekurang-kurangnya empat apel per minggu, 53 % lebih rendah pada risiko melahirkan anak dengan asma.


3. Sayur Bayam
Suatu penelitian yang melibatkan 68.535 partisipan wanita menunjukkan bahwa konsumsi tinggi bayam terkait segera dengan menyusutnya resiko asma. Hasil riset ini barangkali didukung oleh fakta bahwa bayam tinggi kandungan vit. c, beta-karoten, vit. e, dan magnesium. Oleh karena itu sangat baik jika anak banyak mengkonsumsi sayur bayam.


4.Bunga Kenanga Kering
Selanjutnya bisa dicoba dengan. Meminum ramuan yang terbuat dari bahan dasar bunga kenanga kering. Bunga kenanga dipercaya bisa menjadi salah satu obat asma alami. Cara membuatnya, sediakan tiga kuntum bunga kenanga kering, lalu rebus dengan 200 cc air sampai mendidih. Setelah itu tutup wadahnya rapat-rapat. Barulah setelah airnya agak dingin, minum airnya sekaligus. Untuk menyembuhkan asma, cobalah minum ramuan herbal ini setiap hari secara teratur.

5.Bawang Putih
Bawang putih adalah obat asma yang sangat manjur terutama untuk asma tahap awal. Bawang putih bisa membantu organ pernafasan agar menjadi lebih lega dan mengurangi cairan lendir dalam organ pernafasan. Cara penggunaannya adalah :
  • Rebus 2 siung bawang putih dalam 100 ml air
  • Minum air rebusan ketika sudah dingin
  • Sebaiknya minum ramuan ini saat malam hari

6.Bawang Bombay
Bawang bombay adalah bumbu yang sangat ampuh untuk mengatasi serangan asma. Bawang bombay mengandung zat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada saluran pernafasan. Bawang bombay juga dapat menurunkan peradangan yang terjadi pada paru-paru. 


7. Jahe
Jahe yang terkenal dapat menghangatkan badan, ternyata juga merupakan salah satu obat asma tradisional paling ampuh. Jahe dapat membantu mengatasi peradangan, asma sendiri disebabkan karena ada peradangan pada saluran nafas bawah. Jahe dapat ditambahkan ke dalam campuran madu, madu + jahe. Madu merupakan kombinasi yang cocok untuk jahe. Selain rasanya yang nikmat, kombinasi ini akan semakin mempercepat mengatasi sakit asma Minum jahe dapat menghentikan bertambahnya lendir dalam saluran dengan mengatasi peradangannya, madu akan mengencerkan lendir yang ada sehingga dapat dikeluarkan.


8. Kunyit
Kunyit mengandung bahan aktif anti-inflamasi yang juga bisa menangani peradangan yang pada pembengkakan paru-paru serta konstriksi saluran pernapasan sepanjang serangan asma. Kunyit sangat ampuh saat mencegah kambuhnya tanda-tanda asma.


9. Kubis
Kubis kaya  vitamin c yang mempunyai kekuatan unik memblokir radikal bebas dan membuat kontraksi otot polos saluran napas sisi didalam. Kubis juga  sumber fitokimia beta-karoten sebagai antioksidan kuat mengurangi tanda-tanda asma atau mencegahnya.


10.Kopi
Kopi bisa menjadi minuman yang sangat membantu perawatan asma. Sesekali dengan minum kopi hitam pahit tanpa gula untuk menangkal serangan asma. Kandungan kafein dalam kopi bermanfaat untuk menghilangkan semua gangguan pernafasan dan melegakan saluran pernafasan. 


11. Buah Pisang
Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2011 oleh beberapa peneliti dari imperial college london, makan pisang tiap-tiap hari bisa menghindari asma. penelitian tersebut mendapatkan bahwa anak-anak yang makan satu buah pisang 1 hari, alami penurunan risiko tanda-tanda asma layaknya mengi sampai lebih kurang 34 %.



Nah, itu dia ada 11 jenis sayuran dan buah yang dapat kita gunakan untuk mengobati penyakit asma pada anak. Buatlah menu yang menarik. Ajak anak untuk mengkonsumsi secara rutin. Ada yang bisa langsung dimakan seperti buah alpukat, apel, pisang. Hal ini tentu saja sangat mudah bagi anak. Mereka tak terasa minum obat. seolah makan seperti biasanya.
Untuk buah dan sayuran lainnya, sebaiknya kita carikan pola yang baik. Agar anak tetap mau mengkonsumsinya dengan baik. Sehingga penyakit asmanya juga bisa berkurang.
Semoga lekas sembuh ya.

Senin, 19 Desember 2016

/ /
Pantai Jakat, Tempat Mandi Paling Ramai di Bengkulu

Assalammu'alaikum Wr. Wb

Berada di Bengkulu, jika tidak mencoba mandi di pantai adalah sebuah kesia-sian. Kenapa ? karena hampir seluruh kota Bengkulu diliputi oleh pantai yang cantik. Apalagi jaraknya juga tidak terlalu jauh, malah berdekatan. Kita sebut saja pantai yang terkenal adalah pantai Panjang yang panjangnya hampir 30 Km. Lalu disambung dengan pantai Malabero, terus lanjut ke pantai Tapak Paderi. Lanjut lagi ke pantai Muaro dekat jembatan Cinta. Lanjut lagi ke pantai Sungai Hitam, Pantai Sungai Suci dan kalo diteruskan akan sampai ke atas Sumatera. Banyak bukan pantainya. Jadi sangat disayangkan jika tidak mandi di pantai. Pertanyaan yang biasa diajukan oleh teman-teman saya yang baru pertama kali ingin mandi di pantai Bengkulu. Apakah pantainya aman. Jika iya, pantai yang mana yang aman terutama untuk anak-anak. Benar, banyak pantai bukan artinya semua aman dan diperbolehkan mandi di pantai. Untuk pantai Panjang, memang dilarang mandi di sana. Papan pengumuman dilarang mandi di pantai dipasang dimana-mana. Lalu, pantai mana dong yang aman. Jawabannya adalah pantai Jakat. Pantai yang aman dan ramai dikunjungi oleh orang untuk mandi baik di hari biasa atau liburan.

Mari, ikuti ulasan saya mengenai pantai Bengkulu yang satu ini. Pantai yang selalu ramai dikunjungi dan didatangi oleh banyak orang untuk mandi.

Pantai Jakat memang indah, bukan saja menarik untuk mandi. Tetapi menikmati pikiran pantainya juga asik. membuat hati dan pikiran damai. Terutama di sore hari.

Baca ini juga ya


Kenapa ramai, berikut ini alasannya.



Pantai Jakat berada di dalam kota. Untuk menuju lokasi pantainya sangatlah mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika kendaraan umum memang masih susah karena mobil tidak langsung stop di pinggir pantai. Tetapi di daerah Kampung Bali atau Bajak. Atau turun di daerah Kampung dekat benteng Malborough. Dilanjutkan kembali dengan berjalan kaki. Tidak begitu jauh sih, namun jika bersama anak-anak. Apalagi balita sebaiknya ya menggunakan kendaraan pribadi motor atau mobil.

Setelah  itu kita bisa masuk lokasi pantai atau dengan parkir kendaraan dahulu. Masuk lokasi pantai  tidak dikenakan biaya. Namun , ada biaya parkir untuk motor sebesar Rp. 2.000 dan mobil sebesar Rp. 5.000. Tidak ada batasan waktu untuk parkirnya. Jadi harga flat.

Di pinggir pantai kita akan menemukan banyak sekali pondok makan. Akan tetapi ada banyak juga pedagang kaki lima di pantai. Yang berjualan dengan gerobak. Jika air pasang bahkan gerobaknya terkena air laut. 



Dengan menu yang sangat terkenal dan ngehits adalah sate Ceker, Ayam, Sayap dan banyak menu lainnya yang berbahan dasar ayam. Kuah satenya adalah sate padang. Lalu ada jagung bakar, dengan rasa, pedas, manis atau bisa campuran keduanya.Saya sangat suka makan roti bakarnya.


Menu yang selalu ada di pantai adalah kelapa Muda atau Degan. Baik dengan rasa original, manis dengan gula putih atau pasir atau dengan gula merah. Selanjutnya adalah menu bakso, mie ayam, roti bakar, pisang bakar , bakso bakar dan lain sebagainya. Begitu juga dengan minumannya. Banyak pilihannya. Pokoknya gak bakalan kelaparan dan menguras kantong karena harganya sangat terjangkau dan standar dimana-mana.

Oh, ya bagi kalian yang tidak sempat membawa pakaian untuk renang atau pakaian ganti. Di pantai Jakat. Juga ada penjual baju dan celana yang bisa kita pakai untuk berenang atau sebagai baju ganti. Harganya juga sangat terjangkau.

Berenang di pantai tanpa menggunakan ban kurang asik ya. Tapi tenang, ada banyak penyewaan ban di sepanjang pantai. Harga sewa ban hanya sebesar Rp 5000 - Rp. 10.000 tergantung ukuran. Bisa dipakai sepuasanya. Ditempat penyewaan ban , kita juga bisa menitipkan barang bawaan kita, seperti tas dan sandal. Tentu saja ada biaya tambahan untuk penyimpanan barang berharga. Kalo untuk sendal, masih gratis. Sendalnya juga hanya diletakkan di dekat ban yang belum disewa dan dikumpulkan jadi satu. Jadi sebaiknya jika ingin menitipkan sendal, masukan terlebih dahulu sendal ke dalam kantong kresek dan dijadikan satu dengan sendal yang lain. 





Oke ya, parkir sudah, ganti baju sudah, sewa ban sudah.Selanjutnya jika ingin langsung nyebur ya silakan, mungkin pemanasan dulu di awali dengan bermain ombak di pinggir. Atau kalo anak-anak diawali dengan bermain pasir-pasiran. Selanjutnya baru nyebur.




Tetapi jika ingin mencoba hal yang lain sebelum mandi. Di pantai Jakat kita bisa melakukan keliling pantai dulu dengan mencoba bermain Banana Boat atau naik perahu mengitari pantai. Biaya naik Banana Boat perorang seharga kisaran R. 25.000 - Rp. 35.000. Sebaiknya sih dengan rombongan, jadi ada harga diskon. Satu buah Banana Boat bisa kita pakai sendiri tidak bercampur dengan keluarga atau teman-teman yang lainnya. 

Kelilingnya tidak begitu lama, kisaran antara waktu setengah jam. Namun hal itu cukup membuat kita mendapatkan suatu pengalaman dan inspirasi yang baru. Kita akan diajak berkeliling pantai dan bisa dilihat, didengar oleh orang lain. Jika kita berteriak ketakutan. Naik Banana Boat meski menegangkan dan bikin cemas, tapi sekaligus menyenangkan. Istilahnya takut-takut tapi mau, hehehe



Jika takut diajak berkeliling dengan Banana Boat, pilihan lainnya adalah dengan menggunakan perahu. Dengan perahu, mengelilingi pantai agak lebih nyaman dan tenang karena kita hanya duduk di dalam perahu. Berbeda dengan Banana Boat, kita benar-benar akan dibuat cemas, karena jalur Banana Boatnya tidak beraturan. Malah kadang sengaja dibuat terjatuh. Saat kondisi itu terjadi, otomasti penumpang Banana akan berteriak histeris. Namun tak usah kuatir, para penumpang juga dilengkapi dengan pelampung dan ditemani oleh petugas yang handal dan siap mmebantu dalam kondisi genting. 



Setelah selesai keliling dengan  Banana atau perahu, selanjutnya mari kita mandi.

Pantai Jakat, tidak pernah sepi dikunjungi oleh orang-orang untuk mandi. Apalagi pada hari sabtu ahad dan hari liburan. Pengunjung akan semakin ramai dan menyemut. 



Ombak di pantai Jakat relatif aman dan tenang. Ombaknya tidak begitu besar. Batu karangnya juga tidak tajam. Saat air pasang, air akan sampai ke pinggir pantai dan ini semakin membuat kita asik untuk mandi, bermain pasir.




Di pagi hari, pantai ini digunakan nelayan untuk mendarat. Jadi disepanjang bibir pantai selain kita akan menemukan banyak pondok orang berjualan makanan. Kita akan menemukan juga banyak perahu yang mangkal. Adanya perahu ini menambah indah dan menambah menariknya suasana pantai Jakat.



Selain mandi, banyak pengunjung datang ke pantai Jakat untuk berswa foto dan foto bersama dengan keluarga, sahabat dan teman. Selain itu pantai Jakat juga asik digunakan untuk menikmati sunset. Pemandangannya sangat menakjubkan. Apalagi saat langit seketika berubah menjadi jingga. Rasanya enggan untuk segera pulang. Namun, tak perlu kuatir. Yang ingin berlama-lama di pantai tanpa harus kehilangan atau tidak melakukan salat Magrib. Di seberang pantai Jakat ada Musholah yang dapat kita gunakan untuk salat. 

Selain itu ada juga ayunan buat anak-anak

 



Oleh karena itu, jika sedang di kota Bengkulu. Ingin mandi ke pantai pilihan ya ke pantai Jakat aja ya. Dijamin aman, tenang dan pastinya asik. Tua dan muda pasti menyukainya. Saya garansi kesenangan mandi di pantai Jakat ini tak akan kalian lupakan. Malah kalian pasti minta diulang. Gak percaya. Cobain aja.

Demikian ulasan saya tentang pantai Jakat Bengkulu ya. Pantai ini hanya berjarak setengah kilo meter. Jadi saya dan keluarga sudah sangat sering mandi di sini. Bahkan sejak sya kecil dulu. 

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan #NulisSerempak dari Blogger Bengkulu tentang #PantaiBengkulu. 

Semoga bisa menginspirasi kalian semua untun berlibur eh, mandi di pantai Jakat Bengkulu.

Salam, selamat mandi pantai ya!
Diberdayakan oleh Blogger.