Menu

Selasa, 27 Februari 2018

/ /
Ingin Membeli Handphone Android Harga 2 Juta
Assalamualaikum. Wr. Wb

Beberapa waktu lalu saya pernah nulis tentang handphone saya yang baterainya kembung. Sejak kejadian itu, saya memang lebih memperhatikan dalam penggunaan dan perawatan handphone. Terutama saat di charger. Selain itu saya pun mulai melirik handphone baru, hihihi. Ingin membeli handphone android baru seharga 2 juta. 

Saya pun mulai mencari-cari informasi seputar handphone dengan harga segitu. Saya mulai mencari tahu Iyah, saya butuh hp android di bawah 2 juta terbaik. Supaya bisa mendukung aktivitas saya sebagai blogger dan penulis.

Saya memang suka selfie, kadang dimana aja saya suka :)
Memang sih, saya ga langsung akan membeli handphone baru. Soalnya yang ini masih bisa dipake setelah diganti handphone baru.

Namun kekuatannya mulai berkurang, ini yang juga mulai saya rasakan. Jadi ya buat jaga-jaga sambil menunggu tabungan ngepul, hihihi.

Ada beberapa alasan yang diutamakan orang dalam membeli handphone. Saya pun demikian. Setidaknya handphone yang saya butuhkan tersebut harus memenuhi apa yang saya butuhkan. 

Paling ga harus mendukung kegiatan dan aktivitas saya. Supaya lebih smart. Bukan cuma punya smartphone saja, bukan!

Handphone yang saya butuhkan itu harus

1. Harga paling mahal Rp. 2 juta

2. Android, ini semua handphone kayaknya sekarang sudah android ya.

3. Kamera depannya bagus. Terutama untuk selfie. Ini sih prioritas saya. Sebab suka berfoto

4. Fast Chargering, soalnya kalo batere lama di cas, maka bikin ga efisien dan efektif. Tau sendiri ya, baterai handphone sekarang mudah sekali habis .

5. Memori dengan kapasitas besar. Ada ruang buat nambah memori eksternal.

6. Ukurannya slim alias stylish. Mudah dimasukin ke kantong atau dompet

7. Banyak tersedia pilihan aksesoris pendukung. Mulai dari anti gores, sarung, pernak-pernik dll. 

8. Saat membeli ada potongan harga yang signifikan. Bisa juga membeli pada saat ada promo harga. 

9. Jika melihat merek. Maka saya utamakan merek yang mempunyai dealer resmi di tempat saya tinggal. Agar memudahkan untuk urusan garansi, spare part sampai servis dan informasi lainnya yang penting.

10. Bonus yang didapatkan saat membeli handphone baru. Misalnya akan free mendapatkan apa saja saat membeli. Biar lebih hemat.

Handphone juga sebagai sarana saya buat promosi, misalnya buku baru :)

Itu 10 hal yang setidaknya saya utamakan dalam membeli handphone. Namun meski harga handphone itu di bawah 2 juta. Akan tetapi jika kita gunakan dan rawat dengan baik. Maka manfaat produknya juga akan dapat kita rasakan lebih lama. 

Oleh karena itu , ada hal penting yang selalu saya ingat, apalagi memang saya sudah mengalami kejadian ini.

Pertama diusahakan kalo lagi ngecas, handphone dalam keadaan mati total.

Kedua, usahakan ngecas tidak dalam kondisi baterai handphone benar-benar kosong

Ketiga, ngecas handphone sebaiknya tidak lama-lama. Apalagi di malam hari dan ditinggal tidur. Apalagi untuk jenis handphone yang fast Chargering. Sebaiknya dicas dibawah pengawasan kita sehingga kalo sudah penuh bisa langsung dicabut.

Keempat, saat tidak ingin menggunakan handphone, sebaiknya matikan. Atau bisa keluar dari aplikasi yang sedang dibuka. Hal ini jika dibiarkan akan membuat handphone cepat panas dan juga menguras baterai.

Kelima, Berikan perlindungan untuk handphone kita, misalnya anti gores, sarung dan lain sebaginya. 

Selain itu ada juga hal penting lainnya yang harus kita perhatikan terutama ketika handphone sedang dimainkan oleh anak-anak. Awasi dan temanku mereka. Pernah ada kejadian, seorang anak kesal karena game atau aplikasi yang sedang di bukanya ga merespon dengan baik. Maka handphone itu bisa dia banting. Sadis banget ya.

Kalo handphone bagus, duit banyak, enjoy dah:)

Coba aja kalo ga percaya.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya bagi kita semua.

Sabtu, 24 Februari 2018

/ /
Zat  Penting yang Dibutuhkan Oleh Ibu Hamil dan Menyusui
Assalammualaikum Wr. Wb

Apa kabar ibu hamil dan menyusui. Sudah makan apa saja hari ini. Semoga selalu sehat dan senang ya menjalani masa kehamilan dan menyusui. Sebab jika badan sehat tentu saja juga enjoy buat makan apa saja, dan juga happy menjalani semua hal yang berkaitan dengan kehamilan. 

Memang masa kehamilan, adalah masa yang menyenangkan sekaligus juga menyulitkan bagi seorang ibu. Apalagi jika baru hamil untuk pertama kali. Kadang jika mau mengikutkan hawa nafsu, ga mikirin kesehatan janin. Pasti ga begitu teliti dan bersemangat untuk menjaga kesehatan, asupan gizi dan istirahat. 

Begitu juga pada saat masa menyusui, jika ga mikirin anak. Pasti ga mau juga menjaga asupan gizi yang masuk setiap hari. Apalagi pada masa awal 1000 hari pertumbuhan bayi, masa itu adalah hal yag penting untuk dijaga. 
 
Kenalkan ini Annasya, udah mau lepas Menyusui loh
 

Banyak faktor yang menyebabkan seorang bumil dan busui melakukan hal tersebut. Tidak menjaga asupan makann yang akan dikonsumsi. Salah satunya, bisa akibat dari kurang pengetahuan, tentang zat penting apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Oleh, karena itu, saya ingin mengingatkan bumil dan busui tentang, zat penting apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh kita tersebut. Sehingga jika sudah mengetahuinya nanti jadi semangat untuk makan dan menjaga asupan gizi selama masa kehamilan dan menyusui.

Adapun  zat-zat penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui golongan darah A adalah sebagai berikut

1 ) Protein, 

Selama kehamilan , diperlukan tambahan protein 17 gram/hari. Pada trimester pertama biasanya cara makan ibu hamil belum normal, maka keperluan protein belum terpenuhi secara normal. Diharapkan 1 gram /Kg berat badan protein dapat terpenuhi. Pada trimester dua, nafsu makan mulai membaik sehingga 1,5 g/Kg protein bisa terpenuhi. Pada trimester ketiga nafsu makan akan semakin membaik, kebutuhan protein bahkan kadang-kadang harus dibatasi untuk menghindari kegemukan dan memudahkan proses kelahiran.  

Bila seorang ibu hamil adalah vegetarian , bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan, sehingga ibu tersebut tidak mengalami kekurangan protein. Contoh, seorang ibu dengan usia 19-29 tahun dengan berat badan 52 kg, tinggi badan 156 cm memerlukan 67 gram protein/hari. Dalam ukuran porsi dapat mengkonsumsi 6 porsi yang terdiri dari protein hewani dan protein nabati. Satu protein hewani (daging) = 50 gram. Satu porsi protein nabati = 50 gram.

 2) Karbohidarat,

Seorang ibu hamil memerlukan 300 kalori ekstra perhari selama proses kehamilan.  Energi yang diperlukan ibu hamil tergantung dengan berat badan, tinggi badan, aktivitas dan lain sebagainya.  Misalnya ibu usia 19-29 tahun memerlukan 1900 kalori ditambah dengan 300  kalori / hari. Dalam ukuran porsi ditentukan sebanyak 6 porsi dengan satu porsi karbohidrat (beras) = 50 gram.

 3) Lemak,

Ibu hamil memerlukan komposisi asam lemaknya seperti asam lemak jenuh 8 % dari kebutuhan energi. Meskipun lemak adalah sumber energi namun sebagian besar energi diambil dari karbohidrat. Kebutuhan lemak dinyatakan dalam 4 porsi, satu porsi lemak/minyak = 5 gram. 

Camilan Favorit saya, Kue Anak Bay Tat, kua khas Bengkulu

4) Vitamin 

Selama hamil diperlukan asam folat dan vitamin B seperti  thiamin, riboflavin, dan niacin. Untuk meningkatkan energi. Vitamin B6 diperlukan untuk membantu protein membentuk sel-sel baru. Bagi ibu hamil yang vegetarian perlu penambahan vitamin B12 dan vitamin D. 

5 )  Mineral, 

Mineral yang sangat diperlukan saat hamil adalah kalsium, zat besi, seng. Bersama dengan protein mineral membentuk sel darah dan jaringan tubuh lainnya. Mineral sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

 6) Kalsium,

Ibu hamil membutuhkan 800 mg/hari kalsium. Kalsium diperlukan terutama pada trimester 3 kehamilan ibu. Agar pembentukan tulang dan janin tidak mengambil persedian kalsium ibu. 

 7 ) Zat Besi, 

Kebutuhan zat besi pasa masa kehamilan terutama trimester 2 dan 3 sangatlah tinggi. Kebutuhan tersebut dapat juga dibantu dengan konsumsi pil zat besi dosis 100 mg/hari. Zat gizi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin. Untuk meningkatkan massa hemoglobin diperlukan zat besi sekitar 500 mg termasuk simpanan karena selama kehamilan volume darah meningkat sampai 50 persen.  

Zat besi juga  dibutuhkan untuk pembentukan otak dan saraf bayi. Zat besi juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pada zaat melahirkan akan kehilangan zat besi sebanyak 250 mg.  Zat besi banyak berasal dari daging , ayam, telur serta kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran hijau. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan resiko kelahiran premature atau bayi dengan berat badan rendah dan ibunya menderita anemia. 

8 ) Seng ,

Seng sangat diperlukan untuk fungsi sistem pusat saraf dan fungsi kekebalan tubuh, selama kehamilan dibutuhkan dua kali lipat dari kebutuhan biasa, saat trimester pertama dibutuhkan 1,7 mg/ hari, trimester dua dibutuhkan 4,2 mg/ hari dan trimester 3 dibutuhkan 9,8 mg/ hari. seng terdapat dalam bahan makanan daging, makanan laut, unggas, padi-padian. Kebutuhan zat seng akan terpenuhi jika kebutuhan protein tercukupi. 

9 ) Asam Folat , 

Asam folat diperlukan untuk membentuk sel baru, mengembangkan syaraf dan otak janin. Kebutuhan asam folat yang tercukupi akan mengurangi resiko kelainan susunan saraf bayi. Asam folat tidak dapat disimpan oleh tubuh, oleh karena itu harus diberikan setiap hari sebesar 0,4 mg/ hari. sumber asam folat adalah hati, sayuran bewarna hijau, jeruk, kembang kol, kacang-kacangan, roti gandum, serealia, ragi, 

Suka banget waktu hamil, makan telur :)

10 ) Air ,

 Air adalah nutrien, air merupakan sistem transportasi tubuh, air mengangkut zat gizi ke seluruh tubuh termasuk ke plasenta dan membawa sisa makanan ke luar tubuh. Kebutuhan air minimal 3 liter perhari. Apalagi jika sedang mengalami muntah-muntah, kebutuhan air semakin banyak.

11) Garam,

 Kebutuhan natrium dalam  garam meningkat pada ibu hamil  karena garam dalam tubuh ibu hamil diencerkan oleh meningkatnya cairan-cairan tubuh. Mengurangi garam pada ibu hamil tidak dianjurkan kecuali atas nasihat dokter. 

12 ) Serat,

Serat diperlukan untuk membentuk ‘bulk’ volume dalam usus. Agar ibu hamil tidak mengalami sembelit atau obstipasi selama masa kehamilan.  Ibu hamil harus mengkonsumsi serat setiap hari. Sumber serat adalah buah, sayuran, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian. 

Enek-enek atau morning sickness  (rasa tidak sehat di pagi hari), enek-enek atau morning sickness terjadi karena adanya perubahan hormon kehamilan. Kadang-kadang hal ini tidak saja menganggu saat makan pagi, tetapi bisa sepanjang hari. Biasanya berlangsung selama trimester pertama 
Untuk mengurangi gangguan tersebut dan sang ibu tetap mendapatkan gizi yang baik untuk janin dengan beberapa cara, makan sering dengan porsi kecil, banyak minum, menghindari makanan yang berlemak dan berbumbu tajam dan merangsang, makan makanan kering yang dapat menyerap asam lambung yang asam, bila bangun dari tidur lakukan perlahan-lahan, bila minum pil zat besi lakukan 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan serta minum vitamin B6. 
Gimana, jadi semangat kan buat rajin makan, makanan yang sehat dan bergizi. Semoga kehamilannya sehat selalu dan tetao enjoy menjalani masa menyusui. 

Buku Ini ada 4, sesuai golongan darah manusia :)

Untuk informasi lengkap mengenai Nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui ini, dapat membaca secara keseluruhan di buku saya yang berjudul Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah. Bukunya ada empat, sesuai dengan golongan darah manusi. Yaitu, Golongan darah A,B,AB dan O.

Bukunya dapat dibeli di semua toko buku di seluruh Indonesia. Teruama toko Gramedia. Harga satu bukuna Rp. 38.000.

Selamat membaca !

Kamis, 22 Februari 2018

/ /
Cara Merawat Mesin Pengering Laundry dengan Benar dan Tepat
Assalammualaikum Wr. wb

Mildaini.com -Cara Merawat Mesin Pengering Laundry dengan Benar dan Tepat. Dryer pada biasa juga disebut sebagai mesin pengering di dalam usaha laundry. Dryer adalah mesin pengering pakaian yang digunakan setelah proses pencucian menggunakan mesin cuci. Sedangkan Mesin pengering laundry ini pada biasanya akan tergabung di dalam satu paket pada mesin cuci. 

Banyak para masyarakat yang lebih tertarik dan lebih memilih mesin cuci yang sudah dilengkapi mesin pengering, terlebih lagi pada saat musim hujan seperti ini yang tidak dapat mengandalkan sinar matahari untuk menjemur pakaian. Pada biasanya mesin pengering ini akan lebih banyak di miliki oleh pengusaha jasa laundry, hal ini dikarenakan agar lebih memudahkan/mempercepat proses laundry.

Mau pilih mesin cuci, silakan !
Meskipun cuaca tidak mendukung karena mendung, maka tidak akan menjadi suatu masalah besar bagi Anda untuk tetap bisa mengeringkan pakaian para pelanggan karena adanya bantuan mesin pengering. Sehingga apabila Anda kesulitan dalam mengeringkan pakaian dari bantuan sinar matahari, maka Anda tidak akan perlu repot akan hal ini. Sedangkan bagi Anda yang sudah memiliki mesin pengering ini pun tentunya Anda juga membutuhkan cara untuk melakukan perawatan dengan cara yang tepat agar mesin pengering yang Anda miliki mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Inilah tata cara melakukan perawatan pada mesin pengering laundry yang dapat untuk Anda lakukan, yaitu sebagai berikut ini:

Rutin membersihkan.

Pastikan pada saat Anda membersihkannya maka Anda melakukannya dengan cara yang tepat dan juga dengan cara yang benar. Anda pun juga harus mengatur pada mesin dengan sistem penyetelan normal. Ini untuk menjaga agar perputaran pada mesin cuci sekaligus mesin pengering,

Tegangan listrik.

Usahakan pada tegangan mesin pengering/mesin cuci sudah cukup. Sedangkan untuk mesin pengering ini pun juga membutuhkan tegangan stabil yaitu dibawah 240 Volt. Sebuah mesin pengering dan mesin cuci membutuhkan tegangan yang stabil yaitu di bawah 240 volt.

Cek elemen pemanas.


Sering-seringlah melakukan cek elemen pemanas pada mesin pengering Anda.

Proses Pengaturan.

Pastikan pengaturan pada proses pengeringan sesuai pada pakaian yang nantinya akan dikeringkan. Sedangkan untuk mengatur pada proses pengeringan pakaian, maka Anda dapat mengalihkan pada tombol/knop program yang ada pada setelan yang normal heat/panas sedang.

Dengan melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan benar maka Anda pun tidak akan mengalami kendala apa pun pada mesin pengering yang Anda miliki, mengingat bahwa menjalankan bisnis dalam bidang laundry memang akan membutuhkan peran dari mesin pengering, maka hal inilah yang menjadikan diri Anda haruslah melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan secara teratur agar mesin pengering Anda bertahan lama atau awet.


Agar Anda tidak salah dalam melakukan perawatan pada mesin pengering yang Anda miliki, maka dengan mengikuti pada beberapa langkah yang ada di atas pun dapat untuk melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan benar bahkan dengan melakukan perawatan dengan cara yang benar ini pun juga akan menjadikan diri Anda lebih nyaman dalam menggunakannya serta kualitas pada mesin pun juga dapat terjaga dengan baik.

Meskipun di pasaran sudah ada banyak sekali mesin pengering laundry dengan merk, harga dan jenis yang sangatlah beragam, tentu saja Anda pun juga tidaklah diperbolehkan asal dalam melakukan perawatannya, karena melakukan perawatan yang salah tentunya hal ini dapat berdampak buruk bagi mesin pengering yang Anda miliki, sehingga lakukan perawatan secara rutin dan dengan cara yang tepat.

Salam, semoga bermanfaat yaa!

Selasa, 20 Februari 2018

/ /
3 Golongan Zat Penting Bagi Tubuh Manusia
Assalammualaikum Wr.Wb

Mildaini.com - 3 Golongan Zat Penting Bagi Tubuh Manusia. Tubuh kita membutuhkan banyak asupan nutrisi. Untuk tetap kuat, sehat dan lancar dalam melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu kita harus mengetahui zat penting apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut. Dengan mengetahui jenis atau nama zat tersebut dan terdapat di dalam jenis makanan apa, maka kita juga akan lebih semangat untuk mengkonsumsinya secara rutin. 

Kali ini saya akan membahas zat penting tersebut dan manfaatnya bagi ibu hamil dan menyusui. Supaya ibu hamil dan menyusui juga bersemangat untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Sebab tahu, bahwa zat itu sangat penting , terutama pada masa kehamilan dan menyusui. 


Bumil dan Busui boleh makan cabe , tapi ga boleh banyak

3 Zat Penting yang Dibutuhkan Oleh Tubuh Itu Adalah :

Pertama sebagai Zat Tenaga

Yang termasuk zat tenaga adalah hidrat arang, lemak dan protein. Tubuh memerlukan tenaga untuk bergerak dan bekerja. Tenaga diperoleh dari hasil pembakaran zat makanan di dalam tubuh. Panas inilah yang diubah oleh tubuh menjadi tenaga yang dapat digunakan bekerja dan bergerak. Panas yang timbul ini dinyatakan dalam satuan yang disebut dengan Kalori. Banyaknya kalori yang diperlukan oleh setiap tubuh dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin, berat badan, macam pekarjaan dan iklim. 

Pada kehamilan trimester pertama ibu hamil memang belum banyak membutuhkan Kalori. Namun ketika memasuki fase trimester kedua dan ketiga. Ibu hamil membutuhkan sekitar 3000 kalori setiap harinya. Pada trimester pertama diharapkan terjadi peningkatan bobot sebanyak 0.5 Kg setiap bulannya sedangkan pada fase trimester kedua dan ketiga diharapkan terjadi peningkatan bobot sebanyak 0.5 Kg setiap minggunya. Sehingga akan tercapai penambahan berat badan ideal selama masa kehamilan yaitu 12-16 Kg. Berat badan yang ideal saat kehamilan sangat diperlukan untuk menghasilkan berat badan janin yang ideal saat dilahirkan dan memudahkan saat proses persalinan.

a)    Karbohidrat atau Hidrat Arang  

Sebagian besar kalori yang didapat dari dalam tubuh diperoleh dari hidrat arang. Hidrat arang sangat berguna untuk memberikan rasa kenyang dan tenaga. Karena ada selulosa di dalam zat yang bisa menimbulkan rasa kenyang. Hidrat arang merupakan zat makanan yang termurah jika dibandingkan dengan zat makanan lainnya.  

Karbohidrat merupakan kebutuhan dasar bagi manusia, fungsi utama karbohidrat sebagai sumber energi tubuh. Selain itu energy diperoleh dari makanan yang mengandung zat lemak dan protein sehingga karbohidrat, lemak dan protein disebut sebagai mikronutrien. Karbohidrat dalam makanan dapat sebagai gula tunggal (Monosakarida), gula ganda (disakarida), juga dapat sebagai karbohidrat kompleks (Polisakarida). 

Gula tunggal glukosa dan fruktosa contohnya  yang terdapat dalam di dalam buah-buahan, sayurand an madu. Gula ganda contohnya sukrosa, maltose, laktosa (karbohidrat yang terdapat dalam susu) sukrosa yang kita kenal sehari-hari dengans ebutan gula pasir terdapat dalamTebu, Bit, Nira , sayuran dan buah-buahan. 

Karbohidarat komplek terdiri dari pati, desktrin, dan serat makanan.  pati terdapat dalam Serealia, Umbi-umbian, kacang-kacangan dan sebagian dalam buah-buahan yang belum matang. . Ibu hamil sangat memerlukan hidrat arang selama menjalani proses kehamilan begitu juga dengan ibu menyusui. Zat hidrat arang sangat diperlukan selama masa menyusui. 

Ubi juga sumber tenaga

b)    Zat Lemak

Lemak merupakan zat tenaga kedua setelah hidrat arang. Lemak memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan hidrat arang. Lemak adalah sumber energi yang efisien dan berfungsi menjaga kebugaran. Lemak juga berfungsi sebagai bantalan organ-organ vital, lemak di bawah kulit berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh normal. Lemak dalam makanan ada yang jelas seperti minyak goreng, mentega, margarine, lemak pada daging, lemak dalam buah alpukat, duren, es cream, dan lain sebagainya. 

Lemak merupakan nutrisi essensial untuk fungsi otak, merupakan komposisi utama otak yakni 100 mg/g berat otak. Setiap orang rata-rata memerlukan 1 gram lemak untuk tiap kilogram berat tubuhnya. Dengan penambahan berat badan sekitar 12-16 Kg selama masa kehamilan mengakibatkan terjadi peningkatan kebutuhan akan lemak yang semakin banyak. Namun jika  terlalu banyak mengkonsumsi lemak akan berpengaruh terhadap berat badannya. Akan terjadi kegemukan atau obesitas. .

Apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga. Lemak akan menumpuk di dalam tubuh. Seseorang yang terlalu gemuk memiliki kecenderungan untuk menderita penyakit jantung, ginjal dan tekanan darah tinggi. Pada Ibu hamil lemak  sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin namun dalam batas yang telah ditentukan. Selain sumber tenaga lemak juga berguna untuk melarutkan Vitamin ADEK sehingga dapat diserap oleh dinding usus. Selain itu juga lemak berguna auntuk melinsungi alat-alat tubuh yang halus.



Pada ibu yang menyusui, saat menyusui anaknya kebutuhan lemak anak   sebanyak 50 persen dapat terpenuhi melalui ASI. Kolestrol adalah lemak tubuh terutama dalam darah. Tidak essendial karena tubuh dapat menghasilkan lemak dari asupan makanan berlemak. Kolestrol dalam jumlah tertentu sangat diperlukan dalam masa pembentukan otak dan jaringan syaraf bayi, terutama pada masa golden age ( masa emas pertumbuhan – 0-3 tahun). 

Lemak yang paling penting adalah lemak essensial yang dikenals ebagai EFA ( Essensial Fatty Acid) yaitu asam lemak linoleat atau Omega 6, asam linolenat atau Omega 3, asam arakhidonat dan eikosanoat, . Ditemukan pada minyak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitu dan minyak nabati atau soya, minyak jagung dan alpukat, minyak kanola, minyak wijen, ikan berlemak seperti Tuna, Salem dan Salmon.  

DHA, singkatan dari Docosa Hexaenoic Acid, ialah golongan dari Omega 3, Di dalam tubuh DHA banyak ditemukan di jaringan tubuh terutama otak dan mata. Seorang ibu yang menyusui sangat baik jika memberikan ASI yang etrbaik buat anaknya, akrena salahs atu sumber DHA tersebut terdapat dalam ASI, minyak ikan, kuning telur, algae.

Coba ganti mood, dengan makan lontong

c)    Protein. 

seorang ibu hamil dan menyusui sangat membutuhkan zat protein untuk mendorong pertumbuhan janin dan anaknya. Zat protein sangat diperlukan untuk membangun, memperbaiki, mengganti jaringan tubuh dan sebagai zat pengatur di dalam tubuh. Protein terdiri dari asam amino yaitu asam organic yang mnegandung gugus karboksil dan amino.  Di dalam makanan maupun tubuh terdapat 22 jenis asam amino.

Tubuh memerlukan 20 jenis asam amino untuk membentuk protein tubuh. Sebelas diantaranya dapat dibentuk sendiri oleh tubuh. Sedangkan sembilan asam amino lainnya harus di dapat dari asupan makanan sehari-hari, hal ini sering juga kita kenal dengans ebutan asam amino essensial. Lalu bagaimana tubuh memanfaatkan protein yang ada pada makanan? protein dalam tubuh ditemukan di setiap sel dan cairan tubuh. Oto, organ dan banyak hormone yang dibangun oleh protein. Protein juga berfungsi untuk mengahsilkan hemoglobin. 

Hemoglobin adalah sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Protein juga berperan pada pembuatan antibodi untuk melawan infeksi dan penyakit, serta untuk pembekuan darah. Protein juga mnegatuar proses osmotik di dalam tubuh sebagai ion dalam keseimbanagn asam basa  sebagai gugusan prostetik (molekul Hb, Nucleoprotein, Glikoprotein, Lipoprotein, dan sumber energi).

Tercukupinya kebutuhan protein selama kehamilan akan membantu pertumbuhan janin yang optimal. Protein dapat ditemukan pada ikan, daging, unggas ayam dan bebek, susu, telur, kacang-kacangan, buncis, kacang tanah, kacang polong, kacang kedelai, tahu, tempe. Dan sejumlah kecil ditemukan pada jagung, beras, gandum dan serealia. 

sesekali makan mie , bolehlah

Kedua sebagai Zat Pembangun

Sejak janin hingga remaja terjadi pertumbuhan badan. Selama itu terjadilah pertumbuhan sel-sel baru untuk membentuk bagian-bagian dari tubuh seperti otot, darah dan tulang.  Yang paling banyak memerlukan zat pembangun tubuh adalah anak-anak pada masa perumbuhan dan orang yang baru saja sembuh dari suatu penyakit. Ibu hamil untuk pembentukan jaringan tubuh yang baru bagi si janin di dalam kandunganya. Yang termasuk zat pembangun adalah protein, mineral  atau garam-garaman dan air. 

a)    Protein,
 protein terdiri dari bagian-bagian yang sederhana yang disebut dengan asam amino. Kita dapat membagi dua asam amino yaitu asam amino essensial dan asam amino non essensial. Ibu hamil dan menyusui sangat memerlukan zat protein sebagai zat pembangun jaringan baru di dalam tubuhnya. Zat protein yang diperlukan adalah sepertiga dari kebutuhan protein tubuh.  

b)    Mineral atau garam-garaman.
Mineral atau garam-garaman diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil. Tetapi mineral atau garam-garaman tersebut harus ada dalam makanan kita sehari-hari. Zat mineral atau garam-garaman yang diperlukan oleh tubuh adalah garam, kapur, fosfor, besi, yodium dan natrium. Seorang ibu hamil dan menyusui membutuhkan setidaknya sekitar 1200 mg mineral atau garam-garaman setiap harinya.

 c ) Air,
Tubuh mendapatkan air dari makanan dan minuman. Kebutuhan air tersebut adalah 1500 ml pehari. Air merupakan bagian terbesar dari sel-sel tubuh. Seorang ibu hamil dan menyusui sangat memerlukan banyak minersl dan garam-garaman yang berguna untuk membentuk sel-sel tubuh, membentuk cairan tubuh, melarurkan zat-zat yang ada di dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mengangkut zat-zat makanan dan sisa-sisa pembakaran. 


Buku Nutrisi Golongan Darah Buat Ibu Hamil dan Menyusui
 
Ketiga sebagai Zat Pengatur Tubuh 

Zat pengatur tubuh yaitu mineral, air dan vitamin.  Meskipun kebutuhan tubuh akan mineral dan vitamin kecil namun kedua zat tersebut sangat diperlukan oleh sebuah tubuh untuk tumbuh dan sehat. Vitamin dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu vitamin yang larut dalam lemak  , vitamin A D E K dan vitamin yang tidak larut di dalam lemak B dan C. 

Vitamin mempunyai fungsi tertentu. Vitamin diperoleh dari makanan, tetapi ada juga vitamin yang dihasilkan oleh tubuh sendiri dibantu oleh bakteri – bakteri di dalam usus. Kekurangan salah satu zat vitamin akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit

Catatan, buku Nutrisi golongan darah ini, bisa dibeli di semua toko buku dan Gramedia. Harga Rp. 38.000,- Ulasan ini juga di bahas di dalam buku tersebut

Sala,, semoga bermanfaat!!

Senin, 19 Februari 2018

/ /
Relawan TIK Provinsi Bengkulu
Assalammualaikum Wr. Wb

Mildaini.com. Relawan TIK Provinsi Bengkulu. Malam iu senin, 12 Februari 2018, saya diantar oleh anak-anak dan suami ke sebuah restoran Warung Kupi Atjeh di kawasan kuliner Pintu Batu. Ya, anak-anak dan suami akan mampir ke rumah Emak yang lokasinya ga begitu jauh dari sini. Pertemuan ini rencananya akan membahas mengenai kepengurusan Relawan TIK Bengkulu. Jadi Pertemuan ini adalah sebuah rapat kecil yang ga sengaja waktunya atau ga direncanakan waktunya. Hanya ikutan nebeng karena kebetulan Ketua umumnya sedang ada tugas kantor di Bengkulu. Jadi sekalian jalan, hehehe.

Pengurus RTIK Provinsi Bengkulu berfose dengan Pengurus Pusat
Waktu saya datang sudah ada Ari dan Mira, mereka udah duluan datang. Saya  tiba sekitar jam 19.15. Sebelumnya saya memang sudah menghubungi Bang Fendi. Owner tempat ini untuk booking tempa buat sekitar sepuluh orang. Saya mengkonfirmasi ulang dan meminta pelayan untuk menyiapkan tempat tersebut. 

Sebelumnya memang Kang Geri atau Geri Sugiran AS yang juga merupakan Ketua Bidang Publikasi dan Humas, memang berpesan tempat buat ngumpul yang ada menu kopinya sebab Om Eri alias Fajar Eri Dianto yang akrab disapa Om Eri, sang Ketum adalah seseorang penyuka kopi. Makanya saya dan teman-teman akhirnya pesan tempat ini.

Tak berapa lama, Kang Geri pun datang tetapi sendirian. Menurut info dari beliau bahwa Om Eri akan akan menyusul. Sebab beliau sedang ada rapat dengan teman-teman. Di saat yang bersamaan teman-teman yang lain pun mulai berdatangan dan mulai rame.

Kita terjedah sebentar untuk shalat Isya di Masjid Jamik yang juga di desain oleh Bung Karno waktu pengasingan di Bengkulu sebelum zaman proklamasi.

Usai shalat, beriringan juga semuanya udah ngumpul termasuk Om Geri. Sebelum pembahasan serius, ternyata Kang Geri juga membawa tiga buah baju kemeja RTIK, baju tersebut salah satunya diberikan kepada saya. Setelah itu pun, Om Eri dan Kang Geri yang juga membawa baju RTIK, dengan senang hati juga melepaskan baju tersebut dan 
diberikan kepada teman-teman. Jadi total malam ini kepengurusan baru sudah ada lima baju, alhamduillah ya!

Meet Up Segera dimulai

Sebenarnya, pertemuan ini sudah digadang-gadang sejak lama, namun baru terealisasi saat ini, mungkin ada sekitar hampir satu tahun. Pasca digelarnya acara Revolusi Mental beberapa bulan yang lalu oleh Kementrian PMK . Saat itu Kang Geri yang juga kebetulan hadir. Usai acara para peserta yang hadir digabungkanlah ke grup yang namanya Relawan TIK Bengkulu.

Apa itu RTIK

Mungkin banyak yang bertanya RTIK itu apa. Jadi RTIK iu kependekan dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Saat ini banyak program dan kegiatan yang digelar oleh pemerintah tentang program mencerdaskan masyarakat tentang penggunaan internet. Bijak dalam menggunakan internet, bijak bersosial media, pemanfaatan teknologi internet untuk menunjang dan mendukung berbagai kemudahan dalam hidup manusia. 

Fokusna sama penjelasan Om Eri ya, meski aroma Mie Aceh memanggil :)
Nah, untuk melakukan hal tersebut pemerintah butuh mitra untuk malakukan semua program tersebut, terutama tenaga ahli , pengguna langsung atau pemakai internet secara langsung. Orang-orang yang perduli dan ngerti soal dunia internet, teknologi komunikasi dan pastinya peduli dengan orang lain. Orang-orang tersebut disebut dengan nama Relawan TIK.

Kamu, mau gabungkah. Yuuk, gabung. Hampir di seluruh wilayah Indonesia ada kok Relawan TIK. Jadi bisa join dimana aja ya!

Visi

Menjadikan Relawan TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa

Misi
 
Internal (mikro) menyiapkan anggota dalam penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan individual maupun kerjasama kelompok guna menyelenggarakan tugas-tugas edukasi sosial, pemberdayaan maupun kegiatan insidental;

Organisasional (meso) menjadikan Relawan TIK sebagai sebagai satuan yang mampu bereaksi cerdas, tanggap, bergerak cepat serta bertindak cermat dalam menjalankan tugasnya;

Nasional (makro) berkontribusi dan partisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan, kemasyarakatan serta berperan dalam tugas kemanusiaan, dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan TIK bagi kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia.

 
Logo RTIK

Pemilihan Pengurus Relawan TIK Bengkulu

Sebelum pemilihan, Om Eri dan Kang Geri, menyampaikan banyak hal. Di awali dengan menceritakan latar belakang diri mereka dan kenapa terjun menjadi relawan TIK. Ternyata mereka bukan orang biasa apalagi orang yang memang mempunyai waktu luang. Oh, ternyata bukan. Mereka adalah orang yang sibuk. Tapi mempunyai komitmen yang kuat untuk Indonesia. Syahdu banget ya! Eh, Mulia Banget.

Kesepakatan malam ini, jadi Alhamdulillah Saya Mildaini, Kebeneran terpilih jadi Ketua Relawan TIK untuk Provinsi Bengkulu. 

Doakan kami semoga bisa mengemban amanah ini dengan baik ya
Oh, ya malam ini juga hadir, beberapa sobat Blogger Bengkulu selain Mira dan suaminya. Ada juga blogger muda Piter pemilik Sepenggal.info dan Aang pemilik Tanjungbungo, Lalu ada pak Parwito, ada pak dosen Supriyono.

Malam ini  juga segera dibuat berita acara penetapan kepengurusan Relawan TIK Bengkulu yang langsung ditanda tangani oleh ketua umum. Jadi biar sah deh, hihihi. Tinggal mengisi dan melengkapi formatur yang ada.

Alhamdulillah Kepengurusan RTIK Provinsi Bengkulu sudah terbentuk ya :)

Selain ketua ada posisi lainnya, seperti Sekretaris, Bendahara lalu ada seksi Program, Humas, Kemitraan, Sekretariatan. Semuanya belum terisi sempurna. Setelah ini , kami memang akan melakukan pertemuan selanjutnya. Agar formatur kepengurusan lengkap dan segera dikeluarkan surat keputusan (SK) dari pusat.

Untuk keperluan yang lainnya akan dibantu dan disupport juga oleh pengurus pusat. Sehingga kami pengurus, tak perlu kuatir , sebab ada banyak orang-orang yang siap membantu.
Kang Geri sedang tanda tangan Berita Acara Pembentukan Kepengurusan RTIK Provinsi Bengkulu

Baju Relawan TIK

Saat melihat baju kemeja berwarna biru dan putih tersebut, saya pun langsung bertanya. Ternyata di sana ada logo Kominfo dan logo-logo sponsor. Keren banget ini. Kayak logo Kominfo itu, jadi seperti akan membuat para Relawan TIK akan semakin percaya diri.


Om Eri sedang menjelaskan Logo yang ada di baju kemeja RTIK, termasuk logo Kominfo

Semoga dengan logo itu akan semakin membuat RTIK terutama Bengkulu akan percaya diri , habis ini kayaknya perlu silaturahim ke kantor Kominfo provinsi. Kebetulan saya dan teman-teman juga mempunyai banyak kenalan di sana.

Rapat ya Makan dan Ngopi

Ngumpul ga asik kalo ga ada makan-makan dan minum-minum. Sama nih, pertemuan RTIK mala mini juga penuh makanan dan minuman. Menunya makanan khas Aceh. Terutama Mie Aceh dan Kopinya yang bikin kangen.

Cuma saya tidak memilih keduanya, soalnya lagi ga kuat makan yang pedas. Mie Aceh ini saya ga nahan , sambalnya pedas banget. Jadi saya pesannya Nasi Goreng dan Juice Mesir, iu loh Juice Melon dan Sirsak. Rasanya juga rame dan seru. 

Inilah sebagian kecil dari Keluarga RTIK Indonesia
Teman-teman yang lain juga pesan dan makan yang aneh-aneh. Maklum menunya banyak banget. Ada nasi goreng Tsunami juga, hihihi. Bentuknya juga , gimana ya mau menggambarkannya. Bentuknya acak kadut, berantakan, ibarat memang terkena Tsunami.
Keseruan makan seperti hanya akan kamu dapatkan di keluarga RTIK Indonesia. Jadi ayo gabung sekarang

Kami tunggu partisipasi kamu ya!

Sabtu, 17 Februari 2018

/ /
9 Gerakan  Untuk Melawan Pemerkosa
Assalammualaikum Wr. Wb

Jika terjadi pemerkosaan, tentu saja hal yang paling utama yang harus kita lakukan adalah berusaha untuk melawannya. Bisa saja dengan melakukan tindakan berteriak sekencang mungkin, untuk meminta pertolongan orang banyak.

Namun, jika sudah berteriak sekuat tenaga , pemerkosa belum juga pergi atau belum ada  juga yang datang membantu. Dalam situasi gawat seperti ini, kita bisa mencoba untuk melakukan penyerangan  terhadap si lawan atau sipemerkosa.

Setiap orang pasti punya titik kelemahan bukan. Ya ibarat Samson yang kuat begitu saja pasti punya kelemahan, ketika dicabut bulu keteknya. Seketika kekuatan Samson melemah. Jadi kita gunakan cara fisik untk melawan pemerkosa

Tindakan tersebut dapat kita coba di antara  beberapa gerakan fisik di bawah ini

1. Mencekik tenggorokan atau leher. Kalo kita mencekik lehernya, otomatis si pemerkosa tidak bisa bernapas. Atau kita
serang lehernya dengan sekuat tenaga karena itu bisa bikin pemerkosa KO. Kenapa karena di sekitar leher ada banyak bagian perting tubuh. Seperti arteri carotis eksterna.
2. Pukulan dagu. Dengan cara mengarahkan kepalan tangan ke arah dagu pemerkosa. Ini merupakan gerakan yang sangat mudah kita lakukan bahkan bisa kita lakukan berulang kali.
3. Tendangan ke arah ulu hati, salah satu bagian tubuh yang lemah itu adalah ulu hati karena bagian tersebut tidak dibatasi
oleh rangka tulang.
4. Tendangan kemaluan/alat vital. Alat kemaluan merupakan salah satu bagian yang lemah dari seorang pria
5. Pukulan Muka.Untuk menghilangkan konsentrasi si pemerosa maka salah satu bagian yang bisa kita serang adalah bagian mukanya
6. Mengigit. Untuk melepaskan  dekapan penyerangan yang dilakukan oleh pemerkosa. Maka kita bisa mengingit tangan sipemerkosa yang sedang mendekap kita
7. Menendang Dada. Jika memungkinkan. Kita bisa melakukan tendangan dada yaitu menendang bagian dada si pemerkosa. Lakukan dengan berbagai cara, sekuat tenaga dan berkali-kali.
8. Menyiku dada. Kalo tadi kita menendang bagian dada pemerkosa. Maka kali ini bisa kita coba dengan menyiku bagian dada pemerkosa. Dengan sekuat tenaga.
9. Mencolok mata. Selain memukul bagian mata. Gerakan fisik lainnya yang bisa kita lakukan untuk melawan pemerkosa adalah dengan mencolok kedua mata pemerkosa dengan tangan kita.

Jika kita sudah melakukan perlawanan dan melakukan gerakan fisik untuk melawan. Namun tetap terjadi pemerkosaan. Maka yang harus kita lakukan saat itu adalah berdoa kepada Allah mengampuni segala dosa kita dan memohon sebuah keajaiban datang dalam sebuah pertolongan yang tak bisa kita kira sebelumnya. 

Semoga diri kita,  anak-anak kita dan kita semua  terlindungi oleh semua modus pemerkosa. Semoga Allah juga melindungi. Aamiin 

Senin, 12 Februari 2018

/ /
Belajar Motret Dari Handphone Bisa Hasilkan Gambar yang Keren Loh
Assalamualaikum  Wr. Wb

Zaman sekarang kayaknya butuh ga butuh,  perlu ga perlu ya punya kamera. Apalagi kalo yang ukurannya  gede.  Duh,  kebayang  ribet dan berat  jika dibawa,  apalagi kalo sambil jalan.  Bisa seolah makin berat saja.  Lalu kenapa membebani  diri begitu.  Saat ini kalo cuma buat foto,  kamera handphone  sudah sangat canggih.  Banyak pilihannya  dan tentu saja harganya.  Kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan  atau bisa juga dengan melihat berapa anggaran  uang yang tersedia.

Banyak juga kok,  handphone  dengan harga terjangkau  tapi kualitas Fotonya udah lumayan bagus.Bahkan saat ini kamera degan banyak kelebihan soal foto, pasti akan banyak diburu para penyuka dunia perfotoan, hihihi.
Duo Jurnalis wanita Bengkuu, dari RB dan BE lagi duet

Nah,  karena udah banyak handphone  yang keren dan punya fitur yang keren,  namun banyak yang belum paham menggunakan  hal tersebut.  Istilah kata agar lebih maksimal.  Maka Blogger Bengkulu pada kelas Blogger ke enam di bulan Januari yang lalu , mengadakan kelas blogger dengan tema Belajar Motret dari handphone.

Kali ini, tips belajar motretnya akan diajarkan oleh soba Bobe, kakak Komi Kend dari harian Rakyat Bengkulu. Beliau selain jurnalis, juga penyuka dunia fotografi dan juga blogger.

Hayo, cek henpon kalo ga bisa, ganti ajah, hihihi

Berikut ini, beberapa tips Belajar Motret dari handphone

1.    Punya handphone dengan kamera minimal 5 megapixel
2.    Paham Setel pengaturan dasar kamera
3.    Memahami Kondisi Cahaya
4.    Mencari Objek & Sudut Pengambilan Menarik
5.    Jangan Malu untuk Mendekat
6.    Sigap Tangkap Momen
7.    Pakai Kamera Bawaan Hanphone, Bukan Aplikasi
8.    Hindari Zoom, Lebih Baik Crop
9.    Hindari Pakai Flash. Lebih baik pakai lampu sorot tambahanan.
10.    Perhatikan Komposisi Foto
11.    Prinsip Rule of Third, Walau Tak Mutlak
12.    Bisa Pakai Mode HDR (Pada hape tertentu)
13. Pegang Handphone dengan Stabil
14.Bisa Pakai Alat Bantu Tripod
15.Tunggu Sampai Tersimpan
16. Buat Foto Bercerita
17. Editing Pakai Aplikasi
18. Pastikan Lensa Kamera Handphone dalam Keadaan Bersih

Setelah diajarin tips tersebut, para peserta langsung diminta untuk praktik langsung. Untuk mengambil foto-foto. Kebetulan kegiatan ini dilaksanakan di tempa wisata Taman Pantai Berkas yang lagi hits di kota Bengkulu. Jadi banyak spot foto keren.


Jadi Bobe akan berfotoan di Jembatan Lengkung
Apalagi kelas blogger kali ini juga didukung oleh Kedai Kecanikan DNY yang akan memberikan voucher perawatan kecantikan senilai 200k untuk 14 orang , kemudian ada sponsor juga dari Warung Kupi Atjeh yang akan memberikan voucher makan gratis. Hayo, gimana ga semangat. Pasti mupeng ya sama hadiahnya.

Kali ini makannya Ayam Geprek

Semua peserta jadi bersemangat dan ingin bisa ambil foto yang terbaik. Sebab sudah diajarin cara ambil fotonya. Terus hadiahnya juga ingin diambil, hahaha.

Kelas Blogger

Komunitas blogger Bengkulu, memang baru mau berusia dua tahun, alhamdulillah kegiatan rutin tiap bulan dengan berbagai tema selalu digelar. Dengan pembicara yang berasal dari sesama sobat Bobe atau yang memang kita undang berbagi dan berdiskusi mengenai berbagai ilmu dan keterampilan  di dunia blogger.
Saya, selaku Founder Bobe, nyerahin Souvenir buat Kak Komi
Alhamdulillah kegiatan ini juga mendapatkan banyak support dari berbagai pihak, dari berbagai kalangan, baik pemerintah, masyarakat bisnis dan warga sipil. Mereka juga mendukung berbagai program dan kegiatan Bobe.

Sampai jumpa ya, di kelas Blogger selanjutnya

Terima kasih kak Komi atas ilmunya dan sobat Bobe semua atas kedatangan kalian semua
 


Diberdayakan oleh Blogger.