Menu

Rabu, 31 Agustus 2016

/ /
Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui
Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui


Buku Nutrisi

Assalammu'alaikum Wr. Wb


Ibu hamil dan menyusui sangat memerlukan asupan gizi yang banyak dan gizi yang terbaik. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari makanan. Salah satu sumber bahan makanan yang paling mudah dikonsumsi dan disukai oleh ibu hamil dan menyusui adalah buah-buahan. 

Iyap, buah-buahan memang mudah dikonsumsi. Tinggal dicuci, dikupas. Udah, bisa langsung dimakan. Berbeda banget dengan sayuran, mesti diolah terlebih dahulu sebelum dimakan. Apalagi kalo sedang musim buah, buah bisa banjir dan harganya juga bisa murah banget dari hari biasa. Jadi setiap hari bisa makan buah ya. Pilihan buahnya, saran saya buah lokal saja. Selain mudah ditemukan dan harganya juga aman di kantong. Boleh juga sih, kalo ingin membeli buah import. Namun menurut saya untuk jenis buah-buahan yang tidak ada di Indonesia saja. Atau yang sulit tumbuh, misalnya Anggur, Apel, Kiwi.

Lalu, jenis buah apa saja sih yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Iya, supaya kandungan nutrisi lebih maksimal dan dapat dipergunakan sebaiknya bagi tubuh. Sebaiknya ibu hamil dan menyusui menyesuaikan jenis buah-buahan tersebut berdasarkan golongan darahnya.
Berikut ini saya, akan membantu ibu hamil dan menyusui untuk memilih jenis buah-buahan yang bagus untuk dikonsumsi. List berikut diharapkan dapat memberikan informasi dan wawasan bagi ibu hamil dan menyusui. Pengetahuan mengenai ini, saya tuangkan dalam buku saya yang berjudul Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah.

Buku ini terbagi menjadi empat, sesuai dengan jenis golongan darah pada manusia. Jenis buah-buahan tersebut berdasarkan golongan darah adalah sebagai berikut

Golongan Darah O

Golongan Darah O
Jenis buah yang baik dikonsumsi golongan darah O adalah, 

- Blueberry
- Mangga
- Pisang
- Anggur
- Apel
- Belimbing
- Strobery
- Semangka
- Pepaya

Golongan Darah AB

Golongan Darah AB
Jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh golongan darah AB, adalah

- Jeruk
- Apel
- Plum
- Blueberry
- Anggur
- Kiwi


Golongan Darah  A
Golongan Darah A
Jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi golongan darah A adalah,

- Jeruk
- Alpukat
- Apel
- Buah naga
- Jambu Biji
- Kiwi
- Melon
- Mentimun
- Plum
- Pear 

Golongan Darah B


Golongan Darah B
Jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh golongan darah B adalah,

- Anggur
- Pepaya
- Pisang
- Semangka
- Plum


Semoga dengan pilihan buah-buahan berdasarkan golongan darah ini, bisa menambah wawasan ibu hamil dan menyusui. Agar bisa tetap sehat dan kuat menjalani masa kehamilan dan masa menyusui. Bisa menjadi lebih smart dan pintar. Demi si buah hati.

Di dalam buku ini, saya juga memberikan informasi penting lainnya seputar nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui. Seperti mengenai pedoman gizi seimbang bagi bumil dan busui, Aneka resep jus/smoothie dan resep masakan, ada ada info penting lainnya. Oleh karena buku ini sebaiknya dimiliki dan dibaca oleh ibu hamil dan menyusui. 

Oh, ya buku ini dapat diperoleh di toko buku Gramedia dimana saja. Atau bisa juga langsung beli online ke penerbitnya. Harga bukunya Rp. 32.000 - Rp. 35.000, tergantung kota. Untuk informasil lebih lanjut bisa langsung menghubungi saya ya :)

Terima kasih, semoga buku ini bermanfaat ya bagi kita semua terutama ibu hamil dan menyusui.
           

Selasa, 30 Agustus 2016

/ /
Persiapan Cabut Gigi Pada Anak

 
Assalammu'alaikum Wr. Wb
Salam, apa kabarteman-teman semua. Hari ini saya mau berbagi pengalaman dalam mempersiapkan anak untuk cabut gigi. Iya, mendengar kata cabut gigi, pasti anak-anak langsung takut. Pasti gak mau deh, susah Ayahbundanya membujuk dan merayu untuk cabut gigi.
Suatu sore saat santai dengan  Nawra, anak pertama saya yang usia 9 tahun. Saya sempat bertanya dan memperhatikan gigi Nawra. Hal ini juga hasil dari pengamatan saya dalam beberapa hari ke belakang. Kenapa kalo makan si kakak lama banget dan kadang suka gak habis. Padahal biasanya dia habis , malah nambah makannya karena itu adalah menu favoritnya. Melihat kondisi itu saya sempat kuatir dan sempat juga sekilas waktu itu saat sarapan bertanya. Jawabannya saat itu sambil buru-buru minum susu dan pergi ke sekolah. Ya, giginya sakit.

Yuhui, kalo gigi sakit. Pasti dong ya makan juga gak enak, gak nyaman. Apalagi kalo ada lubangnya. Saat ada makanan yang masuk ke dalam lubang itu membuat mulut jadi gak enak banget. Reseh deh jadinya. 

Jadi, obrolan singkat sore itu disepakati bahwa besok Nawra akan mencabut giginya yang bermasalah itu. Kami akan membawa Nawra ke dokter gigi langganan keluarga kami. Dan seperti kebanyakan anak-anak seusia Nawra. Dalam hal mencabut gigi, pastilah takut. Kalo gak dipersiapkan secara matang atau dengan strategi yang jitu. Bisa jadi cabut giginya batal loh. Akibat anak gak mau, kadang hal ini bisa terjadi saat sudah di ruangan dokternya . Udah ngantri lama, eh pas udah mau tindakan di dalam ruangan. Anaknya mengamuk, marah-marah dan meraung menggis ketakutan. Kalo begitu kondisinya, ya sudah bisa dipastikan gak bakalan sukses cabut giginya.

Namun, tidak begitu dengan Nawra. Meski ada proses merenggeknya, tapi tetap bisa kok dicabut giginya. Ngambeknya juga gak lama. Setelah dibujuk atau dirayu. Dengan sadar si Nawra mau kok dicabut giginya. Mau tahu persiapan apa yang saya lakukan kepada Nawra saat akan cabut gigi. Berikut ini saya bagikan ya pengalamannya.

Berikan penjelasan

Sebelum ke dokter gigi, berikanlah penjelasan singkat bagaimana proses mencabut gigi, alat yang digunakan, caranya dan berapa lama. Lalu berikan juga penjelasan manfaat mencabut gigi dan jelaskan juga akibat yang akan timbul jika tidak dicabut giginya yang berlobang tersebut. Jelaskan dengan bahasa sederhana, agar anak mudah mengerti

Ajaklah anak ke dokter langganan keluarga

Biasanya setiap keluarga mempunyai dokter kepercayaan termasuk dokter gigi. Biasanya juga anak pernah menemani orang tua atau anggota keluarganya ke dokter gigi. Meski belum pernah masuk ke ruang perawatan gigi. Maka ajaklah anak ke dokter atau ke tempat yang sudah biasa atau dikenali oleh anak. Hal ini sangat penting untuk memudahkan proses adaptasi. Jika anak sudah beradaptasi maka akan mudah menimbulkan kenyamanan.

Mandi dan Memakai Pakaian yang Terbaik

Ajak anak untuk mandi dengan bersih dan sempurna. Jika anak sudah makan, maka minta dia untuk langsung menyikat giginya. Lalu pakaikan kepada anak pakaian yang dia sukai. Setiap anak pasti mempunyai pakaian favorit, minta anak untuk memakainya. Berserta dengan atributnya, misalnya aksesories, jilbab, sandal atau sepatu dan perlengkapan lainnya seperti tas. Dengan badan yang segar, pakaian yang nyaman akan membuat anak semakin percaya diri dan mampu mengendalikan emosinya dengan baik.

Makan Dengan Kenyang 

Sebelum berangkat ke dokter gigi, entah pagi, siang atau sore hari. Bebas saja waktunya. Yang pasti harus dipastikan bahwa anak dalam kondisi kenyang. Berikanlah dia asupan makanan yang cukup, higenis dan bergizi. Setelah makan, minta anak untuk membersihkan mulut dan menyikat giginya. Hal ini sangat penting, biasanya anak yang sudah dicabut giginya, dia malas untuk makan. Jika anak malas makan, maka nanti dia bisa kelaparan. Jika kelaparan, pasti bisa menimbulkan masalah terutama yang berkaitan dengan pencernaannya. Lagipula, mencabut gigi saat perut keroncongan akan membuat anak tidak nyaman dan dapat mengganggu proses cabut giginya

Berikan Hadiah

Kita boleh mengimingi anak dengan hadiah. Misalnya saja, akan dibelikan ice cream. Namun hadiah tersebut harus diberikan setelah cabut gigi bukan sebelumnya. Bisa jadi hadiah itu salah satu yang menjadi motivasi anak untuk mau dicabut giginya. Sejauh ini metode pemberian hadiah sangat efektif untuk Nawra. Bahkan terkadang dia nego, mau minta ice cream bebas pilih, hehehe. Yap, bebas memilih jenis atau rasa apa yang dia sukai. Namun tetap kami juga membatasi. Misalnya, hanya boleh memilih dua buah saja.
Berdoa

Setiap anak suka jika diingatkan dan diajarkan untuk berdoa, dengan berdoa mereka akan lebih merasa kuat dan percaya diri. Jadi mintalah anak berdoa dengan cara dan bahasanya sendiri. Bahkan bisa juga minta anak berdoa berkali-kali, sebelum berangkat, ketika di jalan dan ketika sudah sampai, bisa juga saat hendak memasuki ruang dokter dan duduk di kursi perawatan dokter gigi. Pokoknya mintalah anak untuk banyak-banyak dan sering berdoa. Hal ini baik, setidaknya anak tidak memikirkan hal-hal yang negatif, lebih baik otaknya disibukkan untuk memikirkan hal-hal yang baik.
Membawa  Air Mineral

Saat menunggu antrian di doketr gigi, pasti bisa menimbulkan rasa haus. Saat setelah dicabut gigi juga bisa menimbulkan rasa haus. Makan sebaiknya selalu  siapkan air mineral untuk menghindari kehausan.
Membawa Mainan, Buku Bacaan Dll

Ini juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi rasa kuatir dan deg degan pada anak saat mencabut gigi. yaitu membawa permainan yang dia sukai. Misalnya saja permainan rubik, Teka-teki Silang , game di gagjet dan mainan lainnya. Selain itu bisa juga membawa buku bacaan. Mendengarkan musik dengan menggunakan earphone.
Kenalan Dengan Dokter
Sebelum akan dilakukan tindakan, ajak anak untuk berkenalan dan ngobrol dengan dokternya. Dengan berbicara maka akan membuka rasa percaya diri anak dan bisa membangun kecerdasan majemuk anak terutama kecerdasan inter dan intra personal anak. Jika hal ini sudah terbangun dengan baik. Maka anak akan percaya dengan dokternya dan akan mempersilakan dengan senang hati untuk dicabut giginya.
Kenali Prosesnya

Saat anak sudah duduk di kursi perawatan gigi. Beri tahu anak, tindakan apa yang akan dilakukan oleh dokter. Lalu dengan alat apa dokter akan mencabut giginya dan berapa lama prosesnya. Dengan memberitahu dan membuat kesepakatan dari awal akan membuat anak paham, jelas dan mengerti. Jika anak mengerti, maka anak akan mau mengikuti semua prosesnya dengan baik.
Temani Anak
Ketika tindakan akan dilakukan, ikuti dulu apa yang diinginkan anak. Biasanya anak meminta kita untuk mendekat dengannya dan bahkan dia ingin memegang tangan kita. Pastikan bahwa kita berada dekat di sekitarnya dan kita akan siap memberikan bantuan apapun yang dia minta secepatnya. Yakinkan kepadanya bahwa kita akan selalu menemani dan membantunya. Termasuk saat anak ngambek, merajuk bahkan menangis, kita adalah orang pertama yang tahu dan yang akan menenangkannya.
Nah, itu tadi beberapa persiapan yang biasa saya lakukan kepada Nawra, ketika akan dicabut giginya. Saat ini Nawra sudah lebih dari lima kali dicabut giginya. Maklum masih pakai gigi susu ya, jadi masih suka terjadi masalah. Terutama dicabut giginya, entah karena sakit, berlobang atau menganggu letak tumbuh gigi yang baru, sehingga harus dicabut. Agar posisi giginya bagus dan bentuk gigi juga bagus.
Oke ya, semoga pengalaman saya ini bisa memberikan wawasan, informasi dan inspirasi kepada Ayahbunda yang ingin mengajak anaknya ke dokter gigi, khususnya mencabut gigi.

Senin, 29 Agustus 2016

/ /
Optimalisasi Blog Bersama Blogger Bengkulu (BoBe)









Assalammu'alaikum Wr.W
Mildaini.com. Hello apa kabar, hari senin selalu sibuk ya. Tapi meski sibuk kita harus tetap bersemangat ya. Apa pun itu, yang pasti ini adalah hari senin terakhir di bulan Agustus 2016. Suuit, bakalan masuk bulan September dong. Iyap, kudu ada yang ditinggalkan jejak bulan proklamasi ini dengan hal-hal yang baik. So, tetap semangat.

Okelah, hari ini saya mau berbagi kecerian saya saat kopi darat bersama teman-teman blogger Bengkulu. Yang biasanya kami sebut dengan nama pendek BoBe. Kece kan namanya, hehehe. Ini adalah kopi darat pertama setelah di loncing bulan Juni lalu di hotel Grage Horison Bengkulu. Jadi ya masih kenalan dan mengenali satu sama lain. Yang hadir di acara ini adalah orang-orang keren yang mempunyai semangat dan keinginan yang kuat untuk ngeblog dan pastinya juga mau berbagi, menambah ilmu perbloggingan. Makanya mereka semangat untuk hadir.

Kita sebut saja ya, Beni , ternyata dia adalah ini rahasia sebenarnya editor sebuah media online, belum lagi sebagai admin beberapa web. Lalu ada Relinda, seorang PNS yang juga jago ngeblog dan suka jalan, dan pastinya jago nulis juga. Lanjut ada Ibu Guru Apura, gayanya sih awet muda , maklum bergaulnya ama anak-anak SMP, bu guru ini juga doyan ngeblog. Beliau lagi bingung tuh, habis ganti domain. Tapi belum beres pindahannya dari wordpress, hiiiks. Kali ada ya yang senasib dengan beliau.

Terus ada Piter, mahasiswa UMB ini emang penuh api, eh maksudnya berapi-api. Maklum mahasiswa, selalu bersemangat ya, apalagi kalo diajak demo, hehehe. Ilmu dan wawasan ngeblognya juga kece badai.

Nah, tuan rumahnya si Eky dan istri juga ternyata udah lama ngeblognya. Udah dari tahun jebod, tahun 2003. Zaman internet masih langka dan mahal. Kalo liat blognya, wajar aja ya keren. La, emang si Eky kuliahnya dibidang multimedia sih. Gimana gak keren. Saya juga sempat bertanya, enak dong ya kerja sesuai ama passion. Suka dan ada ilmunya. Yap, klop deh.

Udah pada tahu dan kenal kan. Terus ngapain aja kita kemarin pas kopdar. Jadi sesuai tema kita kemarin emang membahas soal optimalisasi blog. Meski ada juga ngebahas lainnya. Gimana caranya membuat blog kita itu jadi optimal. Gimana caranya blog kita itu emang bisa menjadi menarik, sehingga banyak visitornya dan banyak brand yang melirik buat ngajak kerjasama, sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi tabungan, hehehe. Ujung-ujungnya gitu sih, tapi kita mulainya pelan-pelan deh. 

Intinya, supaya blog kita bisa optimal. Memang kemarin jadinya kita ngebahas semua hal yang ingin diketahui dan pengen mencari tahu. Seputar optimalisasi ngeblog. Sayangkan udah bikin blog apalagi udah pake domain pribadi, eh malah gak diurusin. Sayang bangetlah. Gak optimal blognya.

Ini saya rangkum ya, beberapa pertanyaan atau diskusi yang dibahas pas kopidarat kemarin seputar soal optimalisasi blognya adalah.

1. Bagaimana memindahkan hosting, ini ada yang baru beli domain pribadi. Terus gimana caranya buat mindahin data dari blog yang lama ke domain pribadi. Jadi ribet soalnya blog awalnya wordpress, kalo blospot sih gak ribet. pas pindah domain langsung aja pindah. Keangkut semua.

2. Kenapa kok, blognya kalo dibuka baik di laptop apalagi di gagjet beray atau lambat. Istilahnya gak responsif. Apalagi mau komen, susah banget.

3. Bagaimana mengupload video ke blog, bagusnya kemana dulu dan sebaiknya durasi videonya berapa lama.

4. Tips dan trik supaya banyak pengunjung atau yang komen di blog kita.

5. Kenapa blog yang banyak fotonya jadi berat, apa solusi untuk upload foto supaya gak bikin berat blog atau menghabiskan kuota blog. Apa yang harus dilakukan.

6. Apa solusi jika foto di postingan ketika di share ke grup komunitas blog semisal fesbuk. Gambar yang keluar ditampilan bukan gambar di postingan atau bukan gambar di artikel kita.

7. Istilah kompres foto itu apaan sih dan manfaatnya apa? dan gimana caranya

8. Bagus gak blog dipasangin iklan, kalo iya iklannya kayak apa dan sebaiknya diletakkan dimana? di widget atau di postingan

9. Model blog dan iklan apa sih yang bikin orang malas berkunjung. Yang iklannya rame kayak apa.

10. Nyerempet nih pertanyaan soal bagaimana supaya dapat job, ya paling gak yang seputar kota Bengkulu deh. Misalny diundang oleh Wahana Surya buat loncing taman airnya, pun kita diajak mencoba wahana tersebut. Kan kece ya, maunya sih :D


Itu hanya sebagian bahas diskusi kopi darat kemarin. Diskusi ini akan berlangsung lagi nanti, kalo sudah ketemuan bulan depan. Pasti lebih seru, apalagi jika kamu hadir juga. Pokoknya gak usah malu kok buat bertanya dan belajar soal ngeblog, kita BoBe baik-baik kok, mau mengajari.

Kalo kamu belum gabung ke grup Bobe di Fesbuk, silakan gabung di sini ya.


Udah dulu ya liputan keseruan kopdar BoBe kemarin, tetap tungguin infoh kopdar selanjutnya dan tetap ikuti setiap program di grup dengan baik ya. Terutama yang sudah ikutan arisan komen, hayuuk bayar dong komennya sampai lunas, Arisan Bintang BoBe dan One Week One Post, kudu semangat menulis satu post setiap pekannya. Terus ini ada bocorannya kita mau mengadakan lomba ngeblog ni, hadiahnya pasti keren. Tungguin aja ya infohnya.

Dada, sudah dulu ya...lanjut lagi nanti

Minggu, 28 Agustus 2016

/ /
Shella Dwi Novitasari, Putri Pariwisata Bengkulu 2016
Shella Dwi Novitasari, Putri Pariwisata Bengkulu 2016

Mildaini.com. Ajang pemilihan putri pasriwisata Bengkulu untuk tahun 2016 akan segera berakhir. Malam final yang sebelumnya dijadwalkan diadakan pada jum'at 5 Agustus 2016. Dengan banyak alasan dan pertimbangan terpaksa ditunda. Dan malam final tersebut akhirnya dilaksanakan pada jum'at, 28 Agustus 2016. Bertempat di hotel Grage Horison Bengkulu.

Tiket masuk kegiatan ini dijual secara bebas. Siapa saja boleh menyaksikan kegiatan ini dilangsungkan. Harga tiketnya bisa dibeli di tempat acara. Sejak pukul 16.00. Harga tiketnya sebesar Rp. 60.000,- per orang.

Malam final ini direncanakan akan terbagi menjadi tiga sesi. Dari 20 finalis menuju ke 10 besar, selanjutnya menuju ke 5 besar. Baru deh diumumin siapa pemenangnya. 

Nah, kebetulan kali ini keponakan saya Shella ikutan ajang pemilihan Putri Pariwisata tahun 2016 ini, sudah masuk nominasi 20 besar. Dan sempat dikarantina, eh pas mau malam final ditunda karena gubernur ada keperluan di luar kota. Padahal Shella sempat hanya punya waktu satu hari  menyiapkan baju untuk malam grandfinal tersebut. Yap, baju yang Shella pakai di malam final itu hanya dikerjakan selama kurang lebih satu hari. Alhamdulillah, hasilnya juga bagus. Meski sempat ketar-ketir juga, kuatir bajunya gak kelar. Eh, taunya ditunda.

Namun hal tersebut akhirnya menjadi berita gembira bagi saya dan keluarga Shella yang awalnya hanya menjadi finalis. Di.penghujung acaranya diumumkan menjadi juara 1 Putri Pariwisata Bengkulu 2016. Hore, Shella menang. Horee!

Kepengen tahu, gimana kebahagian Shella setelah terpilih menang pada ajang pemilihan putri pariwisata ini. Hayuuk, ikuti  aja kecerian liputan saya tentang Shella yang menang di ajang ini ya. Semoga mendapatkan informasi, wawasan dan inspirasi.







Berikut ini adalah dewan jurinya. Shella sempat juga berfoto dan mengucapkan banyak terima kasih , kepada para dewan juri yang telah memberikan kepercayaannya untuk memilih Shella. Salah satu jurinya juga berasal dari pemenang Putri Pariwisata Bengkulu tahun 2014


Bersama Juri




Hal yang paling utama, Shella sangat bersyukur dan berterima kasih kepada mamanya, Ibu Helmiati, S.Pd. Meski saat acara Papanya bapak  Ir. Suherman dan Ananda, Kakak Shella, Tidak bisa hadir karena mereka sedang berada di Lombok, NTB. Kakak Shella bekerja di bank NTB.


Namun mereka selalu memantau perkembangan Shella. Pada malam final tersebut mereka juga tidak tidur, menunggu hasil akhirnya. Kebayang gak mereka begadangnya, telpon-telponan dengan saya malam-malam. Belum lagi beda waktu Bengkulu dengan Lombok kan dua jam. Cuhui, jadinya begadang semalaman. Untungnya besok sabtu, jadi bisa istirahat karena gak kerja.

Bersama mama



Shella bersama dengan teman-temannya. Baik teman sepermainan, teman kuliah dan teman dari sanggar tari. Tanpa teman tentunya Shella tidak akan bisa berdiri kuat untuk mengikuti setiap sesi dan bagian penjurian kegiatan ini. Misalnya saja teman yang membantunya menari, dimana teman-teman dari sanggarnya yang menabuh dol sebagai musik untuk mengiringi Shella menari.

Shella dan teman-teman





Alhamdulillah shella menjadi juaranya tahun ini. Semoga dengan kemenangan ini tidak membuat Shella sombong, tetapi tetap rendah hati. Shella juga akan segera mengikuti kegiatan karantina di Jakarta bersama dengan perwakilan Putri Pariwisata dari provinsi lain. Menurut informasi, jadwalnya akan dimulai di Jakarta pertanggal 17 September 2016

Meskipun demikian . Saat ini Shella sudah  mulai sibuk dengan berbagai acara. Di hari sabtu saja setelah pengumuman,  dia mulai rame didatangi wartawan yang ingin wawancara.  Bahkan lanjut lagi wawancaranya di rumah. Padahal menurut Shella, mereka para finalis baru bisa tidur sekitar jam empat pagi. Karena setelah acara final tersebut, para putri masih diminta untuk menginap di hotel. Untuk menghilangkan penat, keesokan harinya Shella dan teman-teman yang lainnya berenang.

Lalu di hari ahadnya, Shella diundang untuk hadir pada acara sebuah partai di Hotel Grage Horison. Dan hari senin ini, Shella sudah terbang ke Jakarta. Ciye-ciye, baru aja menang, kesibukan sudah datang aja ya. Jaga kesehatan dan sellau berdoa ya Shella sayang. Semoga Allah SWT selalu melindungimu dimana saja. Aamiin

Semoga Shella bisa membawa perubahan dan memberikan kontribusi bagi kemajuan pariwisata, khususnya pariwisata di Bengkulu ya. Semoga parwisata kian dikenal dan semakin banyak wisatawan yang datang. Sama-sama ya kita dukung Shella dan programnya untuk memajukan pariwisata Bengkulu.


Rabu, 24 Agustus 2016

/ /
GRAND ASTON , HOTEL KEREN DEKAT MUSEUM AFFANDI YOGJAKARTA


Karya seni merupakan salah satu daya tarik dari Kota Yogyakarta. Selain dikenal dengan Gudeg dan Batiknya. Yogyakarta juga dikenal dengan karya seninya. Karya seni yang sudah di abadikan dan bisa dinikmati sampai sekarang adalah karya seni dari Affandi, salah seorang seniman yang dikenal sebagai maestro lukis  di Indonesia bahkan di luar negeri. Museum yang mengabadikan karya-karyanya dikenal dengan nama “Museum Affandi”



Museum ini berada di Jalan Raya Yogyakarta – Solo atau di tepi barat sungai Gajah Wong. Ketika kamu mengunjungi museum ini, kamu bisa menikmati perjalanan hidup sang maestro lewat lukisannya, alat transportasi yang dulu digunakan, rumah yang ditinggalinya sampai sanggar yang sekarang digunakan sebagai sanggar lukis anak.



Museum Affandi dibagi menjadi 3 galeri. Untuk Galeri pertama digunakan sebagai tempat beli tiket dan perjalanan pertama untuk kemudian bisa melangkahkan kaki ke galeri selanjutnya. Galeri pertama ini sudah di buka sejak tahun 1962. Di sini kamu akan melihat lukisan sketsa yang ditempatkan pada 2 larik atas bawah lalu memanjang dengan memenuhi ruangan.

Selain itu di Galeri pertama ini kamu bisa melihat beberapa barang yang digunakan oleh Affandi semasa hidupnya. Seperti mobil Colt Gallat berwarna kuning dan terdapat di ujung ruangan, ada juga sepeda onthel yang terlihat jadul dan klasik. Lalu ada juga karya Affandi berupa potret diri dan putrinya yang dituangkan menjadi sebuah patung.


Sumber foto : catperku.com


Masuk menuju galeri selanjutnya, kamu bisa melihat banyak sekali lukisan hasil karya pelukis Indonesia baik karya para pemula ataupun para senior. Di Galeri ini terdapat 2 lantai, lantai pertama berisi beberapa lukisan yang terlihat abstrak sedangkan lantai, kedua berisi beberapa lukisan dengan corak realis yang mempunyai unsur ketegasan pada lukisannya.



sumber foto : affandi.org
 



Selanjutnya adalah galeri 3, bentuk bangunannya seperti garis lengkung dengan atap yang menyerupai pelepah pisang.  Di galeri ini terdapat 3 lantai, yang pertama digunakan untuk ruang pameran serta sanggar lukis anak atau “Sanggar Gajah wong”. Lantai kedua digunakan untuk tempat perawatan lukisan dan lantai  3 digunakan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam koleksi karya seni lainnya.


Tidak hanya sampai di galeri 3 saja, tidak jauh dari galeri 3 kamu akan menemukan sebuah menara yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan. Di sini kamu bisa melihat pemandangan museum secara keselurahan. Masih di atas menara jika kamu turun dan berjalan ke barat kamu bisa melihat sebuah bangunan yang mempunyai arsistektur unik, bangunan ini digunakan Affandi sebagai salah satu tempat tinggalnya.



Bangunan yang dibuat dengan konsep rumah panggung ini memiliki tiang penyangga yang terbuat dari beton, lalu atapnya terbuat dari sirap yang membentuk serupa dengan pelepah. Untuk lantai bawahnya, sekarang sudah difungsikan menjadi sebuah cafĂ©  yang bisa disinggahi para pengunjung.

Dibagian kiri bangunan kamu bisa melihat sebuah gerobak yang sekarang digunakan sebagai musholah. Dulunya gerobak ini adalah tempat istirahat dari istri Affandi yaitu Maryati. Awalnya Maryati menginginkan sebuah carayan, tempat yang biasa digunakan orang Amerika sebagai tempat tinggal yang bisa berpindah, akhirnya Affandi memenuhi permintaan istrinya tersebut namun dalam bentuk yang lebih Indonesia yaitu gerobak.

Tidak jauh dari Museum kamu bisa menemukan sebuah penginapan. Jadi untuk kamu yang memang datang ke Yogyakarta dengan tujuan utama mengunjungi Museum Affandi, kamu bisa menginap di penginapan tersebut.

Nama penginapannya adalah Grand Aston Yogyakarta yang berada di Jalan Urip Sumoharjo, jaraknya hanya 1,59 km jika dari Museum Affandi.
 
sumber foto : traveloka




Baik sebelum menuju Museum Affandi atau sesudah dari Museum Affandi, kamu akan diberikan kenyamanan dengan fasilitas dari hotel ini, seperti di manjakan dengan fasilitas spa misalnya.


Bisa juga bagi mereka yang datang ke hotel dengan tujuan mengadakan kegiatan sehingga membutuhkan ruang yang cukup besar, hotel ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Karena di sini terdapat ruangan cukup besar dan bisa digunakan untuk menampung lebih dari 100 orang.
 

sumber foto : traveloka



Hotel ini juga menyediakan fasilitas lounge bar, jadi kamu bisa bersantai sambil menikmati makanan dan minuman yang disajikan. Atau jika kamu ingin menikmati makan malam diluar hotel, kamu bisa menemukan restoran yang ada disektar hotel.


Oh, iya sebenarnya selain Museum Affandi, hotel ini juga tidak jauh dari Taman Pintar Science Park dan Museum Benteng Vredeburg, untuk ke tempat tersebut kamu hanya membutuh waktu 20 menit dengan berkendara.



Jadi, bisa dikatakan hotel ini adalah rekomendasi paling strategis untuk kamu yang ingin mengunjungi Museum Affandi. 

Untuk kamu yang ingin menginap dan memesan kamar di Grand Aston Yogyakarta kamu bisa melakukan pemesan melalui aplikasi travel online seperti Traveloka misalnya, karena dengan melakukan secara online kamu tidak perlu repot untuk melakukan reservasi hotel secara langsung atau menelepon pihak hotelnya. Kamu juga bisa mengetahui apakah kamar di hotel tersebut masih tersedia atau tidak.Dan yang paling utama jika kamu bisa memesan hotel dimana saja dan kapan saja.

 
Diberdayakan oleh Blogger.