Menu

Senin, 28 Agustus 2017

/ /
CENTRAL ELEKTRO, Ahlinya AC Anda

Kebutuhan akan Air Conditioner atau yang disingkat dengan sebutan AC memang sudah menjadi kebutuhan semua orang. Bukan cuma hotel, kantor, pertokoan. Namun saat ini rumah tangga pun sudah banyang yang menggunakan AC di rumahnya. Bahkan bukan cuma satu, kadang lebih dari satu AC yang ada di rumahnya. Beragamnya merek dan harga AC membuat peluang setiap rumah tangga atau setiap orang untuk memiliki atau menggunakan AC menjadi lebih luas. AC juga juga bukanlah barang mewah, tidak seperti dulu hanya orang-orang tertentu yang mampu membeli dan menggunakan AC.

Dalam beberapa dekade terakhir, suhu global semakin mengalami peningkatan ditandai dengan berbagai macam fenomena yang terjadi mulai dari musim yang bergeser waktunya, mencairnya es di kutub, dan sebagainya. Hal ini dapat terjadi karena polusi yang semakin meningkat ditambah dengan terus berkurangnya jumlah pohon atau hutan di bumi.

Dengan demikian selain rusaknya lapisan ozon yang melindungi bumi juga menyebabkan kandungan karbon(C) di atmosfer meningkat yang menyebabkan munculnya efek rumah kaca. Peningkatan suhu global tersebut tentu akan mempengaruhi kenyamanan termal penduduk bumi khususnya penduduk Indonesia yang memang termasuk ke dalam negara beriklim tropis.

Indonesia merupakan negara tropis terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau yang terbentang sepanjang garis khatulistiwa. Dengan demikian hampir sepanjang tahun kondisi di Indonesia cukup panas dengan kelembaban yang tinggi.

Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Berdasarkan penelitian sebelumnya (Wijayanto,2015,unpublished) menunjukkan suhu berada di kisaran 22 - 33°C dengan kelembaban yang fluktuatif, dimana siang hari kelembaban lebih rendah dibandingkan saat pagi dan malam hari.

Begitu juga yang terjadi dengan daerah Bengkulu yang memang dikeliling pantai. Kian hari cuaca terasa panas dan mudah membuat gerah. Bahkan setelah turun hujan pun tetap terasa panas. Memang saat ini kondisi bumi sudah tua dan mudah panas sehingga kebutuhan akan alat pendingin udara semakin meningkat.
Bengkulu daerah pantai cenderung panas dan gerah
Dalam beberapa tahun terakhir, perhatian masyarakat pada masalah kenyamanan termal penghuni bangunan telah menghasilkan banyak studi termal pada berbagai jenis bangunan. Penelitian dilakukan di berbagai negara dengan kondisi iklim yang berbeda-beda, diantaranya studi tentang sistem ventilasi yang dilakukan oleh Nugroho(2006).

Dari penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa manusia sangat memerlukan kenyamanan termal dalam kegiatan sehari-harinya, terlebih pada umumnya orang menghabiskan waktunya lebih dari 90% di dalam ruangan, sehingga mereka membutuhkan udara yang nyaman dalam ruang tempat mereka beraktivitas.

Ditambah dengan semakin meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia menyebabkan peningkatan dalam kegunaan AC untuk mencapai kenyamanan termal, bahkan dalam rumah tangga menengah ke bawah pun sudah jamak ditemui penggunaan AC karena kondisi iklim Indonesia yang masuk kategori lembab panas.

Tren penggunaan AC semakin meningkat

Meski demikian kemampuan dan kebutuhan akan AC juga harus diimbangi dengan pengetahuan bagaimana cara menggunakan AC dan juga bagaimana cara merawat AC tersebut. Hal ini penting sekali untuk menjaga agar AC tetap sejuk dan dingin. Dan juga yang paling penting awet dan hemat listrik.

Untuk perawatan AC bukan Cuma menjadi kewajiban rumah tangga, karena merasa milik perseorangan sehingga lebih teliti. Perawatan Ac bagi kantor, hotel, sekolah, kampus, toko dan fasilitas umum lainnya juga penting. Hal ini untuk memberikan kenyamanan dan rasa betah kepada para pengunjung atau tamu. Contohnya, sebuah hotel yang sejuk dan dingin tentu akan membuat para tamu hotel nyaman dan betah. Tidak merasa gerah. Efeknya akan membuat tamu semakin banyak yang ingin menginap di hotelnya. Begitu juga dengan kantor, sekolah atau kampus. 

Lalu jika timbul keinginan untuk membeli AC, servis AC dan melakukan perawatan. Kemana sebaiknya kita mengadu atau mencari solusi. Memang seiring dengan meningkatnya kebutuhan AC. Tumbuh dan berkembang juga tempat penjualan dan servis AC. Seolah saling berhubungan.

Namun, sebaiknya kita juga jeli dan waspada dalam mencari tempat untuk membeli, servis dan melakukan perawatan AC tersebut.

Ada beberapa tips yang harus kita lakukan untuk memilih tempat servis AC

  • Kantor yang jelas
  • Tenaga teknisi ahli dan berpengalaman
  • Izin usaha yang jelas
  • Garansi yang jelas
  • Dukungan fasilitas atau armada yang layak
  • Layanan cepat tanggap

Nah, itu beberapa tips atau alasan yang harus kita ketahui sebelum menentukan tempat untuk membeli, merawat dan servis AC. 

Untuk warga kota Bengkulu dan sekitarnya. Tak perlu kuatir, saat ini sudah ada specialist AC yang memang ahli dan layak untuk mengatasi semua masalah tentang AC. Namanya Central Elektro.

Mengenal Lebih Dekat CENTRAL ELEKTRO
Central Elektro berdiri pada tanggal 1 April 2015 di Bengkulu. Berawal dengan membuka Bengkel Service AC dan alat elektronik rumah tangga.  Di Jalan Mangga No 37. Dengan 2 orang karyawan Kemudian setelah berjalan 3 bulan, menambah 2 unit armada mobil dan 4 orang Karyawan Mulai pada awal 2016, melakukan kerjasama  dengan pabrikan AC Merk TCL sebagai dealer resmi di Bengkulu. 

Selanjutnya pada pertengahan 2016 memiliki kantor baru di Jl.Pangeran Natadirja No.37. Pada bulan Oktober 2016 menjadi dealer Panasonic dan Daikin di Bengkulu Awal tahun 2017 melengkapkan 8 armada team Central Elektro. Dengan 16 orang teknisi terlatih dan 2 orang Admin support

Profil Owner Central Elektro

Pimpinan Central Elektro ini bernama pak  Undang Sumbaga.Bertampat tinggal di : Jl.Bumi Ayu IV No.44    Kota Bengkulu. Alumni Teknik Informatika salah satu Universitas di Lampung ini juga mempunyai hobbi  : Membaca  & Travelling. Sebelum memutuskan untuk mendirikan usaha ini, beliau memang sudah bekerja terlebih dahulu sebagai karyawan disebuah perusahaan yang bergerak di salah satunya mengenai produk AC.

Punya Ac di rumah harus dijaga dan dirawat ya, jangan cuma bisa make aja. Terus ngeluh kalo gak sejuk. 😨😴 Udah pada tahu kan ya solusinya kemana kalo masalah Ac. Yuhui, kamu benar ke Central Elektro saja . Spesialis AC. Mulai dari beli, pemasangan, cuci, servis, sampai tukar tambah. 😴 Apa belum tau, sini kukasih tau ya di Central Elektro itu bisa loh tukar tambah AC. Dan caranya juga gak ribet cukup telpon aja nanti teknisi datang. Keren kan. Satu lagi ini yang tak kalah penting rental AC dan blower . Buat berbagai acara. Biar para tamu nyaman dan betah. Apalagi ya, ini nih yang penting layanan cepat sebab didukung dengan team dan 8 mobil dan 12 karyawan yang mumpuni. Jadi gak perlu bete telpon nunggu masalah AC kamu di atasi. 😴 Hubungi kemari ya untuk semua masalah dan solusi AC kamu @central_elektro.bkl. No hp 08117360422. #AhlinyaAcAnda #CentralElektro #kelasblogger #bloggerbengkulu
A post shared by Milda Ini (@mildaini.bkl) on

Beberapa piagam penghargaan yang diterima oleh pak Undang selaku owner Central Elaktro.

Produk Layanan 
Penjualan AC

•    Retail
•    Pengadaan kantor swasta, hotel, kampus dll
•    Pengadaan pemerintah

Layanan Penjualan Ac
 Service dan Perawatan AC

    * Service rutin
    * Kontrak service
Layanan Central Elektro meliputi perawatan dan service seperti : 

1. Maintenance Air conditioner
2. Service AC
3. Pemasangan baru
4. Konsultasi kebutuhan kebutuhan AC
5. Kontrak service / perawatan rutin 
Layanan Service dan Perawatan AC

Penjualan spare part AC
Spare Part AC
 
Rental AC untuk & Kipas Blower
Layanan Rental Ac dan Blower
Untuk dapat menjangkau konsumen lebih dekat, Central Elektro  menyediakan layanan service kunjungan untuk setiap keluhan dalam perbaikan. Layanan AC Central Elektro menyediakan Pemasangan Ac Baru, Service AC, Perawatan rutin (cleaning), Pemindahan Ac dan penggantian part lainnya. Layanan Central Elektro meliputi wilayah Bengkulu Kota, Seluma, Manna, Bintuhan, Bengkulu Tengah, Kepahiag, Curup, Lebong, Arga Makmur, Ketahun, Ipuh, Muko-Muko.
Armada dan Teknisi CE
Merk AC yang dijual

  1. DAIKIN ‘’AC Kelas Dunia’’
  2. PANASONIC ‘’AC  Hemat Energy’’
  3. AUX “Garansi Lima Tahun”
Layanan Perawatan Rutin 
Layanan perawatan rutin dengan perjanjian kontrak kerja untuk property seperti : 
  1. Rumah tinggal
  2. Perhotelan Perkantoran pemerintah
  3. Perkantoran tambang
  4. Perkantoran perkebunan
  5. Minimarket
  6. Swalayan
  7. Kampus dll.
Layanan Kontrak Service 
Kontrak Tahunan

Cuci AC 4 x dalam 1 tahun
Termasuk item perbaikan kebocoran freon, ganti kapasitor, perbaikan kebocoran air
Tidak termasuk penggantian kompresor dan modul

Full Service Kontrak
Cuci AC 4 x dalam 1 tahun
Termasuk semua resiko kerusakan seperti kebocoran freon, ganti kapasitor, perbaikan kebocoran air, ganti kompresor, ganti modul dll
Tidak termasuk kerusakan oleh faktor alam seperti : banjir, gempa bumi, tegangan tinggi. 
Contoh Layanan Kontrak Kerjasama
 Manfaat Kontrak Service:
  • Biaya perawatan dalam satu tahun dapat dihitung secara rinci
  • Meminimalisir pengeluaran yang tidak terduga, karena bergaransi 3 bulan
  • Konsumsi listrik lebih hemat, dengan adanya perawatan rutin
  • Jadwal perawatan lebih pasti dan tidak antri 
  • Masa pakai ac lebih panjang dengan perawatan rutin dan berjadwal
  • Dapat mengurangi resiko kerusakan dengan tidak berganti-ganti teknisi service
  • Kerusakan ringan tidak dikenakan biaya, seperti kebocoran air, bunyi-bunyi dll
  • Dapat menikmati pelayanan sampai jam 21.00 WIB (khusus kota Bengkulu)

Mitra Central Elektro :

  1. Bank BNI, Cabang Bengkulu 
  2. View Resto, Bengkulu 
  3. Korem Garuda Emas 041, Bengkulu
  4. PT Bank Mandiri Cabang A.Yani 
  5. PT Bank Mandiri Cabang S.Parman
  6. Dealer mobil Nissan Datsun, KM 6.5
  7. Kantor Pemda, Bengkulu
  8. PT Lautan Berlian Mobil, Bengkulu
  9. Suzuki Mobil, Bengkulu 
  10. Pelindo II, Bengkulu
  11. BPJS Kesehatan, Bengkulu
  12. Santika Hotel, Bengkulu
  13. Splash Hotel, Bengkulu
  14. Amaris Hotel, Bengkulu
  15. Bandara Fatmawati, Bengkulu 
  16. PT Sinar Harapan Teknik Dll.. 
Segera Hubungi ya, catat nomer telponnya :)

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi
CV Central Elektro
Website : Central Elektro
Fanspage : Central Elektro Bengkulu
Instagram : @central_elektro.bkl
Wa / Hp : 0811 7360 422 / 0852 6966 5661
Telpon (0736 ) 7324996


Sabtu, 26 Agustus 2017

/ /
Benarkah, MEIKARTA ‘KOTA BARU’  Termewah Se-Asia Tenggara

Saya dan keluarga sering ke Jakarta, kadang nginap atau sekedar transit saja untuk menuju kota lainnya. Malah suami saya sering banget cuma mengantarkan berkas laporan ke kantornya lalu bisa pulang kembali. Berangkat dari sini pagi lalu hendak pulang kembali dari Jakarta sore harinya. Namun dengan segala resiko macet dan lain sebagainya yang tak bisa diprediksi. Saya suka ngotot, daripada ketinggalan pesawat. Ya, sudah menginaplah semalam, besok pagi baru pulang. Memang dari dulu kapan tau dan kapan pertama kali saya ke Jakarta yang selalu diingat dan dirindukan adalah MACETNYA JAKARTA.

Namun, meski terkenal macet saya selalu benci Jakarta, maksudnya Benar-benar Cinta, hahaha. Buktinya gak pernah bosan dan menolak untuk datang ke Jakarta. Malah datang lagi, berkali-kali gak pernah bosan.

Daya magnet dan daya pikat Jakarta, memang sangat menarik dan membuat orang terlena. Segala cara orang akan lakukan demi bisa bertahan hidup atau demi ingin tinggal di Jakarta. Padahal semua hal di Jakarta itu mahal dan butuh duit. Semua hal kita temui di Jakarta, macet, kumuh, semrawut, copet, kejahatan, sampah berserakan, banjir, polusi, ruang sempit. Semuanya tersedia di Jakarta

Lalu, pernahkah kita bermimpi atau berharap JAKARTA akan lebih rapi, tertib dan teratur! 

Jika kamu  termasuk salah satu orang yang merasa penat tinggal di ibu kota karena lingkungannya yang padat dan akses yang kurang menjangkau, bisa jadi kamu akan menyukai tempat ini. Ya, Meikarta - Cikarang. Pengunjung mall Lippo Group dan pembaca surat kabar ternama mungkin tidak asing mendengar nama ini, nama hamparan lahan yang diklaim bisa menciptakan dunia baru bagi para penghuninya.

Di atas tanah yang digadang-gadang seluas 600 hektar (ha), Lippo Group selaku pembangun menjanjikan akan terciptanya sebuah ‘kota baru’ yang modern, elegan, serta didukung dengan infrastruktur terlengkap di Asia Tenggara. Bukan hanya hunian, beberapa fasilitas menarik di dalamnya memang terdengar menggiurkan.
Bagaimana tidak, tersedia lahan terbuka hijau seluas 100 ha yang disebut Central Park. Bukan mall seperti yang pertama kali Anda bayangkan di benak Anda, Central Park yang dibuka untuk publik ini dilengkapi dengan kebun binatang mini, jogging track, dan danau yang bisa menjadi reservoir penanggulangan banjir.

Visi Meikarta

Proyek pembangunan yang ditaksir mencapai angka fantastis hingga 278 triliun ini rupanya memang berniat untuk membuat hidup kamu semakin mudah dan berkualitas. Selain apartemen dan Central Park, Meikarta akan membangun pusat bisnis, health center, stadium, sekolah, cafe, hotel, dan tentunya lokasi ini akan terhubung dengan berbagai moda transportasi yang saat ini sedang dibangun pemerintah seperti kereta api cepat Jakarta-Bandung dan LRT(Light Rail Transit).

Sampai di sini, apakah kamu sudah tergiur? Jika ya, Meikarta sudah melakukan penjualan perdana sejak 13 Agustus lalu dan para calon membeli yang datangpun tidak sedikit. Namun, sebelum kamu bergerak lebih jauh, sebaiknya kamu ketahui bahwa sempat tersiar kabar bahwa Meikarta belum merampungkan perizinannya hingga Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar cukup terkejut. “Belum ada izin, kok sudah diumumkan saja,” ungkapnya.

Berbeda dengan kabar yang beredar, Danang Kemayan selaku Direktur PT Lippo Karawaci memaparkan, bahwa tidak ada masalah dalam pembangunan, dan penuntasan perizinan proyek ke Pemerintah Kabupaten Bekasi dan selanjutnya sedang diproses oleh pihak manajemen.

Aneka fasilitas yang diharapkan ada di Meikarta
Selain problema perizinan, proyek pembangunan raksasa ini dikaitkan dengan tudingan hegemoni Cina di Indonesia, yang mana biaya sebesar 278 triliun tidak menjadi beban bagi Lippo Group untuk mengumpulkan dana, melainkan tinggal merealisasikannya saja. Hal ini ditampik oleh CEO Lippo Group James Riady, ia menyatakan bahwa dalam pembangunan Meikarta ini melibatkan banyak mitra bisnis untuk demi mewujudkan kota yang mandiri.

Jadi, terlepas dari desas-desus perizinan dan tudingan hegemoni Cina, sebagai warga negara Indonesia apakah kamu tidak ikut merasa bangga akan terciptanya ‘kota baru’ termewah se-Asia Tenggara di Indonesia? Apakah kamu bersedia membuka mata dan pikiran kamu akan hadirnya sebuah lingkungan baru yang menawarkan masa depan lebih baik?

Semoga benar ya, Meikarta bisa mewujudkan impian untuk memiliki sebuah kawasan yang tertib dan teratur di Jakarta!

Kamis, 24 Agustus 2017

/ /
Mengenal Jenis-jenis KEBAYA Indonesia


Pengertian Kebaya

Kebaya adalah blus tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia yang terbuat dari bahan tipis yang dikenakan dengan sarung, batik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni.

Sejarah Kebaya

Asal kata kebaya berasal dari kata arab abaya yang berarti pakaian, namun versi lain menyebut berasal dari kata "Kebyak" atau "Mbayak" dari masyarakat Jawa. Ada pendapat yang menyatakan kebaya berasal dari China. Lalu menyebar ke Malaka, Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi. Setelah akulturasi yang berlangsung ratusan tahun, pakaian itu diterima di budaya dan norma setempat. 

Namun ada juga pendapat bahwa kebaya memang asli dari Indonesia. Karena pakaian asli China adalah Cheongsam yang berbeda dari kebaya. Bentuk paling awal dari kebaya berasal dari Keraton Majapahit yang dikenakan para permaisuri atau selir raja. sebagai sarana untuk memadukan perempuan Kemban yang ada, tubuh bungkus dari perempuan aristokrat menjadi lebih sederhana dan dapat diterima oleh yang baru memeluk agama Islam. Aceh, Riau dan Johor dan Sumatera Utara mengadopsi gaya kebaya Jawa sebagai sarana ekspresi sosial status dengan penguasa Jawa yang lebih alus atau halus. 

Nama kebaya sebagai pakaian tertentu telah dicatat oleh Portugal saat mendarat di Jawa. Kebaya Jawa seperti yang ada sekarang telah dicatat oleh Thomas Stamford Bingley Raffles di 1817, sebagai sutra, brokat dan beludru, dengan pembukaan pusat dari blus diikat oleh bros, bukan tombol dan tombol-lubang di atas batang tubuh bungkus kemben, yang kain (dan pisahkan bungkus kain beberapa meter panjang keliru diberi istilah 'sarung di Inggris (sarung (aksen Malaysia: sarung) dijahit untuk membentuk tabung, seperti pakaian Barat).



Variasi Kebaya

Sekitar tahun 1500-1600, di Pulau Jawa, kebaya adalah pakaian yang hanya dikenakan keluarga kerajaan Jawa. Kebaya juga menjadi pakaian yang dikenakan keluarga Kesultanan Cirebon, Kesultanan Mataram dan penerusnya Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Selama masa kendali Belanda di pulau itu, wanita-wanita Eropa mulai mengenakan kebaya sebagai pakaian resmi. Selama masa ini, kebaya diubah dari hanya menggunakan barang tenunan mori menggunakan sutera dengan sulaman warna-warni. Pakaian yang mirip yang disebut "nyonya kebaya" diciptakan pertama kali oleh orang-orang Peranakan dari Melaka. 

Mereka mengenakannya dengan sarung dan sepatu cantik bermanik-manik yang disebut "kasut manek". Kini, nyonya kebaya sedang mengalami pembaharuan, dan juga terkenal di antara wanita non-Asia. Variasi kebaya yang lain juga digunakan keturunan Tionghoa Indonesia di Cirebon, Pekalongan, Semarang, Lasem, Tuban dan Surabaya.

Sebutlah nama-nama besar perancang tanah air seperti, Anne Avantie, Biyan, Ramli, Ferry Sunarto, Raden Sirait, Adjie Notonegoro, dan Marga Alam. Mereka adalah para jenius kreatif yang tercuri perhatiannya melakukan inovasi kebaya.

Kebaya biasanya dipadu dengan kain Model Batik yang berupa kain panjang dan sarung, panjang kebaya tergantung selera pemakai atau disesuaikan dengan keadaan.

Kebaya di Jawa Barat bentuknya beragam, Kebaya Sunda biasanya berupa blus pendek, tanpa tambahan bagian depan,memakai atau tanpa lekuk leher, terbuat dari brokat atau sutera berwarna cerah,lengan bajunya agak melebar dibanding kebaya dijawa tengah. Kain batiknya dililitkan dengan cara biasa (tanpa wiron), berwarna cerah. Pakaian yang dikenakan wanita Sunda umumnya berwarna mencolok.

Kebaya Khas DKI mempunyai ciri khas tertentu dalam berkebaya, antara lain warna cerah, dipadu dengan sarung batik yang cerah (motif pesisiran), bagian depan tanpa kain tambahan,bagian kerah biasanya diberi hiasan kerancang atau sulaman, bagian lengan diberi manset agar mempermudah membuka lengan ketika berwudhu, bentuk kebaya DKI dipengaruhi oleh budaya China yang memunculkan kebaya Encim, yang pada awalnya dikenakan oleh China peranakan,salah satu ciri khas kebaya ini hiasan sulam atau kerancang di bagian leher sampai bawah.Pemakaian selendang sebagai pelengkap busana tidak disampirkan di pundak melainkan dipakai sebagai kerudung.

Ciri Khas Kebaya Jawa Tengah berkiblat pada pemakaian kebaya para wanita di kraton (Surakarta dan Yogyakarta), tatacara berkebaya di keraton menunjukkan status pemakaianya. Antara lain, permaisuri mengenakan kebaya panjang dari bahan yang halus antara lain, sutera, beludru, dengan hiasan sulaman yang indah, untuk para putrid mengenakan kebaya yang lebih pendek dengan warna- warna tertentu dan tata cara pemakaian kain panjang dengan teknik tertentu pula, yang menunjukkan usia, untuk para selir memakai kebaya gulon, sedangkan untuk keluarga kaum ulama memakai kebaya yang terbuat dari saten. 

Biasanya kebaya di Surakarta dipadu dengan kain panjang dari batik, kemudian teknik pemakaianya diwiru dibagian depan, untuk anak-anak dengan sabuk wolo.

Ciri khas Kebaya Solo dan Yogya dapat dibedakan dengan adanya penambahan kain di depan (bef) yang disebut kutu baru yang pada awalnya dipakai sebagai tempat menempelkan perhiasan para putri, namun dikemudian hari menjadi patron kebaya di kalangan perempuan lainya.

 
Perancang Terkenal Kebaya Indonesia
Beberapa nama-nama besar perancang tanah air  yang terkenal dan mendesain atau merancang aneka kebaya Indonesia . Di antaranya adalah
  • Anne Avantie
  • Biyan
  • Ramli, Ferry Sunarto
  • Raden Sirait
  • Adjie Notonegoro
  • Marga Alam
Mereka adalah para jenius kreatif yang tak henti memebrikan perhatiannya melakukan inovasi kebaya. Banyaknya kreatifitas dari para desainer terkenal di negeri ini pun seakan tidak pernah habis untuk menciptakan kreasi baru menjadi Kebaya Modern.

Beberapa Jenis  Kebaya yang ada di Indonesia :

Kebaya Bandung : 

Desain kebaya yang berasal dari kota Bandung. Pada tahun 1950-60an, ciri khasnya adalah mempunyai kerah setali yang lipatannya sampai dada, pada bagian belakang kebaya lebih pendek dan bagian depan lebih panjang. Desain kebaya Bandung berupa kebaya yang sangat pendek dan panjangnya hanya sampai di pinggang / beberapa cm dibawah pinggang hingga berkesan menggantung. Kebaya Bandung biasanya menggunakan kerah setali yang membentuk garis leher V dengan belahan penutup pada bagian muka dengan memakai kancing. Bahan yang digunakan untuk kebaya Bandung adalah brokat yang dipasangkan dengan kain panjang batik.

Kebaya Jawa : 

Kebaya model ini bentuknya simpel dengan potongan leher V, panjangnya sampai menutup panggul. Motifnya biasa sehingga memberi kesan sederhana. Bahan biasanya terbuat dari kain transparan bermotif yang diaplikasikan dengan pakaian dalam atas.

Kebaya Bali :

Bentuk detail dari kebaya Bali adalah tambahan obi yang melilit pada bagian pinggang. Bahan biasanya dari brokat dan kain katun. Tambahan obi tersebut bisa langsung terpasang pada kebaya atau bisa berupa kain yang ditambahkan terpisah dari kebaya.

Kebaya Kartini : 

Kebaya yang biasa digunakan perempuan yang masih berdarah biru atau merupakan keturunan dari kalangan keraton. Model kebaya ini dikenakan oleh perempuan ningrat semasa era R.A Kartini. Tak heran bila kebaya ini disebut dengan istilah Kebaya Kartini. Potongannya mirip dengan Kebaya Encim, namun terdapat perbedaan, yakni lipatan pada bagian dada. Panjang kebaya juga menutup panggul. Ciri khas lainnya adalah lipatan kerah yang membentuk garis vertikal, sehingga membuat pemakainya terkesan lebih tinggi dan ramping.

Kebaya Encim : 

Kebaya hasil kombinasi antara baju Shanghai khas China dengan kebaya khas Melayu. Biasanya kebaya encim ini terbuat dari bahan organdi atau katun, model kerah V dengan bordiran sebanjang kerah sampai bawah (bagian sisi yang menerus sampai kerah)

Kebaya Kutubaru : 

Pada dasarnya bentuknya sama dengan kebaya umumnya, hanya saja yang membedakan adanya tambahan kain untuk penghubung sisi kiri dan kanan kebaya pada bagian dada dan perut. Pemakaiannya perlu ditambahkan stagen (kain yang dililitkan pada bagian perut) atau korset agar terlihat lebih singset.


Kebaya merupakan pakaian nasional negara kita. Mengikuti perkembangannya, desain kebaya juga mengalami banyak perubahan gaya dan model mengikuti tren. Kamu bisa menemukan banyak koleksi Kebaya Modern di ZALORA Indonesia yang sesuai dengan gaya kamu.

Saya juga sering pakai kebaya, terutama untuk momen tertentu yang memang mewajibkan untuk pakai kebaya. Kebaya yang saya sukai adalah kebaya dengan lengan panjang dan berkancing depan, tetapi tidak banyak menggunakan kancing sehingga tidak repot saat membukanya.
 
Jika kamu kesulitan menemukan model desain kebaya modern, boleh di lihat dan dicek koleksi kebaya di Zalora ya. Banyak pilihannya dan tentu saja bisa menginspirasi supaya gaya kamu semakin keren dan trendy.




Selasa, 22 Agustus 2017

/ /
7 Langkah Mudah Merawat Kucing di Rumah

Suami saya sangat suka kucing, kebetulan di rumah orang tua saya, ada banyak peliharaan kucing. Ada anak kucing dan kucing dewasa. Entah mengapa kucing sangat senang datang dan berdiam di rumah kami. Padahal mereka tidak kami rawat secara khusus. Kucing-kucing tersebut hidup dan tumbuh dengan alami. Kami hanya memberikan makan seperti biasa, dari sisa-sisa kami makan. Tidak melalui suatu perawatan. Namun sejak kami memutuskan untuk pindah rumah, suami berniat  untuk membawa beberapa ekor kucing. Saya akhirnya mencari tahu dan membaca banyak informasi mengenai perawatan kucing tersebut . Terutama sejak bayi. Jangan sampai kucing yang akan ikut kami nanti malah tidak terawat dengan baik. 

Ya, kalo cuma memberikan makan, itu adalah hal yang mudah. Namun untuk memelihara kucing tidak cukup hanya mampu memberi makan saja, ada pengetahuan dan ilmu baru yang harus kita ketahui dan pelajari tentang kucing. 

Sebab itulah, Jadilah sekarang saya belajar cara merawat kucing !

Memang bermain dengan kucing itu asik, bisa bikin senyum malah kadang tertawa lucu. Kami kadang betah bermain bersama kucing, sambil memberinya makan sekalian juga mengajaknya bermain dan melakukan perawatan. 

Anak kucing memang akan banyak  menghabiskan banyak waktu merawat  diri.  Misalnya 
  • Membantu  bulu – bulu nya terlihat indah
  • Mencegah adanya parasit
  • Membuat  hubungan di antara pemilik dan kucing kuat
Terlepas dari hal tersebut yang saya sebutkan di atas. Namun secara  umum ada beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk merawat kucing.

Kucing Ras Maine Coon


7 Langkah Mudah Merawat Kucing Di Rumah

Mulai lebih awal

Perawatan adalah waktu di mana kita sebagai pemilik  dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan anak kucing karena hal ini sama saja dengan ikatan sosial antara sang ibu anak kucing dan anak – anaknya. Cobalah untuk membangun kebiasaan ini sejak dini – semakin  menggiatkan kebiasaan, semakin kamu akan mengerti dan menikmati keberadaanya.

Bagaimana Cara Merawatnya

•    Sebelum kamu menggunakan sisir dan sikat
•    Mulailah dengan membelainya terlebih dahulu.
•    Sisirlah bulu – bulunya dari kepala sampai ke ekor
•    Ingat untuk lebih hati – hati ketika menyisir bagian kepala anak kucingmu.
•    Periksalah kondisi anak kucingmu mulai dari bulu dan kulitnya
•    Lihat apabila ada tanda – tanda  kutu atau parasit lainnya.
•    Lalu sikat bulunya untuk menghilangkan rambut – rambut mati.

Bermain Dengan Sisirnya

•    Mungkin anak kucing akan sedikit takut ketika kita untuk pertama kali menyisir bulu – bulunya.
•    Bantu dia untuk lebih santai dengan membiarkan dia bermain dengan sisir dan sikatnya
•    Jangan lupa untuk memanjakan mereka dengan mengelus
•    Elus dengan lembut  terutama di bagian perut dan bagian yang sulit terjangkau
•    Berikan rasa nyaman untuk melakukan sesi perawatannya denganmu.

Rambut Kusut

•    Sisir rambut – rambut kusutnya dengan jari – jarimu
•    Buang  sebelum kita  melakukan perawatan terhadap anak kucing dengan  menggunakan sikat dan sisir.
•    Jangan khawatir apabila kita melakukan perawatan secara teratur, rambut anak kucing tidak akan kusut.
•    Jika anak kucing terlihat sedikit kotor? basahi kain bersih ke dalam air hangat, peras dan bersihkan dia.
•    Jangan menggunakan sabun karena akan membuat kulitnya iritasi.


Membersihkan Mata dan Telinga

Setelah selesai menyisirkan bulu – bulu anak kucing, Periksalah mata dan telinganya. Jika matanya sedikit berair, bersihkan dengan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi air hangat dengan hati – hati. Gunakan cotton bud yang berbeda untuk setiap mata.

Jika telinga anak kucing sedikit kotor, bersihkan dengan menggunakan cotton bud yang kering. Jangan membersihkan terlalu dalam, walaupun kita dapat melihat dengan jelas, atau menyodok sesuatu keras di dalam. Jika kita melihat banyak kotoran di dalam telinganyaa dan berwarna sedikit lebih gelap dari biasanya, tanyakan hal tersebut kepada dokter hewan.

Kesehatan Gigi

Gigi anak kucing harus selalu bersih dan bebas dari endapan, dan gusi harus berwarna merah muda untuk menandakan bahwa gigi anak kucing sehat. Periksa mulutnya secara rutin sehingga mereka terbiasa – kebiasaan ini dapat memudahkan  untuk membersihkan giginya atau memberikan mereka obat di hari selanjutnya.

Cakar

Anak kucing senang mencakar di wilayah kekuasaannya ini adalah perilaku dasar yang membantunya untuk berburu dan memberikan aroma sebagai tanda. Tempat mencakar akan membantunya untuk mengikir cakarnya, tapi kita harus mengguntingnya ketika mereka bertambah dewasa. Biasakan dia dengan mengurus cakarnya dari usia dini dengan ini dia akan semakin terbiasa ketika dia dewasa. Dokter hewanmu juga dapat membantu untuk menunjukan caranya.

Sama seperti harimau, anak kucing akan menghabiskan banyak waktunya untuk mencakar sekelilingnya. 

Dengan melakukan perilaku ini, anak kucing sedang melakukan banyak hal, termasuk:

• Menjaga cakarnya dalam kondisi yang baik
• Mempersiapkan otot dan urat yang menggerakkan cakarnya
• Meninggalkan pertanda untuk menandai wilayah kekuasaannya
• Meninggalkan aroma yang keluar dari kelenjar khusus pada cakarnya

Kucing Ras Abyssinian
Walaupun ini adalah kebiasaan baik untuk anak kucing, tapi tidak baik untuk perabotan kita di rumah! Itulah mengapa sebaiknya kita  menyediakan scratching post khusus untuk kucing.

Kucing suka sekali menggaruk di berbagai benda seperti : kusen pintu, kaki kursi, tangga, pohon, dan tentunya saya, suami dan anak-anak bisa menjadi sasaran empuk bagi kucing.

Untuk kucing yang masih suka mencakar dan menggaruk, harus benar-benar kita awasi dengan saksama di rumah. Terlebih lagi jika kita memiliki anak-anak. Sewaktu-waktu anak kucing tersebut bisa saja mencakar anak kita. 

Kita bisa saja mengalami kecelakaan dapat terjadi. Meskipun duaha berhati-hati dan waspada. Terutama jika di rumah kita masih ada anak bayi dan balita yang belum paham dan mengerti mengenai keselamatan diri termasuk menjaga diri dari kucing. Jika terjadi sesuatu yang parah maka sebaiknya   segera menghubungi dokter hewan yang terpercaya. 

Yuk tonton video berikut ini, untuk mendapatkan gambaran mengenai tingkah laku kucing yang suka mencakar dan menggaruk.

 

Athifah anak ketika saya, pernah mengalami trauma yang agak lama, sebab pernah dicakar oleh kucing kakinya. Jadi setiap melihat kucing tersebut dia sudah ketakutan. Dengan diberikan penjelasan dan kenyamanan , sekarang athifah tidak lagi berteriak ketakutan jika bertemu dengan si putih. 

Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk meiliki kucing, sebaiknya kita juga mengetahu dan belajar menegnai seluk beluk tentang kuncing dan tentunya bagaimana cara merawat kucing tersebut. Bukan cuma hanya senang saja dengan kucing.


Minggu, 20 Agustus 2017

/ /
6 Pilihan Paket Wisata Ke Pulau Tikus


Bengkulu itu sebuah wilayah yang di keliling oleh banyak pantai yang indah. yang tersohor sejagat raya adalah pantai Panjang. Selain pantainya yang indah. Bengkulu juga memiliki dua buah pulau yang cantik, yaitu pulau Enggano dan pulau Tikus. Rugi rasanya sudah menjadi warga Bengkulu bertahun-tahun tetapi belum pernah berkunjung di kedua pulau tersebut. Kebetulan saya mendapatkan kesempatan untuk berku njung ke pulau Tikus bersama dengan keluarga besar Blogger Bengkulu.

Kali ini saya ingin berceria mengenai paket wisata atau trip ke pulau Tikus ya. Supaya teman-teman mendapatkan gambarannya . Jadi tahu juga apa yang diperlukan sebagai persiapan. Bukankah gambaran awal itu akan mengundang imajinasi dan kreatifitas sebelum kita memutuskan sesuatu. Termasuk ketika hendak melakukan trip ke Pulau Tikus tersebut.

Bagi warga kota Bengkulu, sering melihat pulau Tikus tersebut jika sering bermain atau mengunjungi pantai Malabero atau pantai Tapak Paderi. Jika kita duduk di sepanjang pantai tersebut, sejauh mata memandang ke arah laut. Maka akan terlihat sebuah pulau kecil, yang dinamakan oleh masyarakat sekitar dengan nama PULAU TIKUS.

Aku mau cerita ya seputar kegiatan ku bersama Blogger Bengkulu ngetrip ke pulau Tikus dengan menggunakan paket wisata pulau Tikus . Sekalian merayakan HUT RI Ke 72. Rombongan kami ada sekitar 20 orang. Mau kasih tau gimana atau paket apa saja yang bisa kita pilih untuk ngetrip ke pulau Tikus tersebut, ikutin ya ulasan saya kali ini !

Bobe Go Pulau Tikus
Namun bagi yang belum pernah atau pertama kali ke Bengkulu, maka letak pulau Tikus tersebut bisa kita tempuh dengan kendaraan pribadi atau umum dari daerah bandara Fatmawati. Kita berjalan terus ke arah daerah Kampung atau ke kawasan rumah Dinas Gubernur Bengkulu atau ke kawasan wisata sejarah benteng Malborough. Nah, lokasi paket ngetrip ke pulau Tikus tersebut bisa kita temui di sana. Kita pun bisa berangkat dari sana.

Di sekitar daerah pantai Malabero dan Tapak Paderi ada beberapa jasa paket wisata ngetrip ke pulau tersebut. Salah satunya yang sudah cukup berpengalaman sebab sudah sejak lama membuka usaha industri pariwisata ngetrip ke pulau Tikus ini adalah Koperasa Jasa SAPTA PESONA WISATA, di bawah pimpinan Pak Thomas.

Bersama Pak Thomas Pemilik Paket Trip Ke Pulau Tikus

Usaha ini di rintis oleh Pak Thomas sejak tahun 2010. Sudah cukup lama juga ya!Sebelumnya beliau bergerak diusaha tour dan travel. Mengajak para pelajar, mahasiswa, pejabat dan masyarakat Bengkulu untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata di pulau Jawa dan Bali. 

Saat melakukan kegiatan tersebut bertahun-tahun, maka lahirlah pemikiran dan kesadaran bahwa wisata di Bengkulu banyak lokasi wisata yang indah dan sangat potensi untuk dikunjungi. Akhirnya Pak Thomas memilih pulau Tikus sebagai salah satu tujuan wisata yang akan dikembangkan dan  dikujungi oleh wisatawan.

Di awal usaha ini belum ada yang mau berangkat atau mengunjungi pulau Tikus. Akibat kurangnya informasi mengenai pulau Tikus dan adanya banyak mitos yang berkembang di masyarakat. Hal ini membuat banyak yang tidak mau bahkan takut untuk berlayar ke pulau Tikus. Salah satunya adalah informasi yang tersebar, bahwa di pulau Tikus banyak ular.

Oleh karena itu, di awal usaha ini dibuka, Pak Thomas banyak mengajak orang untuk ngetrip  gratis untuk berkunjung dan eksplore di pulau Tikus dengan harapan setelah pulang dari sana, mereka akan bercerita dan akan mengajak teman, sahabat dan keluarga untuk juga berwisata ke pulau Tikus. Dan usaha tersebut lambat laun akhirnya membuahkan hasil. Banyak orang yang mau berkunjung ke pulau Tikus bahkan mencari-cari infromasinya.

Ada beberapa paket wisata ke pulau Tikus yang bsia ditawarkan oleh Koperasi Jasa Sapta Pesona Wisata ini, kita bisa memilih sesuai dengan selera, kebutuhan dan dana yang kita punya.

6 Pilihan Paket Wisata Ke Pulau Tikus  
   
1.Paket Snorkeling Rp 150.000/orang itu fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP
  • Life jacket
  • Asuransi
  • Snorkeling
  • Dokumentasi
  • Guide

2.Paket Fun Trip Rp.200.000/orang itu fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP,
  • Life jacket
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang
  • Snorkeling
  • Dokumentasi,
  • Guide

3.Paket Full Fasilitasi Rp 200.000 /org itu fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP,
  • Life jacket,
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang,
  • BBQ/bakar ikan,
  • Toilet/kamar bilas
  • Snorkeling,
  • Dokumentasi,
  • Guide

Untuk paket Ini kalo peserta kurang dari 8 orang, bisa ambil paket carter boat,  atau bisa konfirmasi jauh hari agar biar bisa kita carikan teman tandemnya untuk saling minutupi akomodasi. Waktu berangkat biasanya saat  weekend karena biasanya setiap weekend ada peserta group / peserta perorangan

 
4.Paket Gathering Rp. 350.000/orang fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP,
  • Life jacket,
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang,
  • BBQ/bakar ikan
  • Toilet/kamar bilas
  • Snorkeling
  • Fun game/pelatihan leadership
  • Dokumentasi,
  • Guide 
 Biasanya paket Ini untuk perusahaan

5.Paket Menginap Rp. 400.000 /orang fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP,
  • Life jacket,
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang,
  • BBQ/bakar ikan,
  • Toilet
  • Kamar tidur./tenda,
  • Lighting
  • Sound
  • Snorkeling
  • Dokumentasi,
  • Guide 

Biasanya paket Ini paket untuk peserta minimal 10 orang .
Untuk penginapan sendiri bisa menggunakan kamar di mercusuar yang bisa di pake 2 kamar/ pake tenda. Berangkat biasanya jam 3 sore kembali jam 10-11 pagi. Sudah termasuk makan malam,  sarapan, pada malam harinya ada api unggun & bakar ikan.

Alat Snorkling yang disediakan

6.Charter Boat seharga Rp. 1.500.000,-  Ini biasanya  jika jumlah peserta/penumpang hanya 5 orang. Harga tersebut, sudah termasuk fasilitasi 

  • Transport PP
  • Life jacket
  • Asuransi
  • Makan siang
  • Welcome drink
  • Snack
  • Snorkeling
  • Dokumentasi
  • Toilet. 
  • Guide 
Dokumentasi yang diberikan saat kita ngetrip ke pulau tikus salah satunya adalah fasilitas FOTO DI DALAM AIR. Atau dengan istilah Water Spot. Kita akan berfoto dengan ikan Nemo (aku gak hapal nama latinnnya, ikan apa ya ) yang berwarna orange Yang sangat terkenal dengan film Finding Nemo. Lalu kita juga bisa berfoto di dalam air dengan terumbu karang. 

Nah, banyak sekali bukan. Pilihan untuk ngetrip ke pulau Tikus tersebut. Kita tinggal membuat agenda dan jadwal berangkatnya ya. Ada terus kok, setiap hari SABTU dan AHAD.

Akan ada potongan harga untuk rombongan. Jadi sebaiknya ngetrip-nya barengan aja ya. Seperti yang dilakukan oleh Blogger Bengkulu.

Kamu bisa datang langsung ke lokasinya, di pagi hari, sebab biasanya sekitar jam sembilan pagi, kapal sudah bergerak ke laut. Tempat ketemuannya di dekat wisata Sandal Jodoh, di Tapak Paderi.

Tempat kumpul di dekat sandal jodoh di belakang Ayam Jingkrak

Di pulau Tikus tidak terdapat penjual makanan. Yang ada hanya Pop Mie, yang dijual oleh penjaga pulau Tikus. Oleh karena itu untuk makan atau snack tambahan sebaiknya kita bawa sendiri. Apalagi jika kuatir kelaparan, sebab keasikkan bermain air, bisa bikin lapar.

Makan Siang yang disediakan oleh Trip Sapta Pesona Wisata

Oh, ya jika kamu masih bingung dan belum jelas. Atau ada yang ingin kamu tanyakan, atau mau pesan buat ngetrip, silakan hubungi kontak person di bawah ini ya

Sapta Pesona Wisata ((Thomas))

WA /Telp : 0813 6779 4296
Line : 0821 8610 0401
Instagram : @wisata_pulautikus






Jumat, 18 Agustus 2017

/ /
Kiat Membuat Proses Belajar Menjadi Menarik

Jadi guru itu sekarang susah
Banyak tuntutannya
Kalo mau mengajar banyak persiapannya

Dulu guru kalo mengajar cukup bawa buku besar pegangan ke kelas, absen siswa. Bahkan banyak yang tidak membawa buku cetak saat mengajar. Materi pelajarannya sudah hapal. Sudah bertahun-tahun mengajar materi yang sama.

Saya sering mendengar bahkan menjadi tempat curhat para teman sesama guru. Curhatan tersebut biasanya datang dari para guru senior yang sudah nyaman di posisi guru dan sudah sangat berpengalaman mengajar. Akan tetapi masih suka gagap teknologi, apalagi yang berkaitan dengan komputer dan internet. Tetapi saya juga tidak menutup mata bahwa banyak juga guru yang masih muda dan tidak gaptek tetapi masih bingung juga saat akan memulai untuk mengajar. 

Terutama pada setiap awal semester baru tahun pelajaran akan dimulai. Seperti semester satu dan atau semester dua. Sehingga wajar saja keluhan tersebut banyak muncul.

Memang benar, pemerintah kita sekarang khususnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . Apalagi sejak pemerintah memberikan tambahan insentif kepada para guru berupa dana sertifikasi. Memang terkesan banyak menuntut kepada guru . Banyak tututan kepada guru sebelum memulai mengajar di kelas. 

Setiap semester baru para guru dituntut  untuk membuat silabus, rencana pelaksanaan pendidikan, bahkan banyak lagi jenis laporan lainnya. Hal ini juga tergantung dengan pihak sekolahnya. Ada yang menuntut lebih. Misalnya harus membuat media pembelajaran yang kreatif, harus kegiatan out door, moving class dan  lain sebagainya.Bukan cuma tututan jam mengajar yang harus terpenuhi sesuai peraturan yang ada dalam satu pekan.

Apa yang Harus Guru Lakukan

Tuntutan seperti itu memang harus dilakukan dan dilaksanakan oleh seorang guru demi kemajuan perkembangan anak didiknya. Guru memang dituntut untuk bisa menyiapkan segala keperluan mengajar dengan sebaik mungkin. Tidak bisa hanya mengandalkan buku cetak lalu cuap-cuap mengajar di depan kelas. Apalagi anak didik sekarang jauh lebih maju dan kritis. Di mana banyak informasi bisa mereka akses secara cepat. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang guru saat ingin mengajar, sesuai dengan Permendikbud No 22 /2016 tentang standar proses di sana dijelaskan bahwa, seorang guru harus mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran yang ideal menurut standar proses tersebut

Seharusnya proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggrakan secara interaktif, inpiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik. Agar anak didik bisa berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian, serta sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik.

6  Standar Proses Yang harus dilakukan Guru



1.    Interaktif

Dalam proses mengajar seharusnya guru melakukan proses mengajar dua arah, dimana ada hubungan timbal balik atau interaktif. Antara guru dan anak didiknya . Ada saat guru menjelaskan materi, ada saat anak didik bertanya. Atau ada juga guru yang meminta anak didik untuk menjelaskan mengenai sesuatu.

2.    Inspiratif
Seorang guru harus bisa menciptakan bentuk atau desain belajar yang menginspirasi dan menarik bagi peserta didik.

3.    Menyenangkan
Ini juga merupakan bagian yang penting, bahwa seorang guru harus bisa menjadikan cara belajarnya menyenangkan. Anak didik tertarik untuk mengetahui dan belajar mengenai apa saja dengan penuh kesadaran. Anak murid yang senang akan sesuatu pelajaran, salah satunya akan terlihat di raut mukanya saat terjadinya proses belajar-mengajar, terlihat dari partisipasi dan juga terlihat dari laporan hasil tugas yang anak didik kerjakan.

4.    Menantang

Banyak orang kadang suka terpancing untuk melakukan atau berpikir tentang sesuatu dengan cara ditantang. Begitu juga dengan anak didik. Guru juga harus bisa membuat cara belajarnya itu adalah aktivitas yang juga menantang anak didik untuk berpikir dan mau melakukan hal tersebut dengan senang

5.    Aktif
Prose belajar –mengajar juga harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memancing dan menumbuhkan respon yang aktif dari para peserta didik. Oleh karena itu perlu sekali untuk melakukan trik dan tips agar anak mau aktif di kelas. 

6.    Demokratis
Pada bagian ini seorang guru harus bisa atau dituntut untuk bisa membantu anak didiknya mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Setiap anak mempunyai potensi yang berbeda-beda.

Jika sudah mengetahui standar proses belajar sedemikan rupa. Maka seorang guru tinggal membuat dan melakukan kegiatan tersebut. 

Namun, jika masih kesulitan saat ini kita bisa mencari dan menggalih ide di berbagai sumber. Salah satunya di internet. Saat ini internet adalah sumber informasi yang sangat mudah dan murah untuk kita akses. Bisa kita lakukan dimana saja.  Tanpa batasan ruang dan waktu.

Salah satunya kita bisa mencari ide dan inspirasi  tersebut di http://www.rumahjuara.com.

Di situs ini tersedia beberapa hal penting yang dibutuhkan oleh seorang guru. Produk yang dihasilkan di antaranya

1.    Media Interaktif



2.    E-Book



3.    Bank Soal



Kabar baiknya juga daftar di Rumah Juara juga gratis. Caranya juga sangat mudah kita tinggal login atas nama Guru. Ada isian biodata  data yang harus kita isi, setelah itu kita bisa menjadi bagian atau anggota dari Rumah Juara. Kita bisa menggunakan fitur yang ada di web tersebut.



Dengan membaca dan menggalih informasi di Rumah Juara, ada beberapa manfaat yang bisa seorang guru dapatkan. Di antaranya :

-    Semua informasi diberikan atau ditampilkan secara menarik, dengan gambar dan info grafis yang menarik, serta mudah dipahami.
-    Kita akan mendapatkan banyak ide dan kreatifitas bagaimana cara belajar dan mengajar yang baik
-    Kita mendapatkan materi secara tematik
-    Mengetahui informasi gaya belajar setiap anak
-    Mendapatkan model silabus, RPP
-    Mendapatkan banyak informasi terkini terkait dengan proses pembelajaran di sekolah

Yuk tonton video berikut ini aja ya, supaya tetap semangat mengajar  dan dapat inspirasi serta selalu bisa menjadi inspirasi bagi anak didik.

 

Jadi, tunggu apalagi, jika puyeng nyari inspirasi dan ide buat mengajar. Ya, sudah kunjungi saja Rumah Juara. Masalahmu akan segera terpenuhi dan langsung ada jawabannya. 










Rabu, 16 Agustus 2017

/ /
8 Tips Beli Kue Ultah untuk Suami
toko cake jakarta




Bulan Agustus adalah bulan istimewa bagi keluarga saya, dimana semua orang merayakan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, saya juga memperingati hari ulang tahun suami tercinta. Memang tidak sebesar peringatan HUT RI ya, namun acara ulang tahun suami sama halnya dengan ulang tahun anak-anak atau ulang tahun saya. Biasanya tetap kami peringati meskipun hanya dengan cara yang sederhana. Yaitu dengan membeli atau memberi kue ulang tahun. Serta yang tak pernah lupa kami lakukan adalah makan bersama. 

Kali ini saya mau membahas soal kue ulang tahun ya buat suamiku yang sedang ulang tahun.

Saya belum bisa membuat kue ulang tahun , kalo dipaksakan pasti bisa. Namun dengan kondisi saya yang punya anak bayi dan balita. membeli kue ulang tahun yang sudah jadi adalah solusi yang cepat. Kita juga bisa memesan sesuai dengan selera, atau bisa juga membeli yang sudah jadi saja. Pilihannya juga banyak. Untuk kue yang sudah jadi pun masih bisa kita tulis atau berikan kreasi lagi. Agar terlihat lebih menarik.

Harga kue ulang tahun yang sudah jadi pun beragam, dan terjangkau. Kita bisa menyesuaikan dengan anggaran dana dan selera kita. Membelinya pun bisa barengan dengan keluarga atau juga bisa dibeli secara online dan diantarkan ke rumah. Bisa bikin kejutan juga.
Kita bisa membeli aneka kue ulang tahun di  toko roti. Bisa kita cari juga secara online.

Nah, berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih kue ulang tahun yang tepat buat suami tercinta. 

1. Kue kesukaan suami
Sebagai istri, kamu pasti tahu apa kue yang dia suka. Mungkin dia suka cheese cake, chocolate cake, choco marshmallow, atau mungkin black forest. Nah, berikan kue kesukaannya itu sebagai kue untuk merayakan ulang tahunnya. 

Kue Tiramisu adalah kesukaan suami saya



2. Pilih toko kue terpercaya
Sebaiknya pilih toko yang memang sudah terkenal enak. Kalau misalnya kamu bingung, bisa tanya ke teman-temanmu. Pasti mereka akan merekomendasikan toko kue langganannya. 

Kalau di Jakarta, banyak yang merekomendasikan untuk membeli kue ulang tahun ini di toko cake Jakarta ClairmontCake. Sebab kualitasnya kuenya bagus, bahannya berkualitas, dan harganya terjangkau. Lokasi tokonya juga tersedia dimana-mana.

3. Sertakan tulisan pada kue
Kamu juga bisa menambahkan tulisan yang kamu inginkan di kue yang kamu pesan. Misalnya "Happy Milad!" Kamu bisa request untuk menambahkan tulisan tersebut pada toko cake yang kamu pilih. 

4. Sesuaikan dengan tema ultah
Kue yang kamu pesan ini bisa disesuaikan dengan tema perayaan ultah. Jadi nantinya antara dekorasi ruangan dan kue yang kamu sajikan akan matching. 


5. Bujet
Tentukan juga berapa dana yang kamu siapkan untuk membeli kue ini. Dengan menentukan alokasi dana sejak awal, akan mempermudahmu menentukan kue yang tepat. 


6. Bentuk Kue
Pilih bentuk kue yang sreg di hati. Kamu bisa melihatnya di websitenya. Begitu ada cake yang bentuknya dirasa cocok, kamu pun bisa langsung tekan tombol order.

Bentuk kue segiempat yang paling kami sukai, karena mudah dipotong

7. Bahan kue
Kamu perlu mengetahui kue ultah ini terbuat dari bahan apa. Pastikan bahan kuenya ini sehat dan halal. Bila kamu ingin tahu lebih jauh untuk kue ultah yang kamu taksir, bisa bertanya langsung ke pelayan toko kue atau bisa juga melalui situsnya. 

8. Ukuran kue
Pilih kue ultah dnegan ukuran yang sesuai. Tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Pilih dengan ukuran yang pas. 

Mengenai ukuran kue ultah ini bisa kita perhitungkan dari nantinya perkiraan jumlah orang yang akan ikut menikmatinya serta dana yang kita siapkan. Dengan begitu, kue ini akan sesuai dengan kebutuhan. 

Itulah sejumlah tips yang bisa kamu perhatikan ketika mau memilih kue ultah buat suami. 

Ulang tahun itu memang momen spesial. Karenanya kita perlu merayakannya. Tidak harus dengan perayaan mewah, dengan memberikan kue ulang tahun pun bisa jadi menjadi cara menarik untuk merayakan momen ini. 

Merayakan ulang tahun merupakan perwujudan rasa syukur kita karena diberi nikmat yang luar biasa dari Allah SWT. Di hari yang istimewa ini kita bisa berdoa semoga di sisa umur selanjutnya selalu diberikan keberkahan. Amin...

My family, di Restoran Khas Bengkulu, Marolah


Selamat ulang tahun ya suamiku tercinta, bapak dari keempat anak-anak hebat yang kami punya. Nawra (10 tahun), Athillah , alm ( 8 tahun), Athifah (4 tahun) dan Annasya ( 15 bulan). Semoga selalu menjadi inspirasi dan ayah hebat bagi kami.
Diberdayakan oleh Blogger.