nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Gaya Hidup Hemat Dengan Aneka Diskon


Untuk sebagian orang kebutuhan bulan Ramadhan akan meningkat, semua keluarga akan menambahkan post aneka pengeluaran selama Ramdahan dan juga berusaha menambah pemasukan. Termasuk dengan cara menggunakan uang tabungan atau investasi. Persiapan penambahan finasial ini dan usaha untuk memenuhi atau menyiapkan berbagai kebutuhan untuk Ramadhan bisa disiapkan jauh-jauh hari sebelum Ramadhan. Keluarga saya juga begitu. Dulu sekali kakek dan nenek saya selalu menyiapkan beras dan hasil kebun lainnya seperti kacang tanah, jagung, cabe dan lain sebagainya jauh-jauh hari sebelum puasa. Sengaja disiapkan dan dipilih dari kebun untuk kebutuhan Ramadhan. Kebiasaan tersebut turun kepada keluarga saya termasuk kepada saya. Meski saya tidak punya sawah dan kebun, tapi spirit mempersiapkan kebutuhan Ramadhan sebelum puasa tetap kami terapkan sampai sekarang.

Saya dan suami juga melakukan hal yang sama. Sebab bulan puasa mau tidak mau kebutuhan akan semakin meningkat. Kita tidak bisa menghindari yang bisa kita lakukan adalah menyikapi semuanya dengan cara belanja hemat. 

4 Kebutuhan Puasa dan Hari Raya yang Akan Meningkat

Pertama kebutuhan bahan pokok atau  SEMBILAN BAHAN POKOK (sembako) untuk kebutuhan sahur dan berbuka puasa. Untuk makan sahur tidak semua orang siap melakukannya. Terutama di awal-awal puasa. Susah juga untuk makan sahur. Oleh karena itu untuk sebagian orang banyak yang membutuhkan tambahan makanan pengganti atau alternatif seperti makanan siap saji, cepat masak. Minuman berenergi, seperti susu. Lalu vitamin atau suplemen. Belum lagi saat berbuka, butuh aneka takjil dan minuman. Ditambah dengan makan besar seperti nasi dan lauk pauknya. Oleh karena itu kebutuhan akan sembako semakin meningkat juga. Belum lagi kebutuhan buka bersama. Bahkan bisa dua kali lipat dari hari biasa.

Kedua kebutuhan PAKAIAN terutama kebutuhan untuk berlebaran. Untuk sebagian besar orang lebaran wajib hukumnya beli baju baru. Apalagi seperti saya yang masih mempunyai anak-anak. Kebutuhan pakaian untuk anak-anak adalah hal yang wajib kita penuhi. Oleh karena itu begitu banyak yang berdagang pakaian sebab begitu banyak orang yang mencari dan membutuhkannya. Bahkan untuk satu orang tidak cukup hanya punya satu stel baju lebaran. Bisa jadi mereka membeli satu orang beberapa stel baju, misalnya dihitung saja tiga buah untuk pemakain baju lebaran selama tiga hari.  Hitung saja, harga baju juga mahal ya, apalagi baju anak-anak.

Ketiga kebutuhan serba-serbi HARI RAYA. Mulai aneka kue lebaran, banyak banget ya. Ada yang kering, basah, rasa asin, manis, minuman. Duh, kalo di list banyak banget ya. Terus kebutuhan perlengkapan lebaran, seperti toples, wadah prasmanan, gelas, piring, sendok, taplak meja, gorden , ini juga kalo dilist banyak banget . Dan yang gak bisa kita hindari setiap tahun selalu keluar model baru. Bagi yang tidak mau ketinggal alias mau up date. Contohnya toples atau mukena,  ya harus beli yang model keluaran terbaru setiap lebaran, hehehe.

Keempat kebutuhan THR. Kebutuhan akan dana siap bagi, istilah keren ya. Ya, siap dibagikan terutama pertama kali kalo saya ke orang tua, anak, keponakan, sanak saudara dan kaum kerabat lainnya. THR untuk karyawan toko Nawra Busana. Memang  mereka gak melihat besaran nominalnya, dikasih berapa saja ya diterima. Saya membedakan paling dari segi usia dan kebutuhannya saja. Dan ini juga berlaku untuk anggota keluarga saya yang lain, dari kakak saya, kakak ipar sampai keponakan. Anak-anak saya selalu dapat THR dari keponakan saya yang sudah bekerja. Nanti tradisi ini juga akan turun temurun, saat dia menikah, saya atau anak saya yang akan memberi THR. Gak, usah dibayangkan berapa dana yang harus dipersiapkan dan gak usah dihitung. Mari kita fokus dengan mencari tambahannya saja ya. Misalnya dengan menambah job nulis, nge-blog, hehehe.

Sampai di sini, adakah yang kening berdenyit atau mengangguk-angguk, ikutan menyamakan curatan saya seputar kebutuhan puasa dan lebaran. Atau ada yang lebih banyak lagi pengeluarannya. 

Tenang, gak usah pusing. Mari kita cari solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan SMART. Mau tau, gimana cara untuk mengatasi hal tersebut. Dan ini bisa berlaku pengulangan, tahun depan kita bisa menerapkannya kembali. Dengan cara yang sama atau malah lebih GESIT lagi.

Caranya dengan merubah gaya belanja kita, merubah gaya hidup belanja kita. 

Mau tau caranya yang paling pas untuk mengurangi pengeluaran dan memenuhi kebutuhan Ramadhan yang bejibun tersebut. Pasti mau tahu ya, Emak-emak pasti suka info yang akan saya bagikan berikut ini.

Caranya dengan GAYA HIDUP HEMAT Pake DISKON

Diskon (rabat) merupakan potongan harga. Harga sebelum dipotong diskon disebut harga kotor. Harga setelah dipotong diskon disebut harga bersih. Harga bersih  sama dengan harga kotor dikurangi diskon.

Diskon disebut juga rabat. Para pedagang kredit sering menyebutnya dengan korting. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, diskon berarti potongan harga. Menurut sudut pandang keuangan diskon merupakan potongan bunga bagi nasabah yang meminjam uang di bank. Besaran diskon biasanya dinyatakan dalam bentuk persentase, jarang diskon dinyatakan dalam bentuk rupiah

Meski pun demikian sudah ada DISKON bahkan hingga 100 persen pun, belum tentu seseorang akan memutuskan untuk membeli atau belanja , banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen tersebut untuk belanja dengan DISKON. Selain konsumen akan mempelajari apa yang akan dibeli atau dikonsumsi, termasuk kebiasaan membeli dan dalam kondisi apa barang tersebut dibeli. Misalnya, seperti toples tadi, banyak orang membutuhkan untuk membeli toples saat lebaran. Di hari biasa di luar lebaran tidak banyak orang yang butuh membeli toples tersebut.

Manfaat diskon dan promo untuk belanja hemat

Faktor-faktornya adalah sebagai berikut :
  •     Faktor kebudayaan
  •     Faktor sosial (kelompok sosial, keluarga, peran, status)
  •     Faktor pribadi (umur, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup, kepribadian, dan konsep diri)
  •     Faktor psikologis (motivasi, persepsi, proses belajar, kepercayaan, sikap)

Ada beberapa hal yang akan kita lakukan sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk.Yang paling utama adalah keyakinan bahwa barang atau produk tersebut akan memuaskan dirinya dan siap menerima resiko yang timbul. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi keputusan untuk membeli suatu barang atau produk adalah
  •     Menganalisis kebutuhan dan keinginan
  •     Menilai sumber-sumber
  •     Menetapkan tujuan pembelian
  •     Mengidentifikasi alternative pembelian
  •     Keputusan pembelian
  •     Perilaku sesudah pembelian

Nah, dari ulasan tersebut gaya hidup hemat dengan diskon tersebut merupakan salah satu alternatif pembelian atau salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jadi ya boleh saja, malah sangat dianjurkan.

Apalagi dengan kemajuan internet saat ini. Informasi mengenai produk promo, diskon , cuci gudang, pembelian gratis satu barang dengan pembelian tertentu banyak sekali ditawarkan melalui berbagai sosial media. Tinggal kita saja yang harus jeli melihat dan memanfaatkan informasi tersebut.

Aneka produk promo dan diskon

Banyak sekali toko online dan offline yang menggunakan sosial media untuk beriklan dan mempromosikan aneka produk jualannya. Kita pun bisa mendapatkan informasi tersebut hanya lewat hanphone saja. Langsung dapat informasinya tanpa harus ke tokonya secara langsung. Bahkan kita bisa membuat list barang kebutuhan dari rumah , lalu tinggal membelinya di tokonya secara langsung atau secara online.

Begitu mudah cara belanja. Gimana gak doyan belanja kalo kayak gitu. Tapi eeeiit, Emak harus jeli meliat peluang diskon ya. Bukankah hemat  pangkal Kaya, kalo kaya kita kita bisa berbagi juga. Naik Haji apalagi.

Untuk promosi dan diskon banyak toko atau brand yang memberikan banyak penawaran. seolah mereka pun bersaing untuk memberikan pelayanan dan menarik hati pembeli.

Salah satunya gerai jaringan toko ALFAMART . Sebagai salah satu jaringan minimarket lokal yang sudah menemani masyarakat Indonesia selama 17 tahun lebih, Alfamart selalu ingin memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, salah satunya melalui promo Alfamart. 

Berbagai promo Alfamart terbaru dihadirkan secara berkala untuk memberikan kenyamanan belanja yang tiada duanya. Dengan adanya promo Alfamart, pelanggan bisa berbelanja berbagai jenis produk berkualitas dengan harga lebih terjangkau. 

Salah satu Alfamart di kota Bengkulu
Seluruh program promo bulanan Alfamart bisa diketahui melalui katalog yang tersedia di gerai Alfamart ataupun juga sering dibagikan dari rumah ke rumah. Selain itu, bisa mengecek situs resmi Alfamart untuk mengetahui berbagai promo Alfamart terbaru dan juga promo produk tertentu yang biasanya dilakukan secara terbatas. 

Promo bulanan Alfamart biasanya dilakukan 2 kali dalam sebulan dengan jangka waktu 15 hari untuk setiap promonya. Selain itu, ada promo JSM (Jumat Sabtu Minggu) Alfamart hanya berlaku setiap weekend. Di akhir pekan, pelanggan bisa menikmati promo produk tertentu yang berupa potongan harga maupun bonus pembelian atau gratis barang untuk nilai pembelian yang ditetapkan. 

Suami saya suka banget mengecek setiap Jumat di Line, jadi kami suka mengatur jadwal belanja pas hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Jadi istilahnya belanja JSM.

Cuma kendalanya kalo di Bengkulu, tidak semua petugas Alfamart langsung ngeh dengan program ini. Acapkali suami saya harus menunjukkan terlebih dahulu promosi yang ada di Line. Jadi kalo mau belanja ke Alfamart kami harus membawa handphone dan menunjukkan info promosinya. Dan setelah itu tetap dilayani seperti biasa. Tak ada kendala sama sekali, kecuali barangnya habis atau kosong.

Cek promosinya dulu di handphone sebelum belanja
 
Selain program itu di Alfamart sering juga ada promosi macam-macam. Misalnya beli satu gratis satu, beli dua gratis satu, beli dua lebih hemat atau ada paket hemat yang sudah disediakan dan disusun di boothnya. kita tinggal memilih saja sesuai kebutuhan.

Ditambah lagi jika kita punya kartu Alfamart, kita akan mendapatkan poin jika belanja dengan menyertakan kartunya saat pembayaran. Poin tersebut jika terkumpul bisa kita gunakan kembali untuk belanja lagi. 

Kartu Alfamart
Saat ini sedang ada program khusus di Alfamart untuk bulan puasa. Namanya Pak Rahmat. Sudah pada tahukah Pak Rahmat itu apa?


Pak Rahmat adalah suatu program Paket Hemat Ramadan. Ada empat macam Paket Hemat Ramadan
  • PakRahmat Buka Puasa
  • PakRahmat Sahur
  • PakRahmat THR
  • PakRahmat Mudik

Semua informasi tersebut dapat kita ketahui melalui applikasi LINE. Dengan cara Ketik Di LINE Chat Alfamart. Nanti otomatis kita akan mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai promo Alfamart.

Selain itu bisa juga kita akses informasi di website Alfamart dan sosial media Alfamart di Twitter dan Facebook. Selalu ada informasi promo, diskon dan paket hemat di Alfamart.

Seperti yang saat ini juga sedang ada di Alfamart adalah Pak Rahmat Indahnya Berbagi. Yaitu dengan kita berbelanja produk sponsor minimal Rp 75.000, bisa tebus murah salah satu produk hadiah hanya Rp 500. Iya, hanya 500 perak, murah banget kan? Misalnya nih, kita  belanja Pak Ramadhan dengan produk sponsor Rinso Anti Noda, Sunlight, Downy, air mineral VIT, susu Hilo atau tissue Paseo dengan total belanja tujuhpuluh lima ribu rupiah, maka dapat menebus produk hadiah tebus murah seperti minyak goreng Tropicall, Wafer Tanggo, Nissin, Nabati  atau sirup Marjan dengan uang 500 rupiah.



Setelah belanja produk sponsor Pak Rahmat Rp.75.000,- kita bisa tebus murah Rp.500,- dan dapatkan kode di ekor struk lalu upload kodenya dan kita bisa mendapatkan kesempatan untuk menang berbagai hadiah menarik, dengan hadiah utama sebuah mobil, motor dan banyak hadiah menarik lainnya.


Artinya kita bisa dapat untung dua kali ya, beli produk dengan harga hemat dan dapat kesempatan menang berbagai hadiah. Enak sekali ya.

Ya, udah buruan yuk belanja #PakRahmatdiAlfamart udah ditanya dan ditungguin tuh ama Pak Rahmat di Alfamart.

Pak Rahmat Periode Kedua

Jangan sampai ketinggalan ya, buruan dibeli. Tetapi kalo pun ketinggalan, gak usah kuatir, ada kok periode ketiganya. Bisa belanja setelah lebaran, belanja produk #homecarealfamart seharga enam puluh ribu  kemudian bisa tebus murah juga . Pilihan produk yang bisa ditebus bisa dilihat di bawah ini.



Gimana assik kan ya belanja, bisa dapat produk bersih-bersih dan tebus murah produk lain. Buruan belanja ya buibu, buat stok juga.

 
Baca Juga

Related Posts

69 comment

  1. wah pak rahmat lagi bagi2 diskon ya, mauuu

    BalasHapus
  2. Seru Banget memang belanja hemat karena banyak diskon
    Apalagi mendekati lebaran ini
    Mak2 matanya jadi kinclong deh hehee

    BalasHapus
  3. kalau buat ibu-ibu promo memang selalu menggiurkan ya, mbak. hihi

    BalasHapus
  4. Pak Rahmat lagi ngehits ya, Mba Milda. Banyak diburu Ibu-ibu, hihi.

    BalasHapus
  5. Wah Alfamart sudah ada di Bengkulu, bakal bisa belanja hemat ya kan sudah ada Pak Rahmat, diskonnya juga bikin emak2 bisa ngirit jelang lebaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, alhamdulillah ada pak rahmat juga, jadi nikmat

      Hapus
  6. Aku paling suka kepoin promo lewat Line Alfamart. Pake Kartu Aku juga asyik, jadinya kalau receh2 misal 50 perak bisa minta potong dari point ajah

    BalasHapus
  7. asyik ya gopek bisa dapat sesuatu juga di alfamart

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, padahal apalah artinya ya mba ADE

      Hapus
  8. Saya jg sangat suka berbelanja yg ada diskonnya. Apalagi kebutuhan meningkat, diskon2 jadi inceran mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus itu Elva, hemat pangkal kaya tapi gak boleh pelit

      Hapus
  9. Ulasannya lengkap sekali, mbak. Saya sukaaaa...
    Dan promo pak Rahmat ini, menywnangkan untuk ibu-ibu ketika ingin mengatur keuangan belanja ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pun datang pak rahmat membantu emak

      Hapus
  10. hayok mabk, kita berburu diskon di Alfa

    mbak mil bayarin ya hehheee (maunya)

    BalasHapus
  11. harus pinter-pinter ngelola keuangan neh, kalo ngak, habis deh tu uang karena lihat barang yang diskonnya gede=gede,, hahaha

    BalasHapus
  12. belanja di Alfamart emang banyak diskonnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kek jaring laba2 ya, ini itu lalu ini itu, hahaha

      Hapus
  13. Lengkap banget nih , Mbak.

    BalasHapus
  14. hahahaaa pak rahmat yang sekarang jadi inceran ibu-ibu ya mak, biar bisa hemat :)

    BalasHapus
  15. bener mba apalagi pas bulan ramadan banyak keperluan ya, perlu belanja hemat, syukurlah ada #PakRahmatDiAlfamart sip mba

    BalasHapus
  16. Aku suka nihh.. Gaya hidup hemat pakai diskon. Harus pinter2 memanfaatkan diskon, biar belanjaannya tetap bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, aku juga suka, yang dilihat yang hemat ya mba

      Hapus
  17. Kemarin udah belanja Pak Rahmat tebus gopeknya pakai minyak, nanti mau belanja lagi biar tebus gopeknya wafer sekaleng hihi

    BalasHapus
  18. Diskon dan promo itu emang nolong banget deh. Apalagi Pak Rahmat ini emang barang2 yang dibutuhkan rumah tangga ya Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kita kan emnag butuh barang itu ya, belanja bulanan, dan 500 bisa beli dapat barang, gimana gak ngiler

      Hapus
  19. Mari berburu diskon dan promooo....

    BalasHapus
  20. Analisis kebutuhan banget deh mbaa...tapi kalau udah ada diskon gini suka grogi akuu 😂😂
    Happy ada promo Pak Rahmat...

    BalasHapus
  21. Promo tebus murahnya asyik bgt

    BalasHapus
  22. Widih...bikin ngiler nih baca Artikel tentang alfamart...jadi pengen dapat diskon juga..

    BalasHapus
  23. Wkwkwk....sejak kapan Pak Rahmat tinggal di Alfamart?

    BalasHapus
  24. Tipsny keren. Perlu dilakukan ini.

    BalasHapus
  25. Murah hemat bagi wafer makkk

    BalasHapus
  26. Wuih, solusi hemat buat pada ibu ibu nih mbak mil😊

    BalasHapus
  27. Wah.. tipsnya menarik banget. Hari ini aku mau ajak istri ke alfamart. Emang di sana sekarang lagi banyak diskon

    BalasHapus
  28. Belanja yang ada diskonnya kayak gini cukup membantu sekali mbk. Apalagi klo buibu yg lagi berhemat..hihi

    BalasHapus
  29. Udh hrus siap" berburu diskon ni. Lebaran semakin dekat..

    BalasHapus
  30. Asiikk.. Ntar maw cek di line jga ah promo diskon nya.. Mkshbya mbakk.. 😘

    BalasHapus
  31. Asiikk.. Ntar maw cek di line jga ah promo diskon nya.. Mksh ya mbakk.. 😘

    BalasHapus
  32. Blm pernah ke Alfamart..blh ni

    BalasHapus
  33. wah yg tebus murah hanya dgn 500 perak itu beneran toh mb?? wah bnyk diskon nih hehe

    BalasHapus
  34. Lhaa yang diskon2 ini yang banyak dicari emak2 modis alias modal diskon 😃😂

    BalasHapus
  35. Pak Rahmat nya baik hati :)

    BalasHapus
  36. Diskon emang penyelamat uang bulanan ya Mak. Etapi jangam sampe belanja yang bukan karena butuh ya kan mak.
    Bukannya selamat malah sekarat ntar..hahah

    Oya ini masih berlakukan mak? Pengen ikutan shopping race nya.hihii

    BalasHapus
  37. kita memang mesti bijak dan cermat belanja di bulan ramadan ya mba biar hemat dan tetap bisa jaga kestabilan keuangan rumah tangga.

    BalasHapus
  38. Kita memang mesti pandai2 atur uang yaa.. Gimana caranya bs dapat banyak barang dg biaya sekecil2nya. Kayak di Alfamart, gopek aja dapat banyak. :)

    BalasHapus
  39. Senang sih banyak diskon di bulan Ramadhan. Sayangnya, daging, ayam, telur malah pada naik hehehe

    BalasHapus
  40. Bener, nih. Nyari diskonan tapi tetep yang sesuai kebutuhan. Kalau sembako mah pasti butuh banget, ya.

    BalasHapus
  41. Senangnya sama promo pak rahmat ini karena produk-produk sponsornya emang produk yang dibutuhkan di rumah :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin