Menu

Kamis, 20 September 2018

/
Assalammualaikum Wr.Wb

www.mildaini.com_Begini Cara Mahasiswa Menghasilkan Uang dari Blog dan Media Sosial. seorang blogger yang tergabung di Blogger Bengkulu berkata kepada saya. kalo saat ini, dia sudah tak minta kiriman uang bulanan lagi dari orang tua untuk keperluan kuliah. Sebab dia sudah punya tambahan penghasilan dari kegiatan nulis di blog.

Awalnya dia sempat bingung bahkan ga tahu caranya dan bagaimana bisa  seorang blogger bisa punya penghasilan dari blognya. Saat gabung dan belajar bersama dengan Blogger Bengkulu, barulah dia paham. 

Gabung ama anak muda, bersa muda juga :)

Yah, alhamdulillah, bukan cuma dia, ada banyak mahasiswa yang gabung di Bobe , sebutan untuk Blogger Bengkulu, yang awalnya ga paham dan ga ngerti gimana menghasilkan uang dari blog , makin ke sini, makin paham dan tahu. Bahkan bisa juga berbagi informasi kepada teman yang lainnya. Saya juga senang, abhwa kegiatan nge-blog ini bisa menajdi wasilah bagi mahasiswa untuk mendapatkan tambahan penghasilan tanpa menganggu  aktivitas perkuliahan mereka. 


Apa yang harus dilakukan pertama kali, memulainya darimana..

Jadi, untuk pertama kali hal penting yang harus dilakukan adalah beberapa hal berikut ini

  1. Buat blognya, bisa dibuat lewat blogspot atau wordpress, silakan dipilih sesuai dengan kebutuhan
  2. Segera beri domain blognya sehingga lebih menarik dan mudah untuk di monitize
  3. Lalu update atau isi postingan blognya secara aktif, rutin dan berkala, ga harus setiap hari.
  4. Main atau berkunjung (blogwalking/bw) ke blog teman-teman. Terutama yang kualitas atau performa blognya lebih bagus dari kita
  5. Gabung dengan berbagai kegiatan blogger, baik secara online atau offline. Hadir ke berbagai pertemuan yang diadakan, bertanya dan belajar dari blogger senior mengenai dunia blogging

Internet lancar , ya sudah langsung done 

Untuk kamu yang berada di Bengkulu atau orang Bengkulu yang berada dimana saja, bisa juga bergabung dengan komunitas Blogger Bengkulu. Baik secara online atau offline.

Secara online kamu bisa join ke grup Facebook atau ke grup WhatApps. Namun, alangkah lebih baik, juga sempatkan untuk ahdir secara offline pada berbagai kegiatan blogger Bengkulu secara offline. Belajar , bertemu dan tatap muka itu akan lebih baik. Akan lebih membuat proses belajar menjadi lebih baik, silaturahim juga bisa terjaga dengan baik. Rejeki juga bisa datang

Jenis-jenis  Untuk Job Blog

Ada beberapa jenis job untuk blog, dalam hal ini yang mau saya bahas adalah seputar job artikel blog. Secara umum ada dua jenis

Pertama nulis artikel sendiri, biasanya blogger diberikan task atau brief atau ketentuan mengenai artikel yang akan ditulis. Biasanya   begini bentuknya
  1. Menulis sejumlah kata tertentu, misalnya 500 kata
  2. Menulis dengan tema atau keyword tertentu, misalnya mengenai Makanan Sehat untuk Mahasiswa
  3. Di dalam artikel tersebut biasanya mengarah pada URL atau link tertentu yang disematkan di dalam artikel. Banyaknya jumlah link yang disematkan akan berpengaruh pada besarnya fee yang diberikan
  4. Setelah ditulis artikel diposting lalu di-share ke media sosial. Misalnya Facebook atau Instagram 

Baca Juga : Hadiah Untuk Wisuda

Kedua, Content Placement (CP) dimana artikel sudah disiapkan. Blogger tinggal mem-publish artikel di blog dan di-share ke media sosial. Isi artikel yang di-publish ini, ga jauh beda dengan artikel yang kita tulis sendiri. 

Banyak banget klao mau, job untuk mahasiswa yah:)


Blogger dibayar dalam Bentuk Apa

  1. Dalam bentuk uang, diberikan biasanya setelah beberapa hari artikel diposting. Uang ditransfer ke rekening blogger masing-masing.
  2. Dalam bentuk uang dan barang. Blogger mendapatkan uang sekaligus juga barang, misalnya untuk direview. Namun bisa juga barang ini diberikan dalam bentuk uang , jadi blogger diminta untuk membeli barang atau produk tertentu. 
  3. Dalam bentuk barang dan voucher, bisanya untuk produk unboxing, blogger juga sering dikirimin barang dan voucher belanja.
  4. Voucher atau saldo belanja, blogger juga bisa mendapatkan kompensasi seperti ini. Misalnya salah satu e-commerce yang bekerjasama dengan blogger akan memberikan fee dalam bentuk voucher belanja di toko online.
  5. Dalam bentuk barang saja, biasanya blogger mendapatkan barang dalam jumlah yang lebih atau setimpal dengan nominal uang yang diberikan. Saya pernah, menerima barang , jika diuangkan ada sekitar hampir dua juta. Produknya juga bagus dan brand. Jadi saya terima.  

Terima aksih ya atas kesempatannya , nanti undang lagi yah :)
Lalu, bagaimana mahasiswa bisa mendapatkan fee atau job atau uang dari blog. Seperti yang saya sampaikan di awal, kalian juga bisa melakukan hal tersebut. Apalagi saat ini banyak sekali agensi atau pihak-pihak terkait yang suka mencari blogger denga status mahasiwa untuk diajak kerjasama. Mahasiswa ini sangat pontesial sekali untuk diajak kerjasam sebab dunia mereka sangat leakt dengan dunia digital dan kehduan anak muda. 

Oleh karena itu, jika saran yang saya sampaikan tersebut dilakukan secara baik, selama tiga hingga enam bulan. In sya Allah, blog yang dibuat dan ditulis pelan namun pasti akan mendatangkan pengahasilan bagi mahasiswa. Hal ini hanya salah satu cara saja yang bisa mahasiswa lakukan atau dapatkan dengan menajdi blogger. Untuk menghasilkan uang. Ada banyak cara lain.

Add caption

Materi ini saya sampaikan juga pada kegiatan pelatihan nulis blog bersama dengan mahasiswi Universitas Bengkulu. Fakultas Ekonomi. Alhamdulillah, pagi minggu yang ceria, ada sekitar 30 orang mahasiswi yang ikut kegiatan ini. Di awal saya juga mengajari mereka cara membuat blog.

Semoga makin ke depan makin banyak mahasiswa yang ngeblog ya dan bisa menghasilkan manfaat dari blognya, termasuk menghasillkan uang. Bisa membantu orang tua untuk memenuhi berbagai kebutuhan diri sendiri dan kebutuhan kuliah. 

Salam, Milda Ini
35 comments

Waaah.. seru sekali ya acaranya, semoga semakin banyak bloger-bloger dikalanagan kita ya. :)

Reply

Aduuuuuh, keren-keren banget anak bangasa ini. :)

Reply

Acaranya sangat bermanfaat sekali, semoga kedepannya semakin sukses dan berkembang ya bloger-bloger muda anak bangsa. :)

Reply

Semakin banyak bloger, semakin banyak informasi yang kita dapat nih. Semoga main sukses ya. :)

Reply

Bu, saya ingin bertanya, bagaimana caranya supaya mahasiswa bisa sering mendapatkan job nulis atau content placement dari brand minimal sebulan ada 1 brand yang bisa kita ajak kerjasama?

Terima Kasih Bu Milda :)

Reply

Mantap Mbak Milda, semoga banyak yang muda-muda berdaya melalui blog. Baarakallahu fiik, moga sukses acaranya

Reply

karena Mahasiswa banyak teman dan jaringannya yah, jadi kalau untuk mempronmosikan sesuatu tidak akan kesulitan. ya, pantas saja agensi juga melirik mahasiswa yang aktif di dunia blogging.
tetap menginspirasi ya, Mbak.. :)

Reply

cam...mak surang ini....banyaknyo aktifitas....
semangat mbak, sukses terus, jangan lupo makan ehheheeee

Reply

Assalamu alaikum. Luar biasa bu Milda cukup menginspirasi bagi saya yang sudah lama jadi mantan mahasiswa. Kalo saya ikutan belajar bagaimana ya? Saya punya blog sudah lama http://antonsutrisno.blogspot.com tetapi tidak berkembang. Mungkin kurang populer ya he he. Terima kasih.

Reply

Aku baru tahu mba Milda ketua BoBe. Senangnya bisa berteman dengan expert. Ilmunya pasti bermanfaat buat mahasiswa mencari nafkah ke depannya.

Reply

Bener skrg kalau mmg mau harus langsung eksekusi ya harus langsung aja ngeblog jgn tunda2 hahahha dan untuk hasilin uang mmg harus sabar menunggu intinya berkarya aja dulu

Reply

Apapun kalo d tekuni pasti mengbasilkan ya mba.. blog sbg perantara smoga bisa konsisten menulis

Reply

Keren ih ibu blogger satu ini.

Reply

Keren ih ibu blogger yang satu ini

Reply

keren ya banyak blogger mahasiswa di Bengkulu semoga membantu ekonomi ya.

Reply

Seneng kalau ada yang antusias ngeblog, apalagi anak muda. Moga gak cuma karena materi tapi jg krn semangat berbagi informasi ya mbak :D

Reply

Saat ini semakin banyak menjadikan media digital seperti blog utk menuai pundi2 penghasilan akan tetapi semoga ga lepas dari hakikatnya yakni menulis dan berbagi informasi

Reply

Seru ya mba bs berbagi ilmu ngeblog kepada mahasiswa

Reply

Kerennnnn ishh.. pasti mahasiswa sekarang jadi rajin ngeblog yes soale lumayan banget ya dapet penghasilan nya.

Reply

Wah...lengkap banget ini ilmunya. Aku jadi banyak belajar...tfs mbak

Reply

Keterampilan menulis, membutuhkan kebiasaan membaca, selama mahasiswa rajin membaca, tentu akan bisa jadi blogger.
Mumpung masih belia, bagus kalau merintis jadi blogger

Reply

Wah keren mbak, semoga nanti semakin banyak blogger hits dari Bengkulu ya

Reply

Suka deh lihat ada blogger yang suka nularin semangat ngeblog nya kepada orang lain.

Reply

Wahhh hebat ya mbak milda .semoga ilmu yg di berikan bermanfaat mbk

Reply

Many thanks , We have recently been interested in info about this valuable subject matter for ages in addition to the ones you
have is best I’ve noticed to this point. And yet, the things on the judgment?
Are you sure with regards to the source?

Reply

Undoubtedly, a building security system works wonders
to further imprfove the safety within yopur property and family.

Setting up of these security camera systems is not a tough job as you contemplate it to be.

In 2003, there were 14 million thefts of property, and also these, 83% were home and business burglaries.

Reply

They make it quite smple and straightforward to the users to have strong infrastructure development for the children, which lasts for aan extensed span of time.
For example, UPVC windows aare supposed to cope with the temperature
control. There is no question about the quality of their products andd
they never compromise with it.

Reply

It is essential that once you bid for brand new projects you develop biids that produce an excellent timeline for both parties,
plus a highly compoetitive price that may attract attention,
while still giving you an important profit. Extreme high levels of noise damage the traditional hearring powers
and also the indifidual is handicapped for life.
Other types of standardized communication processes might
include echoing the originawl request or confirming the request whiich has a formal response.

Reply

You can find several types from your market madee out off wood,
steel, iron, and several form of metal. But, it certainly is suggested to see with many highly experienced interior designers who can prlvide you the top
suggestions on what it is possible to embellish your intwrior
without investing much money. These are the most high-priced wood that arre
hard to be acquired at lower rates in the markets.

Reply

There aree so many sofas like traditional sofas, leather sofas, sectional sofas, custom
built sofas and lots of more. Benefit from a wide range of optons while choosing the lounge furniture, if your walls oof your respective
living room have pale or light shades like beige or white.
If you would like something for the fun side, you could possibly take a look at a few of
the Pacific Rim furnitufe appearin out of the countries south in the equator.

Reply

I just wanted to post a brief message to express gratitude to you for those remarkable tips and
hints you are writing on this site. My considerable internet search has at
the end been paid with reasonable facts and techniques to write about with my co-workers.
I 'd believe that we website visitors are quite blessed to dwell in a very good place with so many perfect individuals with very helpful principles.
I feel pretty lucky to have encountered the webpages and look forward to so many
more pleasurable moments reading here. Thanks once more
for all the details.

Reply

There is no suh thing as a prize mony for profitable Westminster.

Reply

Brilliant posting.

Reply

Way cool! Some very valid points! I appreciate you writing this article and the rest of the website is also really good.

Reply

Your means of describing the whole thing in this article is in fact good, all be able to effortlessly understand it, Thanks a lot.

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.