Menu

Kamis, 20 September 2018

/
Assalammualaikum Wr.Wb

www.mildaini.com_Begini Cara Mahasiswa Menghasilkan Uang dari Blog dan Media Sosial. seorang blogger yang tergabung di Blogger Bengkulu berkata kepada saya. kalo saat ini, dia sudah tak minta kiriman uang bulanan lagi dari orang tua untuk keperluan kuliah. Sebab dia sudah punya tambahan penghasilan dari kegiatan nulis di blog.

Awalnya dia sempat bingung bahkan ga tahu caranya dan bagaimana bisa  seorang blogger bisa punya penghasilan dari blognya. Saat gabung dan belajar bersama dengan Blogger Bengkulu, barulah dia paham. 

Gabung ama anak muda, bersa muda juga :)

Yah, alhamdulillah, bukan cuma dia, ada banyak mahasiswa yang gabung di Bobe , sebutan untuk Blogger Bengkulu, yang awalnya ga paham dan ga ngerti gimana menghasilkan uang dari blog , makin ke sini, makin paham dan tahu. Bahkan bisa juga berbagi informasi kepada teman yang lainnya. Saya juga senang, abhwa kegiatan nge-blog ini bisa menajdi wasilah bagi mahasiswa untuk mendapatkan tambahan penghasilan tanpa menganggu  aktivitas perkuliahan mereka. 


Apa yang harus dilakukan pertama kali, memulainya darimana..

Jadi, untuk pertama kali hal penting yang harus dilakukan adalah beberapa hal berikut ini

  1. Buat blognya, bisa dibuat lewat blogspot atau wordpress, silakan dipilih sesuai dengan kebutuhan
  2. Segera beri domain blognya sehingga lebih menarik dan mudah untuk di monitize
  3. Lalu update atau isi postingan blognya secara aktif, rutin dan berkala, ga harus setiap hari.
  4. Main atau berkunjung (blogwalking/bw) ke blog teman-teman. Terutama yang kualitas atau performa blognya lebih bagus dari kita
  5. Gabung dengan berbagai kegiatan blogger, baik secara online atau offline. Hadir ke berbagai pertemuan yang diadakan, bertanya dan belajar dari blogger senior mengenai dunia blogging

Internet lancar , ya sudah langsung done 

Untuk kamu yang berada di Bengkulu atau orang Bengkulu yang berada dimana saja, bisa juga bergabung dengan komunitas Blogger Bengkulu. Baik secara online atau offline.

Secara online kamu bisa join ke grup Facebook atau ke grup WhatApps. Namun, alangkah lebih baik, juga sempatkan untuk ahdir secara offline pada berbagai kegiatan blogger Bengkulu secara offline. Belajar , bertemu dan tatap muka itu akan lebih baik. Akan lebih membuat proses belajar menjadi lebih baik, silaturahim juga bisa terjaga dengan baik. Rejeki juga bisa datang

Jenis-jenis  Untuk Job Blog

Ada beberapa jenis job untuk blog, dalam hal ini yang mau saya bahas adalah seputar job artikel blog. Secara umum ada dua jenis

Pertama nulis artikel sendiri, biasanya blogger diberikan task atau brief atau ketentuan mengenai artikel yang akan ditulis. Biasanya   begini bentuknya
  1. Menulis sejumlah kata tertentu, misalnya 500 kata
  2. Menulis dengan tema atau keyword tertentu, misalnya mengenai Makanan Sehat untuk Mahasiswa
  3. Di dalam artikel tersebut biasanya mengarah pada URL atau link tertentu yang disematkan di dalam artikel. Banyaknya jumlah link yang disematkan akan berpengaruh pada besarnya fee yang diberikan
  4. Setelah ditulis artikel diposting lalu di-share ke media sosial. Misalnya Facebook atau Instagram 

Baca Juga : Hadiah Untuk Wisuda

Kedua, Content Placement (CP) dimana artikel sudah disiapkan. Blogger tinggal mem-publish artikel di blog dan di-share ke media sosial. Isi artikel yang di-publish ini, ga jauh beda dengan artikel yang kita tulis sendiri. 

Banyak banget klao mau, job untuk mahasiswa yah:)


Blogger dibayar dalam Bentuk Apa

  1. Dalam bentuk uang, diberikan biasanya setelah beberapa hari artikel diposting. Uang ditransfer ke rekening blogger masing-masing.
  2. Dalam bentuk uang dan barang. Blogger mendapatkan uang sekaligus juga barang, misalnya untuk direview. Namun bisa juga barang ini diberikan dalam bentuk uang , jadi blogger diminta untuk membeli barang atau produk tertentu. 
  3. Dalam bentuk barang dan voucher, bisanya untuk produk unboxing, blogger juga sering dikirimin barang dan voucher belanja.
  4. Voucher atau saldo belanja, blogger juga bisa mendapatkan kompensasi seperti ini. Misalnya salah satu e-commerce yang bekerjasama dengan blogger akan memberikan fee dalam bentuk voucher belanja di toko online.
  5. Dalam bentuk barang saja, biasanya blogger mendapatkan barang dalam jumlah yang lebih atau setimpal dengan nominal uang yang diberikan. Saya pernah, menerima barang , jika diuangkan ada sekitar hampir dua juta. Produknya juga bagus dan brand. Jadi saya terima.  

Terima aksih ya atas kesempatannya , nanti undang lagi yah :)
Lalu, bagaimana mahasiswa bisa mendapatkan fee atau job atau uang dari blog. Seperti yang saya sampaikan di awal, kalian juga bisa melakukan hal tersebut. Apalagi saat ini banyak sekali agensi atau pihak-pihak terkait yang suka mencari blogger denga status mahasiwa untuk diajak kerjasama. Mahasiswa ini sangat pontesial sekali untuk diajak kerjasam sebab dunia mereka sangat leakt dengan dunia digital dan kehduan anak muda. 

Oleh karena itu, jika saran yang saya sampaikan tersebut dilakukan secara baik, selama tiga hingga enam bulan. In sya Allah, blog yang dibuat dan ditulis pelan namun pasti akan mendatangkan pengahasilan bagi mahasiswa. Hal ini hanya salah satu cara saja yang bisa mahasiswa lakukan atau dapatkan dengan menajdi blogger. Untuk menghasilkan uang. Ada banyak cara lain.

Add caption

Materi ini saya sampaikan juga pada kegiatan pelatihan nulis blog bersama dengan mahasiswi Universitas Bengkulu. Fakultas Ekonomi. Alhamdulillah, pagi minggu yang ceria, ada sekitar 30 orang mahasiswi yang ikut kegiatan ini. Di awal saya juga mengajari mereka cara membuat blog.

Semoga makin ke depan makin banyak mahasiswa yang ngeblog ya dan bisa menghasilkan manfaat dari blognya, termasuk menghasillkan uang. Bisa membantu orang tua untuk memenuhi berbagai kebutuhan diri sendiri dan kebutuhan kuliah. 

Salam, Milda Ini
Diberdayakan oleh Blogger.