Menu

Minggu, 09 Desember 2018

/
Assalammualaikum. Wr.Wb

www.mildaini.com_Tahapan Tumbuh Kembang Anak Berusia 1-3 tahun. Saya memiliki anak usia menjelang tiga tahun, lebih tepatnya berusia 30 bulan. Namanya Annasya. Setiap hari, alhamdulillah Nasya tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sejak kecil, saya selalu membiasakan Nasya untuk makan sendiri, jadi saya sangat jarang menyuapi Nasya makan. Kalo tiba waktu makan, biasanya saya menyiapkan sekaligus tiga makanan untuk tiga orang anak. Hanya porsinya saja yang berbeda.

Lalu ketiga piring yang berisikan nasi dan lauk tersebut, saya berikan kepada anak-anak. Mereka terbiasa makan di meja makan atau di depan televisi. Pokoknya, mereka sering makan bersama.
Anasya usia setahun :)

Oleh karena itu Nasya juga ikutan makan dan otomatis tidak disuapin. Awalnya memang makannya berantakan, namun makin lama makin terbiasa rapi. Bahkan,jika mereka makan di depan TV. Maka usai makan, piringnya akan mereka letakan di atas meja atau langsung ke meja cuci piring.

Kegiatan makan sendiri ini juga melatih banyak hal kepada Nasya, menggunakan sensor motorik dan syarafnya. Termasuk untuk melatih otot, tulang dengan melakukan banyak gerakan.

Selain itu kecerdasan dan potensi prestasi Nasya juga mulai keliatan. Saat berkomunikasi dengan saya, dengan suami dan dengan kedua kakaknya. Kosakata yang ke luar dari mulut Nasya, juga makin bertambah.

Gigi pertama Annasya :)

Kalo kata neneknya, mulai banyak kepintarannya...

Secara rinci, bisa kita lihat bagaimana tahapan tumbuh kembang anak usia 1-3. Sama-sama bunda lihat dan cek anak di rumah ya. Semoga tahapan tersebut ada dan terjadi pada anak kita.

Tahapan Tumbuh Kembang Anak Berusia 1-3 tahun,
   
Usia 1 tahun
  1. Mampu mengangkat badan sendiri dan berdiri sambil pegangan pada furniture
  2. Gigi tumbuh lebih cepat
  3. Menggunakan seluruh tangan untuk mewarnai
  4. Memegang sendok dan cangkir sendiri, meskipun masih berantakan
  5. Mampu menumpuk 2-4 balok
Benaran suka manjet dan masuk kemana-mana, aktif banget

Usia 2 tahun
  1. Gigi sudah banyak yang tumbuh, termasuk beberapa geraham
  2. Mampu berjalan dengan lebih mudah, meskipun sesekali masih terjatuh
  3. Mampu menaiki anak tangga tanpa bantuan, meskipun naiknya satu per satu
  4. Kemampuan makan dan minum sendiri sudah lebih baik
  5. Mampu menumpuk 4-6 balok
Mulai naik-turun kursi, meski kadang bisa naik ga bisa turun :)

Usia 3 tahun
  1. Mampu melompat dari langkah rendah  
  2. Mampu berdiri dan berjinjit
  3. Mampu naik sepeda roda tiga
  4. Mampu memotong kertas dengan gunting
  5. Mampu memegang pensil dengan ibu jari, telunjuk dan jari tengah
Udah gede , enak diajak traveling, bisa jadi akwan ngobrol juga :)
Agar setiap tahapan berjalan dengan baik. Maka orang tua perlu memberikan asupan gizi yang baik kepada anak setiap hari. Zat gizi penting yang dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh dan berkembang harus selalu kita upayakan untuk dikonsumsi oleh anak setiap hari.

Bagaimana pun caranya, orang tua harus mengeluarkan semau jurus, untuk tumbuh kembang anak. Anak yang sehat, cerdas dan berprestasi merupakan investasi bagi orang tuanya.

Sama halnya dengan naka-naka secara umum, memang si Kecil berusia 1-3 tahun, ia sedang seru-serunya mencoba hal-hal baru seperti belajar berjalan, mulai berbicara, dan mulai mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Beri ia nutrisi sesuai untuk mendukung pertumbuhannya. 

Annasya juga demikian. Dunia mereka pun selalu penuh dengan bermain dan kebahagian. Kadang lupa untuk makan,

Nasya lebih suka Vanila atau Coklat

Oleh karena itu Bunda, bisa memberikan susu SGM Eksolor sebanyak dua kali sehari. dipagi hari da sore hari. Pemberian susu ini untuk melengkapi kebutuhan gizi anak agar terpenuhi dengan baik.

Jadi, tidak boleh memberikan atau mengganti makanan anak, hanya dengan memberikan susu berkali-kali di sepanjang hari. Meski anak doyan, kita tidak boleh mengikuti keinginan anak untuk minum susu secara berlebihan.

Untuk anak usia 1-3 tahun,bisa diberikan susu SGM Eksplor, yang tersedia dalam rasa:

Plain (150 gr & 400 gr)

Madu (150 gr & 400 gr & 900 gr)

Vanila (150 gr & 400 gr & 900 gr)

Kandungan SGM Eksplor

SGM Eksplor 1PLUS dengan Presinutri+ mengandung :

• Asam Linoleat Omega 6 (910 mg)
• Protein (5 g)

Protein merupakan komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak

• Vitamin D3 (55%)
• Kalsium (40%)

Vitamin D membantu penyerapan Kalsium. 

Kalsium berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi

• Vitamin A (45%)
• Zinc (25%)

Vitamin A dapat membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan (mata, saluran pencernaan, saluran pernafasan dan kulit)

• Vitamin C (40%)
• Zat Besi (35%)

Zat Besi merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh

Complinutri untuk gizi terbaik anak kita
Berbekal lebih dari 60 tahun pengalaman dalam menyediakan produk nutrisi bagi anak-anak Indonesia. Bekerja sama dengan para ahli nutrisi anak dari Indonesian, Singapura dan Belanda. Sarihusada Generasi Mahardhika mempersembahkan SGM Eksplor 1PLUS untuk anak usia 1-3 tahun.

Apalagi dengan formula baru complinutri, SGM Eksplor memang dibuat untuk anak Generasi Maju yang akan menjadi pemimpin di masa depan.

Jika bunda, mempunyai masalah, pertanyaan atau ingin berdiskusi mengenai nutrisi anak. maka atau hanya ingin i berbincang dan berbagi pengalaman tentang tumbuh kembang dan nutrisi bersama Careline SGM dan Bunda SGM dihubungi

Telepon :
(Bebas Pulsa) 0800-1-360-360
Email :
carelineSGM@sarihusada.co.id
Facebook :
Aku Anak SGM
www.facebook.com/AkuAnakSGM 
Website :
www.akuanaksgm.co.id

Salam, Milda Ini

11 comments

Di mbak aku jadi nggam sabar nunggu usia anakku 3 tahun nih. Proses tumbuh kembang anak emang selalu bikin happy walau degdegan ya mbak. Yang penting kita tetap perjalanan kan asuransi frisi Ema stimulasi ya

Reply

Gemes lihat adeknya. Sehat selalu ya Solehah. Fahmi juga sampai sekarang udah sekolah masih minum susu SGM kok...

Reply

Lucu banget Nasya mba betewe hehe.
Aku kagum deh dengan cara mba Milda ini ngajarin Nasya ataupun yg lainnya utk lebih mandiri. Makan gak disuapin dan dia terlatih untuk melakukannya bersama kakak2nya. Sangat indpiratif :)

Reply

Sebagai seorang ayah, saya juga tidak mau ketinggalan untuk selalu memperhatikan perkembangan si buah hati. Seringkali dalam keseharian saya temukan perkembangan yang luar biasa dan acapkali bergumam sendiri:"kapan dan darimana anakku belajar hal ini? ". Padahal rasanya kesehariannya selalu bertemu.

Reply

Jadi ingat keponakan daku, di umurnya 3 tahun demen banget ngambilin pulpen daku, ternyata memang lagi masanya mampu pegang alat tulis

Reply

Senang ya mantau tumbuh kembang anak gini step by stepnya jadi kenangan cerita lucu pas anak besar. Kata ibuku aku nggak merangkak waktu kecil. Tapi ngesot. Eit dah hahaha

Reply

Duh lucu banget putrinya...baca2 ini jd inget masa anak2 masib kecil..tahapan 1 sd 3 thn termasuk msa keemsan ya emang hr dioptimalkan.

Reply

Usia emas, usia yang nggak boleh dilewatkan oleh orang tua ya. Karena masa itu akan jadi landasan tumbuh kembang anak

Reply

Anak saya dulu waktu kecil juga anak sufor nih, tapi pakenya merk lain. Usia 1-3 tahun itu lagi gemes2nya...

Reply

Adik aku sedang hamil dan sedang aku kasih pengertian untuk mencari bacaan untuk tumbuh kembang anaknya nanti, blog mba milda ini menjadi salah satu referensi bacaannya lho.. suka tentang ulasan tumbuh kembang anak diblog ini

Reply

Menggemaskan banget ya anak kecil, makin bertumbuh kembang tingkahnya makin gemes..

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.