Menu

Senin, 03 Desember 2018

/
Assalammualaikum Wr. Wb

www.mildaini.com_ Relawan Tik Bengkulu Silaturahim ke Kampus Dehsen. Hari ini saya ingin berbagi cerita mengenai kegiatan saya kemarin bersama dengan kawan-kawan Relawan Tik Provinsi Bengkulu. Kami silaturahim ke kampus Dehasen Bengkulu untuk bertemu dengan pak Rektornya, bapak Prof Dr.agr.Ir.Johan Setianto


Tujuan silaturahim ini, salaah satunya untuk support kampus khususnya lagi bagi mahasiswa TI Dehasen, untuk berorganisasi, berkonunitas dan untuk pengembangan diri.
Dari RTIK yang bisa hadir, karena hamper sebagian besar pengurusnya adalah bekerja dan hari ikerja, jadi hanya sebagian yang bisa datang mewakili. 

Turut hadir adalah bapak Arius Santoni, yang merupakan juga salah satu DOsen di Dehasen,beliau yang menjadi penghubung kami dengan pak rektor.

Lalu, ada Piter Julius Vero dan Deni Dwi Cahya, yang merupakan pengurus RTIK Provinsi Bengkulu. 

Sesuai janji kami bertemu di lobi, sekitar jam setengah Sembilan. Ga berapa lama menunggu, bapaknya juga sudah datang. Jadi kami bertemu di dalam ruangan rektor sekitar jam Sembilan pagi. 

Awal ketemu, bapaknya juga sangat enak diajak ngobrol, keliatan supel dan banyak pengalamannya. Meski usia emang sudah tak muda, namun gaya Bahasa dan wawasannya ga kayak bapak-bapak, hihihi.


Saya mewakili teman-teman, melanjutkan acara perkenalan yang sebelumnya sudah diawali dengan Arius. Alhamdulillah, beliau sangat respon dan menerima kedatangan kami semua dengan hangat. 

Tujuan Silaturahim RTIK

Saya menyampaikan tujuan kedatangan kami, untuk menggandeng kampus Dehasen menggelar berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi mahasiswa TI.

Saya juga menyampaikan bahwa akegiatan tersebut, ingin dipusatkan di kampus Dehasen, namun akan menghadirkan  perwakilan mahasiswa yang ada dari kampus lainnya di Bengkulu, seperti Unib, Unihaz, Unras, UMB dan semoga juga kampus IAIN juga bisa bergabung.

Acara yang akan digelar perdana ini, dalam bentuk seminar dan sosialisasi mengenai kemajuan teknologi yang berkaitan dengan Revolusi Industri 4.0. 


Saat ini, memang tempatnya akan difokuskan di Dehasen, namun, nanti akan bergilir, In sya Allah tiap kampus akan mendapatkan giliran menajdi tuan rumah kegiatan RTIK.

Sekilas tentang Relawan TIK

Sejarah Relawan TIK Indonesia

Relawan TIK Indonesia (Indonesia ICT Volunteer) mulai dirintis sejak tanggal 9 Desember 2008, sebagai bukti kepedulian para pegiat TIK dalam pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaata TIK. Diharapkan Relawan TIK Indonesia bisa membantu pemerintah dalam mewujudkan visi masyarakat informasi Indonesia 2015. Melalui FORUM KOMUNIKASI, KOORDINASI, KOLABORASI DAN KERJASAMA KOMUNITAS TIK (FK5T) yang diselenggarakan di Bogor pada tanggal 4-6 Juli 2011 maka organisasi Relawan TIK Indonesia dinyatakan terbentuk secara resmi berbarengan dengan pengesahan AD/ART organisasi dan penetapan Pengurus Nasional.

Relawan TIK Indonesia meliputi masing-masing individu yang mempunyai komitmen terhadap organisasi Relawan TIK Nasional untuk melakukan transformasi pemahaman TIK yang sehat bagi masyarakat guna mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan digital menuju masyarakat Informasi Indonesia 2015.

Relawan TIK Indonesia adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang bersifat nir-laba, independen, philantrophis, mandiri yang mendasarkan pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan/ ilmu pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi para anggota serta warga masyarakat lain.

Rapat persiapan sebelum bertemud dengan rektor Dehasen
Dibutuhkan kolaborasi dengan multi – stakeholders agar gerakan Relawan TIK Indonesia tidak menjadi gerakan seremonial saja tetapi dapat benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas.

RTIK Provinsi Bengkulu

Untuk RTIK Provinsi Bengkulu, dibentuk pada tahun 2018, langsung oleh ketua umum RTIK, bapak Fajar Eri Dianto, saat datang berkunjung ke Bengkulu, bersama dengan Kang Geri. 

Saat itu, kami berkumpul di rumah makan Mie Aceh, Pintu Batu. Alhmdulillah saya yang terpilih menjadi ketua RTIK Provinsi Bengkulu. Turut hadir pada saat itu beberapa teman Blogger Bengkulu, seperti Mira, Parwito, Supriyono, Zeffron, Zulya, Aang, Piter, Arius dan lain sebagainya. 

Untuk selanjutnya kepengurusan RTIK Provinsi Bengkulu segera dibentuk dan kegiatan sederhana pun mulai digelar, dan meneruskan apa saja yang sudah dilakukan oleh tim Relawan TIK Indonesia secara umum, dan kegiatan RTIK wilayah lainnya. Sekiranya ada yang bisa diduplikasi di Bengkulu. 

Kenalan Dengan Rektor Dehasen

Beliau juga bercerita tentang pengalaman beliau saat berada di Jerman dan Kanada, dengan pengalaman yang sangat luar biasa. Yang dibagikan kepada kami yang datang. Termasuk mengenai teknologi dan efektivitas hidup manusia. Teknologi digital yang mendukung hidup manusia menjadi lebih produktif.


Sebelum menjadi Rektor Dehasen, bapak Johan juga ini juga sebelumnya pernah menjadi guru besar di Peternakan dan wakil Rektor di Universitas Bengkulu.

Hasil Pertemuan dengan Rektor Dehasen

1. Pihak Universitas mendukung penuh kegiatan Seminar RTIK;

2. Pihak Universitas memberikan izin untuk menggunakan gedung Aula Dehasen, dengan pertimbangan jadwal menyesuaikan dengan penggunaan aula. RTIK segera komunikasikan untuk penjadwalan;

3. Mempertimbangkan banyaknya manfaat, Rektor merekomendasikan RTIK untuk kolaborasi dengan organisasi di lingkungan universitas; dan

4. Pihak RTIK diharapkan segera menemui Hima TI  untuk koordinasi terkait peminjaman gedung dan teknis kegiatan.


5. Hal-hal lebih lanjut, langsung koordinasi dengan bapak Arius.


Mohon doa teman-teman semua ya, semoga acara yang akan digelar oleh RTIK ini berjalan dengan lancar jaya , aman dan sukses.

Salam, Milda Ini



1 komentar:

Semoga RTIK Bengkulu tambah maju dan kita smua semakin Sukses...Aamiin...

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.