Menu

Selasa, 22 November 2016

/

Assalammu'alaikum Wr.Wb

Usia cantik bagi setiap orang pasti mempunyai makna yang berbeda. Mulai dari persiapan menghadapi, menjalani dan mengisinya. Semua bisa saja dipicu oleh banyak hal. Bisa disebabkan oleh latar belakang keluarga, pendidikan, dan pengalaman hidup. Bisa juga karena alasan lain. Oleh karena itu makna #UsiaCantik pada setiap orang akan berbeda-beda. Kita sepakati dulu ya usia cantik dimulai dari 35 - 45 tahun. Apakah teman-teman sudah masuk usia cantik?

Di zaman digital begini, tentu saja proses perjalanan usia cantik seseorang juga dipengaruhi oleh kemajuan dunia maya. Dimana internet sangat memberi kontribusi banyak terhadap seseorang , baik pola pikir dan tingkah lakunya dalam menjalani dan mengisi hidup ini. Kita dapat dengan cepat dan mudah mengakses banyak informasi . Dalam sekejap apa yang ingin kita ketahui, langsung bisa kita ketahui saat itu juga. Tak perlu ke luar rumah, cukup seujung jari. Dunia dalam genggaman.

Sebagian besar orang saat ini, tidak akan pernah lepas atau jauh dari internet dan handphone. Istilah Smartphone mungkin lebih pas. Kita sebagai pengguna tentu saja sering kali menambah banyak aplikasi atau mengunduh aplikasi yang ada demi kelancaran, kenyamanan dan kemudahan akses yang ingin kita dapatkan. Tidak hanya aplikasi sosial media, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya yang kita pasang di smartphone. Tetapi mulai berkembang, misalnya saja aplikasi tentang pendidikan anak, aplikasi memasak, aplikasi belanja online, aplikasi ilmu agama, aplikasi menulis, aplikasi ngeblog dan banyak lagi. Tentu saja semua aplikasi tersebut kita unduh demi menambah kemudahan hidup kita. Serta membuat semuanya menjadi lebih praktis.

Coba dicek, ada berapa aplikasi yang sudah kita pasang di smartphone kita. Apakah aplikasi yang ada  hampir memenuhi layar smartphone kita. Apakah sudah penuh sehingga ketika kita tidak bisa  menambah aplikasi lagi. Sudah tak ada lagi ruang penyimpanan. Tentu saja jika kita ingin memasang semuanya. Tidak akan muat. Sekarangpun semua ada aplikasinya. Bahkan turunannya pun ada.

Saya contohkan saya secara sederhana. Untuk aplikasi Instagram, ada tambahan aplikasi repost regrann, aplikasi untuk mengetahui yang sudah kita folow tapi belum di folbek. Aplikasi untuk membuat tampilan foto yang akan kita bagikan lebih menarik. Aplikasi untuk menambahkan tulisan di foto kita. Aplikasi untuk menggabungkan atau menambah foto di foto yang akan kita bagikan. Aplikasi ini, aplikasi itu...Masih banyak aplikasi lainnya. Kalo mau dihitung atau  dipasang. Duh, bisa bikin bingung dan baper loh. Jangan sampailah ya.



Namun bagi wanita pintar yang memasuki usia cantik, sebaiknya kita cerdas dan smart dalam memilih aplikasi apa saja yang perlu ditambahkan ke smartphone kita. Demi mendukung kemajuan diri kita. Pilihlah aplikasi yang benar-benar kita butuhkan. Meski gratis, itu janganlah menjadi alasan kita untuk mencoba pasang , apalagi mencoba-coba. Namun, jika penasaran saran saya silakan pasang tetapi setelah itu segera hapus. Apalagi jika aplikasi tersebut tidak lagi kita butuhkan atau kehadirannya tidak terlalu memberikan daya dukung terhadap hasil yang ingin kita capai.

Dari sekian banyak aplikasi yang sudah kita pasang di smartphone. Coba tanyakan apakah ada pengaruhnya terhadap diri kita secara langsung. Jangan cuma smartphone saja yang pintar. Diri kita juga perlu ditambah atau dipasang aplikasinya. Agar kita lebih pintar dan lincah karena didukung oleh banyak aplikasi. Kita harus  meng-upgrade diri. Sehingga di usia cantik ini hidup kita bisa lebih bermakna bagi diri kita sendiri, untuk keluarga dan tentunya juga bagi orang lain.

Bagi saya yang juga memasuki usia cantik ini,  saya menyadari bahwa banyak ilmu pengetahuan atau aplikasi yang harus saya tambah. Saya harus belajar terus untuk mengikuti dan menjalani zaman ini. Agar tidak tersesat dan tergilas . Apalagi ketinggalan, ya ketinggalan untuk hal-hal yang baik. . Agar hidup saya juga bisa memberikan kontribusi terhadap suatu perubahan.

Setidaknya ada 5 aplikasi yang harus saya pelajari untuk menjalani dan mengisi usia cantik saya. Lima aplikasi tersebut akan saya ceritakan berikut ini, semoga teman-teman mendapatkan wawasan dan inspirasi ya.

1. Aplikasi Usia Cantik dan Sholeha


Saat ini usia saya 37 tahun, jika mengikuti usia Nabi yang meninggal pada usia 60 tahun. Atau mengikuti usia harapan hidup masyarakat Indonesia secara umum. Kita ambil saja secara umum usia 65 tahun. Maka saya hanya punya waktu sekitar 28 tahun lagi. Sebelum meninggalkan dunia ini. Tapi itu bukan 28 tahun bulat akan tetapi kita bagi aja menjadi dua, 14 tahun bangun, 14 tahunnya tidur. Bukankah kita juga butuh istirahat, tidak selalu bekerja atau melakukan banyak hal. Kita butuh tidur agar tetap sehat.

Jadi hanya sekitar 14 tahun, lalu apa yang akan saya lakukan dengan sisa waktu usia yang singkat tersebut. Tentu saja diusia cantik ini saya lebih banyak mengamalkan amalan ibadah, banyak belajar tentang agama, belajar bagaimana menjadi seorang pribadi, istri, ibu, keluarga, teman dan anggota masyarakat yang lebih shalih. Saya butuh aplikasi untuk manambah pengetahun saya tentang agama, seperti aplikasi mengaji, Al-Quran digital, panduan ibadah sunnah dan lain sebagainya.

Saya mengutamakan waktu setiap harinya, setelah masak , mengurus anak dan membereskan rumah untuk selalu shalat Dhuha. Pada antara pukul 09-10 wib setiap harinya. Lalu saya juga lebih mengutamakan salat tepat waktu. Begitu usai azan berkumandang saya langsung mengerjakan salat. Untuk salat meski di rumah saya mengutamakan untuk berjamaah, jika tidak bisa bersama seluruh anggota keluarga. Kadang saya berjamaah hanya dengan suami atau dengan Nawra, putri pertama saya. Dengan Nawra sering kali kami bergantian menjadi imam sembari mengecek hapalan surat pendek. Saya juga lebih mengutamakan waktu untuk mengaji, membaca doa dan membaca buku agama. Kemudian  saya juga mengikuti secara rutin pengajian setiap pekannya dan kalo saya bisa hadir pada acara kajian agama islan secara umum.

Dengan kesadaran penuh, saya juga mulai melakukan banyak amalan sunah yang lainnya. Termasuk mulai rapi dan menyicil utang puasa. Saya masih ada hutang puasa, sebab melahirkan dan menyusui. Pelan-pelan semua itu saya lakukan setiap hari secara baik. Hal ini demi menambah apliakasi diri saya supaya bisa menjadi pribadi yang shalih. Dengan usia cantik, saya ingin banyak melakukan banyak amalan ibadah, dengan harapan saya diberikan  dimudahkan saat kematian serta masuk surga.


2. Aplikasi Usia Cantik Sayang Keluarga


Tahun 2013, saya berusia 35 tahun. Pada sebagain orang dan atas anggapan secara umum. Bahwa pada usia tersebut, kita bisa melihat kesuksesan seseorang. Jika dia sudah sukses di usia tersebut, maka kehidupannya ke depan akan sukses. hal ini juga berlaku bagi sebagaian besar perusahaan dalam memilih prestasi karyawan. Usia 35 dinilai seseorang sudah mahir, terampil dan matang. oleh karena itu puncak kesuksesan seseorang biasanya berlaku di usia antara 35 - 45 tahun. Di usia ini juga dilihat keputusan dari tujuan hidup seseorang, apa yang ingin dia jalani, cari dan dapatkan dari hidup ini.

Secara tidak langsung, saya pun mengikuti dan membuat keputusan di usia tersebut. Saya  memutuskan untuk berhenti kerja. Saya lebih memilih bekerja di rumah dan mengurus keluarga sendiri. Pilihan ini tentu saja sudah atas pertimbangan yang matang. Atas pemikiran, analisa dan diskusi dengan keluarga terutama suami dan anak-anak. Atas keputusan tersebut, otomatis saya lebih banyak mempunyai waktu untuk keluarga. 

Salah satu dasar saya mengambil keputusan tersebut karena kami ingin menambah momongan lagi. Saat itu Nawra sudah berusia 6 tahun. Tetapi kami belum bisa memberikannya adik. Kesibukan saya dengan pekerjaan dan beban pikiran yang terbagi dinilai sebagai salah satu penghambat kami untuk mendapatkan keturunan. 

Belum lagi keinginan yang begitu kuat untuk mengurus anak sendiri, menjaga dan merawatnya. Bukan hanya karena alasan susahnya mencari pengasuh anak, orang tua yang sudah tua yang tidak mungkin diminta bantuan untuk menjaga anak kami serta  sanak keluarga yang tidak bisa diandalkan untuk menjaga anak. 

Akan tetapi sebuah keinginan memberikan yang terbaik bagi anak, suami dan keluarga. Saya sering kali merasa sangat bersalah dengan Nawra. Saat bekerja, tidur paginya sering kali terganggu. Harus mandi pagi, bersiap di antar ke rumah pengasuhnya. Pagi-pagi harus di jalan. Makanya daya tahan Nawra juga lebih rendah dibanding adik-adiknya. Pokoknya banyak sekali yang harus Nawra rasakan, padahal dia masih anak-anak. Kalo ingat semua itu saya kadang naggis sendiri.

Oleh karena itu di usia cantik ini saya ingin lebih bisa memperhatikan suami, anak-anak dan keluarga. Melayani dan memberikan yang terbaik buat mereka. Terutama anak-anak. Merekalah masa depan saya. Perjalanan hidup mereka masih panjang, pencapaian yang ingin mereka raih masih belum jelas. Oleh karena itu saya butuh aplikasi yang bisa menguatkan saya sebagai orang tua demi mendampingi dan mengantarkan anak-anak mencapai kesuksesannya.
Saya juga lebih sayang dan perhatian dengan keluarga besar saya dan suami. Lebih peduli dan terpanggil untuk hadir memberikan bantuan. Pada saat suka atau duka. Seperti lebih sering hadir pada acara keluarga. Berbagi dan saling membantu. Berbagi keceriaan, kadang berbagi rejeki yang kami dapatkan. walau hanya sekedar makan bersama. 

Selain itu saya juga ingin menambah aplikasi ikhlas dan sabar karena saat ini saya juga sedang merawat dan mendampingi ibu saya yang sudah sepuh. Saya ingin menjadi teman dan menemaninya menjalani hari tuanya dengan sehat, gembira dan bahagia.

3. Aplikasi Usia Cantik Fokus dan Karya


Usai berhenti bekerja kantoran, saya pun mulai fokus dengan keluarga. Kami mendapatkan dua tambahan anggota keluarga baru. Athifah dan Annasya. Sama seperti kebanyakan orang tua, anak adalah harta yang berharga. Sebagian besar waktu saya habis untuk anak-anak dan keluarga. Meski demikian saya tetaplah bekerja meski dari rumah. Mulai dari berjualan online, menulis dan menjadi blogger.

Saat memutuskan untuk berhenti kerja, saya memang meniatkan diri untuk fokus menulis dan bekarya. Saya memang hobi menulis. Lebih tepatnya saya sangat senang menulis . Kalo dulu saya menulis apa saja, bahkan tak dibayarpun saya tetap menulis. Namun seiring sejalan, saya pun banyak menambah aplikasi mengenai keterampilan menulis, informasi menulis dan lain sebagainya yang berkaitan dengan menulis. Ilmu tersebut ada yang saya peroleh dengan membayar juga sebagai pesertanya. Maka saat ini saya lebih memfokuskan untuk menulis untuk diterbitkan dan dibayar. Ya, istilah kata lebih profesional. Meski terkadang suka juga menulis yang enggak dibayar. Kalo itu biasanya hanya untuk menajga mood menulis saja dan mencari kesenangan. Senang jika tulisan kita ada yang baca , apalagi jika ada yang mendapatkan inspirasi.

Dengan menulis secara profesional tentu saja saya juga berfokus pada karya. Apalah artinya mengecap diri sebagai penulis tetapi minus karya. Oleh karena itu saya bertekad untuk terus menulis dan menghasilkan karya dalam bentuk buku. 

Demi untuk mendukung keinginan saya tersebut, tentu saja saya perlu tambahan aplikasi dalam diri saya. Saya perlu terus belajar dan menambah wawasan saya untuk meningkatkan keterampilan menulis. Sehingga kualitas tulisan saya juga membaik. Rejeki pun datang dari menulis. Meski di rumah saya pun ada gajinya.

Saya lalu bergabung dengan komunitas menulis seperti Forum Lingkar Pena, Bergabung di grup komunitas Blogger. Seperti Blogger Perempuan, Blogger Bengkulu dan lain sebagainya. 

Saya pun komitmen terhadap fokus apa yang ingin saya capai. Saya menolak atau tidak mau bergabung secara inten pada komunitas yang tidak secara langsung memberikan tambahan informasi dan pengetahuan bagi saya. Saya pun mulai memilih untuk ikutan gabung di komunitas, organisasi atau asosiasi. Jika kehadiran saya bergabung di sana tidak mendapatkan hal yang jelas atau saya tidak bisa memberikan kontribusi yang jelas. Maka saya secara tegas menolak. Saya juga bukan tipikal orang yang suka mencoba-coba. Apalagi diusia cantik ini, saya tidak mudah untuk terpengaruh dan terpancing. Sudah tidak ada waktu untuk bermain-main atau hanya sekedar mengisi waktu senggang.  

Oleh karena itu saya saat ini sangat mencintai dan menyukai dunia menulis dan blogging karena merupakan dua hal yang saya sukai, saya bisa dan saya bisa memberikan kontribusinya baik bagi diri saya sendiri, keluarga atau orang lain.

4. Aplikasi Usia Cantik Berbagi  Untuk Sesama



Dunia yang saya seriusi saat ini adalah menulis dan blogging. menjadi penulis dan blogger secara bersamaan. Dalam melakukan kegiatan ini ada banyak yang bisa dilakukan. Selain menulis untuk mencari kepuasan, kesenangan. Mendapatkan materi, termasuk uang. Menulis juga membuat saya bisa berbagi dengan orang lain. Secara umum saya berbagi dan sharing tentang  ilmu kepenulisan. Menjadi pembicara dan narassumber di berbagai kegiatan. Baik di sekitar rumah, mapun di lingkungan lain. Bahkan di luar daerah.

Oleh karena itu saya sangat suka mengaplikasikan diri agar bisa bermanfaat dan dimanfaatkan oleh orang lain. Terutama dimanfaatkan ilmu. Saya sangat suka dan selalu saya utamakan untuk datang jika ada yang meminta saya untuk menajdi juri, nara sumber atau hanya sekedar berdiskusi.

Biasanya saya mengagendakan untuk berbagi tersebut pada hari sabtu dan ahad pada setiap pekannya. Sabtu pagi saya mengajar kelas menulis untuk anak-anak SD. Di hari sabtu dan ahad biasanya juga ada saja acara kepenulisan dan blogging. 

Saya memang menerima job atau ajakan kegiatan di hari tersebut karena pada saat itu suami dan anak-anak saya libur. Mereka kadang juga sering ikut pada acara yang saya ikuti. Istilahnya sekalian liburan dan kumpul keluarga. Ya, sekalian belajar ya sekalian bersama keluarga.

Oleh karena itu saya perlu menambah aplikasi bagaimana menjadi pembicara yang baik, sopan dan santun. Bagaimana menjawab atau memberikan jawaban yang baik saat ada yang bertanya. Belajar tentang bagaimana menggunakan berbagai aplikasi untuk media kepenulisan. Seperti menggunakan power point, LCD, Slide dan sebagainya. Banyak ilmu dan aplikasi yang harus saya pelajari demi sukses berbagi dengan orang lain.

Diusia cantik ini saya semakin mengerti dan ingin berbagi dengan banyak orang lewat tulisan. Saya menjadikan menulis sebagai cara saya untuk berbagi dan mencari amal jariah. Sebagai tabungan amalan ibadah saya.


5. Aplikasi Usia Cantik Sehat, Kuat dan Tangguh


Untuk menjaga supaya tubuh aya tetap sehat dan fit. Saya mengkonsumsi buah dan sayuran yang segar. Saya menjaga dan menjalani pola hidup yang sehat secara baik. Saya mengkonsumsi banyak air putih setiap harinya. Menghindari makanan yang tidak halal, tidak sehat dan tidak diolah secara baik. Lebih mengutamakan makanan yang saya masak sendiri. Dengan memasak sendiri, saya lebih tahu apa dan bagaimana kualitas bahan yang saya gunakan.

Selain itu saya juga lebih banyak berolahraga atau yang paling mudah adalah banyak berjalan kaki. Mengurangi untuk mengunakan kendaraan terutama untuk menjangkau tempat-tempat yang tidak terlalu jauh. Saya biasakan untuk berjalan kaki.

Sama halnya seperti para wanita lainnya yang sudah melahirkan beberapa kali. Tentu saja fungsi otot dan metabolisme tubuh saya juga mengalami penurunan. Tidak kuat seperti dulu lagi. Oleh karena itu saya juga sering malakukan relaksasi dengan memanjakan diri, dipijat, diterapi di salon. Dengan dipijat akan membuat aliran darah semakin lancar, tubuh juga segar kembali.

Saya biasakan juga saat ini adalah tidur cantik secepatnya di malam hari. Jika dulu saya biasa begadang atau ngalong. Maka sekarang sebisanya saya menghindari untuk tidak tidur terlalu larut. Saya usahakan paling telat jam sepuluh malam saya sudah tidur. Dengan pola tidur lebih cepat dan bangun lebih dulu. Dengan ritme seperti itu tubuh akan tetap segar dan tidak mudah lelah. Saya juga mengupayakan di siang hari bisa tidur  meski hanya sekitar satu jam dengan kualitas yang baik.

Satu hal yang tak kalah penting selain menjalani pola hidup yang sehat, mengkonsumsi makanan yang sehat dan segar, berolahraga serta cukup istirahat. tak bisa dipungkiri di usia saya sekarang ini wajah dan tubuh Saya juga membutuhkan perawatan. Agar tetap terlihat sehat, cantik dan bugar. Saya dulu cuek dengan perawatan wajah, sering gonta-ganti bedak. Malah seringnya malas bedakan, apalagi kalo cuma di rumah. Dulu saya pakai bedak kalo mau ke luar rumah aja. Di rumah asli wajah saya kucel banget. 

Namun sejak bertambahnya usia dan menurunnya elastisitas kulit wajah. Mau tidak mau saya akhirnya terpaksa melakukan perawatan wajah. Mulai dari facial, massage atau therapi ozon. Semua saya lakukan untuk menjaga kesehatan wajah saya. Membuang komedo, plek hitam dan merahasiakan kerutan. Cuma waktu ke salon kadang ada saja halangannya. Jadi saya mencari alternatif lain.

Saat ini ada produk bagus yang bisa digunakan oleh teman-teman semua. Yang enggak sempat untuk melakukan perawatan di salon. Cukup melakukannya di rumah dengan menggunakan produk  L’Oreal Revitalift Dermalift. Produk ini bisa di beli di semua toko kecantikan dan bisa langsung dipergunakan. Harganya juga sangat terjangkau. Produk ini keluarkan oleh sebuah brand terkenal dibidang kecantikan. Jadi tak perlu diragukan hasil inovasinya. Semu info tersebut bisa kita baca di aplikasi atau dipetunjuk pemakaiannya yang sangat jelas di setiap kemasannya.

Kalo enggak sempat ke salon. Boleh saja dicobain Revitalif L.A.S.E.R X3 Night Cream. Perawatan menggunakan produk ini serasa sedang melakukan perawatan atau tindakan di laser. Bedanya jika di salon atau spa kita dipakaikan oleh oarng lain. Kalo ini, bisa kita lakukan sendiri di rumah sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Lebih santai dan lebih pribadi.

Krim ini sangat baik dipakai pada malam hari. Kenapa malam, karena pada malam hari saat kita tidur kulit beregenerasi dua kali lebih cepat daripada di siang hari. Kandungan yang terdapat di dalam krim ini akan menstimulasi 8 natural lifters pada kulit wajah kita untuk mengoptimalisasikan regenerasi kulit wajah. Sehingga saat kita bangun tidur. Kulit akan terasa lembab, lembut dan nyaman. Kulit terasa lebih halus dan elastis, kerutanpun tersamarkan.

Bahan yang terkandung di dalam krim ini juga mengandung Centella Asiatica , bermanfaat  untuk
1. Mencegah timbulnya kerutan dari dalam
2. Memperbaiki kerutan dari luar

Pemakaian secara teratur akan membuat kita semakin cantik, sehat karena kerutan sudah hilang. Semua wanita pastilah suka jika kerutan di wajahnya bisa disamarkan atau hilang sama sekali. Kulit wajah terlihat kinclong. Apalagi seperti saya yang suka lamaan di depan laptop.

Kamu penasaran, cobain aja produk  L’Oreal Revitalift Dermalift. Produknya ada Revitalif Dermalift Night Cream, Revitalift Dermalift Day Cream, Revitalift Intensive Repairing Essence dan Revitalift Milky Cleansing Foam. Keempat produk ini sangat kita butuhkan untuk menjaga penampilan. Membuat kulit tetap sehat dan cantik




Dengan usia cantik yang mulai menyerang saya saat ini , tidak membuat saya ketar-ketir karena saya sudah menginstal banyak aplikasi untuk menghadapinya, menjalaninya dan mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat. Dengan dukungan aplikasi tersebut membuat hidup saya semakin lebih bermakna, bagi diri saya sendiri, keluarga dan orang lain. 

Ini cerita usia cantik saya, kalo kamu bagaimana? perlu aplikasi apa saja untuk mendukung usia cantikmu. Silakan diunduh saja sesuai kebutuhanmu.  Jangan cuma unduh aplikasi muka cantik ya, itu cuma tipuan cantik. Tapi lakukan juga perawatan wajah yang benar, secara teratur dan intens Setiap hari.

Tulisan ini diikutsertakan pada “Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L’Oreal Revitalift Dermalift.”
Diberdayakan oleh Blogger.