Menu

Sabtu, 24 November 2018

/
Assalammualaikum. Wr.Wb

www.mildaini.com_ Selamat Hari Guru 2018, wahai bapak dan ibu guru di seluruh Indonesia!.

Menjadi guru bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Sebab, semakin banyak tantangan yang harus seorang guru dan para pengajar lainnya hadapi di Indonesia. Pergeseran teknologi, misalnya, membuahkan sejumlah pergeseran juga dalam perilaku manusia.

Selain itu, kini kita juga telah memasuki era digital, sebuah era yang hampir segala aktivitas bisa dilakukan secara daring (dalam jaringan/online). Fakta ini membuatpara guru di Indonesia juga dituntut untuk bersikap adaptif dengan kemajuan teknologi.

Baca Juga : 5 Tips  Olahraga di Rumah

Nah, demi memenuhi tuntutan peran tersebut, hadir barisan kata-kata untuk guru tersayang yang menjelma jadi sebuah aplikasi bernama Seesaw. Hah, maksudnya gimana tuh? Kan barisan kata-kata, bukan program aplikasi? 

Maksudnya, Seesaw adalah wujud barisan kata-kata berupa program script, di mana program script yang terangkai itu menjadi aplikasi yang memudahkan para guru. Begitu, Ndro. Hehehe.


Dikutip dari BukaReview, Seesaw sebenarnya adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi orang tua dan guru yang ingin melihat hasil belajar anak-anak atau muridnya. Nah, melalui Seesaw, para orang tua murid dan guru dapat memberikan apresiasi atas prestasi yang telah diraih.

Apakah hanya orang tua murid dan guru yang berwenang menggunakan Seesaw? Oh, tidak seperti itu, Fernando. Di dalam aplikasi ini, para murid dapat menyimpan portofolio mereka berupa tugas-tugas yang sudah mereka selesaikan dengan baik. 

Jadi, Seesaw sebenarnya adalah portofolio digital yang diisi oleh siswa yang secara mandiri mendokumentasikan apapun yang mereka pelajari di sekolah dan membagikannya dengan guru, orang tua, teman sekelas, dan bahkan dunia mereka.

Selain itu, para murid juga bisa membagikan portofolio mereka ke orang tua dan gurunya secara online. Dengan begitu, para orang tua dan guru dapat memantau pencapaian anak muridnya secara online, deh.

Seesaw cukup populer. Aplikasi satu ini telah digunakan oleh lebih dari 200.000 ruang kelas, 1 dari 4 sekolah di AS, dan oleh lebih dari 100 negara!

Seesaw juga dinobatkan sebagai Situs Web Terbaik 2016 oleh Asosiasi Pustakawan Sekolah Amerika, Top PickforEducation 2016 oleh CommonSense Media, dan disebut Apple sebagai aplikasi yang “Sempurna bagi Setiap Kelas” selama 9 bulan.


Lalu, apa sajakah manfaat Seesaw?

Bagi siswa, Seesaw membantu mereka untuk melihat pertumbuhan mereka sendiri. Seesaw juga membantu memberikan audiensi untuk pekerjaan mereka; apakah itu teman sebaya, orang tua, atau dunia pada umumnya. Jadi, siswa mendapatkan semacam feedback atas hasil karyanya.

Bagi orang tua, Seesawserupa jendela yang dirancang secara khusus dan langsung untuk memantau perkembangan anak mereka sehingga mereka dapat mendukung pembelajaranapapun yang diperlukan di rumah nantinya.

Bagi guru, Seesaw menghemat waktu dalam organisasi dan komunikasi, membuat penilaian formatif mudah, dan menyediakan tempat yang aman untuk mengajarkan keterampilan kewarganegaraan digital.


Nah, banyak sekali kan manfaat dari Seesaw? Pada akhirnya, teknologi memang tak mesti dimusuhi. Teknologi justru bisa dipergunakan untuk membantu proses tumbuh kembang anak, termasuk proses belajarnya.

Inilah Seesaw. Rangkaian kata-kata cinta berbentuk program script dari para developer yang sebelumnya tak lebih dari sekedar murid para guru mereka. Sebab, ekspresi cinta tak melulu harus melalui baris kata nan puitis, bukan?

Bagaimana, tertarikkah kamu untuk menggunakan Seesaw di sekolah?

Sekali lagi, selamat Hari Guru Nasional, ya!

5 comments

keren ya mbak aplikasinya, boleh nih

Reply

Keren yaaa . Makin memudahkan guru dalam memantau murid2nya .

Reply

Waaa baru tau ada aplikasi ini mbak, keren ya bisa membantu para guru

Reply

Saya baru tahu ada aplikasi ini, maklumlah tak bekecimpung dalam dunia kependidikan, sepertinya bermanfaat banget nih aplikasi.

Reply

Boleh juga nih aplikasinya. Ntar agak luang coba utak-atik

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.