nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Pentingnnya Bahasa Inggris Karyawan di Era Global

 Pentingnnya Bahasa Inggris Karyawan di Era Global

Globalisasi mungkinlah istilah yang sering sekali kita dengar beberapa tahun belakangan ini. Ya, era globalisasi memang sudah kita masuki saat ini. Pada era ini sangat mungkin untuk perusahaan asing membuka cabang usaha di Indonesia dan pekerja asing untu bekerja di Indonesia. Karena itulah, pekerja lokal harus semakin bersaing. 

karyawan
Sumber gambar unplash
Salah satunya adalah dengan menaikan skill berbahasanya, terutama bahasa Inggris. Banyak perusahaan yang saat ini menjadikan Bahasa Inggris karyawan sebagai acuan ketika membuka lowongan pekerjaan. Ada yang menerima skill berbahasa Inggris pasif ada juga yang meminta karyawannya bisa berbahasa inggris dengan aktif.

Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni bahkan bisa jadi pembuka gerbang mu untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi. Kamu mungin bisa juga dipercaya untuk mengurus pekerjaan yang berurusan dengan kolega dari luar negeri juga loh.

Jika kamu tidak mau tertinggal, maka secara perlahan kamu harus meningkatkan kemampuan berbahasa inggris mu. Setidaknya sampai tahap kamu bisa mengerti conversation english atau bisa melakukan atau paham dengan percakapan yang menggunakan bahasa inggris. 

Meski menjadi karyawan suatu perusahaan pasti membuat mu sibuk, jangan khawatir karena tentu saja kamu masih akan bisa mendapat kesempatan untuk belajar!

Kamu bisa mempelajari melalui beberapa situs online. Jika kamu takutweb tersebut tidak terpercaya, maka kamu bisa mencari beberapa tempat kursus seperti EF yang menyediakan layanan kelas bahasa inggris untuk karyawan dan kelas online. 

Kamu juga bisa meningkatkan skill bahasa inggris kamu dengan cara sering-sering membaca buku bahasa inggris atau menonton film dengan subtitle bahasa inggris di sela-sela waktu mu beristirahat. Tetap menambah ilmu namun dengan cara yang fun bukan? 

Memiliki kemampuan bahasa inggris bagi karyawan saat ini memang sudah keharusan. Namun jangan dijadikan beban ya! Yang penting kamu harus percaya diri.


Baca Juga

Related Posts

23 comment

  1. Yap, sepakat banget mba Milda.
    Bahasa Inggris super duper penting di era seperti sekarang.
    dibutuhkan skill yg mumpuni utk berkomunikasi secara global, ye kan

    BalasHapus
  2. Percaya diri juga salah satu modal ya mbak, selain niat dan biaya hhehe.. saya sampe sekarang ngerti doang, tapi nggak pernah ngomong, nggak PD haha

    BalasHapus
  3. Dulu waktu kerja, aku lebih sering menggunakan bahasa Inggris termasuk saat presentasi ke klien atau bikin project tahunan. Berhubungan dengan brand-brand yang kadang bosnya expat dan mengharuskan kita menggunakan bahasa Inggris.

    BalasHapus
  4. Nah iya, di EF ada kursus untuk karyawan ... salah satu yang terbaik di Indonesia

    BalasHapus
  5. iyaa bahasa inggris masih penting walau drakor meraja lela ya mba hihi
    dengan bisa bahasa inggris bukan berarti tidak cinta tanah air :D
    iyaa percaya diri itu penting

    BalasHapus
  6. Iya bener banget Mba. Penting untuk bisa Bahasa Inggris buat karyawan, buat Kita juga begitu, kadang ada tawaran job nulis artikel Bahasa Inggris, sayang saya kurang pede jadi engga diambil.

    BalasHapus
  7. Saat ini kebanyakan orang udah pada jago-jago berbahas Inggris. Anak-anak udah belajar sejak TK. Beda dengan 20 tahun yang lalu, nunggu SMP dulu baru ada pelajarannya. Waktu anakku masih Kelompok Bermain, di dalam kelas udah wajib bicara pakai bahasa Inggris, gitu juga SD sampai SMA nya. Makanya ga heran udah pada cas cis, sampe merasa (cuma merasa hehe) ga perlu les lagi di luar karena kebutuhan belajar bahasa Inggrisnya udah tercukupi di sekolah. Bhs Inggris udah kayak bhs Ind aja, makanan sehari2. Yang lagi dicari malah bahasa lain. Mungkin karena itu di sekolah anakku ada pelajaran bhs Jerman, Mandarin, dan Jepang. Penting untuk belajar bermacam bahasa :)

    BalasHapus
  8. Sebaiknya memang karyawan menguasai Bahasa Inggris. Bisa pasif. Atau aktif & pasif. Insya Allah akan berguna kok. Apalagi kalo kerjanya di perusahaan asing, wah udah jelas kepake.

    BalasHapus
  9. Bener banget nih, seorang karyawan juga perlu fasih berbahasa Inggris. Ya tidak harus langsung tapi bertahap belajar pelan-pelan.

    Saya ngerasain juga kok, Bahasa Inggris pas-pas an kalau dapat email dari dengan English, saya bingung dan google translete jadi jalan keluar. šŸ¤£šŸ¤£

    BalasHapus
  10. bahasa inggris sudah seperti bahasa kedua yang wajib buat setidaknya dipahami dan dimengerti oleh masyarakat dunia ya.

    BalasHapus
  11. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional pastinya penting juga dikuasai oleh para karyawan di perusahaan ya untuk mendukung pekerjaan mereka

    BalasHapus
  12. Skill paling dasar tapi paling dibutuhkan ya emang Bahasa Inggris dan KOmputer,
    selain itu skill....ngomong hihi.. public relation is the best thing ever!

    BalasHapus
  13. Iyaya..
    Skill bahasa inggris ini bisa ditingkatkan kalau lingkungannya juga menggunakan bahasa yang sama. Jadi gak sungkan lagi mau praktek conversation.

    BalasHapus
  14. Karyawan yang menguasai bahasa Inggris pasti memiliki nilai lebih dibandingkan yang lain. Apalagi jaman sekarang yang udah global dengan kemungkinan lebih banyak hubungan dengan luar negeri. Bisa jadi modal penting

    BalasHapus
  15. Nah iya penting banget punya kemampuan Bahasa Inggris buat karyawan . Tapi buat ibu rumah tangga kayak aku juga tak kalah penting. Bisa ngobrol dan ngajarin dalam Bahasa Inggris ke anak anak di rumah sehari-hari

    BalasHapus
  16. benar sekali mbak, di era seperti ini, memiliki kemampuan berbahasa asing tentu sangat penting
    apalagi bagi karyawan ya mbak

    BalasHapus
  17. Iya ya, zaman now kemampuan bahasa inggris jg salah satu yg dilihat. Jd skill ini bkn cm para guide n cs yg kudu punya.

    BalasHapus
  18. Skill bahasa inggris memang wajib dimiliki seorang karyawan ya mbk. Banyak sekali cara untuk bisa bahasa inggris, bancak cara.. Salah satunya bisa kursus online

    BalasHapus
  19. Kalau buku dan sumber lain yang menyediakan teori oke banget buat yang mau belajar gramma. Kalau film atau musik gtu cocok buat yang mau memperlancar percakapan sehari2 jg.
    Utk karyawan rasa2nya bahasa Inggris tu wajib banget emang ya,apalagi kalau kliennya banyak dr LN

    BalasHapus
  20. memiliki kemampuan bahasa Inggris, terutama bahasa Inggris aktif, memang bisa menambah nilai plus bagi karyawan ya. Membuka peluang juga jika ada penugasan ke luar negeri

    BalasHapus
  21. Jadi nggak cuma buat pelajar dan mahasiswa ya. Buat karyawan pun, bahasa inggris itu penting! Terutama buat perusahaan yang berurusan sama pihak luar negeri.

    BalasHapus
  22. Dulu pas kerja ke Hongkong, kalau nggak tahu bahasa lokal cantonese aku make english
    penting banget menguasai asli, tapi sekarang aku tumpul nih mba. Sukanya pas nonton film atau drakor ada englishnya bener sambil belajar

    BalasHapus
  23. Sekarang memang harus pinter bahasa inggris ya mak, supaya bisa kerja dimanapun

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin