Menu

Selasa, 27 November 2018

/
Assalammualaikum.Wr. Wb

www.mildaini.com_Jilbab Kain Batik Besurek Bengkulu Memperkaya Ragam Wonderful Indonesia  Indonesia sangat kaya dengan desain atau motif batik. Apalagi UNESCO sudah mengakui bahwa Batik Indonesia secara resmi dengan dimasukkannya ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada tanggal 2 Oktober 2009. Sejak saat itu juga setiap tanggal tersebut diperingati sebagai hari Batik Nasional.


UNESCO mengakui bahwa Batik Indonesia mempunyai teknik dan simbol budaya yang menjadi identitas rakyat Indonesia mulai dari lahir sampai meninggal. Bagi rakyat Indonesia corak batik sudah menjadi symbol berbagai aktivitas sehari-hari.

dalam kegiatan bisnis dan akademis. Sementara berbagai corak lainnya dipakai dalam upacara pernikahan, kehamilan, juga dalam wayang, kebutuhan non-sandang dan berbagai penampilan kesenian. Kain batik bahkan memainkan peran utama dalam ritual tertentu.
Ragaam dan Corak Batik Indonesia

Berbagai corak Batik Indonesia menandakan adanya berbagai pengaruh dari luar mulai dari kaligrafi Arab, burung phoenix dari Cina, bunga ceri dari Jepang, sampai burung merak dari India atau Persia. 

Tradisi membatik Indonesia juga diturunkan dari generasi ke generasi. Cara membantik juga banyak,mulai dari cara konvensional hingga modern.Dimana sering kita kenal dengan sebutan batik cap, batik tulis,batik pabrik, batik tangan dan lain sebagainya.

Mengangkat Harkat dan Martabat Pengrajin Batik

Depbudpar menyatakan masuknya Batik Indonesia dalam UNESCO Representative List of Intangible Cultural Heritage of Humanity merupakan pengakuan internasional terhadap salah satu mata budaya Indonesia, sehingga diharapkan dapat memotivasi dan mengangkat harkat para pengrajin batik dan mendukung usaha meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Saat ini banyak sekali usaha atau bisnis yang menggunakan kain batik sebagai bahan dasar utama. Bisnis dan perdagangan batik muncul dimana-mana sehingga memicu kreativitas dan produktivitas banyak orang. Batik saat ini tidak hanya dikenal sebagai kebutuhan sandang dalam bentuk pakaian oleh masyarakat. Akan tetapi sudah menjadi lifestyle masyarakat secara umum. Ide dan kreativitas olahan batik pun muncu beragam.

Kain Batik Besurek Bengkulu

Indonesia memiliki banyak sekali motif dan corak batik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.Masing-masing wilayah memiliki cirri khas masing-masing.Saat ini ada sekitar….. Dari ujung sampai merauke,batik hadir di seluruh daerah. Bahkan masing-masing provinsi dan ibu kota provinsi mewajibkan para ASN dan masyarakat umum untuk menggunakan batik pada hari-hari tertentu. Misalnya pada hari kamis, semua ASN dan pekerja di berbagai sector, wajib menggunakan batik. 

Salah satu ragam Batik Indonesia,itu adalah kain batik Besurek.Yang menjadi ciri khas dari batik Bengkulu. Desain batik Besurek sangat khas dan berbeda dengan daerah lainnya. Salah satunya terlihat pada motif huruf Arab dan bunga Rafflesia yang menghiasi setiap desain kain batik Besurek.

Beberapa koleksi jilbab besurek saya.

Inovasi Kain Batik Besurek

Sama seperti wilayah lainnya,Bengkulu juga mengkampanyekan kepada masyarakat umum untuk mengenakan baju dengan bahan batik. Mulai dari pelajar, mahasiswa,ASN ,karyawan swasta dan masyarakat umum.Selain itu pemerintah kota Bengkulu juga mengadakan pameran,bazaar, dan karnavalkain batik Besurek yang digelar setiap tahun. Untuk karnaval Batik Besurek dilaksanakan pada setiap tanggal 18 November bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kota Bengkulu.

Inovasi kain besurek untuk kebutuhan fashion

Jilbab Kain Batik Besurek

Salah satu bentuk upaya untuk melestarikan dan memperkenalkan batik ke penjuru dunia,adalah dengan menggunakan batik. Kapan saja dan dimana saja,bahkan dalam bentuk apa saja. Tidak harus dalam bentuk pakaian. Kita bisa menggunakan batik dengan cara yang lainnya.

Saya , akhirnya memutuskan untuk menggunakan kain Batik Besurek dengan menjadikan kain batik Besurek ini jilbab. Bisa saya pakain kapan saja dan dimana saja. Apalagi sebagai hijaber, jilbab adalah hal yang lekat dan wajib ada dalam berbagai kondisi.


Membuat Jilbab Batik Besurek

Cara membuat jilbab dari kain batik Besurek sangatlah mudah. Saya sangat suka menggunakan jilbab segi empat. Oleh karena itu saya hanya perlu membeli kain batiknya lalu membawanya ke tukang jahit untuk di Neci, dihaluskan pada bagian ujung dan sekeliling kain. Proses pengerjaannya juga sangat cepat, bisa ditunggu. Hanya butuh waktu beberapa menit saja.Biaya pengerjaannya juga sangat terjangkau.

Secara umum,ukuran kain ada dua dengan elak atau lebar 115 cm dan 150 cm. Nah,untuk membuat jilbab segi empat batik Besurek ini,kita membutuhkan kain dengan ukuran 115 cm saja. Saat membeli kainnya, kita katakana untuk memotong kain seukuran elak atau lebar kain.  Jadi kita harus membeli kain dengan panjang 115 cm juga , agar bentuk kainnya nanti persegi sama atau berbentuk kubus sehingga ketika dipakai sebagai jilbab akan terlihat rapi.

Jilbab batik besurek ini akan menajdi salah satu ragam Wonderful Indonesia untuk batik nusantara. Menjadi salah satu oleh-oleh khas sekaligus sebagai ikon dari Bengkulu di dalam dunia pariwisata.

Harga Kain Batik Besurek

Kain batik Besurek dijual dengan harga beragam. Dari yang murah meriah, sedang hingga yang mahal. Tergantung dengan bahan dasarnya,motif,dan cara mengerjakan. Istilah kata ada rupa , ada harga. Batik cap tentu saja akan lebih murah disbanding dengan batik tulis.Lalu batik dengan bahan kain sutra tentu akan jauh lebih mahal daripada batik dengan bahan kain biasa. Jika diuangkan,harganya berkisar mulai dari Rp.35.000,00 hingga jutaan rupiah. 

Nah,kalo kamu mempunyai cerita dan kisah mengenai wonderful Indonesia, ikutan yuk lomba blog mengenai wonderful Indonesia . Informasinya bisa kalian cek dan lihat di poster di bawah ini 


Hadiahnya lumayan banyak dan mengiurkan, cobalah ikutan.Mana tahu tulisan kamu yang menjadi pemenangnya.

Oh, jangan lupa untuk submit tulisan kamu di sini ya,supaya tulisan kamu terdata dan berpotensi untuk menang.

Semoga beruntung
1 komentar:

Wah kreatif mb ,aku juga sering kayak gtu beli bahan trus bawa deh ke tukang jahit untuk di neci 😂
Jauh lebih murah emang 😊

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.