Menu

Selasa, 10 September 2019

/
Tanda Anak Kecanduan Game Online Menurut Ahli
Popularitas game sebagai hobi dan hiburan tentu semakin tinggi saat ini. Hal ini sayangnya mendatangkan hal negatif. Sama seperti banyak sumber hiburan seperti TV, game juga bisa menyebabkan kecanduan. Nah, sayangnya banyak orang tua menghadapi hal ini dengan tidak baik.
Mereferensi dari sumber gumilar.net, suka game online dengan kecanduan game online tentu berbeda. Tapi banyak orang tua masih sulit membedakannya. Untuk hal ini, mari bahas bersama tanda anak kecanduan game online menurut ahli dari Pondok Pesantren Nurul Firdaus, yaitu Dr. Gumilar, S.Pd., MM., CH., CHt., pNNLP.
 
Bagi Anda yang tidak tahu Pondok Pesantren Nurul Firdaus adalah tempat terapi kecanduan game online bagi anak – anak. Di sini si anak akan mendapatkan terapi dan pelatihan untuk mengurangi efek ketergantungan pada game. Berikut adalah penjelasan tanda – tandanya!
Memiliki Perilaku yang Tidak Wajar
Hal yang paling jelas dalam membedakan antara anak yang hanya hobi main game dan yang kecanduan adalah perilaku yang tidak wajar. Hal seperti emosi yang tidak stabil sewaktu – waktu (mudah marah), terlihat lebih diam dari biasanya, terlihat sering lesu dan tidak bersemangat akan mudah terlihat saat si anak jauh dari game. Hal seperti ini bisa jadi tanda awal untuk kecanduan.
Melupakan Kewajiban
Nah, tanda selanjutnya adalah si anak mulai merupakan kewajiban. Dalam hal ini melupakan bukan berarti sekedar sulit diajak mengerjakan kewajiban. Anak yang tidak kecanduan game tentu ada saja yang sulit diajak membantu tugas rumah ataupun belajar, tapi untuk anak yang kecanduan, mereka benar – benar lupa.
Mereka terlalu fokus pada bermain game dan menganggap hal lainnya tidak penting. Hal seperti belajar dan tugas lain tidak akan dilakukan. Banyak anak yang dimarahi pasti masih mau belajar, tapi untuk yang kecanduan, mereka akan mengamuk dan saat belajar, tidak ada ilmu yang masuk karena mereka memikirkan game selama belajar.
Melupakan Kebutuhan Penting Diri
Selain mulai melupakan tentang belajar, anak yang kecanduan game juga mulai melupakan kebutuhan diri lain yang penting. Tanda anak kecanduan game online yang satu ini adalah tingkat parah. Anak sudah melupakan kebutuhan seperti makan, tidur, istirahat dan juga kebersihan diri.
Banyak anak yang jatuh sakit karena tidak mengurusi diri akibat kecanduan game. Hal ini sudah tergolong sangat genting. Bayangkan saja jika saat Anda bekerja, si anak di rumah bermain seharian sampai tidak makan dan mandi. Tentu kondisi ini bisa membuat mereka memiliki kesehatan yang lemah. Jika sudah sejak kecil, kondisi ini tidak baik, dewasannya mereka akan tambah parah.
Mengalami Masalah Saat Jauh Dari Game dalam Waktu Lama
Jika Anda berusaha memisahkan si anak yang kecanduan game dari mainannya, tentu mereka akan mengalami hal yang negatif. Contoh saja saat Anda melihat orang yang kecanduan narkoba, hal seperti sakau pasti terjadi. Untuk anak yang kecanduan game, tanda sakau ini meliputi emosi meledak, depresi dan mudah melamun serta kehilangan fokus.
Keadaan ini biasanya akan muncul jika Anda memisahkan si anak dengan paksa dan tidak dengan bertahap. Metode memaksa ini tentu bisa membuat anak berhenti main game, tapi sisi negatif yang muncul akan lebih serius. Hal seperti rasa benci pada orang tua dan juga depresi akan memakan si anak dan mengarahkan dirinya ke jalur yang tidak baik.
Tidak Mampu Menjalani Kegiatan Lain dengan Baik
Tanda yang terakhir adalah penurunan banyak kemampuan lain yang seharusnya bisa dilakukan si anak. Contoh saja kemampuan sosial. Anak yang terlalu fokus hanya pada game, tentu akan kehilangan kesempatan berinteraksi dengan orang lain.
Interaksi online dalam game tidak akan sama dengan dunia sungguhan. Hal ini membuat arahan kemampuan sosial si anak menjadi tidak baik. Tanpa praktek latihan komunikasi yang baik, mereka tentu akan kesulitan bersosialisasi.
Kemampuan lain seperti belajar bisa juga terpengaruh karena pikiran si anak selalu terpengaruh dengan game. Jadi mereka kehilangan kemampuan konsentrasi untuk menyerap informasi belajar pelajaran ini.
Sekian bahasan tanda anak kecanduan game online, menurut Dr. Gumilar dari Pondok Pesantren Nurul Firdaus. Jika melihat anak dengan tanda ini, tempat rehabilitasi kecanduan game online,Nurul Firdaus tentunya siap membantu Anda.



27 comments

Wah iya nih Mbak, memang nih ya Mbak jangan sampai si kecil ini kecanduan game online

Reply

Waduh jangan samapi nih ya Mbak si kecil bisa sampai kena kecanduan game ini

Reply

Melupakan diri sendiri ini yang bikin sulit nih ya Mbak, semuanya demi game online

Reply

Ahhh perlu tempat dan metode yg bernas bin komprehensif untuk terapi anak yg kecanduan games online.
Syukurlah ada PonPes yg memfasilitasi itu yaaaa
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply

Kecanduan game sekarang bukan hal yang langka lagi ya mak...Gejalanya mudah dikenali...Semoga tidak semakin banyak yang kecanduan game...

Reply

Saya melihat game ini bagai dua sisi mata pisau. Namun sisi negatifnya lebih banyak. Mudorotnya bagi anak dan orang tua lebih besar.

Reply

Baru-baru ini, saya lihat video anak yang kecanduan game online. Serem, sih. Kayak halu gitu anaknya. Semoga aja jangan sampai banyak yang kecanduan, ya

Reply

Pas kemarin kuliah S2 dan sempat harus ikut sit in di beberapa kelas S1, ada salah seorang mahasiswa yang katanya sih kecanduan game. Gak umum perilakunya. DI kelas hampir selalu tidur. begitu keluar kelas, ke ruang baca, kuamati langsung buka game. Entah gimana nasib studinya. Prihatin bgt.

Reply

Kecanduan game ini sama seperti kecanduan gawai. Kalau jauh dari objeknya pasti stress, males, dan gak betah ngapa2in.
Pondok Pesantren Nurul Firdaus ini bagus juga ya. Ini khusus anak atau bisa yg remaja dewasa juga?

Reply

Duh, jangan sampai deh kecanduan game online, walau temen2 ku banyak yang begitu.Aku sendiri kurang suka game online karena gak tahan menatap layar lama2, mataku perih, hihhih

Reply

Nggak cuma anak-anak, orang dewasa pun bisa kecanduan game.
Sudah ada pusat rehabilitasinya ya sekarang, membantu banget buat orang tua yang anaknya kecanduan game dan bingung bagaimana menyembuhkannya

Reply

Anakku udah ada tanda tanda ini, jadi aku segera pisahkan aja dari hape gak ada lagi yang main hape. Karena kecAnduan ini menular. Kalau satu dikasih semua ingin dapat main juga. Jadi aku menerapkan kebijakan anak anak ga boleh main game online.

Reply

Iya serem bngt yakkk harus ada kontroling dari orang tua... Klo bisa sih jngn dikasih hp nanti Aja ketika mrk dewasa

Reply

Ngeri emang nih kalau sudah kecanduan game online. Ya Allah, lindungilah anak-anak kami Ya Allah

Reply

Yap bener mba. Orang yang kecanduan game online itu setauku memang agak susah buat bersosialisasi. Dan cenderung asyik dengan dunianya :(

Reply

Waduh ngeri ya ciri-cirinya..Bisa jadi antisipasi dan kewaspadaan orang tua info ini. Baru tahu kalau ada, rehabilitasi kecanduan game online,Nurul Firdaus yang siap jadi solusi.
Semoga anak-anak kita enggak sampai fase ini..


Reply

Efek negatif game online ini memang udah banyak kelihatan ya. Paparan efeknya bisa sampai ke perilaku maupun kelainan syaraf. Perlu banget segera diatasi dengan metode khusus, salah satunya melalui pesantren ini.

Reply

Orang tua menjadi yang pertama punya kewajiban menyembuhkan anaknya bila kecanduan game online nih mbak. Alhamdulilla anak-anakku kenal game waktu udah besar, itu pun ada jam tertentu dan hari tertentu aja mereka boleh main dan aku ada di rumah untuk ngawasi

Reply

Duh, jgn sampai deh anak jd lupa sm dunia nyata ya mba. Sering liat begini nih. Kalo diberhentiin bs ngamuk2. Smg kita semua bs bijak dalam mendidik anak generasi alfa ya mba

Reply

Ya Allah..serem amat ya anak kecanduan game sampai ngamuk dan ga bisa mikir pelajaran. Alhamdullilah anakku masih ngebolang sama temannya

Reply

Harus jadi kewaspadaan orangtua saat ini. Main game emang asik sih. Suka terlena. Sebagai orangtua sedah seharusnya melakukan langkah pencegahan.

Reply

Semoga banyak orang tua aware ya mbak dengan penggunaan gadget pada anak. Sehingga anak-anak kita terlindungi dari bahaya

Reply

Ya Allah..
Sedih banget.

Masih bisa gak...kalau anak kecanduan games yang nyembuhin orangtuanya sendiri?
Aku kok rasanya berat banget yaa...kalau lihat rehabilitasi ini...
Huhuu~

Reply

Baru2 ini aq lihat ada video anak sma beredar di sosmed, kejang2 gitu tiba2 waktu main game, aq pikir ngeri jg yah efek dr kecanduan game itu

Reply

Aku juga pernah baca artikel yang membahas akibat buruk kecanduan game ini.
Sangat mengerikan!

Reply

Alhamdulillah sejauh ini baca tanda-tandanya anak saya belum masuk kategori kencanduan. Karena mulai sekarang sudah amat dibatasi dan bisa melalukan kegiatan lain dengan baik meski gak main game online.

Reply

Emang ngeri kecanduan game online, kalo ponakanku masih taraf bisa diperingatin kalo lagi main game online. Bahaya banget kalo udha main game online euy

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.