Menu

Selasa, 10 September 2019

/
Tanda Anak Kecanduan Game Online Menurut Ahli
Popularitas game sebagai hobi dan hiburan tentu semakin tinggi saat ini. Hal ini sayangnya mendatangkan hal negatif. Sama seperti banyak sumber hiburan seperti TV, game juga bisa menyebabkan kecanduan. Nah, sayangnya banyak orang tua menghadapi hal ini dengan tidak baik.
Mereferensi dari sumber gumilar.net, suka game online dengan kecanduan game online tentu berbeda. Tapi banyak orang tua masih sulit membedakannya. Untuk hal ini, mari bahas bersama tanda anak kecanduan game online menurut ahli dari Pondok Pesantren Nurul Firdaus, yaitu Dr. Gumilar, S.Pd., MM., CH., CHt., pNNLP.
 
Bagi Anda yang tidak tahu Pondok Pesantren Nurul Firdaus adalah tempat terapi kecanduan game online bagi anak – anak. Di sini si anak akan mendapatkan terapi dan pelatihan untuk mengurangi efek ketergantungan pada game. Berikut adalah penjelasan tanda – tandanya!
Memiliki Perilaku yang Tidak Wajar
Hal yang paling jelas dalam membedakan antara anak yang hanya hobi main game dan yang kecanduan adalah perilaku yang tidak wajar. Hal seperti emosi yang tidak stabil sewaktu – waktu (mudah marah), terlihat lebih diam dari biasanya, terlihat sering lesu dan tidak bersemangat akan mudah terlihat saat si anak jauh dari game. Hal seperti ini bisa jadi tanda awal untuk kecanduan.
Melupakan Kewajiban
Nah, tanda selanjutnya adalah si anak mulai merupakan kewajiban. Dalam hal ini melupakan bukan berarti sekedar sulit diajak mengerjakan kewajiban. Anak yang tidak kecanduan game tentu ada saja yang sulit diajak membantu tugas rumah ataupun belajar, tapi untuk anak yang kecanduan, mereka benar – benar lupa.
Mereka terlalu fokus pada bermain game dan menganggap hal lainnya tidak penting. Hal seperti belajar dan tugas lain tidak akan dilakukan. Banyak anak yang dimarahi pasti masih mau belajar, tapi untuk yang kecanduan, mereka akan mengamuk dan saat belajar, tidak ada ilmu yang masuk karena mereka memikirkan game selama belajar.
Melupakan Kebutuhan Penting Diri
Selain mulai melupakan tentang belajar, anak yang kecanduan game juga mulai melupakan kebutuhan diri lain yang penting. Tanda anak kecanduan game online yang satu ini adalah tingkat parah. Anak sudah melupakan kebutuhan seperti makan, tidur, istirahat dan juga kebersihan diri.
Banyak anak yang jatuh sakit karena tidak mengurusi diri akibat kecanduan game. Hal ini sudah tergolong sangat genting. Bayangkan saja jika saat Anda bekerja, si anak di rumah bermain seharian sampai tidak makan dan mandi. Tentu kondisi ini bisa membuat mereka memiliki kesehatan yang lemah. Jika sudah sejak kecil, kondisi ini tidak baik, dewasannya mereka akan tambah parah.
Mengalami Masalah Saat Jauh Dari Game dalam Waktu Lama
Jika Anda berusaha memisahkan si anak yang kecanduan game dari mainannya, tentu mereka akan mengalami hal yang negatif. Contoh saja saat Anda melihat orang yang kecanduan narkoba, hal seperti sakau pasti terjadi. Untuk anak yang kecanduan game, tanda sakau ini meliputi emosi meledak, depresi dan mudah melamun serta kehilangan fokus.
Keadaan ini biasanya akan muncul jika Anda memisahkan si anak dengan paksa dan tidak dengan bertahap. Metode memaksa ini tentu bisa membuat anak berhenti main game, tapi sisi negatif yang muncul akan lebih serius. Hal seperti rasa benci pada orang tua dan juga depresi akan memakan si anak dan mengarahkan dirinya ke jalur yang tidak baik.
Tidak Mampu Menjalani Kegiatan Lain dengan Baik
Tanda yang terakhir adalah penurunan banyak kemampuan lain yang seharusnya bisa dilakukan si anak. Contoh saja kemampuan sosial. Anak yang terlalu fokus hanya pada game, tentu akan kehilangan kesempatan berinteraksi dengan orang lain.
Interaksi online dalam game tidak akan sama dengan dunia sungguhan. Hal ini membuat arahan kemampuan sosial si anak menjadi tidak baik. Tanpa praktek latihan komunikasi yang baik, mereka tentu akan kesulitan bersosialisasi.
Kemampuan lain seperti belajar bisa juga terpengaruh karena pikiran si anak selalu terpengaruh dengan game. Jadi mereka kehilangan kemampuan konsentrasi untuk menyerap informasi belajar pelajaran ini.
Sekian bahasan tanda anak kecanduan game online, menurut Dr. Gumilar dari Pondok Pesantren Nurul Firdaus. Jika melihat anak dengan tanda ini, tempat rehabilitasi kecanduan game online,Nurul Firdaus tentunya siap membantu Anda.



Diberdayakan oleh Blogger.