Menu

Sabtu, 24 Februari 2018

/
Assalammualaikum Wr. Wb

Apa kabar ibu hamil dan menyusui. Sudah makan apa saja hari ini. Semoga selalu sehat dan senang ya menjalani masa kehamilan dan menyusui. Sebab jika badan sehat tentu saja juga enjoy buat makan apa saja, dan juga happy menjalani semua hal yang berkaitan dengan kehamilan. 

Memang masa kehamilan, adalah masa yang menyenangkan sekaligus juga menyulitkan bagi seorang ibu. Apalagi jika baru hamil untuk pertama kali. Kadang jika mau mengikutkan hawa nafsu, ga mikirin kesehatan janin. Pasti ga begitu teliti dan bersemangat untuk menjaga kesehatan, asupan gizi dan istirahat. 

Begitu juga pada saat masa menyusui, jika ga mikirin anak. Pasti ga mau juga menjaga asupan gizi yang masuk setiap hari. Apalagi pada masa awal 1000 hari pertumbuhan bayi, masa itu adalah hal yag penting untuk dijaga. 
 
Kenalkan ini Annasya, udah mau lepas Menyusui loh
 

Banyak faktor yang menyebabkan seorang bumil dan busui melakukan hal tersebut. Tidak menjaga asupan makann yang akan dikonsumsi. Salah satunya, bisa akibat dari kurang pengetahuan, tentang zat penting apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Oleh, karena itu, saya ingin mengingatkan bumil dan busui tentang, zat penting apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh kita tersebut. Sehingga jika sudah mengetahuinya nanti jadi semangat untuk makan dan menjaga asupan gizi selama masa kehamilan dan menyusui.

Adapun  zat-zat penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui golongan darah A adalah sebagai berikut

1 ) Protein, 

Selama kehamilan , diperlukan tambahan protein 17 gram/hari. Pada trimester pertama biasanya cara makan ibu hamil belum normal, maka keperluan protein belum terpenuhi secara normal. Diharapkan 1 gram /Kg berat badan protein dapat terpenuhi. Pada trimester dua, nafsu makan mulai membaik sehingga 1,5 g/Kg protein bisa terpenuhi. Pada trimester ketiga nafsu makan akan semakin membaik, kebutuhan protein bahkan kadang-kadang harus dibatasi untuk menghindari kegemukan dan memudahkan proses kelahiran.  

Bila seorang ibu hamil adalah vegetarian , bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan, sehingga ibu tersebut tidak mengalami kekurangan protein. Contoh, seorang ibu dengan usia 19-29 tahun dengan berat badan 52 kg, tinggi badan 156 cm memerlukan 67 gram protein/hari. Dalam ukuran porsi dapat mengkonsumsi 6 porsi yang terdiri dari protein hewani dan protein nabati. Satu protein hewani (daging) = 50 gram. Satu porsi protein nabati = 50 gram.

 2) Karbohidarat,

Seorang ibu hamil memerlukan 300 kalori ekstra perhari selama proses kehamilan.  Energi yang diperlukan ibu hamil tergantung dengan berat badan, tinggi badan, aktivitas dan lain sebagainya.  Misalnya ibu usia 19-29 tahun memerlukan 1900 kalori ditambah dengan 300  kalori / hari. Dalam ukuran porsi ditentukan sebanyak 6 porsi dengan satu porsi karbohidrat (beras) = 50 gram.

 3) Lemak,

Ibu hamil memerlukan komposisi asam lemaknya seperti asam lemak jenuh 8 % dari kebutuhan energi. Meskipun lemak adalah sumber energi namun sebagian besar energi diambil dari karbohidrat. Kebutuhan lemak dinyatakan dalam 4 porsi, satu porsi lemak/minyak = 5 gram. 

Camilan Favorit saya, Kue Anak Bay Tat, kua khas Bengkulu

4) Vitamin 

Selama hamil diperlukan asam folat dan vitamin B seperti  thiamin, riboflavin, dan niacin. Untuk meningkatkan energi. Vitamin B6 diperlukan untuk membantu protein membentuk sel-sel baru. Bagi ibu hamil yang vegetarian perlu penambahan vitamin B12 dan vitamin D. 

5 )  Mineral, 

Mineral yang sangat diperlukan saat hamil adalah kalsium, zat besi, seng. Bersama dengan protein mineral membentuk sel darah dan jaringan tubuh lainnya. Mineral sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

 6) Kalsium,

Ibu hamil membutuhkan 800 mg/hari kalsium. Kalsium diperlukan terutama pada trimester 3 kehamilan ibu. Agar pembentukan tulang dan janin tidak mengambil persedian kalsium ibu. 

 7 ) Zat Besi, 

Kebutuhan zat besi pasa masa kehamilan terutama trimester 2 dan 3 sangatlah tinggi. Kebutuhan tersebut dapat juga dibantu dengan konsumsi pil zat besi dosis 100 mg/hari. Zat gizi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin. Untuk meningkatkan massa hemoglobin diperlukan zat besi sekitar 500 mg termasuk simpanan karena selama kehamilan volume darah meningkat sampai 50 persen.  

Zat besi juga  dibutuhkan untuk pembentukan otak dan saraf bayi. Zat besi juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pada zaat melahirkan akan kehilangan zat besi sebanyak 250 mg.  Zat besi banyak berasal dari daging , ayam, telur serta kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran hijau. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan resiko kelahiran premature atau bayi dengan berat badan rendah dan ibunya menderita anemia. 

8 ) Seng ,

Seng sangat diperlukan untuk fungsi sistem pusat saraf dan fungsi kekebalan tubuh, selama kehamilan dibutuhkan dua kali lipat dari kebutuhan biasa, saat trimester pertama dibutuhkan 1,7 mg/ hari, trimester dua dibutuhkan 4,2 mg/ hari dan trimester 3 dibutuhkan 9,8 mg/ hari. seng terdapat dalam bahan makanan daging, makanan laut, unggas, padi-padian. Kebutuhan zat seng akan terpenuhi jika kebutuhan protein tercukupi. 

9 ) Asam Folat , 

Asam folat diperlukan untuk membentuk sel baru, mengembangkan syaraf dan otak janin. Kebutuhan asam folat yang tercukupi akan mengurangi resiko kelainan susunan saraf bayi. Asam folat tidak dapat disimpan oleh tubuh, oleh karena itu harus diberikan setiap hari sebesar 0,4 mg/ hari. sumber asam folat adalah hati, sayuran bewarna hijau, jeruk, kembang kol, kacang-kacangan, roti gandum, serealia, ragi, 

Suka banget waktu hamil, makan telur :)

10 ) Air ,

 Air adalah nutrien, air merupakan sistem transportasi tubuh, air mengangkut zat gizi ke seluruh tubuh termasuk ke plasenta dan membawa sisa makanan ke luar tubuh. Kebutuhan air minimal 3 liter perhari. Apalagi jika sedang mengalami muntah-muntah, kebutuhan air semakin banyak.

11) Garam,

 Kebutuhan natrium dalam  garam meningkat pada ibu hamil  karena garam dalam tubuh ibu hamil diencerkan oleh meningkatnya cairan-cairan tubuh. Mengurangi garam pada ibu hamil tidak dianjurkan kecuali atas nasihat dokter. 

12 ) Serat,

Serat diperlukan untuk membentuk ‘bulk’ volume dalam usus. Agar ibu hamil tidak mengalami sembelit atau obstipasi selama masa kehamilan.  Ibu hamil harus mengkonsumsi serat setiap hari. Sumber serat adalah buah, sayuran, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian. 

Enek-enek atau morning sickness  (rasa tidak sehat di pagi hari), enek-enek atau morning sickness terjadi karena adanya perubahan hormon kehamilan. Kadang-kadang hal ini tidak saja menganggu saat makan pagi, tetapi bisa sepanjang hari. Biasanya berlangsung selama trimester pertama 
Untuk mengurangi gangguan tersebut dan sang ibu tetap mendapatkan gizi yang baik untuk janin dengan beberapa cara, makan sering dengan porsi kecil, banyak minum, menghindari makanan yang berlemak dan berbumbu tajam dan merangsang, makan makanan kering yang dapat menyerap asam lambung yang asam, bila bangun dari tidur lakukan perlahan-lahan, bila minum pil zat besi lakukan 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan serta minum vitamin B6. 
Gimana, jadi semangat kan buat rajin makan, makanan yang sehat dan bergizi. Semoga kehamilannya sehat selalu dan tetao enjoy menjalani masa menyusui. 

Buku Ini ada 4, sesuai golongan darah manusia :)

Untuk informasi lengkap mengenai Nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui ini, dapat membaca secara keseluruhan di buku saya yang berjudul Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah. Bukunya ada empat, sesuai dengan golongan darah manusi. Yaitu, Golongan darah A,B,AB dan O.

Bukunya dapat dibeli di semua toko buku di seluruh Indonesia. Teruama toko Gramedia. Harga satu bukuna Rp. 38.000.

Selamat membaca !
7 comments

waww... banyak amat ya mba. tapi temen saya alergi daging na bingung juga ya kalo gitu dapet protein hewaninya dari mana..

Reply

Info yang lengkap banget buat ibu hamil semoga info ini menyebar banyak ya ke ibu-ibu hamil yang lain keren deh

Reply

cocok nih bacaan buat ibu hamil biar makin melek tentang zat besi

Reply

wah keren, mbak milda sudah terbit buku barunya

Reply

Wah, aku mau baca nih Mbak nutrisi jadi ibu hamil untuk golongan darah AB untuk persiapan jadi ibu nanti ^^

Reply

Materi yang sangat bagus untuk para ibu muda yang baru saja dikarunia buah hati.

Reply

Ilmu buat para calon bapak ini.. 😊😊 biar para calon ibu tetap mengkonsumsi makanan yang baik dan nergizi ketika nafsu makannya menurun karena mual.mual mungkin ya 😊😊

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.