Menu

Selasa, 20 Februari 2018

/
Assalammualaikum Wr.Wb

Mildaini.com - 3 Golongan Zat Penting Bagi Tubuh Manusia. Tubuh kita membutuhkan banyak asupan nutrisi. Untuk tetap kuat, sehat dan lancar dalam melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu kita harus mengetahui zat penting apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut. Dengan mengetahui jenis atau nama zat tersebut dan terdapat di dalam jenis makanan apa, maka kita juga akan lebih semangat untuk mengkonsumsinya secara rutin. 

Kali ini saya akan membahas zat penting tersebut dan manfaatnya bagi ibu hamil dan menyusui. Supaya ibu hamil dan menyusui juga bersemangat untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Sebab tahu, bahwa zat itu sangat penting , terutama pada masa kehamilan dan menyusui. 


Bumil dan Busui boleh makan cabe , tapi ga boleh banyak

3 Zat Penting yang Dibutuhkan Oleh Tubuh Itu Adalah :

Pertama sebagai Zat Tenaga

Yang termasuk zat tenaga adalah hidrat arang, lemak dan protein. Tubuh memerlukan tenaga untuk bergerak dan bekerja. Tenaga diperoleh dari hasil pembakaran zat makanan di dalam tubuh. Panas inilah yang diubah oleh tubuh menjadi tenaga yang dapat digunakan bekerja dan bergerak. Panas yang timbul ini dinyatakan dalam satuan yang disebut dengan Kalori. Banyaknya kalori yang diperlukan oleh setiap tubuh dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin, berat badan, macam pekarjaan dan iklim. 

Pada kehamilan trimester pertama ibu hamil memang belum banyak membutuhkan Kalori. Namun ketika memasuki fase trimester kedua dan ketiga. Ibu hamil membutuhkan sekitar 3000 kalori setiap harinya. Pada trimester pertama diharapkan terjadi peningkatan bobot sebanyak 0.5 Kg setiap bulannya sedangkan pada fase trimester kedua dan ketiga diharapkan terjadi peningkatan bobot sebanyak 0.5 Kg setiap minggunya. Sehingga akan tercapai penambahan berat badan ideal selama masa kehamilan yaitu 12-16 Kg. Berat badan yang ideal saat kehamilan sangat diperlukan untuk menghasilkan berat badan janin yang ideal saat dilahirkan dan memudahkan saat proses persalinan.

a)    Karbohidrat atau Hidrat Arang  

Sebagian besar kalori yang didapat dari dalam tubuh diperoleh dari hidrat arang. Hidrat arang sangat berguna untuk memberikan rasa kenyang dan tenaga. Karena ada selulosa di dalam zat yang bisa menimbulkan rasa kenyang. Hidrat arang merupakan zat makanan yang termurah jika dibandingkan dengan zat makanan lainnya.  

Karbohidrat merupakan kebutuhan dasar bagi manusia, fungsi utama karbohidrat sebagai sumber energi tubuh. Selain itu energy diperoleh dari makanan yang mengandung zat lemak dan protein sehingga karbohidrat, lemak dan protein disebut sebagai mikronutrien. Karbohidrat dalam makanan dapat sebagai gula tunggal (Monosakarida), gula ganda (disakarida), juga dapat sebagai karbohidrat kompleks (Polisakarida). 

Gula tunggal glukosa dan fruktosa contohnya  yang terdapat dalam di dalam buah-buahan, sayurand an madu. Gula ganda contohnya sukrosa, maltose, laktosa (karbohidrat yang terdapat dalam susu) sukrosa yang kita kenal sehari-hari dengans ebutan gula pasir terdapat dalamTebu, Bit, Nira , sayuran dan buah-buahan. 

Karbohidarat komplek terdiri dari pati, desktrin, dan serat makanan.  pati terdapat dalam Serealia, Umbi-umbian, kacang-kacangan dan sebagian dalam buah-buahan yang belum matang. . Ibu hamil sangat memerlukan hidrat arang selama menjalani proses kehamilan begitu juga dengan ibu menyusui. Zat hidrat arang sangat diperlukan selama masa menyusui. 

Ubi juga sumber tenaga

b)    Zat Lemak

Lemak merupakan zat tenaga kedua setelah hidrat arang. Lemak memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan hidrat arang. Lemak adalah sumber energi yang efisien dan berfungsi menjaga kebugaran. Lemak juga berfungsi sebagai bantalan organ-organ vital, lemak di bawah kulit berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh normal. Lemak dalam makanan ada yang jelas seperti minyak goreng, mentega, margarine, lemak pada daging, lemak dalam buah alpukat, duren, es cream, dan lain sebagainya. 

Lemak merupakan nutrisi essensial untuk fungsi otak, merupakan komposisi utama otak yakni 100 mg/g berat otak. Setiap orang rata-rata memerlukan 1 gram lemak untuk tiap kilogram berat tubuhnya. Dengan penambahan berat badan sekitar 12-16 Kg selama masa kehamilan mengakibatkan terjadi peningkatan kebutuhan akan lemak yang semakin banyak. Namun jika  terlalu banyak mengkonsumsi lemak akan berpengaruh terhadap berat badannya. Akan terjadi kegemukan atau obesitas. .

Apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga. Lemak akan menumpuk di dalam tubuh. Seseorang yang terlalu gemuk memiliki kecenderungan untuk menderita penyakit jantung, ginjal dan tekanan darah tinggi. Pada Ibu hamil lemak  sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin namun dalam batas yang telah ditentukan. Selain sumber tenaga lemak juga berguna untuk melarutkan Vitamin ADEK sehingga dapat diserap oleh dinding usus. Selain itu juga lemak berguna auntuk melinsungi alat-alat tubuh yang halus.



Pada ibu yang menyusui, saat menyusui anaknya kebutuhan lemak anak   sebanyak 50 persen dapat terpenuhi melalui ASI. Kolestrol adalah lemak tubuh terutama dalam darah. Tidak essendial karena tubuh dapat menghasilkan lemak dari asupan makanan berlemak. Kolestrol dalam jumlah tertentu sangat diperlukan dalam masa pembentukan otak dan jaringan syaraf bayi, terutama pada masa golden age ( masa emas pertumbuhan – 0-3 tahun). 

Lemak yang paling penting adalah lemak essensial yang dikenals ebagai EFA ( Essensial Fatty Acid) yaitu asam lemak linoleat atau Omega 6, asam linolenat atau Omega 3, asam arakhidonat dan eikosanoat, . Ditemukan pada minyak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitu dan minyak nabati atau soya, minyak jagung dan alpukat, minyak kanola, minyak wijen, ikan berlemak seperti Tuna, Salem dan Salmon.  

DHA, singkatan dari Docosa Hexaenoic Acid, ialah golongan dari Omega 3, Di dalam tubuh DHA banyak ditemukan di jaringan tubuh terutama otak dan mata. Seorang ibu yang menyusui sangat baik jika memberikan ASI yang etrbaik buat anaknya, akrena salahs atu sumber DHA tersebut terdapat dalam ASI, minyak ikan, kuning telur, algae.

Coba ganti mood, dengan makan lontong

c)    Protein. 

seorang ibu hamil dan menyusui sangat membutuhkan zat protein untuk mendorong pertumbuhan janin dan anaknya. Zat protein sangat diperlukan untuk membangun, memperbaiki, mengganti jaringan tubuh dan sebagai zat pengatur di dalam tubuh. Protein terdiri dari asam amino yaitu asam organic yang mnegandung gugus karboksil dan amino.  Di dalam makanan maupun tubuh terdapat 22 jenis asam amino.

Tubuh memerlukan 20 jenis asam amino untuk membentuk protein tubuh. Sebelas diantaranya dapat dibentuk sendiri oleh tubuh. Sedangkan sembilan asam amino lainnya harus di dapat dari asupan makanan sehari-hari, hal ini sering juga kita kenal dengans ebutan asam amino essensial. Lalu bagaimana tubuh memanfaatkan protein yang ada pada makanan? protein dalam tubuh ditemukan di setiap sel dan cairan tubuh. Oto, organ dan banyak hormone yang dibangun oleh protein. Protein juga berfungsi untuk mengahsilkan hemoglobin. 

Hemoglobin adalah sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Protein juga berperan pada pembuatan antibodi untuk melawan infeksi dan penyakit, serta untuk pembekuan darah. Protein juga mnegatuar proses osmotik di dalam tubuh sebagai ion dalam keseimbanagn asam basa  sebagai gugusan prostetik (molekul Hb, Nucleoprotein, Glikoprotein, Lipoprotein, dan sumber energi).

Tercukupinya kebutuhan protein selama kehamilan akan membantu pertumbuhan janin yang optimal. Protein dapat ditemukan pada ikan, daging, unggas ayam dan bebek, susu, telur, kacang-kacangan, buncis, kacang tanah, kacang polong, kacang kedelai, tahu, tempe. Dan sejumlah kecil ditemukan pada jagung, beras, gandum dan serealia. 

sesekali makan mie , bolehlah

Kedua sebagai Zat Pembangun

Sejak janin hingga remaja terjadi pertumbuhan badan. Selama itu terjadilah pertumbuhan sel-sel baru untuk membentuk bagian-bagian dari tubuh seperti otot, darah dan tulang.  Yang paling banyak memerlukan zat pembangun tubuh adalah anak-anak pada masa perumbuhan dan orang yang baru saja sembuh dari suatu penyakit. Ibu hamil untuk pembentukan jaringan tubuh yang baru bagi si janin di dalam kandunganya. Yang termasuk zat pembangun adalah protein, mineral  atau garam-garaman dan air. 

a)    Protein,
 protein terdiri dari bagian-bagian yang sederhana yang disebut dengan asam amino. Kita dapat membagi dua asam amino yaitu asam amino essensial dan asam amino non essensial. Ibu hamil dan menyusui sangat memerlukan zat protein sebagai zat pembangun jaringan baru di dalam tubuhnya. Zat protein yang diperlukan adalah sepertiga dari kebutuhan protein tubuh.  

b)    Mineral atau garam-garaman.
Mineral atau garam-garaman diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil. Tetapi mineral atau garam-garaman tersebut harus ada dalam makanan kita sehari-hari. Zat mineral atau garam-garaman yang diperlukan oleh tubuh adalah garam, kapur, fosfor, besi, yodium dan natrium. Seorang ibu hamil dan menyusui membutuhkan setidaknya sekitar 1200 mg mineral atau garam-garaman setiap harinya.

 c ) Air,
Tubuh mendapatkan air dari makanan dan minuman. Kebutuhan air tersebut adalah 1500 ml pehari. Air merupakan bagian terbesar dari sel-sel tubuh. Seorang ibu hamil dan menyusui sangat memerlukan banyak minersl dan garam-garaman yang berguna untuk membentuk sel-sel tubuh, membentuk cairan tubuh, melarurkan zat-zat yang ada di dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mengangkut zat-zat makanan dan sisa-sisa pembakaran. 


Buku Nutrisi Golongan Darah Buat Ibu Hamil dan Menyusui
 
Ketiga sebagai Zat Pengatur Tubuh 

Zat pengatur tubuh yaitu mineral, air dan vitamin.  Meskipun kebutuhan tubuh akan mineral dan vitamin kecil namun kedua zat tersebut sangat diperlukan oleh sebuah tubuh untuk tumbuh dan sehat. Vitamin dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu vitamin yang larut dalam lemak  , vitamin A D E K dan vitamin yang tidak larut di dalam lemak B dan C. 

Vitamin mempunyai fungsi tertentu. Vitamin diperoleh dari makanan, tetapi ada juga vitamin yang dihasilkan oleh tubuh sendiri dibantu oleh bakteri – bakteri di dalam usus. Kekurangan salah satu zat vitamin akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit

Catatan, buku Nutrisi golongan darah ini, bisa dibeli di semua toko buku dan Gramedia. Harga Rp. 38.000,- Ulasan ini juga di bahas di dalam buku tersebut

Sala,, semoga bermanfaat!!
5 comments

Kebetulan nanti mau ke Gramedia. :D Beli ah.

Reply

Aku sering makan mie nih, padahal gak baik yaa. Hehehe.

Reply

terimakasih informasi kesehatan, penting diketahui

Reply

Wah bukunya menarik neh, boleh ah cari di toko buku.

Reply

wah jadi ngiler liat lontong.. hehe

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.