Menu

Resep Paling Oke

Minggu, 04 Februari 2018

/

Assalammualaikum Wr.Wb


Pentingnya Genset Untuk Rumah Tangga. Belakangan ini sering kali terjadi pemadaman lampu atau listrik. Petugas PLN, kadang memang memberitahu sebelumnya untuk jadwal pemadaman listrik secara bergiliran. Cuma, saya juga kadang ga mengikuti informasi alias kurang up date sehingga ketika listrik mati apalagi untuk jangka waktu yang agak lama. Misalnya lebih dari satu jam. Tetap saja bikin ga nyaman. Jadi, kadang saya mikirnya perlu banget adanya genset di rumah. Bukan cuma untuk menerangi atau bisa buat charge handphone. Tetapi lebih daripada itu. Supaya alat-alat yang membutuhkan listrik di rumah juga tetap selamat. Selain kita perlu mengetahui pentingnya Genset Untuk Rumah Tangga, kia juga harus tahu hal yang lainnya ya, seputar genset. Supaya lebih paham.

Nah, kali ini saya ingin bercerita seputar Genset tersebut, terutama untuk rumah tangga. Semoga ulasan ini bisa memberikan informasi dan tambahan wawasan buat Anda seputar genset.

Penting ya, punya genset di rumah
 Apa Itu Genset

Genset rumah tangga merupakan sebuah perangkat yang dapat menyediakan listrik untuk anda selama pemadaman. Genset tersebut akan memungkinkan anda untuk terus menggunakan peralatan elektronik penting lainnya seperti lampu, lemari es, TV maupun kipas angin. Pengertian secara teknis, genset merupakan alat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Listrik pada generator arus AC untuk rumah tangga, menggunakan energi mekanik yang dihasilkan oleh mesin kecil. 

Saat ini Genset juga merupakan barang yang masuk ke dalam daftar perlengkapan wajib rumah. Jadi sebaiknya setiap rumah punya genset. 


Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Genset


Hitung kembali kebutuhan daya listrik rumah anda saat darurat. Sebisa mungkin anda jangan mengambil patokan dari daya listrik yang saat ini terpasang di rumah. Gunakan listrik hanya untuk hal-hal yang penting saat darurat seperti pompa air, lampu utama, atau kulkas.

Pilih genset yang memiliki daya sedikit lebih tinggi dari kebutuhan daya listrik anda pada saat darurat. Genset tersedia dengan daya bervariasi antara lain 500 watt, 1000 watt, 1200 watt,dll. Anda dapat memilih ukuran paling tepat dan sesuai dengan kalkulasi kebutuhan daya listrik anda saat darurat.

Cermati bahan bakar yang dibutuhkan dalam mengoperasikan genset. Umumnya menggunakan solar pada genset yang memiliki kapasitas daya listrik yang besar.


Televisi kami pernah rusak akibat mati hidup listrik beberapa waktu lalu, sehari hingga berkali-kali
Pilihan Jenis Genset Untuk Rumah Tangga

Genset rumah tangga yang bisa anda gunakan ada beberapa jenis, yaitu genset stasioner (standby) rumah atau portable. Satu lagi  Genset Generator.  Untuk genset stasioner ini dapat dijalankan dengan berbagai bahan bakar, seperti gas alam (NG), solar, bensin, maupun bahan bakar gas cair (LPG). 


Apabila anda membutuhkan genset untuk keadaan darurat dan jangka panjang maka anda dapat mempertimbangkan genset jenis standby. Genset tersebut dapat memberikan daya secara terus menerus tanpa takut habis untuk rumah karena mereka terhubung ke sumber bahan bakar eksternal, seperti gas alam (NG). 


Perbedaan utama antara genset standby dengan model stasioner adalah dari cara menghidupkan mereka. Genset Stasioner maka harus diisi dengan bahan bakar atau terhubung ke saluran bahan bakar, baru mulai dihidupkan secara manual, kemudian baru dapat terhubung ke saluran rumah anda. 


Sedangkan generator model standby, maka sebaliknya sudah terhubung dengan baik kabel rumah dan sumber bahan bakar. Oleh sebab itu, genset akan segera hidup otomatis atau dengan menekan tombol. Sistem otomatis pasti memiliki transfer switch.


Saya punya cerita kalo di pasar lagi mati lampu. Itu toko-toko pada menghidupkan genes, supaya toko tetap terang. Nah, suara mesin genset itu bikin berisik , belum lagi asap atau bau yang dikeluarkannya, bikin suasana sekitar tidak nyaman. 


Setiap jenis genset tentunya selalu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.


Memilih Genset yang Tepat


Dalam memilih genset yang tepat untuk keperluan rumah tangga ang harus kita perhatikan, antara lain besar kapasitas genset dan harga yang sesuai dengan kocek. 


Untuk sederhananya dalam memilih yang tepat guna sesuai dengan kebutuhan ada beberapa hal yang penting diperhatikan yaitu :

1).Hitung total daya listrik peralatan rumah tangga. 2) Saat listrik dari PLN padam peralatan rumah tangga yang mana harus hidup. 3) Menentukan daya yang dibutuhkan , misalnya dengan cara hitung  jumlah besar daya yang dibutuhkan ditambah dengan 2 kali jumlah daya peralatan listrik yang paling besar  yang akan digunakan nanti saat listrik PLN padam.


Genset merk Perkins

Harga Genset Rumah Tangga


Harga genset rumah tangga yang terdiri dari berbagai macam tipe dan merek dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Anda dapat memilih melakukan pembelian genset rumah tangga secara langsung maupun online. Ada banyak pilihan harga genset  murah untuk rumah tangga.


Harga genset kecil 500 watt juga beragam. Genset kecil semacam ini termasuk jenis portable. Harganya mulai dari Rp 800.000 hingga lebih dari Rp 1.000.000 tergantung merk. Bahan bakar yang digunakan biasanya bensin dicampur dengan oli karena menggunakan mesin 2 tak. 


Setelah kita mengetahui beberapa hal penting mengenai Genset untuk rumah tangga, hal penting lainnya yang ga kalah penting untuk kita ketahui adalah , bagaimana cara menggunakan genset tersebut.


Tips Singkat Menggunakan Genset



  1. Genset disimpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak
  2. Tidak boleh menghidupkan  genset di ruang tertutup, sebaiknya bawa genset di tempat terbuka
  3. Pastikan  bahan bakar sudah terisi dengan baik
  4. Tidak boleh menyambung sumber listrik genset langsung ke jaringan PLN tanpa pengaman
  5. Genset harus terlindung dari percikan air 

Demikian, beberapa informasi seputar genset untuk rumah tangga. Semoga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat ya. Mulai sekarang kalo di rumah mati lampu ga perlu galau sebab sudah ada genset.




5 comments

wah, kak Milda benar juga ya, perlu genset apalagi yang harus mobile di rumah.

Reply

Emang penting ya punya genset di rumah, apalagi kalau kita kejanya dari rumah gini, Kalau mati listrik jadi susah sendiri.

Reply

Iya Mbak, aku juga kepingin beli genset sendiri buat di rumah, biar nggak ribet kalau mati lampu.

Reply

Kalau lampu mati saya pasti riweh mba, karena kepanasan dan nggak bisa ngecharge atau masak nasi. Repot pokoknya. Alhamdulillah akhir tahun kemaren sudah beli genset. Mempermudah hidup :D

Reply

Penting ya mba punya genset di rumah, apalagi kalau daerahnya sering mati listrik.

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.