Menu

Senin, 19 Februari 2018

/
Assalammualaikum Wr. Wb

Mildaini.com. Relawan TIK Provinsi Bengkulu. Malam iu senin, 12 Februari 2018, saya diantar oleh anak-anak dan suami ke sebuah restoran Warung Kupi Atjeh di kawasan kuliner Pintu Batu. Ya, anak-anak dan suami akan mampir ke rumah Emak yang lokasinya ga begitu jauh dari sini. Pertemuan ini rencananya akan membahas mengenai kepengurusan Relawan TIK Bengkulu. Jadi Pertemuan ini adalah sebuah rapat kecil yang ga sengaja waktunya atau ga direncanakan waktunya. Hanya ikutan nebeng karena kebetulan Ketua umumnya sedang ada tugas kantor di Bengkulu. Jadi sekalian jalan, hehehe.

Pengurus RTIK Provinsi Bengkulu berfose dengan Pengurus Pusat
Waktu saya datang sudah ada Ari dan Mira, mereka udah duluan datang. Saya  tiba sekitar jam 19.15. Sebelumnya saya memang sudah menghubungi Bang Fendi. Owner tempat ini untuk booking tempa buat sekitar sepuluh orang. Saya mengkonfirmasi ulang dan meminta pelayan untuk menyiapkan tempat tersebut. 

Sebelumnya memang Kang Geri atau Geri Sugiran AS yang juga merupakan Ketua Bidang Publikasi dan Humas, memang berpesan tempat buat ngumpul yang ada menu kopinya sebab Om Eri alias Fajar Eri Dianto yang akrab disapa Om Eri, sang Ketum adalah seseorang penyuka kopi. Makanya saya dan teman-teman akhirnya pesan tempat ini.

Tak berapa lama, Kang Geri pun datang tetapi sendirian. Menurut info dari beliau bahwa Om Eri akan akan menyusul. Sebab beliau sedang ada rapat dengan teman-teman. Di saat yang bersamaan teman-teman yang lain pun mulai berdatangan dan mulai rame.

Kita terjedah sebentar untuk shalat Isya di Masjid Jamik yang juga di desain oleh Bung Karno waktu pengasingan di Bengkulu sebelum zaman proklamasi.

Usai shalat, beriringan juga semuanya udah ngumpul termasuk Om Geri. Sebelum pembahasan serius, ternyata Kang Geri juga membawa tiga buah baju kemeja RTIK, baju tersebut salah satunya diberikan kepada saya. Setelah itu pun, Om Eri dan Kang Geri yang juga membawa baju RTIK, dengan senang hati juga melepaskan baju tersebut dan 
diberikan kepada teman-teman. Jadi total malam ini kepengurusan baru sudah ada lima baju, alhamduillah ya!

Meet Up Segera dimulai

Sebenarnya, pertemuan ini sudah digadang-gadang sejak lama, namun baru terealisasi saat ini, mungkin ada sekitar hampir satu tahun. Pasca digelarnya acara Revolusi Mental beberapa bulan yang lalu oleh Kementrian PMK . Saat itu Kang Geri yang juga kebetulan hadir. Usai acara para peserta yang hadir digabungkanlah ke grup yang namanya Relawan TIK Bengkulu.

Apa itu RTIK

Mungkin banyak yang bertanya RTIK itu apa. Jadi RTIK iu kependekan dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Saat ini banyak program dan kegiatan yang digelar oleh pemerintah tentang program mencerdaskan masyarakat tentang penggunaan internet. Bijak dalam menggunakan internet, bijak bersosial media, pemanfaatan teknologi internet untuk menunjang dan mendukung berbagai kemudahan dalam hidup manusia. 

Fokusna sama penjelasan Om Eri ya, meski aroma Mie Aceh memanggil :)
Nah, untuk melakukan hal tersebut pemerintah butuh mitra untuk malakukan semua program tersebut, terutama tenaga ahli , pengguna langsung atau pemakai internet secara langsung. Orang-orang yang perduli dan ngerti soal dunia internet, teknologi komunikasi dan pastinya peduli dengan orang lain. Orang-orang tersebut disebut dengan nama Relawan TIK.

Kamu, mau gabungkah. Yuuk, gabung. Hampir di seluruh wilayah Indonesia ada kok Relawan TIK. Jadi bisa join dimana aja ya!

Visi

Menjadikan Relawan TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa

Misi
 
Internal (mikro) menyiapkan anggota dalam penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan individual maupun kerjasama kelompok guna menyelenggarakan tugas-tugas edukasi sosial, pemberdayaan maupun kegiatan insidental;

Organisasional (meso) menjadikan Relawan TIK sebagai sebagai satuan yang mampu bereaksi cerdas, tanggap, bergerak cepat serta bertindak cermat dalam menjalankan tugasnya;

Nasional (makro) berkontribusi dan partisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan, kemasyarakatan serta berperan dalam tugas kemanusiaan, dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan TIK bagi kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia.

 
Logo RTIK

Pemilihan Pengurus Relawan TIK Bengkulu

Sebelum pemilihan, Om Eri dan Kang Geri, menyampaikan banyak hal. Di awali dengan menceritakan latar belakang diri mereka dan kenapa terjun menjadi relawan TIK. Ternyata mereka bukan orang biasa apalagi orang yang memang mempunyai waktu luang. Oh, ternyata bukan. Mereka adalah orang yang sibuk. Tapi mempunyai komitmen yang kuat untuk Indonesia. Syahdu banget ya! Eh, Mulia Banget.

Kesepakatan malam ini, jadi Alhamdulillah Saya Mildaini, Kebeneran terpilih jadi Ketua Relawan TIK untuk Provinsi Bengkulu. 

Doakan kami semoga bisa mengemban amanah ini dengan baik ya
Oh, ya malam ini juga hadir, beberapa sobat Blogger Bengkulu selain Mira dan suaminya. Ada juga blogger muda Piter pemilik Sepenggal.info dan Aang pemilik Tanjungbungo, Lalu ada pak Parwito, ada pak dosen Supriyono.

Malam ini  juga segera dibuat berita acara penetapan kepengurusan Relawan TIK Bengkulu yang langsung ditanda tangani oleh ketua umum. Jadi biar sah deh, hihihi. Tinggal mengisi dan melengkapi formatur yang ada.

Alhamdulillah Kepengurusan RTIK Provinsi Bengkulu sudah terbentuk ya :)

Selain ketua ada posisi lainnya, seperti Sekretaris, Bendahara lalu ada seksi Program, Humas, Kemitraan, Sekretariatan. Semuanya belum terisi sempurna. Setelah ini , kami memang akan melakukan pertemuan selanjutnya. Agar formatur kepengurusan lengkap dan segera dikeluarkan surat keputusan (SK) dari pusat.

Untuk keperluan yang lainnya akan dibantu dan disupport juga oleh pengurus pusat. Sehingga kami pengurus, tak perlu kuatir , sebab ada banyak orang-orang yang siap membantu.
Kang Geri sedang tanda tangan Berita Acara Pembentukan Kepengurusan RTIK Provinsi Bengkulu

Baju Relawan TIK

Saat melihat baju kemeja berwarna biru dan putih tersebut, saya pun langsung bertanya. Ternyata di sana ada logo Kominfo dan logo-logo sponsor. Keren banget ini. Kayak logo Kominfo itu, jadi seperti akan membuat para Relawan TIK akan semakin percaya diri.


Om Eri sedang menjelaskan Logo yang ada di baju kemeja RTIK, termasuk logo Kominfo

Semoga dengan logo itu akan semakin membuat RTIK terutama Bengkulu akan percaya diri , habis ini kayaknya perlu silaturahim ke kantor Kominfo provinsi. Kebetulan saya dan teman-teman juga mempunyai banyak kenalan di sana.

Rapat ya Makan dan Ngopi

Ngumpul ga asik kalo ga ada makan-makan dan minum-minum. Sama nih, pertemuan RTIK mala mini juga penuh makanan dan minuman. Menunya makanan khas Aceh. Terutama Mie Aceh dan Kopinya yang bikin kangen.

Cuma saya tidak memilih keduanya, soalnya lagi ga kuat makan yang pedas. Mie Aceh ini saya ga nahan , sambalnya pedas banget. Jadi saya pesannya Nasi Goreng dan Juice Mesir, iu loh Juice Melon dan Sirsak. Rasanya juga rame dan seru. 

Inilah sebagian kecil dari Keluarga RTIK Indonesia
Teman-teman yang lain juga pesan dan makan yang aneh-aneh. Maklum menunya banyak banget. Ada nasi goreng Tsunami juga, hihihi. Bentuknya juga , gimana ya mau menggambarkannya. Bentuknya acak kadut, berantakan, ibarat memang terkena Tsunami.
Keseruan makan seperti hanya akan kamu dapatkan di keluarga RTIK Indonesia. Jadi ayo gabung sekarang

Kami tunggu partisipasi kamu ya!
31 comments

Keluarga RTIK-nya kelihatan bersemangat banget. :D

Reply

Penasaran sama penampakan nasi goreng Tsunami. :D

Reply

Wuaaa Mba Mil, kerennnnnnnn
selamat ya mbak.

Reply

mantap nih, dikampungku juga lumayan aktif relawan TIK, sebenarnya pengin gabung

Reply

Mba Milda, semoga relawan TIK semakin kompak ya. Dan mampu mendedikasikan ke ilmuanya ke masyarakat

Reply

Jadi relawan TIK sebuah pengalaman yg berharga bgt ya mba

Reply

hahhaaa....aku penasaran mbak dengan nasi goreng tsunaminya :D

Sukses ya untuk relawan TIK Bengkulu, semangat!!!!!

Reply

Aku pernah hadir di salah satu acara yang diadakan oleh Relawan TIK.
Dan senang sekali, karena padat merayap.
Ilmu yang dibagikan waktu itu seputar blogging. Dan kerennya bekerjasama dengan Telkomsel.

Jadi dapet ilmu pleus doorprize.
Wkkwk...**emakemak teteup...

Reply

kece nih RTIKnya, makanan udah sampai masih diskusi juga. Sukses buat rtik, semoga bisa mencapai visi misinya

Reply

wahh,, muantep ini, Semoga RTIK istiqomah terus ya mbak, berbuat hal yang baik pasti nanti akan berbuah manis. Semangad menuju manusia indonesia yang lebih baik!! :D

Reply

Keren nih RTIK Bengkulu. Di fotonya paling cantiiikkk deh. Jadi relawan bakalan memberikan pengalaman yang bagus banget. Sukses terus mbak.

Btw, nasgor tsunaminya enak? *salfok*

Reply

wah.. keren ini ya, saoalnya sekarang apa-apa berkaitan dengan dunia digital, jadi keberadaan relawan TIK ini bagus banget yakk...

Reply

Wah ...baru aja kemarin saya ikut acara yang diselenggarakan oleh RTIK. Saya sendiri mendukung visi misinya, agar masyarakat lebih bijak berinternet. Karena akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan internet.

Reply

Selamat ya mba atas terpilihnya menjadi ketua RTIK Bengkulu.. Semoga nanti semakin banyak program dan kegiatan yang semakin diadakan di Bengkulu ya dan semoga akan banyak relawan TIK yang bergabung juga mba

Reply

Duh bagian makan dan ngopi nya bikin salah fokus hehe

Reply

Selamat ya mbak, terpilih sebagai ketua. Semoga selalu kompak dan semangat serta bermanfaat untuk semua. Amin...

Sayang sekali ga ada foto makannya ya, penasaran dengan makanan yang aneh2 itu. 😀

Reply

mie nya om Eri itu bikin aye los pokes.. kapan ya ke Bengkulu hiks hiks.. eniweeei Selamat Datang RTIK Bengkulu di Keluarga Besar Relawan TIK Indonesia.. #BanggaJadiRelawanTIK !

Reply

Wah selamat mbak, terpilih jadi ketua, semoga amanah. DI kota saya Bandung, ada juga relawan TIK, tapi saya gak ada niatan gabung sih

Reply

kemarin saya juga mau bentuk relawan TIK Kepri
tapi masih kesulitan nyari orang orang yg bergerak di bidang IT
semoga nanti bisa terbentuk

Reply

Di Medan juga ada RTIK, mau gabung tapi malu udah tua hahaa..
Sukses mba untuk kegiatan RTIK nya

Reply

Kalau sekadar ngidupin matiin komputer aku bisa. Tapi yg mulai dr nol berbau teknologi, masih perlu byk belajar. Di desaku blm ada relawan dan blm bs gabung

Reply

Wah mantap...baru tau ada relawan TIK..semoga ..sukses ya.., bisa mengemban amanah secara baik..

Dan visi misi tercapai...aamiin..

Reply

Keren banget nih. Untuk menjaga penggunaan internet tepat. Semoga makin semangat bekerja dn selalu dapat memberikan manfaat positif penggunaan internet

Reply

Pernah denger sih RTIK mbak, cuma gak tau cara gabung jadi relawannya :D
Wah kalau banyak relawan berarti bisa bantuin masyarakat melek ttg internet, khususnya internet sehat ya mbak :D

Reply

Keren mbak Milda, selamat ya mbak. Selamat mengemban amanah baru ...dan tetap semangat berbagi

Reply

Selamat ya mba buat relawan TIK bengkulu semoga dengan inovasi yg barunya dapat membantu semua orang gitu

Reply

Wah, pertemuan RTIK klo dijadikan tulisan kyk gini jadi menarik banget mbk. Kayak cerpen..hoho

Reply

Wah keren mba. Kayanya tiap daerah ada relawan tik nya ya? Oiya itu apa dibawah kementerian langsung atau bukan mba? Ku penasaran hehehe

Reply

wah keren, mbak bisa ketemu banyak komunitas

Reply

Waaah.... Managernya Blogger FLP emang kereeen... 😊😊
Semoga bisa nular ke anggota dan staf yang lain di blogger flp

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.