Menu

Minggu, 19 Maret 2017

/


Assalammualaikum Wr.Wb

Cara Membuat Semangka Dari Bahan Agar-agar Untuk Cemilan Sehat Anak. Anak-anak saya sangat doyan makan buah Semangka. Terutama yang non biji dan berwarna merah. Kalo yang berwarna kuning agak kurang suka. Jadi saya jarang membeli buah Semangka yang bewarna kuning. Lagipula yang menjual Semangka warna kuning agak jarang. Karena jarang yang menjualnya, otomatis harganya juga relatif lebih mahal dibanding dengan yang merah. 

Pada postingan saya kali ini , saya tidak akan membahas soal buah Semangka merah atau kuning sih. Tetapi saya mau mengajak teman-teman semua, khususnya para ibu untuk memanfaatkan kulit Semangka untuk dibuat menjadi buah Semangka kembali.



Kok, bisa emangnya kulit Semangka bisa berubah gitu

Bukan kulit Semangkanya kita rubah, akan tetapi kulit Semangkanya akan kita daur ulang , istilahnya begitu. Biasanya kan kalo makan Semangka , gak makan kulitnya. Pasti dibuang.

Nah, dibuang sayang ya. jadi kita daur ulang saja kulit Semangkanya menjadi buah Semangka kembali. 

Gimana tertarik bukan, mau mencoba. Caranya mudah kok.

Terlebih dahulu, Saat membeli buah Semangka, kita belah buahnya menjadi dua. Lalu kita aja anak untuk mengeruk daging buah Semangkanya.



Kalo saya sering sekali mengajak anak langsung makan buah Semangkanya. Dengan menggunakan sendok. Makannya juga rame-rame jadi lebih seru.

Setelah bersih, daging buahnya sudah dimakan atau dipindahkan ke wadah lain. Kulit buah Semangka yang kosong itu kita masukan ke dalam kulkas. Biar dingin. Nanti ketika akan digunakan barulah kita keluarkan kembali.

Sementara itu kita siapkan bahan isian untuk membuat Semangka baru. Kita siapkan dulu bahan-bahannya ya. Untuk bahannya , hampir sama dengan cara atau bahan-bahan untuk membuat agar-agar. Kalo kita rincikan seperti ini. Bahan-bahan yang diperlukan.

- Agar-agar bening, satu bungkus. Ini tergantung ukuran buahnya juga. Kalo besar tentu saja butuh lebih banyak agar-agarnya.

- Gula pasir atau gula halus

- Pewarna makanan. Tergantung ingin membuat Semangka warna merah atau kuning. Sesuaikan dengan selera saja.

- Air matang. Untuk ukuran dan jumlah air. Bisa dibaca dikemasan serbuk agar-agarnya ya. Tapi Kalo kebiasaan saya. Satu bungkus agar-agar butuh tiga gelas air dengan gelas ukuran 200- 250 cc. Jadi kira-kira airnya 750cc.

- Daun pandan

- Sedikit garam



Setelah semua bahan lengkap, selanjutnya mari kita masak.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa cara membuatnya sama dengan membuat agar-agar biasa. Cara masaknya begini

1. Kita campurkan serbuk agar-agarnya ke dalam air yang sudah disiapkan di dalam panci. Lalu kita aduk hingga merata.

2. Masak agar-agar dengan api sedang. Setelah mendidih lalu kita masukan gula, garam, dan daun pandan.

3. Setelah mendidih. Lalu kita angkat. Berikan warna sesuai keinginan. Kalo saya lebih suka memberi pewarna dengan diangkat terlebih dahulu agar-agarnya. Bukan di atas kompor atau dengan api yang menyala. Namun hal ini tergantung dengan cara atau kebiasaan kita masing-masing.

4. Setelah warna merata dan cairan agar-agarnya agak dingin. Lalu kita masukan ke dalam buah Semangka yang sudah kita kosongkan tadi.

5. Terakhir masukan kembali ke dalam kulkas supaya lebih cepat mengeras atau dibiarkan dalam suhu kamar dan dibiarkan sampai keras.



Baiklah setelah keras dan tidak goyang atau sudah menempel di kulit buah Semangka. Lalu kita potong. Saat memotong sama seperti kita memotong buah Semangka.

Nanti agar-agarnya akan menempel di kulit buah dan bentuknya memang mirip dengan buah semangka. cantik ya buah Semangka palsunya, hehehe. Mirip banget ya ama Semangka sungguhan.

Mirip Buah Semangka ya

Anak-anak saya sangat doyan makan Semangka yang terbuat dari agar-agar ini. Tinggi serat juga. Gak takut tertelan bijinya juga. Apalagi saat proses pembuatannya anak-anak biasanya ikut membuatnya juga.

Ini adalah cemilan sehat buat anak, alat dan bahannya juga mudah ditemukan. Cara membuatnya juga mudah dan tak butuh waktu lama. In Sya Allah, teman-teman semua bisa mencoba membuatnya di rumah. 

Jadi gimana, bisakan ya kita mendaur ulang kulit Semangka.  Bisa dong!

Salam, selamat mencoba

Diberdayakan oleh Blogger.