Menu

Senin, 29 April 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_ Kenali dan Kembangkan Potensi Anak Anda Sejak Dini dengan AJT CogTest. Pulang sekolah anak kedua kami, Inga Athifah (6,2 tahun)  menyerahkan selembar surat pemberitahuan. Di dalam surat dari sekolah itu berisi informasi bahwa pada hari sabtu yang akan datang. Athifah dan juga teman-teman di sekolahnya akan mengikuti serangkaian Tes IQ. Pada lembar surat tersebut juga  terdapat informasi nama perusahaan yang akan melakukan tes IQ tersebut.

Sebulan kemudian kami menerima hasil dari tes IQ Athifah. Pada lembar kertas tersebut banyak sekali tercantum berbagai istilah-istilah yang saya dan suami sendiri belum terlalu memahami, apa saja maksud dari penilaian dari tes tersebut.

Semua ditulis dalam bahasa Inggris. Dengan kapasitas bahasa Inggris yang ngepas. Saya dan suami mencoba menerka dan mencerna penjelasan pada selembar kertas hasil tes IQ itu..

Data yang disampaikan juga memuat rentang angka yang menunjukkan tingkat hasil tertentu yang telah dicapai Athifah.Kami mencoba kembali untuk mencerna dan menerka. Pokoknya, memahami dalam bahasa awam saja.


Kenapa hal ini bisa terjadi, sebab kami sendiri belum pernah bertemu dengan panitia atau orang yang telah melakukan tes kepada Athifah. Apalagi tidak ada penjelasan secara langsung kepada kami, mengenai apa saja tes yang telah dilakukan dan bagaimana hasil yang telah dicapai oleh Athifah.

Selanjutnya setelah didapatkan hasil sedemikian rupa, maka apa yang harus kami lakukan untuk mempertahankan prestasi atau capaian yang telah diraih Athifah. Serta sebaliknya apa yang harus kami support untuk mendukung perkembangan kecerdasan atau hasil dari tes yang telah dilakukan, namun hasil yang diperoleh masih sedikit atau kecil.

Hal ini, tidak ada sama sekali. Jadi wajar saja kalo kami sebagai orang tua, kemudian akhirnya menerka dan memahami sendiri dari setiap uraian yang telah disebutkan pada lembar hasil tes kognitif tersebut.

Pentingkah Anak Melakukan Tes Kognitif

Betul sekali, orang tua dan guru penting mengenali potensi anak sejak dini agar dapat mengarahkan mereka untuk kesuksesan di masa mendatang. Oleh karena itu di setiap sekolah.Sejak jenjang TK/PAUD hingga SLTA banyak sekolah yang menjadi kerjasama dengan berbagai perusahaan atau lembaga yang memang mempunyai wewenang untuk melakukan tes potensi anak tersebut.

Anak kami Nawra yang sekarang sudah duduk di SLTP, dulu juga semasa TK/PAUD dan SD melakukan tes kecerdasan semacam ini juga. Hanya beda perusahaan saja.

Setiap orang tua dan guru perlu mengetahui potensi anak sejak dini agar bisa mengarahkan dengan tepat seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan anak. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui potensi yang dimiliki anak adalah dengan memperhatikan kebiasaan dan kesukaan mereka, ada juga yang  mengajak anak untuk mengikuti tes IQ atau tes kecerdasan. 


Namun tidak banyak orang tua yang mempunyai waktu setiap harinya dalam membantu anak belajar secara efektif, serta kesulitan dalam memahami hasil yang diperoleh dari tes IQ secara umum. Seperti kami, yang berangkat pagi dan pulang sore hari dari bekerj. Memang mengakui waktu untuk mengawasi tumbuh kembang anak sangat sedikit.

Usia 5 sampai dengan 18 tahun merupakan masa penting dimana orang tua dan guru harus mengetahui profil kognitif guna membantu memotivasi anak dengan tepat dan efektif. Profil kognitif ini semakin cepat diketahui akan lebih baik. 

Keluhan Saya Pada Tes Kecerdasan Anak

Anak saya pernah mengikuti tes kecerdasan, namun saya merasa kurang efektif, anak saya sendiri tidak bisa menangkap dan memahami secara benar tes yang dijalaninya. Sebab saat menjelang tes tersebut, saya bingung mau mempersiapkan apa saja kepada Athifah. Yang jelas hari itu, sebelum berangkat, saya sudah memastikan bahwa Athifah dalam kondisi kenyang, sehat dan siap berangkat ke sekolah dengan riang. Selebihnya , kami menyerahkan proses pelaksanaan tersebut kepada pihak sekolah untuk mengawasinya.

Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia memang disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. AJT CogTest dari MCI hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh pakar psikolog dan psikometri Indonesia maupun internasional yang paling sesuai untuk anak Indonesia.

Bagi kami, untuk Athifah yang memang bersiap untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Dasar. Tes kecerdasan atau IQ ini menjadi penting untuk mendapatkan gambaran awal, bagaimana persiapan Athifah lahir batin untuk masuk SD. 


Potensi Apa Saja yang Bisa Digali Pada Tes IQ

Pada saat anak melakukan Tes IQ ada beberapa komponen yang akan dinilai, di antaranya adalah kemampuan daya tangkap, daya ingat, minat terhadap lingkungan atau pengetahuan umum , kesigapan anak terhadap berbagai peristiwa di sekitarnya dan stimulasi dari lingkungan, kemampuan bahasa (pemahaman konsep-konsep bahasa), kemampuan analisis dan sintesis dalam tataran konseptual maupun praktis, kemampuan memecahkan masalah secara konseptual maupun praktis, fleksibilitas berpikir, kemampuan konsentrasi, serta kemampuan dasar numerik atau hitung menghitung.

Lumayan banyak ya yang akan dites, oleh karena itu masalah yang kami hadapi setelah melihat hasil tes Athifah selain belum mengerti mengenai penjelasan seputar hasil tes yang tertera di lembar kertas juga keraguan kami terhadap kondisi atau persiapan Athfah saat menjalani serangkaian tes tersebut. Apakah ia memang dalam kondisi siap untuk menjalani tes atau bagaimana sebab kami selaku orang tua tidak mengawasi dan melihat langsung. 

Berkenalan Dengan AJT CogTest

AJT CogTest merupakan Tes Kognitif pertama yang dikembangkan berdasarkan norma Indonesia dengan proses pengembangan yang sistematis melibatkan lebih dari 250 psikolog Indonesia dan hampir 5.000 anak Indonesia sehingga menghasilkan produk tes yang berkelas dunia. 

Landasan teori psikologi yang dipakai merupakan teori paling mutakhir dan komprehensif di dunia saat ini. AJT CogTest mengukur delapan bidang kemampuan kognitif anak usia 5 sampai dengan 18 tahun sehingga kekuatan serta kelemahan kemampuan berpikir anak dalam belajar dapat teridentifikasi secara lengkap dan jelas.


Chief Executive Officer PT MCI, Ari Kunwidodo mengatakan, “Anak-anak memiliki keterampilan, minat, dan kekuatan serta kebutuhan belajar yang berbeda. Hasil laporan AJT CogTest yang pasti dan mudah dipahami, memungkinkan orang tua dan guru untuk mengarahkan anak dengan informasi yang komprehensif tentang kemampuan kognitif setiap anak, serta membantu memahami pembelajaran anak mereka.”

Saatnya kita mengenali dan mengembangkan potensi anak sejak dini dengan AJT CogTest, ketahui profil pembelajaran unik anak kita untuk memahami bagaimana mereka dapat belajar lebih baik dan efektif. 

Mengapa Memilih AJT CogTest

1.    PT Melintas Cakrawala Indonesia adalah satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menawarkan AJT CogTest, tes kognitif atau tes kecerdasan yang dikembangkan dengan norma Indonesia.

2.    AJT CogTest dirancang khusus untuk siswa Indonesia yang berusia 5 sampai dengan 18 tahun.

3.    AJT CogTest merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 5.000 siswa dari 6 propinsi di Pulau Jawa, bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III & IV. AJT CogTest telah diuji coba di 10 Sekolah terkemuka se-Jabodetabek.

4.    AJT CogTest dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell – Horn – Carroll (CHC Theory).

5.    AJT CogTest adalah tes kognitif yang akurat dan komprehensif dalam membantu mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan belajar anak. Model CHC, yang mana AJT CogTest dikembangkan, adalah model kemampuan kognitif manusia paling komprehensif dan empiris yang mencakup beberapa dekade penelitian.

6.    Tidak seperti alat tes kecerdasan lainnya, atau yang sering dikenal dengan tes IQ, AJT CogTest memberikan hasil yang komprehensif dari 8 bidang kecerdasan anak. Dengan melakukan tes IQ menggunakan AJT CogTest, diharapkan orang tua dan guru dapat memahami cara belajar yang terbaik untuk anak berdasarkan domain kognitif serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak.

7.    Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. AJT CogTest hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia.


 Jenis Paket Tes Kognitif AJT ada 2:

1.    AJT CogTest Full Scale. Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak. Biaya Rp.760.000,-


2.    AJT CogTest Comprehensive. Diperuntukkan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes. Biaya Rp. 1.200.000,-

AJT CogTest dilakukan oleh psikolog yang  sudah mengikuti pelatihan dan disertifikasi oleh PT MCI. Hasil AJT CogTest akan dikirimkan berupa softcopy melalui surat elektronik (email) dalam waktu 7 sampai dengan 14 hari kerja setelah tes dilakukan.

Hubungi PT MCI Untuk Segera Tes Kognitif

PT Melintas Cakrawala Indonesia memberikan solusi dan pelayanan untuk mengetahui potensi kecerdasan anak secara pasti dan mudah dipahami melalui inovasi tes kecerdasan terbaru AJT CogTest, yaitu tes kognitif yang sudah dinormakan untuk anak Indonesia atau terstandardisasi sesuai dengan karakteristik bahasa serta budaya Indonesia. Hasil AJT CogTest akan membantu orang tua dan guru lebih memahami kemampuan berpikir anak dalam pembelajaran di sekolah.

Kontak kami:

Graha Irama 5th Floor Unit F.Jalan H.R Rasuna Said X-1 Kav 1-2, Jakarta 12950. Telp: 021-5261487. E-mail: info@melintascakrawala.id . WhatsApp CS: 087883258354
Instagram: @melintascakrawalaid
Website: www.melintascakrawala.id

#YukKenaliAnakKita #AJTCogTest #TesKognitifAJT

10 comments

Wah bener banget tuh ya Mbak, sebagai oangtua alangkan baiknya mengetahu potensi yang ada pada diri anak

Reply

Wah bener banget tuh ya Mbak, sebagai orangtua alangkah lebih baiknya kalau mengetahui potensi anak

Reply

Rekomendai banget nih Ajt cogtest ini. Karena bisa mengetahui 8 kemampuan anak

Reply

Hmm bener banget tuh Bun, biasanya memang test seperti itu campura dari luar

Reply

Banyak juga ya kelebihan yang diperoleh dari Ajt Cogtest ini

Reply

Wah bermanfaat sekali nih artikelnya. Terima kasih Mbak atas informasinya

Reply

6 tahun ... masih besar peluang dan waktu untuk mengembangkan potensi kecerdasan dan bakatnya :)

Reply

Salam kunjungan dan follow disini ya :)

Reply

Ikut psikotes yang dibuat sesuai norma Indonesia kayaknya belum pernah ada ya, jd tertarik pingin ikutan

Reply

Belum pernah daftarin anakku buat tes kecerdasan, Mak. Ternyata selain tes kecerdasan ada juga tes yg dari hasilnya bisa ketauan minat, bakat serta gaya belajarnya ya Mak.

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.