nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Mengulas Perbedaan dan Harga Tepung Maizena dengan Tepung Lainnya

Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_Mengulas Perbedaan dan Harga Tepung Maizena dengan Tepung Lainnya. Ada banyak jenis tepung yang digunakan untuk membuat aneka makanan. Meski sama-sama berwarna putih dan berbentuk halus, namun aneka tepung ini memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda-beda. Salah satu yang paling sulit dibedakan adalah tepung maizena dengan warna putih dan halus. 

  
Tepung maizena ini mirip dengan tepung tapioca yang juga putih dan bertekstur halus namun ternyata terbuat dari bahan yang sangat berbeda. Perbandingan harga tepung maizena yang lebih mahal biasanya digunakan untuk membedakan tepung tersebut dari tepung lainnya.

Tepung maizena terbuat dari jagung namun berbeda dengan tepung jagung. Meski sama-sama terbuat dari jagung namun proses pembuatan tepung maizena dengan tepung jagung sangat berbeda. Tepung jagung dibuat dari menghaluskan jagung menjadi lebih halus sehingga tepung jagung berwarna kekuningan. 



 
Tekstur tepung jagungpun sedikit kasar karena diproses dengan cara ditumbuk yang kurang merata. Sedangkan untuk tepung maizena diproses dengan cara mengambil sari pati tepung jagung sehingga hasilnya lebih putih dan bersih.

Harga tepung maizena lebih mahal dibandingkan tepung yang lain yaitu sekitar Rp. 5.000 hingga Rp 10.000 untuk 250 gramnya. Untuk tepung tapioka dan tepung jagung saja bisa memiliki harga hanya Rp. 10 ribuan per 1 kg. Namun hal tersebut wajar saja karena memang proses pembuatan tepung yang lebih rumit dibandingkan lainnya. 

Tepung maizena juga biasanya ditambahkan dalam jumlah yang sedikit dibandingkan tepung tapioka untuk memberikan manfaat yang sesuai. Tepung maizena digunakan untuk mengentalkan saus, membuat kue tradisional dan kue basah lainnya. Selain itu aneka makanan juga lebih enak dan kental dengan penambahan tepung maizena ini.


Mencari tepung maizena lebih sulit dibandingkan dengan tepung tapioka ataupun tepung jagung. Namun Anda tetap bisa memesannya di berbagai toko kue, baik secara online atau offline yang menjual berbagai kebutuhan pembuatan kue dan makanan. 

Anda bisa membeli dengan harga tepung maizena dan mentega tawar yang tetap terjangkau sehingga bisa berhemat untuk membeli kebutuhan lainnya. Selain tepung maizena, anda juga bisa membeli berbagai bahan kebutuhan dapur lainnya dengan lebih mudah, cepat dan hemat.
Baca Juga

Related Posts

0 comment

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin