nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Permainan CERDIK Dari So Good Untuk Anak- anak Zaman Sekarang


Saya memiliki tiga orang anak, kegiatan yang paling sering kami lakukan bersama-sama adalah bermain. Di rumah saya pun menyediakan berbagai jenis mainan. Dari mainan yang bisa dibeli , dibuat sendiri dari produk daur ulang. Sampai berbagai permainan yang memanfaatkan alam atau lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggal kami.

Anak saya nomer dua si Athifah adalah anak yang sangat aktif, dia sangat suka bermain. Dia sangat suka bermain apa saja. Baik di dalam rumah, apalagi jika sedang berada di luar rumah, dia sangat suka sekali bermain. 

Saya pun tak pernah melarang dia bermain dan mencoba apa saja. Meski rumah berantakan, berserakan seperti kapan pecah. Saya tak pernah marah atau kesal jika mendapati rumah berantakan. Bahkan tak berapa lama setelah saya bereskan. Kadang cuma hitungan jam saja. Rumah terlihat rapi.
Usia Athifah baru empat tahun dan adiknya 18 bulan, ketika mereka bermain bersama sudah bisa dipastikan, bagaimana kondisi rumah kami. Saya sih membebaskan saja mereka bermain, tentu saja dengan pengawasan agar tidak terjadi suatu masalah.



Kegiatan saya sehari-hari lebih banyak di rumah, kegiatan menulis juga bisa saya lakukan di rumah dan dikirim secara online. Jadi otomatis saya memang punya waktu yang banyak unuk bermain dengan anak-anak.

Manfaat bermain bagi anak

Anak yang suka bermain atau bergerak, dikatakan bahwa anak tersebut sehat dan kuat. Bahkan bisa dibilang sebagai anak yang cerdas. Banyak hal positif yang dilakukan oleh anak saat bermain. Selain itu banyak sekali manfaat dari bermain. Dengan bermain apalagi bermain dengan gerakan, maka secara otomatis anak berlatih kecerdasan motoriknya, koordinasi diri dan kerjasama. Selain itu juga melatih kecerdsasan intrapersonal anak. Dimana anak juga berusaha untuk bermain dan berinteraksi dengan orang lain.

Beberapa Permainan yang Bisa digunakan

Hampir semua permainan Athifah suka, membaca, menulis, mewarnai, dan banyak lagi. Dari sekian banyak permainan yang paling disukai oleh Athifah adalah permainan yang menggunakan fisik, seperti main ayunan, main prosotan, naik turun tangga dan bermain lari-larian. Untuk permainan lari-larian Athifah sangat suka bermain Petak Umpat. Dia sangat suka jika diajak mencari sesuatu. Satu lagi suka bermain yang ada musiknya atau sambil bernyanyi.



Aktif Bergerak Butuh Energi yang Banyak

Anak yag aktif atau suka bermain, maka kebutuhan akan energinya juga banyak. Mudah sekali haus dan lapar. Athifah dan semua anak-anak saya memang sudah saya biasakan untuk sarapan pagi. Segela susu hangat setiap pagi, adalah sebuah ritual rutin yang selalu saya buatkan untuk mereka. Lalu sarapan bergizi dan praktis. Maklum kadang saya tidak sempat ke pasar untuk belanja stok sayuran segar. Sama halnya dengan para ibu lainnya saya selalu juga sedia beberapa pilihan bahan makanan wajib yang selalu ada di kulkas . Di antaranya adalah makanan Frozen Food seperti Nugget, Sarden, Telur dan Aneka Mie. Semua jenis bahan makanan tersebut selalu tersedia di rumah kami.

Athifah dan Gagjet

Awalnya saya lupa entah kapan Athifah suka bermain handphone. Tapi kalo saya ingat  awalnya dari saudara saya yang pernah bermain dengan Athifah. Dia meminjamkan Atifah Handphone-nya dan mengajak Athifah bermain dan mengakses internet Y. Hal ini baru saya ketahui, setelah beberapa waktu di rumah, di saat sedang senggang atau di sela waktu dia bermain dan melihat handphone saya atau suami. Maka Athifah akan segera meminjamnya dan tangan kecilnya langsung bisa membuka Y tersebut. Saya pun jadi heran, kok bisa Athifah begitu. Ternyata hal itu membuat dia candu untuk bermain dengan handphone. Beberapa kali dia kedapatan sedang asik bermain dangan gagjet kami. Bahkan pernah saat dilarang dia marah dan menanggis.

Awalnya begitu, lalu lama-kelamaan , akhirnya mau ga mau kami juga ikut membuat Athifah jadi terbiasa juga main di gagjet. Saya yakin semua orang tua yang memiliki anak zaman sekarang. Tentu pernah melakukan hal ini. Dan ga bisa ga ngasih anak main gagjet.

Lalu bermain handphone saat kami misalnya sedang ada tamu, bertemu atau sedang di luar rumah. Yang paling sering saat kami ada kegiatan luar, sementara aksi ingin bermainnya tak bisa dibendung alias tidak bisa diam. Salah satu cara yang sangat ampuh untuk membuat dia diam adalah dengan membiarkannya bermain handphone. Bisa tahan duduk diam atau mangkal di suatu tempat sampai beberapa jam, sampai handphone habis batere.

Padahal ini adalah salah satu perbuatan dan pola asuh yang salah, kita sebagi orang tua yang memang sadar atau ga sudah jadi andil kenapa anak doyan gagjet.

Pernahkan teman-teman mengalami hal serupa ini. Mau ga mau, sadar apa ga, anak bermain hangphone juga akibat salah asuhan dari kita. Kita yang salah memberikan alternatif bermain pada anak. Alasannya sih karena kepepet, ini kesalah saya dan kesalahan orang tua secara umum.

Apalagi saat ini sangat tidak mungkin melarang anak untuk bermain handphone. Athifah meski sangat senang bermain aktivitas fisik, bermain handphone dia juga suka. Sering mencuri-curi handphone kami. Hal ini ga bisa kita hindari ya, akibat dari kemajuan zaman. Contohnya Athifah bisa akses internet dari hanphone memang bukan dari kami pertama kali dia belajar.

Akan tetapi anak akan tahu dengan sendirinya sebab lingkungannya memang sudah begitu. Metamorphosis digital sudah menjadi milik semua usia, termasuk anak-anak seusia Athifah.

Athifah, Nugget dan Gagjet

Oleh sebab itu, kemajuan teknologi tidak bisa dihindari. Maka sebagai orang tua. Maka kita yang harus mencari alternatif yang baik untuk permainan anak atau mengawasi anak bermain handphone dengan baik.

Saya pun tak bisa menghentikan keinginan Athifah untuk bermain HP. Namun yang bisa saya lakukan adalah mendampingi serta membatasi apa-apa saja yang boleh dan tidak dia tonton atau mainkan. 

Anak tetap bermain internet dan handphone tetapi yang diakses adalah hal-hal yang baik saja. Yang tidak merusak dan membuat anak lupa identitasnya.

Maka suatu hari saya diberitahu teman tentang suatu permainan aplikasi untuk bermain anak. Nama aplikasi tersebut So Good Cerdik. Untuk aplikasinya kita tinggal donlot saja di playstore , lalu nanti kita tinggal scan cerita yang akan ditonton atau dimainkan oleh anak di handphone.

Saya pun penasaran, lagipula anak-anak juga suka makan Nugget. Kartu yang akan di scan di aplikasi So Good Cerdik tersebut salah satunya akan kita dapatkan di dalam kemasan So Good seperti ini.



Saya pun mulai mengumpulkan  semua kartu Storybook Cerdik pada setiap kemasan produk So Good. Dan tonton setiap cerita di aplikasi Storybook Cerdik. Ada 3 cerita yang bisa Ayah bunda tonton bersama anak-anak , yaitu Lala & Sing-Sing, Umbo Larage, dan Chika & Chiko. Semua ceritanya sangat seru dan menarik loh!

Athifah sudah punya dua, yang Lala dan Sing-sing belum dapat. Semoga nanti akan dapat, ketika membali So Good yang baru, jadi biar lengkap koleksi ceritanya.



Kenalan dengan Aplikasi So Good Cerdik

So Good CERDIK adalah aplikasi yang bisa didownload di google play. Cara mainnya seru dan mudah banget. Menggunakan teknologi digital yang sedang ngehits saat ini, Augmented Reality atau disingkat AR.

Aplikasi So Good Cerdik sudah terpasang

Dimainkan dengan menggunakan kartu, So Good CERDIK bisa didapatkan untuk setiap pembelian produk So Good Siap Masak (Bakso, Nugget, Stick, Seafood, Shaped Nugget, Whole Muscle, Sausege) kemasan 400 gram. Kartu berbingkai yang bisa didapat dalam kemasan So Good siap masak berisi 3 dongeng pilihan.

Saya menemani Athifah Bermain CERDIK


Cara memainkan, cukup arahkan kamera dari aplikasi So Good CERDIK ke kartu So Good CERDIK. Dan taraa…dongeng anak pilihan sudah bisa dinikmati. Anak bisa bermain dengan teman-temannya atau Ibu dan Ayah bisa mendampingi buah hati dengan mendongeng menggunakan So Good CERDIK.

Manfaat Permainan So Good Cerdik

1.    Memberikan alternatif aplikasi rekomended untuk anak saat mendapat jadwal bermain smartphone.
2.    Dengan So Good CERDIK, orangtua bisa membangun bonding bersama buah hati, bermain bersama saudara atau teman, membuat anak akan lebih mudah membangun kebersamaan bersama.
3.    Tentu kita sudah tahu bagaimana fungsi dongeng dalam membantu stimulasi pertumbuhan anak, karena dapat melatih imaginasi dan pola pikirnya. Tiga dongeng pilihan, yang tiap dongeng terbagi menjadi 4 seri bersambung dalam So Good CERDIK merupakan alternatif pilihan dongeng terbaik yang bisa diperkenalkan pada anak.

Add caption

4.    Yang paling penting, aplikasi So Good CERDIK tidak hanya untuk anak, tapi juga membantu Ibu mencari resep alternatif untuk mengolah So Good siap masak. Hayo ngacung siapa yang selama ini masak Nugget hanya digoreng dan dicocol saus tomat atau sambel terus? Sama ya dengan makmin.
5.    Dalam So Good CERDIK tersedia bermacam resep praktis namun bervariatif untuk menjadi pilihan olahan sehari-hari.
6.    Kartu So Good CERDIK dalam So Good siap masak, dikemas dalam bingkai lucu yang bisa dijadikan bingkai foto yang pasti disuka oleh anak-anak.
7.    Dongeng dalam teknologi AR aplikasi So Good CERDIK juga merupakan alternatif bagi yang sudah kesulitan mengoleksi buku dongeng anak. Jika ruangan rumah tidak terlalu besar, barang-barang banyak, sebagian Ibu-ibu sekarang sering berpikir ulang saat akan mengoleksi buku dongeng anak. Dongeng So Good CERDIK adalah salah satu solusi efisien bagi yang mengalami kendala ini.

Selain cerita untuk anak-anak. Di aplikasi So Good Cerdik ini juga terdapat resep-resep yang dapat digunakan oleh para ibu untuk memasak aneka makanan untuk si buah hati.  

Bisa pilih resep juga ya buat masak

Athifah sangat suka dengan cerita Chika Chiko, suara atau sound dari aplikasi terdengar sangat jelas dan menarik. Apalagi anak-anak memang suka dengan hal-hal yang berbau musik.

Kalo belum begitu paham soal aplikasi CERDIK ini, silakan ditonton di video berikut ini ya



Dengan Aplikasi keren dari So Good ini, saya tak perlu kuatir anak bermain gagjet. Sebab ada permainan yang mendidik, informatif dan penuh pengetahuan yang bisa dimainkan dan ditonton oleh anak kapan saja dan dimana saja.

Kita tidak bisa hanya melarang anak bermain gagjet tanpa solusi. Atau melarang saja , iya dari kita mungkin dia tidak terpapar. Tapi apa yakin kita bisa menjaga dan mengawasi anak kita ga main gagjet. Saya rasa ga mungkin bisa, jadi solusinya adalah dengan memberikan alternatif salah satunya dengan permainan CERDIK ini. Semoga nanti So Good, akan mengeluarkan lebih banyak lagi cerita-cerita seru dan permainan yang menarik untuk anak-anak kita. 

Permainan Cerdik So Good memang untuk anak-anak CERDIK.



Baca Juga

Related Posts

33 comment

  1. Anak anak sy pun suka main kartu so good cerdik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah Mba, tampilan ceritaya sangat menarik

      Hapus
  2. Terimakasih infonya mba, baru tahu ada aplikasi So Good . Mau download untuk anak saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bunda, dicobain aja, asik kok mainnya

      Hapus
  3. aku juga suka bermain game, mobile legend:D

    BalasHapus
  4. Wah seru, bisa bikin anak jadi semakin kreatif

    BalasHapus
  5. Jadi pengen nyoba main game CERDIK-nya juga nih, apalagi sambil makan nugget So Good~ :D

    BalasHapus
  6. Bisa untuk dongeng ke baby juga ya mbak

    BalasHapus
  7. Aku harus dwnlad aplikasi ini, kalo ponakan main ke rumah, bisa aku ajak bermain bersama ^^

    BalasHapus
  8. Keren banget mbak permainan anak jaman now ya

    BalasHapus
  9. Ayoo mi koleksi semua serinya hehe

    BalasHapus
  10. So good cerdik ini bagus mbak, daripada anak kecanduan main game yang ga sesuai umur ya.

    BalasHapus
  11. gak ada ank kecil sih di rumah, tapi bagus nih untuk anak-anak

    BalasHapus
  12. Yeaay punya mainan Bali adek Atifa, Ghaisan juga minta beli lagi nih SoGood cerdiknya

    BalasHapus
  13. untuk anak usia berapa yah cocoknya membacakan dongeng? anak saya baru 9 bulan, takutnya tangkapannya masih kurang ngerti, padahal minat banget beli so good dan main dongeng virtual augmented reality ini

    BalasHapus
  14. Selain jadi cemilan enak nyam nyam jg ngebantu bonding antara ibu dan anak lewat cerdik ini ya bun, bikin anak hepi hihi. kujadi pengin makan nuget dan cocol saus sekarang :33

    BalasHapus
  15. Hahaha.. Sama banget sih. Anak keduaku juga paling aktif dan kalo sedang di harapkan duduk diam, tinggal sodorin gadget. Gak sehat sih cara ini, makanya cuma berani melakukan itu sesekali. Biar gak nyandu. Tapi aplikasi cerdik ini bagus deh, gak bikin anak nyandu dan kontennya bagus

    BalasHapus
  16. Wahh kreatif banget nih so good bikin aplikasi AR seperti ini.. mungkin ke depannya bisa ditambahkan dalam bentuk VR kan lebih enak lagi tuh bisa dengerin dan merasakan pengalaman cerita nya

    BalasHapus
  17. Kemarin aku main so good cerdik sama keponakan dan mereka senneg banget. Kita makin semangat ceritainnya, sambil belajar membaca juga bisa. Pokoknya jadi seru banget

    BalasHapus
  18. belajar sambil bermain itu perlu banget buat yang masih anak anak. APalagi, sekarang udah saya jarang melihat anak anak di dongein sebelum tidur. Nah, dengan adanya inovasi dari So Good terbaru ini membuat anak anak makin asik dalam bermain sambil membaca buku melalui Aplikasi dari So Good

    BalasHapus
  19. anak-anak pasti suka sekali tuh mbak, ada tuh contohnya anak tetangga. suka sekali dengan olahan so good, digoreng terus dimakan dengan nasi putih bisa bikin mereka nambah lho

    BalasHapus
  20. Iya betul, anak sekarang gak bs dilarang main gawai. Jalan tengahnya dg mendampingi dan ngasih batas waktu biar gak tergantung banget. Kalau mainpun pilih mainan yg mendidik kaya So Good Cerdik ini

    BalasHapus
  21. Saya gak begitu rewel, lihat rumah berantakan. Memang waktunya anak-anak bermain. Kalau sudah selesai bermain, baru dibereskan.
    Apalagi kalau bermain dengan permainan yang mendidik, seperti kartu so good cerdik, anak-anak bermain sambil belajar, ya...

    BalasHapus
  22. Anak2ku juga suka mainan dan dongeng so good cerdik ini mbak.
    Jadi kepengen koleksi lengkap part2nya hehe

    BalasHapus
  23. Usia kakak-adik hampir sama dengan anak nomer 2 dan 3 saya, Mbak. hihi, jadi kayak liat anak sendiri :)
    Pasti senang lah yaa anak2 diberi mainan So Good Cerdik ini. Sambil main hape, bisa baca dongeng sekalian. Plus... maem nuggetnya yg enyakkkk :)

    BalasHapus
  24. bbrp kali ketemu gagjet, itu tulisan gag-jet itu autocomplete ya mba. Maksudnya gadget ata gajet (ditransliterasikan) ya? atau sekalian bahasa indonesianya, gawai.

    BalasHapus
  25. pakai aplikasi cerdik ini belajar tapi serasa main game buat anak-anak ya mba.. bagus banget konsepnya gak bikin anak-anak bosan jadinya

    BalasHapus
  26. Bagus ya mbak aplikasinya. Maunya sih ceritanya semakin banyak dan beragam. Jadi koleksi cerita pengantar tidur makin banyak

    BalasHapus
  27. Oohh kayak gitu ya bentuk ceritanya. Oke juga :)

    Ternyata di aplikasinya juga ada resep segala ya :)

    BalasHapus
  28. Aku kira foto pertama tadi mba Milda punya bayi (lagi)...ternyata boneka Lathifa...wkkwkk....maaf mba...mirip banget sama bayi.

    Aplikasi yang menyenangkan...
    Anak-anak kalau sedang macet jadi suka mendengarkan cerita segar dari CERDIK So Good.
    alhamdulillahnya, gak ada iklan pop-up yang kadang gemeesh...karena muncul gak sesuai dengan konten anak-anak.

    BalasHapus
  29. Seru ya bu aplikasi buat anaknya. Semoga makin banyak aplikasi yang edukatif buat anak-anak. So Good memang terbaik untuk memanjakan anak. Nuggetnya enak, dapat aplikasi yang keren plus ada resep masakan pula.

    BalasHapus
  30. So good cerdik bikin ngasuh anak makin asyik. Haha. Mantap!

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin