Menu

Selasa, 26 Februari 2019

/
Tips Hidup Hemat di Tanggal Tua, Bertahan Pada Momen Kritis Akhir Bulan
sumber:@eliottreyna
Tanggal tua selalu jadi momok buat siapa saja. Pada momen kritis ini, harus banyak-banyak berhemat jika tidak ingin terjerat utang hanya sekadar untuk bertahan hidup. Kemampuan mengelola keuangan selama satu bulan teruji dalam pembagian budget bulanan ini. Jika kamu sudah bersiap sejak awal bulan, maka tanggal tua sudah bukan lagi momen yang menyeramkan.

Tetapi yang namanya kebutuhan hidup suka nggak bisa diprediksi. Meski sudah membagi pengeluaran agar pas hingga tanggal gajian tiba, tetapi keperluan mendadak bisa terjadi dan jumlahnya pun tidak bisa diperkirakan.

Sedang mengalami hal ini dan pusing membagi budget? Coba ikuti beberapa tips berikut ini.
Bayar Tagihan Penting Terlebih Dahulu
Uang boleh menipis, tetapi membayar tagihan bulanan yang penting harus didahulukan. Sebelum membagi budget untuk berbagai kebutuhan, bayar paket pascabayar XL di Traveloka. Setelah pembayaran tagihan selesai, baru beralih ke kebutuhan lain.
sumber:@eliottreyna
Tanggal Tua, Jangan Perut Jadi Merana
Meski dompetnya super tipis, bukan berarti perut jadi korbannya. Jangan sampai terus menerus makan-makanan instan untuk mengenyangkan perut. Karena bukan kenyang yang akan kamu dapatkan, tetapi justru sakit dan menambah biaya lagi buat berobat.

Masaklah sendiri untuk makan sehari-hari. Dengan memasak sendiri, kamu bisa dapat makanan sehat, tetapi dengan harga yang murah meriah daripada beli masakan matang di warung atau resto. Jangan lupa untuk membawa bekal sendiri ke kantor atau ke kampus. Dengan bekal, kamu akan menghemat biaya makan dan tentunya hidup lebih sehat.
Beli Bahan Makanan Seminggu Sekali
Membeli bahan makanan segar mingguan lebih hemat uang dan juga waktu. Buatlah daftar makanan apa saja yang ingin kamu masak selama satu pekan ini, dan beli bahan-bahannya lalu disimpan di kulkas. Agar lebih hemat, kamu bisa beli bahan-bahan makanan ini di pasar tradisional. Selain bisa ditawar, harga asli di pasar tradisional lebih murah daripada ritel besar.
sumber:@annetran
Ngopi di Rumah Saja, Lebih Hemat
Disadari atau tidak, biaya nongkrong bisa menyedot budget yang lebih banyak daripada makan sehari-hari. Secangkir kopi di café harganya bisa lebih mahal daripada sepiring nasi menu makan siang dan malam kamu.
Untuk akhir bulan yang kritis, sebaiknya ngopi di rumah saja. Ajaklah teman-teman untuk ngobrol santai di halaman sambil ngopi buatan sendiri. Dengan suasana yang hangat, ngopi bareng teman di rumah sama menyenangkannya dengan ngafe di tempat yang cozy, lho.
Sisihkan Uang Transportasi di Tempat Terpisah
Sebaiknya sejak awal bulan hitung berapa pengeluaran kamu setiap bulan untuk transportasi. Jangan sampai kejadian di akhir bulan nggak bisa berangkat kerja atau ke kampus karena ongkos transportasi terpakai untuk keperluan lain.

Sisihkan di tempat tersendiri, dan ambil ketika diperlukan. Dengan begini, akhir bulan pun kamu tetap bisa mobile ke mana-mana, sesuai dengan kebutuhan.

sumber:@inacarolino
Pakai Internet Pascabayar dari XL Saja
Internet sudah menjadi kebutuhan bulanan yang nggak bisa dihindari. Untuk menghemat  pengeluaran, memakai paket internet dari kartu pascabayar XL adalah solusi terbaik. Dengan harga yang murah, kamu nggak akan tercekik tagihan bulanan yang melambung tinggi.

Bayar paket pascabayar XL pun mudah. Kamu bisa melakukannya di Traveloka, yang sekarang sudah sedia loket pembayaran tagihan kartu pascabayar. Dengan kartu pasca, kamu nggak harus pusing ketika di akhir bulan perlu telepon atau internet sementara isi kartu prabayar sudah habis.

Selamat mencoba!


2 comments

tipsnya cocok banget buatku yg suka foya-foya setelah gajian nih mbak. Hehehe.

Reply

tipsnya bermanfaat, terima kasih ilmunya kak :)

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.