nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Seputar Pengajuan Kartu Kredit yang Harus Kamu Ketahui

Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_Seputar Pengajuan Kartu Kredit yang Harus Kamu Ketahui.Zaman digital dan serba praktis saat ini banyak mendorong orang untuk melakukan pengajuan kartu kredit. Hal ini karena hampir seluruh kegiatan transaksi di hidup kita bisa dilakukan dengan mudah jika kita memiliki kartu kredit.

Terlepas dari pro dan kontra kartu kredit. Hal ini kembali kepada sipembuat atau pengguna kartu kredit itu sendiri. Bagaimana keuangannya sehari-hari dan pengaturan penggunaannya. Jadi tidak terjebak dengan hal-hal buruk yang terkait seputar kartu kredit. Pengajuan kartu kredit main hari semakin meningkat. 


Berdasarkan data statistik pembayaran Bank Indonesia (BI) yang dikutip CNBC Indonesia, Jumat (2/2/2018), total transaksi kartu kredit sepanjang tahun lalu secara nominal mencapai Rp 297,4 triliun, dengan volume transaksi sebanyak 326,9 miliar.

Adapun penggunaan kartu kredit belanja sepanjang tahun lalu secara nominal mencapai Rp 288,3 triliun dengan volume transaksi belanja mencapai 318,6 miliar. Jumlah kartu kredit yang beredar mencapai 17,2 juta di 2017.

Pengertian Kartu Kredit

Bagi yang tahu apa itu kartu kredit, mungkin penjelasan ini bisa membantu Anda, Sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No: 14/2/PBI/2012 pasal I ayat 4, Kartu Kredit adalah Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

Nah, jika Anda memiliki keinginan untuk melakukan pengajuan kartu kredit, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya bisa juga dengan melakukan pengajuan kartu kredit secara online silakan kunjungi situs CekAja.com. Untuk pengajuan kartu kredit secara offline. Anda bisa datang langsung ke bank terdekat.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Berikut ini bisa jadi gambaran secara umum, syarat dan kelengkapan dokumen . Jika ingin melakukan pengajuan kartu kredit secara online di CekAja.com

Berdasarkan Usia

Pemegang kartu utama: minimum 21 tahun, maksimum 65 tahun.
Pemegang kartu tambahan: minimum 17 tahun, maksimum 65 tahun.
Pengajuan aplikasi kartu kredit memiliki batas usia yang wajib dipenuhi.

Berdasarkan Penghasilan (sesuai level kartu)

Silver: Rp 36 juta/tahun
Gold: Rp 45 juta/tahun
Platinum: Rp 120 juta/tahun
Infinite: Rp 600 juta/tahun

Dokumen yang Dibutuhkan

Kartu identitas (KTP/SIM/Paspor)
Fotocopy keterangan penghasilan/slip gaji
Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (untuk yang sudah memiliki)
Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir (untuk pengusaha)
Fotokopi akta pendirian perusahaan (TDP) & SIUP (untuk pengusaha)
Fotokopi keterangan izin praktik (untuk profesional)

Kelengkapan syarat ini akan mempengaruhi lamanya pengajuan kartu kredit untuk disetujui. Oleh karena itu sebelum membuat pengajuan kartu kredit, sebaiknya semua syarat dan dokumen yang dibutuhkan sudah Anda cek dan tersedia lengkap. 


Bank Apa Saja Penerbit Kartu Kredit

Jika membuat secara online  di CekAja.com ada lebih dari 18 bank yang menerbitkan produk kartu kredit dengan berbagai keunggulannya.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI)
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
The Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC)
PT Bank CIMB Niaga Tbk
PT Bank Mega Tbk
PT Bank Danamon Tbk
Citibank Indonesia
Standard Chartered Bank
PT Bank Panin Tbk
PT Bank Bukopin Tbk
PT Bank Permata Tbk
PT BII Maybank Indonesia Tbk
PT Bank OCBC NISP Tbk
PT Bank ANZ Indonesia
PT Bank UOB Indonesia
PT Bank ICBC Indonesia
Alasan Pengajuan Kartu Kredit Ditolak

Banyak faktor pengajuan kartu kredit Anda ditolak, selain dari syarat dan data dokumen tidak lengkap. Di antaranya adalah

1.Data Penghasilan Tidak Sesuai atau Tidak Mencukupi

Limit kartu kredit akan berbeda sesuai dengan kebutuhan calon pemegang kartu dan jumlah penghasilan yang dimilikinya.Rata-rata penghasilan minimum yang ditetapkan oleh bank adalah Rp3 juta. Nilai itu pun berbeda pada setiap bank.

2. Rekam Jejak  Kredit Buruk

Pernah menunggak pembayaran tertentu? Rekam jejak kredit yang Anda miliki, seperti kredit kendaraan, cicilan KTA, dan lain sebagainya. Sangat berpengaruh pada proses pengajuan kartu kredit, jika anda pernah menunggak.

3. Gagal Melakukan Verifikasi

Pastikan saat mengisi formulir pengajuan kartu kredit, Anda diharuskan mengisi data formulir yang berisi nomor telepon pribadi, kantor, rumah, dan keluarga dekat yang bisa dihubungi.

4. Pekerjaan Tidak Tetap

Jika  Anda sering berpindah-pindah kerja? Hal ini akan  membuat bank mempertimbangkan kembali pengajuan kartu kredit Anda. Sebab, bisa dianggap sebagai seseorang yang tidak loyal.

5.Perusahaan Tidak diblacklist

Perusahaan yang masuk dalam daftar blacklist di Bank Indonesia akibat kredit akan membuat bank mempertimbangkan kembali pengajuan kartu kredit pegawainya.

6. Tidak Mengajukan di Bank Tempat Menabung

Sebaiknya Anda pengajuan kartu kredit dilakukan di bank dimana Anda menabung dan bertransaksi secara aktif. 

7. Banyak Kartu Kredit

Dalam peraturan BI, pihak penerbit kartu kredit maksimal hanya bisa memberikan dua kartu bagi satu nasabah. Kecuali Anda memiliki  penghasilan di atas Rp10 juta per bulan.
Keuntungan Memiliki Kartu Kredit


Berikut adalah beberapa poin keuntungan dasar dari sebuah kartu kredit yang bisa Anda ketahui:

Mempermudah alat pembayaran
Menjaga jumlah uang tunai (cash)
Mengumpulkan semua bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan
Memiliki fasilitas untuk membayar pengeluaran rutin, seperti tagihan rumah tangga
Memberi servis asuransi kesehatan, perjalanan, pencurian, ataupun kerusakan barang yang dibeli dengan kartu tersebut
Mempermudah transaksi belanja di internet

Bagaimana, apakah Anda sudah mantap untuk melakukan pengajuan kartu kredit. Semoga informasi seputar pengajuan kartu kredit ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan Anda seputar pengajuan kartu kredit. Untuk mendapatkan gambarannya secara umum silakan kunjungi https://www.cekaja.com/kartu-kredit. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga

Related Posts

2 comment

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin