nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Mengenali Geopolitik dan Geostrategi

Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_Mengenali Geopolitik dan Geostrategi. Jumpalagi nih di postingan saya. kali ini membahas yang terihat agak berat yah. Padahal sih, ngaak juga. Tergantung dengan apa yang dipahami sih. 

Bagi yang baru pertama kali dengar istilah geopolitik dan geostrtegis, kedua kata ini terihat asik dan juga mungkin membuat kening berkerut, hihihi. padahal kedua kata ini, biasa saja sih. Biasa kita temua dalam pembahasan mata pelajaran atau mata kuliah seputar kewarganegaraan. Masih dibahasan mata kuliah dasar sih.Jadi masih awal-awal, dan harusnya ga berat dong.



Yah, udah kita coba bahas pelan-pelan yah, semoga penjelasan saya berikut ini juga gampang dipahami. Kalo ga , balik lagi deh baca berulangkali ke blog ini. Saya sih, dengan senang hati. Selagi bermanfaat.

Yuk, mari kita belajar bersama-sama!

Kebijakan dan pelaksanaan dalam memanfaatkan keuntungan letak geografi yang strategis berkaitan dengan geopolitik dan geostrategi bangsa Indonesia. 

Geopolitik ini mengandung pengertian kebijakan politik yang mengaitkan pengaruh letak geografi bumi yang menjadi wilayah (ruang hidup) manusia yang tinggal di atas permukaan bumi. 

Bagi bangsa Indonesia, geopolitik merupakan pandangan baru dalam mempertimbangkan faktor- faktor geografis wilayah negara untuk mencapai tujuan nasional. 

Artinya, geopolitik adalah kebijaksanaan dalam rangka mencapai tujuan nasional dengan memanfaatkan keuntungan letak geografis negara berdasarkan pengetahuan ilmiah tentang kondisi geografis tersebut. 

Sedangkan geostrategi ialah kebijaksanaan pelaksanaan dalam menentukan tujuan-tujuan dan sarana-sarana tersebut guna mencapai tujuan nasional dengan memanfaatkan konstelasi geografis negara.

Geopolitik Indonesia dikembangkan sesuai dengan Pancasila sehingga tidak mengandung unsur-unsur ekspansionisme maupun kekerasan.

Pada geostrategis, keadaan dan letak negara Indonesia pada posisi silang memberikan pengaruh terhadap segenap kehidupan bangsa. Pengaruh-pengaruh tersebut dapat menguntungkan, tetapi juga mengundang berbagai bentuk ancaman. 

Analisis posisi silang negara Indonesia itu tidak hanya mengenai segi fisik-geografisnya saja, melainkan mengenai aspek-aspek kehidupan sosial, yaitu:

a) demografi (kependudukan) antara daerah yang berpenduduk padat di utara dan daerah yang berpenduduk jarang di selatan;
b) ideologi antara komunisme di utara dan liberalisme di selatan;
c) politik antara demokrasi rakyat di utara (Asia Daratan bagian utara) dan demokrasi parlementer di selatan;
d) ekonomi antara sistem ekonomi terpusat di utara dan sistem ekonomi liberal di selatan;
e) sosial antara komunisme atau sosialisme (komune) di utara dan individualisme di selatan;
f) budaya antara kebudayaan Timur di utara (Budha/Kong Hu Chu) dan kebudayaan Barat di selatan;
g) hankam antara sistem pertahanan kontinental (kekuatan di darat) di utara dan sistem pertahanan maritim di barat, selatan dan timur.

Posisi silang dengan segala akibatnya, memaksa bansga Indonesia memilih strategi turut serta mengatur lalu lintas kekuatan-kekuatan atau pengaruh tersebut dengan ikut berperan sebagai subjek dengan mengendalikan, dan memanfaatkan kekuatan-kekuatan tersebut untuk kepentingan nasional. 

Alternatif kedua menuntut kemampuan bangsa Indonesia menciptakan kekuatan sentrifugal artinya lalu lintas kekuatan-kekuatan yang melewati Nusantara harus mampu dikelola, dikendalikan dan dimanfaatkan memberikan sinergi pada kekuatan bangsa dalam pembangunan nasional. 

Pengaruh-pengaruh buruk akibat posisi silang harus dapat diatasi dengan membangun Tannas bangsa Indonesia


Baca Juga

Related Posts

5 comment

  1. Wah ilmu baru nih Bun. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  2. Jadi, geopolitik dan geostrategi itu saling berkaitan ya Bun

    BalasHapus
  3. Wah lengkap banget pengertiannya. Terima kasih ilmunnya

    BalasHapus
  4. Jadi, geostrategi itu strategi yang dilakukan oleh manusia ya Bun

    BalasHapus
  5. Oh jadi itu Mbak geopolitik itu. Lengkap banget penjelasannya

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin