nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Makanan yang Aman dan Menyenangkan Bagi Anak

Assalammualaikum.Wr.Wb

www. mildaini.com_ Makanan yang Aman dan Menyenangkan Bagi Anak. Annasya saat ini berusia 2,7 bulan sedang belajar mengenal berbagai jenis makanan.  Sejak usia satu tahun. Annasya sudah mulai saya perkenalkan denggan menu keluarga. Meski secara bertahap. Disajikan terpisah dan dalam bentuk yang agak lunak. Namun menu makan Nasya tidak berbeda dengan kami. Jika hari itu menu ayam, maka Nasya juga makan ayam, Cuma bentuk dan sajiannya aja yang berbeda.


Selama masa pertumbuhan usia bayi, pertambahan berat badan Nasya sangat pesat . Kemudian Nasya melambat pada usia 2 dan 3 tahun. Saat itu Ia aktif berjalan. Pada periode ini perkembangan fisik, intelektual dan sosial mulai berkembang. 

Ketergantungan anak pun mulai berkurang dan biasanya sudah bisa  menentukan makanan yang disukai dan mulai menolak makanan. Begitu juga dengan kebutuhan makanan anak  akan semakin meningkat sesuai dengan usia dan aktivitas anak. Oleh karena itu setiap hari nafsu anak bisa naik turun. 

Bagi sebagian anak, aktivitas makan kadang-kadang merupakan hal yang kurang  menyenangkan karena pada usia ini hal yang menggembirakan adalah bermain. Anak bisa menahan lapar demi bermain.Bahkan bisa sampai seharian anak tidak makan karena asik bermain. Begitu juga dengan Annasya, kalo udah asik main, lupa makan.

Jika orang tua disiplin dan terus sabar mengarahkan anak untuk memberikan anak makanan sehat dan seimbang. Apalagi tidak diajarkan  sejak dini. Maka akan muncul berbagai gangguan makan pada anak. Akibat lebih buruknya maka akan muncul berbagai masalah pencernaan pada anak. Hal ini juga bisa menjadi gerbang masuknya berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu orang tua harus bisa menjaga pencernaan anak untuk tetap sehat. Kesehatan saluran cerna dan perut yag sehat itu sangat penting bagi anak. 

7 Kehebatan Perut Sehat

1. Pencernaan Nyaman

Perut sehat berfungsi dengan baik sehingga tidak menganggu aktivitas anak. Ada istilah nenek Nasya,kalo perut anak terisi dengan baik,maka sepanjang hari anak-anak bersemangat melakukan apa saja.Tidak mudah rewel dan nangis. Oleh karena itu perlu sekali membuat anak kenyang.

2.Penyerapan Nutrisi

Perut sehat dapat membantu penyerapan nutrisi ke seluruh tubuh sebagai sumber energi dan pembentukan sel. Anak yang aktif butuh asupan gizi dan mineral serta air putih yang banyak. 

3.Pencernaan Lancar

Perut sehat membuat saluran cerna berfungsi dengan baik sehingga pola BAB si kecil jadi lebih baik

4.Perlindungan Alami

70 % sel perlindungan tubuh alami hidup di perut sehat. Anak yang perutnya sehat dan suka makan.Maka tidak mudah jatuh sakit sebab daya tahan tubuhnya kuat.


5. Tumbuh Kembang Optimal

Nutrisi untuk tumbuh kembang optimal didapatkan dari perut yang sehat. Anak yang gizinya tercukupi dengan baik. Maka tumbuh kembangnya juga akan baik.

6. Cepat Tanggap

100 juta sel syaraf terdapat dalam perut membawa informasi ke otak. Nutrisi dan perut yang sehat juga akan membuat anak bersemangat dan mempunyai respon yang baik, punya tenaga.


7. Suasana Hati

90 % hormon seretonin yang mengatur suasana hati diproduksi dalam perut sehat. Serotonin adalah neurotransmitter utama yang dihaslkan oleh saluran cerna untuk selanjutnya dikirim ke otak. Sekitar 95 % serotonin di dalam tubuh ditentukan di dalam saluran cerna . Saat serotonin dilepaskan oleh saluran cerna, otak akan mendapat sinyal yang mengatur suasana hati (mood), selera makan, tidur dan ingatan. Kekurangan serotonin dapat menyebabkan depresi, kecemasan,kualitas tidur yang buruk, daya ingat berkurang, dan kesulitan tidur.

Mengatur Anak Susah Makan

Annasya sangat menyukai makan wortel, jika saya masak atau membeli sop. Baik daging atau ayam. Maka, untuk wortel. Hampir bisa dipastikan, kedua kakaknya , saya dan suami tidak akan mendapatkan makan wortel. Waktu pertama sekolah, bu guru Nasya sempat kaget. Ketika jam makan datang, kebetulan hari itu menu Sop. Bu guru melihat Nasya begitu lahab makan wortel, hihihi. Selain wortel. Nasya juga suka lalap Kol. Kemudian di hari-hari tertentu, malah hanya mau makan nasi saja, tidak pake lauk apa pun. Lucu ya anak-anak.


Sama halnya dengan kita orang dewasa, kadang ga mood untuk makan atau malah ingin makan jenis makanan tertentu saja. Bahkan anak-anak juga bisa melakukan aksi mogok makan.  

Saya sudah melakukan beberapa hal untuk mengajak Nasya supaya mau makan termasuk makan berbagai jenis bahan makanan 

1. Mengajak anak makan dengan penuh kasih sayang. Bisa juga disampaikan pemahaman tentang arti penting makan. Anak-anak juga akan berimajinasi mengenai makanan tersebut.

2. Mencoba menambahkan hal-hal yang menyenangkan bagi anak. Seperti musik, nonton Tv. Yang penting dilakukan sambil duduk , anak harus tetap diajarkan untuk makan dalam keadaan duduk. Meski tidak harus ditempat duduk, sembari diajak ngobrol atau diberikan pengertian seputar makanan.

3.Anak yang kesepian akan susah makan. Solusinya ajak teman makan. Saya biasanya mengajak kakaknya untuk makan bersama-sama. Untuk menemani makan. Bahkan peralatan dan perlengkapan makan mereka pun sama. Kalo tidak ada kakaknya, maka saya sering ikutan makan juga.

4.Ajak anak makan bersama di meja makan dalam suasana keluarga yang gembira.Biarkan saja jika anak ingin makan sendiri. Meski berserakan. Beri kesempatan pada anak untuk melakukan aktivitas makan sendiri.Mungkin akan merepotkan tapi lama kelamaan nanti anak akan terbiasa. Kita tetap mengawasi, apakah makanan memang dimakan atau hanya dimainkan saja. Kita bisa memanfaatkan moment tersebut untuk mengajarkan anak bagaimana makan yang baik.

5. Buatlah pola jam makan yang teratur agar anak mengenal kapan harus makan dan dijadikannya pedoman. Kapan jam sarapan, makan siang, makan malam, waktu camilan. Pola ini mungkin akan membuat anak tidak nyaman.

6. Jika anak tidak menyukai makanannya,maka carilah gantinya yang sesuai dan tidak menyimpang dari kebutuhan gizinya. Jika hanya karena anak berkata sudah kenyang. Maka yang perlu kita lakukan adalah menunggu dan bersabar. Kita bisa juga mengajak anak membeli bahan makanan di warung sayur atau pasar. Sesekali boleh juga mengajak anak memasak.


Jika asupan gizi anak yang dimakan setiap hari tidak seimbang atau tidak lengkap.Maka kita bisa melengkapi asupan gizi yang dibutuhkan oleh anak dengan memberikannya susu. Salah satu susu yang memperhatikan dan memberikan kenyamanan pencernaan anak adalah susu Bebelac gold.  

Kandungan Bebelac Gold

Bebelac Gold baru dengan kandungan tinggi serat untuk dukung perut si kecil agar sehat dan berfungsi baik. Kandungan gizi Bebelac Gold adalah :

1. Fish Oil

Dengan minyak ikan 0,32%, Asam α-linolenat (Omega 3) 114mg/saji dan Asam linoleat (Omega 6) 1273 mg/saji

2. Corn Starch Fos:Gos 1:9 

Tinggi serat pangan. Dibuat dengan FOS:GOS 1:9 dan pati jagung (corn starch) 1,07%. Dengan  minum 3 kali sehari dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian

3. 13 Vitamin dan 7 Mineral

Dengan kandungan Zat besi, Zinc, Iodium, Vitamin A dan Kalsium


Pengalaman Nasya Minum Susu Bebelac Gold

Susu Bebelac gold ini setelah diminum Nasya memberikan efek kenyang.Biasanya kalo diberikan sebelum tidur, maka Nasya akan lelap tidurnya tidak mudah tersentak atau terbangun. 

Kalo di pagi hari,hampir sama memberi rasa kenyang,nyaman di perut dan semangat melakukan banyak kegiatan. Bermain juga betah,ga rewel. Saya pun juga senang, sebab Nasya jadi lebih mandiri dan bisa main sendiri.

Untuk BAB, Alhamdulillah lancar setiap hari,di pagi hari Nasya BAB dengan lancar.Minimal satu kali sehari Nasya BAB. Buang air besarnya juga normal,tidak disertai dengan rasa sakit atau keluhan.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap tersebut. Bebelac Gold dipercaya dengan tinggi serat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian sikecil untuk dukung perut si kecil agar bisa hasilkan 7 kehebatan perut seperti cepat tanggap, perlindungan alami,pencernaan nyaman dan lain sebagainya.


Saya memberikan susu dua kali sehari untuk melengkapi nutrisi Nasya setiap hari. Dalam hal ini susu bukan sebagai pengganti jenis asupana atau gizi tertentu untuk anak. Akan tetapi sebagai pelengkap gizi anak. 

Oleh karena itu pastikan bahwa anak juga mengkonsumsi jenis makanan yang lainnya. 

Salam, Milda Ini

Baca Juga

Related Posts

30 comment

  1. Betul banget ulasannya, pencernaan itu memang organ tubuh paling penting.
    Dari pencernaan yang sehat, gizi dan nutrisi akan diserap dengan baik.
    Kalau pencernaan terganggu, kebutuhan gixi untuk tubuh jadi tak maksimal.

    BalasHapus
  2. Iyup mba.. Susu bkn pengganti asuoan gizinya ya. Melainkan hanya pelengkap. Intinya emaknya hrs telaten jg ngasih nutrisi yg pas. Noted deh. He. Btw, susu bebelac gold emg pelengkap yg oke sih krn tinggi serat ya.

    BalasHapus
  3. nasya cantik sehat sini ammah gendoong..emang suka bingung pilih makanan buat anak, apalagi kalau anaknya g suka, puter otak dehh..untung ada bebelac yg bisa melegkapi nutrisinya

    BalasHapus
  4. Dan... Semua itu didapatkan dg perut anak yang sehat ya mak. Anakku juga minum bebelac gold

    BalasHapus
  5. Iya mbak bener, kalau anak sudah asyik main kadang lupa makan mungkin karena udah asyik dan nggak mau terganggu. HeheeHeh... Soalnya anakku gitu juga... Sepertinya masalah setiap anak hampir sama...hehe

    BalasHapus
  6. Iya betul, anak saya juga kalau makan bareng sama temennya lebih lahap ketimbang makan sendirian

    BalasHapus
  7. Wah sama kaya anakku gibran suka makan wortel kuncinya percenaan sehat agar tumbuh kembangnya optimal

    BalasHapus
  8. Anakku juga penyuka wortel bun. Hanya sayur wortel saja yg dia suka. Utk melengkapi kebutuhan nutrisinya aku juga berikan bebelac gold 3 yg tinggi serat, baik utk menjaga kesehatan perutnya

    BalasHapus
  9. Kayanya anak umuran 2-3 tahun emang masanya pilih2 makan ya. Soalnya ketiga anakku juga pilih2 saat di usia itu

    BalasHapus
  10. Nah betul mak kalo dia susah makan diajak makan bareng ama teman atau keluarga besar biasanya lahap makannya, kadang suka aneh juga deh ma anak2 wwkw..
    Btw bang ubay jg suka bebelac gold.. Sehat terus ya dek nasya

    BalasHapus
  11. Miqdad juga minum susu Bebelac Gold lo dan doyan banget. Cuman kadang dia risih main di tempat kotor. Makanya dia selalu nyediain sandalnya depan pintu hehehehe

    BalasHapus
  12. Anak yang susah makan emang bikin emaknya riweuh. Makasih ya mbak tips spy anak jadi moody baik saat makan.
    Bebelac gold itu emang terbukti menjaga pencernaan

    BalasHapus
  13. Samaa mba saya juga memberikan bebelac gold ini untuk anak-anak, awalnya dapat rekomebdasi dari temen eh bener cocok Alhamdulillah

    BalasHapus
  14. Pinter banget sih mau makan sayur2an dan macam2 jenis makanan. Biasanya anak2 kan suka nolak ya mbak.

    Ternyata tipsnya sering diajak makan bareng yaa. Jadi anak2 tau orang tuanya makan apa, trus ikut2

    BalasHapus
  15. Anak doyan makan tuh bikin ibunya jadi happy ya mak. Selain itu biasanya akunjuga memberikan susu Bebelac Gold

    BalasHapus
  16. Makan rame-rame itu ampuh banget emang Mba buat bikin anak lahap. Hihi.
    Biasanya aku makan di piring besar berempat. Sama ayah dan anak-anak juga. Duh, habis banyak tapi nggak berasa :p

    BalasHapus
  17. Senangnya minum Susu Bebelac Gold bisa membantu kebutuhan nutrisi anak ya. Semoga Nasya makin cerdas.

    BalasHapus
  18. Anasya hebat ih, suka wortel. Tapi sama kayak Aga, kalau udah asik main, dia suka lupa makan.

    Aga sekarang pakai Bebelac Gold juga Mbak, yang kandungan nutrisinya lengkap.

    Sehat terus ya, Anasya.. 😊😊

    BalasHapus
  19. alhamdulilah nemu bebelac gold di rumah anakku yang gede minum ini mba untuk penuhi asupan gizinya

    BalasHapus
  20. Samaa mbaa.. saya juga mengandalkan bebelac buat menjaga kesehatan pencernaan anak2. Alhamdulillah rasanya juga enak, jadi anak2 doyan

    BalasHapus
  21. Kereeen selalu ada yang baru kalo mampir ke Blog ini. Makasih Mbakyu

    BalasHapus
  22. Kelihatan banget kalau nasya suka sama susu itu 😍 ekspresinya itu lho

    BalasHapus
  23. Sepakat bangetbma ulasannya.. Masalah perut emang mempengaruhi organ yang lain

    BalasHapus
  24. Wah, iya benar sekali (meskipun Fin belum berkeluarga) tapi, adik uang masih kecil juga demikian. Kalau sudah main ... suka lupa makan.

    BalasHapus
  25. Bagaimana mengatasi anak yang kurang suka makan kak?

    BalasHapus
  26. Kandungan gizinya lengkap ya jadi bisa untuk nambah nutrisi anak..sehat selalu ya kiddos..

    BalasHapus
  27. benar-benar harus dijaga makanan untuk anak bayi ya mba, karena itu akan mempengaruhi dia ketika tumbuh dewasa..

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin