nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Apa Kabar Taman Remaja Bengkulu? Aku Rindu !

Assalammualaikum Wr.Wb

www.mildaini.com_ Mulai masuk akhir tahun dan liburan  sekolah ini . Sebelumnya hampir semua sekolah melakukan kumpul dan silaturahim para wali dan guru di setiap sekolah.  Biasanya dilakukan di luar sekolah. Dimana , hampir semua tempat – tempat objek wisata di kota Bengkulu, pasti ramai dikunjungi orang-orang.


Salah satunya adalah Taman Remaja, saya dan keluarga besar Paud Mutiara Insani. Tempat Kakak Nawra bersekolah dulu juga pernah mengadakan kegiatan kumpul bersama di sana.Untuk pembagian raport sekaligus silaturahim antara wali murid , para guru dan juga pejabat  sekolah.  

Jadi, kami dikoordinir oleh wali kelas, untuk kumpul dan berangkat ke Taman Remaja. Ada kendaraan umum yang memang disewa untuk membawa kami. Dari titik kumpul di sekolah, kemudian baru berangkat bersama-sama menuju lokasi.

Kakak Nawra, bawa bekal Mie Goreng ke Taman Remaja 

Bagi yang ingin berangkat sendiri, membawa kendaraan masing-masing. Juga diperbolehkan untuk langsung menuju lokasi. 

Waktu itu, saya menyusul ke lokasi karena ada urusan sedangkan kakak Nawra, berangkat bersama-sama dengan ibu guru dan teman-temannya. Naik angkot yang sudah dipersiapkan oleh pihak sekolah. Ternyata tiba di lokasi, banyak juga sekolah lainnya yang udah kumpul di sana. 

Ini cerita dulu yah, sekarang Resmi Taman Remaja Sudah ditutup. Tulisan ini saya buat untuk mengenang Taman Remaja yang banyak memberikan kisah indah bagi saya dan juga masyarakat Bengkulu yang lainnya. Apa kabar kamu, Taman Remaja? Aku Rindu.

Lokasi Taman Remaja

Taman Remaja, letaknya di daerah Lingkar Timur, Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38225, Indonesia. Tidak begitu jauh dari pasar Panorama. letaknya sangat strategis, sebab berada di pusat kota.

Di harilibur, taman ini rame diserbu orang

Apa Saja yang Ada di Taman Remaja

Ada 50 satwa yang ada di Taman Remaja. Namun pasca resmi ditutup. Hewan tersebut dikembalikan ke habitatnya.

30 ekor satwa lainnya yang tidak dilindungi, seperti biawak dan kura-kura, dilepas ke sejumlah lokasi seperti di Konservasi Danau Dendam Tak Sudah, maupun di Tahura.

Anak-anak sangat senang diajak melihat hewan secara langsung

20 ekor satwa langka , di antaranya Siamang yang dilepas ke kawasan Konservasi Bukit Kabu Seluma. Kemudian buaya serta wowo, yang  diserahkan ke Taman Satwa di Bali.

Plus dan Minus Taman Remaja 

Memang sebelum resmi ditutup, taman Remaja ini kesannya kurang terawat dan agak terbengkalai. Dimana para hewan yang ada di dalamnya. Terlihat hidup seadanya, kurang diperhatikan dan berkembang. Kotaran hewannya juga berserakan.

Di bagian luar, ada banyak para pedagang, ada taman-taman kecil. Ada bangku taman yang juga sering digunakan para pengunjung untuk duduk dan ngobrol santai. Sambil menikmati kuliner. 

Kandang Buaya yang kami lihat, memang hidup dalam kandang dan air seadanya, kasihan sekali

Halaman luar juga biasa dimanfaatkan untuk kumpul keluarga, komunitas. Banyak kegiatan yang bisa digelar di sana. Untuk outbound juga bagus, flying fox juga bisa memanfaatkan pohon yang ada di halaman. Mau pake tenda, atau gekar tikar saja, sudah asik. Bisa muat banyak orang.

Keluarga saya sering ke sana, meski tidak harus selalu masuk ke taman Remaja. Duduk di luar sambil makan pempek Panggang yang yummy itu  sembari melihat anak-anak bermain , naik dan berfoto di patung hewan . Sangat asik dan seru. Rekreasi yang murah meriah dan menyenangkan bagi siapa saja. Meski, nyamuk juga banyak. Yah, namanya di alam bebas.  

Taman Remaja Dalam Kenangan

Dibangun sejak 1984 silam, dan mulai dioperasikan pada tahun 1990. Menurut data yang ada jumlah kunjungan di Taman Remaja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mencapai 30 ribu setiap tahun. Banyak juga yah, kalo dikelolah secara profesional dan hitungan bisnisnya juga masuk. Bahkan bisa ditingkatkan. 

Kenali, saya yang jilbab merah yah, zaman itu belum pake jilbab Besurek :)
Dengan retribusi yang sangat terjangkau. Anak-anak sangat suka bermain ke sana, selain untuk refresing, juga bisa menjadi media pembelajaran, mengenal berbagai jenis hewan.

Taman Remaja Resmi Ditutup

Pasca Taman Remaja ditutup, per Januari 2017, menurut pemerintah kota Bengkulu saat itu, pengelolaan rencananya akan diserahkan ke Dinas Pariwisata Kota Bengkulu untuk kemudian difungsikan menjadi Taman Remaja kembali. Namun dengan konsep yang terbarukan. 

Januari 2019 nanti, sudah dua tahun yah, kita ga bertemu :)

Itu dulu ya, pernyataan yang sudah kita baca diberbagai media baik cetak maupun online, mengenai Taman Remaja ini. Semoga belum berubah, kalo pun ada penyesuaian. Semoga menjadi lebih baik lagi. Konsepnya makin up-date dan modern. 

Kumpul bersama, di bawah pohon sambil makan, seru loh!

Saya berharap semoga di tahun depan, Wilayah Eks Taman Remaja ini bisa difungsikan segera untuk menjadi taman publik yang lebih bermanfaat, bukan hanya sekedar untuk kumpul keluarga, namun bisa menjadi taman untuk kebaikan, taman untuk belajar banyak hal dan taman yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas, terutama bagi masyarakat Bengkulu.

Impian Saya Pada Taman yang Bermanfaat.

Bisa jadi yah, akan menjadi Taman Modern, dengan koneksitas internet lancar, bersih, rapi dan tertib. Menjadi salah satu taman andalan untuk dikunjungi. Yah, mumpung belum dibuat sih. Jadi bisa dikonsep dengan sebagus mungkin, bahkan tercanggih deh dari taman-taman yang sudah pernah ada.

Di taman itu, kita bisa mendapatkan banyak inspirasi, mendapatkan pelajaran, mendapatkan motivasi untuk berbuat baik sehingga muncul sikap dengan sendirinya untuk menjaga dan melestarikan taman yang ada.

Taman yang bersih, jauh dari perbuatan maksiat atau buruk. Taman yang membuat kita tidak membuang sampah sembarangan.Dimana terdapat tempat untuk shalat, tempat untuk tadabbur dan intropeksi diri, tempat untuk belajar apa saja. Tempat untuk berdiskusi , sharing untuk kemajuan kota Bengkulu

Taman yang membuat setiap yang datang akan menjadi lebih baik ,jauh dari stress. Taman yang mendorong pengunjung memiliki ide-ide dan kreatifitas mengenai kemajuan. Menambah oksigen baru di otak untuk menemukan inovasi baru. 

Semoga akan muncul banyak muncul pondok kebaikan di Taman Impian

Taman yang ketika kita datangi, membuat kita menjadi tahu dan mengerti mengenai sejarah dan perjuangan nenek moyang dahulu, yang begitu gigih memperjuangkan dan membangun kota Bengkulu tercinta ini.

Taman yang membuat kita menjadi mengenal diri sendiri, menyayangi keluarga dan peduli terhadap orang lain. Taman yang  ketika kita berada di sana menumbuhkan kasih dan sayang.

Taman Hidayah untuk semua agar menjadi lebih baik.

Beberapa taman cantik di Indonesia, mungkin bisa jadi referensi atau bahkan Bengkulu, bisa membuat taman yang lebih baik lagi.

  1. Taman Kota Batu, Kota Batu
  2. Taman Kota Pecangakan, Bali
  3. Taman Alam Lumbini, Brastagi
  4. Taman Kota Giri Menang, Lombok Barat
  5. Taman Bungkul, Kota Surabaya
  6. Taman Bukit Bougenville, Singkawang

Kita tantang yuk Pemkot Bengkulu, untuk pengolahan eks taman Remaja ini untuk menjadi lebih baik lagi. Kita pasti bisa!

Salam, Milda Ini


Baca Juga

Related Posts

15 comment

  1. Baru kmren lewat taman remaja dan mikir, kapan yaa taman ini diolah lagi . Soalnya aku jga rindu mak . Dulu kesini waktu perpisahan SD tahun 2008. Nah . Udah lama banget t, dan pas klyah di Bengkulu lewat taman remaja, laju mikirr.. Perasaan pernah singgah disini . Brulah teringat.. Yaa kita do'akan sama2 moga taman remaja ini bisa kembali dimanfaatkan dan menjadi taman andalan keluarga dll . Aamiin

    BalasHapus
  2. Sayang sekali yach taman remaja taman kota yang sejuk yang dimiliki oleh kota Bengkulu, namun tidak terawat dan terbengkalai, semoga saja pemerintah kedepan punya kebijakan yg baik untuk taman ini, jangan sampai jadi mol seperti rumor yang berkembang

    BalasHapus
  3. Kook, kurang terawat banget ya kayaknya ._.

    Semoga ke depannya bisa terawat dan makin bagus. Aamiin :')

    BalasHapus
  4. Ya Allah sedihnya ya Mb, semoga tutup untuk lakukan penyegaran ya dg konsep yang kekinian

    BalasHapus
  5. Semoga nantinya taman remaja kita bisa jadi cantik dan banyak pengunjung ya mbak. rindu masa kecil dimana taman remaja jadi destinasi wisata yang selalu dirindu

    BalasHapus
  6. Seperti impian mbak, saya berharap semoga nantinya menjadi taman yang lebih baik serta tidak terlalu dikomersilkan. Bebas pungli dan tidak dibuat malu oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

    BalasHapus
  7. Sedih sebenarnya kalau ingat taman remaja, kota lain aja punya kebun binatang buat sarana rekreasi sekaligus edukasi, lha di Bengkulu ditutup :/

    BalasHapus
  8. Semoga renovasi dan penataannya cepat selesai ya mba. Ga sabar pengen main kesana lagi. Terakhir pas masih bocah haha

    BalasHapus
  9. Kasihan ya buayanya..
    Sayang sekali ditutup..
    Semoga Pemkot Bengkulu mempertimbangkan keputusan ini lagi..

    BalasHapus
  10. SeridaSeti kalau pun tidak ada hewan lagi, dipercantik saja ya mba biar makin banyak pengunjungnya. Aku ke sini cuma buat beli camilan aja 😁

    BalasHapus
  11. Biaya perawatannya berat ya mba jadi tak mampu bertahan padahal bagus buat edukasi anak-anak

    BalasHapus
  12. Aamiin. Semoga Taman Remaja Bengkulu semakin berkembang sehingga bisa menjadi destinasi wisata warga di dalam kota Bengkulu.

    BalasHapus
  13. saya ke taman rejama pertama kali ketika kelas enam SD, tahun 1985, kebun binatang yang ada di Bengkulu. Tahun 2002, ketika anak pertama masih kecil juga sering ke sana menikmati suasana sejuk dalam kota dengan ringangnya pepohonan. Sayang sekali ya kalau harus berakhir.

    BalasHapus
  14. Ada buayanya 😀😀 Taman remaja tapi banyak dkunjungk ibu-ibu 😀

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin