nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Seminar Nasional Literasi Digital Bersama ICT WATCH, Relawan TIK dan WhatApps

Seminar Nasional Literasi Digital Bersama ICT WATCH, Relawan TIK dan WhatApps

Sejak dilaunching oleh Presiden Jokowi mengenai Literasi Digital, hampir semua wilayah provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia bergegas untuk mensosialisasikan dan menggelar berbagai kegiatan yang bertajuk Literasi Digital ini.

https://www.mildaini.com


Baik diselenggarakan oleh pemerintah, swasta maupun organisasi kemasyarakatan. Semua mengambil bagian untuk turut berperan melaksanakan litetasi digital tersebut. Bentuk kegiatannya pun beragam, mulai dari workshop, Seminar, Live Streaming di berbagai paltform media sosial. Banyaklah kreativitas dan wadah yang bisa digunakan untuk mendukung literasi digital tersebut.


https://www.mildaini.com


Nah, kebetulan kota Bnegkulu atas nama Relawan TIK Provinsi Bengkulu bersama ICT WATCH Bekerjasama dengan WhatApps Indonesia membuat sebuah seminar literasi digital secara online khusus untuk masyarakat provinsi Bengkulu khususnya kota Bengkulu.


https://www.mildaini.com


Kebetulan saya, Milda Ini, S.Pd juga sebagai ketua Relawan TIK Provinsi Bengkulu. Saya dan pengurus menyambut baik kerjasama dan mendukung kegiatan litetasi digital ini dengan semangat


Uniknya Seminar Literasi bersama

 RTIK, ICT WATCH dan WhatsAPP


1.Jumlah peserta cukup banyak, minimal 300 – 1000 orang

2. 300 peserta pertama akan mendapatkan makan siang plus minum yang diantar ke rumah peserta seminar masing-masing. Ini khusus untuk yang berdomisili di dalam kota Bengkulu

3. 300 Peserta pertama, mendapatkan pergantian pulsa 

4. Narasumber yang banyak, melibatkan berbagai profesi dan lintas organisasi serta instansi

5. Seminar dilakukan dua sesi, sesi seminar dan workshop diramaikan dengan banyak hadiah kusi, dan lomba media sosial


https://www.mildaini.com


Seminar yang Merangkul Para Pelaku UMKM


Dalam rapat secara online dengan panitia pusat, diharapkan dala kegiatan ini dapat melibatkan para pelaku UMKM untuk menyediakan makan siang, minuman hingga pengantaran. Semua harus menggunakan atau memberdayakan usaha lokal.

https://www.mildaini.com


Jadi yang menyediakan nasi kotak minuman dan ojeknya. Semua adalah rekan-rekan pelaku usaha makan dan minuman serta transportasi ojek online lokal kota Bengkulu.

https://www.mildaini.com


Untuk seminar di kota Bengkulu kali ini, peserta akan mendapatkan makan siang berupa nasi kotak dan minuman berupa Dalgona yang dikirimkan langsung ke rumah peserta masing-masing.


Sistem Pengantaran Makan dan Minuman


Beberapa hari sebelum seminar dilaksanakan, para peserta sudah mendaftar dan mengisi alamat rumah masing-masing. Lalu, data tersebut panitia serahkan kepada mitra ojek lokal yang akan membantu untuk pengantaran makan dan minuman untuk peserta.


https://www.mildaini.com


Oleh para driver, data tersebut sudah mereka bagi sesuai dengan lokasi alamat rumah peserta, dimana yang saling atau agak berdekatan maka akan dilakukan pengantaran sekaligus. Sistem kerja mereka sudah rapi dan terbiasa. Jadi tidak perlu diragukan , mereka sangat mudah mengenali alamat rumah para peserta.


Semua Kampus Ikut Terlibat Sebagai Peserta


Beruntung sekali, para pengurus Relawan TIK Provinsi Bnegkulu ini terdiri dari para dosen dari berbagai kampus yang ada di provinsi Bengkulu. Jadi sebagian besar peserta seminar berasal dari berbagai kampus yang ada di Bengkulu, baik kampus negeri, dan swasta ikut andil dalam kegiatan ini. Ada dari Universitas Bengkulu, UIN Fatmawati, Universitas Dehasen, Universitas Hazairin, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Ratus Samban, Stikes Dehasen.


https://www.mildaini.com


Perwakilan kampus ini, bukan hanya para mahasiswa yang ikut, namun ada dosen, karyawan hingga petugas kebersihan yang juga ikut serta menjadi peserta seminar.


https://www.mildaini.com


Selain itu ada juga masyarakat secara umum, anggota komunitas, karyawan pemerintah dan swasta. Bahkan untuk pelaku UMKM,kami membuatkan grup WA khusus bagi mereka untuk memudahkan komunikasi dan suksesnya kegiatan.


Narasumber Kegiatan 

Kebetulan lagi dalam kegiatan ini, saya didaulat juga untuk menjadi narasumber. Karena ini seminar nasional dan bekerjasama dengan pihak WhatApps, sebelumnya saya sudah mengirimkan portopolio singkat sebagai narasumber untuk mereka pelajari. Alhamdulillah lolos, hehehe. 

Ada banyak yang terlibat sebagai narasumber dala kegiatan ini. Untuk sesi seminarnya dimulai jam 10.00 wib hingga 12.00 wib diisi oleh

Pembukaan Oleh

1.Johnny G.Plate, Menteri Komuniaksi dan Informatika RI

2.Will Cathcart, Head of WhatApp

3.Dr.E.H.Rosjonsyah, Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu

4.Widuri, Plt Direktur ICT Watch


https://www.mildaini.com


Narasumber Seminar Nasional

1.Mariam F. Barata, Direktur Tata kelola Aptika Kemkominfo

2.Esther Samboh, Manager Kebijakan Publik WhatApps Indonesia

3.Milda Ini, RTIK dan Blogger Bengkulu

4.Septiaji Eko Nugroho, MAFINDO

Moderator kegiatan seminar nasional ini adalah Offie Dwi Natalia


https://www.mildaini.com


Pada sesi workshop di siang harinya adalah

1.Indriyatno Banyumurti, ICT WATCH

2.Eka Syahputra, RTIK Provinsi Bengkulu 


https://www.mildaini.com


Pada ulasan blog saya kali ini, tidak membahas mengenai materi satu persatu yang disampaikan oleh saya dan para narasumber lainnya. Namun lebih  membahas mengenai gambaran dan sisitem kegiatan seminar nasional ini secara umum. Terutama pada kerjasama dan keterlibatan sumber daya lokal untuk turut serta terlibat dan mendukung kegiatan ini.


https://www.mildaini.com


Dengan adanya kerjasama dengan berbagai pihak , apalagi pihak lokal diharapkan juga dapat mendorong geliat ekonomi para pelaku UMKM yang ikut terlibat langsung, termasuk menambah penghasilan para driver ojek online lokal.


Ucapan Terima Kasih

Spesial terima kasih kami ucapkan kepada ICT WATCH dan WhatsApps sudah membuat kegiatan ini menjadi mudah sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Saya secara pribadi dan sebagai panitia penanggungajwab kegiatan ini mengucapkan terima kasih setulusnya kepada para rekan panitia dan juga pengurus Relawan TIK Provinsi Bengkulu yang sudah mendukung kegiatan ini, seperti saudara dosen Eka Sahputra, Ika Pasca, Parwito, Supriyono, Arius Satoni, ada bu guru Apura Meity, content creator, Aaang Verianto, Piter JV, Denny, Zepfron Saputra dan lain sebagainya yang tidak bisa saya sebut satu persatu.


https://www.mildaini.com


Lalu terima kasih juga saya ucapkan kepada mitra UMKM, Raja Kurma, RM Riuang Sunda, Rumah Snack, Kupesan, Blogger Bengkulu, Rumah Tumpeng, ADM Kreatif, dan lain sebagainya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.


https://www.mildaini.com


Terima kasih juga saya ucapkan kepada semua kampus yang turut mendukung dan terlibat pada kegiatan ini. Semoga ke depan kita bisa tetap bersinergi dan berkolaborasi.  

Note : Kegiatan ini digelar pada bulan Juli, namun saya baru bisa menuliskannya saat ini. semoga tetap bisa menjadi sumber inspirasi atau referensi bagi teman-teman yang ingin melaksanakan literasi digital.

Baca Juga

Related Posts

33 comment

  1. Wah kece programnya hemm bener banget nih kita perlu meningkatkan literasi lewat digital yang sering digunakannya

    BalasHapus
  2. Program kayak gini memang harus didukung ya, mba. Karena digital otomatis kita harus pintar literasi digital biar tidak tertinggal ya

    BalasHapus
  3. Hebat nih kegiatan yang dilakukan ICT Watch dan relawan TIK Bengkulu serta WhattsApp Indonesia :) Semoga semua program dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan kini dan nanti. Edukasi literasi digital memang mesti disosialisasikan kepada masyarakat ya mbak.

    BalasHapus
  4. Wow, keren banget ibu ini. Aktif secara nasional ya. Memang di daerah kegiatan seperti harus ada penggeraknya. Biar kesejahteraan umkm di daerah bisa terjangkau jadi ga melulu ada di pusat ya, Mba. Keren keren keren deh

    BalasHapus
  5. Selamat Mbak..keren sekali menjadi salah satu narasumber di seminar nasional literasi digital ini. Smeoga makin sukses ke depannya ya sebagai relawan TIK dan blogger pastinya.
    Memang program prmerintah dan banyak perusahaan ini memberdayakan UMKM lokal. Suamiku selama pandemi kalau ada acara rapat kantor (virtual) karena WFH, ada dikirimi makan siang atau snack dari UMKM sekitar Jakarta ..Jadi saya pun akhirnya kenal banyak pelapak baru, makanan saya foto dan sebarkan info di sosmed. Lain waktu saya pesan deh

    BalasHapus
  6. Kereennn banget, mbaakkk udah jadi narasumber di event sebesar dan seketjeh ini, mantap...

    BalasHapus
  7. kerennnnnnn
    mbak inspiratif banget sih, produkitif,

    btw acara ini sebats area bngkulu ya mbak ?

    banyak yang yang dilibatkan, mulai dari pelaku UMKM sampai stage holder kampus.

    mantap mbak ...

    BalasHapus
  8. Senang sekali mengetahui upaya Whatsapp dan ICT Watch yang turut mendukung peningkatan literasi digital masyarakat melalui kampanye literasi digital 2021 ini. Semoga dengan adanya program ini, masyarakat dapat memanfaatkan sisi positif internet untuk aktivitas sehari-hari.

    Foto nasi kotak sebagai laporan kegiatan di balik seminar ya mbak :D

    BalasHapus
  9. Seminarnya bener benee unik. Daring tapi ada makna siang dan djabtar ke rumah masing-masing. Hehehe ...
    Asyik banget pastinya ya
    Apalagi itu ditempel stiker acaranya juga. Bener makan siang yang istimewa tuh. Dapat ilmu literasi digital nya, dapat pula makan dan uang pulsanya...

    BalasHapus
  10. Terharu aku bacanya, segitu kerennya ya kalau usaha dikerjakan bersama, dari dan untuk kita semua


    UMKM juga terbantu, para penulis juga bahagia menyalurkan ilmunya dan yang belajar jadi tambah semangaaat

    BalasHapus
  11. Memang sudah saatnya harus melek literasi secara digital. Karena kalau tidak, di dunia digital mudah terjerumus juga.

    BalasHapus
  12. Baru kali ini ada seminar online tapi pesertanya dapat fasilitas makanan, senengnyaaa hehehe
    Pesertanya banyak juga ya mbak, keren acaranya nih :D
    Mbak Milda juga keren karena menjadi pembicara ngobrolin literasi digital ditonton banyak peserta. Semoga sukses selalu yaa

    BalasHapus
  13. wah kece seminarnya
    topiknya sangat menarik
    seminarnya sih boleh online, tapi konsumsi nya tetap offline ya mbak

    BalasHapus
  14. Edukasi literasi harus selalu digelorakan ya Mba.
    Supaya banyak yg paham bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi digital ini.
    Semangaatt!

    BalasHapus
  15. Banyak juga ya peserta seminarnya, berarti banyak yang antusias yg ikutan sdukasi literasi digital, bermanfaat juga buat para UMKM ya

    BalasHapus
  16. Keren banget kegiatannya Mbak. Semoga dimudahkan selalu ya. Semoga diberi kesehatan kalian semua yang terlibar di sana.

    BalasHapus
  17. Kern banget konsep seminarnya ini, seminar online, tapi sekalian bagi makan siang produk UMKM juga. wah sekali dayung, 2 pulau terlewati tuh. Salut ama kreatifitas dan kerja kerasnya. mak. Kereen banget lah

    BalasHapus
  18. Barakallah mbak Milda. MasyaAllah programnya benar-benar disambut baik oleh warga Bengkulu ya. Terbukti dengan banyak pihak yang terlibat dalam webinar ini. Sangat menginspirasi mbak Milda.

    BalasHapus
  19. keren maaakkkk banyak sharing karena lliterasi digital itu penting dan bisa buat banyak aspek buat karir sampe usaha juga bisa lewat digital sekarang
    kece makk

    BalasHapus
  20. Kyaaa mba Mil aku nggak ikutan, pasti rame dan seru banyak. Manfaat yang diterbarkan pula. MasyaAllah. Sehat selalu ya Mbak

    BalasHapus
  21. masih anget kok mba bulan Juli mah hehe, bisa jadi inspirasi untuk teman-teman pegiat literasi di kota lainnya. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan terutama soal menyebarkan literasi digital ini.

    BalasHapus
  22. Seminar yang menambah semangat para penggiat literasi terutama yang bekerja di bidang digital.
    RTIK ini aku biasanya baca di blog teh Nchie. Semoga semakin banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan teknologi dengan baik.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah semangat menebarkan informasi mengenai literasi digital tetap digaungkan. Semoga dengan hal ini bisa mnejadikan netizen Indonesia semakin faham akan penggunaan gawai mereka sehingga tidak digunakan untuk menebar hoaks.

    BalasHapus
  24. Wow aku baru tahu kalau semeriah ini mbak. Apalagi melibatkan banyak umkm dan driver kurir di Bengkulu. Plus peserta seminar juga dari berbagai kalangan. Jadi yang paham tentang literasi digital tak hanya yang berpendidikan tinggi saja

    BalasHapus
  25. Keren nih agendanya, pengetahuan tentang digital memang sangat diperlukan saat ini. Semoga bisa dilaksanakan di daerah-daerah lain juga.

    BalasHapus
  26. Masya Allah, ide mengantar makanan dengan melibatkan UMKM dan ojol itu luar biasa. Kalau MUNAS FLP pakai sistem seperti ini bisa kali ya :)

    BalasHapus
  27. Mantap banget Mak, semoga sehat selalu dan terus menebar ilmu ya keren deh program berbaginya juga!

    BalasHapus
  28. Keren banget ini kak eventnya...termasuk besar ya.. dan emang unik karena peserta juga dapet konsumsi yang diantar ke masing-masing rumah ..

    BalasHapus
  29. Pesertanya banyak banget ya mbak keren nih TIK Bengkulu semoga makin banyak yang melek literasi digital di Bengkulu dan makin produktif di internet

    BalasHapus
  30. Wah masya Allah tabarokallahu.. keren dan kreatif banget Mbak penyelenggaraan seminar ini. Bisa jadi inspirasi nih dalam seminar lain karena keterlibatan berbagai pihak termasuk UMKM

    BalasHapus
  31. Bisa juga ya ternyata seminar daring tetapi dapet konsumsi? Keren banget idenya, jadi UMKM benar-benar terbantu, nggak cuma dipinjem namanya aja hehe. Saluttt

    BalasHapus
  32. wah keren banget nih, mbak acaranya dan alhamdulillah berjalan lancar yaa. salut deh sama semua panitia dan penyelenggara acara

    BalasHapus
  33. Mantab kali Ibu Ketua Relawan TIK ini ya, logika dan logistik aman sentosa bahkan sampai diantar ke rumah, apa aku pindah ke bengkulu aja ya mbamil hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin