Menu

Sabtu, 22 September 2018

/
Assalammualaikum Wr. Wb

www.mildaini.com_ Internet  Cakap Untuk Nelayan. Bbeerapa hari lalu, tepatnya tanggal 19 Sepetember 2018. Saya bersama dengan teman-teman Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan internet cakap untuk para nelayan yang berada di wilayah sebuah kabupaten dri Bengkulu yaitu Bengkulu Tengah.

Letak kabupaten Bengkulu ini memang lumayan dekat dari pusat kota Bengkulu. Dari rumah saya hanya berkisar 30 menit saja. Kebetulan lokasi tempatnya di adakan di Hotel Tahura. Bengkulu Tengah. Dari rumah hanya berjarak sekitar 30 menit jika menggunakan kendaraaan mobil. Kebetulan saya diantar oleh suami. Tadinya mau sekalian bareng dengan tim Kominfo, akan tetapi suami bilang bisa sekalian diantar, bareng beliau ke kantor. 


Yah, alhamdulillah akhirnya sampai juga, di lokasi para nelayan yang berjuml;ah 40 orang mulai berdatangan. Di dampingi oleh para penyuluh, ada sekitar liam orang. 

Seperti biasa , acara dimulai dengan registrasi ulang para peserta. Lalu dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan doa. Turut hadir pada acara ini adalah kepala Dinas Kominfo dan Statistik Benteng, Lurah, Camat Pondok Kubang. Serta beberapa tamu undangan lainnya.

Selanjutnya penyampaian materi pertama dari bapak Phutut Eko Purnomo  S.Sos, M.Si dari dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu. Beliau menyampaikan informasi seputar kegiatan dan aprogram dari dinas terkait. Dengan tujuan agar para nelayan mengetahui dan bisa mendukung program tersebut.

Usai break atau snack, acara dilanjutkan oleh saya, untuk menyampaikan mengenai Internet Cakap. Saya hadir mewakili Blogger Bengkulu dan Relawan TIK Provinsi Bengkulu.

Berikut, pemaparan seputar materi Internet sehat yang saya sampaikan kepada para nelayan. 

INTERNET CERDAS :

Memanfaatkan Internet secara baik dalam arti tepat guna, aman sesuai etika, budaya dan norma yang berlaku

Tips  yang bisa kita lakukan :

  1. Pasang Aplikasi pencegah konten yang tidak dikehendaki (anti virus, anti spyware, anti adware, atau anti malware) pada komputer;
  2. Berpikir sebelum mengunggah atau mengklik tautan di Internet;
  3. Tidak mengumbar data pribadi (foto, alamat, nomor telepon) di Internet, Khususnya di Media Sosial;
  4. Memverifikasi kebenaran informasi yang diterima sebelum membaginya (share) lagi di Internet;
  5. Batasi penggunaan internet sehari-hari agar tetap bersosialisasi dengan orang di sekitarmu.


INTERNET KREATIF :

Menciptakan karya baru yang berpotensi memberikan manfaat dan nilai tambah

Tips  yang bisa kita lakukan

  1. Buatlah karya orisinal berupa tulisan, foto, video, game, atau aplikasi lainnya dan unggah ke Internet;
  2. Gunakan media sosial untuk mempromosikan karyamu;
  3. Ikut sertakan karyamu pada ajang cipta karya yang banyak diadakan di internet, jika memungkinkan, daftarkan karyamu ke Indonesia ICT Award (INAICTA) yang diadakan setiap tahunnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika;
  4. Karya orisinal mengenai kebudayaan, kuliner atau pariwisata yang diunggah ke Internet akan membantu mempromosikan kekayaan Indonesia di mata dunia.


INTERNET PRODUKTIF :

Mendapatkan dan memberikan manfaat yang maksimal dari penggunaan teknologi dan internet untuk diri sendiri dan orang lain

Tips yang bisa kita lakukan

Mulailah berbisnis online untuk menambah penghasilan dan memperluas jaringan bisnis;
Buatlah karya (game, aplikasi, desain, dll) yang dapat dijual di Internet;
Manfaatkan situs jual-beli online terpercaya untuk jual-beli barang baru atau bekas;
Gunakan Internet untuk menambah Pengetahuan.

Sumber : Direktorat Pemberdayaan Informatika dan Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo

Di akhir sesi materi saya juga sempat memberikan informasi kepada para nelayan mengenai aplikasi Nelayan Pintar atau Nelpin. Saya sempat memutarkan videonya, supaya para peserta mendapatkan gambaran mengenai aplikasi Nelphin ini.

Saya sudah donlot aplikasi ini, namun tidak bisa mengakses aplikasinya.Sebab diiminta untuk mencantumkan no ID nelayan. Nah, nomer ini hanya dimiliki oleh para nelayan yang sudah terdaftar. Ketika saya acek dengan penyuluh, ternyata memang ada beberapa nelayan yang sudah memiliki nomer Id tersebut.

Sekilas tentang Aplikasi Nelayan Pintar

Manfaat aplikasi nelphin yang bagus

Aplikasi Sistem Informasi Kenelayanan yang dikenal dengan Nelpin (Nelayan Pintar) merupakan sistem informasi berupa aplikasi berbasis android  yang dikembangkan oleh Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan berisikan informasi-informasi yang mendukung aktifitas penangkapan ikan.

Sesuai dengan program Nelayan Go Online, aplikasi Nelpin dibangun untuk mendukung aktifitas kenelayanan dalam memperoleh akses informasi cepat, tepat dan murah yang diharapkan dapat secara tidak langsung akan meningkatkan hasil tangkapan dan produktifitas kerja nelayan.

Nelpin merupakan aplikasi yang mudah dipahami oleh semua kalangan masyarakat terutama nelayan sehingga mudah diperoleh dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Untuk menggunakannya, pertama-tama nelayan atau pengguna harus mengunduh terlebih dulu aplikasi Nelpin di telepon seluler. Kemudian sebelum masuk ke aplikasi tersebut, pengguna akan diminta untuk melakukan pengisian daftar anggota seperti nama, nomor telepon, nomor ktp, dan nomor kartu nelayan.

Untuk melanjutkan aplikasi, jika telah selesai klik “masuk”. Jika berhasil masuk maka akan muncul tampilan fitur-fitur yang bisa digunakan oleh pengguna sebagai berikut: Informasi Daerah Penangkapan, Lapor Tangkapan, Gelombang Perairan, Arah Angin, Harga Ikan, Nama-nama ikan, Cuaca Perairan, Pelabuhan, Perkiraan BBM, Hitung BBM, Obrolan, dan Kontak

Semoga materi ini bermanfaat bagi para nelayan dan masyarakat secara umum. Salam, Milda Ini
3 comments

Aku pernah baca sekilas tentang aplikasinya... itu membantu banget untuk para nelayan

Reply

Keren mba Milda, semoga nanti nelayan bisa memanfaatkan internet untuk meningkatkan taraf hidup yaa

Reply

Kereeen NELPIN. Insya Allah itu membantu banget bagi nelayan.

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.