nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Brokoli, Sayur Sehat Untuk Diet Cantik

Assalamualaikum. Wr.Wb
Hai, apa kabar sahabat Milda? Ada yang suka makan Brokoli . Ada yang bergolongan darah A. Nah, Brokoli ini salah satu jenis bahan makanan yang baik dikonsumsi oleh pemilik golongan darah A dari golongan sayuran dan buah-buahan.

Brokoli merupakan anggota dari keluarga tanaman kola tau kubis. Sayuran ini sangat tinggi vitamin C dan merupakan sumber serat larut. 


Serat larut adalah serat yang membantu melancarkan buang air besar dan juga pencernaan. Brokoli kaya akan kalsium dan asam folat. Dalam 100 gram brokoli yang dimasak mengandung 56 mikrogram asam folat dan 88 miligram kalsium. 

Brokoli merupakan sayuran yang rendah kalori, lemak dan sodium, bebas kandungan lemak tak jenuh, tinggi kalium serta tidak mengandung kolesterol. 

Sayuran yang paling baik tumbuh di daerah beriklim dingin dan tanah yang lembab. 
Brokoli  merupakan sumber serat serat yang sangat baik.

Kandungan serat dalam brokoli bahkan lebih banyak daripada serat yang ada dalam roti gandum. Serat ini sangat bahkan baik untuk sistem percernaan.  

Brokoli juga mengandung asam folat. Folat merupakan salah satu vitamin yang sangat baik dan bermanfaat bagi ibu hamil dan janin. 

Kandungan Vitamin C di dalam brokoli sangat tinggi bahkan Vitamin C yang terdapat dalam brokoli lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk. Vitamin C yang tinggi akan mempermudah tubuh dalam menyerap zat besi. 

Vitamin K yang terkandung dalam brokoli juga penting untuk menguatkan tulang dan membantu pembekuan darah. Brokoli juga mengandung karoten dan lutein.  

Kandungan kalsiumnya hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu (71,8 mb kalsium brokoli sama dengan 120 ml kalsium susu ). 

Hanya saja karena bentuknya yang keras, sebaiknya brokoli direbus dulu sebentar sebelum di jus. 

Brokoli banyak mengandung sulforatan yaitu antioksidan yang paling ampuh. Brokoli juga berkhasiat untuk meningkatkan kecerdasan, memulihkan kondisi tubuh setelah sakit dan memperlancar asam amino ke otak. 

Mak Ria Fasha, Blogger Kece ini , kayaknya suka makan Brokoli. Lihatlah kinclong dan langsing :)

Begitu banyak khasiat dan manfaat Brokili, membuat sayuran kribo ini juga banyak digunakan sebagai bahan makanan bagi para wanita untuk sehat dan diet cantik. Banyak yang menjadi brokoli sebagai sumber makanan saat diet , baik dimakan langsung, dimakan dengan ditambah sedikit nasi atau dibuat jus. 

Tips Memilih Brokoli

Pilihlah brokoli  yang tidak berbau, dan tangkainya masih padat (tidak lembek). Hindari brokoli yang kuntumnya (bagian atasnya) terbuka dan berwarna kuning/kekuningan karena multikhasiat brokoli justru terdapat di dalam warna hijaunya itu. Bagian kuntum brokoli ternyata memiliki kandungan beta karoten 8 kali lebih banyak daripada bagian batangnya.

Cara Menyimpan Brokoli 

Brokoli termasuk sayuran yang tidak tahan lama.Lakukan cara penyimpanan yang baik dan benar, yaitu disimpan di dalam kantong plastik, lalu dimasukkan ke dalam lemari es. Jangan menyuci brokoli pada saat akan disimpan. 

Cara Mengolah Brokoli

Sebelum diolah, brokoli harus dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibilas dengan air dingin, tapi jangan direndam. Karena merendam brokoli dapat menghilangkan sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya. Agar vitamin yang terkandung dalam brokoli tidak hilang, sebaiknya brokoli dimasak sebentar saja, tidak lebih dari 5 menit.

Lebih disarankan untuk mengukus brokoli daripada merebus, karena merebus brokoli akan menghilangkan sebagian nutrisi penting di dalamnya, yaitu 50% folat dalam brokoli akan hilang. 

Namun, jika Anda tetap ingin memasak brokoli dengan cara direbus, gunakanlah air dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, dan rebuslah brokoli dalam panci tertutup agar tidak banyak vitamin yang terbuang lewat uap yang keluar selama proses perebusan.


Penjelasan mengenai manfaat brokoli ini juga bisa didapatkan di dalam buku saya yang berjudul Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah A. Bukunya bisa dibeli di toko Gramedia atau beli secara online. 

Semoga bwrbermanfaat ya sahabat Milda.
Baca Juga

Related Posts

25 comment

  1. Brokoli enak dan menyehatkan, saya suka banget sama sayur brokoli.

    BalasHapus
  2. Oh, kalau direbus jadi hilang kandunganya ya, huhu. Baru tahu nih. :D

    BalasHapus
  3. Oalah ternyata cara saya memasak dan menyimpan brokoli selama ini salah. Makasih ya mba, jadi tahu cara yang benar. :D

    BalasHapus
  4. duh pengen langsiiiinggggg.
    Btw. Makasih tips milih brokoli. Aku biasanya asal2an soalnya hihi

    BalasHapus
  5. Aku juga suka brokoli rebus sama garam aja... kres banget... :D

    BalasHapus
  6. brokoli dalam bentuk apapun dan dimasak gimanapun saya suka banget, enyak sih

    BalasHapus
  7. kebetulan aku sama anak anak juga suka brokoli. tapi mahalll ya ampun harganya wkwkwkwk.. sering beli khusus buat anak anak aja deh, emaknya cukup ngeliatin mreka makan dengan lahap :p

    BalasHapus
  8. Memangnya kenapa orang goldar A kok lebih butuh brokoli Mbak? Trus kenapa juga kalau mau menyimpan nggak boleh dicuci dulu? Aduh malah banyak tanya sayanya. Tapi emang penasaran e...

    BalasHapus
  9. Aku baru tau kalo cara mencuci brokoli gak boleh direndam, soalnya selama ini aku suka direndam di air garem biar uletnya mati. Soalnya brokoli banyak uletnya..gitu. betulnya gimana?

    BalasHapus
  10. Aku suka brokoli saus keju, radanya nikmat banget makanya pakai kentang ahhh jadi laper

    BalasHapus
  11. jujur saya ga suka sama brokoli, rasanya aneh, kira2 ada ga ya alternatif penyajian brokoli selain di rebus ?

    BalasHapus
  12. Aku suka brokoli, dikukus setengah matang atau diberi saus keju..nyummi

    BalasHapus
  13. Kebetulan aku suka brokoli. Pengen cantik juga ah. Yuk mari diet dengan tak lupa menjadikan brokoli sebagai santapan. :)

    BalasHapus
  14. Wah baru tahu golongan darah juga mempengaruhi jenis sayuran yg cocok ya, saya golongan darah B tapi suka brokoli juga berharap bagus juga untuk golongan darah B hehe..

    BalasHapus
  15. Kandungan brokoli bnyak bnget y mba bagus bnget klo setiaphari d konsumsi.. aku prnah cobain juice brokoli + nanas enakk

    BalasHapus
  16. Wah jd selama ini caraku keliru ya?
    Soalnya sebelum kucuci bersih aku biasa merendam brokoli pakai air garam mbak, katanya biar ulat2 dalam brokoli mati dulu gtu.
    Kalau soal mengukus dan merebus saya udah mengukus brokoli selama ini, lbh kriuk2 :D

    BalasHapus
  17. Brokoli ini direbus dan dicocol sambel juga enak, tapi saya suka dibikin capcay kuah gitu. Enaak hehehe

    BalasHapus
  18. Pantes Mba Milda langsing singset gitu.. ternyata rahasianya rajin makan sayur khususnya brokoli, boleh dicoba Mba.. jarang2 saya makan brokoli hehe

    BalasHapus
  19. aku suka bangeeet brokoli, di rebus trus cocol ama saos kesukaan

    BalasHapus
  20. Istri saya musti beli bukunya Mba Milda kayaknya. Banyak banget ternyata ya manfaat dari Brokoli.

    BalasHapus
  21. brokoli ini memang mantap banget
    sayur berkualitas memang ya
    pantesan sii harganya mahal2 huheuheuhehe
    enak banget klo direbus, trus di bakar bentaran trus kasih merica dan garam dikit .

    BalasHapus
  22. Banyak manfaatnya ya brokoli..
    kalo aku suka dimasak sop atau capcay

    BalasHapus
  23. Brokoli emang sayurannyang the best sih menurut saya , biasanya saya konsumsi jadi teman sayur sop atau di kukus aja nanti cocol mayonaise sama saus heuheu.

    BalasHapus
  24. Iya Mak, aku suka makan brokoli juga biar kinclong dan langsing kayak mba ria M pasha

    BalasHapus
  25. Jadi penyebab BB gak nambah ini nih, suka makan brokoli 😂😂

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin