Menu

Sabtu, 31 Agustus 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_Pegiat Anti Narkoba harus memiliki standar kompetensi, meliputi tiga hal. Tiga kompetensi ini sangat penting dikusai atau ditemukan pada diri peserta yang mendaftar mengikuti seleksi pemilihan PUPAN 2019.

Kamu bace deh baik-baik, cek dan ricek pada dirimu sendiri.Jika belum muncul atau masih bingung. Hayoo, distimulan agar bisa keluar kompentensi yang mungkin masih terpendam.


1. Kompetensi teknis, sebagai berikut: 

  • Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang Narkoba, P4GN, BNN dan kerjasama;
  • Memiliki kesadaran tentang pentingnya hidup sehat, tertib hukum, relijius, tanggung jawab, norma dan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang efektif dan berani tampil percaya diri di depan public
  • Mampu membuat proposal program, usulan program dan rencana kegiatan dalam upaya P4GN di lingkungannya.
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan peralatan peraga dalam paparan dan kegiatan public speaking.
  • Memahami maksud, tujuan dan metode pengisian dan pengukuran IKP. 

2. Kompetensi Etika-Moral, sebagai berikut: 

  • Mampu membawa diri sebagai pribadi yang relijius yang berlandaskan nilai-nilai agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran, kemuliaan (taqwa) dan berakhlaq mulia.
  • Mampu menjunjung tinggi nilai-nilai moral keteladanan yang memuliakan dan berpihak pada nilai-nilai kemanusiaan dan menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  • Mampu menjalankan etika yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral keteladanan, sikap lemah lembut, rendah hati, sabar dan tidak mudah marah.
  • Mampu menyuluh dan mengkampanyekan pola hidup dan stop Narkoba dengan beragam media dalam KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi)
  • Mampu meyakinkan lingkungan dan masyarakat tentang pentingnya upaya P4GN bagi terwujudnya lingkungan yang bersih dan bebas Narkoba.
  • Mampu menjadi fasilitator, mediator dan konsultan bagi kemudahan akses pelaksanaan P4GN lingkungan dan BNN. 
PUPAN harus berbadan sehat dan bersih narkoba

3. Kompetensi Sosial-Kultural, sebagai berikut: 

  • Mampu menyadarkan, membangkitkan dan menggerakkan masyarakat dalam 20 upaya P4GN dengan beragam potensi dan sumber daya yang ada.
  • Mampu membangun jejaring kerja dan bersinergi dengan stakeholder dan masyarakat.
  • Mampu menyuluh dan mengkampanyekan pola hidup dan stop Narkoba dengan beragam media dalam KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi)
  • mampu meyakinkan lingkungan dan masyarakat tentang pentingnya upaya P4GN bagi terwujudnya lingkungan yang bersih dan bebas Narkoba.
  • Mampu menjadi fasilitator, mediator dan konsultan bagi kemudahan akses pelaksanaan P4GN lingkungan dan BNN.
PUPAN harus mamou berbicara dan menyampaikan pesan dengan baik
Jadwal rangkaian kegiatan Seleksi PUPAN Akan dilaksanakan pada

1.    Pendaftaran ( 4 – 20 September 2019)


Pendaftaran akan dibuka lumayan lama loh. Namun jangan sampai durasi yang lama, membuat kamu lalai menyiapkan diri.Ujung-ujungnya malah ngak jadi daftar. Rugi sekali. Bila perlu pasang di dinding kamar atau pasang alarm.

2.    Seleksi tertulis (22 September 2019)

Usai pendaftaran dan melengkapi berkas.Kamu akan melewati seleksi tertulis terlebih dahulu. Salah satu soal yang akan kamu jawab adalah mengenai kegiatam P4GN itu sendiri atau mengenai pengetahuan seputar narkoba. Jadi, kamu sudah diharapkan juga mulai mencicil untuk membaca informasi seputar narkoba.

3.    Seleksi wawancara (25 -26 September 2019)


Seleksi wawancara ini penting banget loh, dimana nanti para PUPAN diharapkan dapat menjadi corong sosialisasi mengenai narkoba di berbagai kalangan. Jadi butuh juga kemampuan untuk bisa berbicara di depan umum. Selain itu wawancara juga dapat memberikan informasi atau gambaran serta alasan peserta mendaftar PUPAN.

PUPAN turut hadir pada berbagai kegiatan di BNN
4.    Pembekalan dan Karantina P4GN ( 01 – 04 Oktober 2019)

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk Bimbingan Teknik (BIMTEK) seputar narkoba dan kegiatannya termasuk memaparkan mengenai P4GN.Peserta akan mendapatkan banyak tambahahan ilmu dan pengetahuan dari para narasumber yang terbaik.

5.    Pentas Bakat (06 Oktober 2019)
Bagi yang lolos seleksi 20 besar, maka nanti akan diminta untuk unjuk gigi atau unjuk bakatnya. Hal ini bisa menambah poin plus bagi peserta.Bakat di sini, dibebaskan saja dalam bentuk apa.

6.    Malam Grand Final (09 Oktober 2019) 

Inilah waktu yang ditunggu-tunggu oleh para PUPAN.Malam pengumuman, nanti para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang dan paket hadiah aneka ragam.Seru sekali pokoknya, belum lagi banyaknya hadiah yang akan di dapat. Malam final ini rencannya akan digelar digedung RRI Simpang Skip.


Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi

Instagram PUPAN BENGKULU

Instagram Milda Ini selaku Ketua PUPAN

3 comments

Wah semoga yang ikut banyak dan yang terpilih memang seseorang yang sudah memenuhi kriteria ya

Reply

Banyak banget nih ya Mbak yang harus dipersiapkan ketika hendak mengikuti PUPAN ini

Reply

Wah memang harus mempunyai etika dan perilaku yang baik nih ya Mbak

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.