Menu

Senin, 02 September 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_ Jadwal Kegiatan Seleksi Pemilihan PUPAN. Buat kamu yang sudah kepo dengan PUPAN. Maklum beberapa hari ini media sosial kota Bengkulu. Apagi dunia milenial sedang dihebohkan dengan akan adanya pemilihan PUPAN.

Jadi PUPAN itu adalah Pemuda-pemudi Penggiat Anti Narkoba yang merupakan binaan khusus dan langsung di bawah BNN Kota Bengkulu.

Kegiatan PUPAN 2018, seru yah

Para PUPAN, berkewajiban untuk membantu pemerintah dalam hal ini BNN untuk melakukan kegiatan P4GN yaitu Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba

PUPAN ini kalo diinstasi atau di dinas lain sama halnya sering orang menyebutnya Duta. Namun di BNN lebih disebut sebagai penggiat , lalu ada juga yang disebut dengan nama relawan.

Akan tetapi istimewanya PUPAN dia mendapatkan bimtek dulu, lalu diberikan sertifikat dan PIN khusus yang terdaftar secara nasional sebagai relawan anti narkoba.

Nah, buat kamu yang berminat daftar dan ikutan seleksi PUPAN. Berikut ini adalah jadwal seleksinya. Harus mengikuti semua tahapannya dengan baik yah. Agar kamu terpilih.

Kegiatan PUPAN, sosilisasi P4GN di Berbagai Radio
Jadwal rangkaian kegiatan Seleksi PUPAN Akan dilaksanakan pada

1.    Pendaftaran ( 4 – 20 September 2019)

Pendaftaran akan dibuka lumayan lama loh. Namun jangan sampai durasi yang lama, membuat kamu lalai menyiapkan diri.Ujung-ujungnya malah ngak jadi daftar. Rugi sekali. Bila perlu pasang di dinding kamar atau pasang alarm.

2.    Seleksi tertulis (22 September 2019)

Usai pendaftaran dan melengkapi berkas.Kamu akan melewati seleksi tertulis terlebih dahulu. Salah satu soal yang akan kamu jawab adalah mengenai kegiatam P4GN itu sendiri atau mengenai pengetahuan seputar narkoba. Jadi, kamu sudah diharapkan juga mulai mencicil untuk membaca informasi seputar narkoba.

3.    Seleksi wawancara (25 -26 September 2019)

Seleksi wawancara ini penting banget loh, dimana nanti para PUPAN diharapkan dapat menjadi corong sosialisasi mengenai narkoba di berbagai kalangan. Jadi butuh juga kemampuan untuk bisa berbicara di depan umum. Selain itu wawancara juga dapat memberikan informasi atau gambaran serta alasan peserta mendaftar PUPAN.

4.    Pembekalan dan Karantina P4GN ( 01 – 04 Oktober 2019)

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk Bimbingan Teknik (BIMTEK) seputar narkoba dan kegiatannya termasuk memaparkan mengenai P4GN.Peserta akan mendapatkan banyak tambahahan ilmu dan pengetahuan dari para narasumber yang terbaik. 

5.    Pentas Bakat (06 Oktober 2019)

Bagi yang lolos seleksi 20 besar, maka nanti akan diminta untuk unjuk gigi atau unjuk bakatnya. Hal ini bisa menambah poin plus bagi peserta.Bakat di sini, dibebaskan saja dalam bentuk apa. 

6.    Malam Grand Final (09 Oktober 2019)  

Inilah waktu yang ditunggu-tunggu oleh para PUPAN.Malam pengumuman, nanti para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang dan paket hadiah aneka ragam.Seru sekali pokoknya, belum lagi banyaknya hadiah yang akan di dapat. Malam finalini rencannya akan digelar digedung RRI Simpang Skip.

PUPAN sedang test saat ikutin BIMTEK

Kriteria umum PUPAN dideskripsikan sebagai berikut : 

  1. Laki-laki/perempuan berusia minimal 16 tahun;
  2. Sehat jasmani dan rohani dan bebas Narkoba Bebas Narkoba dibuktikan melalui surat keterangan bebas Narkoba (bila diperlukan);
  3. Merupakan utusan atau wakil atau anggota dan bukan pribadi, organisasi, perkumpulan, lembaga, instansi, komunitas, dll
  4. Memiliki semangat, gairah, motivasi, tekad, terpanggil untuk tugas mulia pengabdian dan dedikasi tinggi dalam P4GN
  5. Berkelakuan baik dan tidak terlibat organisasi terlarang serta Tidak sedang terlibat dalam perkara hukum tindak pidana;
  6. Melalui sistem rekrutmen (pengembangan kapasitas atau workshop) resmi yang dilakukan BNN Kota.
  7. Mampu berkerja ikhlas, bekerja keras, bekerja cerdas, kerja berintegritas dan bekerja tuntas dan dapat bekerjasama dengan pihak lain;
Latihan berbicara di depan umum
Nah, itu kriteria umum. Berikut ini adalah Kriteria khusus seleksi

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pemuda Pemudi Aktif yang yang berdomisili di Kota Bengkulu.
  3. Belum Menikah
  4. Usia 16- 23 Tahun
  5. Tidak berhubungan dengan perilaku penyalahgunaan Narkoba, tattoo, pierching.
  6. CV
  7. Poto Close Up 1 lembar
  8. Mengisi formulir
  9. Uang Pendaftaran Rp.100.000
  10. Mengikuti Seleksi (administrasi, tertulis, wawancara, dan deskriptif pilot project)
  11. Mengikuti pembekalan.
Yuk, gabung jadi bagian PUPAN

Bagaimana, tertarik untuk daftar PUPAN. Yah, sudah langsung folow aja akun Instagram Pupan di https://www.instagram.com/pupanbengkulu
4 comments

Wah bener banget nih Mbak, dengan adanya acara ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penggunaan narkoba

Reply

Banyak banget nih ya Mbak seleksi yang dilakukan ketika mengikuti PUPAN ini

Reply

Saya jadi ingin nih Mbak menjadi salah satu bagian dari PUPAN ini, tapi nggak masuk persyaratannya nih hihi. Soalnya saya bukan orang Bengkulu

Reply

wah untuk anak-anak muda yang masih cukup dan memiliki minat menjadi duta atau penggiat, ini kesempatan emas.

kalau saya udah ga bisa lagi mbak, udah tuir, hahah,

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.