Menu

Rabu, 04 September 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb
www.mildaini.com_ Warga Jakarta Wajib Tahu! Ternyata di Kawasan Ini Terdapat Kampung Tematik Persis Seperti Kota Malang Loh.Kalau kamu pernah berkunjung ke kota Malang, Jawa Timur berarti kamu sudah pernah mendengar atau bahkan berkunjung ke kampung warna-warni yang dikenal pula sebagai kampung Tridi. Lokasinya yang berada persis di tepi sungai Brantas itu nyatanya telah dikunjungi lebih dari 400 wisatawan setiap harinya. Belakangan ini muncul pula kampung tematik di Jakarta yang serupa seperti kampung Tridi loh. Berada di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, kampung-kampung ini menyediakan berbagai fasilitas yang pastinya mengedukasi dan cocok untuk dikunjungi saat liburan singkat. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini: 
foto koranjakarta.com

Kampung Literatur
Kampung yang menyediakan beragam buku bacaan untuk warga sekitar ini masih erat kaitannya dengan Universitas Bina Nusantara (Binus) yang berada tidak jauh dari kampung tersebut. Dengan mengusung konsep tematik, ibu-ibu dan seluruh warga kampung literatur diberikan pelatihan keterampilan dan juga diajarkan untuk hidup bersih. 
Konsep tematik dipilih sebagai salah satu upaya yang dilakukan pemkot setempat untuk meningkatkan kualitas lingkungan rumah tinggal dan prasarana dasar. Konsep ini juga pernah digunakan di beberapa kota seperti Semarang dan Tangerang. 
Kampung Warna-Warni
Lokasinya yang berada di Kelurahan Jatipulo, Palmerah ini terlihat sangat menawan pada malam hari. Pasalnya hiasan lampu warna-warni dan beberapa spot foto instagramable yang ada di kampung itu justru menghilangkan kesan kumuh disekitar daerah Jatipulo sendiri. Kampung warna-warni di Jakarta Barat ini bukanlah kampung pertama yang dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta. 
kampung warna-warni Sunter. Foto Guide.com
Sebelumnya di kawasan Kamal Muara, Jakarta Utara juga disulap menjadi kampung warna-warni demi meninggalkan kesan kumuh di kawasan tersebut. Dengan bantuan warga sekitar, kampung warna-warni di kawasan Kamal Muara langsung disambut baik dengan banyaknya pengunjung yang sekedar ingin berswafoto disana. Kawasan Kamal Muara mnejadi pionir dalam menciptakan kampung warna-warni yang selanjutnya diikuti beberapa daerah lain di Jakarta Utara seperti Gang Nangka, Papanggo Tanjung Priok dan Kampung Anies-Sandi. 
Kampung Mural
Dengan menggandeng sejumlah supporter Persija yaitu The Jak, kampung yang berada di Kembangan Utara, Jakarta Barat ini ditujukan kepada para remaja yang ingin menyalurkan kreatifitasnya. Selain di kawasan Jakarta Barat, kampung mural juga berada di kawasan Kota Tua, Penjaringan, Jakarta Utara. 
Konsep yang digunakan di kampung mural itu adalah Jakarta Tempo Doeloe. Kehidupan masyarakat Jakarta tempo dulu terpampang jelas melalui mural yang Digambar seniman-seniman berbakat, mulai dari menumpangi becak, bermain petak umpet, dan pertunjukkan ondel-ondel. Pengerjaan mural di kawasan Penjaringan tidak hanya hasil tangan seniman saja, melainkan ada pula Pemprov DKI yang bekerja sama dengan sebuah perusahaan cat. 
Kampung Terang

Kampung Terang adalah kampung hasil kolaborasi rakyat sekitar kota Bambu Selatan, Palmerah Jakarta Barat dengan PT PLN. Kampung yang terletak persis di belakang Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita ini semakin meninggalkan kesan unik lantaran adanya sederatan payung yang tergantung rapi untuk melindungi lampu hemat energi. Tidak hanya itu saja, kampung terang juga dihiasi mural-mural bertemakan suasana laut dengan rimbunnya pohon kelapa yang dibuat di tembok-tembok gang serta jalanan aspal kampung tersebut. 
Itulah sekilas cerita mengenai keunikan dari kampung-kampung yang berada di kawasan Jakarta. Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya kita mendukung dan membantu program pemerintah untuk menciptakan kesejahteraan hidup di Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Informasi lainnya seputar berita terbaru kota Jakarta bisa kamu baca di https://www.cekaja.com/info/tak-perlu-ke-malang-di-palmerah-juga-ada-kampung-tematik/



25 comments

Kalau dipikir-pikir memang kenapa nggak perkampungan di jakarta dihias sedemikian rupa supaya bisa menjadi potensi wisata dan menghidupkan perekonomian warga kampung tersebut ^_^

Reply

Kampung memang harus bersolek dan bermetamorfosa ke arah yg lebih kece.
Mantab nian, euy!
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply

Alhamdulillah Jakarta keren banget ya. Ini suatu terobosan baru bagi pemukiman kumuh di Jakarta. Malah akan mendatangkan pendapatan buat warganya jika dikelola lebih baik lagi.

Reply

Ada juga ya ternyata kampung warna warni di Jakarta.
Nah tahun lalu waktu aku ke Malang, sebenernya pengin ke kampung warna warninya itu, tapi berhubung waktu terbatas, akhirnya nggak jadi ke sana.

Reply

Bagus-bagus ya Mak, kalau suka street photography pasti dapat banyak hasil jepretan nih :)

Reply

Aaah.. bagus juga upayanya. Kalau aku sih tertarik bukan dengan tematiknya, ya karena itu temporary. Aku lebih tertarik dengan kampung di Cilandak yang udah sejak tahun 2000 udah semua bercocok tanam dalam pot (tabulampot) herbal

kalau ga salah ada di beberapa koran dulu diulas

Reply

wah keren nih...bisa jadi tempat escape kalo ke Jakarta.. Semoga semakin banyak tempat2 menarik kayak gini di Jakarta

Reply

Wah saya baru tau ada kampung tematik di Jakarta. Saya hanya taunya kampung mural, kota tua Jakarta. Kemarin ke dharmais siang jadi nggak nemuin tuh kampung terang. Disebelah mana ya? Jadi mau telusuri deh.

Reply

Konsepnya menarik, ya. BTW emang mirip bgt ama kampung warna warni Jodipan yg di Malang. jadi ga usah jauh2 deh.

Reply

Aku tinggal di Jakarta, dan sering lewatin daerah kebon jeruk palmerah, tapi ngga pernah tau soal kota tematik ini hehe.
Tapi di satu sisi kota tematik ini bisa bikin warga keki juga karena terlalu banyak warga luar yang pengen swafoto seperti yang sudah sempet kejadian di wilayah tangerang kalo ga salah, dulu sempet rame di IG soalnya.

Reply

Asli baru tahu kalau di Jakarta juga punya kampung tematik dan atau kampung warna-warni yang ngehits seperti daerah lainnya. Dan yang lebih menariknya lagi di Jakarta ada Kampung Terang yang dibuat dari pemkot setempat dengan PLN. Wah penasaran banget bagaimana dengan payung-payung yg ada untuk melindungi lampu hemat energi. Pasti cakep nih.

Reply

Seru kali ya kalau di Klaten juga ada kampung tematik kayak di Jakarta. Tapi salut banget lho, di tengah crowded ibukota masih ada kampung yg didesain secara tematik. Muralnya kreatif!

Reply

penasaran sama kampung literatur dan kampung terang. Kampung warna-warni mulai banyak juga ya, ada di berbagai kota. Berawal dari Malang, menyebar ke mana-mana

Reply

Di Semarang juga ada lho mba kampung tematik ini, namanya Kampung Pelangi. Banyak sekali yang liburan ke Semarang pada foto2 di situ. Saya yang orang Semarang asli malah belum pernah :))

Reply

Yah aku malah belum pernah ke kampung tematik seperti ini, mba. Penasaran nih padahal posisiku di Jakarta :)

Reply

Kayaknya daerah mural dan warna warni seperti ini semakin banyak ya di beberapa daerah. kalo dulu masih jarang kita temukan, kalo skrg udah makin banyak ya :)

Reply

Kalau yang di Malang, aku pernah mampir, kak...
Mungkin bedanya karena yang di Malang itu kampung warna-warni nya di bangun di tempat yang berundak-undak yaa...
Di Jakarta keren banget karena yang bikin anak-anak muda kreatif.

Reply

Wah aku pikir tempat2 seperti ini nggak ada di Jakarta krna ramai bgt yah, pdhl ternyata ada, boleh nih di eksplor lbh dalam

Reply

Waaah mba, aku baru tau kalau di Jakarta ada kampung tematik. Apalagi di daerah Palmerah yang merupakan daerah tempat tinggal mertua ku, besok kalau berkunjung ke Palmerah aku pasti mampir ke kampung tematik ini

Reply

Dengan konsep seperti ini kampung menjadi tertata dan lebih rapi, sehingga malah menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi ya..keren idenya..

Reply

Mbqk aku juga baru tau ada ini loh. Muralnya bagus2 ya. Warna warni kirain cm di malang

Reply

Ku penasaran banget pengen tau kayak gimana kampung mural sama kampung terang nih. Baru tau ada kampung tematik di Jakarta, ke mana aja akutuh

Reply

Keren banget ya ada Kampung Literasi dan Kampung Warna Warni di Jakarta, kirain Malang dan Semarang aja, aku suka ke kampung begini apalagi kalau kulinernya enak hehe

Reply

Kalau kampung warna-warni itu sudah umum banget ya, hampir di setiap kota ada. Saya justru penasaran dengan kampung mural. Pasti asyik.

Reply

Aku penasran sama kampung muralnya nihnmba. Kalo di sini ga ada yang begitu .pakingan sesekali jalanan dan tembol digambar batik

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.