Menu

Jumat, 13 Mei 2016

/

 HPL Bumil Lewat, Apa yang Harus dilakukan?

Saat ini saya agak deg - degan, karena Hari Perkiraan Lahir sudah lewat. Harusnya tanggal 12 Mei 2016. Tetapi ini sudah dua hari lewat. Sebagai ibu hamil, tentu saja saya juga merasakan gelisah, kuatir bahkan cemas. Meski ini adalah kehamilan yang keempat. Tetap saja saya merasakan itu semua.  

Sebelumnya saya sudah melakukan pemeriksaan ke dokter dan bidan. Mereka semua menyatakan saya harus menunggu sampai batas seminggu sebelum dan sesudah HPL. Semua kondisi baik dan sangat memungkinkan untuk melahirkan secara normal.

Namun, hari ini setelah dua hari saya belum juga melahirkan. Suami mengingatkan bahwa dulu, tahun 2013. Saat hendak melahirkan anak ketiga. HPL saya juga molor sebanyak tiga hari. Jadi ya, kata suami kita tunggu aja dulu selama tiga hari kedepan. Atau paling lama sampai tanggal 19 Mei. Baru kita lakukan pemeriksaan kembali ke bidan atau dokter. Semoga kondisinya juga baik-baik saja.

Lalu, apa yang harus saya lakukan selama masa menunggu lahiran ini. Apa yang harus saya lakukan jika HPL lewat. 

Dari pertanyaan tersebut, saya akhirnya berdiskusi dengan dokter dan bidan. Hal apa saja yang bisa saya lakukan jika HLP lewat, sehingga dapat tetap melahirkan secara normal.

Oh, ya. kalo belum tahu cara menghitung HPL. Bisa dibaca infohnya di sini ya.

Baca Selengkapnya

Cara Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)


Ini adalah beberapa diskusi saya bersama bidan dan dokter, jika masa HPL lewat. Ibu hamil dapat melakukan hal-hal di bawah ini.

Pertama, tetaplah semangat dan yakin bahwa semua akan baik-baik saja. Ibu hamil akan tetap melahirkan secara normal dan sehat. Banyak berdoa dan berdiam diri sejenak setelah salat (Meditasi) sembari menenangkan diri . Memperbanyak melakukan ibadah, seperti salat dan mengaji.

Kedua, Perbanyak untuk jalan santai. Terutama di pagi hari. Supaya bumil dan bayi mendapatkan asupan oksigen yang segar. Selain itu jalan pagi juga bermanfaat untuk melatih pernapasan dan kekuatan otot panggul. 

Ketiga, Makan Nanas dan Minum Air Kelapa Muda. Hal ini dipercaya dapat memberikan tenaga dan membersihkan lemak-lemak yang menempel di bagian kepala dan badan bayi. Sehingga saat dilahirkan nanti bayi akan terlihat bersih.
Memang air kelapa muda sangat bermanfaat bagi kesehatan apalagi bagi bumil

Baca Selengkapnya

Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan dan Bagi Ibu Hamil


Keempat, Lakukan senam hamil. Dalam melakukan senam hamil ini sebaiknya, Ibu ditemani oleh instruktur. Senamnya juga baik dilakukan di atas trampolin. Sang ibu duduk di atasnya dan melakukan gerakan-gerakan yang santai. Senam hamil juga bagus untuk melatih kekuatan otot panggul dan pernapasan.

Kelima, Menari. Jika bumil suka menari. Maka gerakan joget atau tarian hawai, hula-hula yang mengutamakan gerakan pada otot perut. Sangat baik dilakukan oleh ibu hamil untuk merangsang pergerakan otot rahim. Apalagi jika joget tersebut dilakukan dengan pasangan atau keluarga. Maka akan menambah rasa nyaman dan gembira. Bumil akan lebih rileks

Keenam, Lakukan hubungan intim yang santai. Namun hubungan intim tidak boleh dilakukan jika air ketuban sudah merembes. Kenapa hubungan intim. Iya, karena hal ini dapat memicu produksi hormon Oxytocin yang dapat menimbulkan kontraksi pada rahim ibu. Selain itu cairan sperma yang mengandung hormon prostagladin dapat membuat leher rahim melunak dan siap untuk membuka. Sehingga hormon prostagladin ini sering juga disebut sebagai alat induksi alami. 
Tips keenam ini yang membuat suami saya tersenyum geli saat disarankan oleh bidan dan dokter. Mereka menggunakan istilah. "sering-sering dilihat, ditenggokin pak dedek bayinya. Mungkin dia mau dijemput ama bapaknya" dokter dan bidannya juga tersenyum geli pas berkata begitu. 
Suami, malah cengengesan, ngak ngerti. Maksud mereka apa. Akhirnya terpaksa deh dijelaskan secara detil. Mendengarkan penjelasan mereka, gantian suami yang tertawa geli, hehehe. 

Ketujuh, Tetaplah beraktivitas seperti biasa supaya tidak stress. Sya juga masih tetap belanja ke warung, ke pasar, memasak, menyiapkan keperluan anak dan suami, tetap beberes rumah. Bahkan tetap melakukan aktivitas luar seperti ikut menjemput anak, silaturahim, pengajian, ikut seminar, kondangan dan lain sebagainya. Namun, tetap saja harus ditemani karena jika ada kondisi darurat akan akan yang membantu dan bisa diberikan solusi. 

Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat dilakukan oleh bumil yang HPLnya lewat kayak saya, hehehe.

Tetap semangat ya bumil. Tetap berharap dan yakin bahwa semua akan baik-baik saja dan bisa lahiran secara normal. In sya Allah, Allah akan melindungi dan mempermudah urusan kita dalam menjalani masa kehamilan dan persalinan ini. Tetaplah sabar dan ikhlas.

Saat membuat tulisan ini perut saya juga sudah mules-mules dan berdenyut. Sesekali saya bolak-balik ke kamar mandi buat pipis. Sepertinya masa melahirkan akan segera tiba.

Mohon doanya ya teman-teman semua, semoga saya dan bayi bisa lahiran secara normal, kami berdua sehat selalu. Aamiin. Semangat



· 





19 comments

putri-putrinya mbak Mildaa cantik2 huweeehhh hhhee
smoga dilancarkan ya mbak, persalinannya ^_^

Reply

Semoga dimudahkan proses melahirkan ya, aku anak pertama lewat HPL juga dan anak ketiga juga

Reply

Dulu, ketika istri saya hamil, selalu minta air kelapa muda untuk diminum. Sebagai laki-kali, saya tidak begitu paham apa gunanya. Demi istri, ya, saya carikan saja. :)

Reply

saya doakan semoga ibu dan bayinya sehat2 saja

Reply

Semoga dilancarkan... sehat semua adik bayi dan mamanya..aamiin..

Reply

iya, alhamdulillah

trima kasih ya doanya

Reply

wuah, tetap semangat ya say

ma kasih yo

Reply

ciye yang sayang istri

Reply

aamiin, ma kasih ya doanya

Reply

aamiin, ma kasih Mba retno

Reply

Semoga dilancaran proses kelahirannya, ibu dan bayi sehat. Aamiin....

Reply

Semoga saat saya kommen tulisan mba ini...mba Milda sudah lahiran ya...lancar, normal, ibu dan bayi sehat. Aamiin. Hebat san salut buat mba milda..sambil nahan mules...n bolak-balik ke kebelakang masih sempat nulis..

Reply

Nanas sama kelapa muda jangan dikonsumsi saat kehamilan masih muda kt y Mbak. Katanya sih bisa menimbulkan keguguran apa yak. Bisa jd kalau udah lewat perkiraan lahir dianjurkan untuk konsumsi ini untuk mempercepat kontraksi kali yak. Aku dulu anak pertama 40 minggu, lewat 2 minggu Mbak. Yg kedua malah 36 minggu, kurang 2 minggu.

Reply

Selamat atas kelahiran babynya Mbak, semoga mjd anak solehah

Reply

selamat atas kelahiran buah hatinya yah Mba Milda :)
semoga menjadi anak sholehah, amin..

Reply

HPL udah lewat? Sekarang lagi dialami adik saya mbak. Dia lagi harap-harap cemas. Tapi kayak mbak Milda juga, sekarang adik saya sering jalan-jalan pagi. Katanya untuk mempersiapkan tenaga dan melancarkan persalinan ya..

Reply

betul , pas hamil tua aja

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin