nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Planet Ban Tempat Servis Motor Idaman

Assalammualaikum.Wr.Wb

Service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Untuk lebih jelas apa saja yang harus di-service pada motor, yuk baca artikel ini sampai selesai.


https://www.mildaini.com
Ke Planet Ban aja


Planet Ban  Tempat Servis Motor Idaman 


Planetban merupakan website resmi Planet Ban yang merupakan jaringan toko spare part sepeda motor modern terbesar dibawah naungan PT. Surganya motor Indonesia. Ban Planet mempunyai visi untuk memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Planet Ban didirikan pada tahun 2011 dengan outlet pertama di Harapan Indah Bekasi. Hingga saat ini, terdapat 900 gerai Planet Ban di seluruh Indonesia. Planet Ban menyediakan berbagai macam ban motor mulai dari Service Motor, Oli mesin Durable X-Ten, spare part sesuai standar pabrikan motor dan ban dari berbagai merk ternama baik lokal maupun import untuk motor dengan kapasitas mesin hingga 250cc.


Kenapa Servis Motor Planet Ban

Saya juga sudah pernah servis motor di berbagai bengkel, maklum sudah sejak lama pake motor. Mulai dari motor bergigi hingga yang sekarang motor matic.

Biasanya saat sudah servis itu, selalu ada aja yang sepertinya kurang atau malah terlihat ada sisa kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Berbeda jika melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Kalo dimotor tidak ada sisa kotoran, debu dan sisa pembakaran, tentu saja tampilan motor akan terlihat seperti baru lagi. Mesin motor atau tarikannya juga akan lebih ringan, lebih hemat BBM dan emisi juga bisa turun hingga 70 persen.


Planet Ban rekomendasi servis motor idaman


Harga Service Terjangkau Kantong

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-


8 Pilihan Servis dan Perawatan Motor 

yang bisa dilakukan di Planet Ban


1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Oli Ester ini umumnya diperuntukan untuk kebutuhan balap, dimana mesin selalu bermain pada rpm tinggi dan membutuhkan suhu yang stabil.

Oli dengan kandungan ester ini termasuk dalam base Oil dengan tingkat tertinggi saat ini. Adanya kandungan ester, membuat tingkat keausan bisa lebih minimal hingga 0%. Oli motor matic harus terpelihara dengan baik agar memberikan kenyamanan saat berkendara.

Fungsi kandungan ester ini mampu melindungi mesin pada putaran tinggi, sebab oli ini dapat menjaga suhu mesin lebih stabil. Bahkan, semakin lama dia bekerja justru output power mesin akan semakin membaik. 

Pada motor harian dengan mobilitas tinggi, selain memberi kenyamanan dalam berkendara, tentunya akan lebih hemat. Jarak pakai oli ester biasanya lebih panjang dari oli full synthetic sehingga masa penggantiannya menjadi lebih lama.


2. Busi

Jika mengalami motor sulit dinyalakan, kemungkinan besar ini karena keruskan pada busi. Oleh karena itu busi motor juga perlu pergantian secara rutin. Hal ini karena Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. J


3. Oli Gardan

Oli mesin dan Oli gardan ini berbeda loh, ganti oli mesin dan oli gardan tidak harus bareng.Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.


4.Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.


5.Aki atau Accu

Kondisi Aki motor juga harus dichek dan dirawat,kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan jika ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. 


6.Kampas Rem

Untuk menjaga kharus didukung dengan rem motor yang bagus. Pengguna motor harus juga secara rutin melakukan perawatan bagian rem ini.  Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.


7.Ban

Sebelum menyalakan mesin motor, maka periksa secara kasat mata ban motornya. Kadang motor suka kempes akibat bocor halus. Pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.


8.Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Saat melakukan tune up bisa juga disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. 




Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban?


Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

oh, ya saat motor kita bisa mengurangi emisi, artinya secara tidak langsung kita juga  ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Nah, sudah punya rekomendasi tempat servis motor dengan harga terjangkau tapi hasilnya maksimal. Yah, ke Planet ban saja. Jadi, kapan noh mau servis dan perawatan motor di Planet Ban. Segera chek lokasi terdekat dan amankan slot jadwal motor kesayangnmu yah, supaya tidak terlewat.

Baca Juga

Related Posts

22 comment

  1. sangat bermanfaat, terimakasih atas infonya ya :D

    BalasHapus
  2. Wah, ternyata Planet Ban ini ada fasilitas servis motor juga ya. Kirain cuma jual beli ban saja lho. Harga servis ya juga lumayan terjangkau mulai 20 ribuan ya

    BalasHapus
  3. Kudu check lokasi Planet Ban terdekat, ban belakang motor aku udah kudu diganti jg karen udah ngeretak plus servis. Yup skitar sgitu jg aku servisi motornya mba. Ehh paksu deh yg ke bengkelnya 😁

    BalasHapus
  4. Nah emak-emak nih malesss banget kalo disuruh servis motor. Bisanya make doang deh ah. Apa-apa nunggu pak su. Padahal wajib banget servis rutin. Untung deh ada Planet Ban deket rumahku jadi aku ga males servis lagi.

    BalasHapus
  5. Bener ya, motor tuh harus rutin diservis. Selain bisa mengecek kerusakan, juga untuk antisipasi mana parts yang butuh dibersihkan. Setelah diservis tuh jadi lebih enak banget dikendarai deh

    BalasHapus
  6. Baca ini auto ingat, aku belum juga servis motor. Padahal servis motor secara rutin perlu dilakukan untuk mengurangi tingkat kerusakan yang semakin parah ya. Untungnya kini Planet ban lumayan ada di mana - mana sih mbak, sangat membantu para pemilik motor pastinya bisa servis berkualitas dengan harga terjangkau.

    BalasHapus
  7. Planet Ban ini tuh memang sudah banyak sekarang ya, karena kebetulan dekat rumahku pun ada. Kalau pas lewat sana tuh selalu ramai dia, karena memang pengguna kendaraan bermotor sekarang banyak dan pastinya harus melakukan service secara berkala ya mbak.

    BalasHapus
  8. Testimoni Planet Ban ini oke ya banyak yang rekomendasikan untuk servis motor karena biaya terjangkau dan perawatannya beneran bersih kayak baru

    BalasHapus
  9. Wiken lalu aku barusan servis motor. Kena lumayan jg karena harus ganti sparepart. Tapi masih bersyukur sih ga lebih parah lagi hehehr. Skrg aku catet nih, kapan trakhir servis dan di KM brp, jd ntar tau kapan lagi harus srrvis rutin. Maunya ada PB di Mkassar yaa..biar bisa servis motor rasa baru dg harga hemat.

    BalasHapus
  10. udah 900 aja nih outlet planet ban di seluruh Indonesia. Ternyata selain jual ban, ada oli dan terima servis motor juga. Sepertinya perlu ada restrukturisasi nama ini, soalnya kan identik dengan ban aja

    BalasHapus
  11. Planet ban memang terpercaya tempat servis motor apalagi kalau kondisi motor sudah lewat dari 5 tahun perlu perawatan rutin

    BalasHapus
  12. Cukup banyak yang membahas Planet Ban ini sebagai servis motor yang handal, dan ini salah satu indikator kalau Planet Ban ini bisa dipercaya sebagai tempat servis motor yang baik dan terpercaya.

    BalasHapus
  13. Jadi keinget nih. Motor saya sudah saatnya jadwal service tapi malah masih nanti-nanti. Pengen juga nyervice motor di Planet Ban. Kayaknya bisa nih mendapatkan layanan service yang baik, dan motor kembali prima.

    BalasHapus
  14. Jujurly lho mbak, aku baru tahu kalau planet ban tuh bisa buat service motor ya akhir2 ini. Dulu kupikir ya cuma jualan ban ajah hehe

    BalasHapus
  15. Enak nih service di Planet Ban, bengkelnya ada di mana-mana. Suamiku juga pernah bawa motor ke sana buat ganti ban. Ini artikelnya wajib dibaca kaum wanita yang jarang servis motor kecuali kalo udah mogok wkwk

    BalasHapus
  16. Toss aaah sama kita maak ke planet ban...memang yaa motor matic yang rajin dirawat dengan baik akan nyaman di pakai

    BalasHapus
  17. Udah ga susah sekarang cari bengkel Planet Ban.
    Di Bandung ada banyak titik sehingga bagi yang mencari tempat servis motor terbaik dengan pelayanan tergercep, Planet Ban menjadi pilihan yang tepat.

    BalasHapus
  18. Suami juga nyari Planet Ban di Surabaya
    Mau service motor peninggalan orang tuanya
    Semoga nyaman dan hasilnya memuaskan

    BalasHapus
  19. Tempat servis motor langgananku juga suami. Gak cuma ganti ban aja, ganti oli pun bisa banget di Planet Ban. Apalagi banyak cabangnya, jadi bisa pilih yg paling dekat dengan rumah.

    BalasHapus
  20. Iya ya,dulu sebelum servis motor di Planet Ban, tiap kali servis kok ada aja yang kurang. Kini puas dengan servis terpadu di Planet Ban, motor serasa baru!

    BalasHapus
  21. Dulu pertama kali ganti ban motor, aku gantinya juga ke Planet Ban mbak. Nah senengnya kalo mau pompa di sana, free. Eh sekarang malah bisa servis rutin ya, harganya juga terjangkau.

    BalasHapus
  22. Mencari bengkel motor memang susah2 gampang, Krn banyak bgt yg di pinggir jalan itu. Kalau udh ketemu yg cocok dan amanah langsung deh jadi langganan

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin