Menu

Senin, 11 April 2016

/


Manfaat Air Kelapa Muda
 Bagi Kesehatan dan Bagi Ibu Hamil


          Bulan April ini usia kandungan saya alhamdulillah memasuki bulan ke sembilan. Saya secara rutin memeriksakan diri secara intensif kepada petugas kesehatan. Terutama bidan dan dokter kandungan. 

          Seperti sore ini saya kembali memeriksakan diri ke bidan yang lokasinya tidak begitu jauh dari rumah. Kalo nekat bisa saja ditempuh dengan jalan kaki. Beruntung sore ini sang suami mau menemani.

          Alhamdulillah kata bidan, semuanya sehat. Saya diberikan obat tiga macam, ya sejenis multivitamin.

          Menurut bidan, saya diperkirakan akan melahirkan paling cepat di akhir bulan ini atau HPL sekitar tanggal 12 Mei. Masih ada waktu untuk banyak berjalan dan makan minum kelapa muda. Aha, minum kelapa muda, asik nih .

          Sejak kehamilan anak pertama, ini kehamilan saya yang keempat. Setiap mau memasuki hamil tua atau bulan kesembilan. Para dokter dan bidan yang memeriksa saya selalu menganjurkan kepada saya untuk banyak berjalan-jalan, makan nanas dan minum air kelapa muda.

          Alhamdulillah saran tersebut selalu saya lakukan karena saya menyakini manfaat dari kegiatan tersebut. Melakukan saran-saran tersebut dengan senang hati dan sangat berefek baik bagi kehamilan dan proses persalinan saya.

          Persalinan sebelumnya, alhamdulillah normal. Semoga persalinan kali ini juga normal ya. Saya dan bayi sama-sama enjoy dan kami bisa bekerjasama yang baik pada saat lahiran nanti. Aamiin. 

Memang saya tidak banyak bertanya kepada bidan dan dokter apa manfaat dari minum air kelapa muda tersebut. Namun, pada kenyataannya, air dari kelapa muda memang mengandung berbagai zat yang berbeda dari air yang terdapat pada buah lainnya. 

Dari dulu kelapa sudah dikenal dengan sebutan ‘ pohon sejuta manfaat’ semua yang ada pada kelapa semuanya pun bermanfaat dan bisa dimanfaatkan oleh manusia.



Makanya sebagian orang, apalagi orang tua kita dahulu. Selalu menanam kelapa di perkarangan rumah. Dan karena itu pula banyak kita lihat tanaman kelapa hibrida/ kelapa hijau atau kelapa yang ukuran pohonnya kecil tetapi berbuah banyak dan ditanam di perkarangan rumah. 

Air kelapa muda  terbukti sangat bermanfaat bagi kita apalagi bagi  ibu yang sedang hamil. 

Mari kita bahas, apa saja manfaat atau kandungan nutrisi yang terdapat di dalam air kelapa muda. Aha, membahas soal air kelapa ini, saya jadi kepengen minum kelapa muda. Duh, sedapnya. 

1.  Air  kelapa  Mengandung  Elektrolit Alami
 
Di dalam air kelapa banyak terkandung  kandungan kalsium, kalium, elektrolit, klorida, magnesium, riboflavin, dan juga sodium. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit cair yang sama dengan kandungan cairan di dalam tubuh, tentu saja, air kelapa sangat berguna untuk menghindari dehidrasi dan sangat cepat untuk memulihkan stamina. 

Makanya sering kita lihat banyak iklan di televisi yang menggunakan air kelapa sebagai bahan minuman penambah tenaga.  Tetapi kalo saya lebih suka yang alami saja, gak usah beli minuman kemasan dengan embel-embel air kelapa murni : D

Nah, Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain yang berada dalam keadaan normal. Jika ibu hamil dehidrasi selama kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan diantaranya  persalinan prematur, sakit kepala, edema, kram.

2. Mengurangi Sembelit dan Melancarkan Pencernaan  

Sembelit atau gangguan pencernaan tidak hanya sering dialami oleh ibu hamil. Tetapi orang dewasa yang tidak hamil dan anak-anak juga sering mengalaminya. Oleh karena itu dengan minum air kelapa juga terbukti meningkatkan fungsi pencernaan orang dewasa maupun anak-anak. 

Pada ibu hamil selama kehamilan, plasenta akan menghasilkan jenis hormon yang disebut progesteron, yang dapat memperlambat lambung sehingga pencernaan kontraksi otot melambat. Sehingga sangat baik jika minum air kelapa.

3.  Memiliki Diuretik alami
 
Air kelapa juga berfungsi sebagai diuretik alami yang steril, air kelapa muda terbukti memperlancar proses pembuangan urin dan membantu membersihkan saluran kemih. 

Hal ini tentu saja diyakini mengeluarkan zat racun  atau racun yang dihasilkan tubuh dan mencegah infeksi  pada saluran kemih yang umum terjadi pada ibu hamil.

4.  Dapat Meningkatkan HDL
 
Air kelapa muda tidak mengandung sedikit lemak dan kolesterol, bahkan menurut penelitian dan penelitian para ilmuwan, air kelapa dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

5. Sebagia Anti Penyakit
Air kelapa muda mengandung senyawa asam laurat, sejenis asam yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Asam laurat yang cukup melimpah dalam air kelapa sama dengan yang ditemukan dalam ASI dan memiliki kesamaan karakteristik sebagai antijamur, antibakteri dan antivirus, sehingga akan selalu menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus berbahaya seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia bahkan dapat menghindari bakteri dan klamidia heliokobater. 

          Saya biasa membeli air kelapa dari kelapa yang masih bulat. Terus sama penjualnya dilobangi untuk memudahkan mengeruk daging kelapa dan memasukan sendok atau pipet. Supaya mudah diminum dan dimakan. 



          Di sini air kelapa muda, bisa diminum dengan tambahan gula putih atau gula aren / gula merah serta tambahan es batu. Bisa juga ditambahkan syrup. Biasanya rasa Cocopandan. Kalo saya lebih suka minum air kelapa muda yang murni. Yang tidak ditambahkan apa-apa. 

          Harga satu buah kelapa muda yang bulat di sini sekitar sembilan sampai sepuluh ribu perbuahnya. Saya dan anak-anak kadang hanya memesan satu buah saja. Sudah cukup. Apalagi jika kelapanya masih muda dan daging kelapanya masih lembut. Air kelapanya akan lebih banyak daripada kelapa yang sedikit matang/ tua yang daging kelapanya sudah agak tebal.

          Hampir setiap hari saya minum air kelapa muda. Biasanya pada sore hari setelah jalan-jalan sore. Sering ditemani anak-anak dan juga pastinya ada cemilan yang lainnya, hehehe. Namanya juga makan sama anak-anak ya, pasti ada tambahannya. 

          Memang minum air kelapa muda ini membuat saya seolah mendapatkan tenaga, mudah buang air kecil dan buang air besar. Sehingga pencernaan saya lebih ringan, badan juga enak dan pastinya tambah kuat buat jalan-jalan.

          Satu hal lagi yang saya yakini dengan banyak minum kelapa muda ini, membuat bayi ketika lahir nanti keadaannya bersih, tidak ada lemak dan wangi. Ini sudah saya buktikan pada kelahiran sebelumnya.




12 comments

Wah jadi pengen kelapa muda juga euy, seru nih makan air kelapa muda. Manfaatnya emang luar biasa.

Reply

Waw, banyak banget manfaatnya. Aku minum air kepala terutama air kelapa hijau kalau pas sakit. Buat detox, mba Milda. Hehe. Semoga lahirannya nanti lancar ya, mba.

Reply

iyap, emang baik buat kesembuhan

aamiin, ma kasih doanya ya

Reply

smoga lancar pas ngelahirinnya nanti y mbak. Makasih jga atas infonyaa D

Reply

iyap

aamiin, ma kasih doanya

Reply

Insyaallah..lahiran normal, lancar ya...Air kelapa muda? kesukaan kami sekeluarga tuh mba..Hampir tiap hari kami mengkonsumsinya..sueeegeer *_*

Reply

aku juga mulai rutin minum air kelapa mbaa,, tapi kelapa yg mudaaaa banget yang dagingnya hampir ga ada, meski susah dapatnya tp suami selalu dapet aja heheh,, semoga lancar ya mba nanti lahirannya :)

Reply

iya Mba, sangat baik buat kesehatan

Reply

kalo di sini tinggal bilang Mba, mau yang airnya banyak artinya daging kelapanya tipis atau gak ada atau mau yang ada dagingnya

harganya sama, 10rbuan

sama2 mendoakan ya Mba, semoga semua lancar

Reply

Wah jadi pengen pulkam nih, tinggal petik degannya di belakang rumah. Kan seger banget kalau minum langsung dari pohonya, :-3 Huhuhu..

Reply

asik dong, saya mau dong, satu tandan, hahaha

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin