nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Ide Bekal Makan

 Assalamu'alaikum. Wr. Wb

Apa kabar sahabat Milda semua semoga selalu sehat, bahagia dan berlimpah kebahagiaan bersama orang-orang tersayang. 

Kali ini Milda, melalui blog ini ingin berbagi berbagai ide bekal makanan yang pernah disajikan atau dibuat untuk anak dan suami. 

Yah,di rumah kami berlima. Tiga anak ke sekolah, saya dan suami bekerja. Stiap hari senin hingga jumat. Tapi di hari sabtu dua anak lagi tetap sekolah. Kami terbiasa membawa bekal. Saya selalu membiasakan saya sendiri, suami dan anak-anak untuk membuat bekal makanan yang akan di bawa anak ke sekolah dan berkerja. 

Sedia 5 Bekal Setiap Hari

Anak saya semua perempuan ada tiga orang. Dua orang sekolah di SD dan satu lagi yang tertua sekolah di SMK. 

Suami dan anak tertua, libur pada hari sabtu. Sedangkan dua anak lainnya yang kelas satu dan empat SD, lebih tepatnya di madrasah pada hari sabtu tetap bersekolah seperti biasa. 

Jika suami dan anak tertua, pulang kerja dan sekolah sore hari. Sedangkan kedua anak saya yang SD pulang jam dua belas siang. 

Bagi saya, suami dan anak membawa bekal makanan adalah hal yang wajib. Sama wajibnya dengan membawa minum. Jika bekal makanan tersedia atau dibawa. Saat merasakan lapar langsung bisa dimakan. Jika tidak sempat dimakan bisa dibawa pulang kembali. 

Meski suami dan anak-anak saya juga sarapan pagi. Membawa bekal makanan sekali lagi adalah hal yang wajib bagi mereka. Meski sudah sarapan bekal tetap harus dibawa. 

Oleh karena itu, setiap pagi saya menyediakan 5 kota bekal. Dua kotak buat saya dan suami. Sisanya tiga kotak buat anak-anak. Selain itu juga dimasukan susu atau minuman, aneka snack seperti roti,puding atau buah.

Berikut Ini Beberapa Ide Bekal Makanan yang Pernah Saya Buat


Bekal Ayam Goreng Krispi dan Bihun Kecap disertai Sambal Saos


https://www.mildaini.com



Bekal Sambal Telur Ayam Bulat dicampur Tempe 


Bekal Sambal Telur Ayam Bulat dicampur tempe ukuran kecil  serta tumis sayur selada air. Nasi dibuat dua, ada nasi putih dan nasi yang diaduk ke dalam bekas sambal telur dan  tempe. Mirip nasi goreng. Di Bengkulu disebut juga nasi jabal. 


https://www.mildaini.com


Bekal Gulai Ayam Kuah Santan Kuning dicampur Tahu Goreng

Bekal Gulai Ayam Kuah Santan Kuning dicampur Tahu Goreng. Dilengkapi dengan tulisan kol dan wortel dengan irisan daun bawang. 


https://www.mildaini.com

Bekal pertama untuk Athifah dan Annasya Dadar Telur. Sedang untuk si sulung dan suami sambal ikan Nila dicampur tahu kecil. Ditambah dengan tumis bayam. 


https://www.mildaini.com

Bekal Nasi Goreng dengan Bumbu Ayam Pedas. 

Bekal Nasi Goreng dengan Bumbu Ayam Pedas. Goreng ayam dan irisan timun. Ini bekal minum sebab bahan makanan banyak habis. Lupa belanja. 

https://www.mildaini.com

Bekal Mie Goreng, Tumis Sayur Kol dan Sambal Sarden

Bekal Mie Goreng, Tumis Sayur Kol dan Sambal Sarden. Ini adalah bekal saat kondisi rumah kebanjiran. Yah, meski banjir anak tetap sekolah kalo banjirnya tidak terlalu besar. Jadi bekal makanan seadanya. 


https://www.mildaini.com

Bekal Ikan Goreng Gurami Asin 

Bekal Ikan Goreng Gurami Asin yang diberi bumbu ketumbar dan garam, dengan sayur Sawi Putih dan Wortel yang ditumis kering  dilengkapi dengan sambal sachet bekas makan ayam MC D


https://www.mildaini.com

Nanti bakal saya tambahin terus ya sebab emang tiap hari menyiapkan 5 bekal, untuk suami, tiga anak dan diri saya sendiri. Kadang ada aja ide buat bekal anak.

Kalo di foto menu kali ini tidak ada terlihat makanan kayak nuget atau sosis, sebenarnya sesekali ada juga saya bikin bekal makan dengan menu nuget dan sosis. Tetapi tidak terlalu sering

Lanjut nanti ya, saya upload lagi menu dan fotonya. Mungkin bisa jadi  ide dan inspirasi Ayah dan Bunda untuk menyiapkan bekal untuk keluarga. Kalo ada ide menu bekal lainnya. Bolehlah di share di kolom komentar ya.

Baca Juga

Related Posts

25 comment

  1. Bekal buat anak ini memang butuh pertimbangan, apalagi mereka hanya memilih makanan yang menarik dan enak menurutnya. Jadi, agak sulit buat nyari ide karena anak gampang bosan perlu gonta-ganti menu. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. ngiler banget sama Ikan Gurame Goreng nya, pasti enak :D

    BalasHapus
  3. Waah, seruu sekali kalo menyiapkan bekal ginian apalagi untuk 5 orang. Butuh kreatif biar ganti2 menunya yaa. Ahh, aku mauu sambal ikan nila-nyaaa donk.
    Kangen masa2 aku ngebekelin juga, sekarang udah pensiun hahaa. Yang jelas bakalan ngangenin kelak bebekelan gini.

    BalasHapus
  4. Aku kalau bikin bekal sukanya olahan telor, karena gampang olahnya, dan tumis tuh gampang banget, yg penting gizi terpenuhi

    BalasHapus
  5. Waduh, menu bekalnya bervariasi sekali :D Mauuu dong dibekali juga hihihihi. Wadah bekalnya samaan sih kayak punyaku di rumah :D Anak-anakku paling demen nasi goreng udang tepung. Kadang mie goreng telur dan sosis. Kalau ikan doyan juga tapi bekalnya bukan pas sekolah supaya ga riweuh maunya pakai tangan telanjang hahaha :D Buat piknik cucok bener tuh.

    BalasHapus
  6. Ya ampun maaa ini mah bisa jadi ide bekal anak-anak banget. Pokoknya yang favorit ya ayam sama bihun, jadi menu andalan paling praktis sat set kalau buat sarapan sama bekal sekolah. Nasi goreng juga bisa jadi variasi menu harian.

    BalasHapus
  7. Mbaakk, ini pakai meal prep gitu gak sih? Aku juga kan suka masak buat bekel anak-anak, kadang masakan kemarin aku angetin, wkwkwk. Tapi kadang kalau kemarinnya belum semua digoreng (kayak ikan goreng atau ayam goreng gitu) ya aku goreng untuk bekal.

    Nah, kayak gitu kan enak ya cepet, tapi kalau dari motong2 sayuran pagi2 lumayan juga ngabisin waktu, ahaha. Jadi, jadi nyiapin bekal ini apakah sebelumnya sudah meal prep selama semingguan gitu atau dipotongin dari malem aja?

    BalasHapus
  8. Wah tiap hari menyiapkan sarapan dan bekal makanan untuk 5 orang ya Mbak. Sunggguh mulia pekerjaan dirimu. Kalau bawa makanan sendiri, disamping kebersihan terjamin, ada variasi dalam hidangan ya. Biar mereka gak bosan. Enaknya lagi kalau bawa makanan sendiri, hemat, dan pas jam istirahat gak usah rebutan ke kantin :)

    BalasHapus
  9. Setuju, kalau bawa bekal itu pas lapar bisa langsung makan,,,,ga perlu cari-cari , beli, bakal makan waktu deh. Lebih hemat dan sehat juga ya bawa bekal.
    Bisa nih menunya jadi ide perbekalan kadang bingung cari ide, apa lagi ya enaknya haha

    BalasHapus
  10. Aku biasanya kalau menu ikan cari yang aman, biasanya bikin baked salmon, dori pakai tepung atau ya ikan bandeng. Pokoknya cari yang gampang dan pasti kemakan sama anakku.

    BalasHapus
  11. Kalau buat anak pasti semangat ya Mba buatin bekal buat sekolah. Biar anak pun makin semangat di sekolah. Saya sendiri paling bikin menu sederhana aja.

    BalasHapus
  12. Ide bekal makanannya simpel-simpel. Bisalah buat praktik di rumah. Aku yang udah lama gak bawa atau bikin perbekalan, kangen juga bikin kaya gini. Ribet tapi seru

    BalasHapus
  13. semangat Mak, keren ini aku bikin bekal jam 10.30- an Mak, anakku mau yang hangat jadi aku antar ke sekolah sebelum bel istirahat.

    BalasHapus
  14. Penting banget ini buat di save.
    Karena sehari-hari, aku berputar-putar dengan menu yang sama. Apalagi pas anak-anak lagi males makan, pasti mintanya yang instan kaya nugget, mie atau sosis. Huhuhu~

    BalasHapus
  15. paling enak emang makan bekel yang dibawa dari rumah yaaa. yang dimasak dengan cinta dan sepenuh hati, Udah gitu pastinya pas makan juga nggak perlu repot beli makan siang dan bisa lebih hemat juga ya maaak

    BalasHapus
  16. masalah bekal buat anak dan suamik, jujur ya mba aku sering mentok dan ujung2nya telur dan mie lagi deh hehhe kurang kreatif

    BalasHapus
  17. Salah banget aku baca ini malam2 jd pengen makan lagi kaaan hahaha. Paling suka deh bawa bekel2 gtu walaupun kudu putar otak besok menunya apa ya.
    Tapi biasanya anak2 tu kalau makan bareng2 sama teman2nya tu lbh semangat jd dibekelin apa aja tetep habis gak sih :D

    BalasHapus
  18. Terima kasih ide nya....saya salah satu emak yang puyeng kalau menyiapkan bekal makanan anak ke sekolah. Nah sementara mulai besok libur dengan perbekalan đŸ˜ƒ.

    BalasHapus
  19. Masya Allah, Mbak, canggih banget euy bisa nyiapin bekal sebanyak itu tiap pagi. Saluuut. Aku cuma nyiapin bekal untuk suami dan 1 anak saja rasanya mau keder mulu. Haha. Kadang nih, kadaaang, suamiku malah nggak aku bekalin dan dia rela beli makan di luar. By the way, terima kasih referensi bekalnya. Bisa aku contek. Hehe.

    BalasHapus
  20. Wah resep resep yang menarik
    Bisa di ATM buat bikin ide bekal makan di rumah

    BalasHapus
  21. Apa pun bekalnya selama itu sesuai dengan apa yang ada di rumah dan porsinya cukup, perlu disyukuri agar ditambah lebih lagi sama Allah

    BalasHapus
  22. Mamak pintar memang butuh ide kreatif untuk memenuhi kebutuhan perbekalan ini kadang mestinputar otak juga ya agar mereka tidak bosan dengan menu yang kita buat setiap hari.

    BalasHapus
  23. Dari semua jenis bekal saya paling sering bikin adalah nasi goreng, tapi lauknya hanya telur dadar doang. Selain itu, ada juga mi goreng pakai sayur seadanya.

    BalasHapus
  24. OMG saya ngiler semua bekalnya. Jadi ingin share bekal2 anak saya juga. Meskipun yg masak si mbak, hehe. Tapi saya yg kasih ide menunya. Memang penting bekal untuk keluarga ini

    BalasHapus
  25. waktu suami masih kerja kantoran, akupun siapkan 4 bekal makan untuk dua anakku, suami dan aku sendiri kini suami kerja di rumah warung bekal turun orderannya wkwkwk menarik idenya mba bisa kucontek yang kadang udah jam 4 pagi masih suka bingung mau masak apa

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin