Menu

Rabu, 02 September 2020

/

Assalamualaikum Wr Wb

Apa kabar teman-teman BoBe?Blogger Bengkulu, kali ini seperti biasa saya mau mengulas kegiatan kelas kamis di grup WA Blogger Bengkulu. Saya lupa ini kelas yang keberapa? Alhamdulillah sudah banyak. Mentornya dari sesama member Bobe , untuk mengali potensi, keterampilan dan informasi dari sesama blogger. Kadang banyak hal yang kita belum ketahui dari teman kita sendiri.


Kali ini kita akan mengupas dari seorang Ibu guru, momsblogger yang sekarang lagi sibuk ama dedek bayi. Sebut aja namanya Apura Meity.


 


Kita serahkan aja langsung kelasnya sama beliau ya.


Siap-siap Mom Apura, sudah on…mau curhat dia. Kenapa Tetap Ngeblog, Padahal sudah Punya Penghasilan Tetap.


Sebelumnya aku mau mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk sharing di WA grup ini. Sebelum mulai kita berdoa dulu yah
Aammiinnn semoga semua doa kita dikabulkan-Nya


Sharing kali ini temanya ringan menuju curcol aja, kenapa sih aku masih mau ngeblog padahal udah punya pekerjaan dan penghasilan tetap?
Jadi jawabannya adalah... sudah takdir-Nya 


Hehehe... awal mulanya aku nulis blog itu cuma ingin curhat aja, sebab bagi aku kadang lebih mudah menulis daripada ngomong lisan. Jadi aku nulis di blog, emang gak pengin dibaca orang.


Tapi, sejak gabung di BoBe jadi sadar, loh ternyata nulis di blog itu bukan sekadar nulis diary aja? Tulisan bisa jadi duit? Wah, asik juga nih ditekuni.


Sejak itulah, jadi semakin semangat sampai bikin dua blog berbayar. Yah, meski sekarang banyakan hibernasinya . Duh, penyakit malas jauh-jauh dong.


Terus, kalau lagi malas ngeblog, biasanya apa pemicu semangat lagi? Ketika jatuh tempo BAYARAN HOSTING dan DOMAIN. Merasa rugi bayar sekian ratus ribu tapi blognya dianggurin. Jadi nulis lagi dong.


Alasan lainnya aku ngeblog ya karena pada dasarnya aku suka nyari kesibukan, belajar hal-hal baru. Bahkan gak segan ikut kelas berbayar biar dapat ilmu baru. Meskipun kadang ilmunya baru setahun kemudian diterapkan, yang penting belajar dan tahu aja dulu. Sebab aku yakin, apa yang sudah dipelajari dan dilalui itu pasti berguna.


Contohnya nih: aku bersyukur banget sudah lama belajar blog. Secara tidak langsung, ilmunya bisa diterapkan di pekerjaan utama aku sebagai guru.

 
Ilmu tambahan dibalik ngeblog itu banyak banget! Sebut saja penggunaan Canva. Editing media pembelajaran atau membuat tugas untuk murid bisa menggunakan aplikasi ini. Terlebih di masa pandemi saat ini.


 
Kemudian, kalau nulis blog bertema pendidikan itu inshaallah ilmunya dan pahalanya ngalir terus. Banyak loh yang cari materi belajar, soal-soal, atau RPP mengajar bagi guru. Kadang pembaca suka kirim Email atau messenger di FB bertanya tentang pembahasan soal. Jadi, ya senang aja bisa membantu orang lain dengan cara yang mudah.


Terbiasa mengisi google form buat daftar job blog juga ternyata berfaedah gaiss, gak gaptek lagi absen online tiap selesai mengajar. Bahkan bisa nularin ilmu juga ke rekan guru. Bisa ngajarin juga bikin form online untuk quiz atau tugas.


Terus bagi waktunya gimana? Kalau dulu sebelum pandemi, aku selalu menyempatkan menulis blog di sela-sela istirahat mengajar (terutama saat dikejar deadline . Ketimbang ngerumpi nambah dosa, mending nulis nambah pahala dan rupiah.


Kalau saat pandemi ini, ya sebenarnya nulis bisa kapan aja sih. Tapi kadang lebih memprioritaskan membuat video media pembelajaran untuk murid. Meskipun sebenarnya bisa banget, murid diberi link blog untuk belajar dari postingan tsb. (Wah, jadi punya ide baru nih aku) 


Jadi ya menurut aku, apapun profesi utamanya, saat ini kalau ingin menjadi seorang blogger tetap asik, kok. Gak perlu terlalu jauh dulu mikir dapat job nulis sekian juta. Lurusin aja dulu niat, kalau melalui tulisan kita itu orang lain bisa mendapatkan manfaat.


Tulis saja konten yang evergreen alias kapanpun dibaca masih relevan. Misalnya tutorial gambar alis.  Pokoknya sesuaikan dengan bidang keahlian masing-masing aja, niscaya menulis jadi lebih mudah.



Demikian sharing dari aku ya

 



Kalau ada yang mau ikutan curhat boleh loh, lanjut dengan pertanyaan!


Milda 

Tanya dong. 5 tips blog dari Apura apa aja atau 5 skill yang harus dimiliki seorang guru yang mau ngeblog


Kalau mau serius ngeblog, coba belajar ini..


1. Niatin tulisannya bermanfaat
2. Ikut kelas menulis untuk upgrade skill menulis
3. Skill medsosan juga perlu loh untuk share konten blog
4. Belajar SEO
5. Menulis aja terus


Kalo skill apa aja yang perlu di upgrade nih
Skill nulis mba, belajar desain, fotografi


3 aja nih...


Hihi apa lagi ya? Mungkin yang lain boleh ditambahkan ya...

Editing video bisa masuk juga.

Afriga : Skill nulis tuh contohnya gimana mbak ? Skill nulis itu tentukan dulu, misalnya mau nulis cerpen, berarti belajar teknik menulis cerpen. Mau nulis berita, ya berarti belajar tulisan reportase gitu.


Mak ini maksud @Bobe Afriga 2  kali kaitan ama nulis blog. Kalo aku tangkap itu loh


Iya, blog kan ada niche tertentu juga. Yang aku sebutin tadi bisa dipakai kalau mau bikin blog isinya mirip detik dot com misalnya. Itukan reportase

Pastinya skill menulis di blog ya paling nggak paham 5w+1h. Ini Mak Milda pernah share di kelas blog kita

Terus penggunaan PEUBI juga perlu diperhatikan.

Zefy Jadi guru yg punya blog bisa dijadiin credit atau nilai tambahan ga mbak?


Kalau untuk angka kredit naik pangkat bagi PNS mungkin perlu dimodifikasi lagi, misalnya tulisan di blog tentang soal-soal dijadikan buku kumpulan soal, lalu diterbitkan.

Kalau sebagai nilai tambahan seleksi tertentu juga bisa banget. Tahun 2019 lalu, aku masukin kegiatan sebagai blogger, relawan TIK, Genpi untuk daftar pelatihan guru kerjasama kedutaan Amerika, alhamdulillah terpilih jadi pesertanya. Bisa ke Bali gratis dan dapat ilmu pelatihan guru yang masyaallah kereeennn dan bermanfaat banget.


Thank you. Tapi masih banyak kurangnya, makanya terus belajar


Efri Baru: Ya ampun ini intinya banget


Guru panutan.. Keren banget Mbak Apura


Apura Bobe: Jadi seperti yang aku bilang sebelumnya, gak ada yang salah kok belajar ini itu, pasti nanti bermanfaat di masa depan.


Apura Bobe: Kalau aja dulu aku ngeluh, gak mau ngajar TIK di sekolah, pasti sekarang gaptek.


 


Musfirah


Waah, ketinggalan aku belajar siang ini....tapi sudah baca dari atas ke bawah, masih boleh nanya ya.


Mak adis Apura Bobe belajar SEO itu apa?


Belajarnya dimana ya?


Ini sejenis ilmu untuk optimasi blog mba. Gimana cara misalnya supaya blog banyak yang mengunjungi, masuk page one dan DA nya naik. 


Elva Susanti : Mau tanya masih boleh ?

Pernah ngak guru-guru di tempat ngajar minta diajarin ngeblog gitu? Dan, pernah ngak merasa ngak mood buat nulis gitu (apalagi kan jadi guru, pasti banyak kesibukan)? Jika iya, biasanya nyari ide buat balikin mood gimana? Mungkin ada tipsnya. Soalnya bulan lalu (Juli) mencoba ODOP, tetep aja gak bisa sampai akhir, hanya di sepertiga jalan .


Pernah, guru dari sekolah lain juga ada. Bahkan ada yg sempat ikut kelas bobe juga. Sering ngerasa capek, gak nulis. Sering banget . Aku sih kalo buat blog guru, tiap abis selesai ulangan suka upload soalnya ke blog. Lumayan kan dua tiga pulau terlampaui 

Sampai di sini dulu ya, kelas sharing kamis kita kali ini. Sampai jumpa di kelas kamis minggu depan yah.

Salam Blogging

Milda Ini

 

Diberdayakan oleh Blogger.