Menu

Kamis, 24 September 2020

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, apa kabar sahabat Milda sekalian. Masih betah di rumah sajakah atau sudah mulai melakukan piknik tipis. Yah, pandemi ini belum berakhir, entah sampai kapan. Kita diminta untuk lebih sabar dan bisa menahan diri untuk bepergian. 


Namun sejak diberlakukannya tatanan kehidupan baru, banyak objek wisata da jalur perjalanan mulai dibuka kembali. Dengan tetap memperhatikan dan patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.


Saat wawancara pada sesi kegiatan Mombassador SGM dengan view Prambanan


Adaptasi kebiasaan baru dengan selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan tidak berkerumun, menjadi salah satu syarat utama saat ini. Tidak terkecuali bagi para pelancong dan para pengelolah objek wisata juga wajib menerapkan protokol kesehatan di tempat wisata, hotel,  restoran dan lain sebagainya yang mereka kelolah.


Kabar baiknya, di akhir tahun pemerintah akan memberikan cuti bersama sebagai pengganti cuti bersama yang dipending pada saat Lebaran Idul Fitri akibat pandemi corona. Jadi rencananya, akahir tahun ini akan ada cuti bersama bagi kita semua. 


Ok, barangkali kita bisa merencanakan untuk bisa melakukan perjalanan atau liburan ke suatu tempat. Mungkin kita bisa merencanakan untuk berkunjung ke Yogjakarta. Saya dan suami pun telah membuat beberapa rencana perjalanan akhir tahun bersama anak-anak. Salah satunya menuju Yogjakarta. Saya dan suami sudah beberapa kali berkunjung ke kota Gudeg ini karena pekerjaan. 


Akan tetapi, kami belum pernah melakukan perjalanan bersama-sama apalagi bersama anak-anak. Perjalanan ini direncanakan sebagai pengganti liburan keluarga. Juga sebagai ajang motivasi buat kakak Nawra, untuk melihat kampus UGM. Agar ia punya motivasi dan alasan yang kuat untuk bisa menimbah ilmu nantinya di Universitas Gajah Mada ini. 


Rencana, kami akan stay di sekitar candi Prambanan saja, selain juga dekat dengan kota di sekitar Prambanan ada banyak objek wisata yang bisa kami kunjungi. Untuk menghemat waktu juga, jadi bisa berkunjung ke beberapa objek wisata sekitar Prambanan. Salah satunya adalah mengunjungi 4 candi yang ada di sekitar Prambanan. Harga tiket masuk Prambanan sangat terjangkau. Begitu juga dengan harga tiket masuk ke candi lainnya. Hanya sekitar Rp. 10.000,- perorang 


Kemudian yang tidak boleh dilewati adalah berwisata air, seperti waterpark. Wisata air ini wajib kami kunjungi jika kami melakukan liburan keluarga. Maklum masih punya anak balita. Rekreasi di kolam renang dan wisata air sejenisnya adalah kegiatan yang wajib.


Biasanya kalo berkunjung ke wisata air, untuk mandi atau bermain di kolam, kami bisa menghabiskan satu hari full di sana. Oleh karena itu saat berkunjung ke objek wisata air, kami akan fokus di sana. Selain mandi, makan, kami juga melakukan aktivitas lainnya, ngobrol, bermain atau mengambil foto dan video. Saat ke Yogja kami berencana akan bermain wisata air di Jogja Bay Water Park.


4 Candi Cantik di Sekitar Prambanan


Candi Plaosan 


Kamu bisa memasukkan Candi Plaosan dalam sekali kunjungan dengan Candi Prambanan dan Candi Sewu karena letaknya berdekatan. Candi Plaosan kerap dikaitkan sebagai sebuah saksi dari ikatan cinta suci antara Rakai Pikatan yang beragama Hindu dengan Sri Kaluhuran beragama Buddha. Oleh karena itu, candi ini kerap dikaitkan juga sebagai Candi Hindu Buddha. 


Ada mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar sejak dulu. Mereka percaya bila ada pasangan yang datang ke Candi Plaosan ini maka hubungan keduanya akan langgeng. 


source koranbogor


Candi ini terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul yang hanya dipisahkan oleh jalan raya. Jarak kedua candi ini hanya 200 meter saja.  Kamu juga bisa berfoto di spot-spot foto menarik yang ada di candi ini. 


Tempat yang paling keren untuk dinikmati sembari mengambil foto dan video adalah di bagian belakangnya. Apalagi jika kamu datang di sore hari, jika cuaca bagus, kita bisa menikmati sunset yang cantik. Lebih asik juga kalo kamu membawa camilan sendiri. Jadi bisa lebih nyaman dan betah.


Candi Sewu


Candi ini juga berlokasi di Kompleks Candi Prambanan. Setelah kamu selesai mengelilingi Candi Prambanan, belum lengkap tanpa berkunjung ke Candi Sewu. Candi ini memiliki bentang ukuran utara-selatan 185 meter dan timur-barat 165 meter. 


Pada tiap pintu masuk, tampak gerbang dikawal oleh Arca Dwarapala. Dwarapala merupakan Arca raksasa penjaga setinggi lebih dari 2 meter. 

Source Wikipedia


Berbeda dengan candi Plaosan, kalo candi Sewu ini lebih asik dinikmai di pagi hari. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas pagi dengan santai sembari menikmati indahnya matahari terbit. Kamu bisa melakukan olaharaga ringan, seperti jogging, lari kecil atau main sepeda.


Tapi kamu juga bisa menikmati indahnya candi ini di siang atau sore hari, pemandangannya memang bikin nggak nahan buat berfoto.


Candi Ijo 


Lokasinya ada di atas bukit yang tingginya mencapai 357 mdpl-395 mdpl. Oleh karena itu candi ini adalah candi tertinggi di antara yang lainnya. Candi Ijo merupakan candi bercorak Hindu yang dibuktikan dengan ragam relief di bagian candi. 


Source Travelingyukdotcom


Sama halnya dengan kedua candi sebelumnya, jam operasional candi ini dimulai pada pukul enam pagi dan ditutup jam enam sore. Oleh karena itu kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit atau matahari terbenam di candi ini juga.


Candi Ratu Boko Candi Ratu Boko


Masyarakat sekitar sering mneyebut candi ini dengan nama Keraton Ratu Boko. Hal dikarenakan bnetuknya yang tidak menyerupai bangunan candi secara umum.


Menurut cerita, candi ini dulunya adalah sebuah istana. Oleh karena itu bangunanya memang tidak serupa dengan bangunan candi.


Candi atau Keraton Ratu Boko ini berada di atas bukit dengan ketinggian 200 mdpl. Kerna tempatnya yang tinggi, kamu bisa melihat hamparan sawah, candi di sekitarnya ada candi Sewu, Plaosan, Ijo, Prambanan. Keempat candi tersebut bisa kamu lihat dari candi Ratu Boko ini. Jika sedang beruntung, kau juga bisa melihat kereta api yang sedang melintas.


source kemenpar.go.id


Pemandangan yang indah dan menarik itulah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke candi Ratu Boko. Pelancong ingin mendapatkan pemandangan yang lain dari biasanya dan bisa dinikmati ala satu waktu. Apalagi udara di sekitar candi sangat segar.


Ini liburan awal tahu kami di Jakarta , semoga akhir tahun kami bisa berlibur ke Yogjakarta


Nah, itu keempat candi cantik yang bisa kamu nikmati di sekitar candi Prambanan Jadi jika berkunjung ke candi Prambanan kamu juga seharusnya mampir ke empat candi lainnya. Letaknya juga berdekatan dan bisa menambah pengetahuan tentang sejarah candi. Dan yang tak kalah seru akan menambah pengalaman, koleksi foto dan video untuk kamu bagikan kepada folowermu di media sosial.


Diberdayakan oleh Blogger.